Knalpot Berisik bakal kena Tilang Rp. 250 rebu atau kurungan 1 bulan … pilih mana?

desas desus dahulu kala ketika penggunaan  knalpot racing di motor harian  bakal ditilang kini kian mendesis……

kabar terbaru ini dihembuskan detik via interviewnya bersama Kasubdit Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Hindarsono menegaskan, Knalpot Berisik, Ditilang..

kutipan langsungnya berikut…

"Kalau itu menggangu ketertiban baik suaranya maupun ketika dia melampaui batas kecepatan, maka kita akan tindak," tegasnya.

"Kita tidak peduli itu motor kecil atau motor besar, kalau memang dia menyalahi aturan dan mengganggu karena knalpot yang digunakan sudah tidak standar pabrikan maka akan kita tilang. Kita sudah banyak menilang Harley karena masalah ini," tambahnya.

suara berisik, kena tilang…. indikatornya apa sih suara knalpot berisik itu?

Dalam Permen LH tersebut disebutkan bahwa batas ambang kebisingan sepeda motor terdiri atas, untuk tipe 80 cc ke bawah maksimal 85 desibel (db).

Lalu, tipe 80-175cc maksimal 90 db

dan 175cc ke atas maksimal 90 db.

reff : Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 07/2009 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru yang diteken Menneg LH Rachmat Witoelar pada 6 April 2009.

sudah jelas kan?

dendanya kalau ketilang

sesuai undang-undang  No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pasal 285 ayat 1 berbunyi

Pasal 285
 
(1)  Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan
yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan  yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat  pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban  sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3)  juncto Pasal 48  ayat (2)  dan ayat (3)  dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

pilih mana? denda maksimal Rp. 250.000 atau nginep di hotel amit2 1 bulan?

bagimana dengan knalpot standar yang dibobok gan? yaps, kalau melebihi ketentuan desibel itu, yo tetep kena sajalah 😀

Hindarsono lalu menyarankan kalau para pemotor lebih baik menggunakan knalpot standar saja. "Karena knalpot standar kan biasanya tidak ada suara, beda kalau knalpot bawaan sudah dibobok atau knalpot berisik yang beli di toko, itu akan kita tilang karena mengganggu. Intinya, di jalan kita tidak sendiri, kita harus saling menjaga ketertiban dan ketenangan untuk kebaikan bersama," tegasnya.

yang unik adalah peryataan pak polisi yang ini…

"Lain cerita kalau seperti motor yang memang sudah pakai knalpot dari pabrikan. Yang kebanyakan itu mereka kan ngebobok sendiri atau beli di toko-toko motor. Itu yang akan kita tilang," katanya.

kalau knalpot asli ( ori ) dari pabrikan sudah berisik beda cerita kata pak pol 😀

mengenai penilangan knalpot berisik ini sih saya pribadi setuju dan manut saja…. asal

1. tidak tebang pilih 🙁 , buktikan pak bukan tumpul keatas, tajem kebawah

2. pakai alat yang bener, di Rpm berapa suara knalpot di ukur, di limiter kah atau gimana, jarak alat ke knalpot juga ada ukurannya ( masak ditempelin 😆 ) dan urusan teknis lainnya….

3. ditekankan lagi, pakai alat yang sesuai untuk mengukur berapa descibel suara knalpot tersebut sesuai kaidah, bukan sesuai feeling ( mosok hukum koq meraba2 )

4. jangan wani piro tentunya :mrgreen:

pertanyaannya, sudahkan penegak hukum menggunakan alat yang sesuai? untuk pelanggar kecepatan kepolisian sudah mulai menggunakan speedgun, namun untuk suara, ane masih belum tahu kepastian, .. mungkin lagi di training buat persiapan penilangan knalpot kategori berisik ini……

solusinya sih sepemikiran ane pribadi, baru nemu 4 biji gan..

1. beli motor yang standarnya dari pabrik sudah berisik suara knalpotnya ( contohnya apa ya? kalau moge2 makin banyak pistonya malah makin adem dan merdu suaranya… )

2. pake knalpot racing di circuit balap ( race only )

3. pake knalpot racing, geber2 di kamar ( didengerin sendiri )

4. pake knalpor racing, geber2 diatas dynotest….

