Yamaha YZF-R15 spek OMR YACR 2013 Racikan BRT tembus 19,5 HP dan Topspeed 146,9 KM/jam

57
883

pertamax7.com, yamaha YZf-r15 versi balap OMR YACR 2013 lalu tentu bikin geger karena laptimenya beda 6 detik dari OMR hodna CB150R kala itu, yang ternyata Yamaha YZF-R15 opreknya banyak juga

baca : Nih Spek Yamaha R15 di Yamaha Asean Cup Race 2013 ternyata oprek Cylinder Head, Camshaft dan klep bikin power melonjak

 YZF-R15-Asean-CUP-4.jpg

nah, kali ini lebih detail tentang ubahan serta hasil oprekan baik tenaga maupun tospeed…

baca di otomotifnet, secara gamblang dijelaskan ubahan-ubahan yamaha YZf-R15 build up India itu sehingga bisa kencang di sentul…sekaligus melengkapi artikel yang lalu biar lebih jelas.. apa saja yang di oprek

1.  yamaha YZF-R15 India

^ harga di Iu cuma Rp. 45 jutaan saja #cuma mbuahmu

2. ubahan di head cylinder

yakni camshaft yang di olah dengan durasi rahasia ala tuner balap, Penggunaan klep in 22 mm dan out 19 mm dengan seating klep berrylium yang mahal itu.., Throttle body di gerus aka di reamer menjadi 30,4 mm yang mulanya cuma 28 mm cmiiwcylinder head Yamaha R15 spek OMR by BRT 6

Partner
IRC
Honda
FDR

^ dijual untuk umum lho ini…

3. ECU Daytona

ECu Daytona R15

4. knalpot SMF ( sekarang namanya SAKURA… )

kanlpot Sakura Yamaha R15 spek OMR by BRT 8

5. Ban , saat OMR pakai FDR blaze, saat di test otomotifnet pakai IRC EXATO ( ban langka 😀 )

Yamaha R15 spek OMR by BRT 3

6. cakram depan yang lebih lebar dipadu selang rem branded merk braided , harganya juga sudah bikin lemes..

YZF-R15-Asean-CUP-3.jpg

hasilnya???

diklaim oleh prof tomy huang kalau power di roda melonjak dari versi std yang 12,5 menjadi 19,5 Hp alias kenaikan 7 Hp di ban ( dynotest belum tahu dimana, tapi… tahu kan BRT punya dyno sendiri, hehehehe )

review tester..

dengan ecu racing plus ubahan lain.., 12.000 rpm gampang dikail,, ajib… dengan catatan, mapping ecu yang berubah menjadi kurva rpm tinggi membuat rpm bawah sampai menangan rasanya hambar, naik saat 800 keatas melesat bagai kilat :mrgreen: , teknik balapnya yakni main dari 8000 sampai 12.000 an, saat 12000 rpm itulah pindah gigi, woh ..

penggunaan kurva tinggi ini juga ada pertimbangganya, yakni agar power di gigi 5 apalagi di gigi 6 terasa tetap ngisi sehingga topspeed dapat teraih sempurna….

mengenai handling, ciamik khas yamaha wis….. kaki-kaki sudah mumpuni ya tinggal masalah ban dan upgrade rem depan seperti spek diatas..

hasil test sirkuit dengan spek tester otomotif : 173 cm 65 kg

R15 Standar

R15 oprek OMR

0-60 km/j 4,5 detik 3,3 detik
0-80 km/j 7,6 detik 5,6 detik
0-100 km/j 12,8 detik 8,8 detik
0-100 m 7,4 detik 6,7 detik
0-201 m 11,5 detik 10,4 detik
0-402 m 18,5 detik 16,6 detik
Top speed spido 133 km/j 146,9 km/j*
Top speed Racelogic 126,6 km/j 139,9 km/j

* hasil tospeed 146,9 km/jam on speedometer adalah perkiraan karena speedometer R15 spek balap tidak berfungsi lantaran kabel sensor speedometer diputus, harap maklum motor balap. Perkiraan tospeed ini mengacu pada deviasi speedometer R15 std yang tembus 5 % ( speedometer 133 km/jam, racelogic 126,6 km/jam ) dengan asumsi 5 % ini kalau R15 versi balap tembus 139,9 km/jam on racelogic, maka di speedometer setara 146,9 km/jam, josss wis..

last, pengen yamaha R15 mu jadi seperti ini? siapkan duit buanyak 😀 bahan bakar oktan tinggi, oli racing, dll racing pokoke,, dan yang jelas, di test di SIRKUIT racing… ok..

semoga berguna

57 KOMENTAR

  1. Ini motor sport apa motor banci? Sama vixion karbu aja jauh powernya, apa lagi vixion full racing

    Ga malu nih. Mesin 6 speed identik dengan pigson. Tapimpowernya memble?

