Honda CBR500R meluncur di Indonesia, AHM juga Segarkan Line Up Big bike

2
258

pertamax7.com Honda CBR500R meluncur di Indonesia, AHM juga Segarkan Line Up Big bike… yaps.. resmi  AHM Luncurkan Honda CBR500R dan Segarkan line up Big Bike Honda AHM Launched Honda CBR500R and Refreshed Honda’s Big Bike Line Up

AHM Luncurkan Honda CB650F CBR500R CB500F dan CB500X versi 2016 di Indonesia pertamax7.com
AHM Luncurkan Honda CB650F CBR500R CB500F dan CB500X versi 2016 di Indonesia pertamax7.com

langsung dari pulauJakarta – PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan Honda CBR500R sebagai line up terbaru jajaran big bike di Indonesia sekaligus segarkan Honda CB500F, Honda CB500X ABS dan Honda CB650F ABS yang memiliki tampilan baru. Untuk memenuhi kebutuhan pecinta motor besar, AHM melengkapi kehadiran jajaran big bike Honda ini dengan memperluas dan meningkatkan layanan premiumnya di jaringan sepeda motor Honda di Indonesia.

Jakarta – PT Astra Honda Motor (AHM) launches Honda CBR500R as the newest line up of big bikes in Indonesia and at once refreshes Honda CB500F, Honda CB500X ABS, and Honda CB650F ABS to have new look. To fulfill the need of big bike lovers, AHM completes the presence of this Honda big bike by expanding and enhancing its premium service in its Honda networks in all over Indonesia.

President Director AHM Toshiyuki Inuma mengatakan sejak AHM mengawali bisnis big bike di Indonesia, CB500 series sangat diapresiasi oleh pecinta big bike di Indonesia. Sehingga pada awal tahun ini AHM memperkenalkan CB500 series terbaru yang telah melalui evolusi besar-besaran pada eksterior dan fitur utamanya, bersamaan dengan warna baru CB650F.

President Director AHM Toshiyuki Inuma said since AHM started big bike business in Indonesia, CB500 series supported by plenty of Indonesian big biker fans. Today, we are also happy to introduce CB500 series which accomplish great evolution of exterior and key features, together with CB650F with new color”

“Khusus model CBR500R, kami telah menerima banyak permintaan dari konsumen agar model ini diperkenalkan di Indonesia untuk konsumen yang mendambakan pengendalian sempurna dan desain Supersport yang agresif. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami memutuskan untuk memperkenalkan CBR500R versi terbaru di tanah air.”

“Especially about CBR500R, we have been hearing many customers’ request to introduce in Indonesia who fascinated by its ‘easy to control’ and aggressive Supersport design.Therefore taking chance of itsmodel change we decided to introduce CBR500R in Indonesia market”

Honda CBR500R 2016

2016 honda CBR500R
2016 honda CBR500R

CBR500R telah di desain ulang dengan garis baru yang agresif dan mengalir dari sisi depan ke belakang dengan didukung mesin 500cc DOHC (mampu menghasilkan 35kw dan konsumsi bahan bakar 26,8 km/liter dengan mode WMTC) dan rangka besi diamond tube yang tetap sama. Keseluruhan styling ini berubah dan menghasilkan bentuk yang aerodinamis untuk melesat sempurna, lampu depan dan belakang LED semakin menambah tampilan premium.

It’s supported by 500cc DOHC engine (producing 35kW and returning 26.8km/litre by WMTC mode) and steel diamond-tube frame remain unchanged, the CBR500R is redrawn with aggressive and flowing new lines front to back. The styling integrates fluidly and creates an aerodynamic form ready to carve cleanly through the air; an LED headlight and taillight also add a premium feel.

Partner
IRC
Honda
FDR
2016 honda CBR500R red
2016 honda CBR500R red

Kapasitas tangki yang semakin besar dengan pengembangan detail tutup tangki hinged fuel cap, sistem pengereman yang diatur sampai 5 level sesuai dengan karakter pengendara, perubahan bentuk tempat duduk dan penggunaan kunci kontak bergelombang atau wave yang meningkatkan kenyamanan serta tampilan saat berkendara.  Sensasi berkendara meningkat dengan penambahan  suspensi depan yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengendara, pengaturan shift drum desain baru untuk menghasilkan perpindahan transmisi yang lembut, short muffler baru dengan suara yang semakin khas dan berkelas semakin memancarkan suara karakter mesin CBR.

A larger fuel tank extends range, and detail improvements – hinged fuel cap, adjustable-reach brake lever, redesigned seat and ‘wave’ style ignition key – elevate the overall owning experience. The ride is improved with the addition of adjustable spring preload in the front forks, redesigned shift drum for smoother gear changes and new short exhaust muffler, with tuned internals, that emits a crisp howl worthy of the engine’s character and the machine’s CBR prefix.

2016 honda CBR500R grey
2016 honda CBR500R grey

Dalam pengembangan model ini Honda berkomitmen untuk mempertahankan modelnya yang compact, namun tampil unik dan garis yang tajam. Model ini mengadopsi DNA CBR1000RR yang memiliki garis bodi berkarakter sporti dengan desain Supersport yang agresif.

For the next stage of the machine’s development, the target for Honda’s engineers was to maintain its compact form, but give it a unique and hard-edged look.This model has adopted DNA of CBR1000RR which shows sporty character stripe body with its aggressive Supersport design.

Dari sisi tampilan sisi depan yang dilengkapi dengan bentuk fairing semakin tajam dan sporti menyisir setiap lekukan sudut hingga lampu belakang.  Sudut yang tajam dari lampu depan ganda dengan teknologi LED tampil compact namun hadir dengan pencahayaan yang terang dikombinasikan dengan lampu senja (postion lamp) berkontribusi memberikan tampilan sudut  CBR500R yang tegas.

It starts at the front of the sharply angled fairing, and each curve and angle flows through to the sporty upswept tail unit. The sharply-angled dual LED headlights are compact but bright, and – combined with twin position lights – contribute to the CBR500R’s assertive forward stance.

Lubang udara diatas lampu utama mampu mengalirkan udara masuk ke dalam fairing dan mengurangi tekanan udara secara frontal; saluran udara di bagian bawah fairing samping mampu mengurangi gerakan perputaran udara dan menghasilkan aliran udara lembut diantara helm pengendara.

Narrow slits feature above each headlight, guiding air inside the fairing, reducing frontal pressure; a duct in the lower part of the screen reduces turbulence and promotes smooth flow around the rider’s helmet.

2016 honda CBR500R black
2016 honda CBR500R black

Sensasi berkelanjutan dengan tema desain dari kontur sudut permukaan fairing cowl sekaligus menjadi saluran untuk membantu aerodinamika dan aliran udara ke kotak udara, ditambah dengan detail bodi tengah yang menyatukan garis karakter dan bentuk di sisi cowl dan fuel tank.  Setiap garis saling berkait melengkapi dan dengan adanya fairing dengan aplikasi warna hitam sebagian, memberikan kesan compact pada keseluruhan desain CBR500R ini.

There’s a sense of continuity in the design theme with the angular contour surface of the fairing cowls – which also feature ducting to help aerodynamics and air flow to the airbox – plus heavy side slits, tying in with the ’character’ line and shaping of the side cowls and fuel tank. Each line interlocks and complements the next, and partially blacked-out fairing lowers and side cowls underscore the whole design.

Penambahan detil untuk memberikan manfaat maksimal bagi pengendara meliputi tutup tangki yang dilengkapi dengan engsel dan tingkat pengereman yang bisa disesuaikan hingga 5 tingkatan.  Desain baru kunci kontak bergelombang lebih lembut saat dioperasikan dan memberikan kesan premium saat digunakan.  Pijakan kaki pengendara dan pembonceng telah dikurangi dari ukuran sebelumnya dan semakin memberikan sentuhan berkelas dan berkualitas dengan penyematan alumunium die-cast yang terintegrasi dengan pegangan pembonceng.  Kursi pembonceng terlihat lebih kecil dengan diberi sentuhan lensa lampu belakang LED and desain spakbor belakang yang terbuat dari plat besi yang bisa dibongkar pasang sesuai dengan keinginan pengendara.

