Cara Rawat Aki Motor Jarang dipakai, Dari Paling Mudah Sampai Pakai CTEK Battery Charger Monitor

Partner
suzuki
Honda

., salam pertamax7.com, Cara Rawat Aki Motor Jarang dipakai, Dari Paling Mudah Sampai Pakai CTEK Charger Monitor

Cara Rawat Aki Motor Jarang dipakai
Cara Rawat Aki Motor Jarang dipakai

ada pemirsa yang punya banyak sepeda motor maupun kendaraan lain yang pakai aki? tentu akan banyak motor yang jarang sekali dipakai saking banyaknya, nah biasanya kalau motor jarang dipakai, batere aka aki akan ada yang tekor. ya kalau cuma mocil dengan harga aki terjangkau bagi kolektor motor, kalau moge? bisa pusing om kalau akinya pada tekor….

dalam artikel singkat dan semoga jelas ini, saya ingin meceritakan bagaimana cara merawat aki pada kendaraan yang jarang dipakai, apa saja?

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Cara Rawat Aki Motor Jarang dipakai

ok, langsung saja, untuk motor yang pakai kick starter, meskipun motor jarang dipakai, ya paling tidak dinyalakan interval 2 sampai 3 hari sekali pakai engkol kick starter selama 5-10 menit guna sedikit mengisi kapasitas aki

coba kick starter saat Aki Honda CB150R Tekor
coba kick starter saat Aki Honda CB150R Tekor

namun menurut saya cara diatas memang tidak berlaku untuk motor yang cuma tersedia electric starter, karena proses memanaskan mesin selama 5-10 menit tidak terasa effectnya untuk mengisi aki yang mana arusnya sudah dipakai untuk proses starter awal ( CCA/ Cold Cranking Ampere )

Cabut Aki, Sedia Charger

lalu bagaimana kalau benar-benar motor tidak dipakai dalam waktu lama? misal ditinggal kerja keluar negeri dan motor cuma dipakai setahun sekali dan tidak ada yang bisa memanaskan motor apalagi memakai? ya mudah, tinggal lepas saja kabel aki plus minus, lalu siapkan charger aki khusus yang akan digunakan untuk mengisi aki saat hendak dipakai nanti. Jika tidak mau modal charger aki ya bisa bawa aki yang sudah dilepas itu untuk di cas ke tukang aki terdekat, bengkel resmi dan sejenisnya sudah banyak.

CTEK Battery Charger Monitor

cara yang banyak modal sendiri sudah umum dilakukan pemilik moge mengingat harga aki moge memang terkadang lebih mahal dari aki mobil, apalagi kalau pakai aki lithium ion yang harganya bikin meriang hehehe..  kolektor moge biasanya menyiapkan alat yang mahal yaitu charger namun slow alias lambat, charger aki ini tujuan utamanya adalah merawat aki/ battery motor tersebut, misal saya sebut merek CTEK XS 0.8 karena teman saya pakainya itu jadi baru bisa menceritakan merek tersebut

CTEK XS 0.8 Battery Charger Monitor

maksudnya bagaimana sih? ya charger monitor ini akan memantau kesehatan aki motor yang jarang dipakai, tinggal dicolokkan alat tersebut ke aki motor dan colokan listrik rumah, wis ditinggalkan begitu saja karena alat itu akan menjaga kapasitas aki motor secara optimal tanpa takut overcharge atau malah tekor kurang daya… baru setelah motor mau dipakai ya cabut saja battere monitornya,./ Contoh penggunaan battere monitor adalah foto paling atas.

link ponsel pintar ( disini )

tentu penyebutan merek charger CTEK ini bukan berarti saya di endorse/ afiliasi dengan CTEK Swedia, cuma buat info berita saja bagaimana caranya merawat aki kendaraan, toh siapa juga yang mau endorse blog pinggiran seperti ini hehehe..

sekian cerita singkat saya ya om, jika ada tambahan monggo.. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

5 KOMENTAR

Apa Komentar Pemirsa ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.