Purwokerto Seri Perdana Yamaha Cup Race 2015 , Jupiter Z1 Unjuk Gigi

pertamax7.com, gelaran pertama YCR 2015 dimulai dari Purwokerto mas bro….

Race malam Seri ke-7 Yamaha Cup Race 2014 di sirkuit area Trans Studio Makassar

Yamaha Indonesia ingin tunjukkan dominasi bebek balap disini….

dengan tagline Ikuti Jejak Sang Juara! #Lampaui Dirimu, kata mutiara  penyemangat yang menderu dalam hati Yamaha Cup Race (YCR) family di 2015 ini, menggambarkan tapak langkah mereka mencapai target di depan.

Yamaha dikenal selalu mencetak juara-juara lintasan balap, merekam jejak perjalanan para jawara menjadi inspirasi. Harus selalu diingat,  Yamaha Cup Race ini adalah perjalanan awal yang mengantarkan mereka Menuju Pentas Dunia. Sudah terbukti lahir duta-duta Yamaha yang mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia internasional lahir dari Yamaha Cup Race yang tahun ini memasuki usia ke-26. Sigit PD, Galang Hendra, Rey Ratukore, R.Fadhil, M.Zaki diantaranya contoh generasi saat ini yang telah melanglang ke lingkup internasional.

Keramaian penonton di kualifikasi seri 8 Yamaha Cup Race 2014 area Pantai Donggala Sulawesi Tengah

Pebalap senior tersebut merupakan  teladan rider-rider muda berbakat yang optimis dengan Ikuti Jejak Sang Juara, akan berhasil mencapai mimpi-mimpinya. Jadi juara di trek balap dan profesional manajemen diri sendiri. Tahun ini tim, rider dan teknisi bersama-sama menggeber spirit untuk tujuan tersebut, seperti yang bakal terlihat di event One Make Race kebanggaan Yamaha Cup Race seri pembuka. Digelar di sirkuit non permanen GOR Satria Purwokerto Jawa Tengah , 25-26 April, jejak sang juara hidup di sana. Tahun lalu YCR seri pertama juga  digelar di GOR Satria Purwokerto.

”Yamaha Cup Race sebagai ajang pembibitan dan pembinaan rider-rider muda bertalenta, tahun ini disemangati Ikuti Jejak Sang Juara! #Lampaui Dirimu. Ini merupakan lanjutan dari tema Menuju Pentas Dunia yang disematkan pada beberapa tahun terakhir penyelenggaraan YCR. Jejak Sang Juara dari para rider yang sukses menembus level internasional seperti Sigit PD dan Galang Hendra yang tahun ini tampil di Asia Road Racing Championship (ARRC), menjadi inspirasi pebalap-pebalap muda yang tengah meniti karir profesional. Mereka generasi masa depan Yamaha yang akan meneruskan kisah sukses di dunia balapan nasional dan internasional,” tegas Supriyanto, Manager Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Juara kelas YCR 1 Seri 1 Yamaha Cup Race 2014 Fedri Efendi (98-Yamaha Yamalube NHK Ridlatama) memacu Jupiter Z1 di sirkuit GOR Satria Purwokerto

YCR 2015 Atmosfer Kuat Jupiter Z1 Injeksi

Nah, di 2015 ini Yamaha lebih lagi menggeber penggunaan Jupiter Z1 di YCR oleh rider dan tim. Di 8 seri yang digelar, sirkuit dibuat menyerupai sirkuit permanen dengan karakter tikungan high speed sehingga mengakomodir pemakaian Jupiter Z1 lebih maksimal. Selain itu, rider yang menggunakan Jupiter Z1 yang masuk 5 besar hasil race, mendapatkan tambahan uang tunai ( nampaknya ini supaya balap injeksi semakin dikenal ).

Tercatat ada 23 pebalap di kategori Seeded, Pemula A, Pemula B yang menggunakan Jupiter Z1. Diantaranya adalah Doohan Akbaruzaman, Ervantona, Syahrul Amin (Seeded) ; Dicky Ersha, Asep Kurnia, Tommy Orlando (Pemula A) ; Daffa Krisna Putera (Pemula B).

