Power Yamaha YZF-R25 versi produksi Massal Turun 1,58 HP di Dynotest yang sama, apa kata YIMM

pertamax7.com, sebagai komentator pertamax yang membaca artikelnya om leo sebagai blogger pertamax yang memiliki yamaha YZF-R25, ane ikut bingung gan

dynotest yamaha R25 turun power 7lepold7

bagaimana tidak, sebagai biker enthusiast, om leo ini sudah terlalu banyak hirup asap knalpot dan makan ban batlax, hasrat nan menggebu-gebu konsumen loyal yamaha itu membuat om leo mengetest independet yamaha YZF-r25 yang baru saja datang, tempatnya pun ditempat yang sama ( Sportisi Motorsport di Rawamangun, Jaktim, )seperti yang yang digunakan oleh tabloid otomotif menguji R25 dari pabrikan langusung ( versi PP ) supaya hasilnya bisa di compare H2H, namun, hasilnya begitu mengejutkan, versi konsumen di test di dynojet yang sama power turun hingga 1,58 HP on the wheel mas bro… ( test disini, langsung tanyaken ke YIMM langsung, kan om leo deket sama pusat )

laporan langsung om leo saaat itu yakni..
komparasi hasil dynotest yamaha R25 unit test vs unit konsumen
Mengagetkan.Saat R25 bawaan saya ditest ternyata HP melandai setelah 10.500 RPM di angka 27.63 HP pada torsi 18.67. Perhatikan bentuk grafik yang berbeda antara unit test dan R25 saya. Pada unit test grafik masih meningkat stlh 10.500 RPM menyentuh HP max di 29.21. Sementara pada R25 saya grafik melandai bahkan turun. Bukan sekedar fluktuasi tapi turun.
versi unit konsumen turun 1,58 HP dari versi unit test pabrikan mas bro,, kok bisa tentu dengan banyaknya pakar yang terkait, om leo membuat dugaan sementara

Tapi mas kondisi kelembapan dan temperatur kan mungkin beda?

Benar, tapi bentuk grafik harusnya tidak berubah hanya lebih tinggi atau lebih rendah.

Apakah edisi sample product dan mass product berbeda setting ECU?

Menurut mas Bram, ownernya Sportisi yang langsung turun tangan mengoperasikan dynojet test, diduga ignition timing di dalam ECU diprogram agar tenaga tertahan setelah 10.500RPM. RPM masih bisa naik namun tenaga tidak bertambah. Ini mungkin utk memperpanjang umur mesin terutama di daerah2 yang bensin beroktan tinggi sulit ( 7leopold7 19 juni 2014 )

dengan hasil itu ( 27,63 HP, tentu beda sama unit test kemaren yak? )

komparasi-Ninja-250-VS-Yamaha-R25-6

klaim pabrikan ( on the crank ) vs hasil dynotest ( on the wheel )

peserta Power( HP ) Torsi ( Nm )
Klaim dynotest klaim dynotest
Yamaha YZF-R25 35,54 @12.000rpm 29,43 @12.100 rpm 22,6 Nm /10.000 rpm. 19,2 Nm /10.200 rpm
Kawasaki Ninja 250 FI 31,7 @11.000 Rpm 26,21 @10.800 Rpm 21 Nm /10.000 rpm 17,87 Nm /10.000 rpm

jadi, terdapat penurunan power hingga 1,58 HP ( ( unit test = 29,43 HP )- ( unit konsumen = 27,63 HP )) … tentu angka itu memang masih tinggi dari kawasaki ninja 250FI, namun tentu konsumen yang sudah terlanjur melihat angka 35,5 HP @12.000 di mesin dan 29,43 HP di ban ( saat unit test ) akan terkaget melihat angka 27,63 HP di unit konsumen..

nah, tak perlu menunggu beberapa lama, YIMM langsung kasih konfirmasi ke media besar, ingat media besar yakni METROTV….

otomotif.metrotvnews.com/read/2014/07/20/268099/yamaha-menjawab-tenaga-yzf-r25-tidak-turun-2-dk

dijelaskan disitu, tentu YIMM membantah soal penurunan tenaga… tapi….

Saat development berbagai aspek pasti sudah dipertimbangkan selain kecepatan maksimal dan torsi maksimalnya. Jangan lupa, kami juga mempertimbangkan sisi reliability. Jadi tidak benar jika ada penurunan tenaga dari produk awal yang menjadi test ride unit dengan produk yang kami delivery ke konsumen. Sejak awal diumumkan sudah demikian,” jawab M. Abidin.

