Pengalaman Pembaca Pertamax7.com Debat Dengan Polisi Tentang Knalpot Racing R9 dB Killer

Pertamax7.com,  ada pengalaman unik dari pemirsa blog pinggiran ini, adalah om aril sujana asal Sragen  yang menggunakan knalpot racing R9 debat dengan polisi saat razia lalu lintas ..

Pengalaman Pembaca Pertamax7.com Debat Dengan Polisi Tentang Knalpot Racing R9 dB Killer
Knalpot R9 Mugello Yamaha Jupiter MX KING 150 Pertamax7.com

email yang diterima pertamax Sabtu 14 mei 2016 ini berisi pengalaman om aril, mau tau lebih lanjut? monggo disimak


selamat sore mas Ipan , perkenalkan nama saya Aril Sujana Umur 20th , saya adalah silent reader di blog nya mas ipan udah dari dulu ,tapi baru kali ini mau ngeshare cerita saya karena menurut saya ini adalah pengalaman terbaik sekaligus semoga bisa d jadikan postingan agar semuamasyarakat tahu tak lupa juga kepolisian

hari ini hari sabtu tgl 14/5/2016 saya dari arah Sragen mau kuliah di Solo , di perjalanan ternyata ada razia dan kemudian saya diberhentikan. saya memakai motor mxking dan knalpot ori r9mugello black+db killer , disana saya berhadapan debat dengan 5 polisi + 1 ketua pelaksana
polisi 1 : knalpot kamu saya tilang
saya : kenapa pak ?
polisi 1 : knalpot kamu tidak standar (nada kasar)
saya : memang pak knalpot saya tidak standar tapi saya tidak melanggar pertauran UU Lingkungan Hidup yang menyatakan bahwa motor dgn kapasitas <175cc maksimal kebisingannya adalah 80db (sambil menunjukkan uu nya)
polisi 1 :kamu saya tuntut balik karena melawan aparat
saya : saya tidak melawan saya hanya membela diri dengan UU
polisi 1 : sana kamu (sambil ngasih stnk n sim saya ke polisi 2)

polisi 2 : mau apa kamu ? (jutek)
saya : saya mau membela diri pak karena motor saya tidak menyalahi aturan
polisi 2 : ini saya punya uu nya (nunjukin surat tilang yg hny ada tulisan knalpot doang)
saya : itu hanya knalpot pak sedangkan saya lebih spesifik
polisi 2: sana kamu (lagi lagi saya d ping pong ke polisi 3,4,dan5)

polisi 3,4,5 : kamu udah salah malah melawan
saya : saya tidak melawan dan saya tidak mengatakan hal kasar saya hny menjelaskan , sambil menunjukkan UU nya bahwa saya tidak bersalah karena saya bawa motor juga ga ugal ugalan hny untuk penanda jika sedang dalam kondisi kencang
polisi : coba buktikan
saya : saya berani pak membuktikan bahwa motor saya kurang dari <85db (sambil buka aplikasi soundmeter)
polisi : itu hny aplikasi bohong2an
saya : yaudah pak saya mau bicara dengan ketua pelaksana

saya : permisi pak saya mau menjelaskan bahwa saya pengen mengemukakan pendapat , lagi lagi saya membawa UU Lingkungan Hidup dan memberitahu bahwa knalpot pabrikan itu sudah ada regulaisnya buktinya knalpot buatan Indonesia ini sudah sampai luar negeri , dan saya memberi tahu hasil test nya
ketupel : oh gitu ya mas , yaudah mas gini aja saran dari saya mending mas nya nanti ganti saja ya biar lebih aman , saya tahu niat mas itu sebenernya baik soalnya g mungkin kl mas itu ugal2an saya drtd memperhatikan mas nya (sambil nyobak2 surat tilang yg td telah ditulis) , untuk saat ini saya toleransi
saya : terima kasih pak (menjabat tangan)

