Resah dan Kesal, Walikota Bandung Ridwan Kamil Geber Knalpot Bising didepan Telinga Pemilik : Perlu Galakkan !

pertamax7.com, lagi hot di pesbuk sejak kemaren dan hari ini

 razia knalpot racing bising di bandung

yaps, walikota bandung yang masih muda nan nyenyrik  AA Ridwan Kamil  kasih pelajaran yang mungkin sangat berharga bagi kita semua, yaps, beliau kesal resah dan marah dengan maraknya penggunaan knalpot bising di lingkungan tempatnya mengabdi……. senin 15 September kemaren ada razia knalpot bising besar-besaran dibandung, dan tercatat sedikitnya 724 knalpot di amankan pihak kepolisian…..

kesal-ridwan-kamil-geber-knalpot-bising-depan-kuping-pemilik

ternyata ada satu orang yang dipaksa ndengerin suara knalpot bisingnya saat motor milik orang tersebut ( sebut saja ipul, nampaknya nama asli umur 21 tahun dilansir merdeka.com ) kemudian pak kamil bilang…

“Gimana nyaman enggak?,” tanya Emil kepada Ipul yang telinganya dekat knalpot miliknya sambil meraungkan motor. Ipul warga Garut ini hanya tersenyum.

nih videonya…

^ model kayak gini perlu digalakkan nih untuk semua pelanggar, biar ada efek jera…..

mengenai knalpot bising sudah ane bahas, sampai pegel linu bahasnya..

razia-knalpot di bandung

last semoga aturan semakin jelas, standarisasi knalpot aftermarket pabrikan juga kudu di galakkan, biar konsumen maupun produsen tersertifikasi tidak was-was

ndengerin suara knalpot bising 1 silinder, enak to, mantebh to….josss to… josss mbuahmu …. ibarat seneng main petasan, kok suaranya dikasih orang lain

semoga menjadi pembelajaran bersama….

62 KOMENTAR

  1. mas ipan dkk indoprix putaran selanjutnya kpn yak? kok gk ada infonya nih?diinternet seri ke4 tgl 13-14 september

  2. Suara gitu masih kalah lah sama harley

    Pertanyaanya si emil berani gak sama harley? Rider harley? Kagak kan?

    Kenapa di tertibkan pembeli? Kenapa gak pabriknya? Gak sadar apa konsumen harus di lindungi? Lah ini kok konsumen jadi korban?

    Terus mendengarkan suara knalpot? Lah kereta aja standart kebisingan apakah pernah di urus sama emil? Kasihan kan yg tinggal di pingiran rel lereta?

    Terus user mobil dengan knalpot racing, berani gak dia? Gak bakalan lah

    Selama ini ane lihat justru konsumen motor menjadi obyek dan selalu di salahkan

    Knalpot brisik = ada standart kebisingan = di pake
    Penertiban = jangan cuma mocil, moge juga lah, mobil iya, dll

    Intinya ini mah pelangaran hak terhadap penguna motor, haknya di rampas, sementara loe liat sendiri pengunaan motor gede di puji puji

    Wkwkwkwkwk

    Sori no offence. Masalah tebang pilih ane bakalan bela yg di tebang. Walau dia salah, soalnya yg gak di tebang pasti jauh lebih superior dan layak gak cuma di tebang tapi di bakar

    • Tidak bisa lebih setuju dari anda…masalahnya di Indonesia uang ada perannya bro..udah bukan rahasia lagi kalau yang berduit selalu menang…tp menurut saya untuk kenalpot sendiri seharusnya ada standarnya (desibel) dan dari kepolisian sendiri memakai alat untuk mengukur desibel pada kenalpot…jadi gak asal ada knalpot custom di tilang..mungkin kan ada yang knalpot ori rusak trus ga ada knalpot ori di bengkel / inden lama jadi harus pakai knalpot custom…ini IMHO ya hehehe

      • Yah itu maksud saya, knalpot brisik matic paling mentok 80 desibel, sebenernya berisiknya setara lah desibelnya sama n250, lan sama sama itunganya 125cc, dan untuk naikin 1 decibel perlu 100 motor dengan kebisingan yg sama

        Balik lagi, bayangin aja harley 1200cc dengan 2 cyl, sama aja dengan denger suara knalpot mesin 2x 600cc, apa mereka kena tilang? Suruh dengerin suara knalpotnya?