Abidin menambahkan bahwa pabrikan motor terkemuka manapun bisa membuat motor berkekuatan lebih, tapi banyak aspek yang harus dipertimbangkan. Mungkin salah satunya agar performa mesin tidak mengalami penurunan. Meski sudah digunakan bertahun-tahun.

monggo disimpulkan sendiri lah, atas sama bawah, ntar kalau ane yang menyimpulkan dianggap terlalu cepat menyimpulkan..

apa cuma yamaha r25 gue yang kena sunatan 2 HP

yang jelas om leo berpendapat seperti ini..

intinya selain aspek performa (tenaga dan torsi), sisi reliability juga penting. Agar produk bertahan meski digunakan bertahun-tahun.

Saya setuju.

TAPI

Konsumen membeli berdasarkan apa yang diiklankan dan unit test saat promosi.
Saya termasuk yang mengiklankan karena terkesima dengan unit test. Betul-betul excited.Harusnya dijelaskan bahwa unit yang ditest oleh media dan owners akan memiliki mapping ECU yang berbeda dengan unit yang diproduksi massal demi reliability/daya tahan mesin.

JADI

pada saat menyelesaikan pembelian konsumen tahu bahwa ada perubahan atau istilahnya“informed decision” bukan “mislead decision”.

 tebakan awal pak dosen ( disini )mengenai hal ini ada 3 yang berubah dari R25 kalau benar powernya turun 1,58 HP…. yakni

  1. Perubahan profil noken as
  2. Perubahan panjang intake
  3. Perubahan panjang header knalpot

kalau pertamax7.com sih ngggak terlalu paham mesin , namun entah kenapa bisikan hati kalau bisa jadi versi massal dibuat turun rasio kompresinya yang awalnya 11,6 : 1 menjadi lebih rendah  agar “ramah” minum premium…

yamaha YZF-R25 front look

last, agar om leo yakin akan hasil yamaha R25 nya, beliau akan mengajak om R25nya om   Bie Hau senin besok, trus di kompare….

bie hau

kalau benar2 sama… berarti….

to be continued..

semoga berguna

 

130 KOMENTAR

  1. Ga konsisten,shrusnya sama,kan yg d test di sebut2 akan sama pada prod massal nya,sya jujur beli R25 ini krna hal tersebut ,smpai2 saya jual ninja 250fi abs SE saya demi mndapatkan yg lbih kencang,klo begini caranya sama beli kucing dlm karung

    • Ane juga kaget om, yamaha emang raja sunat speek, tapi baru kali ini ada sunatan masal di batch pertama, biasanya di batch kedua baru kena sunat

      Ngoahahah

      Ngalamat ada sunatan kedua kalinya nih di tahun depan

      Dah beli r25 sekarang aja, powernya masih 1 bhp lebih gede loh (padahal udah lebih enteng)

      Daripada tahun depan, di sunat lagi,mtar powernya setara rr mono malah tambah galau, ngoahahahah

      Salam sunatan masal

      • itu yang diadu disentul spek prototype, dan dioprek internal yamaha (orang smart dah tahu kelakuan YIMM)
        Kesimpulannya : produk massal r25 vs produk massal ninja, masih unggul ninja

        • mas bro yakin sekali produk massal r25 vs produk massal ninja, masih unggul ninja? Adakah datanya? Atau hanya berdasarkan filing belaka?Bisakah mas bro share dimari?

          lalu adakah bukti bahwa yang diadu itu spek prototype?Ataukah hanya perkiraan mas bro belaka?

          Maaf ya bro, ane hanya tak ingin ada fitnah saja.

  2. Haduh,…..ternyata 36hp pake tanda *bintang* apa kata fby??? Ngoahahaha,…bintang ketjil yang jadi bahan ejekan fby,..ternyata merk yang paling diagung agung kanya lebih parah,…bintang nya guedhe,….ngoahahhaha,….
    Bakar,bakar,bakar,…mumpung sek esuk,hihihi

    • Bukan 36hp tapi 36ps, hp dengan ps itu beda.
      rata2 pabrikan itu ngukurnya di crankshaft bro. Mau itu Honda, Yamaha, Suzuki ataupun Kawasaki. jadinya pasti akan ada beda alias power lost

      • Kenapa ada dua versi dyno? Terus yg bener 36 ps on crank itu yg mana? Yang versi produksi masal apa yg versi sample product?

