Pertama Kali Makan Kebab Turki, sesuatu gan …..

pertamax7.com kaget ketika artikel kuliner ternyata memilliki pembaca tersendiri.. sudah lama absen makan-makan dan kalau jdawalnya malam senin artikel kuliner keluar tidak muncul, eh ditagih…… xiixixx… ok..

pertamax7.com 014

artikel ini tercetus kala ane jalan-jalan ke ponorogo, yaps, obat pening om,, habis pajak 2 motor bareng,, honda beat sama megison pajak bareng,,, mumet…. nah ane putuskan untuk riding ria ke ponorogo, niatnya sih ane mau silaturahmi ke rumahnya pak amama ali pengasuh roda2blog..ke ponorogo jawa timur setara dengan 60 km dari rumah,, atau 1,5 jam an lah…( terasa kencang sebab jalan wonogiri ke ponorogo relatif sepi, kalaupun ada musuhnya ya BUS AKAP ), dan saat tiba kejawa timur, terasanya kejomplangan jalan jawa tengah dan jawa timur, miris…

sampai di ponorogo nitnya sih mau ke rumah pak ali , namun beliau tidak bisa dikarenakan mau ke madiun, yow wis, ane pun muter2 ponorogo ( bilang aja TERSESAT alias keblasukk,,, nasip2… iki pie iki )… trus ane pun mau mampir ke es dawet ( karena haus banget gan ).. lah baru parkir ane buka hape, ternyata pak ali OTW ponorogo, wkwkkwkw, jadi kopdar berarti,…

beberapa menit kemudian pak ali sms dan miskol ane berulang kali, jebul lokasi kopdar pindah dari kediaman pak ali ke swalayan ( mall ) di ponorogo, namanya LUWES.. lagi lagi pertamax7.com tersesat, kesasar entah kemana,,,, dan tanya om2 yang ago paking barang dimotor dan nemu dah lokasi pastinya… gass wissss, ( ternyata mall luwes memang rada ngumpet lokasinya..)

dengan pakaian ala bikers ane masuk ke mall, jaketan, dan knee protector,,, ane nggak sadar masih pakai safety gear, wwwwkkwkw, keluar mall lagi dan nyopot jaket dan knee protector… ( dilihatin pak satpam,, karena ane full gear cuma helm dan gloves yang dicopot, terlebih bawa ransel segeda gaban wkwkw )

setelah masuk ane disuruh pak ali untuk menuju restoran, ok pertamax7.com muter2, lah restorane mana… muter terus, ok dah daripada capek ane duduk di meja yang disekitarnya ada orang ngemeal,, restorannya mana pikir ane…. buka android lenovo… main catur dah, mengingat didalam mall ini sinyal tere nggak masuk… nggak bisa pesbukan dah… sekitaran 15 menit ane kalah2 melulu main catur, eh ada pak ali datang,, ternyata pak ali sedang belanja di mall ini sama putra-putranya… dan pak ali tanya makan apa, ane sih bebas,.. dan setelah itu ada minuman datang entah darimana

dan kemudian ada makanan baru nih ( suer ane kira roti ini, bentuknya kek gitu je bungkusnya. )

Kebab Turki Pertamax7.com di ponorogo  2

namanya kebab turki.. apa itu kebab? pertamax7.com jujur saja belum nemu istilah yang pas untuh arti dari kebab itu sendiri, apalagi kebab turki..cek wikipedia..

Kebab (kebap, kabab, kebob, kabob, kibob, kebhav, atau kephav) adalah sebutan untuk berbagai hidangan daging panggang/bakar yang ditusuk memakai tusukan atau batang besi. Hidangan ini umum dijumpai dalam masakan Laut Tengah, masakan Kaukasus, masakan Asia Tengah, masakan Asia Selatan, dan masakan beberapa negara Afrika.

Etimologi
Nama kebab berasal dari bahasa Arab: kabab (کباب) yang awalnya berarti daging goreng, bukan daging panggang/bakar.[1] Kata kabab kemungkinan berasal dari bahasa Aram: כבבא kabbābā yang mungkin berasal dari bahasa Akkadia: kabābu yang berarti “bakar, panggang”.[2] Pada abad ke-14, kebab menjadi sinonim dengan tabahajah, hidangan berupa potongan daging goreng dalam bahasa Persia. Dalam buku-buku berbahasa Turki, istilah kebab sering dipakai untuk bola-bola daging yang dibuat dari daging ayam atau daging domba cincang. [3][4][5]. Istilah kebab baru berarti hidangan daging panggang (shish kebab) sejak zaman Kesultanan Utsmaniyah, namun masih ada istilah lain yang lebih kuno untuk daging panggang, yakni shiwa` (شواء ) asal bahasa Arab. Walaupun demikian, kebab masih dipakai dalam pengertian aslinya dalam berbagai hidangan seperti semur, misalnya tas kebab (kebab dalam mangkuk) dari Turki. Dalam masakan Mesir ada hidangan semur daging sapi dan bawang bombay yang disebut kebab halla.

id.wikipedia.org/wiki/Kebab

posisi tegak bagian muka bungkus kebab turki ini

Kebab Turki Pertamax7.com di ponorogo  4

bagian belakang

Kebab Turki Pertamax7.com di ponorogo  6

bagimana rasanya? next episode saja yak,,, mengingat sudah panjang artikelnya… yang jelas rasanya sesuatu.. nh fotonya..

Kebab Turki Pertamax7.com di ponorogo  14

artikel ini di sponsori oleh pak ali roda2blog.com

_bersambung


artikel makan pertama kali


 

semoga berguna

51 KOMENTAR

  1. terasanya kejomplangan jalan jawa tengah dan jawa timur, miris…
    ———————————————————————————————
    maksute piye iki? aku ratau liwat kidul jeh (biasa cemoro sewu) :mrgreen:

  2. opooooooo iki…???? kuliner e mbok ya sik maknyos d bahas ….koyo sate landak opo biawak, tongseng ulo tw kae pan …yen ga rica mendo balap ….mandar kebab …..opo kui ????

  3. udah pernah makan di “warteg bahari” blom gan 😀 franchise nya udah nyebar keseluruh indonesia nyaingin “restoran sederhana” :mrgreen:

Apa Komentar Pemirsa ?