        Begitu pula mobil, bayangin aja mobil 1500cc 4 cyl = 4 mesin 350ccan,

        Bandingin aja sama matic yg 110-125 bahkan 150cc,

        Suara mereka gak ada apa apanya, tapi kenapa mereka jadi korban? Emil gak berani? Yerlalu pengecut? Apa anti kritik sehingga hobinya kalo di kritik mempidanakan?

        Berani gak emil tertibin harley, moge, sama mobil di bandung? Setau ane di bandung harley ga cuma 1-2 bijian loh, moge di sana ada ratusan bahkan ribuan, terus mobil pake knalpot brisik ada ratusan / ribuan,

        Tapi dimana mereka? Gak di tindak kan?

        Lalu sekarang dimana yg harus di budayakan! Budayakan penertiban pada si miskin dan pembiyaran pada si kaya? What the fuck

        Itu dari segi konsumen, kalo segi prodisen gmn tuh, knalpot bermerek kok bisa kena? Bukanya merek harus mengajukan lisensi? Membuat pt gak asal jadi kan? Import pun kudu di periksa, kenapa bisa lolos dan masyarakat bisa pake?

        Mana sisi perlindungan konsimen?

        Dari sisi aparat, masa tebang pilih. Takut sama rider harley? Mobil, dan moge? Terus mana nih indikasi dia melangar dan dia tidak kalo berdasarkan knalpot doank? Kam di undang undang ada standart kebisingan, mau melawan undang undang?

        Tahu hukuman melawan undang undang, kalo pejabat negara masuk ranah makar, hukumanya ya hukuman mati

        Harusnya aparat yg nindak sama instruksi di hukum tembak di tempat sekarang karena menginjak injak konstitusi indonesia

        • @ Saya takut, klo loe bisa mikir secara logika coba loe bandingin suara knalpot berisik motor dgn mobil, mana yg lebih banyak dan lebih sakit dikuping?? Udah pasti lebih byk motor pakai knalpot berisik drpd mobil. Umumnya mobil yg knalpotnya berisik angkot dan sgt jarang mobil pribadi yg pakai knalpot berisik jd wajar yg ditindak motor krn umumnya atau sebagian besar bikers/pemotor sgt jarang yg pakai otak atau mau patuh dgn peraturan tp klo mobil yg gak bs patuh dgn peraturan udah pasti para bikers gak bisa terima dan marah. Anehnya para BIKERS HALAL DAN SAH UTK MELANGGAR PERATURAN DIJALAN DAN HARAM BUAT DRIVERS spt misalnya bikers HALAL DAN SAH utk tdk rapi tertib dan sopan dijalan spt drivers tp klo drivers melanggar sm persis spt bikers udah pasti dong bikers gak mau terima/marah, bener gak?? Jd loe jgn cm bs bilang tebang pilih tp coba loe pikir pakai logika dan rasio dan JGN PAKAI JURUS PAMUNGKAS BIKERS YAITU KRN FAKTOR KECEMBURUAN SOSIAL LAH,KESENJANGAN SOSIAL LAH, KRN ORANG KECIL LAH, DLL

          Klo loe masih gak yakin dan gak percaya, coba loe liat dijalan. Dlm 1 menit 10 menit 1 jam mana yg byk pakai knalpot berisik antara motor dan mobil. Loe liat motor2 yg pakai knalpot berisik berani masuk perumahan/komplek tp klo masuk gang/kampung2 gak berani/lgs mesin motornya dimatiin. Bikersnya sadar knalpotnya berisik lgs dimatiin masuk kampung/gang tp knp dikomplek/perumahan org dia tetep nyalain mesin?? Klo otak loe normal dr contoh itu loe hrs nya bs nilai sendiri mental dan otak bikers. Masih gak yakin jg?? Coba loe pakai knalpot berisik main2 in gas dikomplek/perumahan dan di gang/kampung2, mana org akan marah dgn cara kasar dan cara halus??? Dr situ semoga anda bs menilai sendiri perbedaannya 🙂