  3. cuma beda 1HP sama kawak? mau jegal kawak dengan harga Lokal mepet CBU?? Ngimpii di siang bolong wkwkwkwkk
    Ninin FI di lokalian aja bos… wkkwkwk
    :mrgreen:

    • 36 bhp. Tapi kena sunat sana sini, ngoahahahaha

      Jangan jangan waktu test di sentul laptime gede ecunya dah di otak atik. Salam di kepretin 20 detik sama ninja nih

      Dah paten kok. Motor power gede bakalan di pegang suzuki sama kawak, motor aksel yahud di pegang honda, motor boros dan rewel di pegang yamaham itu faktanya

      • 36ps itu on the crank bro…
        rata2 pabrikan ngukurnya disana, jadi klaim pabrikan 36ps itu tidak salah karena memang benar ngukurnya dapet segitu.

  4. Jadi ingat tes nvl sama cebong, r15 sama cbr,,,,

    memang paling sahih kalau mau tes produk jangan menggunakan barang pinjaman dr vendor/atpm, bagusnya sih produk masalnya,,,,biar afdol,,,!!

    • emg knp dgn NVL dan CB 150 R om??? kan sdh prnh di ulas kalo torsi lbh bsr NVL?

  5. betul kata om Faiz
    power disunat harus ada kompensasi….
    YMI kalo ndak segera kasih solusi yg bikin adem penginden kloter awalnya…bisa2 bakal gak ada sesi kedua open inden……
    solusi adem yg ane mangsud bisa berbentuk REFUN 20% harga OTR…yakin bakal adem ane….xixixi

    Jadi inget helm hjc yg dikirim ke om leo kemaren….
    wkwkwkkkkk……SOGOKAN GAK MEMPAN……balikin aje om Leo……….wkwkkkkkkk

  6. Dari jawabannya itu berarti emang intinya unit test BERBEDA dari unit masspro, tapi kenapa pake ngeles “udah dari awal memang begitu?”.

  7. Ini tahun pertama loh,mtar tahun kedua bakalan lebih lemot

    Cuma kaget tahun pertama udah di sunat. Ngoahahah

  8. Saya sebagai indener no inden 1641 (calon pembeli yang sudah sangat serius) tentu sangat kecewa, saya yakin beli motor ini setelah penantian selama 4 tahun (semenjak jual vixion), karena dari klaim pabrikan yang tenaganya mencapai 35,54 HP dan setelah dites media otomotif juga 29 HP lebih yang diatas rivalnya. Apabila terjadi perbedaan antara versi tes dan versi masspro tentu buat saya ini pembohongan publik, dan jadi blunder besar YIMM sendiri (bunuh diri). Saya tidak mengerti kenapa pabrikan sebesar YIMM yang sudah 40 tahun di Indonesia bisa melakukan pembohongan publik secara nyata seperti ini. Saya harap ada klarifikasi yang jelas, dan tentunya pengetesan kembali R25 yang sudah di tangan konsumen.

    Saya tunggu sampai awal agustus, kalau memang tidak ada jawaban memuaskan dari YIMM saya (dan mungkin potensial buyer lain) tidak jadi membeli R25. Overprice & penipuan! Lebih baik saya beli Ninja 250 FI atau Z250 yang sudah pasti, harga masuk akal dengan kualitas impor.

    • ane bukan orang Yamaha tapi ada baiknya mari kita berpikir jernih. Tim otomotif biasanya ngedyno tidak hanya sekali tapi berkali2 dan nanti diambil hasil yang terbaik. Nah ada kemungkinan juga bahwa pas tim otomoti ngedyno, pernah dapat juga hasil segitu. Maka dari itu jangan terlalu kalap dulu bro.

      klaim pabrikan 35,54hp itu, diukur dari crankshaft. Ibarat sungai, itu masih di hulunya. Kalo dyno, biasanya itu di roda belakang alias sudah di hilirnya.

      lalu jangan hanya berpatokan dengan satu motor masspro saja yang dites tapi ada baiknya motor lain yang sama juga dites.

      Sebenarnya ada kemungkinan juga motor2 yang lain juga pada beda loooh hasilnya tapi hanya baru gempar sekarang saja karena pembelinya performance lover.

