Knalpot racing dengan DB Killer tidak ditilang?

ok…. knalpot BERISIK dikenai pasal, ditilang deh,, ok ane setuju saja,, karena berisik…. dan smeoga penegak hukum paham SOP dan alat ukurnya,,,.. dijamin “ngeliyeng aka pusinh” minimal pake alat ukur, bukan pakai feeling… cangiih amat 😀

knalpot berisik kena tilang

geger penilangan knalpot berisik ini memang sudah lama di gaungkan,….

namun,, katanya sih knalpot racing yang dipasang Db Killer tidak ditilang karena tidak melanggar ketentuan kebisingan…. yang bener . check this out…

seorang facebooker bertanya pada Divisi Humas Mabes Polri mengenai aturan ini…. seperti berikut

Yusuf Erick

standar kebisingan suara knalpot-nya berapa DB pak? klo pasang knalpot yang sudah ada DBkiller gk masalah kan Pak?

Suka · Balas · 4 · 2 Januari pukul 11:18

jawabannya…

Divisi Humas Mabes Polri

Berdasarkan Peratuhan Mentri Negara Lingkungan Hidup No. 7 tahun 2009 ttg Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru pada lampiran kedua, Setiap kendaraan bermotor tipe L (roda dua) yang ber CC kurang dari 175 CC standar kebisingannya 80 desibel. sedangkan bagi motor yang ber CC lebih dari 175 CC standar kebisingannya 83 desibel.peraturan tersebut berlaku sejak 1 Juli 2013. Bagi knalpot pabrikan yang memiliki feature DB killer sehingga tidak melanggar ketentuan tersebut diatas tidak masalah.

Suka · 11 · 2 Januari pukul 11:44

SS nya..

knalpor dengan DB killer tidak melanggar undang-undang

eperti apa sih wujud Db killer itu? yaps, pertama kali ane lihat dan pasang di megison dulu…. pake NOb1,

knalpot nob1 megison

di byson juga ane pasang knalpot NOb1,, semuanya pakai db killer,,,,DB KILLER KNALPOT NOB1

^ itu yang nongol kecil diujung ciilincer 😀

db killer adalah alat pemampat ( dikatakan begitu ) karena desainya memampatkan knalpot free floe supaya tidak terlalu plong….. tenaga sedikit berkurang namun suara atau intensitas db nya sangat turun….

seperti apa sih wujudnya?

tiap merk knalpot memilik desain maupun ukuran yang beragam tergantung desain knalpot itu sendiri namun tujuannya sama, yakni membunuh bising namana juga db killer….

DB KILLER R9 muffler

sedikit contoh knalpot branded yang juga pakai db killer

1. knalpot SMF yang ane egang kemaren..

db killer knalpot SMF

2. R9

DB KILLER r9-full-karbon

DB KILLER r9 satriaDB KILLER R9

3. knalpot asli IMPORT bukan replica, termignoni

DB KILLER TERMIGNONI (Small)

4. knalpot akrapovic asli bukan replika

Akrapovic_slip-on_GSXR600

akrapovic848slipontitanium2

tujuannya sama, biar suara aemm namun performa tetap optimal,,… ulasan maupun mebuatan dbkiller secara DIY bisa diintip ilmunya di blognya om tiger ninja 250 aka om f4iz ( disini )

DB KILLER


penerapan di jalan,, ane ragu,,,, 😆 biasanya asal racing kena tilang, baik itu racing paabrikan atau racing bodolan berisixxxxxx…. kayaknya penegak hukum di jalan kurang update, apalagi facebook….. mungkin pemirsa mau nyoba? pakai knalpot racing pabrikan… tentu pake DB killer, kalau ditilang kasih screenshoot diatas,, kalau tetap ditilang bikin surat pembaca ,,,,.. menanti kepastian… wong pak polisi lalu lintas kayaknya juga ndak bawa tuh sound meter…

ada yang berani coba? kabar-kabari yak 😀

smeoga berguna…

113 KOMENTAR

  1. lagi pada ribut motor baru single dan doble silinder……….rame tenan!!

    yang gak pake silinder kapan keluar!!
    mesin 2 tak di adu sama 4 tak……….ha ha ha lawan mesin rotari ajah…..

