Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Sebut Beli Pulsa Listrik Rp.100 Ribu cuma dapat Rp.73 Ribu, Yang Bener Pak ?

pertamax7.com, semalam ane nonton berita gan biar wawasan luas, setelah goku 2 episode, naruto 2 episode, lalu naruto the movie, saatnya pindah channel nonton berita gan, serem pembunuhan lah, kekerasan bocah smp, dll, ane tertarik pada pernyataan pak Rizal Ramli  yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman

Rizal-Ramli-Menteri-Koordinator-Bidang-Kemaritiman-

^ foto detik

beliau berkata pada tipi kalau beli pulsa listrik Rp.100 rebu dapetnya kok cuma Rp.73 ribu, itu kejam sekali, anak kecil belajar pukul 8 malam lalu listrik mati karena pulsa habis, pulsa juga tidak segampang beli pulsa hape ( kalau tidak salah dengar begitu gan.. )

yaps, kemaritiman lantas komentar masalah listrik, ane yang kelas 3 smk jurusan listrik ini tentu bingung kok beli pulsa Rp.100 rebu jadi Rp.73 rebu itu bagaimana?  apa iya beli pulsa Rp.100 rebu dapatnya Rp. 100 rebu? kayak pulsa kartu xl ane yang tiap 3 hari Rp.50 rebu?

udah pernah dapat materi cara menghitung listrik rumah tinggal, ane mengaplikasikannya, untuk TDL sudah jelas, ok di hitung

tarif dasar listrik per kWh itu berapa sih? cek situs pln dapetlah angka Rp.1.352,00 per kWh jika berlangganan listrik 1300 ( kalau dibawah ini nampaknya lebih murah  ) , nih om PDF nya langsung dari PLN lah nggak ane karang sendiri

jadi duit Rp.100.000 akan mendapatkan listrik Rp.73.000 itungannya gimana? ane juga bingung

soalnya kalau di hitung kan Rp.100.000 akan mendapatkan listrik sebesar Rp. 100.000/Rp. 1.352 per kWh = 73,964 , ingat Rp dibagi Rp hilang di coret, tinggal kwh, jadi beli pulsa Rp.100.000 dapatnya 73,964 kWh, kok beda sama pak menteri kemaritiman? kok nggak Rp.73954 ???? ini makin puyeng ane…

eitss, salah, perhitungan diatas masih belum tepat !

ternyata perhitungan beli pulsa lisrik masih ada biaya tambahan seperti yang di kutip dari situs pulsa-online yakni

1. Biaya Pajak Penerangan Jalan (PPJ) mulai 3-10 %
2. Biaya Materai

Biaya Materai berlaku umum untuk semua transaksi keuangan, besarnya sbb:
– Sampai dengan Rp 250.000,- : Rp 0,-
– Transaksi > Rp 250.000,- sampai dengan Rp 1 juta : Rp 3.000,-
– Transaksi > Rp 1 juta : Rp 6.000,-
3. Administrasi operator (Bank, Koperasi, dll) tergantung operator, bisa Rp.3000 bisa Ro.5 rebu atau Rp. 10 rebu
4. setelah ada ptongan diatas, baru deh bersih Biaya Listrik Prabayar

yuk di hitung , klik saja untuk memperbesar

perhitungan pulsa listrik 1300 VA pertamax7.com 00

owalah begono to, kenapa 3-10 %, itu tergantung daerah setempat om,,,, pajak lampu malam.,,,biaya administrasi juga macem2,bisa jadi tergantung kebijakan bos :mrgreen:

kalau duitnya Rp.251.000

perhitungan pulsa listrik 1300 VA pertamax7.com 02

kalau duitnya Rp.1.001.000

perhitungan pulsa listrik 1300 VA pertamax7.com 03

untuk daya 450 VA, 900 VA, 2200 VA sampai 200 KVA keatas bisa di hitung sendiri kan,, gampangg…. hemm kepikiran bisnis pulsa listrik nih :mrgreen:

nah kalau TDL Rp. 500 per kWH maka bisa lah dapat listrik buanyak, tapi nunggu pembangkit listrik tenaga nuklir dulu,, paling tahun 2700 atau 3000 saat minyak abis dan oknum2 kompor ilang

monggo jika ada koreksi , komentar, info dll, yang jelas gunakan kelistrikan bertanda minimal SNI lah…. ane kalau kabel pakenya baru eterna, bukan ngiklan loo, part2 baru broco, panasonic maupun Schneider , lampu2 ya philip ,, suwer ini cuma info jangan email ane harga seroll kabel eterna, extrana, kitani, apalagi supreme dan legrand

last, semoga menjadi pembelajaran bersama, ngitung duit itu ada ilmunya, ngitung energi ngitung apapun, salah-salah malah ketipu repot lho,,, duit bisa bikin pecah saudara je,, oh iya pembangkit listrik lolos uji emisi?

semoga berguna

ikuti berita terbaru dan silaturahmi via

27 KOMENTAR

  1. Emg bener om, malah ada yg 100 dpt 65rb, paling parah 250 dptnya cuma 166.. ngeri! Tapi inilah negeriku semuanya mmg butuh disunat, kalo gak disunat rasanya gak enak om… ???

