Wacana pembatasan Kendaraan, Pabrikan meradang

kemacetan….. membuat Gubernur Bali menggulirkan wacanan yang menjadi sebuah kontroversi besar…

beliau menggulirkan wacanan pembatasan kendaraan baru di Bali……. atau yang dalam istilah bekennya zero growth , apa itu?

wacana yang sudah menjadi berita basi ini hadir beberapa waktu silam yang lalu pokoke,,, begini petikan nya…

Gubernur Pemprov Bali, Made Mangku Pastika menjelaskan, wacana zero growth dilakukan dengan menghentikan pembelian mobil dan sepeda motor baik dalam kondisi baru maupun seken.

"Wacana zero growth sudah berlangsung tiga pekan ini dan banyak yang protes. Tapi kami harus berani stop pembelian kendaraan," terang dia di kantornya, Rabu (20/11/2013). ( liputan 6 )…

langkahnya bagaimana gan? simple aje dah….

Made menjelaskan, dengan wacana kebijakan ini, Pemprov akan menutup akses pendaftaran kendaraan bermotor, baik yang dibeli di luar maupun di daerah Bali. Agar berjalan efektif, aturan larangan pembelian dan penjualan kendaraan akan diterapkan selama lima tahun.

"Kalau perlu kantor Samsat dan showroom tutup selama lima tahun moratorium ini diimplementasikan," jelasnya. ( liputasn 6 )

jadi, dengan menutup akses pendaftaran kendaraan, baik seken ( dari luar bali ke bali aka mutasi ) maupun baru….. dan akan dilaksanakan 5 tahun… wow… jika masih kurang, samsat dan SHOWROOM akan ditutup selama 5 tahun, wis jian,, gubernur e nyossss..

dikarenakan wacana diatas, jelas, pihak pabrikan meradang dan panas dalam, sebab, dapur mereka bakalanan melempem ( ogah ngebul ) di Bali,, bagaimana kalau daerah lain seperti DKI aka Pulau Jakarta ikutan,, opo ora geger mas bro? seperti yang ane kutip dari detik, para pabrikan KOMPAK menentang kebijakan ini.. seperti :

1. Toyota: Pembatasan Kendaraan Itu Tidak Manusiawi

"Itu tidak manusiawi. Produsen punya hak dan konsumen punya hak untuk membeli kendaraan baru," kata Johnny kepada wartawan.

2. GM : Setiap Orang Punya Hak Beli Mobil, Tidak Bisa Dibatasi

"Kami yakin setiap orang punya keinginan untuk membeli mobil dan itu tidak bisa dibatasi. Masa orang mau beli mobil kita batasi itu kan tidak mungkin," ujar Dunne kepada detikOto di Jakarta.

3. Indomobil : Bos Indomobil: Pembatasan Kendaraan Itu Salah!

"Kalau menurut saya pembatasan kendaraan itu cara yang salah," tegasnya kepada detikOto.

"Pajak yang disumbangkan oleh kendaraan itu sangat besar. Tapi mana, digunakan untuk memperluas jalan tidak?," tanya Subronto sambil tertawa.

dan bisa jadi, banyak yang berperan di lingkaran otomotif akan melakukan hal sama… duit je….

pertanyaan mengenai hak asasi, bisakah Hak Asasi manusia di tegakkan sepenuhnya?

nah, kalaupun kebijakan ini segera berlaku khususnya di kota2 besar, mbok ya o,, aka harusnya, kota yang sedang melakukan program ini dalam waktu tersebut memperbaiki infrastruktur semaksimal mungkin seperti jalan, mass transport aka transportasi masal, pembenahan trotoar, dan perbaikan lainnya yang memungkinkan untuk dilakukan….

mungkin langkah ini juga dimaksudkan untuk pemerataan kendaraan di luar pulau yang padat penduduk ya?

