Akibat Pasang Limbah Moge di Motor Kecil Mocil tanpa perhitungan, Mulai Keras nggak nyaman sampai jumpalitan

pertamax7.com, 2013 lalu ane mendapat petuah dari bang haji tmcblog.com soal modifikasi limbah moge ( part2 moge ) di pasang di motor kecil

wpid-modifikasi-all-new-honda-cb150r-ban-moge.jpg.jpeg^ ilustrasi motor cc kecil aka mocil pake limbah moge, jangan tanya harganya ya gan,  bisa dapet motor hehhee…

bang haji tmcblog.com kepada pertamax7.com “apa nyaman tuh, pasti dah keras, sok buat moge dihitung dengan pembebanan sekian2 dipakai di motor kecil, nggak kebayang tuh ”

nah ada informasi dari om fajar yang temannya pake limbah moge tanpa perhitungan di honda tiger, lalu rider mengeluh pegal2 sampai baut2 rontok dan akhirnya motor jumpalitan, nih info detailnya

Ada pengalaman yang sangat berharga pada saat Riding to Sangkulirang kemarin , ada hikmah dibalik petaka , mudah mudahan tulisan ini bermanfaat buat yang modifikasi motor maupun modifikatornya.
Ada salah satu teman rider mengendarai motor tiger yang sudah dimodifikasi dengan aplikasi kaki kaki limbah moge, motor ini tampak lebih kekar dan gagah.
Ketika kondisi jalan masih normal sepertinya tidak ada masalah dengan motor ini , ketika setelah 150 km pada saat istirahat , rider mengeluh dada dan bahunya sakit , baut baut sudah ada yang copot , lampu belakang copot jatuh hilang, begitu juga plat nomor.
Beberapa km masuk ke kondisi jalan ekstrim tiba tiba roda depan terkunci sehingga motor itu jungkir balik /salto , rider patah tulang dibawah lutut, beberapa tulang belakang bergeser dari posisinya , rumah sakit ahirnya, turut prihatin Mas semoga lekas sembuh dan beraktifitas kembali…..

Pelajaran dari peristiwa ini adalah:

Jangan asal aplikasi limbah moge ke motor lain tanpa ada perhitungannya, keren gagah tetapi membuat celaka .

Contoh motor ini mengaplikasi kaki depan up side down dengan double disc, ini pasti bekas motor dengan cc 400 ke atas yang beratnya antara 200-400 kg , langsung dipasang ke Honda tiger yang beratnya cuma 130an kg , pasti ayunannya akan keras bahkan bisa tidak berfungsi, ini yang menyebabkan dada dan bahu rider tadi sakit.

Lanjut ke rem , double disc dipasang buat motor yang bobotnya berat sekali dan kecepatannya tinggi, dipasang di Honda tiger, fatal akibatnya, pada kondisi normal rider mungkin bisa mengontrol tarikan pedal rem nya, tetapi pada saat kepepet dan panik pasti akan tarik pedal rem kuat kuat , maka roda akan terkunci dan rider salto atau ndlosor, kecuali dipasang ABS, ada beberapa model motor yang bobotnya berat sekali cuma pake satu disc sudah cukup.

Lanjut ke kaki belakang , single arm monoshock unitrack punya Triumph langsung dipasang di Honda tiger, ya fatal, bobot Triumph berapa bobot Honda tiger berapa , dilihat dari ukuran pernya saja kelihatan kok…….hadeew…… hitung hitunglah sedikit, mending bikin motor rigid sekalian.

Lanjut ke bracket atau pegangan spakbor , dibuat dari besi strip bahan teralis jendela rumah, ini adalah kerjaan orang malas dan o’on karena tinggal potong tekuk dan bor jadi, ya jadi celaka ahirnya, sepanjang itu ukurannya akan bergetar ditambah suspensi yang keras dan jarak terlalu dekat ke ban, ini jadinya.

Lanjut ke baut dan mur , dipasang baut baut dengan kwalitas yang rendah tanpa threadlocker, parah…

Lanjut ke Rake dan Trail , tapi sudalah masih banyak lagi yang perlu dikoreksi tapi semakin gemes saja sama yang bikin motor ini, makanya sampai disini saja diulasnya.

Mari kita penggila, pelaku modifikasi motor dan builder motor merenung sejenak kita berkarya bukan semata mata untuk memanjakan mata dengan hasil karya yang cantik , manis , gagah , sangar , atau keren atau apa sajalah namanya dan cari untung banyak , pikirkan juga bahwa hasil karya kita erat kaitannya dengan keselamatan dan nyawa seseorang atau lebih , berkaryalah dengan penuh tanggung jawab , coba seandainya kecelakan tadi sampai merenggut nyawa…. dan keluarga korban tidak terima…. dan membawa masalah ke ranah hukum, ujungnya akan ke kita juga.

