Performa Ban Lapisan Licin Hankook dalam DTM Lausitzring

3
308

Performa Ban Lapisan Licin Hankook dalam DTM Lausitzring 

Hankook Ventus Race DTM Lausitzring 4
Hankook Ventus Race DTM Lausitzring

Ban Lapisan Licin Hankook Tampil di Pertandingan DTM pada Akhir Pekan di Lausitzring 

Pembukaan DTM di Hockenheim dua minggu lalu meraih hasil diluar ekspektasi. Para penonton menyaksikan pertandingan balap spektakuler yang terbaik, dengan banyaknya manuver penyalipan, perbedaan strategi dan kompetisi menegangkan hingga putaran final. Ban balap baru yang dikembangkan oleh Hankook selaku mitra eksklusif DTM sangat berperan penting dalam pembukaan awal musim yang mengesankan itu. Lapisan ban yang sangat lembut dan licin membuat waktu putaran balap menjadi sangat cepat; dengan ban ini, Lucas Auer berhasil menciptakan rekor DTM baru di Hockenheimring pada babak kualifikasi. Pengendalian lapisan licin ban Hankook terbaru oleh tim dan pebalap  menjadi faktor penentu di Lausitzring, pemberhentian kedua pada pertandingan DTM.

DTM Lausitzring

Hankook Ventus Race DTM Lausitzring 1

Info resmi dari Klettwitz/Germany, 22 Mei 2017 – Akhir pekan kemarin menjadi seri tur balap mobil internasional paling populer menuju ke Lausitzring, berkebalikan dengan trek berkecepatan tinggi di Hockenheim, yang merupakan satu dari trek-trek lambat DTM. Namun, dengan dua belas putaran dan sedikit jalur lurus, permukaan aspal sepanjang 3,478 km di Lower Lusatia terasa sangat menantang dari segi teknis. Ban balap Hankook menyediakan banyak kontrol traksi khususnya di jalur lintasan sempit dan zig-zag, sehingga pebalap  dapat mempercepat perjalanan di jalur ini.

Hankook Ventus Race DTM Lausitzring
Motorsports: DTM race Lausitzring

Penting bagi pebalap  untuk menggunakan lapisan lembut dan licin dari ban premium Hankook, yang tidak diizinkan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, menuju suhu operasi optimal secepat mungkin dengan banyaknya perubahan arah. “Aspal di Lausitzring tidak memiliki banyak cengkeraman, karena cenderung berpori dan datar. Untuk dapat mencapai suhu ideal Ventus Race dengan cepat, casis mobil, terutama suspensi¸ perlu dimodifikasi. Namun, pengaturannya tidak boleh terlalu agresif, untuk menghindari terlalu banyak tegangan pada ban,” jelas Thomas Baltes, teknisi ban Hankook  DTM.

Hankook Ventus Race DTM Lausitzring 2
Hankook Ventus Race DTM Lausitzring
Ban balap Ventus Race Hankook menunjukkan performa terbaiknya dalam ajang DTM di Lausitzring, pemberhentian kedua pada pertandingan DTM. Pengendalian lapisan licin ban Hankook terbaru oleh tim dan pembalap menjadi faktor penentu di Lausitzring. Ban balap ini menyediakan banyak kontrol traksi khususnya di jalur lintasan sempit dan zig-zag, sehingga pembalap dapat mempercepat perjalanan di jalur ini.

Kecepatan tertinggi di Lausitzring dapat dicapai pada garis lurus start-finish, sekitar 240 km/jam. Di akhir jalur lintasan berkecepatan tinggi, terdapat beberapa bouncing (gerakan cepat ke atas dan ke bawah pada bagian depan mobil) yang disebabkan oleh permukaan tidak beraturan. Thomas Baltes menambahkan, “Dengan adanya kombinasi pengaturan mobil yang baik dan tekanan udara yang tepat, mobil dapat berjalan optimal di area ini. Namun, tekanan ban tidak boleh terlalu rendah, sebaliknya tekanan tinggi diberikan pada konstruksi lapisan licin ban Hankook”.

Hankook Ventus Race DTM Lausitzring
Hankook Ventus Race DTM Lausitzring

“Di Lausitzring, tantangan lebih terlihat untuk tapak ban balap Hankook dibandingkan dengan konstruksinya di tahun-tahun sebelumnya. Hal ini tidak akan berubah dengan adanya lapisan ban baru. 

Partner
IRC
Honda
FDR

Hankook Ventus Race DTM Lausitzring

Kuncinya adalah mengatur tekanan udara ban menjadi dingin di awal sehingga dapat meningkatkan nilai ideal ketika memanaskan hingga mencapai kisaran suhu yang optimal,” kata teknisi balap Hankook DTM.

Hankook Ventus Race DTM Lausitzring

Hankook Ventus Race DTM Lausitzring 4
Hankook Ventus Race DTM Lausitzring

 

3 KOMENTAR

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.