    Pantes di irs kena kampleng kompetitor mulu

    • itu oprekan baru 60% bro….
      beda tim dan beda tangan yang ngoprek antara di IRS dan di OMR.
      data kok mentah2 diterima tanpa diolah dahulu, hasilnya ya ente bakalan dapet info sampah

  2. Jangan Lupa :
    Kalau membeli motor / kendaraan baru (Khusus Cash) minta harga OFF THE ROAD saja, jangan mau / tolak bila dikasih harga On The Road.
    Karena tidak ada kewajiban konsumen membeli kendaraam On The Road.
    Bila Main dealer atau Dealer ybs menolak agar diadukan kepada Produsen kendaraan tsb.
    Karena tidak ada instruksi produsen kepada Main Dealer dan Dealer untuk menjual On The Road.
    Pengurusan dan pembuatan BPKB dan STNK di Samsat kepolisian sangat mudah sekali, dalam waktu 3 – 5 hari BPKB dan STNK sudah jadi.
    Dan yang pasti harga kendaraan dapat dihemat antara Rp 500,000 – Rp 1,000,000.
    Ayo kesadaraan konsumen harus di perkuat !!! IMHO.

  3. cm segitu ?? masak kalah sm new megapro karbu yg oprekan di web ini :
    m.motorplus-online.com/m_read/_KyNNzMkGnLkTHtPz5PX6DSWeOuJ0hNBgdwpezOulUc/1/0/Upgrade-Performa-Honda-New-Mega-Pro-Terbukti-Bisa-Naik-7-hp-Tanpa-Bore-Up
    dan masak powernya jg kalah sm old vixion karbu ??

    • itu oprekan baru 60% bro….
      beda tim dan beda tangan yang ngoprek antara di IRS dan di OMR.
      data kok mentah2 diterima tanpa diolah dahulu, hasilnya ya ente bakalan dapet info sampah. efeknya ente jadi terlihat bodoh.

      Beda mesin dyno beda hasil dan biasanya kalo hasil dynonya kecil, itu ngedynonya di BRT. lah wong sing riset BRT dan mereka punya mesinnya, ngapa musti ke tempat lain?

  4. dari pada beli r15 dan harus oprek sana sini biar dpt power bagus dgn spek diatas. dan dengan biaya yang banyak ya mending r25 aja sekalian, r15 mau di oprek ekstrim pun powernya nggk akan mlebihi r25 std..

  5. Entah emang dasarnya bodoh atau memang sengaja terlihat bodoh ya.
    Beda mesin dyno maka akan beda hasil dynonya.
    BRT terkenal dengan “pelit”nya memberikan hasil dyno, di BRT cuma 19,5dk, ditempat laen bisa di atas itu.

    Ada data jangan cuma ditelen mentah2, olah dulu sampai matang. Kalo langsung telen ya berarti menunjukkan betapa bodohnya ente.

    Ini bukan buat Si Ipan ya tapi buat orang2 yang terlihat jelas kebodohannya, kecuali yang bikin joke.

    • udh liat linknya blm om ?? dan emg lo tau dari mana r15 diatas baru di oprek 60% ?? ” yakni camshaft yang di olah dengan
      durasi rahasia ala tuner balap,
      Penggunaan klep in 22 mm dan out 19 mm dengan seating klep
      berrylium yang mahal itu.., Throttle body di gerus aka di reamer menjadi 30,4 mm yang mulanya cuma 28 mm cmiiw ” liat kata2 dan artikel di atas om ubahannya pakek barang mahal semua, di tuner balap lg.. knalpotnya pun pake sakura yang lbh mhal d bndg r9, head cylindernya pun di ubah, sedgkan new megapro yg ane sebut cuma pekek knalpot r9, cdi brt, venturi karbu juga te2p 28 mm (bndgkn dgn r15 diatas berapa tuh venturi TBnya), klepnya pun msh std pabrik (bndgkn dgn r15 di atas pakek klep mahal tuh), pakek seher 58, sekian mm dan penyesuaian derajat pengapian riset new megapronya jg bukn buat balap, (bndgkn dg r15 di atas yg diriset buat blap) r15 diataspun jg masih banyak ubahan yg di sembunyikan buat dongkrak powernya,.. new megapronya jg di riset sm BRT, test dynonya jg pakek mesin dyno BRT (lihat r15 di atas, siapa yg nge riset, dan test dynonya dimana ??).. dah lah om nggk ush fanatik merk, trima kenyataan, kalau kalah ya bilang kalah kalau menang ya bilang menang.. jgn sampe ngotot gt belainnya.. SANTAI AE COY..

  6. Setahu ane oprekan r15 cuman menang sekali doang sama si cebong deh, itupun cebong cuman pake piggyback sama knalpot racing doang, nggak ada ubahan mesin. Habis itu di seri ira 1&2 r15 posisi buncit terus.

  7. Emang sepelit2 nya mesin dyno, beda berapa ratus dk sih, kalo dyno versi brt 19,5 dk, berarti di tempat lain bisa terukur 100 dk gitu, harap maklum lah saya bodohnya minta ampuun.
    Persis seperti mesin dyno banyu wangi motor di surabaya, terkenal pelit juga, cuman gak banyak hanya beda 1 sampai 2 dk ( saya sengaja gak make hitungan margin kesalahan prosentase, entar di kira quick count, dan lagi saya memang bodoh, jadi gak ngerti begituan ). Jadi produk oprekan bengkel di surabaya , seperti RAT atau HKU, kalo di banding di tempat lain mungkin terkesan biasa saja.
    Kalo fu RAT bisa mencapai 24 dk , mungkin kalo naik meja dyno brt hanya 2 dk kali yaa,
    Maklum orang bodoh, pertanyaan nya gak mutu.