Detail upgrades for rider benefit include a hinged fuel cap and 5-step adjustable span brake lever. The redesigned ‘wave’ key also has a smoother, more premium feel in use. Both rider and pillion footpeg hangers have been reduced in size, with die-cast aluminium footpegs and integrated grab rails for the passenger adding further touches of class and quality. The rear seat unit is eye-catchingly small, and finished with a clear-lensed rear LED light unit and sharply-designed (and easily removable) steel fender mount.

Fitur dasbor yang lengkap dilengkapi dengan speedometer digital, takometer digital, odometer, dual trip meter, jam, penunjuk isi bahan bakar digital dan konsumsi bahan bakar.   HISS (Honda Intelligent Security System) terintegrasi dengan kunci kontak, dan tersedia bagasi kecil dibawah tempat duduk belakang untuk penyimpanan.

The comprehensive dash features a digital speedometer, digital bar graph tachometer, odometer, dual trip meters, clock, plus digital fuel level gauge and fuel consumption. HISS (Honda Intelligent Security System) is built in to the ignition; there’s space under the seat to store a U-lock.

  • Honda CBR500R hadir dengan dua pilihan warna yaitu Gunpowder Black dan Millenium Red.
  • Honda CBR500R will be available in 2 colors option : Gunpowder Black dan Millenium Red.

CBR500R dilengkapi dengan mesin 8-valve liquid-cooled parallel twin mampu menghasilan layout yang memberikan keseimbangan sempurna untuk ukuran tubuh dan performa yang fleksibel.  Proporsi segitiga dari crankshaft, main shaft dan countershaft setipe dengan mesin Honda four-cylinder RR dan didukung banyak dari struktur dalam dan rekayasa teknik  diadopsi langsung dari CBR600RR dan CBR1000RR.

The CBR500R’s 8-valve liquid-cooled parallel twin layout offers a great balance of physical size and flexible output. The ‘triangle’ proportion of crankshaft, main shaft and countershaft is very similar to that of Honda’s four-cylinder RR engines and much of the internal structure and engineering is taken directly from both the CBR600RR and CBR1000RR.

Ukuran diameter dan langkah model ini 67mm x 66.8mm; cranckshaft pins dengan sudut 180O dan primary couple-balancer diposisikan di belakang silinder, sangat dekat dengan pusat gravitasi motor ini.  Primary dan balancer gear berbentuk gerigi untuk meminimalisir suara.  Crank counterweight di desain dengan bentuk khusus untuk couple-balance dan beban ringan mesin untuk bergerak bebas dan lincah.

Bore and stroke is set at 67mm x 66.8mm; the crankshaft pins are phased at 180° and a primary couple-balancer sits behind the cylinders, close to the bike’s centre of gravity. The primary and balancer gears use scissor gears, reducing noise. The crank counterweight is specifically shaped for couple-balance and its light weight allows the engine to spin freely, with reduced inertia.

PGM-FI fuel injection menghasilkan performa menakjubkan dan tenaga mencapai puncak 35kW  tiba di 8.500 rpm di torsi 43Nm pada 7.000 rpm.

PGM-FI fuel injection provides superb throttle response and peak power of 35kW arrives at 8,500rpm, with 43Nm torque delivered at 7,000rpm.

Mesin ini berfungsi untuk memberikan penekanan yang melibatkan kekuatan rangka yang dilengkapi dengan 4 frame hanger yang ada di cylinder head.  Di dalam mesin, cylinder head menggunakan roller rocker arm, penyetelan katup tipe shim berproses menghasilkan tekanan yang rendah di valve-spring dan mengurangi gesekan.  Cam chain tanpa suara (rantai SV) dengan permukaan dari pins yang telah dilumuri dengan Vanadium untuk mengurangi gesekan dan meningkatkan perlindungan dari debu.  Katup inlet berdiameter 26.0 mm dengan katup pembuangan berdiameter 21.5mm.

The engine acts as a stressed member, reinforcing the frame’s rigidity with four frame hangers on the cylinder head. Internally the cylinder head uses roller rocker arms; shim-type valve adjustment allows them to be light, for lower valve-spring load and reduced friction. A silent (SV Chain) cam chain has the surface of its pins treated with Vanadium, reducing friction with increased protection against dust. Inlet valve diameter is 26.0mm with exhaust valve diameter of 21.5mm.

Diameter piston yang berukuran 67mm sangat identik dengan CBR600RR. Bentuk piston sesuai dengan yang diaplikasikan di CBR1000RR untuk mengurangi tingkat kebisingan piston saat di rpm tinggi.  Gesekan dikurangi dengan penambahan tekstur di pinggir piston (sentuhan di area permukaan ini mampu menghasilkan jarak antara oli untuk memberikan pelumasan optimal).

Bore size of 67mm is identical to that of the CBR600RR. The piston shape is based upon those used in the CBR1000RR to reduce piston ‘noise’ at high rpm. Friction is reduced by the addition of striations on the piston skirt (a finish that increases surface area, introducing gaps in which oil can flow for better lubrication).

Crankcase memanfaatkan gaya sentrifugal menghasilkan dinding bertekstur tipis, dan nilai diameter sama seperti CBR600RR membantu menjadi compact dan ringan.  Desain internal mengurangi  kehilangan pemompaan yang dihasilkan dari sudut 180° dari urutan pengapian. Dengan menggunakan struktur dinding yang sama dengan CBR1000RR, pemompaan oli meningkatkan kinerja aerasi dengan mengurangi gesekan; air yang menggenangi ini akan mengurangi gerakan oli saat belokan tajam dan pengereman.  Kapasitas oli adalah 3.2 liter.

The crankcase uses centrifugally cast thin-walled sleeves, and the same bore interval as the CBR600RR helps them be as compact and light as possible. Their internal design reduces the ‘pumping’ losses that can occur with a 180° phased firing order. Using the same internal relief structure as that of the CBR1000RR, the oil pump features improved aeration performance, with reduced friction; a deep sump reduces oil movement under hard cornering and braking. Oil capacity is 3.2L.

Kotak transmisi 6 percepatan serupa dengan RR yang menggunakan transmisi yang sama sesuai desain swing arm dan mekanisme yang saling bertautan.  Perubahan di 2016 in akan membuat berkendara di perkotaan lebih nyaman, shift drum stopper spring loads telah diperbaiki sejalan dengan perubahan bentuk dari shift drum pusat.  Hasilnya perpindahan gigi yang lebih halus dan mudah.

A six-speed gearbox mirrors that of its RR siblings using the same gear change arm structure and link mechanism. In an update for 2016, for easier urban riding, the shift drum stopper spring load has been revised, along with the shape of the shift drum centre. The result is smoother, easier gear changing.

Rute aliran gas dari kotak udara ke saluran pembuangan langsung dan piringan di dalam kotak udara memisahkan putaran udara ke setiap silinder.  Desain knalpot terbaru dengan desain 2 ruang internal dipadukan dengan pipa penghubung berlubang; secara bentuk lebih pendek (ditambah dengan sentralisasi massa), lebih ringan 2 kilogram dan menghasilkan suara raungan yang mengesankan saat menarik tuas gas.

The gasflow route from airbox to exhaust is as straight as possible and a plate in the airbox separates the airflow to each cylinder. A new exhaust muffler design uses two internal chambers, joined by a punched link pipe; it’s physically shorter (aiding mass centralisation), 2 kilograms lighter and delivers a crisp exhaust note as rpm rises.

CBR500R memiliki diameter besi 35mm tipe diamond-tube sebagai rangka utama yang ringan dan kuat dengan penyelerasan yang sesuai memberikan kenyamanan bagi pengendara di berbagai kondisi jalanan.  Bentuk dan posisi dari engine mount ditambah dengan keseimbangan kekuatan rangka mampu mengurangi getaran.

The CBR500R’s 35mm diameter steel diamond-tube mainframe is light and strong, with a tuned degree of yield that gives plenty of feedback to the rider as road surfaces change. The shape and position of the engine mounts, plus the frame’s rigidity balance, reduces vibration.

Jarak sumbu roda 1410mm dengan sudut kemiringan supensi depan dan trail telah disesuaikan di 25.5°/102mm menghasilkan kelincahan dan pengendalian yang sempurna. Sentralisasi massa dimana mesin sangat dekat dengan titik swingarm pivot memberikan kelincahaan saat bermanuver dan optimalisasi distribusi beban depan / belakang menghasilkan stabilitas sempurna. Berat kotor 194 kg.