bagaimana wacana ini menurut pemirsa, kalau bali sudah laksanakan atau paling nggak sudah siap laksanakan wacana zero growth ini, daerah lain bisa jadi siap nyusul ( jogja disinyalir, soalnya jogja kota udah macet gan….. )

semoga berguna…

sumber :

bisnis.liputan6.com/read/751348/langkah-berani-bali-stop-penjualan-mobil-dan-motor

posbali.com/pembatasan-kendaraan-sangat-penting/

oto.detik.com/read/2013/12/06/210653/2435054/648/bos-indomobil-pembatasan-kendaraan-itu-salah?o991102638

oto.detik.com/read/2013/12/02/150521/2429920/1207/1/toyota-pembatasan-kendaraan-itu-tidak-manusiawi

oto.detik.com/read/2013/12/05/110617/2433133/1207/setiap-orang-punya-hak-beli-mobil-tidak-bisa-dibatasi?o991103638

123 KOMENTAR

    • Bentar lagi muncul wacana baru di jakarte. masyarakat jakarte pasti setuju dbatasi beli kendaraan bermotor. karena yang dbutuhkan warga jakarte adalah “perahu”. jadi di pulau jakarte masyarakat lebih butuh “perahu” buat nyebrang ke pulau jawa…

  1. Yg penting kebijakannya tidak berdampak pada monopoli harga oleh pengusaha angkot,
    harga bbm naik aja pemerintah ga bisa mengendalikan ongkos angkot, apalagi kendaraan pribadi jumlahnya dibatasi,

  2. Itu tidak manusiawi. Produsen punya hak dan
    konsumen punya hak untuk membeli kendaraan
    baru,” kata Johnny kepada wartawan.

    Kita juga punya hak menikmati jalan bebas macet.

  3. trus setelah larangan tersebut jalan gimana nasib yang jualan (dealer dan karyawannya)? pegawai samsat jadi pengangguran or dimutasi job? kenapa ngga coba terapin aturan seperti ini motor/mobil yang usianya sudah 5tahun harus di recycle..kalau tidak di recycle beban pajaknya akan dikenakan 10X lipat ditahun ke 6 dan 5X lipat ditahun ke tujuh dst.. mungkin orang banyak akan mikir2 mau melihara barang (kendaraan) tua.. membatasi pembelian perlu dikaji lagi tuh..

        • Itu namanya makin menambah jumlah kendaraan terus menerus. Karena orang mungkin akan beli baru lagi. Dan makin menguntungkan pemerintah + atpm + show room + leasing. Karena mereka yg dapat bagian terus.

          • Tull om..ujung2 nya pemerintah hanya oro ke kalangan atas aja..lain halnya om2 birokrat kita memperjuangkan alat transportasi massal yg memadai di saat yg sama saat peraturan tsb itu di laksanakan..itu baru namanya keadilan kerakyatan..:)

        • ini komentar paling aneh…. njur orang tidak mampu malah disuruh pajak 10x lipat, pikiran ente dimana bro? mereka hanya bisa beli yg second mlh msih hrus pajak segitu, pikiran ente tidak manusiawi bro, menyambung hidup dengan kendaraan seadanya mlh diperas, yg hrusnya pajak digedein itu kendaraan baru, berpendapat sak enak udelmu…. menurut ane mending kebijakan di bali trsbut sdh benar, kalau perlu diadakan pula prosesi pembakaran kendaraan baru… emosi ane liat pengendara mobil murah baru di mari, alay semua….. dikira jalan milik pribadi? bakarrrrrr

    • Wah motor taun 76 ane kena berapa om?
      Padahal ane dah berhasil mengurangi penambahan 1 kendaraan di jalanan.

      • wah angka yang ane ketik kan cuma asal aja om.. kalo pemerintah mau pake cara itu pasti angkanya disesuaikan..

