Sukses Tekan Kemacetan, Pelarangan Sepeda Motor di Jakarta akan diperluas ke 9 jalan utama

pertamax7.com, Mantabh tenan

banjir-jakarta.jpg

pelarangan sepeda motor melintas di jalan MH Thamrin sampai Jalan Medan Merdeka Barat dinilai berhasil dan sukses menekan angka kemacetan jalanan pulau jakarta sana…

atas prestasi gemilau ini, pihak Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Restu Mulya Budianto mengungkapkan kepada kompas berencana akan meluaskan area pelarangan ke wilayah lain… jossss , hal ini sudah tidak aneh lagi, soale pernah ane bahas…..

ujicoba pelarangan sepeda motor melintas di jalan mh thamrin

adapun jalan yang akan di kenai pelarangan sepeda motor roda 2 ini ada 9 jalan utama yakni…

  1. Jalan Industri,
  2. Jalan Angkasa,
  3. Jalan Garuda,
  4. Jalan Bungur Selatan,
  5. Jalan Otista,
  6. Jalan Minangkabau,
  7. Jalan Dr Soepomo,
  8. Jalan Dr Sahardjo, dan
  9. Jalan Jenderal Sudirman.

mantabh bukan.. peluasan pelarangan sepeda motor ini menurut beliau karena efektif menekan kemacetan di jalan raya, akan tetapi perluasan pelaranagn ini diberlakukan setelah evaluasi  pelarangan sepeda motor di Jalan MH Thamrin. Evaluasi baru dilakukan satu bulan setelah program terlaksana.
jika setelah evaluasi ini menunjukkan hasil positif bahwasanya hipotesis awal melarang sepeda motor melintas dapat mengurangi kemacetan maka, uji tahap dua akan di lakukan..

tahap dua ini Pelarangan sepeda motor selanjutnya akan berlaku di Jalan Jenderal Sudirman, dimulai dari Semanggi. tahap dua? yaps, bakal ada 4 tahap malah, wew..

bapak ini dorong motor saat pelarangan motor melintas jalan thamrin

last, ane sih setuju saja soal pelarangan sepeda motor ini, lebih baik lagi semua jalanan besar di pulau jakarta tidak boleh di lalui sepeda motor, 1000 % ane setuju, tapi dengan catatan

  1. kendaraan pribadi roda 4 dan atau lebih juga dilarang, dijamin deh, jalanan luancarrrrrr
  2. sediakan kendaraan umum yang aman nyaman terjangkau laik dan tepat waktu

piye? sebagai orang luar pulau jakarta yang tidak mengalami pelarangan ini ane cuma bisa kasih 2 opini ini, sampeyan?

waduh jalan otista juga mau dilarang? ane pernah lewat kesono, jujugan bos2 berduit untuk modip motor,,, motornya mau modip / cari part modip naik mobil dulu ya, ajibbb….

mobil pickup untuk angkut motor jalan thamrin

semoga berguna

56 KOMENTAR

  1. maklum yg bikin aturan tiap hari naek mobil, jadi nggak mau susah, cobain naek angkutan umum dong

    • aneh ya gan, pasti bilangnya suruh kasih masukan, giliran dikasih masukan ga usah dilarang motor, pasti di telen mentah”… udah pasti kalo orang atas ngomong harus di turutin

  2. hmm definisi sukses yang aneh, lah wong macet tetep aja macet, bikin susah rider aja. kalo mau dilarang, kenapa gak mobil pribadi aja yang isinya cuma 1 atau 2 orang selebihnya joki.

    Review : Jacket Komine JK-700 Titanium
    http://cc.cc/1bxy

  3. biar comment sama
    saya setuju terutama senayan sampai thamrin tapi, motor khusus delivery sama pengirim surat atau expedisi tetep boleh dengan syarat perusahaan dikasih ijin serta jumlah motor yang nantinya melintas dan desain motor khusus dan warna mencolok, polisi lantas akan dikasih sepeda untuk wilayah ini dan jalur sepeda di aktifkan…bike to work jadi lebih asik.., bis gratis diperbanyak, erp diberlakukan segera dijalur ini untuk semua kendaraan roda empat pribadi ataupun dinas…

    • Erp msh di awang2 kok yg motor duluan yg di larang bro? Klo mau adil ya sama2 donk. Ini erp aja gak jelas. Lagian bukanya erp cuma sudirman thamrin dan rasuna said? Sedangkan minangkabau otista saharjo supomo apa ada erpnya? Mas banyak pelaku usaha rumahan yg perlu anter barang dan banyak lwt jln tersebut