Wheelbase is 1410mm and rake and trail are set at 25.5°/102mm giving nimble, yet reassuring steering. Mass centralisation, with the engine in very close proximity to the swingarm pivot point, delivers turning agility and optimum front/rear weight distribution ensures stability. Kerb weight is 194kg.

Ketinggian jok 785mm, membuat CBR500R sangat mudah dikendalikan dan posisi berkendara yang sporti memberikan kenyamanan pengendara dengan postur tubuh yang berbeda berkat posisi stang yang relatif tinggi.

Seat height is low at 785mm, making the CBR500R very easy to manage and its sporty riding position will comfortably accommodate riders of varying heights thanks to a relatively high handlebar position.

Dimensi keseluruhan model ini adalah 2081mm x 756mm x 1150mm dan jarak ke tanah 140mm.  Kapasitas tangki sebesar 16.7 liter sudah termasuk penyimpanan cadangan.

Overall dimensions are 2081mm x 756mm x 1150mm, with 140mm ground clearance. The fuel tank now holds 16.7L, including reserve.

Suspensi depan teleskopik berukuran 41mm dan 120mm stroke memberikan pengendalian sempurna dan di tahun 2016 ini model CBR500R dilengkapi dengan suspensi yang bisa diatur tingkat redamannya serta penyematan warna Biru di sisi atas suspensi yang memberikan kesan mewah dan modern. Suspensi Pro-Link disematkan di sisi belakang dengan pengaturan hingga 9 tingkatan bekerja melalui box-section swingarm besi yang kuat.  Sensasi berkendara sempurna dihasilkan dari 520 sealed chain.

The 41mm telescopic front fork, with 120mm stroke, delivers a compliant yet controlled ride; for 2016 the CBR500R gains spring preload adjustment and the fork legs are topped with Blue Alumite. Pro-Link monoshock rear suspension features 9-stage preload adjustment and works through a rigid box-section steel swingarm. Final drive is via 520 sealed chain.

Velg berukuran 17 inchi terbuat dari alumunium berbobot ringan dengan mengaplikasikan bentuk jari-jari Y yang saling bersilangan.  Lebar velg depan berukuran 3,5 inchi dengan spesifikasi ban 120/70-ZR17, sementara itu velg belakang berukuran 4,5 inchi dengan spesifikasi ban 160/60-ZR17.  Rem cakram depan beralur gelombang dengan ukuran 320mm dan kaliper rem berpiston ganda sangat pas diaplikasikan di piringan rem belakang dengan ukuran 240mm dan kaliper piston tunggal.  Pemasangan di tipe ABS sama dengan tipe standar.

Lightweight, 17-inch cast aluminium wheels employ hollow cross-section Y-shaped spokes. Front wheel width is 3.5inch with a 120/70-ZR17 tyre, the rear 4.5inch and 160/60-ZR17 tyre. A single front 320mm wavy disc and two-piston brake caliper is matched to a 240mm rear disc and single-piston caliper.

Honda CBR500R dipasarkan dengan harga OTR (DKI Jakarta) Rp 144.000.000,- telah dilengkapi dengan teknologi ABS untuk kenyamanan dan keamanan optimal.

Honda CBR500R is marketed on the OTR price (DKI Jakarta) Rp 144.000.000,- equipped with ABS technology for an optimum comfort and safety

Honda CB500F 2016

CB500F di 2016 hadir dengan tampilan baru yang agresif yang terpancar dari garis dari sisi depan hingga belakang, tetap mengusung mesin 500cc DOHC mampu menghasilkan tenaga 35kW dan konsumsi BBM mencapai 26,8 km/liter (mode WMTC) dengan penyematan rangka yang sama dari model sebelumnya yaitu model diamond-tube. Tampilan baru yang mengeksplorasi tampilan mesin secara keseluruhan disertai dengan sentuhan kualitas terbaik di lampu depan dan belakang LED.

While its 500cc DOHC engine – producing 35kW and returning 26.8 km/litre (mode WMTC) – and steel diamond-tube frame remain unchanged, the CB500F emerges for 2016 with new aggressively-sculpted lines front to back. The styling shows off the machine’s mechanical forms; LED headlight and taillight are high quality finishing touches.

2016 honda CB500F
2016 honda CB500F

Kapasitas tangki yang semakin besar menjadi 16,7 liter, dan pengembangan detail tutup tangki hinged fuel cap, sistem pengereman yang diatur sampai 5 level sesuai dengan karakter pengendara dan penggunaan kunci kontak dengan bentuk wave yang meningkatkan kenyamanan serta tampilan saat berkendara.

A larger 16.7 litre fuel tank extends range, and detail improvements such as hinged fuel cap, adjustable-reach brake lever and ‘wave’ style ignition key elevate the overall owning experience.

Sensasi berkendara meningkat dengan penambahan  suspensi depan yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengendara, pengaturan shift drum desain baru untuk menghasilkan perpindahan transmisi yang lembut, short muffler baru dengan suara yang semakin khas dan berkelas semakin memancarkan suara karakter mesin CBR serta memberikan peforma terbaik diseluruh putaran mesin.

The riding experience is improved with the addition of adjustable spring preload in the front forks, redesigned shift drum for smoother gear changes and new short exhaust muffler, with tuned internals, that emits a crisp howl in keeping with the engine’s engaging power delivery.

2016 honda CB500X black
2016 honda CB500X black

Konsep styling CB500F yaitu mekanis dan agresif  dilengkapi dengan lampu depan dan tempat duduk yang compact serta perampingan beberapa komponen di CBR500F menghasilkan bentuk trapesium yang compact dengan fokus pada bagian sekitar mesin dan rangka utama.

The styling concept behind the CB500F’s angular minimalism is ‘Mechanical & Aggressive’ with the compact headlight cowl and seat unit – and downsized bodywork – creating a condensed trapezoid form focused around the engine and frame.

Fitur LED pada lampu depan yang kecil namun tetap efisien dipadukan lampu senja yang terletak di sisi atas kiri dan kanan menghasilkan tampilan yang tajam.  Karakter garis tajam yang terukir sampai kotak speedometer semakin tajam dan memberikan daya tarik lebih di area depan.

Small but efficient the LED headlight features position lights located in the upper left and right side, creating an assertive front-on presence. A character line and duct are carved into the speedometer case, adding a sharper edged appeal.

Sementara itu shroud terbagi menjadi 2 bagian dengan shroud di sisi atas dengan aplikasi cat berwarna. Demikian juga bodi cover tengah yang semakin compact dengan karakter garis yang sesuai dengan garis tangki BBM, hal tersebut semakin menonjolkan rangka besi dan mesin paralel twin engine yang compact hadir dengan tampilan warna gold pada cover mesin dan cover crankcase-nya.

The side panels are now smaller and split into two parts, with the upper painted. Likewise the middle shrouds are more compact – with angles interlocking with the fuel tank shape – and expose more of the steel frame and compact parallel twin engine with its new premium bronze crank and cylinder case cover.

Pijakan kaki pengendara dan pembonceng telah dikurangi dari ukuran sebelumnya dan semakin memberikan sentuhan berkelas.  Kursi pembonceng yang compact dan terlihat mencolok diakhiri dengan tampilan lampu belakang yang tajam dilengkapi dengan teknologi LED serta spakbor belakang yang macho dari bahan plat besi yang bisa dibongkar pasang. Peningkatan secara detil yang lainnya ialah termasuk  tutup tangki yang dilengkapi hinged fuel cap dan tingkat pengereman yang bisa disesuaikan 5 tingkatan.  Desain kunci baru berbentuk wave atau gelombang lebih lembut saat dioperasikan dan memberikan kesan premium saat digunakan.

Both rider and pillion footpeg hangers have been reduced in size, with die-cast aluminium footpegs for the passenger adding a touch of class. The strikingly compact rear seat unit is finished with a clear-lensed rear LED light and sharply- designed steel fender mount. Detail upgrades for rider benefit include a hinged fuel cap and 5-step adjustable span brake lever. The redesign ‘wave’ key also gives a smoother, more premium feel.

Tampilan dasbor dilengkapi dengan speedometer digital, takometer digital, odometer, dual trip meter, jam, penunjuk isi bahan bakar digital dan konsumsi bahan bakar.   HISS (Honda Intelligent Security System) terintegrasi dengan kunci kontak, dan tersedia ruang dibawah kursi untuk penyimpanan.

