setelah STNK dan BPKB kosong, Pelat Nomer pun Habis, cetak 6 bulan setelah pembelian?

mau bikin artikel lupa melulu, soalnya, ini udah rada lama dan ane pun menjadi korban, ternyata tetangga ane menjadi korban terparah, bhhahhahahahhaha

setelah plat nomer megison keluar 1,2  bulan pasca pajak sepeda motor 5 tahunan bonus stnk kosong…… eh tetangga ane beli motor baru plat nomer muncul 6 bulan setelah belii, lah pie iki

monggo disimak…

dahulu kala,,, ( beberapa bulan lalu ) tetangga ane sambat ( curhat ),,,…. motor yang udah sebulan di belinya tag kunjung datang, padahal sudah mau dibawa ke luar kota….. wong udah sebulan dan km in reyen sudah menujuk 400 an….. ane check sulu stnknya…..

lah kosongan ( ane kelupaan 😀 )

yang lembar pajak ( kalau duit aje cepet )

pertamax7.com 717 (Small)

tertanggal 20 september 2013 dan…stnk kosongan, pelat nomor pun cetaknya 6 bulan sejak tanggal itu? nih buktinya

pertamax7.com 714 (Small)

beli september 2013, plat nomer baru dicetak maret 2014

ane kira kejadian ini cuma ada di wonogiri, makanya ane lupa melulu mau bahasss….., namun desas desus yang beredar pun nggak hanya di kabupaten ane…

lah, ane langsung teringat tukang parkir yan ane panggil mas verza item ( motornya verza item ) yang bilang ke ane

mas, syukur kowe etuk plat nomer, sing sasi iki ( juni ) plate nunggu 6 bulan

#mas, syukur ente dapat plat nomer, yang bulan ini ( ane pajak april, ambil pelat  nomer juni 2013) nugggu cetak plat 6 bulan lagi#

ane : kenapa mas?

mas verza tukang parkir : Bahannya HABISSS kayak STNK BPKB ( woooo, sambil berllalu wong ane nggak beli motor baru 😀 )….

cetarr, omongan mas tukang parkir ii ternyata BENERAN… hadehhh


apes apes, ane stnk kosong, trus plat nomer 1 bulan

lah temen ane, stnk kosong, bpkb belum ada, plat nomer 6 bulan,, apes apesss


nah, solusinya gan???

gampang om….. jikalau pemirsa ngalamin hal ini harap sabar saja, pengen plat nomer? bikin sendiri dulu di tukang plast nomer sesuai angka pelat nomer.. kalau ada razia ane kira pak polisi bakal maklum mengenai pelat nomer darurat buatan tukang pelat nomer….. kalau tetep ngeyel tunjukin tuh belum dicetak dan bla bla bla,,,, kalau ditilang? lapor surat pembaca #eh….

ane belum konfirmasi pak pulisi mengenai jika plat nomer belum turun trus bikin sendiri tuh gimana? lha orang dealer malah nyaranin begitu je, hiks…

 

eh, tetangga motornya apa sih gan?

pokoke motor yang ada fiturnya unik di belakang dan cuma ada 1 di indonesia 😀

udah ane upload ke youtube, untungg pada belum tahu, bonus stiker jkt48 :mrgreen:

bagaimana dengan daerah pemirsah? monggo curhat, hehehe

semoga berguna

mohon maaf, tidak menertawakan kesusahan yang dialami pemirsa, wong ane juga korban 😆

artikel sejenis mengenai surat sepeda motor yang habis…

161 KOMENTAR

    • You hanya bbrp bln ???? px aq dah setahun sjk August 2013 smp Skr Sept 2014………dienteni ……..dak mau…….metu??? byr telat sehari….yach….. denda deh

    • memang bahannya lagi kosong mas bro, baru mau tender lagi katanya. semua daerah ngalamin koq, kecuali R4 keqnya.

  1. kmrin ane gnti stnk ma plat no f.bogor jg gt.agsts ksmsat,plat no ktnya jd april.stnk udh ane ambil bln kmrin.emng habis atw modus ane jg g tau…skedr info aj.

  2. Hahahahahaa….terlalu, pabrik aja bisa bikin motor ribuan sehari, masak yang bikin plat dan bpkb bisa kalah, jan aneh…bosok bosok! otak jepun vs indo

  3. di bandung juga sama, temen yg bli bln agustus kmaren baru dpt plat nmr oktober, sementara stnk katanya januari 2014.

