Honda CBR 1000 Vs Suzuki Smash 110, 2 tewas di Semarang, perlunya SIM berjenjang?

kemaren pesbuk sempat dihebohkan dengan berita  kecelakaan, Honda CBR1000 VS Suzuki Smash 110 sese…..

Honda CBR1000 VS Suzuki Smash

kronologinya?

semarang, 23 Nopember 2013terjadi kecelakaan sepeda motor antara honda CBR1000 Vs Suzuki Smash 110 di jalan Bidjen katamso Semarang, 2 tewas, kejadian ini terjadi sekitaran pukul 15.30 Motor Honda CBR1000 1998 nopol B4153RS melaju kencang… kemudian dari gang muncul motor smash 110 nopol H2238DE yang hendak menyebrang……

Smash mau nyeberang pelan-pelan. Tapi belum sempat menyeberang, Smash-nya dihantam CBR dari Timur keras sekali," kata salah satu saksi, Dedi (17) di lokasi kejadian, Sabtu (23/11/2013).

akibat tabrakan maut tersebut, 2 motor ini mental….. pengendarai suzuki smash  Irwan (20), warga Jalan Plamongan sari RT 02/01 Semarang tergeletak di tengah jalan. Sementara pengendara CBR, Mualim, warga Jalan Srinindito Timur, Ngemplak Simongan, Semarang terpental dan menghantam mobil Kijang H 8568 JG yang datang dari arah Barat.

"Yang naik CBR menghantam bagian depan Kijang sampai penyok, sepertinya langsung tewas. Pengendara Smash sempat berusaha duduk sambil memegang kepala, tapi langsung jatuh lagi, meninggal," tandas Dedi.

"Jenazah dibawa ke kamar mayat RSUP Dr. Kariadi Semarang," kata Kanit Laka Polrestabes Semarang, AKP Slamet.

jadi intinya…. honda CBR1000 ngebut, ada yang nyebrang,, dan brakkkk….

kenapa ada kaliman belum sempat menyebrang, nyebrang pelan-pelan? yups, banyak pengendara di jalan raya sini yang melakukan hal tersebut, namanya MLIPIR, nekat nyebrang pelan2 dalam traficc yang bisa dibilang padat, ramai, nan berbahaya, hasilnya bisa seperti ini…. so monggo, bisa diambil pelajaran…


naik moge? perlunya SIM berjenjang,….

mengamati kedua pengendara tersebut, harusnya sudah punya SIM, yakni SIM C, namun, apakah sim C naik bebek setara sim C naik Moge. menurut undang-undang yang berlaku sih sim C = motor, padahal, faktanya motor pun ada kelas-kelasnya…. apa iya … pemirsa yang punya sim C naik bebek langsung bisa mahir naik mogeh? ane rasa nggak semudah itu….

uniknya, di indonesia ini banyak yang enteng saja beli moge,,, namun apakah kematangan mental, fisik dan lain sebagainya sematang dompetnya? maka dari itu ane kira perlunya SIM berjenjang…

naik moge pun nggak semudah naik bebek ke moge 1199 cc dan diatasnya… perlu adanya latihan dari cc cc sebelumnya…

bebek110 ke sport 150 udah mak nyutt, naik ke 250 mak glek, naik ke 650 blaikk,, naik ke 600 4 piston, wuzzz, naik ke 1000, kemudian 1199, kemudian 1300, 1400, 1800 dan sebagainya, perlu pembiasaan..

semestinya SIM berundak aka berjenjang ini perlu, seperti sim B… misal sim C1 = maks 150 cc, sim C2 maks 500 cc, sim C3 maks 1000cc dengan ujian yang ketat dan sesuai kelasnya….

utamakan keselamatan sebagai kebutuhan bersama….

semoga berguna….

sumber berita kecelaan :

news.detik.com/read/2013/11/23/173401/2421603/10/cbr-1000-cc-tabrak-suzuki-smash-dua-orang-tewas

117 KOMENTAR

  1. Tragis benar..ngebut dijalan jd benjut..kendaraan hanya alat mencapai tujuan, bukan alat utk arogan spy dibilang pembalap…

  2. Hem..kayake tuch CBR yg srg kongkow en pamer ngebut di Simpang Lima…akhirnya kena juga….btw semoga amal ibadahnya diterima Tuhan…amien