  2. suhu ane mau nanya nich. ambang batas suara itu pada saat motor nyala tapi tidak jalan, jalan biasa atau pas digeber? itu saja mohon pencerahannya, suara pasti beda2 kan nah yang diapakai yang mana?

    • Setau ane harusnya dites pas ga jalan dan gas dipantengin di rpm menengah. Dari yg ane liat2 di youtube gitu bro haha

  3. Mantab wes, ala ada DB KIller masih aman-aman wae berarti …
    Masih ada harapan buat para pecinta knalpot racing hehehe …

  4. TOP SPEED

    14,619,603 BIKERS, THANKS GAN ^_^

    Wow Pertamax7 dah mendekati 15 juta klik hehehe. Bentar lagi sudah jadi top blogger di indonesia.

    Mantap Gan, jadi blogger yang netral, informatif dan pro rakyat saja. Biarkan FBH dan FBY sibuk komentar dan ngeklik ga tentu arah wekekek. Asal komen2nya di batas kewajaran aja yah om FBH dan FBY 😀

  5. Pulis daerah podo gaptek Om,,, wlpun di kasih SS pun mereka akan mempersulit !! Di Mlg jatim aj org2 pd males beli knalpot racing+db kill. Males urusan ma pulis.

  6. niat polisix jelek ya tep sj tilang…taw kn usaha sampingan polisi apa?y ntu nilang2 dan bersembunyi dibalik hukum…gt oknum mrk sdri yg langgar ato pjabat lolos…polisi gt loh…huahaha

  7. tetep aja gan…wong R9 ane aja ttep ketilang waktu mudik ke kampung tepatnya di cirebon…ane tantang pak polisinya …
    ada alat ukurnya gak pak…
    mlah udah gk usah banyak omong. udah nglanggar banyak omong.. di tilang juga

  8. Bener tuh kata ‘sam joas’ (8) kalo dah pake db killer msh disetop juga langsung templokin dimukanya…

  9. fungsi glasswool buat meredam suara knalpot, kl glasswoolnya habis krn gosong desibel otomatis akan naik

    • polantas ga bakal tiap hari tentang-tenteng alatnya kecuali saat razia, kl sdh liat knalpotnya sj racing mana peduli sama namanya DB killer

  10. kan itu sudah ditulis diawal2 kalimat

    “Bagi knalpot pabrikan …….”

    ya itu maksudnya sendalpot standar, bukan sendalpot yang after market.

  11. Pertaturane ono sing kurang, 80Db kuwi dihitung seko jarak piro?? SPL meter’e udah kalibrasi belumm??

  12. bagi KNALPOT PABRIKAN yang memiliki……

    makna pabrikan disini apa…? knalpot bawaan motor dari pabrikan atau apa…?

  13. Kalo ditilang, polisinya suruh baca blog nya ipan saja Ɨƚɑ., Ɨƚɑ., Ɨƚɑ.,
    Ɨƚɑ., Ɨƚɑ., Ɨƚɑ.,

    ː̗=))ː̖
    ^’// _
    ^

  14. petugas lapangan mana mungkin paham sama db kiler tahunya tuh nalpot agak kenceng langsung tilang .. lha wonk mereka kan buta desibel meter cos otaknya udah berkurang 1ons gara” kebanyakan naek metic en bekbek omm 🙂

  15. Mas Ipan Sori nitip,
    Agan / Sista Kalo ada yang jual db killer buat R9 new mugello ( gambar ke 3 di knalpot R9 ) ane minat ,,
    Mas Ipan barang kali bisa bantu ane,,
    Email : anang.sujana@gmail.com
    Pin BB : 21FB3789

    Makasih ,,

    • Beli langsung di R9 nya langsung Bro… Rp. 100 ribu free ongkir.
      Aku kemarin juga baru beli DB killer untuk New mugello Vixion FI ane. Caranya cukup add PIN BB nya Admin Sales R9 dengan PIN 22186B11.

  16. sebenernya sih tau yg namanya DB killer,tapi ya cuma niat polisinya aja emang udah “BEGITU”

  17. Pengalaman di Madiun, pakai ninja250 knalpot Yoshimura nggak ditilang…teman saya pakai byson knalpot nobi kena tilang…

  18. TIREV ane knalpot standarnya udah bising n berisik jadi ga usak babat-bubut otak-atik gonta-ganti knalpot.
    tinggal gung….

