bajaj pulsar with TURBO

66
492

sebuah modifikasi mesin yang kelewat ektreme bagi ane, yakni penambahan TURBO di mesin sepeda motor

dulu ada honda cbr 250 yang memakai turbo, eh sekarang dapet nfo dari FP bursa pulsar yang menampilkan mesin bajaj ( kayaknya jadul entah versi berapa ) yang dicangkoking sistem turbo

bajaj pulsar turbo

sekedar foto, ga ada keterangan lain, yang jelas sangat EKSTREEEEEMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMM

ada yang paham”??

66 KOMENTAR

  1. bingung juga..turbo biasanya utk memanfaatkan udara buang yg msh kaya bbm yg belum terbakar, umumnya ya mesin diesel, dipompa lagi untuk dibakar ulang di ruang bakar. kalo mesin udah irit apa efektif ya..kecuali lebih dimaksudkan utk meningkatkan pasokan di ruang bakar…(ga tau dech, bukan ahli mesin).

    • Bukan memanfaatkan udara buang yang masih kaya bbm yg belum terbakar, trus dipompa lagi ke ruang bakar, mas Aryanto.
      Tetapi untuk menangkap energi panas dan energi kecepatan yang masih tinggi di dalam gas buang, diubah menjadi energi gerak, untuk memampatkan udara yg akan dimasukkan ke ruang bakar. Menangkap energinya pake turbine blade, menggerakkan compresor blade yg berada satu poros.
      Dgn bertambahnya udara, berarti pasokan bahan bakar bisa ditambah.
      Dgn demikian pada cc mesin yg sama akan diperoleh output (horse power) yg lebih besar.
      Juga karena energi gas buang sebagian ditangkap kembali, maka efisiensi mesin secara keseluruhan akan naik.
      Dengan kata lain, kalo dilihat per horse power, lebih irit bbm.

      • Biasa aja sih.. Motor produksi pake turbo sudah ada sejak tahun 1982.. Yamaha Seca Turbo 650.. prinsipnya Gas buang kenalpot memutar kipas turbin lalu di sambung pakai shaft/ poros untuk memutar kipas kompressor untuk menghisap udara lalu dikompressi kedalam ruang bakar..sekitar 0.8-1bar.. untuk Bensin ga lebih deras.. tapi membutuhkan perbandingan udara dan bensin yang lebih besar saja.. aliran BBm ga lebih deras.. tapi aliran udara yang lebih padat.. semakin padat udara yang di masukan kedalam ruang bakar maka kompresi meningkat karena kompresi meningkat bahan maka campuran bahan bakar dan udara menjadi lebih kuat dan tenaga ledakannya lebih besar.. penambahan campuran BBm diperlukan untuk mencegah over heat karena terlalu miskin campuran bahan bakarnya.. dari hasil energi ledakannya maka tenaga mesin meningkat karena campuran bahan bakarnya lebih banyak udara maka justru bbm akan lebih irit asalkan disesuaikan setelan karburator atau injector nya

  2. Biasa aja sih.. Motor produksi pake turbo sudah ada sejak tahun 1982.. Yamaha Seca Turbo 650.. prinsipnya Gas buang kenalpot memutar kipas turbin lalu di sambung pakai shaft/ poros untuk memutar kipas kompressor untuk menghisap udara lalu dikompressi kedalam ruang bakar..sekitar 0.8-1bar.. untuk Bensin ga lebih deras.. tapi membutuhkan perbandingan udara dan bensin yang lebih besar saja..

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.