      • oh iya satu lagi bro. apa benar memelihara kendaraan dari tahun baheula sampai sekarang itu dikatakan mengurangi penambahan jumlah kendaraan? bukannya justru itu menambah akumulasi jumlah kendaraan ya? cmiiw

        • yang lama di daur ulang masbro..untuk menyeimbangkan pertumbuhan produk baru.. kalo ketetapan selama ini kan makin tua barang (kendaraan) semakin murah pajaknya..apalagi vespa njadul yang ngga keurus sama sekali pajaknya dan udah gajelas bentuknya masih aja bebas sliweran…yang usang didaur ulang supaya populasi kendaraan bisa dikendalikan.. masalah perilaku konsumtif menurut ane sih ngga juga tuh.justru pemerintah bisa pakai momen ini untuk ajang peralihan pemakai kendaraan pribadi ke transportasi massal..dan masyarakat akan lebih matang dalam mengelola keuangannya…kalo usia kendaraan udah mendekati masa tenggang siap2 nabung untuk 1. beli kendaraan baru, dengan kesadaran untuk memberikan kendaraannya ke dinas yang ditunjuk untuk mendaur ulang kendaraan usang, atau 2. untuk bayar pajak yang lebih mahal di tahun ke-6,7,dst sampe doi ngerasa udah waktunya kendaraan tersebut di daur ulang..dalam hal ini mungkin pemerintah menyebutkan waktu maksimal kendaraan tersebut beroperasi.. misal 10 tahun. dengan adanya ketetapan seperti ini bisa jadi ajang peralihan pengguna kendaraan pribadi ke transportasi umum masal akan mencapai kesuksesan..asal bener2 dikelola dengan baik transportasi massalnya..

    • kebijakan pemerintah singapura yo ini mas..tapi ya balik lagi MRT disana udah jalan dengan baik, lah disini? 😐

  4. menurutku juga ga ites.ga masuk logika akal sehat.
    daripada mebatasi penjualan mending buat UU tentang pembelian mobil. coNtoh aja, 1keluarga ada ayah ibu 2orang anak cukup dijatah 1mobil&2motor..jadi alasan timbul macet bisa dicegah.
    ga kaya sekarang 1keluarga aja bisa punya motor lebih dari 2,begitopun mobilnya.nah kalo si ibu mau kepasar bawa motor sendiri,ayah ngantor bAwa mObil,anak ke1 ngapel bwa kendaraAn pribAdi sendiri terus anak ke2 dst jga begito ya dijamin bakal penuh kendaraAn dijalan raya.mahetTTtTT DAH

  5. KLo saya teruskan kebijakan seperti itu…Itu bodohnya pemerintah pusat kita…..Maunya mobil murah biar semua terjangkau…..lha hal spt ini sama wae membiRKn jalan macet…..apalagi ane paling sebel klo liat orang bawa mobil cuma seorang bikin macet aja……

    Kayak dijepang deh liat…..pajak mobil + uang dp pada dimahalin agar org tidak membeli kendaraan seenaknya….

    Kita juga punya HAK buat menikmati jalan lancar, udara segar….

  6. ga usah dibatesi…nanti jg org qt sadar punya mobil byk jg buat apaan…toh duit yg beli duit dy sdri..lain cerita kl duit korupsi…
    mending beli rumah yg banyak ^^

  7. Ora kebagian jatah dari dealer po ya? Ko pake perang ma dealer ki? Opo klo kw punya kendaraan baru trus bilang WANI PIRO?

    • ooo tidak bisa..pelat luar udah diincer.
      enak aja bayar pajak diluar bali tapi make jalanan bali.
      kalo mau make ya silahkan dimutasi or minta surat jalan

      • Ya elah om om,ini mah dah undang2 akal2 lan.yg sengaja bikin susah rakyat namanya.jadi mo nya gimana,????? Rakyat ga boleh punya kendaraan?? Gituuu???

  8. Ra sah kemaki pak gubernur, mobil pemda selama 5 tahun ora ono sing anyar po? Pejabat baru biasanya mobil dinasnya batu juga, cari sensasi aja nih pejabat satu ini…ra bakal milih nek nyalon…gah men!!!!”