The comprehensive dash features a digital speedometer, digital bar graph tachometer, odometer, dual trip meters, clock, plus digital fuel level gauge and fuel consumption. HISS (Honda Intelligent Security System) is built in to the ignition; there’s space under the seat to store a U-lock.

Honda CB500F tipe ABS dan STD dipasarkan masing masing dalam 2 pilihan warna yaitu Matte Gunpowder Black dan Millenium Red.

Honda CB500F marketed on ABS type and STD type with the color option of Matte Gunpowder Black and Millenium Red.

CBR500F dilengkapi dengan mesin 8-valve liquid-cooled parallel twin yang mampu memberikan keseimbangan sempurna untuk ukuran tubuh dan performa yang fleksibel.  Proporsi segitiga dari crankshaft, main shaft dan countershaft setipe dengan mesin Honda four-cylinder RR dan didukung banyak dari struktur dan rekayasa teknik yang diadopsi langsung dari CBR600RR dan CBR1000RR.

The CB500F’s DOHC, 8-valve liquid-cooled parallel twin layout offers a great balance of physical size and flexible output. The ‘triangle’ proportion of crankshaft, main shaft and countershaft is very similar to that of Honda’s four-cylinder RR engines and much of the internal structure and engineering is taken directly from both the CBR600RR and CBR1000RR.

Ukuran diameter dan langkah yaitu 67mm x 66.8mm; cranckshaft pins dengan sudut 180O dan primary couple-balancer diposisikan di belakang silinder, sangat dekat dengan pusat gravitasi motor ini.  Primary dan balancer gear berbentuk gerigi untuk meminimalisir suara.  Crank counterweight di desain dengan bentuk khusus untuk couple-balance dan beban ringan mesin untuk bergerak bebas dan lincah.

Bore and stroke is set at 67mm x 66.8mm; the crankshaft pins are phased at 180° and a primary couple-balancer sits behind the cylinders, close to the bike’s centre of gravity. The primary and balancer gears use scissor gears, reducing noise. The crank counterweight is specifically shaped for couple-balance and its light weight allows the engine to spin freely, with reduced inertia.

PGM-FI fuel injection menghasilkan respon performa menakjubkan; rute aliran gas dari airbox ke saluran pembuangan langsung dan piringan di dalam kotak udara memisahkan putaran udara ke setiap silinder. Tenaga mencapai puncak 35kW  saat di 8.500 rpm di torsi 43Nm pada 7.000 rpm.

PGM-FI fuel injection provides superb throttle response; the gas flow route from airbox to exhaust is as straight as possible and a plate in the airbox separates the airflow to each cylinder. Peak power of 35kW arrives at 8,500rpm, with 43Nm torque delivered at 7,000rpm.

2016 honda CB500X green
2016 honda CB500X green

Mesin ini berfungsi untuk memberikan penekanan yang melibatkan kekuatan rangka yang dilengkapi dengan 4 frame hanger yang ada di cylinder head.  Di dalam mesin, cylinder head menggunakan roller rocker arm, penyetelan katup tipe shim berproses menghasilkan tekanan yang rendah di valve-spring dan mengurangi gesekan.  Cam chain tanpa suara dengan permukaan dari pins yang telah dilumuri dengan Vanadium untuk mengurangi gesekan dan meningkatkan perlindungan dari debu.  Katup inlet berdiameter 26.0 mm dengan katup pembuangan berdiameter 21.5mm.

The engine acts as a stressed member, reinforcing the frame’s rigidity with four frame hangers on the cylinder head. Internally the cylinder head uses roller rocker arms; shim-type valve adjustment allows them to be light, for lower valve-spring load and reduced friction. A silent cam chain has the surface of its pins treated with Vanadium, reducing friction with increased protection against dust. Inlet valve diameter is 26.0mm with exhaust valve diameter of 21.5mm.

Diameter yang berukuran 67mm sangat identik dengan CBR600RR. Bentuk piston sesuai dengan yang diaplikasikan di CBR1000RR untuk mengurangi tingkat kebisingan piston saat di rpm tinggi.  Gesekan dikurangi dengan penambahan tekstur di pinggir piston (sentuhan di area permukaan ini mampu menghasilkan jarak antara oli untuk memberikan pelumasan optimal).

Bore size of 67mm is identical to that of the CBR600RR. The piston shape is based upon those used in the CBR1000RR to reduce piston ‘noise’ at high rpm. Friction is reduced by the addition of striations on the piston skirt (a finish that increases surface area, introducing gaps in which oil can flow for better lubrication).

Crankcase memanfaatkan gaya sentrifugal menghasilkan dinding bertekstur tipis, dan nilai diameter sama seperti CBR600RR membantu menjadi compact dan ringan.  Desain internal mengurangi  kehilangan pemompaan yang dihasilkan dari sudut 180° dari urutan pengapian.  Dengan menggunakan struktur dinding yang sama dengan CBR1000RR, pemompaan oli meningkatkan kinerja aerasi dengan mengurangi gesekan; air yang menggenangi ini akan mengurangi gerakan oli sesaat belokan tajam dan pengereman.  Kapasitas oli adalah 3.2 liter.

The crankcase uses centrifugally cast thin-walled sleeves, and the same bore interval as the CBR600RR makes them as compact and light as possible. Their internal design reduces the ‘pumping’ losses that can occur with a 180° phased firing order. Using the same internal relief structure as that of the CBR1000RR, the oil pump features improved aeration performance, with reduced friction; a deep sump reduces oil movement under hard cornering and braking. Oil capacity is 3.2 litres.

Kotak transmisi 6 percepatan serupa dengan RR yang menggunakan transmisi yang sama sesuai desain swing arm dan mekanisme yang saling bertautan.  Perubahan di 2016 shift drum stopper spring loads telah diperbaiki sejalan dengan perubahan bentuk dari shift drum pusat.  Hasilnya perpindahan gigi yang lebih halus dan mudah.

A six-speed gearbox mirrors that of its RR cousins which uses the same gear change arm structure and link mechanism. In an update for 2016, the shift drum stopper spring load has been revised, along with the shape of the shift drum centre, for smoother, easier gear changing.

Desain knalpot terbaru dengan desain 2 ruang internal dipadukan dengan pipa penghubung berlubang; secara bentuk lebih pendek (ditambah dengan sentralisasi massa), lebih ringan 2 kilogram dan menghasilkan suara raungan yang mengesankan saat menarik tuas gas.

The new exhaust muffler design uses two internal chambers, joined by a punched link pipe; it’s physically shorter – aiding mass centralization – 2kg lighter and delivers a crisp exhaust note as rpm rises.

CB500F memiliki diameter besi 35mm tipe diamond-tube sebagai rangka utama yang ringan dan kuat dengan penyelerasan yang sesuai memberikan kenyamanan bagi pengendara di berbagai kondisi jalanan.  Bentuk dan posisi dari engine mount ditambah dengan keseimbangan kekuatan rangka mampu mengurangi getaran.

The CB500F’s 35mm diameter steel diamond-tube mainframe is light and strong, with a tuned degree of yield that gives plenty of feedback to the rider as road surfaces change. The shape and position of the engine mounts, plus the frame’s rigidity balance, reduce vibration.

Jarak sumbu roda 1410mm dengan sudut kemiringan supensi depan dan trail telah disesuaikan di 25.5°/102mm menghasilkan kelincahan dan pengendalian yang sempurna. Sentralisasi massa dimana mesin sangat dekat dengan titik swingarm pivot memberikan kelincahaan saat bermanuver dan optimalisasi distribusi beban depan / belakang menghasilkan stabilitas sempurna. Berat kotor 190 kg.

Wheelbase is 1410mm and rake and trail are set at 25.5°/102mm giving nimble, yet reassuring steering. Mass centralisation, with the engine in very close proximity to the swingarm pivot point, delivers turning agility; optimum front/rear weight distribution ensures stability. Kerb weight is reduced to 190kg.

Ketinggian 785mm, membuat CB500F sangat mudah dikendalikan dan posisi berkendara yang sporti memberikan kenyamanan pengendara dengan postur tubuh yang berbeda berkat posisi stang yang relatif tinggi.