  3. Rata2 pengendara moge kan arogan, bleyer gas & kadang gak mau ngalah kalo macet. Ya… Begitulah kecelakaan, tak ada yg tahu kapan & dimana. Pelajaran bagi kita semua supaya berhati2 & berdoa selama perjalanan. Keluarga menunggu nasi bungkus dirumah

  4. HARI JUM’AT -+JAM 14.15 ,AKU LIHAT CBR1000 PAS DI DAERAH PEREMPATAN MRANGGEN ,! CBR AGAK LAWAS TAPI MESIN MERAUNG2 ,! JELAS BANGET AK LIHATNYA !!

  5. Bakal makin tebel kantong polisi keknya….lagian sujuki, te cbr1000 dijabanin pake smash 110 cc…yo modiar tenan…intinya sesama pemakai jalan wajib saling menghormati, klo dah tetlanjur gini gmn?

  6. tumben postingnya bagus
    ya ane setuju sih kalau ada sistem SIM berjenjang 😀
    masalahnya menurut pak polisi semua sepeda motor itu sama, mulai dari 50cc sampe 1800cc dianggap sama, padahal kan semakin gede kapasitas mesin motor, semakin gede tanggung jawab ridernya :mrgreen:

    btw, Sampeyan nek gitu kudu sim C2 lho
    Megison lak 160cc hehehe

  7. cuma lawan smash aja CBR 1000 teknologi robot antimo mpe kaya gitu??

    kualitas ember plastik p ya? ga jauh beda ma si kebo yg shock e patah,nvl velg e pecah

    #lempar LPG

    kabooorrrrr

  8. Ide bagus tuh pan,,, sim berjenjang,sekarang ini makin banyak para alay yg sok di jalan,,,

  9. Disamping pengendara mogenya yg ngebut, yang pake smash juga salah, biasanya alay-alay yg pake motor apapun, klo keluar gang kaga pake lihat kanan kiri, langsung aja terobos, klo ditabrak mobil mah kena batunya sendiri, gimana klo ketabrak motor, ngajakin celaka rame-rame itu namanya

    • nah ini, tapi kronologine blum jelas juga mas, anggep aja musibah..tapi emang kayaknya hampir 80% orang keluar dari gang/jalan kaga pake liat kanan kiri 😐

    • Setuju banget tuh… saya aja sering kelabakan hindarin motor yg muncul mendadak keluar dr jln kecil/gang, yg parahnya kaga pernah lht2 dulu main nyosor aja ke jln utama. Gak kebayang kl kitanya sampai hajar kendaraan lain di jalur sblh yg lwn arah gara2 hindarin motor yg seenaknya gitu. Kitanya kena musibah, dianya ngeloyor pergi aja seakan gak terjadi apa2, cape deh…

    • bener banget bro
      saya 2x kecelakaan, dan semuanya nabrak motor yang belok tiba tiba. enggak liat liat dulu
      mana yang terakhir nabrak alay enggak pake helm, spion.
      posisi kecelakaan berada dijalur saya, jadi ya mereka yang salah.

  10. inalillahi wa ina illaihi rojiun…makin serem aja kecelakaan dijalan raya

  11. penyebrang kek gitu y emang pantes koid
    di pantura juga banyak tuh yg nybrang gak liat kanan kiri asal slonong ntah pejalan kaki ataupun pengguna motor..

  12. Inalilahi wainalilahi rojiun.. Kita doakan saja moga amal ibdahnya dtrima Allah swt.keluarga yg ditinggalkan diberi kekuatan ketabahan dan kesabaran (amien.. Nb:ingat dan waspada ! Ingat sama yg maha kuasa dan waspada sama lingkungan

  13. Apes Pan…
    Ga usah pake cbr 1000, wong naik supra fit lari 60km/jam “ketemu” sepeda keluar gang ga pake nengok yo modiar tenan.

  14. BERARTI BETUL ANE ,MOTOR HARUS PAKE KNALPOT RACING ,BIAR YANG MAU NYEBRANG+ ORANG YANG DI DEPAN PADA DENGER SUARA KNALPOT SUDAH PADA MINGGIR !
    AYO DUKUNG PAKAI KNALPOT RACING !!!