  2. Sekedar meluruskan apa yg ane lihat n denger….
    Ane jg lihat berita itu di tv. Menko Maritim n Budaya mmg betul bilang begitu…. tapi….. yg dia katakan itu adalah contoh pembelian pulsa yg bbrp bulan ini dialami masyarakat…. bukan pengumuman tarif pulsa listrik.
    Inti beritanya adlh ‘Ada mafia yg bermain dlm penjualan pulsa listrik’ sehingga yg seharusnya biaya adm pulsa listrik berkisar antara 5-7% bbrp bln ini knp bs smp 27%.
    Jd sekali lg berita itu bukan pengumuman tarif listrik……
    Mhn maaf klo ada kesalahan n kekurangan mohon koreksi…

  3. Se ngirit2 nya pake listrik pulsa pasti lebih irit listrik meteran. Beli 100rb hanya untuk seminggu. Weduss..
    Tapi santai ae, kata bapak presiden September ini ekonomi meroket
    Penghasilane opo hargane sing meroket Pak?

    • Pembeli : Robert Ramzi –> RR
      Penjual gorengan : Selfri (Seller Fried-an) –> S

      RR : “Mbak, gorengannya 100rb ya, dibungkus!”
      S : “Nggih mas, sebentar”
      RR : “hmmm…”
      S : “Monggo mas, terima kasih”

      setelah nyampe rumah, dihitung, ternyata gorengannya cuman dapet 73 bh, RR berang, langsung konprensi pers

      RR : “Ada banyak keluarga yang masih memiliki anak yang harus belajar pukul 20.00, tapi Gorengan habis tiba-tiba dan kesulitan mencari gorengan tersebut. Masalah kedua, saat mereka beli Gorengan Rp 100 ribu, dapatnya hanya 73 bh. Kejam sekali itu 27 persen disedot oleh penjual gorengan yang setengah mafia!”

      si Selfri gak terima, langsung counter attack

      S : “Sik mas robert, jangan asal njeplak ya, koar koar tanpa crosscheck dulu. Sampeyan apa ndak bisa bedakan apa itu “satuan gorengan” dengan “satuan rupiah”?? Harga gorengan itu Rp 1350/bh. Jadi itungannya 1350 x 73 = Rp 98.550. Selisih Rp 1450 itu buat bayar cabe dan plastik! Mudeng??!!”
      RR : “owh.. … sepurane yuu”

      ~~**Begitupun Token Listrik**~~

  4. Mngkin mentri ini pas pelajaran satuan2 bolos kali y..
    Baru tau ane klw dia salah persepsi.. Illfeel jdny liat mentri ini, seperti cari sensasi
    Knpa bisa di pilih jokowi jd mentri y?
    Hayo yg dulu pilih jokowi.. Nyesel toh

  5. Iya potonganya sangat tinggi, dan setau saya dr berita, ud ada pernyataan dari petinggi yg menangani mslah tarif lstrik ini, diusahakan agar 100rb bsa dpt plsa lstriknya 95rb, administrasi diusahakan seminimal mungkin. Ini setahu saya nominal pulsa dlm bntuk rupiahnya, bkn itungan per kw nya. cntohnya kya beli pulsa hp 100 rb tp dr operator dpt cuma 75 rb

  6. sing komen og rata-rata ora mudeng to?? mirip fansboy mongtor wae, mentrine yo somplak.
    pak mentri, sampeyan iku sakniki pemerintah, sampeyan nylekop sakpenake wudel ngelek-ngelek pemerintah yo podo ae sampeyan wudo mblejit mlayu-mlayu nang bangjo!! ealah gek le ngomyang luput meneh….iki ki opo???
    pak mentri nak pancen elek utowo luput ndang benakno, rasah nyangkem disik utowo kakean cangkem, malah modyar dewe sampeyan!

  7. eterna mahal.. ujung2nya beli yg serabut 🙁
    *bahas kabel wae..

    kmrin beli stop kontak broco, ealaaah, dikencengin bautnya lgsg pecah 🙁
    *curhat

  8. Indonesia iki isi ne rampok kabeh..!!
    Uwis toket kae .tuku larang. boros. entuk sauprit meneh .
    Iki ngk berpihak ke wong cilik .
    Wong cilik modar …
    Nasib ne indonesah…..

  9. Dulu…
    Pelanggan Listrik Prabayar Tarif/Daya R1/1300VA beli token Rp.100rb dptnya gak seragam. Ada yang 68,2 kWh – 69,5 kWh dan yang tertinggi 70,4 kWh. Mengapa bisa terjadi…setelah ane jualan pulsa “Token” Listrik, ane pelajari ternyata Admin Bank dibikin bervariasi mulai dari yang terendah Rp.1.600 sampai Rp.3.000 oleh para penyedia Server Pulsa dan PPOB. Gak ngerti alasanya kenapa..yg jelas kalo Admin Bank Tinggi, Penjual token mendapatkan untung yang ‘lumayan’ besar – penyedia jasa server pulsa ‘mungkin’ mendapatkan Fee juga besar – akan tetapi konsumen dirugikan krn kWh-nya sedikit..demikian sebaliknya.

    Sekarang….
    Sejak 1 Oktober 2015…PLN memberlakukan SATU Admin Bank yakni Rp. 1.600 dan menyeragamkan nominal token yang dijual menjadi 20-50-100-200-500 dan 1 juta…alhasil sekarang pelanggan R1/1300VA menerima listrik sebesar 71,90 kWh dan seragam di seluruh Indonesahhhhhhh…

    Berapa penghasilan Penjual Token sekarang? Msh tetap sama kalo yg menjual dgn Amin Bank Rp.1.600 yakni sekitar Rp.4.000/transaksi….TAPI yg dulu jual dgn Admin Bank tinggi “mungkin” pendapatannya “sedikit” berkurang.

Tinggalkan Balasan