  9. pendapat ane,.pembelian mobil jangan dibatasi dulu,tp benahi dulu sistem transportasinya,.bikin orang naik bus nyaman,aman,tepat waktu,buat subway,monorel,trem bila perlu,bikin juga jalur kereta dalam kota…atau juga bikin car free seminggu 4 kali!

    • Masalahnya itu gan kadang dri rumah ke halte g ada kendaraan atau alat transportasi pendukung. Ckck gimana mau bisa transportasi massal.

    • orang indonesia mesti digetokin dulu kepalanya baru jalan kalo soal penggunaan transportasi massal. kalo ada duluan ada aja alasan buat ga make. mestinya sih dipaksa dulu, trus diperbaiki

  10. Duit pajak mobil d korupsi. Padahal bisa buat lebarin jalan. Atau bikin fly over. Kali aja tuh misalkan jumlah mobil yg laku dalam 1 tahun 300rb unit x pajak yah anggap aja 1,3jt (kalau g salah avanza segitu dan anggap semua pajak mobil sama dengan avanza) berapa dah duit itu? Belum lagi kalau sama mobil lama. Dan itu juga kan belum pajak mobil mewah. Cuman mobil sekelas avanza aja baru yg d hitung. Coba kalau mobil sekelas Crv atau cx5 bahkan mobil super sport berapa jumlah pajak nya itu. Masa g bisa bangun jalan. Ckck

  11. “Pajak yang disumbangkan oleh kendaraan itu sangat besar. Tapi mana, digunakan untuk memperluas jalan tidak?,” tanya Subronto sambil tertawa.
    ^ nah nah nah josss tuh pernyataannya 😀 😀
    kemanaaaaaaaa

    • mau diperluas seberapa lebar tong? selebar 3 lapangan sepak bola? 😆

      di JAWA udah jarang ruang terbuka hijau, yg ada jalan sama perumahan

      lo mau hirup oksigen dari mana? dari congor kenalpot? 😆

      ====

      apalagi di BALI itu pariwisata yg ditonjolkan dengan KEINDAHAN ALAM yg masih ASRI dan NATURAL

      masa iya BALI ntar kaya Pulau Jakarta? dimana2 macet, gak ada wisata alam karena lahan cuman dibangun jalan yg menguntungkan para produsen, wkwkwkwk

      para pejabat dealer ya gak setuju lah, wong mereka cuman mikirin duit, gak mikirin fasilitas jalan yg ada, yg penting produk mereka laku, 😆

      oya ane lupa, paling elu sales kan, ya jelas gak setuju 😆

      jualan di bulan aja tong 😆

  12. Ane juga ga setuju. Mending yg di larang jumblah mobil dan motor diatas usia 1 taun. Habis itu ga bisa di pake. Jadi ya pabrikan tetep ngebul. Dan rakyat bisa beli mobil dan motor baru. Tapi motor lama harus di buang.

  13. Sales….. gak makan.
    Bengkel ….. rejeki aman.
    Hrs ada yg berani terobosan spt ini…. di evaluasi stlh bbrp thn… efektif gak.nya.

  14. Klo bs beli barunya aja yg dbatasi.
    Ato cara laen spt:
    Tiap senin dan kamis g boleh ada kendaraan plat hitam broperasi
    Kendaraan dinas berupa sepeda
    Daerah perkantoran cm ada taman jalur sepeda dan pejalan kaki
    😀
    mimpi doank, hehe

  15. emange pajek minggo perluasan jalan..pernyataan konyol banget..lahannya aja udah semakin sedikit kok pajak lari ke perluasan jalan tok.. 😐
    solusinya ya harusnya pajak progresif dan jalan berbayar seperti di singapura..namun syaratnya ya angkutan umum HARUS memadai..

    • oiya, mungkin bukan pelarangan penjualan..tapi lebih ke pembatasan saja..misalnya kuota motor dan mobil maksimal berapa yang terjual dalam sebulan..toh kalo ribet nanti masyarakat juga lebih berpikir kalo mau beli..