          Coba buka mata lebar2…. Loe liat dijalanan mana yg lebih byk tingkat pelanggaran antara BIKERS DAN DRIVERS?? Udah pasti 1000000000% BIKERS dan para bikers akan marah klo ditertibkan atau mau berkendara spt drivers. Lalu gak ada club atau komunitas yg bs ngajarin anggotanya bs tertib rapi dan sopan spt drivers bahkan selama dijalan pun mereka arogan dan klo lg konvoi/touring mereka semua knalpotnya sgt berisik dan mereka HALAL PAKAI KLAKSON YG KERAS DAN KLAKSON YG KERAS GAK BOLEH DIPAKAI DIMOBIL KRN BIKIN SAKIT KUPING ORG LAIN DAN BIKERS. Mana yg lebih gak pakai otak, BIKERS ATAU DRIVERS??

          Intinya kemauan bikers tuh :
          harus selalu dianggap paling bener dijalan
          gak boleh ada peraturan ketat
          pejalan kaki angkot mobil bis truck hrs wajib ngalah dgn bikers
          mintanya dihargai tp gak mau hargai org lain
          kudu harus dan wajib mau merakyat spy dibilang gak sombong
          kontra dgn drivers/pemobil, dll

          Umumnya bikers, blogger dan komentator tetap akan marah/tersinggung dgn komen gw yg bersifat realistis krn komen gw gak sesuai atau gak sepaham dgn pemikiran bikers tp klo komen gw yg bersifat sepaham, puja puji bikers dan dukung bikers (walaupun salah) pasti akan disenengin bikers 🙂

        • Sorry gw komen kaya gini bukan maksud mau sombong tp semua ini berdasarkan realita atau kenyataan 🙂

        • Ya memang semua yang anda katakan benar, tapi niat anda hanya “urun angan”, tidak sampai ” turun tangan”. Sebagian besar kita hanya mau melakukan empat hal: Bayar pajak, nyoblos, mengkritik, dan memuji. Tapi untuk terlibat? kalau bisa tidak usah.

    • komen panjang2 cuma ngeliatin gobloknya. ente kayak perokok kalo dikritik pasti ngeles ngalor ngidul. kereta berisik tapi udah ada aturannya tong. salah sendiri tinggal dekat rel. nah sekarang bapak lu terganggu suara knalpot apa mesti pindah ke hutan?

      • Loh, ente pahlawan kesiangan mengatas namakan safety riding,

        Benerkan kata ane, mau indonesia bebas dari bising kok nangung nangung, emil kan walkot cerdas, bandung juga salah satu kota dengan pendapatan daerah tertinggi, masa gak mampu relokasi bantaran pingir rel ke sebuah rusun sih? Toh rumahny rata rata pake tanah pt kai

        Pejok ente

        Baca juga omongan ane, moga sama mobil gmn tong? Kalo bapak lu suruh dengerin suara moge sama mobil pake telinganya terus menerus sampe budeg. Ente berani gak protes? Palingan beraninya ya tebang pilih sama matikers, bebeker

        Motor mereka paling mentok ya 200cc doank, suaranya seberapa sih di bandingkan 1200ccan tong?

        Makanya ane tanya. Si emil berani kagak? Apa cuma sama model mocil doank? Atau dia mengindahkan undang undang dengan asal tilang tanpa dasar atau berdasarkan asumsi?

        Pejabat negara di larang injek injek undang undang, larinya ke makar, hukumanya ya hukuman mati tong

    • @saya takut
      Komen panjang lebar cuma buat nunjukin ke-BODOH-an ente
      1. knalpot kaleng rombeng matic = 80db?? darimana? ud pernah diukur pake alat??
      Lah menurut permen-nya aja motor baru/standar 80cc s/d 175cc batas kebisingan 90db s/d 80db??