saran saya ya mas semua polisi itu sebenernya baik mas mereka melakukan tindak ketertiban , tetapi sangat amat disayngkan bahwa kebanyakan polisi hanya menafsirkan Undang Undang dari permukaan saja tak mau menyelaminya , jadi saya dan lainnya sebagai rider harus menyelami peraturan Undang Undang untuk membela diri , , , karena menurut saya kita punya hak membela diri . sekian selamat sore mas . hari ini adalah hari terbaik saya dimana saya bisa mengemukakan pendapat saya. wassalamualaikum.
maaf ga ada pict saat saya sedang debat karena saya single rider dan tidak membawa hp.


mengenai knalpot racing ini memang berputar-putar, moga kedepan ada kepastian mengenai klasifikasi, yang di perbolehkan dan yang tidak, petugas yang menggunakan alat ukur yang sesuai, aturan yang rinci dan sebagainya agar jelas . .bagaimana nih menurut pemirsa mengenai Pengalaman Pembaca Pertamax7.com Debat Dengan Polisi Tentang Knalpot Racing R9 dB Killer

Semoga berguna Gan
ikuti berita terbaru dan silaturahmi via
•    email : pertamax7blog@gmail.com
•    Facebook : pertamax7.wordpress.com
•    twitter : @ipanase
•    Google+ : ipanase megison
•    Intagram : pertamax7
•    nike+ : pertamax7
Wonogiri Sukses

 

28 KOMENTAR

  1. “maaf ga ada pict saat saya sedang debat karena saya single rider dan tidak membawa hp”

    trus buka aplikasi soundmeter pake laptop atau tablet om?

  2. Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) “

    kata kunci: “persyaratan teknis dan laik jalan” –> uji tipe etc.. kl ganti knalpot,. brarti udh gk sesuai teknis..

    kebanyakan orang bego tapi sok pinter sih.. parah emng indonesia..
    nb: gak belain pak polisi.. polisiny jg bego UU lalin aja gak hapal

    • persyaratan teknis nya kan selama ga melewati ambang kebisingan sama batas emisi, bukan krna ganti knalpot nya.

    • @ninjahatori
      Meluruskan ya masbro.. dlm psl yg anda blg itu cb deh baca bnr2 dgn seksam/mgkn lupa bc penjelasannya..
      Tdk ada satupun kata yg melarang penggantian knalpot.. menafsirkan kalimat pasal yg sdh sangat jls pengertianx tdk dibenarkan (mgkn jk anda mgrti hkm akan paham).
      Lain x jk memberikan pndpt jgn menghakimi org lain dgn kt “bego/kawan2x” (nah dgn pndpt anda sendiri skrg memperlihatkan anda bgmn?)
      Apa yg dilakukan mas aril sujana d atas tdk sepenuhx slh,hny mmg krg tepat dlm menjadikan uu lingkungan hidup sbg dsr argumenx (shrsx uulaj).
      Jk anda mhswa hukum.. ya jgn jg latah ikut pndpt polisi yg salah,kritis sdkt lah. Ya mmg bnr kdg penggantian knalpot menimbulkan suara bising (mengganggu),tp yg mengganggu itu suaranya/bentuk knalpotx?? (Standar pabrik vs variasi)

  3. ane setuju sama om ninja hatori, kadang banyak yg nggak tau aturan tapi sok sokan ngotot nantangin polisi

    polisi nya juga kurang di edukasi peraturannya sendiri, jadi kena debat

  4. misal motor kita menggunakan sistem AHO, ditengah jalan siang hari ditilang karena lampu mati. Hal ini siapa yang salah?

    pengendara sudah melakukan standar penggunaan motor dengan baik, kunci kontak on, motor distater lalu nyala pula lampu utama, bahkan pengendara tidak punya hak untuk mematikan lampu saat kendaraan aktif berjalan.

    Siang hari jelas saat berkendara yang wajar sesuai aturan kita tidak bisa mengetahui bahwa lampu kita mati.
    Mungkin kita harus menuntut balik kepada pihak ATPM, karena tidak menyertakan indikator lampu mati.