      • baca yang tenang…jangan pake esmosi..ane juga pelaku usaha anter catering…alias tukang delivery..puas mas bro…

  4. Saya sudah ngga ngantor di jakarta, sekarang di tangerang jadi ngga bisa ngasih opini yang objektif.
    Tapi kalau saya bayangin ke Sarinah tanpa lewat Bundaran HI pasti report banget cari-cari jalan tikus.
    Kalau dibilang yang pakai mobil yang untung engga juga sih, mungkin di jalan merdeka selatannya ngga macet, tapi dari rumah kesana tetep aja macet

  5. ALHAMDULILLAH…… Peraturan yg bagus dan skr ini namanya IMBAS DARI KELAKUAN BIKERS krn selama ini para bikers SUSAH DIATUR DIJALAN DAN SANGAT SUSAH UNTUK BISA TERTIB RAPI DAN SOPAN SPT DRIVERS. Jd gak usah heran klo Pemerintah buat peraturan spt ini.
    Spt biasa ALASAN KLASIK DAN KLISE BIKERS selalu memakai SENJATA PAMUNGKAS nya yaitu, MENGATASNAMAKAN ORG KECIL LAH, MERASA BAYAR PAJAK LAH, MERASA DIKUCILKAN LAH, DLL. Tp liat aja dgn mata kepala sendiri bgm kelakuan dan perbuatan bikers dijalan lalu banyak mana TINGKAT PELANGGARAN DIJALAN ANTARA BIKERS DAN DRIVERS, simple kan?? Ko emang bikers merasa keberatan dgn peraturan pemerintah ini lebih baik tinggal atau pulang aja didesa atau dikampung halaman trus cari kerja disana dan jangan merantau ke Jakarta. Namanya Ibukota Negara pasti macet krn banyak nya penduduk yg Urbanisasi.

    Nahh….. Gw yakin pasti banyak orang/bikers yg gak terima dgn komen gw krn komen gw gak dukung atau gak pro ke bikers jd INTINYA KOMEN HARUS DAN WAJIB BELA BIKERS SPY DISENENGIN BIKERS LAH SPY KATANYA DIBILANG BROTHERHOOD LAH, SPY KATANYA DIBILANG SEPENDAPAT LAH, SPY KATANYA DIBILANG SESAMA PEMOTOR LAH.

    Yukk mari kita buktiin liat komen org2 yg gak terima dgn komen gw dibawah….

    • Panjang bro bacotnya. Copy paste yah udh ada templatenya? Hahahaha. Lo ga suka sama pengendara motor? Lo punya motor ga dirumah? Klo punya sudah benar blm mengendarainya?

      • @ ilmanimovic…..Loe tersinggung dgn komen gw?? Apa gw salah klo komen yg JUJUR DAN REAL?? Atau emang KOMEN HARUS DAN WAJIB BELA BIKERS BIAR KATANYA DUKUNG, PRO DAN DISENENGIN PARA BIKERS??
        Makanya gak usah heran klo semua itu IMBAS DR KELAKUAN BIKERS sendiri yg sulit diatur dan coba liat bgm drivers cara bawa mobil pribadi dijalanan pasti jauh lebih rapi tertib dan sopan ketimbang bikers (ini FAKTA). Pasti para bikers pakai alasan klasik krn dimensi motor kecil lah, bs selap selip lah, dll
        Spt nya para bikers maunya mobil gak boleh ada dijalan spy merasa seneng krn semua org sama2 PAKAI MOTOR. Coba loe pikir apa mungkin org yg udah berhasil dlm karier nya (Presiden, Pejabat, Pengusaha, dll) harus MAU BELA2 IN KEPANASAN DAN KEHUJANAN NAIK MOTOR?? Org udah capek2 kerja cari uang pasti butuh suatu rasa kenyamanan dan rasa kenyamanan itu suatu kebutuhan yg gak bisa diukur dgn uang. Kecuali loe tinggal di Afrika bagian gurun mungkin bisa penguasaha atau pejabat disana pakai motor spt yg loe mau. Asal loe tau terlepas dr semua itu pasti ada UNSUR KECEMBURUAN SOSIAL KESENJANGAN SOSIAL yg ditutup2 in secara halus atau frontal cm kebetulan gw aja yg berani komen disini padhl hampir semua org jg tau tp gak mau nyampaikan scr langsung spy GAK TERSINGGUNG. tP SAYANGNYA PARA BIKERS GAK PERNAH PEKA, paraaaaaaaahhh

