Mengapa Harga GPS Motor Lebih Mahal Dari Mobil ?

9
490

., salam pertamax7.com, Mengapa Harga GPS Motor Lebih Mahal Dari Mobil ?

Mengapa Harga GPS Motor Lebih Mahal Dari Mobil
Mengapa Harga GPS Motor Lebih Mahal Dari Mobil

GPS sendiri adalah piranti yang dapat menampilkan posisi secara realtime dan akurat ( ada meleset dikit tentunya ) guna banyak keperluan manusia.

artikel ini tidak menggeneralisasi kalau GPS Motor itu Pasti Lebih Mahal dari pada GPS untuk Mobil. Namun memang setahu saya secara umum piranti sistem pemosisi Global aka Global Position System guna menampilkan peta dipiranti kendaraan bermotor terbagi dalam dua jenis yakni roda dua alias motor, dan juga roda empat maupun lebih ini memiliki harga jual yang berbeda.

Kedua GPS beda kendaraan ini memang dari dulu saya kenal memiliki harga yang bertolak belakang, alias langit bumi antara GPS untuk sepeda motor memang jauh lebih mahal daripada punya mobil, kenapa?

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Mengapa Harga GPS Motor Lebih Mahal Dari Mobil ?

saya sambil contoh GPS merk Garmin saja, jelas artikel ini bukan endorse/ afiliasi dengan garmin, namun saya menyuplik contoh gampang karena pabrikan tersebut memang sudah dikenal memiliki line up GPS yang lengkap baik di darat, laut, udara, komplit, mau jalan kaki , naik motor, naik mobil, naik kapal, naik pesawat, bahkan cari ikan aka fish finder pun ada,.. saya kenalnya GARMIN ya GPS jaman dulu, kalau sekarang sih produknya sudah banyak… bukan ngiklan lho ya..

Harga GPS Motor

garmin menjual GPS motor di Indonesia terbaru dengan seri Zumo 395 dan Garmin Zumo 595 yang mana beda ukuran seperti dibawah ini

  Garmin Zumo 395

Garmin Zumo 395 GPS motor

harga Garmin Zumo 395

Partner
IRC
Honda
FDR

cek di marketplace saja buat gambaran awal

Harga GPS Motor Garmin Zumo 395
Harga GPS Motor Garmin Zumo 395

  Garmin Zumo 595

Garmin Zumo 595 GPS motor
Garmin Zumo 595 GPS motor

harga Garmin Zumo 595

cek di marketplace saja buat gambaran awal

Harga GPS Motor Garmin Zumo 595
Harga GPS Motor Garmin Zumo 595

Harga GPS Mobil

bandingkan dengan Harga GPS mobil, saya beri contoh Garmin Drive™ 51 yang mana cuma satu produk ini yang dijual oleh Garmin Indonesia untuk GPS Mobil

Garmin Drive 51 GPS Mobil
Garmin Drive 51 GPS Mobil

saya cek di marketplace,. GPS mobil ini harganya berkisar 1-4 jutaan, saya tidak menyebut gps ini harganya 1 jutaan takutnya diklik ternyata barang habis lah, atau barang BM lah dll, buat jaga-jaga saja , kalau saya dengan duit sebanyak itu mending beli yang ori-ori saja karena tercover garansi dan lain sebagainya..

Harga GPS Mobil Garmin Drive 51
Harga GPS Mobil Garmin Drive 51

lumayan kan om bedanya,, antara harga GPS mobil dengan harga GPS motor.. kenapa ya?