      2. suara mobil 1500cc = 350 cc (WTF!) itung2an dungu macam apalagi nehh? bus mercy 12.000cc 6 silinder berarti suara knalpotnya sama kayak 6 mobil 2000cc dijejerin gituu??
      berarti 1 bis mercy 12.000cc suara knalpotnya lebih kenceng dari 104 matic kaleng rombeng?? SUPER dungu sekali logika anda
      UDAH BAca PERMEN TTG AMBANG BATAS KEBISINGAN RANMOR BELOM??

      ATAU,
      Sekali2 coba ente dengerin suara knalopt mobil 1.500cc trus dibandingin 13 matic kaleng rombeng, kalo perlu ente tempelin tuh knalpot ke kuping biar lebih “MERESAP”

      3. Yes, knalpot Harley mnrt gw emg bising, tapi ada berapa bnyk user harley dibanding pengguna matic kaleng rombeng?
      seberapa sering user Harley pake motornya?
      memang suara knalpot harley mengganggu dan 1 motor Harley jelas lbh bising dr matic rombeng, tapii berapa persentase user harley dibanding matic rombeng?
      seberapa sering penggunaan harley yg umumnya dipake hanya weekend dibanding matic rombeng yg dipake hampir setiap hari??
      dan menurut gw matic kaleng rombeng jelas2 lebih mengganggu dan meresahkan karena bs ditemui dimana2 dan hampir setiap waktu, ketimbang harley yg mgkn 1 minggu atau 1 bulan aja blm tentu berpapasan dijalan

      4.Pengguna Harley yg melebihi ambang batas emang harus ditertibkan, tp ya ud rahasia umum itu agak sulit dilakukan karena 1 dan lain hal,
      TAPII, apa gara2 beberapa user HD yg resek dan belagu, jada alasan pembenar pengguna matic kaleng rombeng juga bebas mengganggu kenyamanan masyarakat lain?

      5.Kalo pake logika dungu ente, berarti Polisi GAK BOLEH nangkep para preman, Maling/Rampok, Tukang Copet, Pengedar Sabu kecil2an,
      Gara2 gagal nangkep KORUPTOR, BANDAR SABU KAKAP, MAFIA, DLL
      Jadi BIARIN tuh para rampok, Bromocorah dan para pelanggar Hukum lain berkeliaran sampai Polkis udah berhasil nangkep semua Koruptor, Bandar Narkoba dan Mafia2 Kelas Kakap, GITU??

      “SUPER” sekali pemikiran ANDA…mungin anda sering dengerin knalpot kaleng rombeng jd punya pemikiran yg HEBAT…

  3. knalpot racing ku tak kasih db killer jadi ga berisik berisik amat 😀 . beti sama ori kayake . yang berani nertibin kampanye berisik ane acungin jempol siapa yang mau 😀

      • Gak isah leopold. Triatmono juga pake kan knalpot racing

        Atau event event motor, pas kupdar, juga banyak, berani di ciduk gak? Apa cuma tebang pilih, ngoahahahah

  4. hati-hati jika melintas turing menggunakan knalpot free flow di bandung, pihak berwajib sana sangat anti knalpot free flow, mau pake yang 100ribuan atau jutaan kayak akrapovic sama aja

    Selain itu waspada juga jika melintas di kota Cirebon, sering ada razia tapi yang dicegat plat luar kota, trus nyari-nyari kesalahan (karena yang dicegat biker jarak jauh tentunya akan malas menghadiri sidang..dst terusno dewe)..

