Gunung Merapi Meletus 18 November 2013, Megison meledug

entah korelasinya apa….

jam 3 pagi ane sudah terbangung, persiapan ke Jogja di pagi buta, eh nyatanya ane starter megison jam 4 lewat pasca Sholat subuh…… cuca dingin dipadu dengan gerimis besar ( hujan jarang ) bukan menjadikan semangat belajar ane ke jogja hilang… namun ada kendala… megison ogah-ogahan mau di starter,,, pasca menyalak,, panasin, trus gasss ke jogja…

pertamax7.com 012 (Small)

^ kondisi merapi dari arah wedi klaten, ane ambil didepan bengkel ahass jam 1 siang –an….

jam 5 pagi kurang lebih ( pokoknya sekitar udah rada kelihatan, nggak gelap banget ), ane dari wonogiri menuju jogja menghadap langsung menuju gunung merapi, namun apa yang terjadi? gunung merapi nan kokoh itu menguarkan asap hitam nan pekat, asap tersebut menuju arah timu dan kota klaten mendapat gumpalan asap tebal tersebut dengan konsentrasi yang pekat, ane berfikir, lah itu pasti mendung atau di klaten hujan lebatt. mau ane  foto fenomena itu,, wah takut telat sekolah, keburu hujan juga,, trus lanjuttt

pertamax7.com 013 (Small)

namun dijalan arah wedi dari bayat, tiba2 megison mak KLOTAKKK, groskkkkk, suara aneh tersebut muncul dari mesin, persis kejadian kayak dulu pas rantai mesin ( keteng ) loncat…. dan mirip kayak motor 4T ngggak pake oli, pokoke syeremmm, aneh kan, masak motor baru 5 tahun 35.000 km udah menyeramkan ini ( pembaca lama tahu dah asal usul 35.000 km dalam 5 tahun 😆 ),, nah ketimbang ada apa2, ane matiin dulu…

pertamax7.com 056

rada dingin, ane starter lagi,,, nekat pake, baru aje 100 m, grortokkk, srakkk tetekekekekeke,,,, malah, tambah hoorrorrr… ane putuskan berhenti, jam di hape jadul menunjukkan pukul 5.30

padahal oli baru aje 2 minggu lalu ane tap… wah pikiran kacau balau, terjebak di tengah-tengah sawah dan ditengah2 perjalanan ke jogja,,,

nih video kemlotoknya……..

LINK suara besi vs besi 🙁

seketika itu juga, aka sekonyong-konyong ane langsung update status di grup koboys, di fanspage pertamax7 dan wall ane minta bantuan,,, namun ane menyadari, jam 6 pagi ane update, yang baca siape? pada sibuk masing-masing, ada komen aja nyesek2,,, langsung mringis ;(

nah, ditengah kebingungan ane, masih malah tambah bingung, banyak iring-iringan TRUK pasir yang pada balik ke arah wonogiri tanpa bawa pasir, alias bak kosong….

ane punya inisiatip untuk naikin megison ke mobil bak atau truk aje,, berkali-kali ane minta tolong eh pada cuek, ada yang nggak bisa karena bawa sapi, kambing, dll, ada yang cuek bebek ( sedih ), … sampai ada 1 truk yang mau berhenti ( sekitar jam 7.30 )… Alhamdulillah sorak ane, langsung ane samperin dan cerita kronologi… ane bermaksud untuk carter ke jalan magelan menuju Astra Motor jogja, namun apa kata pak supir?

waduh dik ( wah ane masih muda gan, makanya dik 😀 ) , jalanan klaten jogja ditutup untuk truk pasir, dilarang naik ke merapi, merapi MELETUS

ane langsung sontak tersadar, owalah, tadi pagi itu meletus to> kirain awan mendung 🙁

trus lama2 curhat sama pak supir truk, pak supri truk pasir itu baik hati gan, masuk desa-desa cari mobil sewaan, namun gagal, belum dapat, pak supir truk bingung kalau mau nganter ane, lah, gimana naikin megison ke truk pasir,,, nggak bawa papan je..

disela-sela ane dan pak supir truk nunggu mobil, pak supir telpon temennya di merapi,, katanya bahaya, jangan naik, polisi razia…..

dan Alhamdulillah, ane nemu mobil bak dan supr mobil bak mau berhenti setelah dibantu teriak supir truk pasir dan bersedia ane carter menuju ahass terdekat….. naikin megison ke mobil bak

pertamax7.com 005 (Small)

nagkut sampai ke ahass, yang jaraknya kurang lebih 6 Km dari lokasi ane mogok…. ( dorong megison 6 km? bisa mringis ijo )

sampai di ahass, pak supir mobil box ngggak mau dibayar, thanks nggih pak, matur suwun ( terharu ), lah jebul beliau yang punya pemotongan kayu baratnya ahass :mrgreen: pokoke maturnuwun, plus thanks buat pak supir truk pasir yang bantu ane nunggu mobillll

sampe diahass, bongkarrrr

pertamax7.com 010 (Small)

bongkar , kanan, kiri, atas lho 🙁

trus suruh inap 🙁

ada apa dengan megison?

mringis lan mrongos, langsung lihat celengan, jangan-jangan :’(

trus ane pulang pake motor pinjeman pak ahass ( namanya pak surat, ahasnya surat motor 😀 ) semoga segera ada kejelasan nasib megison 🙁

semoga Gunung Merapi k

alem kembali….