  19. pesen ane kalo pake knalpot racing, bawa lagi satu biji. kalo mau ditilang, gebukin aja pake tuh knalpot, atau sogok telinganya kalo alesan berisik tapi gak pake alat ukur.

    polisi pun harus punya SOP cara penilangan mengenai kebisingan knalpot.

  20. ini sebenernya yg bego siapa yaa?
    udh tau di UU yg tercantum yaitu “batas kebisingan suara” .. bukan Jenis exhaust yg di pakai…!!!
    banyak exhaust type Semi racing yg suaranya adem berkat pemasangan db killer. tapi kalo memang udh adem masih kena tilang juga.. yg bego berarti polantas’nya..!!! :LOL:
    INGET ITU PERATURAN BATAS KEBISINGAN SUARA, BUKAN JENIS KNALPOT YG DI GUNAKAN. 😀

    • Polisi mah yang penting knapot ada tulisan racing ya pasti ditilang. Biar dapet duit getoo. Cb knapot std ditulisi racing palingan juga ditilang

  21. masalahnya bukan ada atau nggak ada db killernya. let’s be smart, kalo dikasih db killer juga desibel masih diatas 83 gimana? kena hukum juga kan?

  22. paling2 entar patokannya kuping bukan db meter, dan kalau knalpotnya impor bagus gak keliatan las-las-annya dibiarin aja kalau keliatan apalagi bekarat ya kena tilang apalagi kalau yg bawa alay cuma pake kaos celana pendek dan sendal jepit…..:-P

  23. 80 db?
    itu pada rpm berapa?
    kalo gak ada penjelasannya namanya…

    kocak, koplak…

    bawa motor standard pabrikan terbaru, 110,115,125,135,150 atau 175cc
    betot di 9000 rpm

    ukur pakai sound meter pada jarak 1m

    kalo gak tembus 90db ane lgs njebur empang…

    • Sound meternya udah di kalibrasi sesuai standard belum? jangan jangan cuma pake aplikasi di hp lagi… Capedeh kalo ada yang ngandalin sound meter di hp…

      • kagak ada yg salah dgn aplikasi sound meter di hp om, asalkan dikalibrasi dgn benar, bahkan mungkin sensor di beberapa smart phone bahkan lebih sensitif dari sound meter yg dijual batangan…

        patokan kalibrasi paling gampang saat keadaan bener2 sunyi, hingga terdengar suara detak jarum jam dinding, itu hampir setara 20 db,

        dan 10 db ketika telinga terasa berdenging karena sama skali tidak mendengar suara

        dan sebagian besar sensor bunyi pada smart phone hanya bisa mendeteksi bunyi kurang dari 100db

        sebagai contoh
        galaxy s3 up to 81 db
        galaxy s2 up to 98 db

  24. jgnkan knalpot polisi aja sekarang gak cuma nyari uang haram tapi juga naik jabatan haram liat aja masa tengah malam ada razia lalin sambil bawa “barang bukti” lagi

  25. apa gak ada spefikasi khusus ya tentang larangan knalpot racing,karna ada beberapa merk knalpot yang tanpa ada DB killer pun suaranya masih halus ko.

  26. Walaupun punya feature Db Killer tapi kalo masih diatas ambang toleransi (lebih dari 83 db buat yang cc diatas 175 cc ya brarti tetep aja melanggar. Masalahnya kita musti hati2 banget seblum beli knalpot racing dan pastikan bunyinya tidak lebih dari 83 Db. Bagaimana cara kita mengetahuinya? ya cari info dulu seblum beli dan setau saya sih rata2 knalpot racing diatas 90 db. 🙁

  27. knalpot motor standar pabrik pun saya rasa klo digeber habis, pasti sampai diatas 90 dB, bisa dites pakai alat pendeteksi dB. Contoh : tingkat kebisingan di perpustakaan saja tanpa ada suara individu saja bisa mencapai 50 – 60 dB. Jadi peraturan berikut tidak bisa untuk dijadikan patokan. Sebenarnya yang dimaksud dengan knalpot bising yaitu knalpot yang pada saat digeber habis dan dapat memekakkan telinga. itu yang bisa disebut melanggar. Kalau memang mau membuat peraturan kebisingan suara knalpot, baiknya dibina dahulu pada produsennya. karena customer hanya bisa membeli dan menuruti saran dari penjualnya. jika pembelinya memaksa ingin pesan suara bising, bisa ditolak mentah2. Dan pemerintah bisa melarang toko untuk menjual knalpot dengan suara bising tersebut. Sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

    Mohon maaf jika saya ada salah – salah kata ya.