      • Kalau meluasnya ke samping emang g bisa gan. Kalau ke atas (fly over) gimana? Masih bisa kan yah?

        • nanti atas juga tambah ruwet mas..biaya membuka jalannya pastinya lebih tinggi..dan tentu butuh infrastruktur pendukung dengan biaya tak kalah tinggi juga..sebagai contoh jalan tol bali itu pembangunannya berapa lama dan berapa biaya total termasuk infrastruktur pendukungnya.. -_-

  16. setelah peraturan ini berjalan angka kriminal di indonesia terutama kota besar meningkat karena banyak pengangguran akibat dari tutupnya pabrik dan shorum kendaraan….

      • itu karena elo belum pernah jadi korban kriminal, tak doakan semoga elo gak pernah jadi korban deh… gak enak sekali rasanya….
        Hidup aman damai sejahtera itu yang di cari semua orang…

  17. sori ane beda…ane gk setuju pembatasan yg kaku spt itu…kecuali ada point2 yg lain…misal untuk usaha…lha kl orang yg bisnisnya disitu gimana… misal mau bikin rumah aja…yg nganterin material ngangkutnya pake apa…terus yg punya usaha dagang misalnya dulu masih pake motor…lha terus ekonomi semakin membaik masa gak boleh naik kelas…( baca: kulakan dgn mobil )..apa masyarakat bali gak boleh kaya kali…apa mungkin menurutnya mobil itu haram..cari sensasi aja tuh orang…yg kasus lampung waktu itu…ini bukan orangnya ya…???…atau misalnya aturan itu berlaku..misal ada saudara atau keluarganya yg beli ( kan keluarga gubenur )..sangsinya apa buat dia…turun jabatankah….ada2 aja nih orang.

    • emang orang kaya harus punya mobil yak? 😆

      kalo mau beli mobil, beli aja yg bekas di daerah bali kan ada lah,, masa iya di bali gak ada mobil bekas? 😆
      apalagi buat bisnis, ya beli aja yg bekasan, kan kata elu buat angkut material doank 😆

      kalo gak mau pindah aja ke jakarta, bebas mau beli mobil 10 biji juga 😆

  18. waduh. bakalan ora ngebul kiye dapure. waktu pembatasan DP aja udah pada kelimpungn pabrik2. ahm yimm suzuki dan vendor2nya ikut kena dampak. produksi dikurangi ujungnya PHK bgi nyang masih kontrak.

  19. wong pembeli banyak ya tetep produksi. coba kalo pembeli gada. pada jalan kaki semua dengan sendirinya produsen kurangi produksi atau tutup malah

  20. mending yang dilarang bebek aja,
    larangan peredaran motor bebek. ..benci soalnya,
    harii gini bebek^? :mrgreen:

  21. Misalkan, penjualan motor/mobil naik 10%, kendaraan yang beroperasi dijalan ga akan naik segitu, orang punya mobil/motor banyak juga ga mungkin dipake/keluar semua. Pembatasan/pelarangan bukanlah ide cerdas.

  22. josss!!! tegas tenan gubernure. Disinyalir ora mempan disogok kui,musuhe pabrikan mobil gede gede padahal..
    Semoga berjalan pak kebijakannya 🙂

    • wakkaak…. nggak mempan disogok??? yang bener tuh anak dan keluarganya punya usaha angkutan umum dan rencar, jadi kalo semua punya kendaraan sendiri angkutannya gak laku..

      • ya berarti bagus dong,beliau memberi kebijakan tapi juga memberi solusi. Daripada mengurangi hak kendaraan pribadi tapi transport masal ga memadai?
        Toh mungkin kalo mau nunggu instansi pemerintah yang nyediain pasti bakalan molor dan ga beres kerjaannya,jadi kalo dikelola sendiri mungkin lebih mudah teratur dan terpantau.

        • wakakakak…. membatasi pengurusan ijin mobil pariwisata tapi keluarganya memborong 1000 unit mobil untuk pariwisata…. ????
          yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin….

