Tata Motors Mini CAT mobil tenaga udara bertekanan

meskipun bukan yang pertama kali di dunia, tata motor pun sudah mulai ikutan main mobil bertenaga udara yang bertekanan…… atau compressed air car

Tata-Mini-CAT-Air-Car-3

seperti apa sih mobil tenaga udara ini?

Tata-Mini-CAT-Air-Car-4-625x353

tata motor bekerja sama dengan mantan insinyur MDI ( pabrikan mobil udara di france ) untuk membuat mobil tenaga udara bertekanan….. bernama mini CAT atau Air Car..

mesin mobil ini konvensional dengan piston, namun bertenaga udara yang di kompress dalam 2 tabung udara sebagai sumber energinya

 

Tata-Mini-CAT-Air-Car-engine

,mesinnya seperti diatas, dan diklaim mampu lari dengan kecepatan tertinggiu 105 km/jam

tata motor mengatakan bahwa dengan 2 tangki udara yang terisi penuh, mobil ini sangggup melaju sejauh 300 km, dan dapat diisi ulang di stasiun pengisian udara tentu ( dengan kapasita besar ) dengan waktu pengisian 3-4 menit dengan biaya sebesar 2$ ( mampu menempuh 300 km, hemmm ), dan juga dapat diisi dirumah dengan membeli perangkat kompressor khusus ( daya kecil )dengan waktu pengisian sekitar 4 jam

mobil ini berkonfigurasi 6 penumpang serta menggunakan tangki gas berbahan serat karbon dengan volume 340 liter dan tekanan 4350 Psi ( berapa bar tuh 😀 , perbandingan saja, ban belakang megison tekanannya 33 Psi 😀 ), rangka tubular dengan body juga fiberglass yang menyebabkan mobil ini ringan…

Semua aksesoris dan peralatan dalam mobil yang didukung oleh mikroprosesor. Emisi yang dihasilkan yaitu UDARA dengan suhu 0 sampai dengan minus 15 derajat, ademmmm 😀

Rncananya mobil ini meluncur 2012, namun mundur ke 2013, dan saat  ini 2013, belum ada keterangan lanjutan, bisa jadi karena terkendala masalah jarak tempuh dan udara yang dingin menyebabkan turunnya tenaga mesin, masih dikembangkan lebih lanjut 2 masalah ini, serta bisa jadi 2014 mendatang baru di jual untuk publik, waw… harganya? $12.700 saja 😀

apa saja keunggulan dan kelemahan mobil bertenaga udara bertekanan ini? kita bahas kapan-kapan….

press release pertama tata motor akan mobil tenaga udara ini…

May 7, 2012, Mumbai: In January 2007, Tata Motors and Motor Development International (Luxembourg) signed a licence agreement that enables Tata Motors to produce and sell compressed air cars using MDI technology in India. The agreement covered two phases of activity encompassing the technology transfer and proof of the technical concept in the first phase, and in the second phase completing detailed development of the compressed air engine into specific vehicle and stationary applications.

The first phase of this programme — proof of the technical concept in Tata Motors vehicles — has now been successfully completed with the compressed air engine concept having been demonstrated in two Tata Motors vehicles.

In the second phase of the development, the two companies are working together to complete detailed development of the technology and required technical processes to industrialise a market ready product application over the coming years.

pertanyaan :

1. udara bertekanan dapatnya dari apa hayo?

2. efisiensi dari mesin kompressor yang di suntikkan ke tabung udara bertekanan ?

3. efisiendi mobil udara?

semoga berguna…

sumber :

greenoptimistic.com/2012/03/21/tata-mini-cat-launch-d

caradvice.com.au/141944/tata-motors-mini-cat-air-car-to-debut-in-2012/

gizmag.com/tata-motors-air-car-mdi/22447/

44 KOMENTAR

  1. bukannya yang buat nggerakin kompresor setidaknya tenaga dari motor listrik,nah darimana tenaga motor listriknya?

    kalo cuma ngandalin aki kayaknya energinya kurang deh,mau pake batere li-ion kayak electric vehicle?
    sama aja harus ngecas dong :mrgreen:

    • Tenaga motor listrik ya dari listrik dong 😛
      Motor listriknya bukan nempel di mobil, motor listrik di tinggal di rumah untuk pengisian dengan daya rendah, atau motor listrik raksasa yang ada di stasiun pengisian.

      Aki di mobil cuma buat perangkat elektronik, bukan untuk ngompres udara 😀

  2. gag yakin teknologi ini bakal di pakai masal pada zaman sekarang atau 2-5 tahun kedepan…kenapa,,,lah nanti banyak yang ndag punya duit lagi (terutama yang tergantung dengan emas hitam)
    ciri manusia kan meraup untung dahulu…

  3. kompresor dgn tenaga matahari… ditaruh dimobil jd deh mobil tenaga udara plus kompresor diruang mesin … beli mobil tanpa beli bbm lagi seumur hidup kecuali rusak komponennya.

    • Energi matahari di ubah ke listrik,
      Energi listrik di ubah ke gerak.
      Energi gerak dirubah ke udara bertekanan.
      Energi tekanan di rubah lagi ke energi gerak.

      Buang buang energi, mas Bro.
      Kecuali efisiensi alat (kompresor dan mesin mobil) 100%
      Kalo pake panel surya mending listriknya simpan ke dalam aki saja, jadi mobil listrik. Daripada menyimpan energi dalam bentuk bertekanan.

  4. sepertinya semakin berkurang tekanan dalam tabung kecepatannya akan berkurang juga. kalau untuk drag race mantab sekali teknologi ini. gak perlu kompresi tinggi.. karena sudah bertekanan tinggi..

  5. Di kombinasikan dengan tenaga panas batubara, bisa menambah jarak tempuh.

    Panasin aja tangki udara nya, otomatis tekanan udara akan bertambah.

    Strategi iritnya: Isi tangki dalam kondisi dingin, penggunaan jalan pakai pemanas tangki. Jozzzzz…. semburan angin nya.

  6. kemarin ada sepeda udara. pakai digejot sama body loncat2. lagh kalo ini disimpen di tabung. serem meledak mas pan 🙁

  7. Udara bertekanan bisa pakai oxygen mas.
    tapi pakai liquid yg bagus jadi tekanannya tetep tinggi.
    cara dapetnya bisa ke pengisian tabung gas mas.

  8. Kalo tabungnya meledak, bukan cuma mobil + penumpangnya yg hancur.. mobil2 di sekitarnya juga terburai

Tinggalkan Balasan