Di YCR seri pertama 2014 di GOR Satria Purwokerto, ditandai dengan kemenangan Fedri Efendi yang memacu Jupiter Z1 di kelas bergengsi YCR 1 (Moped 125 cc Tune Up Seeded + Open Class Injeksi). Itu menjadi bukti kualitas dan ketangguhan Jupiter Z1 di balap ini

”Edukasi skill yang lebih tepat sasaran dilakukan Yamaha, dimana Yamaha Cup Race untuk balap motor non sport dan Sunday Race khusus sport. Di Yamaha Cup Race pun kami mengedukasi pebalap dan tim dengan menggunakan Jupiter Z1, motor injeksi juara Indoprix dua tahun berturut-turut (2003 dan 2004). Ada 23 pebalap di kategori Seeded, Pemula A, Pemula B yang menggunakan Jupiter Z1,” papar M.Abidin, GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Di seri pertama ini sirkuit dibuat dengan panjang 950 meter, lebar 8 – 10 meter, searah putaran jarum jam, 11 tikungan dan ada 3 trek lurus panjang.

Manajemen Yamaha Indonesia, Bupati Banyumas Ir Haji Ahmad Husein, sponsor, IMI Kabupaten Banyumas dalam opening 25 Tahun YCR di Purwokerto

Seri perdana YCR 2015 melombakan 9 kelas :

  • 1. YCR 1, Moped 125 cc Tune Up Seeded + Open Class Injeksi
  • 2. YCR 2, Moped 110 cc Tune Up Seeded + Open Class Injeksi
  • 3. YCR 3, Moped 125 cc Tune Up Pemula + Open Class Injeksi
  • 4. YCR 4, Moped 110 cc Tune Up Pemula + Open Class Injeksi
  • 5. YCR 5, Moped 125 cc Pemula B (Usia dibawah 16 tahun)
  • 6. YCR 6, OMR Jupiter Z1 Pemula B, Non Pabrikan – Lokal (Unit motor disediakan Yamaha)
  • 7. YCR 7, Matic 130 cc Open
  • 8. YCR 8, Moped 125 cc Tune Up Pemula Open (Karesidenan Banyumas)
  • 9. YCR 9, Moped 110 cc Tune Up Pemula Open (Karesidenan Banyumas)

Aktivitas Non Race & Racing Kit Market

Selain aktivitas balap, tentu aktifitas luar balap juga di siapkan seperti halnya Racing Kit Market yang pertama kali dicetuskan dan dilaksanakan di Yamaha Asean Cup Race 2014, telah menginspirasi perhelatan event-event motorsport Yamaha selanjutnya. Konsep yang memadukan racing dan bisnis itu ditujukan untuk pengunjung dan konsumen yang bisa membeli produk-produk high quality produksi Yamaha dan vendor-vendor Yamaha.

Racing Kit Market diadakan di Yamaha Asean Cup Race dan sampai juga di Yamaha Cup Race. Seri perdana YCR tahun ini pun Racing Kit Market hadir dengan tujuh vendor Yamaha dan produk Yamaha yaitu

  1. Pertamina,
  2. BRT Nissin,
  3. KYT,
  4. NGK,
  5. PT Gajah Tunggal TBK,
  6. PT Sakura Java Indonesia,
  7. Yamalube.

Selain bisa melihat dan membeli produk berkualitas vendor Yamaha dan Yamaha, para pengunjung juga dapat menikmati berbagai aktivitas di luar race. Test ride, exhibition, lady washer, female DJ, reggae performance, photography competition, cornering competition.

ada yang nonton?..

semoga berguna

ikuti berita terbaru dan silaturahmi via

23 KOMENTAR

  1. Anjrit balapan mahal…… Ngoprek jupiter z1 harus di bawa ke jepang dlu…. Biaya ± 1 M pengen kenceng 1 M dluuu

  2. balapan ini nanti ny trtuju kmna ya.. motogp kah… atau superbike.. atw disitu situ aja .. ngekepan bebek..

  3. yamamah, mending z1 nya buat ngojek, kerja, atau kuliah aja ya, udah mayan kenceng & irit kok.
    apa salahnya ycr buat omr nvl atau r15, sohc dan spek standar gapapa yg penting ergonomi motor sport.

    yamehek pekok bebek dibuat balapan.

  4. ini OMR semua pake motor Yamaha.kalau 20 motor Z1 berlaga bisakah dibilang motor hebat?Prestasi YIMM diBalap Internasional masih kalah dari AHM.di ARRC R25 keok.kalau OMR R25 pasti menang,la semua pake R25.lalu diPlintir R25 unjuk gigi merajai Sentul.seharusnya tulis OMR trus nama acaranya.

Tinggalkan Balasan