5. monggo ditambahin 😀


ane sih knalpot STD saja,, wong.. mau ngebut dimana sih? circuit tambal semen jauh mas om mbak, bukan punya pemerintah lagi, nyewanya mahal 😀


semoga bermanfaat…

sumber :

oto.detik.com/read/2013/12/13/213332/2441925/1208/polisi-urusan-knalpot-racing-kami-tidak-akan-tebang-pilih

oto.detik.com/read/2013/12/13/183114/2441817/1208/

116 KOMENTAR

  1. “Lain cerita kalau seperti motor yang memang sudah pakai knalpot dari pabrikan. Yang kebanyakan itu mereka kan ngebobok sendiri atau beli di toko-toko motor. Itu yang akan kita tilang,” katanya.

    – Emang ada ya motor yang dari pabriknya udah dikasih knalpot racing?

    “Itu memang sudah prosedurnya seperti itu. Di Amerika, Australi dan negara-negara lain saja memang seperti itu,” ujarnya.

    – Kalo emang di Amerika dan Australia dilarang pakai knalpot aftermarket (racing katanya), ngapain itu pabrikan buat knalpot sekelas Yoshimura, Akrapovic dll untuk dijual untuk umum?

    Kebanyakan nonton Stand-up Comedy nih orang…

      • kalo mongtor ay punya mimin itu beda lagi om kalo gak dikasih knalpot resing ya gak seimbang sama teknologinya yang udah di aplikasi teknologi dewa .. colek gas dikit langsung terbang 🙂 beda sama yamatot lemot en honpret jadul kalo dipasang knalpot resing malah pada histeria masal jadinya om bisa menyebabkan otak berkurang 1ons,dan yang lebih parah bisa membakar bulu kaki 🙂 paham ??? good !!!

        • ada kok om liat aja di web KMI ada knalpot racing genuine disana. ada part numbernya juga.
          itu gimana ya jatohnya? padahal beli langsung sama ATPM

        • abgtua: Itu dia masalahnya bro…

          Dan beberapa motorpun ada yang dari sananya udah dikasih knalpot aftermarket bermerk ternama. Misal ada beberapa varian KTM, Suzuki Katana dll. Tapi ya tetep aja taunya Polisi kalo Y*shimura itu knalpot bukan standar -_-

      • Motor bebek 100cc kalo leher knalpotnya bocor malah lebih parah suaranya ketimbang Panigale, ditilang gak ya?

  2. Wah, bikin mati pengusaha knalpot lokal aja kalo gitu sih. Harusnya aturannya yg jelas, yg dikatakan berisik itu berapa skala kebisingannya, harus di ukur pakai alat biar tau bisingnya berapa desibel. Kalau dibuat abu2 gini sih paling juga ujung2nya duit!

    • Gk perlu mati Pk Dhe. justru ini tantangan buat pengusaha knalpot lokal. gmna carae bikin knalpot buat dongkrak tenaga tapi suara kecil. jgn cuman suara mangap mangap tapi mentok motor lari 60km/jam. ngojek ae kl gt

    • Jangan dkasihkan men. eman eman. emang vespa djual gk seberapa hargae. tapi kalo di kiloin ke besi bekas….. wah lumayan berat men. bisa lebih hargae….. hehe

    • Ckup pake kuping aja,.,pak pol tempel kuping di ujung knalpot,nah ente gas dah tu kenceng2 ampe redline,..,hihihi,.

  3. Polisi harus dilengkapi dengan alat pengukur kebisingan, jangan pakai feeling saja. Pemerintah harus membuat regulasi SNI agar mempermudah pengawasan.

  4. sebelum menindak lanjuti aturan ini, mnding check dulu deh atasan klian(polisi) yg rata” pake HD tahun” lama atau tahun” baru trus ganti knalpot after market..
    mreka klo touring jg berisik semua, gk ada bedanya..

  5. Kenapa gak menindak produsennya dulu….jgn cuma konsumennya….btw hak semua knalpot racing berisik…mulutnya polisi aja yg berisik cari2 kesalahan….hehehehe

  6. yg mau berisik d sirkuit aj laah ,,
    bikin sakit telinga aj klo d pemukiman ,
    cuuuih ,,

    NITIP LAPAK KANG
    YANG MAU KREDIT MOTOR BISA DISINI
    syarat cuma KTP n KK bandung
    DP bisa pakai motor bekas (DARI TAHUN 1993-2013 SAYA TERIMA GAN,ASAL JANGAN MOTOR CURIAN)
    data di bantu sampai beres
    diskon akhir tahun 500rb-2,000,000 cuma dsni yang berani , hehe
    type n warna ap aj siap ready

    http://wijayamotorbandung.blogspot.com/

  7. Setuju banget nih, disamping berisik kalo dibelakang motor kenalpot racing sangat menyebalkan kena buangan pembakaran ke muka