    Lalu kalaupun ada indikator lampu utama motor kita mati, apa kita harus menuntunnya sampai mendapatkan bengkel/ toko untuk memperbaiki??

    sebaiknya kalau soal sparepart kendaraan harusnya, undang-undangnya yang luwes tapi sanggup melindungi pengguna.

    Orang Indonesia itu sebenarnya patuh, mudah meneladan. Cuma teladannya aja yang gak ada, POLISI bukan juga teladan yang baik.
    Aturan helm stadar….nurut, aturan spion lengkap, standar nurut….
    semakin tertib koq semakin ketat??? kepiye ngip…hongip

  5. sing bener, pak polis kudu bawa alat untuk ngukur tingkat kebisingan dari knalpot yg bukan standar pabrikan, dah gitu aja..Institusi Kepolisian kudune yo ragat, edukasi lebih pada bawahan dilapangan..

  6. Terus knalpot yg mememuhi persyaratan teknis itu indikatornya apa aja? Mengacu ke mana?
    Db udah pasti. Mungkin ukuran? Material?

  7. Knalpot yang memiliki persyaratan teknis itu ya knalpot standar pabrikan, karena kenalpot standar telah dilakukan uji emisi dan uji lainnya oleh pabrikan yang disesuaikan dengan kondisi mesin sehingga bisa lulus dari uji emisi yang ditetapkan oleh pemerintah, apabila kenalpot standar diganti dengan racing emisi gas buangnya bisa berubah dan melebihi standar yang telah ditetapkan.

  8. yang pake sendalpot racing belom tau rasane tidur di rumah yang tepi jalan…
    apa lagi di kawasan2 orang miskin yg knalpot bebeknya pake kaleng khong guan.
    sportnya yg pake pipa ledeng
    nyenyak bos tidur lu

  9. Nahh…. Gak usah heran spt itulah dunia bikers/anak motor mana pernah mau disalahin krn selalu dianggap yg paling bener. Ganti knalpot racing dianggap keren dan bener tp klo mobil gak boleh, klason kenceng boleh tp klo mobil gak boleh, motor main2 gas dgn knalpot kenceng boleh tp klo mobil gak boleh, motor lawan arus boleh dgn alasan basi dimensi kecil boleh tp mobil gak boleh, dll. Hukum klo disama ratakan antara motor dan mobil udah pasti 1000000000$ para bikers/pemotor gak mau dan gak terima.
    Intinya apapun yg dilakuin anak motor/bikers dll HARUS SELALU DIANGGAP PALING BENER DAN KENDARAAN YG LAIN GAK BOLEH. Klo gak percaya silahkan liat dgn mata kepala sendiri dilingkungan sekitar, FAIR kan !!! motor gitu lohhh….. bikers gitu lohhh……

    Lgs dehh yg lain pd gak terima/marah/tersinggung dgn komen gw yg REALISTUS KRN DIANGGAP GAK PRO KE BIKERS, jd klo komen HARUS DAN WAJIB BELA/DUKUNG BIKERS SPY DISENENGIN DGN YG LAIN, ini udah gw coba sendiri dgn ganti ID trus dukung bikers ternyata disenengin dgn yg lain, apalagi klo komen yg sifatnya PUJA PUJI SELANGIT, wuahahahahaaaa….. KELIATAN KAN MUNAFIK orang2 disini, wuahahahahahahaaaaaa

  10. saya : saya berani pak membuktikan bahwa motor saya kurang dari <85db (sambil buka aplikasi soundmeter)
    polisi : itu hny aplikasi bohong2an
    ——————————
    maaf ga ada pict saat saya sedang debat karena saya single rider dan tidak membawa hp.
    ========================
    kontradiktif nih, ga bawa HP tapi mau buka aplikasi soundmeter.

