Perbedaan Sambal Korek dan Sambal Bawang

Pertamax7.com,- atau pemirsa bisa jadi selama ini menganggap bahwasanya sambal bawang itu sama dengan sambal korek…

^ Bebek Goreng Haji Slamet Kartasura, bebeknya Gurih Sambel Koreknya Mantebh …..

yaps, sambal adalah sejenis doping, bisa jadi kataliser nafsu makan kita, bagi pecinta pedah, semakin pedas, semakin panas, semakin bikin basah keringat, semakin bikin nafas tesengal-sengal, bahkan saampai nangis, sambal ya sambal, kapok makan sambal, setelah reda, makan lagi…. namun back to judul, ane sendiri sempat terjebang dengan 2 istilah sambal tadi, sambal korek dan sambal bawang, apa sih bedanya? jangan-jangan sama saja?

artikel ini tercetus kala ane makan warung pingir jalan, ane lihat di menunya kok ada sambal bawang dan sambal korek , lah bedanya apa pikir ane… ane jadinya pesen sambal bawang,,…dan apa yang terjadi, lah kok mirip sambal korek? daripada bingung, ane bikin artikel ini

dengan sumber blog makanan tentunya, yuk dibahas

1. sambal Bawang

sambal bawang

sambal bawang adalah sambal yang terbuat dari komposisi bahan :

Berikut adalah bahan Sambal Bawang, yaitu

  • 8 – 15 biji cabe rawit merah segar
  • 4 – 6 siung bawang putih
  • 2 – 3 siung bawang merah
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • 2 – 3 sendok makan minyak goreng.

Adapun cara membuat Sambal Bawang adalah :

  • Panaskan minyak goreng
  • Uleg / haluskan (sesuai selera) semua bahan bahan tersebut di cobek.
  • Masukkan dan aduk hingga rata dan minyak dari cabai keluar

sumber : resep-masakan.info/resep-sambal-korek-enak-dan-pedas.html

2. sambal Korek

sambal-korek

sambal bawang adalah sambal yang terbuat dari komposisi bahan :

Bahan – bahan :

  • 10 cabe rawit merah gendut
  • 3 siung bawang putih
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Sambal Korek Enak dan Pedas :

  1. Pertama – tama kita blender bahan – bahan sampai setengah halus.
  2. Setelah itu masukan semua bahan kedalam ulekan, lalu ulek bumbu sampai halus.
  3. Terakhir tuangkan sedikit minyak goreng panas, lalu aduk rata.
  4. Sambal korekpun siap untuk dihidangkan bersama nasi hangat dan ayam goreng atau bebek goreng.

sumber : yukb4c4.blogspot.com/2013/05/cara-membuat-sambal-bawang-istimewa.html

kesimpulan 1

sambal korek lebih sedikit komposisinya yakni hanya cabe, bawang dan garam, diuleg dan diberi minyak panas, sedangkan

sambal bawang menggunakan bawang merah dan putih, sabe rawit, garam dan gula pasir, lebih kompleks dari sambal korek, diuleg dan masih dimasak di wajan dengan minyak panas….

kesimpulan 2

sambal korek itu sambel mentah

sambel bawang lebih ke sambal setengah matang sampai matang…

nah, mungkin pemirsa ada yang lebih mengerti persambelan, monggo

yang penting makan, xixiixixx

semoga berguna…

34 KOMENTAR

    • Et….jangan salah…
      Tu piston bisa buat ngulek cabe….
      Jadinya dambel korek piston ha ha ha ha ha…..ipan ipan…sok gawe artikel mancing ae pan…ben lengkap…

  1. Resep sambal korek :
    1. Cabe
    2. Bawang putih
    3. Garam
    4.. Korek 1 dus
    Campur semua bahan ke cobek kemudian diuleg sampe halus…. Muahahahahaha….. :v

  2. kadang penjual ga mau repot bikin sambal bawang yg mestinya stengah di joyeng itu cuma di siram minyak panas bekas joyengan bebek, tp yo tetep lezzit o’
    samsoyo sambel pete bro wah haha double lezzitnya

  3. sambal bawang ya pake bawang..
    sambal korek ya sambal mentah langsung giles jozzz gandozzz mberojozz mberojozzz keringete..

  4. minyak di situ penetralisir biar gak langsung pedas. kalo di goreng dulu, biar rasa pedas muncul di setiap sisi lidah kita. kalo sambal korek, gak digoreng alias dibubuhi minyak panas saja, supaya rasanya gak rata, kadang pedas, kadang nggak, bisa bikin kaget, sama ngga, bisa kepedasan lama, bisa nggak. SAMBAL KOREK lebih menantang!!!

    Tapi tegantung lombok apa juga yang dipakai. ANALISA ngaruwuran 😉

  5. cabe? ane ngga pernah kapok tuh…
    bedanya kl sambel korek dan sambel bawang adalah
    sambel korek dibuat dari korek api trus diulek kl habis korek2 aja pantat ente…
    nah kalo sambel bawang kulit bawang yg diulek

    🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄

Apa Komentar Pemirsa ?