    • woi g-sonk,,,kw ki cah ndi??
      paling2 kw yo cah alay,roto2 mranggen kn kyk ngono,mtr trondol,gk go helm,ban cacing,knalpot brong….
      ngisin2i tok komen huruf gede kabeh,,capslok mu jebol po?? gk due etika!!!

      • ninja150ss :- jangan suka meremehkan ,biarpun aku pake knalpot racing ,pake duit ane sndiri+ halal kok !! Daripada sok kalem tapi perilaku dihadapan TUHAN kurang baik sama aja !! Alamatku waru mranggen demak ! Aku g suka cari musuh ! By G-sonk

    • ga nyambung bro…kalo yg nyebrang budeg gimana??gian tanpa knalpot racing . . cbr 1000 dah dengung x suarax…usul anda ngaco 😀

  15. wow. ojo banter2 nek gowo montor neng dalan raya seng rame. yo iku kadang ono seng pating sruntul. aq ya pernah kejadian untung seng nyebrang nyeruntul wirog(tikus gede) tewas ditempat tuh wirog

  16. artikelnya nembak mogenya atw peristiwanya?
    dr isi yg gw tangkep seolah olah rider moge alay yang ga mampu bawa moge.
    jika menilik peristiwa dmn bebek tsb dr gang masuk ke jalan utama. etikanya gmn? misal ente bawa megison ente trus ngalami peristiwa yg sama, itu berarti ente blon sanggup bawa megison? masih pernah tembus 100 km/jam kan?
    katakanlah ente cari speed segitu di jalan sepi sawah sawah atw hutan hutan. pas lg enaknya sensasi speed segitu ada kodok bancet lompat nyebrang ente langsung buang arah mungkin karna begitu sayang dan demi melindungi dr kepunahan ente rela lompat ke sawah,sialnya ente mendarat di tanduk kebo yg lg eek.
    masuk koran dan orang orang mengambil kesimpulan ente lg belajar bawa motor atw mabok atw karna di putusi pacar.

    begitu juga dgn kejadian moge v smash tsb. seharusnya kronologi yg diangkat, malah sim.

    cuma mau ngingeti jangan iri ma rezeki orang, sampe ada yg mampusi lg.

    • Itulah kebiasaan org Indonesia bro. Moge vs bebek pasti moge yg 99,9% salah, begitu jg kl mobil vs motor atau motor vs sepeda atau sepeda vs pejalan kaki, yg dituduh salah pasti banyakan yg lbh gede. Dan juga ada aja alibi atau kambing hitam yg dimunculkan ke permukaan.

      • setuju sama bro diatas 😀
        CBR berada dijalurnya, smash seharusnya yang mengalah.
        diluar kecepatan CBRnya tentunya, karna belum ada data kecepatannya.
        jangan hanya mentang mentang itu moge, trus yang salah pasti moge.

        • jd ingat harley nabrak trotoar kmrn. Kata pak pulisi spidnya cuma 60km/jam. Tp kl diliat dr kerusakannya koq rasanya lbh dr itu. Entah kl harleynya pake komponen murahan hingga gampang ancur

      • diliat di jalan umum, maximum speed nya berapa? 80kpj. di tol aja paling 100kpj. diliat dari ceritanya si pengendara CBR sampai terpental kemungkinan diatas 100kpj, 120kpj? pasti lebih.

        😉

        kemudian si bebek smash, keluar gang langsung nyeruntul keluar ya typical Indonesia banget. langsung keluar aja gak liat2 situasi, kalo di tanya alasannya sih… “Kan saya orang sini asli – Ositas – ”

        ya begitulah…

        si pemoge salah karena ngebut dibatas wajar dan si smash juga salah karena maen keluar aja dari gang.

        so? so? kalo si pemoge lari di kecepatan 80kpj efeknya mungkin gak sampe mati.

        CMIIW

  17. Halah naek bebek/moge sama ja pan,sambil lepas tangan / tiduran+ merem jg bisa,beda lagi kalo mengendarai..wk.wk.wk .

