Nyicipin bakpia Ubi Ungu , enak dan banyak khasiatnya

sempat bingung bikin artikel kuliner apa… wong sudah lama nggak riding kuliner,,, selain hujan,,, dompet juga kering…. namun ane buka file foto ngawur 100 an GB nemu yang belum ane share…. yakni Bakpia ubi ungu….Bakpia Ubi Ungu 4

Bakpia Ubi Ungu 1

selain bakpia pathuk yang berasal dari kacang hijau, ada juga nih bakpia dengan bahas pengisi yakni ubi, ada ubi merah, ungu maupun ubi madu ( cilembu )…

Bakpia Ubi Ungu 2

ciri khasnya seperi gambar diatas adalah isinya ungu jika belii yang bakpia ubi ungu, kalau bakpia keju atau kacang hijau kan biasanya putih

Bakpia Ubi Ungu 3

rasanya memang lain dari bakpia kacang hijau, hal tersebut wajar wong bahan pengisinya beda…. namu dengan ciri khas rasa yang identik di bagian kulit… rasa manis di pengisi ini khas ubi ungu… legit dan ane 3 biji kurang, keknya 1 bungkus cukup 😀 kalau ndak salah Rp. 25 rebuan…. rasa yang enak dan legit ini ternyata pada ubi jalar warna ungu ini mengandung khasiat swperti yang ane kutip dari sini

indonesiarayanews.com/read/2013/04/29/61261/rss.xml

ubi ungu

ubi ungu nama latinnya Ipomea batatas poiret

kandungannya…

100 gr ubi ungu mengandung vitamin A kurang lebih 7.700 mg mengalahkan kandungan vitamin A pada buah tomat dan bit.
Kandungan ubi jalar ungu yang lain di antaranya Zn, K, Mg, Cu, lisin, vitamin C, B1, mineral, lemak, protein, serat kasar, dan juga termasuk sumber karbohidrat tinggi.

khasiat ubi ungu

1. Melancarkan aliran darah
Zat antosianin (pigmen warna ungu) pada ubi jalar ungu ini merupakan zat anti-oksidan yang mampu menyerap polusi udara, serta mampu menghambat pembekuan darah sehingga aliran darah menjadi lancar.
2. Mencegah kanker
Kandungan betakaroten, vitamin C, dan E dapat berfungsi sebagai anti-oksidan yang mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan berbagai penyakit kardiovaskuler.
3. Melancarkan pencernaan
Serat dan pektin yang ada dalam ubi jalar ungu ini mampu melancarkan pencernaan sehingga gangguan pencernaan seperti sembelit dan wasir bisa diatasi.
4. Anti-oksidan
Antosianin pada ubi jalar ungu ini juga memiliki fungsi sebagai anti-oksidan, anti-kanker, anti-bakteri, serta melindungi terhadap kerusakan hati, serangan stroke, hingga penyakit jantung.
5. Anti-kanker
Zat selenium dan iodin dalam ubi jalar ungu 20 kali lebih tinggi dari ubi lain sehingga bisa menjadi sel anti-kanker.
6. Anti-bakteri
Aktivitas anti-bakteri dalam ubi jalar ungu 3,2 kali lebih tinggi dibanding berbagai varietas blueberry.
7. Sumber karbohidrat
Kandungan karbohidrat yang tinggi dalam ubi jalar ungu ini bisa dijadikan alternatif sebagai pengganti nasi. Selain itu warna ungu ubi ini juga bisa dijadikan pewarna alami makanan.

pengen? overall, bagi penikmat bakpia yang biasa makan yang kacang hijau atau keju,, butuh waktu beberapa biji bakpia ungu ini untuk bisa merasakan feelnya…. bisa dicoba sebagai alternatif….

semoga berguna… nyamm….. malam senin waktunya makan-makan…

28 KOMENTAR

Apa Komentar Pemirsa ?