    • Mmmm..knalpot mana yg gak nyamber ke muka? Nmp, Byson, Vixie, Tiggy dan sejenisnya semua nyembur muka, bahkan epyu, blade, dan sejenisnya juga… bedanya hanya seberapa kenceng nyemprot ke mukanya saat idle..hehhee

  8. paling paling gombal lagi bro. malah kesempatan buat polisi tukang palak yg beraninya sama orang kecil.bisa jadi asal bukan knalpot standar akan tetap dipalak meski suara gak mengganggu. penilangan pakai jurus feeling yg ujung-ujungnya wani piro.

  9. pabrikan kenalpot racingya tutup…brani gak???
    ada yg ngedarin ya jgn slhkn yg make… toh dya beli sendrii…sdgkan knalpot racing2 kn jg pbrikan n mreka bikin jg gk asal bikin..ada prhitungan dan aturanya..jgan cuma pilah pilih..toh d jkarta jg banyak… kita ah mklumin aja klo d jlan raya suara knceng cz emg knalpot racing jg pbrikan.. yg pntig gk d jln desa cz mgaggu bayibbok

  10. ane sih knalpot STD saja,, wong.. mau ngebut
    dimana sih? circuit tambal semen jauh mas om
    mbak, bukan punya pemerintah lagi, nyewanya
    mahal
    ———————————————
    sirkuit mandala krida

  11. “Lain cerita kalau seperti motor yang memang sudah pakai knalpot dari pabrikan. Yang kebanyakan itu mereka kan ngebobok sendiri atau beli di toko-toko motor. Itu yang akan kita tilang,” katanya. ini mungkin untuk vespa y? vespa ane ga dimodip loh pak. emang bawaan dari oroknya begitu. jadi vespa ane aman kan pak? hehehe

  12. knalpot berisik sudah sangat mengganggu, kalau harus nunggu ada alat pengukur kebisingan kelamaan, toh kendaraan dg knalpot standar tidak ada ruginya. tambahan juga harusnya semua kendaraan yg mau dijual di indonesia ya harus mengikuti aturan yg ada, seperti di jepang pun ducati panigale harus dirubah knalpotnya agar sesuai regulasi

  13. Kenyataan dilapangan polisi nilang berdasar logika, bukan pake alat pengukur db. Waktu beli speed gun sama alat tes alkohol ko ga sekalian beli alat pengukur db? Apa polisinya suruh inisiatif download db meter di google stor0e? 😀

  14. Knp peraturan ini muncul lagi skrg….??? tanya knp…analisa ane sih krn sebentar lagi akan ada perang besar antara FBH dan FBY…..masalahnya krn yg satu pake 1cylinder satunya 2cylinder (250cc)….nah klo pake knalpot racing suaranya ketahuan tuh mana yg 1cylinder dan mana yg 2cylinder…………biar FBH dan FBY g ribut di jalan dibuatlah peraturan itu…..tau sendiri kan klo pake knalpot standar suara yg 2cylinder g seberapa menonjol………………..hehehe

  15. Sementara alat pengukur desibel belum lengkap….silahkan yg ngotot… untuk pasang telinganya di ujung moncong kenalpot terus di gass pollll…. Budeg budeh dah …! xixixixixi….

      • ya berarti tinggal minta pembuat n penjualnya jg ditangkap bukan malah minta dibebaskan pakai knalpot bising,

      • ya seharusnya pak pol menindak para pengusahanya dulu brot, bukan pengguna nya. kalo sumbernya aja gak ada gimana mw beli itu knalpot? kalo cuma pengguna doank tapi sumbernya gak di berantas ya ini mah wani piro namanya…

        ente mw membunuh 1 kota? gampang om…
        racunin aja sumber air nya… pasti mati tuh 1 kota,…
        gak perlu lah pake nuklir atau buang2 peluru dengan nembakin penduduknya…

        😉

        • tanya donk brot…
          kalo narkotik baik pengguna maupun bandar + pembuatnya di penjara…

          kenapa knalpot dan part racing cuma pengguna yang di tangkap?

          ini yang gua demen
          di web KMI aja knalpot yoshi sama nassert jadi genuine part. kalo mau nindak pemasok knalpot berarti ATPM kena dong?