        • Kalau sudah sukses dan banyak uang beli motor gede aja om, prestisenya gede loh. Masalahnya bukan dukung siapa2, tapi kondisi kendaraan umum yang ada sekarang memaksa orang untuk menggunakkan motor. Om Yoga sendiri sudah pernah belum naik kendaraan umum di Jakarta?. Coba dah seminggu naik kendaraan umum dan baca berita tentang busway terbakar, pemerkosaan di angkot, metro mini ugal-ugalan dll. Om yoga ini maunya suatu perubahan tetapi tidak mau memulainya dari diri sendiri, tetapi ingin orang lain mengikuti peraturan ini dan naik angkutan umum agar tercipta suatu perubahan (HAL INI TERLIHAT DARI KOMEN OM YOGA SENDIRI). Soal pemotor banyak yang banyak melanggar rambu lalu lintas, pengguna mobil juga banyak kok yang langgar rambu lalu lintas walaupun jumlahnya lebih sedikit tetapi tetap saja itu namanya pelanggaran bukan?. JADI JIKA MENGINGINKAN SUATU PERUBAHAN HARUS DI MULAI DARI DIRI SENDIRI OM!. Untuk mengetahui sulitnya menjadi orang lain, om yoga sendiri juga harus mencoba merasakan hal yang sama dengan menaiki kendaraan umum untuk beraktifitas setiap hari. Om yoga mau tidak?.

    • Spertiny anda kurang bruntung bro kgak ada yng komen slain gw.. sbenerny ane gk mw nanggepi komen ente tpi ane cuma mw tnya apakh angkutn umum yng ada djakarta saat ini sudah skelas negara maju rapi tertib nyman aman bagi para biker yng hendak mnanggalkan mtorny??? Sudahlah kagak usah muluk2 nyalahin biker toh alasan yng dberi orng atas gk 100% betul

      • @ tahu goreng…. Coba anda pikir, klo armada minta diperbaharui dan dibuat nyaman pasti dimana2 ada istilah ADA RUPA ADA HARGA dan ente jg hrs pertimbangkan biaya perawatan dan wkt BEP. Scr logika klo armada angkutan umum dibuat nyaman dgn harga yg lumayan apakah para penumpang mau naik angkutan tsb?? Gwyakin bgt 100000% masyarakat gak akan mau krn akan bilang MAHAAALL MENDING NAIK MOTOR MURAH MERIAH (FAKTA). Cth lain, coba liat lg disaat mudik org byk BELA2 IN MUDIK PAKAI MOTOR DGN DALIH KRN MURAH bukan krn nyaman tp justru yg dipakai alasan klasik adalah krn gak dpt tiket atau tiket mahal. Jd intinya gak usah nyalahin Pemerintah tp coba bisa gak benahin sisi ngendarai bikers spy bisa TERTIB RAPI DAN SOPAN SPT DRIVERS (MOBIL PRIBADI), gw sgt yakin 100000% BIKERS GAK AKAN MAU DAN GAK AKAN BISA BAHKAN CLUB/KOMUNITAS AJA GAK MAMPU. Sorry yg gw komen semua ini FAKTA BUKAN NGADA2 jd gak perlu lah marah/tersinggung dgn komen gw, boleh marah asalkan komen gw salah dan gak sesuai dgn kenyataan. FAIR kan…

        • Ga ada yang bener kalo menurut ane . Oke gapapa pemerintah bikin aturan ini itu. Asalkan negara bebas dari korupsi . Paling ngga ya terkurangi .

    • masa iya semua driver lo bilang sopan? gw sering ketemu driver yg arogan, main potong sembarangan main belok tanpa sein, main puter arah padahl itu dilarang, mau contoh? buanyak om. liat aja puteran setelah pasar gembrong jaktim. gak cuma motor yg putar arah tidak pada tempatnya banyak juga mobil2 pribadi yg lo bilang sopan2 itu. pelanggaran lampu merah? sepertinya banyak juga yah. yg itu gak lo salahin?
      pelanggaran itu gak cuma motor bang mobil juga melakukan pelanggaran.