    Thanks

  28. gan numpang tanya donk saya punya motor cb terus di pakein knalpot neo ss vixion itu bisa ga gan?

  29. Masalahnya pas dilapangan polisi cuma liat dari tampilan luarnya aj, knalpotnya standar apa kagak
    Itu yg di masalahin, mreka gk peduli suaranya gimana yg penting knalpot gak sesuai standar alasannya gitu
    bikin ane kesel aje
    Nah gimana gan?

  30. Ane d kabupaten blit*r, wktu mau pulkam k malang kena pemeriksaan. pak polisi malah gak ngerti desibel itu apaan. Malah bilg g ada aturan yang jelas msalah kriteria knalpot bising. Udah ane suruh baca ttg per men lingkungan hidup malah bilangnya g ada kaitan antara uu lalu lintas dgn permen lingkungan hidup.

    Setau ane menurut blog pak leo 7leopold7, kalo ninja 250 fi dgn knalpot std d rpm 11,5 bisa mencapai 93db, artinya knalpot std, ninja 250 fi udh bisa d tilang. Utk cc 250 batas nya 90db. Ane suruh ngukur polisinya bingung g bisa jawab.

    akhirnya ane telpon temen yang juga polisi kab blit*r, dia pnya ninja 250 knalpot yosh*m*r*, ane suruh dtang k tkp, eh malah, polisi yang meriksa ane langsung bilang kalo ane d lepas tapi harus d balikin std.

    Btw ane pake pro speed blue series, menurut 7leopold7 maksimal cuma 95 db d rpm 11,5

  31. Permen LH tsb punya kelemahan :
    1. Permen tsb hanya mengatur kendaraan tipe baru,definisi tipe baru pd pasal 1 ayat (2),bgmn dgn kendaraan bermotor yg sdh beroperasi yg bkn termasuk definisi baru?
    2. Permen tsb berlaku pd thn 2013 untuk kendaraan bermotor tipe L atau motor roda 2, bgmn dgn kendaraan bermotor yg diproduksi dan sdh beroperasi sblm thn 2013?
    3. Metode pengukuran desible kebisingan kendaraan bermotor blm diatur tata caranya dlm permen,apakah diukur pd saat kendaraan menyala tanpa dibuka gas,atau saat digeber full.
    4. Metode pengukuran desible kebisingan hanya dilakukan di laboratorium terakreditasi psl 1 ayat (6) dan dilakukan oleh penanggung jawab usaha (produsen kendaraan) kerjasama dgn instansi lalu lintas, bukan dilalukan polantas dgn membawa desible meter atau hanya dgn feeling polantas
    Jd blm ada aturan yg pas untuk knalpot after market atau knalpit racing,knalpot standart sj bila digeber habis lebih dr 80 /83 db,apalagi knalpot racing pake db killer…intinya bila membuat peraturan hrs dilihat dl apakah aparat hukumnya bisa bertindk yg seharusnya dan seadil2nya atau tidak.asal racing ditilang,gmn dgn motor harley bisingnya minta ampun knalpotnya tidak ditilang krn yg punya pejabat, gmn motor 2 tak tdk ditilang krn kebanyakan buser pake 2 tak, apa sperti itu penegakannya?