    • bner bgt om
      xixi
      super sekali kang

      nitip lapak kang
      yang mau kredit motor Honda,Yamaha dan Kawasaki bisa dimarih
      http://www.kaskus.co.id/profile/viewallclassified/6911796
      keunggulan kalau agan kredit/cash di ane
      – DP bisa pakai motor bekas
      – Syarat cuma KTP dan KK aj
      – Malam ane jemput data , pagi atau siang di survey , sore motor ud bisa agan ambil di delaer , PROSES MAKSIMAL 24 JAM ,!!

      makasih kang

  9. Haduh bener bener ni yamaha, gw dukung mati matian (walau cuma penunggang mx) eh malah ngencingin kepala dia,!!!

  10. Sebelum memperkeruh kondisi Dunia Persilatan, lebih baik Recall aja deh… Perbaiki dulu sesuai spek unit Testnya…

  11. Yzf**R25 power 36 PS** , tenaga terbesar dikelasnya**
    ..
    ..*
    ..
    ..*
    ..
    ..*

    **) khusus unit test ride. Unit sudah di overclock.

  12. Wajib bagi produsen agar menggunakan akal sehat dan berpikir positif berdasar pada keilmuan dalam membuat BROSUR sesuai dengan kondisi PRODUK atau sebaliknya, berbanding lurus dengan harga jual.
    Mempermalukan pengguna Brand/Merk adalah sebuah tindakan kontra produktif dan sangat hina.

    • Podo Kakean Cangkem,,, К̲̣̣̥ά̲̣̥Ĺό̲̣̣̣̥ Ъќ Minat Ndak Usah Beli….

      Pingin Speed Tinggi Tpi Minta Hrg Murah Opo yo enek…
      Indent R6 Itu Sudah Jelas Mau Ngebut dmn lo…paling juga buat pajangan

      KAKEAN CANGKEM…

      • Wakakakaka, ini bukan masalah pengen kencang tapi murah, tapi ini masalah kejujuran atas apa yang diberikan. Ngerti ora son….?

  13. Swing Arm patah + Klotok2 itu jauh lebih parah, tapi AHM bijak dgn cara silent recall, dan terbukti market masih aman

    Harusnya YIMM jujur aja walau pahit, pilih antara recall atau tarik semua brosur, leaflet ganti dgn yg lebih wajar

    Jangan sampe isu ini dimanfaatkan kawasaki yg berasa dapet amunisi gratis buat menghantam R25

    • mas bro…..
      swing arm patah + klotok2 ya itu seharusnya sudah wajib recall. Kenapa demikian? Karena itu membahayakan keselamatan biker penunggangnya.

      kalo tenaga beda dengan yang lain?Apa itu membahayakan biker ketika sedang berkendara? Tentunya tidak kan?Jadi kenapa musti di recall? It’s silly

        • Ane hanya ingin menyadarkan agar bila ada suatu info, haruslah dipikirkan secara jernih. Lalu diolah baik2 alias jangan asal telen saja. Bodohnya ente, nulis Yamaha malah jadi yahama.

          Coba dipikirkan baik2 dengan pikiran yang jernih.

  14. mau ngebut dimana?..ya di sirkuit sentul besar to..ehh jupi z fi nyatanya malah blm berani di sirkuit sentul besar..gigi 6 mau ngebut dimana..ya di sentul besar,tpi ko DNF..klaim power ps paling besar,tpi ko disunat..skutik retro zdh ketinggalan jaman,nyatax ikut jualan jga.. tes paling irit tpi motorx gk imbang,yg satu zdh seken,ehh punya dia sendiri masih baru.. bohong ko terus terusan to yam….

  15. slma ni, w trmasuk males denger cacian yg ditujuken pada Y. Pi stelah isu sunat itu berhembus, dan kalo mang bener ada sunatan massal r25, maaf. Pi w setuju ma cacian fbh. Kecewa euy. Kecewa thok, ra tuku. Wkwkwk.