Seat height is low at 785mm, making the CB500F very easy to manage and its sporty riding position will comfortably accommodate riders of varying heights thanks to a relatively high handlebar position.

Dimensi keseluruhan model ini adalah 2081mm x 791mm x 1056mm dan jarak ke tanah 156mm.  Kapasitas tangki sebesar 16.7 liter sudah termasuk penyimpanan.

Overall dimensions are 2081mm x 791mm x 1056mm, with 156mm ground clearance. The fuel tank now holds 16.7 litres including reserve.

 

Suspensi depan teleskopik berukuran 41mm diamter berukuran 120mm memberikan pengendalian sempurna dan di tahun 2016 ini model CB500F dilengkapi dengan suspensi yang bisa diatur tingkat redamannya serta penyematan warna biru di sisi atas suspensi yang memberikan kesan mewah dan modern. Suspensi Pro-Link disematkan di sisi belakang dengan pengaturan hingga 9 tingkatan bekerja melalui box-section swingarm besi yang kuat.  Sensasi berkendara sempurna dihasilkan dari 520 sealed chain.

The 41mm telescopic front fork, with 120mm stroke, delivers a compliant yet controlled ride and gives a great connection to the front tyre. For 2016 the CB500F gains spring preload adjustment and the fork legs are topped with Blue Alumite. Pro-Link monoshock rear suspension features 9-stage preload adjustment and works through a rigid box-section steel swingarm. Final drive is via 520 sealed chain.

Velg berukuran 17 inchi terbuat dari alumunium berbobot ringan dengan mengaplikasikan bentuk jari-jari Y yang saling bersilangan.  Lebar velg depan berukuran 3,5 inchi dengan spesifikasi ban 120/70-ZR17, sementara itu velg belakang berukuran 4,5 inchi dengan spesifikasi ban 160/60-ZR17.  Rem cakram depan berbentuk wavy dengan ukuran 320mm menggunakan piston caliper ganda sangat pas diaplikasikan di piringan rem belakang dengan ukuran 240mm dan piston caliper tunggal. Spek ini sama baik untuk tipe ABS maupun tipe Standar.

Lightweight, 17-inch cast aluminium wheels employ hollow cross-section Y-shaped spokes. Front wheel width is 3.5inch with a 120/70-ZR17 tyre, the rear 4.5inch and 160/60-ZR17 tyre. A single front 320mm wavy disc and two-piston brake caliper is matched to a 240mm rear disc and single-piston caliper. ABS is fitted as standard.

Honda CB500F tipe ABS dipasarkan dengan harga OTR Rp 139.000.000,- dan tipe STD dipasarkan dengan harga OTR Rp 133.000.000,-

Honda CB500F ABS type marketed on OTR price Rp 139.000.000,- and STD type Rp 133.000.000,-

Honda CB500X2016

Honda CB500X mengusung mesin 500cc DOHC – menghasilkan power 35kW dan konsumsi BBM 26,8km/liter (mode WMTC) – menggunakan rangka baja diamond tube yang kokoh. Penyegaran pada tampilan Honda CB500X versi 2016 kini hadir dengan windscreen lebih panjang dan sentuhan fitur lampu LED pada headlight dan taillight.

While its 500cc DOHC engine – producing 35kW and returning 26.8km/litre (WMTC mode) – and steel diamond-tube frame remain unchanged, the CB500X’s outlook is revised for 2016 with a much larger windscreen, and the premium touch of LED headlight and taillight.

Perubahan pada ukuran tangki bahan bakar lebih besar dan detail perubahan pada tutup tangki hinged fuel cap, jangkauan tuas rem yang kini dapat diatur, ubahan desain tempat duduk dan alur kunci kontak berdesain baru mampu menumbuhkan pengalaman berkendara yang berbeda. Kenyamanan berkendara pada model ini juga semakin baik dengan aplikasi tambahan adjustable spring preload pada bagian depan dan daya redam shock belakang yang lebih baik, serta peningkatan mekanisme perpindahan gigi yang semakin halus.

A slightly larger fuel tank extends range, and detail improvements such as the hinged fuel cap, adjustable reach brake lever, redesigned seat and ‘wave’ style ignition key elevate the overall owning experience. The ride is improved with the addition of adjustable spring preload in the front forks, new damping rates for the rear shock and redesigned shift drum for smoother gear changes.

Honda CB500X menyuguhkan keseimbangan antara bentuk yang kompak, ukuran yang mudah dikendalikan, dan kemampuan menginspirasi untuk penjelajahan yang nyaman. Pada tahap lanjutan ini, engineer Honda ingin meningkatkan sensasi kebebasan menjelajah dengan konsep “feel the adventure.”

The CB500X in its original form struck a fine balance between a compact, easy-to-manage size and its ability to inspire discovery and cover distance in comfort. For this next step Honda’s engineers aimed to boost the instinctive sense of freedom to travel under the styling concept of ‘Feel the Adventure.’

Lampu LED pada headlight terlihat kecil tapi powerful. Garis tegas menyudut dimahkotai dengan lampu senja ganda dan sentuhan warna perak di bawah windscreen yang membuat tampilan CB500X mirip dengan big bike Honda dengan kapasitas mesin yang lebih besar seperti NC750X, VFR800X Crossrunner and VFR1200X Crosstourer. Dua tutup panel samping menyatukan desain belakang dan depan dengan aplikasi cat pada bagian atasnya. Cover mesin berwarna hitam menyempurnakan desain baru ini.

2016 honda CB500X
2016 honda CB500X

The new LED headlight is physically small but powerful. Its angular outline is crowned by twin position lights and a silver finish on the bottom of the windscreen giving the CB500X a closer resemblance to Honda’s bigger X machines – the NC750X, VFR800X Crossrunner and VFR1200X Crosstourer. Two-part side panels tie the front and rear design aspects together, and feature painted uppers. Black engine covers underpin the new design.

Memiliki ukuran lebih panjang 100mm dibandingkan dengan model sebelumnya, model windscreen baru mampu memberikan perlindungan lebih maksimal, terutama bagian atas tubuh pengendara. Saluran udara di posisi tengah mampu menyeimbangkan tekanan dan mengurangi turbulensi di sekitar helm. Windscreen memiliki dua pilihan ketinggian yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengendara.

Extended upwards by approx. 100mm compared to the previous model, the redesigned windscreen offers greater wind and weather protection for the rider’s upper body and features a central duct to equalize pressure and reduce turbulence around the helmet. Two height positions are possible to adjust for rider preference.

2016 honda CB500X black
2016 honda CB500X black

Kapasitas tangki BBM Honda CB500X versi 2016 yang bertambah menjadi 17,5 liter. Detail upgrade yang bermanfaat bagi pengendaranya antara lain berupa tutup tangki BBM berengsel dan 5-pilihan rentang tuas rem yang bisa disesuaikan. Alur kunci kontak bergelombang atau wave juga dibuat lebih halus sehingga memberikan rasa mewah saat digunakan, dan perangkat tempat duduk juga dilengkapi dengan lampu LED di bagian belakang.

Fuel capacity has grown to 17.5L. Detail upgrades for rider benefit include a hinged fuel cap and 5-step adjustable span brake lever. A ‘wave’ key also has a smoother, more premium feel in use. The seat unit is finished with a clear-lensed rear LED light.

2016 honda CB500X brown
2016 honda CB500X brown

Tampilan baru dasbor dilengkapi dengan speedometer digital, takometer digital, odometer, dual trip meter, jam, penunjuk isi bahan bakar digital dan konsumsi bahan bakar.   HISS (Honda Intelligent Security System) terintegrasi dengan kunci kontak.  Tersedia ruang dibawah kursi untuk penyimpanan dan pelat pengamanan disiapkan untuk mengamankan sisi bawah mesin dan pipa knalpot dari permukaan kasar dan berbatu.

The comprehensive dash features a digital speedometer, digital bar graph tachometer, odometer, dual trip meters, clock, plus digital fuel level gauge and fuel consumption. HISS (Honda Intelligent Security System) is built in to the ignition. There’s space under the seat to store a U-lock and a bash-plate is fitted to protect the engine underside and exhaust pipe on rough, loose surfaces.

Sementara itu Honda CB500X ABS dipasarkan dengan pilihan warna Pearl Horizon White dan Millenium Red.

