AHM tebar 850 Tanaman Obat Keluarga ke 12 Sekolah Satu Hati

9
273

pertamax7.com, jujur saja masih “awam” dan asing dengan TOGA alias Tanaman Obat Keluarga, maklum tahunya Apotik Hidup

???????????????????????????????

AHM_01 : (dari kanan) Manager CSR AHM Yudi Yozardi bersama dengan Kepala Sekolah SMAN 13 Jakarta Utara Noviolaleni memantau siswa yang melakukan penataan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) pada rangkaian acara Gebyar Sekolah Satu Hati di SMAN 13 Jakarta Utara (24/2). AHM mengajak generasi muda untuk semakin peduli lingkungan dalam melestarikan keberagaman tanaman khas Indonesia dengan memberikan 850 TOGA kepada 12 sekolah yang tergabung dalam program Sekolah Satu Hati.

nah, baru-baru ini  AHM Ajak Generasi Muda Lestarikan Tanaman Obat Keluarga Indonesia dengan cara memberikan bantuan 850 tanaman obat


langsung dari Pulau Jakarta – PT Astra Honda Motor (AHM) mengajak generasi muda untuk semakin peduli lingkungan sekitar dengan memberikan 850 Tanaman Obat Keluarga (TOGA) kepada 12 sekolah yang tergabung dalam program Sekolah Satu Hati. Bantuan ini merupakan rangkaian dari upaya AHM dalam melestarikan keberagaman tanaman khas Indonesia bersama generasi muda.

Bantuansebanyak  850 TOGA diserahkan kepada 12 sekolah setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di wilayah Jakarta Utara pada rangkaian acara Gebyar Sekolah Satu Hati di SMA Negeri 13 Jakarta Utara (24/2). Dalam kegiatan belajar mengajar, TOGA yang memiliki khasiat pengobatan ini juga akan digunakan sebagai alat peraga dalam mata pelajaran biologi.

Hampir 30 jenis TOGA khas Indonesia akan dirawat dan dikembangkan oleh para siswa dalam program ini, diantaranya adalah

  1. kumis kucing,
  2. sambung nyawa,
  3. lidah buaya,
  4. miyana,
  5. sereh,
  6. daun dewa,
  7. jinten,
  8. tapak dara,
  9. jahe, kunyit,
  10. kapulaga,
  11. lengkuas,
  12. temulawak,
  13. kencur,
  14. kejibeling,
  15. mangkokan,
  16. bunga teleng,
  17. gandarusa,
  18. lempuyang,
  19. karcik, dan
  20. suji, dll

Tanaman Toga ini  mudah tumbuh dan perawatannya tidak rumit sehingga memudahkan pula bagi para siswa untuk turut mengembangbiakkan.

Sekolah Satu Hati binaan AHM yang turut berperan serta dalam kegiatan ini antara lain:

  • SMAN 13,
  • SMAN 18,
  • SMAN 40,
  • SMAN 41,
  • SMAN 52,
  • SMAN 72,
  • SMAN 75,
  • SMAN 80,
  • SMAN 110,
  • SMAN 115,
  • SMK Hang Tuah I, dan
  • SMP Hang Tuah 3.

Sekolah yang  menerima bantuan TOGA tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan upaya menyiapkan generasi muda yang peduli lingkungan dan budaya.

Partner
IRC
Honda
FDR

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan bahwa sejak lama TOGA telah dikembangkan dan dimanfaatkan sebagai media pengobatan di Indonesia. Kearifan lokal khas Indonesia ini perlu dijaga dan dilestarikan di masa kini oleh generasi muda.

“Generasi muda saat ini perlu mengenal dan memahami keunikan botani Indonesia yang dimiliki tanaman obat keluarga. Bantuan TOGA ini akan bermanfaat sebagai sarana belajar dengan pendekatan tematik. Para generasi muda akan semakin mengenal ragam bentuk serta manfaat TOGA dengan terjun langsung di taman sekolah untuk menanam, merawat, mengembangbiakkan, dan meneliti TOGA,” ujarnya.

nah, guna mengoptimalkan program penanaman TOGA ini, setiap taman sekolah yang ditanami TOGA, dilengkapi papan informasi jenis-jenis dan manfaat TOGA. Untuk memastikan perawatan TOGA yang terbaik, setiap Sekolah Satu Hati yang terpilih membentuk Kelompok Kerja (POKJA) yang beranggotakan para siswa. Mereka nanti yang turut bertanggungjawab menjaga kelestarian TOGA di taman sekolah sekaligus berperan dalam mensosialisasikan TOGA baik di dalam maupun luar sekolah.

AHM tebar 850 Tanaman Obat Keluarga ke 12 Sekolah Satu Hati 001 Pertamax7.com
AHM_02 : (ke 3 kanan) Manager CSR AHM Yudi Yozardi secara simbolis menyerahkan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) kepada Kepala Sekolah SMAN 13 Jakarta Utara Noviolaleni pada rangkaian acara Gebyar Sekolah Satu Hati di SMAN 13 Jakarta Utara (24/2). Pemberian donasi 850 TOGA ini melengkapi aksi kepedulian AHM dalam mewujudkan sekolah asri dan ramah lingkungan, dimana sebelumnya juga telah memberikan bantuan berupa mesin pencacah plastik, mesin fogging, alat bor biopori, tong kompos cair, dan bak kompos padat untuk beberapa sekolah.

AHM turut Peduli Lingkungan Sekolah

Pemberian donasi sebanyak 850 TOGA ini turut  melengkapi aksi kepedulian AHM dalam mewujudkan sekolah yang asri dan ramah lingkungan di bawah naungan program Sekolah Satu Hati. Melalui program Sekolah Satu Hati yang diluncurkan pada bulan Mei 2014, AHM juga telah memberikan bantuan berupa mesin pencacah plastik, mesin fogging, alat bor biopori, tong kompos cair, dan bak kompos padat untuk beberapa sekolah.

AHM memulai pengimplementasian program Sekolah Satu Hati di 15 sekolah setingkat SD, SMP, dan SMA di berbagai wilayah seperti

wilayah Jakarta Utara  (SDN Sunter Agung 13, SMP Hang Tuah 1, SMP Hang Tuah 3, SMP Giki 2, SMAN 18, SMAN 40, SMAN 72, SMAN 75, SMAN 80, SMAN 110, SMA Giki 2, dan SMK Kencana ),

kota Bekasi (SMK Mitra Industri Cikarang),

kabupaten Kuatan Singingi, Riau (SMP 4 Singingi),

kabupaten Bengkalis, Riau (SMP 4 Mandau).

Tahun 2015 ini AHM berencana menambah jumlah Sekolah Satu Hati di antaranya beberapa sekolah di Ciptagelar, Cikampek, dan Kalihurip Jawa Barat.

akhir kata, pemirsa punya tanaman obar nggak nih di rumah? ane punyanya jahe hehehehe

semoga berguna

9 KOMENTAR

  1. Kumis kucing, lengkuas, jahe sih punya, mangkok dan lidah buaya sempet tanam, untung ga dikasih tanaman ganja, repot nanti’y.

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.