Guna Tingkatkan Skill Berkendara Komunitas Motor Sport Honda, Astra Motor Yogyakarta Gelar Pelatihan Safety Riding

3
265

Pertamax7.COM, Guna Tingkatkan Skill Berkendara Komunitas Motor Sport Honda, Astra Motor Yogyakarta Gelar Pelatihan Safety Riding

Komunitas Motor Sport Honda Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta 1
Komunitas Motor Sport Honda Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta

Info resmi dari Yogyakarta – Astra Motor Yogyakarta selaku Main Dealer Honda wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas kembali menegaskan komitmennya dalam menyebarkan semangat dan perilaku aman berlalulintas di jalan raya. Bersama dengan Komunitas Honda Big Bike Yogyakarta & Friends, Astra Motor Yogyakarta menggelar pelatihan safety riding khusus bagi anggota komunitas motor sport di Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta (4/2).

Komunitas Motor Sport Honda

Pelatihan yang diikuti oleh 25 pengendara motor sport ini dilandasi atas kesadaran bahwa keselamatan berlalulintas adalah tanggung jawab setiap individu yang ada di jalan. Tak terkecuali dengan anggota komunitas yang berkendara dengan mobilitas tinggi baik sebagai sarana transportasi ataupun sebagai hobi. Ancaman keselamatan berkendara bisa datang dari diri sendiri, orang lain ataupun lingkungan dimana seorang pengendara berada.

Komunitas Motor Sport Honda Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta 1
Big Bike yang memiliki bobot relatif berat cukup sulit untuk didirikan seorang diri setelah roboh atau jatuh. Dalam pelatihan Safety Riding bersama Honda Big Bike Yogyakarta & Friends (4/2), setiap peserta diajak untuk mengenal cara aman mendirikan Big Bike bilamana terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Peserta pelatihan kali ini merupakan anggota komunitas yang sudah sering melakukan perjalanan touring ke berbagai daerah. Namun demikian ternyata masih banyak peserta yang belum pernah mendapatkan pelatihan safety riding sebelumnya. Melalui pelatihan ini diharapkan setiap peserta bisa memiliki skill, wawasan, dan kesadaran mengenai perilaku aman saat berkendara. Sehingga ke depannya masing-masing peserta dapat berkontribusi dalam menekan angka kecelakaan di jalan raya.” ungkap Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal.

Dalam pelatihan  ini materi dibagi menjadi dua yaitu teori dan praktek. Pada sesi teori peserta diajak untuk mengenal persiapan, sikap, perilaku, resiko di jalan raya, hingga teori ketrampilan berkendara. Sedangkan untuk sesi praktek dibagi menjadi tiga materi yang meliputi braking, narrow plank, dan slalom course.

Melalui materi braking peserta diajak untuk menguasai ketrampilan penggunaan rem saat mengendarai sepeda motor. Teknik pengereman yang baik akan menghasilkan jarak pengereman yang pendek dan pengendalian yang stabil. Untuk melatih keseimbangan peserta mendapatkan materi narrow plank dimana peserta diajak untuk meniti papan keseimbangan. Materi ketiga adalah slalom course. Dalam materi ini peserta diajak untuk mengasah ketrampilannya dalam mengendalikan sepeda motor melewati bermacam jenis tikungan. Sebagai tambahan peserta yang sebagian merupakan pengguna Big Bike juga mendapatkan materi mengenai teknik mendirikan Big Bike yang roboh. Materi ini cukup menarik mengingat mendirikan Big Bike dengan bobot yang relatif berat akan sangat sulit jika tidak dibarengi dengan teknik yang benar.

Komunitas Motor Sport Honda Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta 1
Instruktur Safety Riding Astra Motor Yogyakarta Triyanto mendemonstrasikan cara melakukan cornering dalam materi praktek slalom course.

Honda Big Bike Yogyakarta & Friends

Honda Big Bike Yogyakarta & Friends merupakan komunitas yang menghimpun pecinta motor sport baik yang mengendarai Honda Big Bike ataupun motor sport pada umumnya dengan kapasitas dapur pacu 250 cc ke atas. Melalui komunitas ini anggota yang mayoritas berdomisili di area Yogyakarta dan sekitarnya memiliki wadah untuk saling bertukar informasi mengenai sepeda motor kesayangannya, berbagi kebersamaan, hingga melakukan perjalanan berbagai tempat untuk semakin meningkatkan ke kompakan.

Partner
IRC
Honda
FDR
Komunitas Motor Sport Honda Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta 1
Seluruh peserta pelatihan Safety Riding bersama Honda Big Bike Yogyakarta & Friends (4/2)melakukan pemanasan peregangan otot sebelum masuk ke dalam sesi praktek. Hal ini juga penting dilakukan terlebih jika seorang bikers akan melakukan perjalanan dengan jarak tempuh yang relatif jauh.

“Dalam komunitas ini Kami tidak mengenal sistem senioritas ataupun perploncoan. Komunitas ini berkembang atas dasar hobi dan minat yang sama terhadap motor sport. Berbagai agenda rutin yang Kami laksanakan mulai dari Sunday Morning Ride (Sunmori) menuju tempat-tempat menarik di sekitar Yogyakarta, city rolling, touring, pelatihan safety riding, ataupun Kopdar berjalan atas dasar kebersamaan. Bagi pecinta motor sport yang ingin bergabung, silakan merapat ke Honda Big Wing Astra Motor Center Yogyakarta di Jalan Magelang Km 7,2 Sendangadi, Mlati, Sleman atau hubungi nomor Kami di 08985315088.” pungkas Big Bike Manager Astra Motor Yogyakarta Aditya Nugraha.

Last,, ada pemirsa yang ikutan? monggo om komentarnya

irfan-
Semoga berguna Gan
ikuti berita terbaru dan silaturahmi via
•    email : pertamax7blog@gmail.com
•    Facebook : pertamax7.wordpress.com
•    twitter : @ipanase
•    Google+ : ipanase megison
•    Intagram : pertamax7
•    nike+ : pertamax7
Wonogiri Sukses

 

 

3 KOMENTAR

  1. Cbr600 tetap terlihat enak d lihat dr jaman ke jaman. Bahkan tetap terlihat lebih bagus designnya dibamding cbr250rr… Cbr250rr jadi terlihat membosankan drpd cbr600.. Dsinilah design yang dipaksakan terlihat kekinian, dgn garis2 tegas, tp d lihatnya lama2 bosan. Mending design simpel, elegan n sporty. Dan dilihat kapanpun. Dijejerin dgn motor model baru gmn pun tetap terlihat enak n g ketinggalan. Goodjob to cbr600’s designer

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.