Pendapat Saya Mengenai Perbedaan Harga GPS 2WD VS 4WD Up

Kehandalan,

soal kehandalan jelas GPS Motor lebih banyak mengalami goncangan dibandingkan dengan mobil, GPS motor memang didesain dengan braket khusus dan diikat kencang di sepeda motor, sementara itu kalau GPS mobil lebih sedikit goncangan, kecuali mobil balap rally misalkan,, itu sudah masuk GPS ajang balap yang beda lagi dengan kelas konsumen

Layar,

nah soal layar ini juga menjadi perbedaan mencolok antara GPS Motor dan Mobil. GPS motor memiliki layar yang lebih cerah, tajam, tahan dan bisa dibaca dibawah sinar matahari, faktor tersebut lah yang seringkali menyebabkan GPS motor lebih mahal dari GPS mobil karena di GPS mobil berada didalam kabin sehingga tidak sekuat cahaya matahai outdoor dimotor.

ditambah Lagi layar sentuh GPS sepeda motor tentu ramah terhadap penggunaan sarung tangan khas bikers.. juga tahan terhadap uap Bensin misalkan saat isi BBM, sementara GPS mobil tidak memerlukan hal tersebut, walhasil lebih terjangkau ( lumayan banget bedanya )

Cuaca

soal cuaca ini memang sangat penting, GPS Sepeda Motor harus tanah dari air misalkan saat berkendara hujan deras, bahkan ada GPS yang sudah lulus cuaca ekstrim IPX7 dari percikan air, guyuran air, hujan deras, salju, tentu GPS motor tidak diperuntukkan untuk berenang atau menyelam lho ya,,.  juga soal temperature cuaca juga lebih tahan dipakai cuacai dingin maupun panas dengan batas tententu ( jangan direbus juga kali )

sementara itu GPS mobil didalam kabin, yang mana terlindungi dari cuaca misal hujan, salju, panas, GPS mobil cenderung dipakai di kondisi sejuk..

Fitur

yang bikin mahal lagi di GPS Motor adalah fitur yang lebih komplit daripada GPS mobil, misal

Garmin zūmo® 395 dan zūmo® 595 terdapat :

  • Bluetooth® untuk panggilan hands-free
  • Monitor Tekanan Ban dengan sensor TPMS yang dijual terpisah (tire pressure monitoring sensor )
  • Kompatibilitas Kamera VIRB®
  • monitor panggilan telepon, next lagu, bahkan bisa setting jadwal penggantian ban depan belakang, service, oli, aki, air fiter, kanvas rem, dll sesuai interval yang ditentukan

Motor Premium

GPS Garmin Sepeda Motor
GPS Garmin Sepeda Motor

faktor selanjutnya adalah kendaraan yang disasar. Rata-rata motor yang pakai GPS adalah motor petualang kelas premium sehingga memang GPSnya premium, berbeda misalkan seperti adik saya yang pakai mobil murah, akan kesulitan jika harga GPS mobil semahal motor premium.

GPS Garmin Honda ADV 150 Custom
GPS Garmin Honda ADV 150 Custom

nah, sudah jelas kan alasan kenapa GPS motor lebih mahal, jadi jangan dibolak-balik, boleh lah pemirsa pakai GPS motor di Mobil jika mampu, namun jangan dibalik pakai GPS mobil di Motor, kecuali ya buat iseng, buat kontes atau memang bisa menjaga dia aman disegala kondisi situasi terkini..

sekali lagi ini bukan mengeneralisasi, cuma rata-rata memang seperti itu..

semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

9 KOMENTAR

  1. menarik mas pembahasannya. selama ini masih bingung cara kerja GPS. pertanyaannya apakah pake paketan internet cara kerjanya. Soale saya gak tau tentang GPS. kalo untuk GPS sepda motor yg rekomendasi harga dibawah 3 juta apa ada ?
    sukses terus untuk info2nya seputar otomotif

    • Gps seperti ini tidak pakai paketan internet om, soal rekomendasi dibawah 3 juta nanti saya cari, namun untuk yang sebandel garmin saya belum nemu

  2. GPS harus bisa up date sendiri kalau sdh beberapa bulan, kalau ngga bis nyasar di perkotaan. Sekarang sdh pake GPS HP aja toh pulsa juga sdh murah. lihat tuh Ojol semua pake HP buat cari alamat.

  3. makasih mas ifan pencerahannya. terus bekerjanya pake satelit dan ada bayar perbulannya gak mas ? aseli awam saya untuk GPS. kemaren ngobrol sama temen2 tentang kerja GPS , saya tanya gak bisa jawab e

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.