  18. Itu mah CBR Fireblade 900 cc. Terut berduka untuk para korban.

  19. ya gt lah budaya santun berkendara qt yg sudah ga ad lagi…etika berkendara juga tidak dipakai..yg penting masuk duluan n yang ngebut atau cepat pasti yg disalahkan…cara “mlipir” yg mas ipan maksud sy belum jelas tp yg pasti sy paham cara org qt kalau mau nyebrang…yg penting motor pe tengah dulu…
    kadang miris lg ada yg maksa masuk jln(nyebrang) kyk motorx dah cepet sampai tengah jalan ja..mdg kl tengah jalan ada pembatas kl dag ad bukannya malah bikin bingung rider yg br dy sebrangi(mo salip kiri ato kanan-brenti g mgkn kn lg cpt)…tambah parah lg yg nyebrang stop ditengah (kalau kasus ini pasti nggu kijangx lewat dulu)
    innalillahi…sabar 10 detik pasti nyawa g dkorbankan bgini kan?
    semoga buat pelajaran bgi qt2,bilapun qt pny cbr alangkah bijak andai pahami jln qt tu masih byk pguna yg sk serobot
    ya semoga keluarga yg dtinggalkan ikhlas dan tabah..aamiin

    • kata siapa?
      kemaren gw tabrakan ama yang mlipir, yang mlipir gw skak mat di tempat.

      tapi ketika impact yang salah ya dia karena dia meleng, kalo top speed, di mio ane ketika itu sih 40kpj. jadi gak sampe mental jungkir balik ke di motoGP.

      jalanan umum Indonesia paling tinggi itu cuma 70-80kpj, dan jalan perumahan n jalanan kampung 30-40kpj. kalo lebih dari batas itu ya siap2 aja merasakan energi kinetik dari benda lain.

      😉

      • kayaknya butuh kronologi detil lagi deh…soal tinggi stang motor dan posisi duduk juga bs bikin mental loh,walo impact dalam kecepatan kecil…belom lagi rem depan sebelum impact…pengalaman naeg FU 4x tabrakan pasti lompati stang :

      • @titok bisa
        tergantung impact dari depan juga kalo adu banteng. tapi ketika gw tabrakan tersebut gw gak mental sama sekali karena posisi gw diam. kalo gw buang ke kiri berarti keluar dari jalan cor2an yang ada gw nyungsep, atau pilih tabrakan?

        ya gw pilih tabrakan, meskipun tidak parah tapi yang jelas ketika itu yang salah ya dia, karena kalo melewati pertigaan begitu (gang) biasanya gw klakson 2x…

  20. CBR1000 yg punya siapa. min ….sesuai dg STNK
    pun yg SMASH 110 – jangan2 motor pinjaman ….

  21. Emang ngeri pengendara motor d Indonesia. Banyak yg motong jalan sembarangan buat nyeberang jalan. Terus keluar gang atau jalan yg lebih kecil menuju jalan utama se enak nya g pakai rem dulu :–|

  22. Ane pernah ketabrak orang konyol yg makai motor nya untuk lawan arah dan Terus nyeberang perputaran jalan ambil dengan cara lurus dari pinggir jalan ke tengah jalan. Terus gitu tuh orang kabur tanpa ada merasa salah sedikit pun. Padahal ane udah nunggu d pinggir jalan. Kali aja tu orang mau minta maaf. Ckck. Tp Alhamdulillah nya ane sehat aja dan Cuman kerusakan kecil d motor.

  23. Walaupun gk semua,tpi biasanya yg naek moge pada arogan,gk mw ngalah,ngrasa paling kenceng sndiri. Bangga kelewatan … giliran nubruk,gak ada moge gak ada moke,dua2nya nyungsep….

  24. di sini tdi juga ada kcelakan motor besar BMW 1000 R.motorny hancur n terbakarr.bdahall jaln tol..aplgi d indo yg bukn tol

  25. kalo naik motor di atas 250cc pelan2 aja jangan ngebut kasian kan motor sama orangnya gak keliatan kalo ngebut jadi gak bisa sombong

  26. Gw pernah mengalami hal yg sama pake NVL vs Honda astrea tp posisinya sy yg ngebut di jalan lurus trus ada yg nyebrang tiba2. Braaaak dia nabarak step seblah kanan dan knalpot kena arm dan sedikit lecet.. Tp beruntung ane ga sampe jatoh dan untungnya lg kaki cuma kebentur sedikit dan untungnya lg step vixion bisa di lipat jd ga patah.. Ane tidak melihat pengendara motor yg nyebrang karna terhalang mobil yg ada di jalur kanan. Jd berhati-hatilah st berkendara.