    Razia di Cirebon kisaran jam 9 pagi hingga jam 15, kalo melintas tengah malam malah sepi dan tidak ada razia ‘aneh’

  5. sebetulnya pake knalpot racing,selama dipake low-medium rpm tidak masalah,emang mau digeber sampe mesin jebol kan gak juga, untuk motor mesin kecil, rpm jelajah kisaran 4000-8000 rpm kalo diukur pake desibelmeter masih di bawah 90dB, gak mungkin ada motor buat dalam kota dari dia berangkat dari rumah hingga tujuan digeber 1000rpm terus menerus,apalagi biker lain sampe ndengerin kuping nempel knalpot

  6. *ralat :

    sebetulnya pake knalpot racing,selama dipake low-medium rpm tidak masalah,emang mau digeber sampe mesin jebol kan gak juga, untuk motor mesin kecil, rpm jelajah kisaran 4000-8000 rpm kalo diukur pake desibelmeter masih di bawah 90dB, gak mungkin ada motor buat dalam kota dari dia berangkat dari rumah hingga tujuan digeber 10000 rpm terus menerus,apalagi biker lain sampe ndengerin kuping nempel knalpot

  7. kalo memang dilarang, kenapa gak dirazia penjualnya,lalu juga produsennya

    kenapa end user saja yang jadi target ??

    *mikir

  8. Biasa gua suka baca berita Ridwan, tapi kali ini gua berbalik 180 derajat. Gua setuju dengan peraturan kebisingan kendaraan bermotor akan tetapi asal peraturan jelas dan waktu penertiban itu fair dimana petugas dilengkapi dengan alat db meter. Dan penertiban dilakukan terhadap SEMUA KENDARAAN BERMOTOR jangan pilih-pilih. Knalpot standar aj kalo digeber trus kuping disebelahnya juga berisik, kl ga percaya coba aj? Apakah pantas walikota melakukan hal spt itu? Seharusnya dengan menilang saja sudah cukup. Dan mungkin penyitaan knalpot pun tidak terdapat diundang-undang, yg gua tau sih kl melanggar kita kena sanksi tilang. Apakah kalo ud disita knalpotnya masih ditilang juga? Kenapa pabrikan dan importir knalpot ga distop? Bukannya jadi lebih muda untuk penertibannya. Gua tantang untuk berita selanjutnya dimana pengendara moge ataupun mobil ditangkap karena knalpot berisik, atau pun disita knalpotnya plus pengendaranya disuru denger dari jarak kurang setengah meter.

  9. si kamcil ni kayaknya terlihat pinter tp aslinya malah bodoh..
    berani kagak cil nilang moge2 ama mobil.. haa?

  10. Pejabat arogan….
    Memang dgn cara gt ipul/yg lainnya jera….??
    Lgn klo ipul telingax knp2 mmg dia mo tanggubg jawab…pemimpin kok carax gt….!!!keliatan dangkalx…
    Smua ada peraturannya…klo pun melanggar tdk bgt carax…
    Bego…begoooo…

  11. Jangan dipukul rata yo pa’e, racing blum tentu abal”. Racing pun blum tentu berisik ngerusak telinga. Cz ada jg yg make knalpot racing yg settingannya pas, suaranya ajib, tamparannya ga ngenain rider belakangnya. Tentu mesti ada alat ukurnya, jgn mentang” ga standar trus ditilang. Ok deh klo yg nyakitin telinga mesti dibasmi. Apalagi yg tamparannya pas kena di muka pengendara di belakangnya. Saya pst dukung yg aturannya jelas, apalagi klo ada tolak ukurnya. Sip deh.

  12. jgn saling menyalahkan…,pemerinya
    tahnya jg gak tegas..harusnya yg ditindak ya pabriknya ,klo kya gni jd gak adil kesannya…., yaaa lagian emang knyataan nya pengendara motor di kita kan tengil tengil sihh..motor cuma 1 Cilinder aja laga nya udah berasa bawa moge aja.., suara knalpot di maenin tarik ulur tuas gas..yg ada malah berisik, nguntungin jg nggak malah jadi boros ke bensinnya apa coba maksudnya ??? Orang Aneh…, Boleh pake knalpot Racing tp sewajarnya aja layaknya pake knalpot biasa fak usah di tarik tarikan gas sampe berlebihan….

