Tidak Punya SIM Motor bisa disita Polisi

pertamax7.com di tag oleh om bambangsupena via instagram soal keluhan wanita yang naik Motor Tidak Punya SIM lalu di tilang

Tak Boleh di Staples, Ini dia Letak Chip RFID E-KTP 05 Pertamax7.com

cuma punya KTP dan STNK ada razia…. nah yang di permasalahkan kok malah Motornya di sita, Tidak Punya SIM Motor bisa disita Polisi


berikut curhat beliau di instagram

Cerita hari ini
Sya brgkat dari palimanan nyampe depan ramayana plered ada raziaan dan sya lngsung d berhentiin dsitu kunci motor d ambil d tengah jalan padahal blm minggir trs udah ke pinggir bapak polisinya minta surat2 aku cuma ada stnk ama ktp aja karena aku salah aku ga punya sim jadi aku minta sidang aja setau saya kalo ada stnk tp ga ada sim itu stnk nya yg d tahan tapi ini beda bapak polisi itu mintanya motornya yg d tahan sya mengelak
sya: “loh kok gtu? bukanya kalo ada stnk nya yg d tahan stnk nya?”
bapak polisi: “mba, gapunya sim ga boleh mengendarai motor kalo ga punya sim”
Saya: iya pak sya salah sya minta sidang aja karena sya sedang terburu buru berangkat k kantor dan kantor sya d daerah kusnan ga ada akses kendaraan umum masuk gang k kantor sya”
pak polisi: ” klo mba bawa motornya saya kejar dari belakang!!” (nada keras dan ngebentak)
Saya: “loh bukan ny ga boleh pak mengejar pngendara motor dari belakang? Emang ada undang undangnya?”
Pak polisi : “mba baca pasal nomer 2 coba baca (pak polisi nunjukin pasal nomer 2)”
Sya: (baca pasal tersebut) setiap pengendara bermotor tidak d izinkan mengendarai kendaraan tanpa sim
Pak polisi : ngerti gak! (Sambil membentak)
Saya : “pak saya kan tanya ada gak undang undang atau pasal yang boleh mengejar pengendara lain dari belakang?”
Pak polisi : (mengelak) udah kmu sya tilang motor kmu sya tahan (sambil nulis d surat tilangan)
Saya: *nyerah debat sama polisi*
Karena sya bingung berangkat kerja naik apa sedangkan sya cuma bawa uang pas pasan 10rbu
Jadi sya duduk d dpan warung2 kecil samping ramayana lalu ada polisi yg nyamperin trs sya ceritain klo sya d tahan motornya padahal ada stnk dan sya uda minta sidang
Trs pak polisi yg satu itu bilang yaudah mba tunggu sampai oprasi selesai nanti sya bantuin
Alhmdulillah sya nunggu lama akhirnya cuma stnk saja yg d tahan tinggal nunggu sidang tggal 12 februari
*Intinya dari pelajaran yg saya ambil hari ini yaitu lebih baik sidang dari pada harus bayar uang damai* sayang uangnya ?✌
#aboutcirebonid #cirebonbribin #cirebonjeh #cirebonese #radarcirebon #fajarcirebon


sumber

lalu apakah kalau naik motor TIDAK punya SIM motor bisa di SITA polisi?

ane cari sumber nemunya di hukum online, dan memang dalam undang-undang ada soal itu, tidak punya SIM motor bisa di sita

kutipannya

sanksi tidak mempunyai SIM lalu mengendarai motor

Pasal 281 UU LLAJ

“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 77 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 4 (empat) bulan atau denda paling banyak Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah).”