  4. kok bisa habis…. 👿
    wong tukang plat nomor di pinggir jalan aja gak pernah kehabisan
    emang apa sih istimewanya plat nomor dari kepolisian?

  5. NVL ku dah 6 bulan lebih, plat turun 2 minggu, stnk sampe sekarang blm turun. BPKB malah dah jadi. mbuh kpn turun nih STNK janjinya seminggu setelah BPKB nyatanya dah hampir sebulan blm turun jg.

  6. ane jg jd korban gan..ane brsan bl vario tp plat kata daeler bs diambil 3bln lg..katanya..

    trpksa ane modif plat nomer yg lm.. kena 70rb deh+fospor..
    tp gpp d,drpd nunggu 3bln je

  7. padang, lebih parah om….
    banyak punglinya, kertas gesek 25.000, ambil bpkb 15.000.
    ngak th kalau ntar ambil stnk kena berapa lagi….

  8. kemaren waktu BBN motor ane, sempat dijanjiin januari palat baru ada. alhamdulillah langsung disuruh kebagian cetak plat, akhirnya dikasih stok plat merah yang dicat ulang jadi item, jadi ga mesti nunggu januari dah.

  9. emang di Tangerang juga.. temen ane beli CB udah semingguan katanya bahan buat plat nomornya abis jadi harus nunggu 3 bulan paling cepet

  10. d tasik sama aja pan,tmen ane yg hbis plat nya bulan ini,ntar ngambil nopol baru nya mei 2014 😛

  11. Punya ane jg lum metu, Pajaknya doank seng wez metu, Ane beli bulan 7 sampai skarang lum ada tnda2 mau klimaks,
    Plat nya aja lum apalagi BPKB, entah sampai kapan..

  12. pake plat yg udh kedalwrsa jg gpp,kmrin ada razia g kena tuh.asal ada bktinya.g usah su’udzon

  13. SKANDAL………………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    plat motor lama saya nunggu 3 bulan, pas mau ambil katanya belum selesai dicap lagi pas liat cap nya harus nunggu 2 bulan lagi aseeeeeeeeem udah stnk nunggu tahun depan

  14. Sama bro… untuk pembelian motor sekarang… Stnk 2minggu ..plat dan bpkb 6bulan…. Hadehh

  15. gonku yo ngono lek. 6 sasi (tuku juli 2013) gek metu plat’e.. jare leasing dienggo rak popo neng dalan gede… stnk 1 bulan gek metu.. jan jan… motor perpanjang yo podo ae… 6 sasi…

  16. Wah bener nih, GWa beli motor juga ternyata sama juga STNK belum ada katanya blangko habis, eh malah merembet sekarang juga Plat Nomor juga ga ada katanya sih bahan platnya habis. Ya sebagai rakyat kecil ya nurut nurut bae yang penting bener tuh polisi jangan asal nilang z, klo ga masuk ke media pembaca dah

  17. ahihihihi, sama ditempat saya juga gitu ko. tapi saya beruntung pas waktu bulan maret 2013 ganti plat nomer dan stnk baru kebetulan ready stock. 😀

  18. kira kira kalo pake plat bikinan pinggir jalan bisa ga ya…. trus kalo ada razia gimana ya ….. soalnya saya juga korban nih beli motor baru hampir sebulan stnk ga jadi2… percuma deh beli kendaraan tapi ga bisa dipergunakan sebagaimana mestinya… INI AKIBAT ULAH PARA KORUPTOR YG TELAH MERAJALELA DI NEGARA INDONESIA…. HADEEEUUUUHHH PUSIIIIIIINNNNGGGGG

  19. SOMPRREEET…….CUMA ADA DI INDONESIA….JAMAN SKRANG APA SEHH YG BAYAR…? LO BERAK AJE BAYARR….SOMPREET..

  20. Kok Kekosongan Gantian, nanti kosong juga motornya Inden setahun, nanti ga ada surat gak usah beli kendaraan ah.

  21. waduh temen ane jg motornya sampe buluken untung ga lumuten ahaha. udah 3bulan blum turun stnk platnmer mtor vario iss. mantep tuh, blum lg inden motornya 1blan lbh. klo stnk blum trun gmn crany bkin plat nmer?????