  13. berisik mana kalau ga pake knalpot sama sekali?
    saran saya seh pemerintah jangan cuma nilang pengguna,,kalau mao pada tidak menggunakan knalpot racing ya sidak produsennya..kalau gini ma besok2 dah ga ngefek razianya 😛

  14. menurut ane sih yang harus ditilang itu kenalpot bronk aias knalpot pendek dan karatan yg banyak dipake motor bebek karena dari segi estetika gak bagus dan suaranya pecah juga bikin sakit telinga, beda sama knalpot yang bermerek gan boleh deh dibandingkan suaranya relatif adem dan bass. tapi cara berkendara tergantung rider masing2 sih ada yang kalem ada juga yang arrogant hehe

  15. coba klo walikota bandung seneng dgn motor dan suara knalpot berisik udah pasti dehh disenengin sm byk bikers krn dianggap sealiran dan sepemahaman dgn bikers. dijamin lgs para bikers ikut2 an kopdar/ngumpul dgn walikota tsb bahkan dia (walikota) dianggap mau merakyat lah dan dibilang gak sombong lah, dll (itu senjata pamungkas bikers), ngoahahahahahahaaaaa ironisnya bikers slalu mau dianggap paling bener dan klo dibilang org gak mampu lgs marah tp klo kondisi udah terpaksa berani bilang org gak mampu, DASAR MUNA !!!
    kesimpulannya klo mau merakyat ato bergaul dgn bikers slalu dianggap merakyat atao dibilang gak sombong tp klo bergaul dgn drivers pasti dibilangnya sombong lah,sok lah, blagu lah, dll ngoahahahahaaaaa

    • Comtoh driver ayan yg pingin di perlakukan istimewa

      Menurut ane mau walkot merakyat kek, kagak kek, kalo dah bicara peraturan jangan tebang pilih, kan ane tantang. Berani gak menekan angka kebisingan ga cuma dari mocil? Tapi dari moge dan mobil? Mampu gak si emil? Apa cuma mampu tebang pilih? Kalo cuma mampu tebang pilih mending ngomong mau di bayar berapa biar dia gak tebang pilih, simpel kan?

      Ngoahajahaha

      Masalah tebang pilih kok di anggap merekyat dan yg lain, wkakakak, cacad

      Kalo emil gak berani sama moge, dan driver ya dia namanya tebang pilih, pantes gitu seorang yg katanya melek hukum :v

      Kalo gak tebang pilih kan ada standart kebisingan nooh,mcc sekian db sekian, selese kan perkara kalo dah ada standarisasi, melanggar kena, gak melangar lolos

      Simpel

  16. Pak kamil dari pda sibuk ngurusin knalpot2 bising lebih baik ngurusin inflasi, kemiskinan, pengangguran dkk toh baru satu orang yg diisukan meninggal gara2 knalpot racing nah tuh lebih banyak yg meninggal gara2 kemiskinan dll. Aturan boleh ditegakkan asal sarana prasana lengkap dan aturan jelas. Mikiir!!

  17. lebay sebenrnya… apa iya masyarakat umum bakal ndengerin knalpot motor sedeket itu?
    berani ga tuh nilang moge?
    aturan kok seenaknya…

  18. gue pernah nyobain dengerin suara knalpot standart dari jarak sedekat itu,, sakit bgt telinga gue. yang adil gini, dia kan udah di geber di depan telinga pake knalpot racingnya, kenapa dia gak minta gantian aja? ” bapak kan merasa benar dengan knalpot standart? sini saya geber knalpot standartnya di depan telinga bapak ^^ gantian”

  19. jadi yang salah apa nih? motor racing gak semuanya bising, nob1 titan dan silentsound itu suaranya kyak knalpot standart selain itu knalpot aftermarket gak semuanya knalpot racing. trus knalpot standart si rxking n motor2 jadul suaranya luar biasa menyakitkan, lalu knalpot standart yang bobokan semakin banyak, suaranya pedas bgt. jadinya mana yg salah ? standart atau racing? klo yang jadi musuh adalah knalpot bising maka tulislah knalpot BISING, baik yg standart, custom, bobokan pokoknya yang BISING bukan knalpot RACING

Tinggalkan Balasan