  32. Polisi nilan N cari kesalahan biasa bang… Wong Polisi dapat bonus 10.000 setiap surat tilang yang dia buat kalau bilang 5 motor aja dch berapa duit tuh… gajinya sehari

  33. Saya kebtulan bekerja sebagai peniliti di lab.kebisingan dan getaran Pusarpedal KLH mengetahui penyusunan peraturan kementrian LH no.7 tahun 2009 karena limit yg diperoleh khususnya untuk tabel (I) nilai yang diperoleh adalah berdasarkan data penelitian yang kami lakukan pada tahun 2005 s/d 2007 dengan metoda pengukurannya merujuk kepada ECE R41 untuk kendaraan roda dua (L) dan R51 untuk kendaran roda 4 atau lebih (M, N dan O). Perlu di ketahui bahwa Permen LH no 7 tahun 2009 itu di peruntukkan untuk jenis kendaraan yang belum beredar di pasaran jadi sebelum beredar maka setiap produsen wajib untuk mengikuti uji TIPE yang salah satu jenis pengujiannya adalah emisi kebisingan kendaraan secara dinamis yang nanti kelulusannya di sertifikasi oleh Dir. Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan sesuai dengan kewenangannya. Sekali lagi untuk kendaraan yang akan di luncurkaan atau disebut tipe baru bukan kendaraan lama. Sementara itu untuk kendaraan lama atau In Use atau emisi kebisingan statis Kementrian LH sampai saat ini belum mengeluarkan secara resmi peraturan ataupun regulasi (limit atau nilai baku mutu) dibidang tersebut termasuk untuk pengukuran knalpot. Sekali lagi saya tekankkan belum ada, yang ada untuk kendaran tipe baru. Metoda pengukurannya sangat berbeda dimana yang tipe baru dilakukan secara dinamis (bergerak) dengan perlatan ukur yang cukup kompleks dan di lakukan di lintasan yang mempunyai spesifikati yang tertentu (dijelaskan dalam Permen) . Secara prinsip cara pengujian untuk Permen LH no.07 tahun 2009 ada pada lampiran Permen termasuk dengan kriteria alat dan lintasan pengukuran (trak)

    Sangat disayangkan pada saat ini kebanyakan pihak salah kaprah dalam menterjemahkan Peraturan Mentri LH no.7 tahun 2009 ini. Jadi Permen LH ini tidak dapat digunakan untuk mengecek kebisingan knalpot untuk kendaran bermotor tipe lama. Untuk pengecekan bising knalpot digunkan metoda pengukuran emisi bising kendaraan bermotor statis (diam) metodanya berebeda dengan yang dinamis (tipe baru) untuk yang statis ini bisa diterapkan dilapangan untuk mengecek kebisingan knalpot, akan tetapi baku mutu atau limit kebisingannya sampai saat ini Kementrian LH belum menerbitkan peraturan tersebut walaupun hasil penelitian yang dilakukan sudah kami laksananakan sejak tahun 2005. s/d 2007.

    Sekali lagi bahwa kurang tepat kalo Permen LH no.07 tahun 2009 di gunakan untuk mengecek knalpot kendaraan bermotor tipe lama.

    Semoga saja informasi yang kami sampaikan dapat memberikan informasi yang berguna bagi bapak/ibu .Jika bapak/ibu membutuhkan informasi lebih detail maka bisa menghubungi kami di Lab. Kebisingan dan Getaran PUSARPEDAL Deputi VII KLH Kawasan Puspiptek Serpong Tangerang dengan email : sarpedal@menlh.go.id , kebisingangetaran@gmail.com atau di tlp no 0217563331/021756314 ext 111

  34. Motor ojeg sebaiknya buat ngojeg, kalo pengen pakai knalpot racing beli aja motor racing, 250 CC keatas.

  35. Gw tetep di tilang nih, pake nob1 neo ss, pake dbkiller juga pastinya.
    Gw tunjukin artikel ini, tetep aja ditilang.
    Dibilangnya ini berita lama, sekarang asal non standar pabrikan, ya ditilang. 🙁

  36. mas ipan.tempat yg jual nob1 neo ss buat njmx 2013 dimana ? yg daerah yogyakarta atau bantul. 😀

  37. lah gimana ya ada yg pake db killer masih di tilang -_-‘
    pernah liat pulisinya ngetesnya di geber puool pula
    knalpot std pabrikan kalo di geber puool juga sama aja berisik -_-‘ gimana nih pak pulisi
    coba aja geber motornya yg masih std knalpotnya apalagi yg motor batangan cc 150 keatas.
    masih buram juga ternyata peraturan ini. pakai knalpot aftermarket di tilang tilangin tapi di jalan masih banyak yg suka nerobos lampu lalin, lawan arus, ngambil jalan orang, lewat trotoar pejalan kaki, naik jembatan penyebrangan mutar sembarangan,dsb sering luput dari tilangan.
    padahal knlapot yg terlalu sunyi bisa bikin celaka juga lho. kalo knalpot rombeng bising yg keluar asep itemnya yg baunya ampun bikin puyeng yg sering alayer pake sih sya setuju klo ditilang. udh polusi suara + udara + mata ugal ugalan lagi.