  23. gpp ane dukung dgn sangat pengguna mobil pribadi di bali khususnya denpasar pd stupid smua SIM nya bnyk yg nembak kqli tuch naek mobil udh kyk naek bebek atau matic sruntulan wae blm lagi klo ujan gini d gak brani kluar ntar pas reda pd rame2 kluar bikin penuh jln aja

  24. gpp ane dukung dgn sangat pengguna mobil pribadi di bali khususnya denpasar pd stupid smua SIM nya bnyk yg nembak kali tuch naek mobil udh kyk naek bebek atau matic sruntulan wae blm lagi klo ujan gini pd gak brani kluar ntar pas reda pd rame2 kluar bikin penuh jln aja

  25. bali bakalan di boikot sama produsen kendaraan, ayo produsen mobil motor tarik distribusi. jangan di kasih spearpart bali, tar harga spearpart mahal kan warga bali bakalan demo sama gubernur terus ganti gubernurnya….. kalau ga dibali cuma ada grobag sapi.

  26. di atur o susah

    NITIP LAPAK KANG
    YANG MAU KREDIT MOTOR BISA DISINI
    syarat cuma KTP n KK bandung
    DP bisa pakai motor bekas (DARI TAHUN 1993-2013 SAYA TERIMA GAN,ASAL JANGAN MOTOR CURIAN)
    data di bantu sampai beres
    diskon akhir tahun 500rb-2,000,000 cuma dsni yang berani , hehe
    type n warna ap aj siap ready

    http://wijayamotorbandung.blogspot.com/

  27. kalo menurut ane gk tepat juga dg pembatasan kendaraan harusnya pajak sama harga kendaran pribadi itu yg mahal sekalian biar org mkir 2x buat beli kendaraan kalo bisa sistem kredit dihapus biar org gak gmpg beli kendaraan baru dg sistem ini tp ya transportasi massal harus memadai sama infrastruktur jalan juga harus bagus n dirawat berkesinambungan agar masayarakat lbh memilih naik transportasi massal drpd kndraan pribadi kaya dinegara2 maju gitu……masa indonesia gk bisa sih ato jgn2 meg anggaran selalu dikorup jd sampai kapanpun indonesia susah utk punya transportasi massal dan infrastruktur jalan yg bagus…kalo bisa buat TOL trans jawa….biar semua mobil dr jakarta sama surabaya hanya melintasi TOL dan gk masuk2 kekota2….

  28. Di daerah Kaltim sini jalanan masih sepi dan bebas hambatan tapi kalau di bagian kota Samarinda dan Balikpapan tiap hari macet karena jumlah mobil lebih banyak daripada motor,secara Kaltim daerah kaya,banyak pengusaha disini.

  29. abu tsaqif pada 8 Desember 2013
    pada 23:21
    bali bakalan di boikot sama
    produsen kendaraan, ayo
    produsen mobil motor tarik
    distribusi. jangan di kasih
    spearpart bali, tar harga spearpart
    mahal kan warga bali bakalan
    demo sama gubernur terus ganti
    gubernurnya….. kalau ga dibali
    cuma ada grobag sapi.

    @@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@

    aneh2 aja…
    yg ada pabrikan kena getahnya sendiri kalo sampe dilaporin YLKI…
    gak masuk akal…