  22. monggo disimak…
    dahulu kala,,, ( beberapa bulan lalu ) tetangga
    ane sambat ( curhat ),,,…. motor yang udah
    sebulan di belinya tag kunjung datang, padahal
    sudah mau dibawa ke luar kota….. wong udah
    sebulan dan km in reyen sudah menujuk 400
    an….. ane check sulu stnknya…..

    ——–

    beli motor di dealer mana kok lama amat nganternya??

  23. Sekitar 8.000 plat nopol masih ngantri cetak di Samsh*t seluruh Indonesia karena kelangkaan bahan baku! (tv*ne)

    SOBEEEEKKK PISAAANNN…!!!!!

  24. ya semoga untuk kedepannya dapat menjadi lebih baik, soalnya masalah seperti sangat menggangguu dan merugikan kita sebagai konsumen..

  25. Walaahh… ko iso? jadi rada mikir ni buat beli motor yang dipengen dari kemaren. kalo secara logika, harusnya sih ga susah ya, wong diproduksi dalem negri toh? asal ga jd masalah aja di jalan, kasian yang udah beli motor tapi belum bisa dipake cuma karena hal ini.

  26. Kayaknya bermasalah dalam pengadaan vendor untuk cetak plat nomor..
    Nunggu yg bisa kasih sesajen nya pas
    Jadi kudu sabar….
    Ane beli plat nomor di pinggir jalan, tapi jangan lupa bawa STNK, kalo tiba2 di stop polisi di jalan..

  27. Aduh..ga masuk akal ini..kemana aje petugas yang harusnya kerja..banyak makan duit rakyat…sementara konsumen kita diterlantarkan…aduuuhhhh ojaaaannnn

  28. Ko bisa y sebenarnya ini tanggung jawab siapa sih, aneh banget ngurusin bahan baku plat dan bahan baku kertas aja musti menunggu sampai 6 bulan

  29. ko bisa yah sering kejadian STNK susah keluar, gimana dong kita yang mau pake motor gak bis ajauh”, kecuali klo ada no ompang yah xixi

  30. Parahhh kasihan sampai berbulan-bulan begitu.. Kenapa sih? Bahan baku langka, kyk purba aja. Urusan duit aja cepet, kita telat bayar aja jadi 2 x lipat.

  31. iyaa niyy euyy,,,kmrn2 mpe berbulan2 gt sodara ane jg,,,,itu tehh yg slah samsatnya kann yaaa?tp akhrnya ttep dealer yang jd bulan2an,,,ckckck

  32. Sama bos, ane beli motor cash yamaha x-ride di wilayah Bogor sudah 4 bulan belum dapat juga tuh PLAT Nomor + BPKB-nya, sampai ane kepikiran..tuh BPKB apa dijaminin buat minjem duit apa gimana, kok lama amat ga keluar-keluar..Capek D ?!?

  33. Kalau ngak mampu nangani plat nomor yg udah ngak usah ditangani. Serahin aja ama pemilik kendaraan sendiri buat bikin sendiri dgn biaya sendiri. Jangan seperti sekarang duit udah diterima plat nomor ngak jadi2 . begitu ada razia ditilang krn pake plat nomor bikinan sendiri padahal kesalahan ada dipihak polisi ngak ngasih plat nomor padahal udah dibayar.

  34. Barusan ane datang ke Samsat wilayah malang, eh ndilalah jebule harus nunggu lagi sampe bulan 10, padahal udah nunggu sejak september 2013, otomatis 1 tahun ga punya plat baru..
    ahay sodara 😀

  35. sama juga dg ane..stnk saja belum keluar…polis suruh kita taat peraturan…tp instansi yg berkaitan bikin plat n stnk saja lama..motor baru nganggur 6 bulan ya percuma..samsat tuh lemot kerjanya..gitu kok dibilang pelayanan prima..omong doang…

    • podo korban,ak beli motor baru di deler muncul mayong belinya tgl 10 bln 4 dah hampir 1thn kok ini belum jadi,ni ak mau isi tp bpkbnya belum jadi,kemaren dah cek di delernya belum jadi trs ak langsung ke polres katanya belum jadi,tp mau jatuh tempo ngisi kendaraan tp bpkb nya belum jadi jadi bingung,

  36. bahannya abis, tpi koq tukang plat punyak yah? mendingan dikasik tukang plat aja kerjaany.. huft #jadikorbanjuga

  37. nasib nasib…., baca dari atas blm ada yg keluar TNKB’y.., kmrn mtr baru dikirim…, kluar’y masa kyk bang toyib… :p