  38. Tapi jawabannya sekarang pada pelaksanaan di lapangan adalah fokusnya pada knalpot yang tidak standar Om, bukan lagi berkaitan dengan timgkat DB karena acuan pasalnya adalah hanya pada kondisi yang tidak standar, bukan mendetail sampai ke tingkat db nya.. moga-moga mereka mau menindak rekannya juga kalo emang kaya gitu

    http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt4ebb3d9e5f7a3/ditilang-karena-knalpot-motor-tidak-standar

    Penjelasannya gan.. *Cheers

  39. Apakah polisi ada hak menyita knalpot racing?
    Bbrapa hari yang lalu, sya terkena jaringan razia kendraan roda 2.
    Motor yang sya pakai itu ymh vixion terus pake knalpot racing merk R9,. Polis ga hanya tilang stnk,tapi motor juga kena tahan,sy waktu itu dsuruh pulg buat ngambil knalpot standard,.setelah mtor kembali standar baru boleh ngambil motornya… Terus gmna dngan knalpot r9 sy pak polisi,.ya kita sita dan musnahkan jwabnya.
    Duh, gila kan…knalpot R9 brapa harganya tuh pak, apa ga mubazir knalpot sejuta dimusnahkan ya.tega bngt pak polisinya.
    Akhirnya sya ke kantor bersama seorang teman, kebetulan temen sya mengenal bbrapa org petugas dikantor..akhirnya knalpot r9 gw ddbolehin bawa pulang..itu berkat muka temen sya sih..hahaha,

    Pokok nya polisi klo emang benar mau tilang dan sita mtor dngan knalpot resing boleh, tapi yang adil pak.!! pertama2 sita dulu dong knalpot yang dijual ditoko..
    terus tilang dan sita semua motor yang pake knalpot racing,jgan mandang buluh pak!!!,jgan bedain cc gede ato kcil,pemiliknya si A ato si B.
    1 pemasukan buat Bapak2 Polisi di tanah air Indonesiaku yang terhormat, jalanilah aturan dan hukum dengan jiwa Pancasila jgan seenaknyaa..karna Pancasila bukan hanya buat pelajaran kita waktu sd aja,juga bukan hanya buat dibaca oleh pembina upacara waktu upcara bndera merah putih pak!….mohon maaf,semoga Bpk Polisi ga tersinggung dengan tulisan saya ini ya..hahaha karna ini adalah kisah nyata keseharian rakyat kecil,bukan fiktif belaka di sinetron..
    Sekian uneg2 sya setelah kena razia…thanks pertamax7.selamat hari valentine buat semuanya.

  40. Ane pake db killer ttp ditilang -_- sama pak polisinya di geber”.. Ya jelas suaranya melengking.. Pak polisi pekok.. Posisi pas mudik.. Dripada rame ane pilih tilang.. Ane ambil pas pulang mudik :v

  41. gw coba pake aplikasi test sound db, shogun mak ane aja udh nyampe 84 db gimana kalo pakek knalpot racing -___-

  42. sempet jadi perbincangan sih sama polda jabar dan dishub, memang uu yang mengatur masih pro & kontra. kalo gencar terus kasihan sama produsen kenalpot lokal. tapi polisi dan dishub ngasi kelonggaran, asalkan kenalpot racing apabila di tempel db killer harus benar2 sama atau mendekati level kebisingannya dengan kenalpot orisinil nya. kalau enggak kena tilang, soalnya polisi dan dishub perlu waktu masalah perlengkapan untuk mengukur tingkat kebisingan. gak mudah melakukan pengadaan barang, butuh ijin dari dpr, menteri, dan presiden.

    paling aman sih mending pake kenalpot orisinil aja.

    jangan lupa mampir ke website ane gan enternightmarket.com

Tinggalkan Balasan