Astra Motor Jogja Gelar Kompetisi Safety Riding

24
211

*Astra Motor Jogja Gelar Kompetisi Safety Riding*

 Astra Motor Jogja Gelar Kompetisi Safety Riding 2

Foto 1 – Persiapan dan pencatatan data peserta di start frame Slalom Pylon

Yogyakarta – Menyongsong kuartal kedua tahun 2014, Astra Motor Jogja selaku Main Dealer sepeda motor Honda wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas menggelar kompetisi safety riding bertajuk “4th Regional Community Safety Riding Advisor Competition”. Kompetisi ini dilaksanakan sebagai sebuah manifestasi komitmen Honda dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara di jalan raya.

*4th Regional Community Safety Riding Advisor Competition* digelar pada tanggal 12 April 2014 di Area Parkir Stadion Maguwoharjo Sleman – Yogyakarta. Kompetisi yang digelar khusus untuk anggota komunitas- omunitas motor Honda ini diikuti oleh puluhan peserta yang merupakan duta dari komunitas-komunitas motor Honda yang bernaung di bawah Paguyuban Motor Honda Yogyakarta (PMHY). Melalui tiga proses penilaian, peserta kompetisi ini akan diuji dan diukur kemampuannya dalam mengendarai sepeda motor dengan aman baik bagi diri sendiri ataupun bagi orang lain yang ada di sekitarnya.

Sebelum kompetisi ini digelar anggota komunitas-komunitas motor Honda yang tergabung dalam PMHY sudah berulangkali mengikuti pelatihan safety riding yang diadakan oleh Astra Motor Jogja ataupun pelatihan-pelatihan mandiri yang dilaksanakan oleh masing-masing komunitas secara terpisah. Melalui pelatihan-pelatihan tersebut anggota komunitas motor Honda diajak untuk lebih mengenal aspek-aspek keselamatan berkendara, sikap dan perilaku yang harus diperhatikan saat berkendara di jalan raya, hingga teknik-teknik mengendarai sepeda motor yang aman bagi diri sendiri ataupun orang lain. Untuk menghadapi kompetisi safety riding, dalam pelatihan tersebut diperkenalkan pula jenis-jenis kategori penilaian yang digunakan dalam kompetisi di berbagai jenjang. Kategori-kategori penilaian tersebut antara lain meliputi *narrow plank*, *slalom pylon*, *breaking*, dan *slalom course*.

 Astra Motor Jogja Gelar Kompetisi Safety Riding 1

Foto 2 – Salah satu peserta kompetisi menerima penjelasan dari juri serta diberi kesempatan untuk pengenalan rute pada start frame Slalom Course

Sama seperti tahun 2013, dalam kompetisi safety riding tingkat regional Yogyakarta tahun 2014 unit sepeda motor yang digunakan adalah Honda CB150R Streetfire. Sepeda motor sport yang dibekali dengan mesin DOHC berkapasitas 150 cc terbukti sangat responsif dan memiliki kemampuan akselerasi yang baik. Kombinasi fitur *truss frame* (trellis) dan sistem lengan ayun suspensi tunggal tipe Pro-Link yang dimiliki oleh Honda CB150R Streetfire
membuat sepeda motor tersebut sangat nyaman, stabil, dan lincah saat  igunakan untuk manuver. Sehingga kolaborasi antara anggota komunitas motor
Honda yang cukup terlatih dengan sepeda motor yang memiliki performa yang
baik dapat mencapai hasil yang optimal dalam kompetisi ini.

Melalui tiga kategori penilaian yaitu *narrow plank*, *slalom pylon*,
dan *slalom course* terpilih lima anggota komunitas motor Honda yang berhak untuk mengikuti pelatihan lanjutan tingkat regional sebelum dipilih dua orang yang mewakili Astra Motor Jogja dalam kompetisi safety riding tingkat nasional. Juara 1 dalam *4th Regional Community Safety Riding Advisor Competition* diraih oleh Rifqi Luhur Magfuri dari Supra Mania Ngayogyokarto (SUMANTO) ; Juara 2 atas nama Arif Setyo Widodo dari Jogja Blade Community (JBC) ; Juara 3 atas nama Shandy Andrian dari Ikatan Motor Tiger Yogyakarta (IMTY) ; Juara 4 atas nama Muhammad Bil Haidar dari Djogjakarta Riders Association of City Sport One (DRACS) ; dan juara 5 atas nama Nurulkhakim Catur Fitri Yuono dari Jogja Blade Community (JBC). Dengan hasil tersebut, komunitas Supra Mania Ngayogyokarto (SUMANTO) juga mengukuhkan diri sebagai komunitas motor Honda di Yogyakarta dengan sistem kaderisasi dan pelatihan safety riding advisor terbaik. Dalam empat tahun berjalannya kompetisi safety riding di Yogyakarta, perwakilan dari komunitas SUMANTO selalu menempati peringkat-peringkat terbaik di setiap tahunnya.

Partner
IRC
Honda
FDR

 Astra Motor Jogja Gelar Kompetisi Safety Riding 3

Foto 3 – Honda CB150R Streetfire terbukti nyaman dan mudah digunakan untuk melakukan manuver keluar masuk tikungan

Rangkaian pelatihan dan kompetisi safety riding untuk anggota komunitas motor Honda merupakan sebuah agenda tahunan yang disusun secara berjenjang.
Pelatihan dan kompetisi ini digelar mulai dari tingkat regional / kota, tingkat nasional, hingga tingkat internasional yang setiap tahunnya diselenggarakan di Jepang. Melalui sistem yang berjenjang diharapkan kesadaran anggota komunitas motor Honda terhadap sikap, perilaku, dan ketrampilan teknis berkendara yang aman semakin baik. Semoga dengan usaha simultan yang dilakukan oleh Honda dan didukung oleh berbagai pihak visi terwujudnya *Safety Indonesia* akan segera tercapai.

Yogyakarta, 12 April 2014

Public Relations

PT Astra International Tbk – Honda


press release dikirim oleh mas Didha AHM Jombor Yogyakarta 13 April 2014 pukul 13.16,

semoga bermanfaat

24 KOMENTAR

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.