Perbedaan Brake Fluid DOT3 VS DOT4 Prestone, Spesifikasi Dan Rasa

Partner Sesudah
Honda
suzuki

Perbedaan Brake Fluid DOT3 VS DOT4 Prestone

., salam pertamax7.com, Perbedaan Brake Fluid DOT3 VS DOT4 Prestone, Spesifikasi Dan Rasa

Perbedaan Brake Fluid DOT3 VS DOT4 Prestone
Perbedaan Brake Fluid DOT3 VS DOT4 Prestone

Salam Brake Fluid Mania.

Menjawab pertanyaan pemirsa mengenai apa sih Bedanya Cairan Rem aka Brake Fluid DOT3 dan Brake Fluid DOT4?

Brake Fluid artinya cairan rem, .. Ingat ini bukan Minyak lho ya .. OK Karena saya belum begitu banyak mencoba Brake Fluid Antar Merk dan demi mempermudah data penulisan cerita singkat ini, pertamax7 mengambil Brake Fluid Merk Prestone yang jelas bukan endorse. Brake Fluid Prestone di Indonesia buatan PT Autochem Industry ya om.. mari kita simak..

Link ponsel pintar ( di sini )

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Perbedaan Brake Fluid DOT3 VS DOT4 Prestone

pasang cakram gelombang honda cb150r
pasang cakram gelombang honda cb150r

Saya memberikan contoh Brake Fluid DOT3 VS DOT4 merk Prestone ini karena saya sudah memakai keduanya untuk banyak sepeda motor yang saya pakai, karena satu merk, tentu membandingkannya akan lebih mudah.

Cairan rem sendiri terdiri dari banyak klasifikasi sesuai kegunaan yang kali ini saya cuma menceritakan DOT3 dan DOT4 karena saya kebetulan baru pakai yang ini.

DOT sendiri singkatan dari Department of Transportation yang mudahnya DOT4 akan memiliki Titik Didih yang lebih tinggi dari DOT3.

Beda Spesifikasi Brake-Fluid DOT-3 VS DOT-4

Urusan spesifikasi antara brake fluid DOT 3 dan DOT 4 tentu mudah saja, cek saja tabel dibawah ini.

Wet Boiling Point Dry Boiling Point
DOT3 Prestone 150 derajat celcius238-245  derajat celcius
DOT4 Prestone160 derajat celcius250-266 derajat celcius

Nampak jelas baik titik didih kering tanpa kontaminasi air ( dry boiling point ) maupun titik didih basah terkena air 3,7% ( wet boiling point ) tentu hasil pengetesan Brake Fluid DOT4 Lebih tinggi / lebih unggul dari Brake Fluid DOT3 sehingga sistem pengereman akan lebih tahan ngeblong dengan catatan sistem sehat dari master rem, kaliper sampai kampas rem tidak bermasalah.

Beda-Rasa Brake-Fluid DOT 3 VS DOT 4

Setelah mencoba di beberapa motor saya, Urusan kepakeman memang tak banyak berbeda rasa antara Brake Fluid DOT3 dan Brake Fluid DOT4 karena pakem tidaknya rem lebih ke arah koefisien gesek antara kampas rem dengan bidang gesek rem ( entah cakram maupun tromol ).

Namun soal sensifitas pengereman antara Brake Fluid DOT3 dan Brake Fluid DOT4 lumayan berbeda yang mana Brake Fluid DOT3 terasa kenyal empuk, sementara Brake Fluid DOT4 terasa lebih padat ( terasa lebih keras ) dengan sensasi rem lebih Agresif.

Jadi disesuaikan sesuai selera masing-masing mau yang agresif atau yang lembut, Namun jika motor/ mobil/ kendaraan pemirsa wajib pakai DOT4 lebih baik tetap pakai DOT4 jangan turun ke DOT3.

Jika pemirsa sering mengalami rem blong pada sistem rem hirolis, maka perbaikilah gaya pengereman misal tidak menekan terus menerus dalam waktu lama, gunakan rem belakang selang-seling ditambah engine brake, juga periksa kembali sistem pengereman dan upgrade dari DOT3 menjadi DOT4 seperti tabel singkat diatas.

Catatan : 

Beda tangan beda rasa beda selera, saya mohon masukan pemirsa siapa tahu ada yang sudah mencoba baik DOT3 dan DOT4 semerek.

Fungsi-Brake Fluid

Brake fluid sendiri sebagai penyalur sistem hidrolis dari master rem menuju kaliper rem sekaligus memberikan pelumasan komponen dalam sistem pengereman.

Review Kaliper R15 di Yamaha NMAX
Review Kaliper R15 di Yamaha NMAX

Namun Seiring berjalannya waktu, Kemampuan Brake Fluid menahan panas akan semakin turun karena sifat dasar Brake Fluid ini adalah Higroskopi yang artinya mudah menyerap molekul air sebagai contoh DOT3 akan menyerap air sebanyak 3 persen dalam waktu 1 tahun saja yang menyebabkan Brake Fluid ini akan lebih mudah mendidih dari 238 derajat celcius menjadi 150 celcius saja sehingga kemungkinan mudah ngeblong saat rem dipakai terus menerus.

Saran saya adalah rutin mengganti Cairan rem dengan yang baru dan tersegel rapat setidaknya 1-2 tahun sekali untuk keamanan dan kenyamanan.

Seperti biasa, Artikel ini bukan Endorse/ Afiliasi ya om, Cuma cerita pengalaman saja siapa tahu bermanfaat.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

7 KOMENTAR

  1. jika masih nyaman pakai DOT3, saya pakai minyak rem ori tiha berlian (botol biru muda) dari pengalaman saya hampir tiap hari naik turun tawangmangu ~ sarangan, minyak r ini durabilitasnya lebih baik dibanding prestone ataupun shell bahka jumbo… hampir dalam kurin waktu pemakain ekstrim satu tahun, minyak ini jarang sekali mengalami gejala gembos, tapi tetep kontrol harus rutin utk pemakain yang cukup ekstrim, kampas rem utk pemakaian normal 1th lebih dengan pemakain seperti saya akan habis dalam 2~3 bulan
    biasanya kalau sudah ada perubahan warna menjadi keruh, segera saya ganti, meaki belum nyampai satu tahun pemakaian.. minyak tiga berlian ini warnanya jernih…

Apa Komentar Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.