Honda CB500X ABS marketed on the color option of Pearl Horizon White and Millenium Red.

CBR500X dilengkapi dengan mesin 8-valve parallel twin berpendingin cairan mampu menghasilkan keseimbangan sempurna untuk dimensi yang lebih padat dan performa yang fleksibel.  Proporsi segitiga dari crankshaft, main shaft dan countershaft setipe dengan mesin Honda four-cylinder RR dan didukung banyak dari struktur dalam dan rekayasa teknik  diadopsi langsung dari CBR600RR dan CBR1000RR.

The CB500X’s DOHC, 8-valve liquid-cooled parallel twin layout offers a great combination of compact physical size and flexible output. The ‘triangle’ proportion of crankshaft, main shaft and countershaft is very similar to that of Honda’s four-cylinder RR engines and much of the internal structure and engineering is taken directly from both the CBR600RR and CBR1000RR.

Ukuran diameter dan langkah yaitu 67mm x 66.8mm; cranckshaft pins dengan sudut 180O dan primary couple-balancer diposisikan di belakang silinder, sangat dekat dengan pusat gravitasi motor ini.  Primary dan balancer gear berbentuk gerigi untuk meminimalisir suara.  Crank counterweight di desain dengan bentuk khusus untuk couple-balance dan bobot ringan mesin untuk bergerak bebas dan lincah.

2016 honda CB500X red
2016 honda CB500X red

Bore and stroke is set at 67mm x 66.8mm; the crankshaft pins are phased at 180° and a primary couple-balancer sits behind the cylinders, close to the bike’s centre of gravity. The primary and balancer gears use scissor gears, reducing noise. The crank counterweight is specifically shaped for couple-balance and its light weight allows the engine to spin freely, with reduced inertia.

PGM-FI fuel injection menghasilkan respon performa menakjubkan; rute aliran gas dari kotak udara ke saluran pembuangan langsung dan piringan di dalam kotak udara memisahkan putaran udara ke setiap silinder. Tenaga mencapai puncak 35kW  saat di putaran 8.500 rpm di torsi 43Nm pada putaran 7.000 rpm.

PGM-FI fuel injection provides superb throttle response; the gasflow route from airbox to exhaust is as straight as possible and a plate in the airbox separates the airflow to each cylinder. Peak power of 35kW arrives at 8,500rpm, with 43Nm torque delivered at 7,000rpm.

Mesin ini berfungsi untuk memberikan penekanan yang melibatkan kekuatan rangka yang dilengkapi dengan 4 frame hanger yang ada di cylinder head.  Di dalam mesin, cylinder head menggunakan roller rocker arm, penyetelan katup tipe shim berproses menghasilkan tekanan yang rendah di valve-spring dan mengurangi gesekan.  Cam chain tanpa suara (SV Chain) dengan permukaan dari pins yang telah dilapisi dengan Vanadium untuk mengurangi gesekan dan meningkatkan perlindungan dari debu.  Katup inlet berdiameter 26.0 mm dengan katup pembuangan berdiameter 21.5mm.

The engine acts as a stressed member, reinforcing the frame’s rigidity with four frame hangers on the cylinder head. Internally the cylinder head uses roller rocker arms; shim-type valve adjustment allows them to be light, for lower valve-spring load and reduced friction. A silent (SV Chain) cam chain has the surface of its pins treated with Vanadium, reducing friction with increased protection against dust. Inlet valve diameter is 26.0mm with exhaust valve diameter of 21.5mm.

Diameter piston berukuran 67mm sangat identik dengan CBR600RR. Bentuk piston sesuai dengan yang diaplikasikan di CBR1000RR untuk mengurangi tingkat kebisingan piston saat di rpm tinggi.  Gesekan dikurangi dengan penambahan tekstur di pinggir piston (sentuhan di area permukaan ini mampu menghasilkan jarak antara oli untuk memberikan pelumasan optimal berproses).

Bore size of 67mm is identical to that of the CBR600RR. The piston shape is based upon those used in the CBR1000RR to reduce piston ‘noise’ at high rpm. Friction is reduced by the addition of striations on the piston skirt (a finish that increases surface area, introducing gaps in which oil can flow for better lubrication).

Crankcase memanfaatkan gaya sentrifugal menghasilkan dinding bertekstur tipis, dan beberapa jarak diameter piston sama seperti CBR600RR membantu menjadi compact dan ringan.  Desain internal mengurangi  kehilangan pemompaan yang dihasilkan dari sudut 180° dari urutan pengapian.  Dengan menggunakan struktur dinding yang sama dengan CBR1000RR, pemompaan oli meningkatkan kinerja aerasi dengan mengurangi gesekan; air yang menggenangi ini akan mengurangi gerakan oli sesaat belokan tajam dan pengereman.  Kapasitas oli adalah 3.2 liter.

The crankcase uses centrifugally cast thin-walled sleeves, and the same bore interval as the CBR600RR helps them be as compact and light as possible. Their internal design reduces the ‘pumping’ losses that can occur with a 180° phased firing order. Using the same internal relief structure as that of the CBR1000RR, the oil pump features improved aeration performance, with reduced friction; a deep sump reduces oil movement under hard cornering and braking. Oil capacity is 3.2 litres.

2016 honda CB500X white
2016 honda CB500X white

Kotak transmisi 6 percepatan serupa dengan RR yang menggunakan transmisi yang sama sesuai desain swing arm dan mekanisme yang saling bertautan.  Perubahan di 2016 shift drum stopper spring loads telah diperbaiki sejalan dengan perubahan bentuk dari shift drum pusat.  Hasilnya perpindahan gigi yang lebih halus dan mudah.

A six-speed gearbox mirrors that of its RR cousins which use the same gear change arm structure and link mechanism. In an update for 2016, the shift drum stopper spring load has been revised, along with the shape of the shift drum centre, for smoother, easier gear changing.

CB500X memiliki diameter besi 35mm tipe diamond-tube sebagai rangka utama yang ringan dan kuat dengan penyelerasan derajat batas yang memberikan hasil berlimpah atau umpan balik bagi pengendara saat perbedaan permukaan jalan.  Bentuk dan posisi dari engine mount ditambah dengan keseimbangan kekuatan rangka mampu mengurangi getaran.

The CB500X’s 35mm diameter steel diamond-tube mainframe is light and strong, with a tuned degree of yield that gives plenty of feedback to the rider as road surfaces change. The shape and position of the engine mounts, plus the frame’s rigidity balance, reduces vibration.

Jarak sumbu roda 1420mm dengan sudut kemiringan supensi depan dan trail telah disesuaikan di 25.5°/108mm menghasilkan kelincahan yang menghasilkan berkendara prima. Sentralisasi massa dengan mesin sangat dekat dengan titik pivot swingarm memberikan kelincahaan saat bermanuver dan optimalisasi distribusi beban depan / belakang menghasilkan stabilitas sempurna. Berat kotor 196 kg.

Wheelbase is 1420mm and rake and trail are set at 26.5°/108mm giving an agile, yet composed steering feel. Mass centralisation, with the engine in very close proximity to the swingarm pivot point, delivers turning agility and optimum front/rear weight distribution ensures stability. Kerb weight is 196kg.

Ketinggian jok 810mm, membuat CB500X sangat mudah dikendalikan dan posisi berkendara yang sporti memberikan kenyamanan pengendara dengan postur tubuh yang berbeda berkat posisi stang yang relatif tinggi. Dimensi keseluruhan adalah 2098mm x 826mm x 1358mm dengan jarak terendah ke permukaan tanah 167mm.

Seat height is low at 810mm, making the CB500X very easy to manage and its sporty riding position will comfortably accommodate riders of varying heights thanks to a relatively high handlebar position. Overall dimensions are 2098mm x 826mm x 1358mm, with 167mm ground clearance.

Suspensi depan teleskopik berukuran 41mm (140mm swingarm) mengaplikasikan pengaturan tingkat redaman suspensi bersamaan dengan suspensi belakang Pro-Link yang telah menerapkan 5 langkah penyesuaian dan penyesuaian tingkat redaman menghadirkan fleksibilitas saat berkendara sesuai dengan beban motor. Sensasi berkendara sempurna dihasilkan dari 520 sealed chain.

For 2016 the 41mm telescopic front fork (with 140mm stroke) gains spring preload adjustment and alongside the Pro-Link rear shock – which has 5-step preload adjustment and revised damping rates – offers the rider flexibility to adjust for loads. Final drive is via 520 sealed chain.