    • Sim apapun tidak akan merubah mentalitas manusia, ga setuju cm bikin jadi mahal aja urusan motor roda 2….yg utama itu mentalnya, bukan simnya…

      • lebih tepatnya ATPM harus tanggung jawab langsung terhadap produk yg mereka jual…ya ada kursus tersendiri lah…tapi dilain sisi pemerintah juga harus tanggung jawab atas infrastruktur jalan kita…

  27. beritanya kayak ngebela smashnya.. logika aja.. kalo sampe tertabrak kemungkinan besar smash nyebrang tapi ga liat situasi dulu.. CMIIW..

  28. Intinya perilaku berkendara masyarakat indonesia masih jauh dari kata “safety riding”. Semua kembali pada pribadi masing2, dibutuhkan kesadaran yang tinggi dalam berlalu lintas. Selama ini masyarakat hanya bisa mengendarai tapi belum bisa berlalu lintas. Memang mengendarai moge akan memacu adrenalin pengendaranya untuk ngebut, dibutuhkan skill yg tinggi serta pengendalian diri agar tidak menimbulkan kecelakaan. Saya sebagai pengendara moge turut prihatin atas berbagai kecelakaan yang melibatkan moge. Keep safety riding bro,,,,,,,

  29. Makasih beritanya, kita sebagai pengguna jalan harus lebih berhati-hati sewaktu dijalan. Walaupun mengendarai pelan ataupun cepat kita harus waspada dijalan raya.

  30. Kasihan banget kedua pengendara motor tersebut… 🙁 Bisa jadi satu lagi mau membeli makanan buat anak istrinya, bisa jadi satu lagi mengejar waktu supaya kejar target dan tidak dipecat bosnya…. Tapi apapun dugaannya, nyawa kedua2nya melayang. 🙁
    Mari kita semua berdoa supaya keluarga mereka bisa tenang dan tabah dalam menjalani cobaan ini…

  31. belajar safety riding dulu tuh gan di akhirat, kalau mau belok nyalakan lampu, pakai helm, sarung tangan, sepatu, kurangi kecepatan bila jalan tidak dikenal, hujan, berpasir, malam hari dan tikungan lambat atau tajam…. jangan lupa berdoa supaya selamat sampai tujuan dan hati-hati..!!!

  32. tak perlu ada penjenjangan kaya sim mobil aja, yang penting belajar safety riding yang bener, bawa motor besar tuh kaya apa bawa motor kecil tuh bagaimana, cara ngerem dan lain-lain, kalau sudah gini ya sama-sama salah…

  33. Kata orang jawa “Tumbu Ole Tutup” si pengendara moge ugal ugalan. si metic ria selonong boy dari gang. wes klop iku…..

  34. yang ane juga heran itu masalah penempatan polisi tidur. kl misal ada jalan besar(raya) depan kanan kiri ada gang kampung, ko malah jalan rayanya yang dkasih polisi tidur. harusnya kan ujung gangnya. yang namae orng di jalan raya mesti gk mikir ada polisi tidur, jalan terus kenceng. La yang mo keluar gang kampung nyelonong aja karena gk ad polisi tidurnya…. Brakkkk buyar….

  35. gak perlu ada sim c1 ,c2 ,c3….cuma bakal jadi dimanfaatkan oknum aparat…..makin kaya tu polisinya..sbnernya kalo kalo seandainya proses pengeluaran sim bener2 dilakukan maksimal dan dengan prosedur yg ada, maka akan minim kecelakaan seperti itu…wong sim itu bisa dibeli bagai beli krupuk..500rbu bisa dapat sim tanpa latihan ,bahkan tanpa perlu datang cukup calo yg hadir bawa ktp + pas photo…walau calon pemilik sim gak tahu apa2 peraturan lalu lintas,,,gmn perlu bukti???? intiny polisi yg salah

  36. Smash itu yg salah, ngawur nyebrangnya, gw jg sering dipotong matic dan bebek, cewek biasanya ngawur ga liat kanan kiri, klo bkn krn motor gw abs udh tabrakan berkali2.

Tinggalkan Balasan