    secara umum peraturan nie bagus bgt, untuk membatasi populasi mobil plat hitam…
    mgkin butuh sedikit modifikasi, seperti…
    -jumlah kendaraan baru hanya boleh sekian ribu perbulan
    (pembatasan, dibarengi penambahan luas jalan)
    -setiap pembelian satu kendaraan baru harus dibarengi dengan penghilangan satu kendaraan lama
    (untuk tujuan daur ulang atau terjual ke luar wilayah yg minim populasi kendaraan)
    -setiap nama terdaftar di kependudukan hanya boleh memiliki satu type kendaraan pribadi mobil atau motor
    (harus pilih salah satu)
    -setiap konsumen yg ingin membeli kendaraan baru/bekas harus memiliki lahan parkir yg memadai di lingkungan tempat tinggalnya (yg mau beli mobil harus punya tempat parkir mobil, yg beli motor jg harus punya tempat parkir motor;biar gak seenaknya parkir kendaraan dipinggir jalan)
    -setiap nama terdaftar di kependudukan hanya boleh membeli/berganti kendaraan (pribadi) baru/bekas sekali dalam rentang waktu minimal 5th atau lebih
    -komsumen yg ingin membeli kendaraan baru/bekas diwajibkan telah memiliki SIM untuk type kendaraan yg dimaksud
    -total kendaraan pribadi dibatasi sekian juta unit (sesuai yg terdaftar dikepolisian, jadi kalo kuota penuh ya stop, kalo pingin kosong satu ya harus dihilangkan satu, didaur ulang atau jual keluar wilayah)
    -pembelian kendaraan baru hanya boleh dilakukan secara cash (biar gak ada buyer karbitan)

    ya itu sebagian opini pribadi, mungkin yg lebih berkompeten bisa memikirkan kebijakan yg lbih baik…
    biarpun setuju-setuju aja dgn peraturan barunya, kalo dilakukan sedemikian frontal memang terlalu arogan…

    • nah, setuju nih ama om citah..
      tambahin om
      -polisi harusnya tilang mobil plat hitam yang isinya cuma 1atau2 penumpang, kecuali mobilnya buat angkut angkut barang.
      -pembelian mobil, untuk 1kartu keluarga hanya boleh 1mobil. 1nama penduduk yg punya sim hanya diperbolehkan maks. punya 2 motor (motor atas nama sendirisendiri)
      -pajak di 5tahun pertama kendaraan baru dibuat tinggi banget, tahun ke6 dst terus berkurang.

  30. aduh, kena moderasi…

    pan, bisa tampilin komen ane yg nyangkut gak?
    kali aja dibaca sama gubernur bali, hhe

  31. cheetah250hp pada 9 Desember
    2013 pada 10:07
    Komentar Anda menunggu
    moderasi
    abu tsaqif pada 8 Desember 2013
    pada 23:21
    bali bakalan di boikot sama
    produsen kendaraan, ayo
    produsen mobil motor tarik
    distribusi. jangan di kasih
    spearpart bali, tar harga spearpart
    mahal kan warga bali bakalan
    demo sama gubernur terus ganti
    gubernurnya….. kalau ga dibali
    cuma ada grobag sapi.
    @@@@@@@@@@@@@@@@@@
    @@@@@
    aneh2 aja…
    yg ada pabrikan kena getahnya
    sendiri kalo sampe dilaporin
    YLKI…
    gak masuk akal…
    secara umum peraturan nie bagus
    bgt, untuk membatasi populasi
    mobil plat hitam…
    mgkin butuh sedikit modifikasi,
    seperti…
    -jumlah kendaraan baru hanya
    boleh sekian ribu perbulan
    (pembatasan, dibarengi
    penambahan luas jalan)
    -setiap pembelian satu kendaraan
    baru harus dibarengi dengan
    penghilangan satu kendaraan
    lama
    (untuk tujuan daur ulang atau
    terjual ke luar wilayah yg minim
    populasi kendaraan)
    -setiap nama terdaftar di
    kependudukan hanya boleh
    memiliki satu type kendaraan
    pribadi mobil atau motor
    (harus pilih salah satu)
    -setiap konsumen yg ingin
    membeli kendaraan baru/bekas
    harus memiliki lahan parkir yg
    memadai di lingkungan tempat
    tinggalnya (yg mau beli mobil
    harus punya tempat parkir mobil,
    yg beli motor jg harus punya
    tempat parkir motor;biar gak
    seenaknya parkir kendaraan
    dipinggir jalan)
    -setiap nama terdaftar di
    kependudukan hanya boleh
    membeli/berganti kendaraan
    (pribadi) baru/bekas sekali dalam
    rentang waktu minimal 5th atau
    lebih
    -komsumen yg ingin membeli
    kendaraan baru/bekas diwajibkan
    telah memiliki SIM untuk type
    kendaraan yg dimaksud
    -total kendaraan pribadi dibatasi
    sekian juta unit (sesuai yg
    terdaftar dikepolisian, jadi kalo
    kuota penuh ya stop, kalo pingin
    kosong satu ya harus dihilangkan
    satu, didaur ulang atau jual keluar
    wilayah)
    -pembelian kendaraan baru hanya
    boleh dilakukan secara cash (biar
    gak ada buyer karbitan)
    ya itu sebagian opini pribadi,
    mungkin yg lebih berkompeten
    bisa memikirkan kebijakan yg lbih
    baik…
    biarpun setuju-setuju aja dgn
    peraturan barunya, kalo dilakukan
    sedemikian frontal memang
    terlalu arogan…