Velg terbuat dari alumunium berbobot ringan dengan mengaplikasikan bentuk jari-jari Y yang saling bersilangan.  Lebar velg depan berukuran 3,5 inchi dengan spesifikasi ban 120/70-ZR17, sementara itu velg belakang berukuran 4,5 inchi dengan spesifikasi ban 160/60-ZR17. Rem cakram depan beralur gelombang dengan ukuran 320mm dan kaliper rem berpiston ganda sangat pas diaplikasikan di piringan rem belakang dengan ukuran 240mm dan kaliper piston tunggal.  Pemasangan di tipe ABS sama dengan tipe standar.

Lightweight, 17-inch cast aluminium wheels employ hollow cross-section Y-shaped spokes. Front wheel width is 3.5inch; the rear 4.5inch and tyres are 120/70-ZR17 and 160/60-ZR17. A single front 320mm wavy disc and two-piston brake caliper is matched to a 240mm rear disc and single-piston caliper. ABS is fitted as standard

Honda CB500X ABS dipasarkan dengan harga OTR Rp 147.000.000,-

Honda CBR500X ABS marketed on OTR price (DKI Jakarta) Rp 147.000.000,-.

Honda CB650F Hadir dengan Warna Baru

Honda CB650F with New Color

Model ini dilengkapi dengan mesin 650cc DOHC 4 silinder yang telah dirancang untuk menghasilkan torsi tinggi dan respon di putaran rpm rendah ke medium terutama dibawah rpm 4.000.

The DOHC 650cc four-cylinder engine powering the CB650F is engineered to deliver high torque and response through the low-to-mid rpm range, especially below 4,000rpm.

Team pengembang melibatkan banyak insinyur di usia 20 tahun, dipilih untuk menghasilkan motor dengan fokus target anak muda. Di awal mereka memutuskan bahwa mengejar performa puncak pada batas garis merah harus dihilangkan dari agenda. Di model naked, akselerasi terbaik sejak dari awal, rentangan torsi rendah ke sedang dan pengoperan gigi rendah terus memutar gas yang memberikan respon sesuai yang ingin dicapai telah menjadi faktor yang terpenting.

The development team included many engineers in their twenties, selected to produce a bike with a focus on the younger customer. They decided early on that chasing peak power at redline was off the agenda. On a naked machine, strong acceleration from a standing start, low/mid-range torque and mid-gear roll-on throttle response were targeted as the essential elements.

Suara yang nyaring diatas 6.000 rpm sekaligus memangkas biaya operasional saat melaju di jalan raya berkarakter cepat juga menjadi perhatian.  Mesin telah di desain untuk tampil mempesona tanpa terganggu oleh saluran di sisi luar yang menutupi garis desain. Posisi berkendara berada di posisi yang jauh dari chassis untuk menghasilkan distribusi beban secara optimal, dapur pacunya sungguh merupakan jantung dari sosok ini.

Crisp pick-up above 6,000rpm and – for the sake of reduced running costs – economical cruising at highway speeds was also a focus. The engine has also been designed to look good, with no external plumbing obscuring its lines. Sitting relatively far forward in the chassis for optimal weight distribution, the engine is truly at the heart of the machine.

Rangka besi twin-spar dari CB650F yang kuat memberikan keseimbangan sempurna dilengkapi dengan cast pivot plates dan lengan ayun alumunium.  Peredam kejut belakang bekerja secara langsung pada lengan ayun dan tepat dipasangkan dengan suspensi depan teleskopik berukuran 41mm, velg dengan desain baru berbentuk palang 6. Rem cakram ganda depan berukuran 320mm dan rem cakram tunggal belakang berukuran 240mm menghadirkan pengereman optimal dilengkapi dengan 2-channel ABS.

The CB650F’s steel twin-spar frame has a tuned rigidity balance along with cast pivot plates and aluminium swingarm. The rear shock works directly on the swingarm and is matched to a 41mm telescopic front fork; the wheels are a new six-spoke design. Twin 320mm front and a single 240mm rear disc deliver the stopping power with 2-channel ABS fitted as an option.

Karakter suara berkelas, garis agresif dan siluet sudut menghasilan tampilan CB650F semakin menarik sementara titik grafitasi berada di posisi rendah, terasa langsing, posisi berkendara tegak dan stang kemudi yang lebar memberikan pengendalian sempurna.

Crisp, aggressive lines and angular silhouette give the CB650F real visual appeal while the low centre of gravity, slim feel, upright riding position and wide handlebars give excellent control.

Mesin CB650F berpendingin cariran telah mengaplikasikan arsitektur internal yang compact, 6 percepatan 4 silinder dengan sudut kemiringan hingga  30°. Kepala silinder mesin DOHC 16 katup mengaplikasikan cam actuation dan cam timing yang menyeimbangkan performa torsi maksimal dan kemampuan berkendara dibawah 4.000 rpm.

The CB650F’s liquid-cooled engine uses compact internal architecture, stacked six-speed gearbox and starter/clutch layout with the four cylinders canted forward 30°. The DOHC 16-valve cylinder head employs direct cam actuation and cam timing that equals strong torque performance and drivability below 4,000rpm.

Ukuran diameter dan langkah yaitu 67mm x 46mm.  Optimalisasi dimensi panjang con-rod telah menurunkan gaya samping dari tiap piston dan lubang ‘pernafasan’ di dinding crankcase antar blok mengurangi kehilangan daya pompa saat rpm meningkat.  Piston telah dikembangkan menggunakan Computer Aided Engineering (CAE) dan pinggiran asimetris meminimalkan kontak dengan diameter sekaligus mengurangi gesekan.  Besi penyangga di sisi luar permukaan silinder bertekstur mengurangi pemakaian oli (dan gesekan) sekaligus meningkatkan perpindahan panas.

Bore and stroke is set at 67mm x 46mm. Optimisation of con-rod length has decreased the side-force on each piston and ‘breathing’ holes in the crankcase walls between the journals reduce pumping losses as rpm rises. The pistons were developed with Computer Aided Engineering (CAE) and asymmetric skirts minimise bore contact and reduce friction. Ferrous spines on the outer surface of the cylinder sleeves reduce oil consumption (and friction) with improved heat transfer.

SV cam chain yang halus mengurangi hilangnya gesekan dengan aplikasi dari lapisan Vanadium di pin dan pompa air yang telah di desain dengan kajian CAE terkait aliran air, lebih compact, ringan dan efisien.

A silent SV cam chain reduces frictional losses by using a Vanadium coating on its pins and the water pump – designed with CAE study of water flow – is compact, light and efficient.

Tenaga puncak 64kW dicapai pada putaran 11.000 rpm dengan torsi masimal 63 Nm pada putaran 8.000rpm.  Mesin ini merata di semua rpm  yang merupakan karakter dan resonansi yang dihasilkan oleh mesin 4 silinder segaris.

Peak power of 64kW arrives at 11,000rpm with peak torque of 63Nm at 8,000rpm. The engine is smooth at all rpm, with distinct inline four-cylinder character and resonance.

Saluran air internal dari kepala silinder ke silinder jauh dari kesepakatan yang bagus untuk pipa eksterior yang biasanya dibutuhan dan motor untuk tampil minimal, indah dan anggun sekaligus bergaya secara fungsi. Peletakan filter oli (di belakang mesin) dan pendingin oli (di depan kiri) serta jalur oli secara langsung akan memperkuat tampilan secara visual serta memungkinkan penggunaan knalpot sisi kanan dengan konfigurasi 4-2-1.

Internal water channeling from cylinder head to cylinders does away with a great adeal of the exterior hoses normally required and the motor shows off its minimal, elegant beauty and functional style. The layout of the oil filter (behind the engine) and oil cooler (front left) plus internal oilways further enhance the visual appeal and has enabled use of an evocative right side-swept 4-2-1 exhaust.

Gaung yang kuat dari produksi Honda CB400/4 lansiran tahun 1974, desainnya mengoptimalkan dimensi panjang dan diameter dari pipa di bagian bawah, sekaligus plat pengatur aliran udara yang sudah dipatenkan untuk meningkatkan torsi. Knalpot yang berdesain pendek, padat dan berlapis – 400 sel penyaring – memberikan kontribusi sentralisasi massa.

