Sosialiasasi Surat Tilang, Slip Merah Atau Slip Biru ?

pertamax7.com, menshare kembali sebuah Info Singkat manakala pemirsa kenal tilang razia lalu lintas..

razia lalu lintas

menshare kembali info dari akun facebooknya Divisi humas Mabes polr sebagaimana berikut :

Divisi Humas Mabes Polri :

Sosialiasasi Surat Tilang :
Di Indonesia, terdapat lima warna slip tilang yang berlaku, yaitu merah, biru, hijau, kuning, dan putih. Fungsinya pun berbeda-beda, yaitu:

1. Merah : Diberikan kepada pelanggar/terdakwa yang ingin menghadiri sidang;

SLIP MERAH
2. Biru : Diberikan kepada pelanggar/terdakwa yang menitipkan di bank yang ditunjuk;

slip-biru
3. Hijau : Diberikan kepada pengadilan;
4. Kuning Diberikan kepada anggota kepolisian;
5. Putih : Diberikan kepada kejaksaan.


Jika kita melanggar peraturan lalu lintas dan ditilang oleh pihak kepolisian, ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu:
1. Mengakui kesalahan, kita akan diberi slip biru dan diwajibkan membayar denda maksimal (deposit denda) di bank BRI yang ditunjuk. Setelah mengikuti proses sidang, sisa denda yang telah didepositkan di Bank akan dikembalikan dengan menunjukkan bukti hasil sidang.
2. Mengikuti sidang, kita akan diberi slip merah.
Semua denda akan masuk ke kas negara. Pungutan liar diluar ketentuan berlaku tidak diperkenankan. Pembayaran denda dapat dilakukan melalui Bank BRI yang ditunjuk. Setelah proses sidang selesai, anda kita bisa mendapatkan kembali SIM/STNK yang disita di kantor Satlantas dimana anda di tilang.


Tips:
1.Baca dengan seksama alamat Bank yang ditunjuk untuk menyetor denda bila anda mengambil slip biru.
2. Baca dengan seksama lokasi pengadilan dimana anda akan menjalani sidang.
3. Baca dengan seksama alamat satlantas dimana anda akan mengambil STNK dan SIM yang disita oleh Petugas (tanya langsung dengan petugasnya agar lebih jelas).
Demikian semoga bermanfaat.


meskipun ribet, ane sendiri lebih enak slip merah, selain tidak perlu membayar denda maksimal ( pas ndak bawa duit ), kemudian ada kalanya pak polisi rada susah mengeluarkan slip warna biru, meskipun kelemahan slip tilang warna merah ini kudu ikut sidang yang biasanya dilakukan 2 minggu pasca kena tilang… rada ribet tatkala yaang nguantri buanyakkk…. namun nampaknya nggak seribet nunggu duit balik dari negara karena denda ilang dibawah denda maksimal di slip biru, cmiiw

ada yang sudah pernag slip biru ini?

NB: semua foto dari mbak google

semoga berguna

85 KOMENTAR

  1. tul….. lebih enak warna merah….. yang lama itu memulai sidangnya…. setelah sidangnya dimulai pelaksaan sidangnya tidak lama kok…..pembacaan kesalahan langsung denda ketok palu… bayar denda… ambil barang sita… selesai..

  2. kponakan pernah dtilang,tp yg pertamax ditanyain bukan surat2 kndaraan,tp malah “bawa uang gak dek??”
    nah loh,gmn tuh polisinya..

  3. ane ketilang kemaren. huhuhu
    iseng ambil slip biru, eh buju boneng mahil aamat, padahal g punya uang. T.T
    yaudah g bayar di bank, tp ttep ikut sidang dg bantuan tetangga deh besok tgl 4 maret.
    doain g habis banyak 🙂

    • Iya kalo area sendiri, tau pasti marka/rambu lalu lintas nya. Kalo area yg baru/jarang dikunjungi, nah tuh resiko kena tilang deh.

  4. Gak pernah ditilang karena selalu patuhi aturan (atau di maafkan oleh pak polisi karena pelanggarannya gak berat dan ngomongnya sopan santun)….

  5. dulu pernah ambil slip merah tp ko beda ya sama penjelasan diatas..jd pas ikut sidang hakim baca pasal kesalahan n denda brp lgsg ketok palu, bayar di loket terus dpt slip nah slip ini dituker ama sim dan nukernya ya masih di kantor pengadilan gak di kntor polisi.

    malah ada yg cerita ky di blog kebo putih tu malah milih slip biru jd gak make sidang sgala, bayar ke atm BRI trus lgsg aja tukerin simnya ke kntor pulisi tmpt dmn ditilang.

    kalo gni makin pusing harus pilih yg mana..pilih damai saja lah 20rb..haha

  6. Pernah ketilang 2x gara gara masuk jalur searah,terus gara gara stnk mati,tapi damai di tempat.kebanyakan masyarakat belum tahu soal slip merah slip biru,tahunya paling sidang ato bayar ditempat..