  11. Woles bro, jangan maen pukul rata gitu.

    Kalau benar katakan benar kalau salah katakan salah.
    Kasus di atas masuk sisi kebenaran IMHO. Intinya antara UU dan penegak hukum masih ada gap. Jangan jadikan gap ini sebagai ajang cari duit haram, kasian anak2 yg ngga tau apa2 di suapin makanan yg dibeli dari hasil uang haram, dampak nya nanti di masa depan ke masyarakat sekitar. Bisa jadi itu anak anda di masa depan yang jadi korban manusia2 yg dibesarkan dengan uang haram.

    Dipkir panjang dan tenang dulu bro klo komen. Anda mungkin berkata benar tentang anak2 motor, tapi jangan pukul rata. Pisahkan telur dengan tahi, karena telur bermanfaat langsung buat manusia tapi tahi bermanfaat langsung buat tumbuhan. Jangn terbalik.

  12. yg pake knalpot racing masih ngotot aja.
    itu knalpot “racing” kan? ya udah jelas itu untuk racing. bukan buat harian. yang buat racing itu ilegal di jalanan kecuali di tempat balapan.
    bukan hanya soal suara tapi emisi gas buang. termasuk tembakan knalpot racing yg mengarah keatas.
    apa gunanya ada produk road legal, race only. kalo penggunaannya ditabrakin sana sini.
    mungkin kalo pemotor yg kaya di cerita itu pake motor road illegal macem trail, bakalan ngotot juga itu standart pabrik. padahal ngga boleh. dari produsen juga udah nentuin itu bukan untuk jalanan biasa.
    knalpot ada yg racing ada yg biasa. aftermarket ngga semua racing. ad jg yg biasa. racing khusus race, di sirkuit atau tempat race. bukan di pakai di jalanan sehari2.

  13. Kalo knalpot aftermarket (ya, jangan sebut knalpot racing) itu ada sertifikatnya ga ya? R9 itu perusahaan legal loh, kecuali yang ga jelas kayak yang dibuat dipinggir jalan. Seharusnya udah jelas mana yang legal dipake di jalan mana yang ngga. Knalpot-knalpot ori itu juga udah lulus uji tipe gitu ga ya? Kalo iya ya sudah jelas berarti.

    Buat polisi seharusnya selalu pake dB tester. Jangan maen bilang, “ini ga standar makanya haram dipake”. Buat rider selalu pake knalpot original kalo mau diganti, dB killer jangan dicopot. Ga enak juga sebenernya sih gan, suara motor 1 silinder kadang kenceng doang tapi ga enak, biasanya dari knalpot-knalpot yang ga jelas gitu kan gan.

    Harus ada kejelasan mana yang street-legal mana yang tidak. Rider nyaman, aturan juga ga dimainin lagi sama pak pol hehe 😡

  14. bener tuu kata mas adi, saya lebih terganggu dengan suara knalpot bentuk standar dengan bobokan dan hasil suara bising, sekarang ini banyak diaplikasi oleh motor2 matik yg pakenya alay2 g jelas.
    bpak pol disna msti lebih bijaksana dalam penegakan aturannya.
    realisaikan aturan sesuai dengan maksud dan tujuannya, jangan hanya kulitnya saja, agar kami masyarakat tidak bingung.
    ajarkan kami dengan keteraturan yang sebenarnya agar tidak ada lagi pelanggaran yang membingungkan.(ketika seseorang diberhentikan oleh aparat karena melanggar, dia tahu akan kesalahannya, bukan malah cengengesan dengan alasan buru2-mungkin buru2 mau menyapa bu polwan untuk mendapat surat kawin, eh surat tilang).

  15. Sedikit bingung, katanya dia test pake aplikasi buat kekencangan suara nya, tapi di akhir kata dia bilang maaf gbsa foto/kasih bukti krna gk bawa HP, lalu tadi itu ngetest pake aplikasi pake apa yah? wkwkwk Hp polisi kah?

Apa Komentar Pemirsa ?