With strong echoes of the original Honda 1974 CB400/4 the design employs optimised downpipe length and diameter, plus patented internal plates regulating airflow to improve torque. The ‘wafer’ design stubby underslung muffler – with 400-cell catalyser – contributes to mass centralization.

PGM-FI fuel injeksi menyemburkan dari aliran ke bawah kotak udara dan saluran kecepatan tinggi dengan lebar 30mm dengan asupan aliran udara diarahkan langsung membentuk garis dengan cepat. Ini dioperasikan berdasarkan informasi dari 4 sensor bodi terpisah pada diameter tuas gas berukuran 32mm untuk menghasilkan respon gas yang akurat dan lembut.  Penempatan yang seksama posisi dan sudut dari tuas gas memungkinkan lebar rangka yang lebih ramping dan meningkatkan kemampuan pengendalian pengendara.

PGM-FI fuel injection is fed through a down-flow airbox and narrow 30mm high-velocity funnels, with intake gas flow routed in as straight a line as possible. It operates with information from four separate throttle body sensors on 32mm throttle bores for crisp and accurate throttle response. Careful siting, position and angle of the throttle bodies allow a narrow frame width, improving manageability for the rider.

Untuk menghasilkan konsumsi bahan bakar optimal pada bukaan gas yang konstan (berkendara saat kecepatan tinggi) katup kecil secara bersamaan bekerja menciptakan peta pengapian secara spesifik; konsumsi BBM 21,7 km/l (mode WMTC).

To deliver good fuel economy at constant throttle (cruising at higher speeds) short valve overlap timing works with a specific ignition map; fuel consumption of 21,7 km/l (WMTC mode).

Rangka besi tipe diamond dengan ukuran ganda 64mm x 30mm berbentuk elips.  Keseimbangan kekuatan didapatkan melalui penyetelan secara khusus lebih kaku di sekitar headstock dan lebih fleksibel di sisi spar – memberikan karakter pengendalian yang diinginkan pengendara. Kemiringan sudut suspense depan berada di 25.5° dengan jejak 101mm dan jarak sumbu roda 1,450mm.  Berat kotor ABS : 208 kg.

The steel diamond frame uses twin 64mm x 30mm elliptical spars. Its rigidity balance has been specifically tuned – it’s much stiffer around the headstock and more ‘flexible’ in the spar sections – to deliver the desired handling characteristics and level of rider feedback. Rake is set at 25.5° with trail of 101mm and wheelbase of 1,450mm. Kerb weight is 206kg (ABS: 208kg).

Plat pivot lengan ayun ditempa dan dilas bersamaan sementara itu lengan ayun alumunium hasil proses pengecoran grafitasi menghadirkan bentuk kurva dengan busur berada diatas knalpot di sisi kanan.  Peredam kejut yang dapat disesuaikan 7 tingkatan dengan tube tunggal dan peredam tunggal menggerakkan lengan ayun secara langsung.  Kedua peredam belakang dan peredam teleskopik 41mm (stroke : 120mm) telah dikembangkan untuk bekerja langsung dengan rangka yang bekerja dinamis menghasilkan kelenturan, pengendalian netral di segala kondisi.

The swingarm pivot plate is forged then welded together, while the gravity die-cast aluminium swingarm features a curvaceous shape that arcs over the muffler on the right. Adjustable for 7-stage spring preload the single-tube monoshock operates directly on the swingarm. Both the rear shock and 41mm telescopic fork (with 120mm stroke) have been developed to work directly with the frame’s performance dynamics to provide supple, neutral control in all conditions.

Velg alumunium palang enam menggunakan ukuran ban depan radial 120/70-17 dan ban belakang radial ukuran 180/55-17.  Piringan cakram beralur gelombang memanfaatkan teknik pembuatan yang sama dengan NC750 silinder ganda series : sisi belakang 240mm terbentuk di bawah sisi depan berukuran 320mm, hemat bahan (dan tentu saja biaya) yang dipersembahkan bagi konsumen.  Kaliper rem depan berpiston ganda dan piston tunggal belakang menghasilkan daya pengereman yang berlimpah dengan 2 channel ABS.

Cast aluminium six-spoke wheels wear 120/70-17 and 180/55-17 front and rear radial tyres. The wavy discs use the same manufacturing technique as the twin-cylinder NC750 series: the 240mm rear is formed within a 320mm front, saving material (and ultimately cost) to the customer. The two-piston front calipers and single-piston rear provide plenty of stopping power, with 2-channel ABS an option.

Posisi pemusatan massa ke depan dengan meminimalkan sisi depan dan sisi belakang yang menggantung menghadirkan tampilan CB650F yang berotot, merunduk siap beraksi.  Tampil semakin dramatis pendek dan padat dengan penyematan dimensi tanki bahan bakar pendek, penutup shroud dan fairing depan yang tajam dibalut dengan tampilan menyempit ke sisi atas belakang.  Peletakan hinged di sisi belakang memudahkan jalur ke kepala silinder untuk pemeliharaan.  Kedua lampu senja dan lampu belakang sudah berteknologi dan tampilan lampu depan khas CB berbentuk ‘V’.

A ‘Mass Forward’ stance with minimal front and rear overhang gives the CB650F its muscular appearance, hunched and ready for action. The short fuel tank, shroud covers and sharp nose fairing add dramatic presence as does the stubby, shrink-wrapped upswept tail unit. Hinged at the back, the tank allows easy access to the cylinder head for maintenance. Both taillight and front position lights are LED and the headlight uses the distinctive ‘CB’ V-shape.

Posisi berkendara tegak natural dan sedikit condong ke depan, menempatkan pengendara dekat dengan pusat grafitasi motor.  Setang motor tinggi berbentuk tabung yang lebar memudahkan pengoperan dan pijakan kaki memberikan ruang yang cukup didukung dengan tali keamanan.  Ketinggian jok 810mm dan profil kursi  pengendara yang pas membantu jangkauan kaki ke tanah.

The riding position is naturally upright and slightly forward, placing the rider close to the bike’s centre of gravity. High, wide tubular handlebars give leverage and pillions get an ample seat and strap for security. Seat height is 810mm and the narrow middle profile helps ground reach.

Tampilan dasbor terdiri dari ayar digital kembar yang luas.  Di sisi kiri peletakan jarum putaran mesin dan speedometer sementara sisi kanan pengukur bahan bakar, jam, odometer dan lampu peringatan.  Kedua sisinya diterangi pencahayaan lampu bagian belakang berwarna putih.  Kunci kontak berbentuk gelombang menghadirkan keamanan dan mengurangi resiko kerusakan.

The dash comprises twin large digital screens. On the left are the rev-counter and speedometer; on the right are a fuel gauge, clock, odometer and the warning lights. Both sides are lit by a white back light. A compact ‘wave’ design ignition key offers improved security and reduced chance of breakage.

Hadir dengan warna Metal Gun Black Red, model ini dipasarkan dengan harga OTR Rp 235.000.000,-

It is launch on the color of Metal Gun Black Red on OTR price Rp 235.000.000,-.

Line up big bike Honda diluncurkan pertama kali di Indonesia pada Juni 2015. Penerimaan yang positif tercatat sepanjang 6 bulan pertama kehadirannya di Negeri ini. Pada periode Juni-Desember 2015, berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia, penjualan big bike Honda tercatat 101 unit.

Honda big bike line up was firstly launched in June 2015. The positive acceptance is recorded throughout the first 6 months of its presence in this country. In period of June to December 2015, according to data of Indonesian Motorcycle Industry Association (AISI), there are 101 Honda big bikes are sold.

Harga Moge Honda 500 cc terbaru 2016 adalah

  1. Harga Honda CBR500R OTR pulau Jakarta Rp 144.000.000,- telah dilengkapi dengan teknologi ABS untuk kenyamanan dan keamanan optimal.
  2. Harga Honda CB500F non ABS Rp.133 juta, Honda CB500F AVS Rp.139 juta ,, OTR pulau jakarta
  3. Harga Honda CB500X ABS  OTR pulau Jakarta Rp 147.000.000,-

last, ada yang mau beli? monggo om Honda CBR500R meluncur di Indonesia

semoga berguna

ikuti berita terbaru dan silaturahmi via

2 KOMENTAR

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.