  16. Ayo para indener R25 bikin petisi, minta tenaga di upgrade jadi 40hp on wheel! Wis kuciwa tenan iki… Jemb*t!

  17. Demi kuantitas kualitas hrus di korbankan produk yamaha kualitasnya emang menurun di sektor mesin kususnya………… kalo honda dsain jelek tp mesin tetap normal

  18. Setelah ane beli nvl ane jg heran kok boros sngat yak!!!!!! jangan2 mtor yang di pinjemin ke blogger itu udah di setel sana sini biar perfecto d mata konsumen AHM YIMM

  19. wong motornya kan masih baru pasti masih banyak friksi2 yg terjadi dmesin imbasnya putaran mesin pun g maksimal jika dbanding mesin yg udah lama dpakai dan menjalani serangkaian Test ride kyk unit sampelnya… Monggo dkunyah dulu

  20. kasian sama yang udah beli, udah bela belain beli motor lokal harga import, eh malah begini jadinya, semoga cepet kelar deh masalahnya

    • Gk kasian kok om

      Biarpun punya bro leo katanya disunat,tp tetep ɑ̤̥̈̊jª R25 masih teratas

      Apalagi r25 unggul disemua lini

      Yg kasian itu yg beli cbr om

      Ngoahahaahahahahaha

  21. Jozzzzzzzzz

    R25 emang jozzzzzzz

    Biarpun disunat tetep ɑ̤̥̈̊jª masih yg teratas powernya

    Untung bgt udah laku 4000an unit

    Bedha sm ahm yg susah payah jual cbr,butuh 4000bulan untuk laku segitu

    Ngoahahahahahahaha

    • untung banget lah, lagian yamaho cuman laku dimari doank…

      emang prodnya cuman fokus dimari… 😆

      emang cbr produk lokal ahm???

      #mikir….

  22. INGAT !!!!

    Bro leo itu kerja ϑ¡ management kawasaki

    N kawasaki ketar2 segment ini ϑ¡ embat sm yamaha

    Gk punya cara ℓαğĭ buat bendung R25

    Kita tunggu R25_nya mas taufik tmcblog saja nanti

    Biar plong semua

    Ngoahahahhahahahaha

  23. Ayo para fby,…bela tuh r 25 yang baru kena sunat,…ahahaha,…bukan masalah onthe kreng apa onthe wel,apalagi onthe L,….ini digembar gemborin 36 hp,…eh ternyata pake bintang****besar,…. Yg beli motor 50jetian itu rata” buru power,bukan cuman tampilan doang,…klo mau tampilan aja cukup byson,yang tampang rambo tenaga tata dado,…ngoahahhahaha,….bcbcbcbc sambil lempar lpg 3kg.

  24. kaya gak tau kelakuan YIMM aj gembar gembor ternyata gak on spek, masih mending kawasaki (mesin terbukti dan teruji pada kondisi sesuai spek pabrik)

  25. Om Leo penyemplak kawasaki 250 2cyl

    Kalo om Bie Hau, juragan Samudera Motor + knalpot, juga punya ninja 250i

    Jadi mereka memang punya unit R25 (bener2 konsumen), bukan kayak blogger2 yg dipinjemin R25 sm yimm lalu dibuat artikel

  26. Wow jawaban pak Abidin sich OK..tp ngga fair aja..setuju sama bro ipan harus nya sblm nya Ada info dong..2Hp lhoooo…kok baru Di bahas setelah distribusi dengan alasan…ah ngga bisa terima.. Liat 1 tahun jalan dulu Ada lg ngga nich yg mau dianulir lagi…teriakan hati calon konsumen..hehehe

  27. hehehe ,,alesan pabrikan karena reability dll,,, ya karena dulu versi test pabrikan maka pake spek yg tinggi, lagian klo versi test kan, klo ga ke pake tinggal di lebur jadi scrap. yg ada fakta dr di atas konsumen udah terbuai iklan..

  28. ya sebaiknya dikasih tau sejak awal biar tiada dusta diantara kita…

    lagian sih power gede2 mau dipake buat balab ya? hhi

  29. harusnya tabloid otomotif tdk ngetest milik pabrikan tiru tuh tabloid pulsa …. unit test beli bk pinjaman pabrikan

  30. Dah tak sampekan dr dulu yamaha loss poweer paling banyak dr crank ke wheelnya beda jauh ma honda…

  31. hi saya jg pengguna yamaha r25 ,, kemarin saya ada test dengan teman ninja 250 dengan memakai knalpot slip on,,, dan saya kondisi benar2 std…. ketika awal test gigi 1 dengan 3 yamaha menang sedikit,,, ketika gigi 4 keatas,, ninja 250 meyusul,,,, jadi di rpm atas yamaha r25 tidak nambah tenaga,,, alias ngempos,,, dan itu dilakukan 3 yamaha r25 yang berbeda dengan 4 ninja 250 dengan knalpot racing … ketika test dengan ninja berknalpot full system + pc5 itu dari awal start sudah menang ninja250 jauh,,,, tks

Tinggalkan Balasan