      • @ ilmanimovic…… Biar enak dan melek coba hitung banyak mana tingkat pelanggaran antara bikers dan drivers?? Trus coba klo kelakuan bikers ditiru sama spt drivers apakah bikers dan masyarakat mau terima?? Udah pasti gak akan mau terima krn bikers dan masyarakat akan bilang DRIVERS SOMBONG LAH, DRIVERS SOK2 AN LAH, DLL tp herannya knp HALAL DAN SAH DILAKUKAN OLEH BIKERS?? Anda tdk berpikir ini ada UNSUR KECEMBURUAN SOSIAL/KESENJANGAN SOSIAL yg selalu ditutup2 in. Makanya spt komen gw diatas ada org yg berani ngomong lgs ada yg gak mau krn MENJAGA PERASAAN tp aneh nya org2 tsb yg dijaga perasaan gak pernah peka. Bukti otentik lain coba liat diperempatan lampu merah brp byk motor bergerombol melewati garis putih, apa itu masih dianggap pembelaan tp klo ada 1 mobil yg melakukan hal spt itu lgs para bikers gak terima padahal mobil cuma 1 yg melanggar lgs heboh tp klo motor bergerombol didiemin aja. Ketahuan kan klo itu emang ADA UNSUR PEMBELAAN, makanya gak usah heran utk bikin dan atur bikers/pemotor amat sangat sulit dan WAJAR KLO PEMERINTAH APATIS THD BIKERS 🙂

        • Emangnya gw bilang klo pelanggaran oleh pemotor itu halal dan sah? Ada gak kalimat saya kaya gitu? Ya memang pelanggar banyak dilakukan oleh biker. Tp apa dengan gitu lo boleh ngecap semua bikers itu pelangga? Sama dengan driver gak semuanya suci dan sopan. Mungkin anda seorang driver yg sopan. Saya jg bs bilang klo saya bikers riders drivers comuters yg sopan?

      • @yoga sorry, menurut ane comment ente ga sepenuh nya benar…coba anda rasakan, ane ada kerjaan diluar kantor, ane pikir dekat,dan keluarin motor dr parkiran jg susah..akhir nya ane coba naik angkutan umum..busyet dah..macet bgeet.ongkos lebih mahal..dan jg naik busway transit dulu dan nunggu nya lama bgeeeit..pokok nya tetap dah motor lebih simpel, menurut ane ya..hemat waktu hemat biaya dan jg merakyat…mgkn ga kebanyakan perusahaan kasih jasa kurir pakai motor kantor..kebanyakan motor pribadi boss..ane kaum kecil bosss…

  6. Hmm jadi inget sebelum tahun 96 itu raja jalanan mobil, ga ada yg berani lawan mobil motor masih jarang.
    Kalau sekarang motor populasinya banyak. Ya jadi kejadian terulang bedanya dulu mobil skrg motor. Gpp sih,
    Bagus lagi diperbaiki jalur rute. Repot muter2 jalurnya. Trus amankan dari pengamen (apalagi pengamen yg maksa bil br keluar dari penjara lah. Dan bla bla bla..). Dan terakhir integrasi biaya. Dalam arti 1 kartu selama sebulan bisa pindah jalur bus/kereta api iti lebih baik deh.

  7. baca yang tenang…jangan pake esmosi..ane juga pelaku usaha anter catering…alias tukang delivery..puas mas bro…

  8. komennya lbh seru drpd artikelnya..masuk tipi oon aja nih biar debat kusirnya ditonton org banyak…ane jg mantan bikers tp skrg g pny motor pling pinjem sodara hehe ane bkn driver krn blm kbeli boil…dukung aja dah,hbis liat motor dijalan dah kek semut enegh liatnya …tp ingat tu mobil butut kek kaleng krupuk macam metromini,bajaj bemo buang aja ke laut bikin sepet mata ajah udah kelakuan sopirnya goblog ga pnya otak bw mbil smbil mabok rem pd blong lampu pd mati …angkot dibatasi biar pnumpang nyaman…kita dukung program pmerintah…ok bro!

  9. gini aja yg gampang….
    coba yg ga setuju motor dilarang yang jadi gubernur, gimana caranya menanggulangi kemacetan jakarta? mana solusimu? jangan cuma protes….

  10. Sy pengendara mobil yg beli mtr dr th 2011 karena pikir mtr adlh solusi mct. Tp begitu ada di jln sy pikir pengendara mtr di pulau jkt ud pada gila. Nyawa jd taruhan. Istilahnya ud serahin stengah nyawa anda di jln jkt. Mengerikan. Cbr sy baru 400km sampe skrg.

Tinggalkan Balasan