  7. Om pertamax, tlg sampekan ke fb humas polri, kenyataannya di lapangan slip biru selalu dibilang tdk berlaku. Kalo kasi info ato aturan tlg aturin dl anak buahnya.

  8. terakhir gw kena tilang 2 tahun yang lalu kalo ga salah pas puter balik taunya dilarang puter balik. rambunya mau jatoh coy makanya ga keliatan..eh plokisnya sembunyi baru nyegat

  9. ah kadang yg pertama di tanya polisi mau sidang di tempat apa di pengadilan ??? lagi2 wani piro..

  10. Pengalaman slip merah: datang ke pengadilan tapi ga disidang
    Lah gimana ga disidang, datang langsung ambil nomer antrian, kasihin surat tilang, hakim langsung ketok palu sambil nyebutin denda (yang ditilang sama sekali ga dikasih kesempatan buat ngomong), bayar denda sekaligus ambil SIM. Ngantrinya lama, cuma proses dari ambil nomer sampe ambil SIM skitar stengah jam.

  11. sbnrnya ini peraturan yg kocak, orang ngaku salah mala dikasi denda max. Ap karena kl ngaku salah dan byr resmi ga masuk kantong pribadi jadi dibikin rule spt ini?

  12. He he he he.
    ..wani piro
    …damai.
    aman lancar….
    ora ribet….
    ora nyita waktu sibuk…..
    bah bah….suap2 yo ben perkoro duit seket rong eket…
    Ora rugi jua negarane…yo ora bos….

  13. pernah minta tilang slip merah.. penasaran pengen sidang. pas hari H sidang nama ane kagak ada dijadwal sidang.. dari belakan ada yang bisikin.”namanya ga ada ya mas? sini ikut saya” ane ikutin tuh orang masuk ruangan ada ibu2 dengan setumpuk sim ma stnk di mejanya. ane kasih surat tilang. ketemu tuh sim ane di tumpukan..langsung si ibu bilang 75rb!!! hasyyyyyuuuuuu.. niat benerikut aturan masih dikadalin jg

  14. Udah pernah semua.. Slip Merah udah…Slip biru udah… Malah yg slip biru ga’ da nominal uangnya dan bayar di bank mana, akhirnya ikut sidang jga…pernah jga slip biru itu bayar di bank trus ambil sim nya di tempat kita ditilang…

      • minimal 100 rb,, (itu klo cuman masalah lampu)
        kalau helm 250 rb -_-

        mending slip merah
        (kecuali waktu ditilang polisinya mau nerima duit dibawah 50rb, lebih hemat “atur damai” bro)

  15. ambil terserah bisa kok. aku sering ambil 1 minggu atau bahkan 1 bulan setelah sidang. g ngantri kok, terus ngambilnya ke pengadilan tersebut, namun adakalanya sudah dilimpahkan ke kejaksaan setempat (biasanya setelah 3 hari dari sidang
    .

  16. saya di denda belum lama, itu juga gara2 ada razia mendadak, udah waktu itu saya gak bawa sim, stnk dll beserta dompetnya haha, lalu polisi itu menerangkan denda maksimal yang ada dalam keterangan, sekitar 750 kalo ditotal, belum yang boncengan tidak memakai helm, tp karena saya bilang ga ada duit karena saya mahasiswa juga yang tinggal di daerah lain ya walaupun polisi itu ngotot dan hampir menuliskan pada slip merah akhirnya saya diberikan slip biru, dan di slip biru itu saya didenda 100rb haha dan itupun bayar di tempat tidak lewat bank, saya juga tidak paham. lalu polisi itu minta ttd saya di slip biru terus langsung dikasih kunci motor saya, bingung juga haha.

