Speedometer Yamaha Fazzio Hybrid Sudah Digital, Tapi Pakai Kabel Konvensional Dan Gearbox… Bagaimana Cara Kerjanya?

7
486

Speedometer Yamaha Fazzio Hybrid Sudah Digital

., salam pertamax7.com, Speedometer Yamaha Fazzio Hybrid Sudah Digital, Tapi Pakai Kabel Konvensional Dan Gearbox… Bagaimana Cara Kerjanya?

Link ponsel pintar ( di sini )

Salam Hybrida ringan, bukan jagung dan kelapa.

Yamaha Fazzio Hybrid Connected dibekali dengan speedometer full digital yang canggih dengan tampilan negative display yang berkelas. Namun ada pertanyaan kenapa sudah pakai speedometer digital, taopi kok tetap pakai gear unit sensor dan oloran kabel baja? kenapa bukan pakai sensor speed magnet atau sekalian sensor dan pulser ring mirip freego?

Mungkin ada alasan khusus dari Yamaha supaya jika ada error speedometer, maka biaya ganti kabel speedometer atau gear unit lebih terjangkau.. mungkin lho ya.. lantas bagaimana cara kerja speedometer digital dengan sensor analog? mudah kok.

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Speedometer Yamaha Fazzio Hybrid Sudah Digital

Gear Unit Speedometer-Yamaha fazzio Hybrid BEJ1460DX200

Gear Unit/ Gear nanas speedometer Yamaha-fazzio Hybrid terletak di roda depan pada sebelah kiri dengan kode part 5TL-F5190-01 GEAR UNIT ASSY yang dijual seharga Rp170.000, lho 5TL? ya . .ini sama dengan gear nanas Yamaha Mio Karbu !

Kabel Speedometer Yamaha FAZZIO-Hybrid BEJ1460DX290

Untuk kabel speedometer-Yamaha fazzio hybrid sendiri kode partnya BEJ-H3550-00 SPEEDOMETER CABLE ASSY yang harganya Rp38.000

Partner
IRC
Honda
FDR

Sedangkan, harga speedometer assy Yamaha Fazzio hybrid dengan kode partnya adalah  LCF125-I FAZZIO LUX BEJ-H3510-00 SPEEDOMETER ASSY dengan banderol Rp750.000

Cara Kerja Speedometer-Fazzio Hybrid Digital Analog

Lantas bagaimana cara kerja speedometer Yamaha Fazzio-Hybrid Connnected ini? kok sudah speedometer digital masih pakai kabel oloran baja konvensional?

Speedometer Yamaha Fazzio Hybrid Sudah Digital
Gear Unit Speedometer Yamaha Fazzio Hybrid Connected

Secara mudah, ban depan berputar, memutar sensor gear unit, dan putaran dari gear unit ini disalurkan oleh kabel baja menuju speedometer

Speedometer Yamaha Fazzio Hybrid Sudah Digital
Speedometer Yamaha-Fazzio Hybrid Sudah Digital

Jadi dari kabel baja langsung nancep di speedometer? benar.. dan di speedometer ada encoder ( kemungkinan generator listrik kecil ) untuk mengubah putaran kabel speedometer bajaj ini menjadi sinyal listik analog .. lalu sinyal tersebut dikonversi menjadi sinyal digital ( analog to digital converter ) dan diterjemahkan unit speedometer ini menjadi tampilan speedometer digital.

  • Dari putaran roda depan – gear unit – kabel baja masih berupa sinyal analog mekanis,
  • lalu diubah di dalam speedometer langsung menjadi sinyal listrik analog dan diterjemahkan menjadi sinyal digital ..
  • agak cukup rumit memang menjelaskan dari misal 1 volt menjadi biner 0101 misalkan..  tapi intinya begitu, dari analog menjadi digital dan juga ditampilkan secara digital.

Semoga pemaparan singkat kali ini sudah jelas ya om, mohon ralatnya kalau ada yang salah. Saya masih belajar soal penjelasan materi seperti ini.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

7 KOMENTAR

  1. Kalo di mesin diesel crane di tempat kerja dulu, sistem RPMnya memakai alternator kecil yg digerakkan kabel juga.
    Jadi RPM meternya sesungguhnya voltmeter AC yg dialnya dikalibrasi menunjukkan RPM.

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.