    • kata siapa banyuwangi motor pelit.. selisihnya dengan mesin yang sama di Bandung sampai 5 dk.. g usah jauh2 motor2 yang heboh 30 hp didyno situ di jakarta didyno melorot ampe 5 hp.. pernah tiger ngaku 23 hp.. ke bandung cm 18 hp ownerna protes ama mekanikna.. operator malah yang kena protes jg

      • Nah binunrider orang yang cerdas nih.
        Sebenarnya permasalahan disini adalah masalah kalibrasi dari mesin dyno. beda mesin dyno tentunya akan beda kalibrasinya, Sejatinya, hasil dyno ditempat umum akan lebih kecil daripada hasil dyno klaim pabrikan karena klaim pabrikan itu berdasarkan on crankshaft dan bukan on the wheel.

        Makanya kalo mau komparasiin tenaga motor lebih baik dalam satu mesin dyno.

        Kemudian mengenai hasil tenaga setelah oprekan, sebenarnya sih tinggal tergantung mau jor2an atau ngganya. Paling gampang contohnya pada noken as karena noken as merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan tenaga mesin 4tak. Walaupun sama2 racing tapi bisa beda tenaganya, misalnya noken as A pakai durasi 260 derajat dengan tinggi lift 7mm tentunya tenaganya akan berbeda dengan noken as B yang pakai durasi 280 derajat dengan tinggi lift 9mm.

        Lalu jangan terlalu terpaku dengan kata “motor anu masih mengandalkan part standar”. Ane contohkan pada CBR150R. Klep standarnya saja sudah berukuran 24mm tuk in dan 22mm untuk outnya (Ukuran klepnya setara 34mm untuk in dan 31mm tuk out pada klep yang cuma 2 batang). Ukuran throttle bodynya saja sudah 30mm. Ini aja kita belum ngomongin soal kemampuan injectornya.

  8. udh liat linknya blm om ?? dan emg lo tau dari mana r15 diatas baru di oprek 60% ?? ” yakni camshaft yang di olah dengan
    durasi rahasia ala tuner balap,
    Penggunaan klep in 22 mm dan out 19 mm dengan seating klep
    berrylium yang mahal itu.., Throttle body di gerus aka di reamer menjadi 30,4 mm yang mulanya cuma 28 mm cmiiw ” liat kata2 dan artikel di atas om ubahannya pakek barang mahal semua, di tuner balap lg.. knalpotnya pun pake sakura yang lbh mhal d bndg r9, head cylindernya pun di ubah, sedgkan new megapro yg ane sebut cuma pekek knalpot r9, cdi brt, venturi karbu juga te2p 28 mm (bndgkn dgn r15 diatas berapa tuh venturi TBnya), klepnya pun msh std pabrik (bndgkn dgn r15 di atas pakek klep mahal tuh), pakek seher 58, sekian mm dan penyesuaian derajat pengapian riset new megapronya jg bukn buat balap, (bndgkn dg r15 di atas yg diriset buat blap) r15 diataspun jg masih banyak ubahan yg di sembunyikan buat dongkrak powernya,.. new megapronya jg di riset sm BRT, test dynonya jg pakek mesin dyno BRT (lihat r15 di atas, siapa yg nge riset, dan test dynonya dimana ??).. dah lah om nggk ush fanatik merk, trima kenyataan, kalau kalah ya bilang kalah kalau menang ya bilang menang.. jgn sampe ngotot gt belainnya.. SANTAI AE COY..

  9. Ternyata modifnya buanyak part mahal pula ,,
    Weleh weleh menggiurkan , cbr old garapan ringan tes dyno di brt juga

    motor.otomotifnet.com/read/2010/05/13/10428/207/27/Upgrade-Performa-Honda-CBR-150R-Sentuhan-Ringan-Naik-43-DK

    Belum ganti noken as msh stdr , belum gedein klep , belum naikin kompresi , material mesin bukan diasil dan forged yg minim friksi , siting klep bukan becu super mahal , karbu hnya pke pe diameter 28 bkan 30 mm , cdi fixed bukan programble dll sudah naik 18,7 hp dyno brt belum lg putaran mesin bisa di geber 14 rb rpm , pantesan cbr old bms di irs sentul besar lap time juoss bisa obrak abrik satria fu yg garapan pabrik , itupun menurut media cbr yg digarap bms belum apa apa msi bisa di mksimalkn lagi area karbu dan klep hehe

  10. dasar ya orang indonesia
    beda pilihan presiden ribut
    beda motor ribut
    beda suku ribut
    beda agama ribut
    beda kelamin TEGANG.

    sng pnting ojo jotos kotosan yo.

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.