Daftar Denda Tilang Lalu Lintas dalam Operasi Zebra 2014

pertamax7.com, operasi zebra 2014 sedang dilakukan serentak di seluruh wilayah Indonesia  selama 14 hari yang dimulai pada tanggal 26 November 2014 sampai tanggal 09 Desember 2014.

ban cacing ditilang polisi

bagi yang melanggar jelas dapat sangsi, nih daftar sanksi tilang lalu lintas yang pertamax7.com kutip dari Divisi Humas Mabes Polri

1). Pengendara yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) terancam pidana kurungan paling lama 4 bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta.

2). Pengendara yang memiliki SIM namun tak dapat menunjukkannya saat razia dikurung paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

3). Pengendara yang tidak memasang Tanda Nomor Kendaraan Bermotor alias plat nomor terancam kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

4). Pelanggaran syarat teknis laik jalan seperti spion, lampu utama, lampu rem, lampu mundur, pengelap kaca, bumper, klakson, pengukur kecepatan, dan knalpot dipidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu untuk sepeda motor dan Rp 500 ribu untuk mobil.

5). Pengendara mobil yang tidak membawa ban cadangan, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, dan peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan dipidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

6). Melanggar rambu lalu lintas terancam kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.
7). Melanggar aturan batas kecepatan paling tinggi atau paling rendah dipidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

8). Pengendara yang tidak membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) atau Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor dipidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

9). Tidak memakai sabuk keselamatan dipidana dengan kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.
10). Pengendara atau penumpang sepeda motor yang tidak mengenakan helm standar nasional (SNI) dipidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda Rp 250 ribu.

11). Pengemudi yang tidak menyalakan lampu utama pada malam hari dan kondisi tertentu dipidana dengan kurungan satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

12). Mengendarai sepeda motor tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari dipenjara paling lama 15 hari atau denda paling banyak Rp 100 ribu.

13). Berbelok atau balik arah tanpa memberi isyarat lampu dipidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

ada yang takut razia kayak gini? kelengkapan mu dipertanyakan om..jangan-jangan…

jangan nangis kalau di tilang polisi,

atau sudah tahu salah malah nyalahkan polisi, hadehh…

semoga pak polisi tidak tebang pilih dalam penegakan lalu lintas seperti ini…. lengkapi surat-surat bekendaramu dan kelengkapan lainnya….

semoga berguna

38 KOMENTAR

  1. bang, disitu gak dijelaskan kondisi plat nomer sama stnk ya? soalnya stnk sama nopol ane mati dari bulan 7 kemaren, hehehe

  2. kalau pajak mati kt kepolisian tdk ada tilang tp denda yg dah diatur dlm perpajakan alias dpt denda.saat bayar pajak,,,tp dilapangan kondisinya berbeda..

    tp tau skg atiran otu sh berlaku atau todak

  3. UPDATE OPERASI ZEBRA DI JOGJA :

    Hari Sabtu 30 November 2014 sudah dilakukan penilangan terhadap pelanggar, fokusnya pada penggunaan knalpot NON STANDAR/ BLOMBONGAN / KNALPOT RACING

    Gak urusan itu knalpot impor belasan juta rupiah atau knalpot branded KW3 atau lokal

    Nyatanya di Samsat/Markas PJR Kota Jogja Sabtu pagi kemarin, tertangkap 3 Minerva,1 RX KIng, 1 FU, 1 Z800 4 silinder, 1 R25, Beijing sport,Thunder 125

    selain di tilang,mereka juga disuruh mengganti dengan knalpot standarnya SAAT ITU JUGA ATAU MOTOR TIDAK BOLEH DIBAWA PULANG

    Dan pemilik Z800 langsung telpon bengkelnya untuk dibawain knalpot standarnya (bejo iki Z800 plat AB,kalo plat luar kota mrongos tenan) dan pasang di tempat,dan juga pemilik Minerva juga kontak bengkel ,dan mekanik bawa knalpot baru standar Minerva yang ternyata setelah digeber lebih kenceng suaranya daripada knalpot racing yang ngebas hahahahaha

    masalahnya,bagaimana kalo yang ditangkap mocin,sedangkan partsnya tidak dijual lagi ..?? (embuh nek iki)

    So, bagi rekan-rekan biker dii Jogja,gak usah kemaki pake knalpot racing dulu, semalam saya masih lihat klub jupiter MX city turing pake knalpot racing,juga anak-anak C70 yang mesinnya sudah korekan ngalor ngidul mbrebeki, juga klub scorpio dengan fitur sok belakang ambles dari luar kota yang pake knalpot racing/blombongan

    Mending saat ini kalo melintas di Jogja pake knalpot standar dulu,daripada jauh dari rumah dan bikin repot urusan dengan PJR

    *kenapa di Samsat?
    –> karena yang nangkap PJR dan markas PJR Jogja di samping SAMSAT

Tinggalkan Balasan