Curhat Konsumen Korban STNK Langka sudah 14 bulan belum jelas, solusinya gimana ya?

pertamax7.com, ada curhatan konsumen nih om

pengesahan-stnk-telat.jpg
ilustrasi stnk

korban stnk langka, sudah 14 bulan stnk cuma ada sebelah ( lembar pajak ) saat mau ambil sebelahnya lagi hilang entah kemana, lho? daripada bingung simak curhat om Azwar Ruhiyat berikut

Izin kan saya curhat yaa bos.

Begini mas saya kan kredit motor (orang susah saya mas ga kuat beli cash) di salah satu dealer AHM lebih tepat nya Mandala Jaya Abadi, setelah 2 tahun akhir nya motor saya lunas tapi yg jadi pertanyaan nya ke mana STNK saya.??

Ketika plat nomor datang saya hanya di kasih kertas pajak aja kata pihak dealer STNK nya menyusul karna blanko STNK sedang langka saat itu,skip sebulan 2 bulan sampe 5 bulan ga ada kejelasan dan kabar STNK saya sampai akhir nya saya di mutasi kerja ke kalimantan,pulang dari kalimantan saya tanya org rumah apa pihak dealer udah ada yg dateng ngasih STNK ternyata belum,gila udah 14 bulan tapi STNK belum di kasih juga.

Akhir nya saya berangkat ke dealer tempat saya ngambil setelah sampai sana saya di beritahu bahwa STNK saya sudah di ambil oleh pihak leasing (FIF leasing saya) dan saya di kasih nomor org yg ngambil STNK saya itu,ane pun sms dia menanyakan keberadaan STNK saya dan jawaban dia benar kalau STNK saya sama dia dan saya di janjikan bahwa STNK saya akan di kasih ke ane lewat COD,kurang lebih seminggu saya aktif komunikasi dengan dia sampai pada akhir nya saya dapat kabar kalau dia sakit dan akan ngabarin saya lagi setelah sakit nya sembuh,tapiiii sampe motor lunas ga ada kabar juga dari dia,nah apes nya saya hp saya bootloop akhir nya saya factory reset dan kontak dia ke apus.

Untuk pembayaran angsuran trakhir saya lgsg ke leasing buat ngambil BPKB sekalian,BPKB pun udah di tangan dan saya kembali menanyakan keberadaan STNK saya dan kaget nya saya denger jawaban pihak leasing “MAAF MAS KALO STNK PIHAK LEASING GA PERNAH MENERIMA TITIPAN DARI PIHAK DEALER” akhir nya saya di suruh kembali ke dealer nanya lagi,sampe nya di dealer saya jelasin semua nya dan pihak dealer mengecek dan emg benar STNK saya di titipin sama orang leasing atas nama Asep dan saya minta kembali nomor hp dia tapi yg saya dapat malah nomor hp yg lain bukan asep tapi gimin nama nya,setelah itu ane balik lagi ke leasing menanyakan kembali dan ternyata di sana ga ada karyawan yg bernama gimin,akhir nya saya telpon nomor tersebut tapi nomor tersebut tulalit.

Pertanyaan nya siapa di sini yg salah.???


ok pointnya

  1. BPKB sudah ditangan
  2. STNK sebelah entah kemana

lantas apakah bisa bermodal BPKB ini minta STNK sebalahnya? mungkin bisa ke samsat dengan lapor ke polisi dulu kalau stnk sebelah hilang, cmiiw

oknum dealer?

ada yang tahu solusinya?

ayo di share

37 KOMENTAR

  1. paling bikin surat laporan stnk hilang ke polisi. Abis itu urus stnk ke samsat dgn modal bpkb, ktp am motor.

  2. imo om.
    Kalo anda punya uang lebih dan akan menyalurkan kejengkelan, anda bs laporin pihak diler ke polisi dg tuduhan jual motor bodong dan penipuan krn tak ada stnknya, dan penyerahan stnk & plat kan tugas diler. Biasanya stnk dulu yg keluar, baru plat nomor keluar, utk bpkb msh ditahan leasing.
    Tp kl gak mau ribet, mending buat surat kehilangan dr polisi, kemudian buat baru lg.

    • tp kl aku, mending pilih nuntut diler, disamping cicilan dah lunas, jg dah lepas dr servis gratis.
      Mending sampeyan pergi ke diler, buat ancaman akan lapor polisi krn penipuan dan penggelapan stnk, kl ada tanggapan baik tak perlu lapor, tp kl mau lepas tanggung jawab, segera lapor polisi.
      Karna tugas menyerahkan stnk adlh tugas diler karna menjual motor scr on the road (motor berikut surat jalan).

  3. Kasian bgt ente mas
    Mosok dibikin mainan ama diler
    Laporin kpk sekalian mas
    Penggelapan pajak tu diler

  4. pengalaman pribadi dulu stnk hancur kecuci cz lupa masuk kantong celana abis itu minta tolong sodara yg perantara/calo/jasa dibikinin baru bisa tanpa surat kehilangan. artinya bisa bikin lagi kalo gak mau ribet bikin surat kehilangan dan alasan macem2 lewat jasa kepercayaan aja. tp dg catatan itu stnk namanya jd stnk duplikat. gda bedanya sama aja sama yg asli bedanya cuma di nomor semacam kode2 itu aja.

  5. saran saya seh..sudahi saja berhubungan dengan orang yg tidak bertanggung jawab…toh jenengan sudah pegang BPKB asli…dari situ bikin STNK baru saja pak…kasian waktu sama biaya panjenengan kl ngejar orang ga bertanggung jawab begitu…

  6. Bpkb ada, pajak motor ada. Solusi’y lapor ke polisi setempat, bikin surat kehilangan barang, baru ke samsat buat urus stnk.

    • Setuju dengan ide ini, anggap saja STNK hilang di jalan dan kita urus surat kehilangan di plosek terdekat untuk mengurus STNK baru dengan tulisan copy kan sudah ada BPKB juga, sampai 5 tahun saatnya pergantian STNK. tapi masalahnya ongkosnya lumayan.
      Tapi sekedar dijadikan pengalaman saja untuk dealer dan leasing tersebut. karena bisa jadi itu permainan Oknum dari pihak dealer dan leasing.
      Karena setahu saya kita kalau ambil otor secara kredit kita akan terima STNK beserta plat nomor dahulu, untuk BPKB aunaskan kita terima jika motor lunas.

  7. harap maklum sama sales honda yg ngejar insentip.
    dp harus nya 1,5 jt kejar tayang jadi gope…
    jadi nya ngak kebagian untuk wara wiri.
    terlalu mikirin penjualan yg terbayak.

Tinggalkan Balasan