Demo buruh tuntut upah Rp. 3,7 Juta naik Kawasaki ninja 250Fi dan Honda CBR? upah naik untuk cicilan ninja?

apa apa an ini 🙁

demo buruh bawa ninja 250

miris gan,,,, haari ini ( 31/10/2013 ) terjadi mogok massal buruh…  ane cuma lihat status pesbuk, tapii ini yang bikin heboohh, kalau dulu ada pendemo yang naik honda CBR asli, kini ninja…. ninja 250 FI

walaupun tidak semua pendemo menggunakan kawasaki ninja250fi maupun honda CBR ASLI, namun???? what do you think gan?

menuntut upah yang semula dari Rp. 2,2 juta menjadi Rp. 3,7 juta dengan dalih HIDUP LAYAK, yang menjadi pertanyaan, HIDUP LAYAK dengan Rp. 3,7 juta, layak apa MEWAH? 🙁 memang menjadi perdebatan otot ototan, namun,…. ternyata ada sekelumit kisah lain mengenai duit segitu banyak… yups, ada oknum yang menjadikan demo ini sebagai usaha untuk mencicil kawasaki ninja 250 fi nya 🙁

seperti yang ane kutip dari pulau jakarta

jakarta.okezone.com/read/2013/10/31/500/889884/buruh-saya-butuh-upah-naik-untuk-cicilan-kawasaki-ninja-250

berikut…

Agus seorang buruh pabrik di kawasan industri Pulogadung mengatakan, gaji yang diterimanya saat ini, tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Lantaran, gaji yang diterimanya sekira Rp2.500.000 per bulan habis untuk membayar biaya kost, mengirim uang ke orang tua, dan juga cicilan motor.
“Saya kan dari daerah, jadi tiap bulan harus kirim ke orang tua, belum lagi bayar kost. Upah harus naik, saya butuh uang untuk kebutuhan lainnya, kayak cicilan motor,” katanya sambil memegang motor gede miliknya, Kawasaki Ninja 250 kepada Okezone.

cetarr mas brooooo……

kalau honda CBR, itu demo lama

demo buruh bawa honda CBR

walau katanya bukan milik peserta demo ( perlu di selidiki lebih lanjut kan ) , namun miris aja, 🙁 ….

news.detik.com/read/2013/10/17/130045/2388071/10/gaya-buruh-berdemo-tunggangi-motor-cbr-tuntut-ump-naik

banyak demonstran yang terlihat seakan menutupi jati diri motornya ( entah kenapa )

news.detik.com/read/2013/10/17/163157/2388427/10/?nd772204topnews

om black n white berkomentar

35. Black or white31 Oktober 2013 [Edit]

Tadi di kawasan mm2100 cibitung bekasi banyak yg pake cbr250 ya wong karyawan ahm, ane sendiri pake ninja250 ikut demo sbgai bentuk solidaritas

Balas

demo kenaikan UMP jakarta bawa ninja

banyak yang bawa mini mogeh2 tersebut untuk solidaritas, kaya lek black,,,

beda lagi dengan gan taufik ( tadi om agus, mirip nama om ninjers, kini taufik, bukan bang haji lho )

seperti ane kutip dari ( sini )

“Keluar lo semua. Mana nih katanya buruh bersatu, masa pada gak mau keluar?” teriak seorang buruh dari atas motornya, Jumat (31/10).
Namun, di antara para buruh tersebut ada sejumlah buruh yang mengendarai sepeda motor yang harganya relatif mahal, seperti Kawasaki Ninja 250 cc yang harganya di atas Rp 45 juta. Menanggapi hal itu, Taufik, salah seorang buruh, mengatakan, sepeda motor itu diperolehnya dari hasil kredit.
“Motor ini kan kredit, dengan gaji sekarang bayar kredit motor saja sudah berkurang banyak,” kata Taufik.
Pria lajang ini mengatakan, jika digabung dengan uang lembur, dalam satu bulan dia bisa menerima gaji sebesar Rp 4 juta. Namun, jika tidak lembur, dia hanya menerima Rp 2,5 juta per bulan.
“Kalau gaji kita jadi Rp 3,7 juta kan, jadi gak perlu lah nyari-nyari lemburan lagi. Kreditan motor juga aman sebesar Rp 1,5 juta selama tiga tahun setengah,” jelasnya.(merdeka/31/10/13)

kukur2 kepala….

anyway,,, semoga mendapatkan titik temu dari kedua belah pihak, pasalnya, jikalau banyak investor yang dalam tanda petik ketakutan trus cabut, kemudian ada phk masal tanpa pesangon akibat investor ketakutan, amit2 krismon itu 🙁

ada yang mau menambahkan?