Semoga bermanfaat

modifikasinya,

walah dalah saja deh,, ekstrim

last, sebelum memodifikasi tunggangan alangkah lebih baik di perhitungkan masak-masak, terlebih soal kenyamanan dan keselamatan berkendara, ingat pesen ane, modifikasi bukan dekorasi, kecuali memang buat dekorasi saja ya aman alias tidak di naiki

semoga berguna gan

ikuti berita terbaru dan silaturahmi via

 

28 KOMENTAR

  1. Modif moge look begitu jarang di banding thailook,, bukan saya men judge orang pea motor di kasih ban secuil dgn istilah keren dan terlihat motor cepat,, sering ane liat motor thailook yg dlosor di jalan2 jakarta sampai ada yg tertabrak mobil, pa lagi matic thailook…… pa lagi klu jalannya kayak wonogiri – ponorogo begitu bisa nyemplung jurang…

  2. bukan masalah limbahnya deh tapi MODIFIKATOR DAN PENGENDARA yang bodoh nya salto 360derajat.
    moge juga punya settingan preload. suspensi belakang juga ada settingan.
    kalau di liat di gambar sih rider mau murah meriah, modifikator mau cepet untung. di pakai lah limbah2 rusak yg di rekondisi tanpa fungsi dan keamanan.

    liat ajah tigernya modif ngasal pasang…ga modal…tidak ada estetika seperti motor rongsokan.
    1. motor kuning stang pink…ngasal beud

    2. panel entah tacho ato speedometer…ditempel stiker item….aduh

    3. spakbor depan jelek banget…ngebaut sampe penyok kedalam lagi.

    4. kalipercakram nya kayaknya beli loakan sampe di cet
    begitu…sumpah jelek bgt. beda lagi kanan ama kiri.

    5. spakbor depan nutup atas aja…yg ngarah ke mesin gk ada…lumpur sampe ke muka2 tuh

    6. joknya model buntut tawon mau ngarah ke caferacer tp stang baplang…ora nyambung.

    7. kalo mau caferacer, rata2 yg modifikator anti mainstream ajah masih pake velg lidi…ini racing…gk nyambung lg

    8. LAMPU REM DI TEMPEL PAKE DOUBLE TAPE…JENIUS

    9. ban swallow…ketahuan dah kualitasnya

    10. tensioner rantai…keliatan banget modifikator ngasal n rider bodoh.

    11. liat cakram belakangnya….yg terkikis kanvas cuma tepi atas n tepi bawah…ketahuan bgt makai barang2 loakan yg di perbaiki.

    12. kabel di stangnya kayak akar pohon beringin…gk rapi dan ngasal.

    13. wajar kalo pengendaranya kecelakaan, wong motorny modif ngasal dan modifikatornya mungkin kuli bangunan baru megang obeng.

    UTAMAKAN GENGSI…KECELAKAAN BELAKANGAN AH.

  3. Gak logis, setau gw moge itu ringa. Kok, masih beratan motor 250 cc

    Mungkin yg bikin ancrut2an itu gak bener modivnya, pake part moge, tapi nyambungnha pake part murahan

    Logika aja mocil pake dual disc di depan

    Buat apa?tekananya beda lah, harusnya shock terima bobot motor max sekian, tapi karena sambunganya gak cocok biasanya cuma bor boran baut biasa. Lama lama stress. Gak kuat ya ambrol

  4. Mangkanya keras shock belakang di pasang 90 derajat gtu..
    Tekanan dari bawah g maksimal..
    Ane pakek punyak nya cbr600 aja malah enak empuk wat nikung…

  5. bentuk e asli we ra karuan ngono…keliatan nk asal tempel…kok y seh di tumpak i…#njuk ketok pekok e hahaha

  6. Ya kalo gw restorasi motor mending pakek part original nya aja sebisa mungkin.mulai dr body, suspensi, swingarm dan sektor prmesinan diremajakan ulang dengan sparepart asli pabrikan.

    Kan motor2 stelah discontinue tetep disupport pabrikan sampe 10taun. Termasuk tiger donk. Biaya totalnya jg gw yakin masi lebih murah drpd modif limbah moge gajelas.

    Form over function bgt deh yang suka modif aneh2

  7. Ya kalo gw restorasi motor mending pakek part original nya aja sebisa mungkin.mulai dr body, suspensi, swingarm dan sektor prmesinan diremajakan ulang dengan sparepart asli pabrikan.

    Kan motor2 stelah discontinue, part nya tetep disupport pabrikan sampe 10taun. Termasuk tiger donk. Biaya totalnya jg gw yakin masi lebih murah drpd modif limbah moge gajelas.

    Form over function bgt deh yang suka modif aneh2

Tinggalkan Balasan