  38. ,ak beli motor baru di deler muncul mayong JEPARA belinya tgl 10 bln 4 thn 2013 dah hampir 1thn kok ini belum jadi,ni ak mau isi tp bpkbnya belum jadi,kemaren dah cek di delernya belum jadi trs ak langsung ke polres katanya belum jadi,tp mau jatuh tempo ngisi kendaraan tp bpkb nya belum jadi,jadi bingung nih,klau tlat ngisi di denda hadeh capek deh

  39. saya ngisi pajak sekalian plat nomor samsat jepara pada tanggal 13 juni 2013, karna abisnya tanggal 14, 2 bulah baru selesai pajaknya doang, duitnya si udah saya bayar full….
    tapi sampai sekarang tanggal 17 april 2014 stnk dan plat nomor belum keluar juga… bahkan hampir ngisi pajak lagi… 10 bulan gan lamanya… belum kelar juga… ada apa di balik semua ini?

  40. kemarin jatuh tempo tanggal 16 april 2014 hrsnya plat no kendaraan sy jd,tapi setelah sy cek kok katanya blm ada kiriman dr jakarta/kosong padahal sdh mundur 6 bln.bgmn to kok bisa molor gini?

  41. Motor ane shogun kebo pas kemarin bulan 10-2013 perpanjangan 5 th stnk nunggu bpkb nunggu trus plat nomer yg dijanjikan bs diambil bln maret 2014 ane ambil bln april, eeee… Petugas samsatnya dengan enteng ngomong besok aja ambilnya kalo mau perpanjangan lg.
    Waduhhh… Jd ane musti nunggu 1th, sungguh luar biasa… Alasan mereka krn msh ada pemeriksaan dr kpk jd smuanya jd terlambat bro. Ini di samsat sidoarjo jatim

  42. Saya dari Kabupaten Bandung beli motor 2 kali pembayaran cash/tunai BPKB yg pertama motor Honda CB150R keluarnya 8 Bulan, yang ke dua motor Honda Beat PGM-F1 beli bulan September 2013 sampai saat ini ( Mei 2014 ) kata Dealer Resmi Honda SAMSAT nya yg lama, sy cek ke SAMSAT katanya Permainan Dealer, mana yg benar yg jelas kalau Duit tunai/kontan paling cepat diambil. tanggung jawab ??? gimana nanti kali yach …!!!!!!! zAMAN EDAN, MUDAH-MUADAHAN yang mempermainkan Rakyat kecil di kasih balasan yg setimpal oleh Nu paling Kuasa Allah Swt.

  43. sesama korban plat nomer kosong,,,tuku anyar bulan oktober 2013,,,ampe saiki mei 2014 (brati wes 7 bln) ga dadi2 ae plat nomer’e..cckckkckc….dadi heran,duwek pajak ranmor iku dipangan sopo yo???….akhire terpaksa nggawe plat nmr nang pinggir dalan tpi sengojo ga ta gawe standart,ben ngerti reaksine polisine,ditilang opo ga….lek ampe ditilang,bakalan ta pisuh’i polisine….*tkp gresik jatim…

  44. mertua ane beli motor per november 2013 dan sampe skrang pun itu plat nomer jga lum dateng jga, kta ptgas samsat msti nunggu sthun, tpi sdah bsa d bwa keluar kota (madiun – malang) hahahaha
    dan kponkan istri q pun sdah sering kluar msuk samsat untuk mnyakan perihal lambatnya plat nomer trsbut alhasil jwban msih podo wae,,,, sthun dr pmblian
    dan seandainya dalam perjalanan ada razia dan tertangkap dan polisi minta di tilang, kita bisa bicara sja apa adanya,,,,,
    masa iya yang namanya seorang polisi tidak tau soal habisnya kaleng untuk plat nomer,,,,,????
    yg pnting tunjukan stnk dan sim dan jngan lupa pake helm untuk kslmatan penumpang,,, kalo polisinya msih ngeyel juga,,,, KASIH STNKnya DAN SURH NYOCOKIN NO SERIE RANGKA DAN MESIN YANG ADA DI STNK DAN DI MOTOR,,,,, HAHAHAHAHA

  45. sy juga sdh perpanjang dri desmber 2013 end plat no ny 8 bln bru kluar itu jg klo ada .
    pke kaleng susu atawa kleng tong kn bnx ko gitu aj d persulit sich