  17. cuman nabrak marka sedikit, . dikasih slip merah, . langsung dibayar ke polisi, . karena ketilang di luar kota mau gimana lg, .
    semoga isnyaf dan di beri hidayah deh polisinya, . 🙂

  18. kapan bisa nilang polisi yah,,,,,,, ntar ah kalo dia bangun da ri tidurnya,,, kan ada istilah polisi tidur

  19. khusus buat polisi lantas yang mata duitan. terutama yang sering razia di Daerah panjang lampung selatan. tolong jangan berani merubah peraturan yang berlaku. sejak kapan slip warna biru tidak berlaku. hanya demi uang 100rb polisi lebih memilih adu mulut. tolong buat atasannya tolong di tegasi anak buahnya yang sering berjemur di pinggir jalan sambil menghirup polusi atau yang jaga/razia malam yang kedingin tolong lebih di tegasi lagi supaya tidak memeras. lebih hina pekerjaan memeras di banding mengemis. maaf sebelumnya ini khusus oknum yang mata duitan

    • Iy tu ms basid..
      polisi lmpung sltan atau rja bsa
      sy tiap plg ke lmpung sllu kena tilang gila kan…
      parah tu emng oknum polisi kere

  20. Ane pernah sekali gan kena tilang, lagi apes nyerobot lapu merah gara2 belakang ane klakson2, ane kira udah hijau, pada jalan semua ane ngikut jalan dah.. cuma ane yg ditangkep. untung aja tu polis mau dikasih SIM kebetulan ane punya dua SIM C, udah 5tahun dari sekarang ngak tau deh gimana nasib SIM tu sekarang. ane sempet takut waktu perpanjang SIM ane kira diblacklis ternyata lancar jaya..

  21. saya minta slip yg biru tapi polisinya malah ceklist yang 500rb..padahal surat lenghkap..dan saya minta penjelasannya malah di cuekin..polisi kok gitu ya??? seharunya lebih bijak kepada orang awam seperti saya ini -_- *Curhat
    ada yang pernah seperti saya??

    • Sya lg ngalamin
      beda ny polisi ini gx contreng sma skli slip ny denda brp ny..
      aneh ya
      Krn srat sy lengkap tdk mlnggar prturan rambu”..
      Cm krn mmbwa 1 krdus doank di blkng alsan ny sy hrs pke penopang
      ne bsok sy sidang
      doa kan ya

  22. sore tdi ane ketilang,
    gak ada kesalahan apapun, ane ketilang gra2 sim c sya mati bru 6hari..
    eh si dia ngotot ngomong,
    mau byar dsni 50rb ato sidang?!
    ane lbih milih sidang dri pda ane hrus bayar dimuka 50rb hnya untk makan perut.a sndri.
    ya meski stnk ane kesita. sidang.a senin minggu dpan ini.
    ane mau nanya,
    rencana.a ane bsok pg mau mmperpnjang sim.
    lalu kira2 di persidangan ane hrus byar ga ya?
    kan sim sya dah hdup lgi.
    trus kira2 ane hrus byar brapa?

  23. Kalo ane ketilang di daerah Temanggung gara2 ga punya SIM 😀
    abis maen soalnya
    yang ane bingungin, kok polisinya ga mau disogok ya ?
    salut dah ama polisi ini
    dan akhirnya ane minta slip merah, soalnya ribet kalo pake slip biru,
    ambilnya kudu di satlantas. Takut ntar dintanyain “Udah buat SIM apa belom?”

  24. Besok jumat, tgl 21 nopember 2014 ane sidang tilang gan.. tapi ini sebenernya nyokap yang kena tilang..ga punya sim..daripada nyokap yang sidang..kasian, uda jauh dan harus antri.. kalo tilang ga punya sim brapa ya? Yhanks gan.

  25. Gan ane baru kena tilang , gara-gara bawa mobil ga pnya sim dan ktp,trus ane di ksih slip merah , nah ane msih bingung mending slip merah atau biru , soalnya ane takut bayar denda maks 1,5jt :v

  26. Kalau misal kena tilang di luar kota dengan alasan tidak jelas. Namun akhirnya kita mengalah (menolak damai) sehingga SIM distita dan dapet surat tilang merah.. dan kita gak ikut sidang dan gak ngambil-ngambil tuh SIM di kota tersebut….. SIM nya bakal di apain ya?

    maksud saya, kenapa gak bikin SIM baru saja di kota kita. pura-pura SIM hilang, sehingga bisa di cetak lagi?

  27. I simply couldn’t leave your web site prior to suggesting that I really enjoyed the
    usual info a person provide to your visitors? Is going to be
    back often in order to investigate cross-check new posts

  28. Siapa yg tahu sebenarnya untuk surat tilang biru? Prosedur bayar dimana ? Dan berapa denda pelanggaran marka?

  29. tadi gw kena tilang marka,dgn pasal 287 sidang tanggal 2 sep. gimana ya ngurusnya,pengen punya pengalaman,gw sengajain.

Tinggalkan Balasan