UULLAJ (Pasal 1 angka 4 Perkapolri No. 9 Tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi)

pasal 20

(1) Dalam hal penindakan pelanggaran dan penyidikan tindak pidana, Penyidik Kepolisian Negara Republik Indonesia selain yang diatur di dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana dan Undang-Undang tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, di bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan berwenang:

 

a.    memberhentikan, melarang, atau menunda pengoperasian dan menyita sementara Kendaraan Bermotor yang patut diduga melanggar peraturan berlalu lintas atau merupakan alat dan/atau hasil kejahatan;

b.    melakukan pemeriksaan atas kebenaran keterangan berkaitan dengan Penyidikan tindak pidana di bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan;

c.    meminta keterangan dari Pengemudi, pemilik Kendaraan Bermotor, dan/atau Perusahaan Angkutan Umum;

d.  melakukan penyitaan terhadap Surat Izin Mengemudi, Kendaraan Bermotor, muatan, Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor, Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor, dan/atau tanda lulus uji sebagai barang bukti;

mengenai penyitaan kendaraan bermotor, hal tersebut dapat dilakukan jika (Pasal 32 ayat [6] PP 80/2012):

a.    Kendaraan Bermotor tidak dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan yang sah pada waktu dilakukan Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan;

b.    pengemudi tidak memiliki Surat Izin Mengemudi;

c.    terjadi pelanggaran atas persyaratan teknis dan persyaratan laik jalan Kendaraan Bermotor;

d.    Kendaraan Bermotor diduga berasal dari hasil tindak pidana atau digunakan untuk melakukan tindak pidana; atau

e.    Kendaraan Bermotor terlibat kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan meninggalnya orang atau luka berat.

lengkapnya di hukumonline ( disini )

sudah jelas bukan, tidak punya SIM kalau kena tilang motor bisa disita ( segala jenis kendaraan roda2, roda 4 dan selebihnya juga sama, cmiiw 0

last, semoga menjadi pembelajaran bersama om, kalau tidak punya SIM jangan mengendarai Motor/ mobil.. Tidak Punya SIM Motor bisa disita Polisi, sekian

semoga berguna

ikuti berita terbaru dan silaturahmi via

15 KOMENTAR

  1. wes jelas2 salah yg bawa motor kok ngotot nanya pasal2

    ini mesti tipe orang yg gugup klo ketemu razia. tau nggak, pak pol itu dah hapal gerak gerik pengendara normal sama yg “calon pelanggar”. keliatan pokoknya, apalagi klo pas ada razia. gak percaya ? tanyakan aja ke pak pol terdekat … wkwkwkwkwk

  2. Gak herah mah urusan sama silup ane cuma herah skrg IG jd tempat curhat ya kaya artis dan anak artis pdhal 4 tahun lalu caption medsos paling singkat adlh IG tagarnya yg panjang krn emg tagar bhsa IG

    • xixixixixi… jangankan spion bukan satndartnya, lawong spakbor belakang Ninja 250fi standart, R15 lampu nyala cuma sebelah, New CB lampu standart yang gila nya lagi tutup pentil aksesoris pun di buat masalah tuh sama laler ijo.

      gendeng mangan semir gak tuh.

  3. logis sih,
    kalau polisi melepas pengendara dan motornya begitu saja,
    itu berarti polisi melakukan pembiaran dan mengijinkan orang yg tidak punya SIM untuk melakukan pelanggaran (mengendarai motor tanpa SIM) lagi.

  4. Logika saja broth, surat ijin mengemudi tidak punya, trus stnk ditahan, masa motornya mau dipakai lagi sedangkan surat ijin mengemudi ttp tdk punya, apakah stlh stnk ditahan otomatis diijinkan naik motornya?? balik lagi tidak punya ijin untuk mngemudi brupa SIM.

  5. terlepas dari percakapan polisi dan pengemudi…

    setuju kalo gak ada sim/stnk motor harus disita…

    tolong tilang juga pengendara yg ga pake nopol, pake stoplamp bening… selain melanggar aturan, biasanya cara mereka berkendara juga berandalan…

  6. enak ya… abis sidang bawa lagi tu motor.. ga kepikiran bikin sim, yg penting doa selamat di jalan biar ga kena razia..
    mental kuampreeet……!!
    sama halnya mengendarai motor pake helm biar ga di tilang polisi..
    lah klo kepala lo kejedot trotoar sampe pecah gara2 ga pake helm gimana..??

Apa Komentar Pemirsa ?