    • kalo model tempelin telinga di knalpot terus di gas poll mah suara knalpot standar aja bikin budeg, *udah pernah coba di ninja 250 yang noise nya 80db aja budeg kalo telinga di tempelin di knalpot terus di gas pol*

      • Ah knalpot mimin250 blum seberapa men. coba tempelin knalpot Tornado GS (GoSong Jembret) berani gk????? kalo gk pengen asap bakul kerak telor masuk telinga. bisa flyyyy…. 2 kali efek Shabu shabu men. palagi oli samping kanan samping kiri dkasih bekas gorengan brutu. woooooooooooowwww bisa Hamsyong men….

        • @All…Intinya ga nyaman klo masuk2 Gang…Brisik je…. … Harusnya yg duluan di tindak ya yg ngejual…. (Aku pribadi lebih demen pake yg versi standart ajah….)

        • tergantung seberapa berisiknya om…
          knalpot std tetangga pagi2 kalo lg ngangetin motor juga berisik kalo di blayer2…

          tapi kalo terlalu berisik macem knalpot racing minim glasswol gw setuju. tapi gw paling terganggu ama suara klakson kek orang kesetanan…

  16. Waduh Waduh ini sih Berita buruk buat FBY men…………………….. Kalo bener peraturan ini di jalankan, di sinyalir kuat akan di tentang keras oleh para FBY. kenapa? karena para FBY Mania penguna Mio Group bertambah lagi deritanya. si samping Velk Geal Geolnya belum ada solusinya ini malah ada aturan buat kebisingan knalpot. tau kan maksud saya??????…….. Yupz knalpot Group Mio yang suka nembak nembak aka Dor Dor Bret Bret Dorrrrrrrr pasti jadi target utama pk polis. jadi saran saya buat FBY Mania untuk segera menyiapkan dana lebih diselipkan STNK buat berdamai dengan Pk Polis… selamat mencoba para Sissi FBY Mania

  17. I think this is one of the most important info for me. And
    i’m glad reading your article. But should remark on some general things, The web
    site style is perfect, the articles is really great : D.

    Good job, cheers

  18. Hukumannya kurang mengena. Pake filosofi ‘kuping dibayar kuping’. Pasang tuh kuping oknumnya dekat knalpotnya. Blayer2 dah. 1 jam cukup?

  19. yg jadi pertanyaan ….entu ngukurnya di jalan pake apa – metodenya bagaimana ……. jangan suara knalpot ….suara orang ngorok aja bisa 90 desibel kalo salah cara ngukurnya……mboknya kalo bikin aturan itu sekalian yg detail dan jelas ga abu2 kayak gini…….aturan seperti ini bayak celah buat jadi ajang KORUPSI OKNUM2 YG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB dilapangan
    tahu sendiri wereng coklat itu oknum semua…..wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

  20. Alah munafik…polisinya aja pake ko kemarin waktu ada konser dimari itu polisi yg pake n250 5 orang pake knalpot racing semua apa ditilang ato dicopot…kagak!! malah main bleyer2 sama para penonton pas dijalan…..KAMPRET EMANG.

  21. knapa pak polisi nggak brani menilang pabrik knalpot aja?kan nara sumbernya ini jga dari pabrik knalpot jga kan?maaf

  22. emang pak polisi itu suka menang sendiri kok.suka iri kalo rakyate bisa mlebihi dia.

    polisi a

  23. kalo melebihi batas sih ditilang gpp
    tapiii knalpot standard itu juga bahaya, seperti ninja dan CBR motor cc menengah yang suaranya seperti kentut apa ngk membahayakan pengendara lain yang tidak tahu kalo ada ninja/cbr(moge juga bisa) yang lewat??
    kaget, emosi dsb malah merugikan

    kenapa saya bilang begitu, fakta soalnya saya sudah dipepet ibu2 dipepet mobil alasan mrka cuma 1, “maaf mas motor ente ngk ada suaranya jadi saya tidak tahu….”