  46. Sama aja mas, ini 1bln sih.. Belum d4 smuaa, plat,stnk,bpkb, ini beli cashhh. Cuma d4 pmbyran pajak.. Aneh ya. Qta beli mtor mahal2, hrga motornya Ӵªп̲̣̣̥Ǧ mahal apa stnk+plat+bpkb sihhh.. Kudu ngguyu ngakak. Indonesiaaaa.. Kbykn korupsii mknya smua pda bingung , gak malah majuu. Malah ribeet. :'(

  47. Sangat ga logis kalo badan pendapatan daerah harus kehabisan bahan secuil alumunium n selembar kertas….jk d bandingkan dengan penerimaan pajak dari warga setiap harinya..,jika d rata2 jumlah pajak 1 unit motor 250.000 x 200 motor/hari x seminggu= ??apakh hasilnya kurang jika di sisihkan untuk membeli bahan baku di atas…kita pajak telat 1 hari ja d hitung stahun….sedang mereka sampe 6 bulan membuat plat…kita dah cb jd warga yg taat pajak…tp oknum2 n badan milik negara seperti itu…gmn warga ga jd mls mw byr…

  48. Gak usah takut gan kalau ditilang,catat aja nama petugasnya terus kasihin aja motornya.
    Laporin ke polda

  49. sebagai WN kwjiban udah kita jalani, qt tunggu aja kwjiban Bpk2 yg terhormat di Polri tuk penuhi TgJwbx………cuma TNKB ae dak bs menuhi pomaneh yg lain……….alasannya…… klasik…????????

  50. oh ya …..motorq R2, aq punya 2, ganti NoKb Agustus n Oktober 13 Sp saiki material kosong di Samsat Kab.Pasuruan Jatim..Klo ada operasi sih No Problem……….Problemx .. Aqx ….dak punya SIM,…… ngurus ikut ujian sp blenger (bosan) BERLANGGANAN GAGAL ……….gIMANA Klo gitu ….ya ….mesti ditilang…….Jadi apes lagi dech…….salah lagi….makanya…..jangan sok2 nyalahkan Pak Polisi????????mereka2 tuh …..pinterpinter…ati2…..bs2…ikutan nginep…diprodeo

  51. Zorgverzekering 2015
    Vorig jaren zat DSW tussen- € 2,25 onder de doorsnee premie basisverzekering.
    De minimum prijs werd geboden door zorglabel Zekur.

    De dekking, waaronder de alternatief uit het hoeveelheid ziekenhuizen, heeft Zekur verder behoorlijk ingekrompen.
    Doorsnee verzekeringspremie restitutie basisverzekering 2015
    De gemiddeld premie van een restitutie verzekering komt dit kalenderjaar daarmee op € 95,84 per 4 weken.
    Laagste verzekeringspremie zorgverzekering 2015
    Veel attentie is er elk kalenderjaar voor de minimum toeslag zorgverzekering van Nederland.
    Zorgverzekeraar Zekur, dat zich richt op scholieren en studenten, echter waarbij elk
    gewoon zijn polis mag afsluiten, is een grote prijsvechter, op de voet gevolgd
    door aanbieder Besured. Tevens Besured richt zich op studenten.

  52. When there is no burden on the artist as regard cost factor, he can put his full devotion on creation of master pieces.
    These designers have their own unique style that helps Calgary residents to be fashionable according to their way of living.
    a real-life US bomb squadron leader during the war.

  53. The term ‘sales representative’ can mislead, since in any network marketing company, the ‘sales representative’ is actually just
    a distributor with her own interests in mind. Now Ideal Health
    have a blend of 50 Key ingredients using antioxidents, phytonutrients and chelated mineral complexes
    to provide you with the highest quality. Most
    new Avon Representatives expect immediate results, and while this is possible, it’s not always the case.

  54. Excellent goods from you, man. I’ve understand your stuff previous to and you’re
    just too fantastic. I really like whst you have acquired here, really like what you’re stating and the way in which
    you say it. Youu make it enjoyable and you still take care oof to keep it sensible.
    I cant wait to read much more from you. This
    is actually a terrific webb site.

  55. Hi there! Someone in my Myspace group shared tjis webwite with us so I came to taske a look.
    I’m definitely loving the information. I’m bookmarking and will be tweeting this to my followers!
    Wonderful blog and superb style and design.