bagaimana keadaan daerah pemirsa?

kata mbak ai ( koboys ) : kartosura hujan abu

kata lek judianto : tulungagung hujan abu

kata lek arif lugupol abu merapi sampai ngawi ( disini )

angin bertiup ke timur je… mengenai letusan gunung merapi, om duwur ( koboys ) sebagai orang TURI daerah agrowisata salak yang notabenya deket merapi malah aman aman saja, hehehehe

semua semuanya baik-baik saja….. ( merapi, megison dan celengan ane tentunya :(  )

hikmah

hari ini bertambah pengalaman yang tak terlupakan, menjadi saksi asap merapi, meledugnya megison dan perjuangan cari carteran, semoga bermanfaat bagi ane…

atau mungkin infaq dan sedekahnya kurang, buat instropeksi ane lah.. trus pemirsa jangan2 ada yang nyeletuk,, infaq dan sedakanya gan, jadiin kuis….. ( mau hadiahnya sparepart megison yang rusak? :mrgreen: )

semoga berguna

75 KOMENTAR

  1. Widihhh 5 tahun 35000 km… berarti pulsar ane ediann juga yakkk tahun ke 4 kilometer wis 99999.. sekarang udah masuk tahun kelima baru aja ganti plat 18… tau deh tu kilometer udah berapa yang jelas ane doyan jalan… tapi ngga pernah ada kejadian sehoror megison ente pan… cuma emang masalah pulsar cuma satu, yaitu oli rembes di area seal gear sama cam shaft,,, biasanya kalo rembes tinggal datengin bengkel, ganti part yang bermasalah.. masalah langsung kelar.. lah sekarang…bajaj wis kaburrrr…ane jadi merana…tiap sebulan sekali kudu bersihin rembesan oli….hadehhhh… semoga penyakit megison cepet sembuh pan.. semoga merapi ora nopo2…aminn

    • Kalo rembesnya di gasket yg bentuknya bulet itu,dibersihkan terus olesi dg lem epoxy pas sambungan dg blok mesin.. Terbukti manjur di Pibo ane om…

      • dulu sudah di praktekan masbro, emang ampuh tapi udah satu tahun mulai rembes lagi tapi ngga telalu parah sih, cuma ya itu sekarang mau ganti part indennya lama euy, kanibal satu2nya cara kayaknya kemarin dapet saran dari mantan mekaniknya..hehehe

    • oohhh… sayang sih ya pulsar speedonya ngga bisa di restart.. berarti megison josss iki.. mantep kalo gitu…

  2. Wahh digeber habis tah ngejar mendung hehehehe… Rantai kendur tah… 😀

  3. Mugo dang mari megisone dab… Aku disik nganggo megapro dobel stater edisi I ’02 nganti seprene isih, spedo wis blk 0 tekan saiki meh 20 ewu jamane ng kampung mlakune ”joglosemar” trus tang enggo glidik ng jkt ben thn mudik awit th 07 – 12, lgi mudun mesin th ’12 wingi krg bandel mesine piye, sakumpomo ewong wis sambat kuesel temen dab… Hehehe

  4. Jgn2 ipan di sabotase pihak asing…megison diprogram penghancuran diri otomatis…ato jgn2 megison mau brubah jd robot transformer,.seyemm,.

  5. coba kalo lanjut, mungkin bisa kena debu tebelnya (berpikir positif aja sih) :p.

    jadi dikasi kemlotok, biar gak kena musibah yang lebih parah.

  6. Trut prihatin bwt sodara2 kita yg sdang trtimpa musibah,gnung sinabung dan gnung mrapi….
    Bwt megison cpt smbuh ya..bwt ipan smga tbungan ga jbol…

  7. ambil hikmahnya mas….klu bisa mencegah daripada jebol dijalan.klu terdengar suara aneh dimesin seperti pas aku kesitu segera dicek….hehehe klu dana blm ada buat proposal ke ortu…xixixi

  8. bokongnya kek tiger? tu motor ga rela bokongnya operasi plastik…ngambek deh

  9. Saweran yuk…..pan buka dong rekeningnya….ntar ga bisa ke warnet n ga bikin artikel2 lagi, rugi dong ga bisa komeng sak karepe dewe…

  10. ngeri pan,.. rante keteng kaya gitu.. untung pulsar 135 ane kalo jarak jauh masalahnya cuma overheat,sama oli rembes.. tapi sekarang udh ga lagi..

  11. semoga lekas sembuh megison nya..
    btw enak banget bs tinggal di daerah pedesaan..
    *nasib tinggal di jakarta

  12. dr cerita prtamax7 ini dpt d analisa pertamax7 ini krg sensitif trhadap kondisi mesin. saya rasa itu yg brmasalah pd timming gear aus atau chain kid lepas krn wktnya gnti tdk prnah dgubris. shg klep jd bengkok bnturan dg piston. smoga tdk separah analisa saya

  13. kok lampu sama knalpotnya punya tiger ?

    kalau yang kena stang seker, siapin celengannya yang banyak pan ???

    kalau yang kena cuma klep… yah lebih murah….

    tapi reportnya megapro buka seker/klep aja harus turun mesin…..

    alamat nanti mesinnya sudah tidak normal lagi pan, rawan bocor oli….

Tinggalkan Balasan