    mudah2an jgn kena moderasi lg…

  32. janganan ngaku kaya kalo masih minum jatah orang miskin mending yang punya mobil suruh naik angkot ajah…kalo masih mobilnya di minumin premium…..tapi di indo itu aneh bayak orang kismis ngaku kaya tapi prilaku masih ngembat jatah orang kismis….

  33. 1. Yg mw beLi kendaraan gak bisa kredit Lgi. Harus “CASH”. Jdi org bkaL brpikir mw ngmbiL yg baru dan tidak membatasi penjuaLan.
    2. Samsat ttp buka, peLayanan ttp spt biasa tpi utk yg mw mutasi ke BaLi ditutup dLu.
    3. Kendaraan pribadi yg mw msuk ke BaLi (seLain pLat BaLi), dikenakan biaya masuk yg tinggi kecuaLi angkutan barang dan umum yg sudah teregistrasi.
    4. Transpotasi massaL ditingkatkan.
    5. Kampanye penggunaan kendaraan ramah Lingkungan spt sepeda, otopet, skateboard, dLL.
    Insya ALLah macet jdi berkurang, udara Lbih bersih, transportasi massaL mkin nyaman, dan beban subsidi BBM juga berkurang.

  34. dihapuskan saja sistem leasingnya, kalau mau beli ya cash…kendaraan membludak kan setelah ada leasing..pada bawa mobil baru juga mayoritas kredit doang

  35. Yg bener tuh gini om2..pemerintah propinsi manapun di NKRI ini sudah harus memikirkan transportasi masal yg manusiawi dan ekonomis bagi rakyatnya..itu harus!! Suka ga suka,berat ga berat bagi pemerintah itu harus,wajib…abis gitu baru lah silahkan ngomong pembatasan kendaraan kek,pajak berlapis kek,daur ulang kek terserah…yg penting sediakan dulu tranportasi masalnya..yg nanti masyarakat sendiri yg akan membandingkan mana yg lebih baik mengunakan transportasi masal ato kendaraan pribadi..itu yg fair..adil buat semuanya..klo cuma ngomong dan memerintahkan ato ngasih ide2 yg parsial mah ga akan selesai2 urusan yg kayak gituan di negara ini…
    Salam bagi anak bangsa..

  36. Klo mo contoh ke singapura,nyontohnya jgn parsial juga,masa pajak kendaraan gede di mereka aja yg mo dibandingkan.bandingkan juga gimana pemerintah mereka fokus dan jorjoran bikin mrt di seluruh penjuru negri mereka..pemerintah kita ga ada dana???!!!!! Itu urusan pemimpin!!! Ga bisa mecahin masalah itu ya jgn jadi pemimpin..jmn sekarang yg kita butuhkan adalah pemimpin yg bisa mecahin masalah sekarang dan akan datang bansa kita..kita ga butuh pemimpin yg cuma bisa bikin peraturan parsial ,sementara, apalagi yg sifatnya cuma coba2..iiihhhh amit2

Apa Komentar Pemirsa ?