    • Knalpot terlalu silent juga berbahaya, makanya mobil mobil listrik di beberapa negara eropa di kasih speaker buat ngeluarin suara knalpot :mrgreen:

  24. Ane iseng masang sarangan tutup tengah di knalpot freeflow kok suaranyanya jd kaya knalpot sutandar ya ??? Aneh….

  25. Mantafff ulasanya kang… Gampang ngeluarin kebijakan.. Polisi main tilang aja.. Pajak kendaraan bermotor dinaikan… NTU TOLONG JALAN YANG BERLUBANG DIBENERIN.. BIAR GAK PADA CELAKA PENGGUNA JALAN…

  26. Balik lagi konsumen yang dirugikan kalo mw nangkep kenapa toko pembuat knalpot bising aja yg di razia kita uda beli kan kenapa kita yang di suruh bayar , polisi kan pinter2 banyak juga yang sarjana kenapa kok gak mikirin konsumen coba tentara yang pake knalpot bising berani gak mereka nilang

  27. Ada batas bisingnya tapi kl tiap razia gk ada alat ukurnya ya percuma.. skr aja cm asal kedengeran berisik ud ditilang pdhl blm tentu diatas ambang batas. Harley ditilang? yakin??? gk pernah ada laporannya.. lagian tuh pokis hormat sama orang berduit.

  28. Wah cbr ane gag pake klakson terus speedometer ane rusak n knlpot masih standar tapi lehernya racing kira2 kena tilang gag y?

  29. Ini mah akal akalan polishit. Biar dapet duit. Untuk impelementasinya sangat tidak jelas

    1 alat pengukur, db meter. Polishit ga punya

    2. Jarak amanya? Harus di ukur dari jalan ke rumah warga misalkan sekitar 12 meteran

    3. Kecepatan sangat variatif. Lagian motor datang suara pasti membesar motor pergi suara mengecil. Implementasinya ga jelas

    4. Suata ambang batas yg dikasih mentri rasanya setara sama suara klakson deh. Jadi ente tingal ngetin klakson sambil pake knalppt bobok. Kalo suara klakson ga kedengaan berarti menyalahi. Kalo masi kedengaran. Berarti ga menyalahi

    Sekali kali jangan denda maksimum kek. Sekali kali kalo polisi salah tilang dia harus bayar denga 10x lipat dari denda maximum biar ga asal tilang

    • setubuh sama yang ini ” Sekali kali kalo polisi salah tilang dia harus bayar denga 10x lipat dari denda maximum biar ga asal tilang”
      wkwkwkwk

  30. Aku pilih knalpot bawaan saja. Kasian yang lagi beribadah diganggu atau terusik gara2 si komo lewat.

  31. sikaat habis!! … yang pasang knalpot berisik pada nggak pakai perasaan, ngapain polisi harus pakai perasaan untuk nilang mereka

  32. Sebenernya tuh Polisi dan Penjual knalpot Racing berkerja sama..
    bilangnya gk boleh pake knalpot racing tp perdagangannya dilegalkan..
    kan kerja sama itu, itung2 dpt duit semua, pnjual dpt duit dari jualannya, polisi dpt duit dari nilangnya..
    ujung2nya tetep masyarakat deh yang sengsara lagi… huhuhuhu

  33. knalpot kalo terlalu adem n senyap malah bahaya to pk pol pk pol….knp???? ya karena di Indonesia ini banyak Ibu2 bpk2 abg anak kecil klo belok mau kanan ato kiri kagak pernah intip spion dulu, pastikan belakang aman dan nyalakan lampu sein motornya…asal nylonong aja…yg ideal itu tetep harus agak berisik tp tidak berlebihan, adanya bunyi itu kan buat penanda juga kalo ada motor di belakangnya…

  34. Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No
    07/2009 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan
    Bermotor “Tipe Baru”
    aturan ini bukan buat motor di jalan om, tapi buat standar para atpm atau produsen motor untuk membuat standar kebisingan knalpotnya

  35. Motor NJZ brisik cempreng min knalpot ny, klo vixi bas alus… gini ini mau ngganti knalpot njz biar brisikny msih enak d kuping, tpi takut kna razia.. :'(

  36. sy pernah ketilang gara2 knalpot. sy jg pernah melihat polisi pke knalpot racing tp bkan produksi pabrik alias bobokan, dan pernah melihat jg polisi di samping sya waktu jalan berdampingan sdang smsan sambil mengendarai motor.tp sya heran, knp polisinya malah melanggar yg jelas2 sdh tau salah dan yg seharusnya menegakan peraturan malah melanggar.

      • Barusan tadi saya lihat motor ditilang karena knalpot racing… Lagi lampu merah… Tibatiba pak polisi langsung lari ke salah satu motor dekat saya dan bilang di mana standard nya? Lucunya motor itu lagi mati, terus pak polisi bilang coba hidupin… Kaya standar suaranya… Tapi orangnya di suruh ke pingir jalan… Tilang atau damai saya nga tahu soalnya lampu hijau jalan semua…

Apa Komentar Pemirsa ?