  56. Edu backlinks and building backlinks are not a senseless marketing
    ploy or gimmick but are a solid marketing strategy you could use today
    to improve user traffic to your site. The tip here
    is to write quality content and keep it regularly updated
    so that people will want to share it. This will help you get
    backlinks for your website to help boost and make better ranking for your website.

  57. Constant scratching can lead to the worsening of the eczema and possible infection. If you’re looking for great results for your skin, check
    out Aveeno’s Positively Radiant line. They have a long track record of creating
    great natural products for skin care.

  58. you are in point of fact a just right webmaster. The site
    loading pace is amazing. It kind of feels that you’re doing any distinctive trick.
    In addition, The contents are masterpiece. you’ve performed a excellent activity on this matter!

  59. What’s Happening i’m new to this, I stumbled upon this I have found It positively useful
    and it has aided me out loads. I hope to contribute
    & assist other customers like its helped me. Great job.

  60. kalau menurut ane gan, ane pribadi juga demikian mengalaminya juga, kita sebagai KONSUMEN , kalau memang kita berani, kita kembali ke HAK dan KEWAJIBAN aja, kita punya HAK untuk meminta baik surat2/plat motor yang sudah di janjikan dealer, kalau memang terus di ulur waktunya, kita bilang “kita sudah membayar uang sedemikian rupa bentuknya, itu KEWAJIBAN kita”.

  61. Thanks a lot for sharing this with all of uus you actually recognize
    what you’re tallking approximately! Bookmarked. Kindloy also discuss with my
    site =). We could have a lknk exchange contract among us

  62. Just desire to say your article is as astonishing.

    The clearness on your post is simply excellent and i could suppose you are a professional on this subject.
    Fine together with your permission let me to snatch your feed to keep up to date
    with imminent post. Thanks 1,000,000 and please carry on the rewarding work.

  63. Since the most of skin care ads and products are aimed towards women, numerous men may, as
    a result, not understand how to remove wrinkles in addition to fine wrinkles.
    But males can be just as interested in the wrinkles
    on the faces as girls. Furthermore, these are no longer any capable to stay away from the hands of
    time than females; all people experience wrinkles along with sagging seeing that collagen and also elastin fibers malfunction along with the
    skin produces significantly less oil. There are numerous of means,
    however , to reverse indications of aging.

  64. BANYAK KALE HAL SEPERTI INI TERJADI.. DAN SAMPAI SEKARANG..
    Teman sekantorku ngurus pajak 5 tahunan mobil baleno diSamsat Surabaya klo gak salah Akhir April 2014 s/d Sekarang 1 Juni 2015: Plat nomor, STNK, BPKB belom kunjung keluar.. Trus gimana jalan penyelesaiannya????????????????????????
    Guru SMP ku Mobil Hijet 1000 mengalami hal yang sama…
    Guru SMA ku balik nama dari Jakarta ke Pasuruan juga 1 tahun lebih gak keluar2 tuh BPKB n STNKnya
    Saudara teman ku Mobil Avanza Balik nama/ cabut bendel dari Gresik ke Pasuruan sudah 2 bulan ini blm tuntas
    Temen ku Motor Suzuki Skydrive balik nama/cabut bendel dari Surabaya ke Pasuruan sudah 3,5 bulan juga belum ada kabar..
    Trus bagaimana ini???????????????????????????????????????
    Apa ada jalan keluarnya?????????????????????

  65. Thanks for finally talking about >setelah STNK dan BPKB kosong, Pelat Nomer
    pun Habis, cetak 6 bulan setelah pembelian? | PERTAMAX7.com <Liked it!

  66. ( AKU ORA POPO )

    NEK PAJEK AE CEPET DADINE
    NEK BAYAR CICILAN TELAT SEHARI KENA DENDA.
    BAYAR PAJAK TELAT SEHARI DENDA.
    LAH OPO GAK MIKIR WONG DEALER,SAMSAT DAN SEJENISNYA?!!
    NGURUS SIM DIPERSULIT KALO GK PAKE CALO BYUHHH ANGEL ERAN!!

    OPO KAREPE WONG2 IKI.
    STNK BPKB SETAHUN GAK DADI2
    MOSOK YA BENDINO NYANG DILER

    CUMA ONO NANG INDONESIA NGENE WI,

    LAPOR NANG PERLINDUNGAN KONSUMEN / SEJENISE RAH DIGUGU BLAS.

    WES PEGEL RA USAH DOWO2 NGETIK RA NYAMPEK YO PERCUMA.

Tinggalkan Balasan