yang jelas, indonesia butuh pengusaha yang banyak, so, jika berkeinginan bergaji banyak, mungkin enterprenuership bisa dilirik…..

diluar negeri aja gajinya gede gan, masak disini kecil

mongggo ke china atau india….. atau jadi TKW, banyak yang beruntung lho jadi TKW, kayak sepupu ane, kerja di sawit malaysia, gajinya ga tahu sih ane,, katanya sudah setara Rp. 5 jutaan lho ( disinyalir gaji bersih )


kalau dikabulkan Rp. 3,7 juta , ntar banyak buruh yang bisa kredit ER6 atau AGya Ayla kali yak?

owh iya, kemarin pas SMP pernah ada pelajaran ekonomi,

GAJI NAIK , harga TDL, harga semabako, DLL, bakal mengikuti bahkan mendahului,,,,, 🙁

bentar, lagi makan malam gan, pengen tahu makan apa? ini lho, makanan MAHAL !!!!!

^ udah selese maem, tinggal update artikel 😀

dunia takkan habis dikejar, apalagi melihat keatas, tak akan pernah cukup

semoga berguna

421 KOMENTAR

    • Ternyata komentator diblog ini banyak juga yah yg kaum buruh lulusan SD,keliatan dari banyaknya komentar yg tidak berpendidikan dengan kata kotor dan sumpah serapah,meningan commentnya kaya diatas ane dari pada hujat-hujatan

      • Solidaritas atau show off?

        kl memang memperjuangkan untuk gaji yg kecil apa pantes bawa barang mahal saat demo? … Sama saja anda mencederai tujuan demo tersebut. Kasian sama yg jalan kaki karena mereka memang butuh perbaikan. Kl memang berjiwa solider, berjalan beriringanlah dengan yg paling sengsara, bukan berdiri paling depan naek “kuda” kebanggaan — emang panglima perang?

      • Buruh minta gaji 3.7 juta/bulan? Bener bener buruh gak punya hotak tak tau diri. Heii… Para buruh,, kalian itu tak pantas di gaji segitu, kalian itu pantesnya gak di gaji, tapi cukup di kasih makan kerak nasi yang di kasih air 1x sehari. Kayak budak budak fir’aun,atau pekerja pekerja rodi zaman belanda.hahahaha……

        • Ini si agan kenapa komennya begitu ya.. Masa mengecilkan buruh sampai segitunya, namanya orang kerja ya harus di bayar dong. Gimana rasanya kalo posisi ayah anda seperti yang ada di komentar anda??

    • Kl umr naik yg pada naek cbr dan ninja bisa beli agya/ayla makanya pada turun.
      mbok ya demonya diubah, gimana biar buruh garmen dgn umr yg sama + lemburan (ini yg diperjuangkan) bisa dpt thp yg sama dgn yg sanggup nyicil cbr dan ninja.
      jangan malah menungganggi org sengsara biar bisa ikutan naek. Salah kaprah semua…

    • kenaikan wajar adalah sebesar KHL atau sebesar laju inflasi kalau mau lebih tinggi dari itu harus dari dasar prestasi…….

    • Cuma gara-gara ninja 250r aja pada sewot. Kalo disini gaji naik buat angsuran xenia avanza ertiga. Pas demo nggak dibawa, cukup bawa matik/bebek buat ke kantor.

  1. Bukan mperjuangkan anak istri tp utk gaya2an naik ninja….tp kualitas kerja biasa2 sj…

    • EMANG TAU DARI MANA LOE??? BAJU, SEPATU, TAS, JAKET BERMERK YANG LOE PAKE….YANG LOE BANGGA-BANGGAIN ITU DIMANA DIBIKIN NYA???

      DI INDONESIA…YANG BIKIN, BURUH-BURUH ITU……

      JANGAN NGAWUR KALO BACOT…

      • wong iki piye to?

        trus beli ninja 250 buat apaan bro?

        eh jangan jangan bro ini buruh yang pake ninja itu ya 😀

      • gaji naik trussss. . . .harga naik trusssss. . . . .demo trusssss. . . .

        semakin hari semakin ngawur

        • coba mikir yang lebih bersifat umum jangan kepentingan diri mulu…..demo yang lain ajah…yg menyangkut kepentingan orang yg lebih banyak/untuk segala lapisan tidak hanya utk segelintir orang aja….contohnya harga2 yg makin mencekik….

      • Buruh di bilang ga mampu bisa beli cbr sama ninin. Bahkan mungkin punya dua duanya.

        Terus ga makmurnya dimana? Bisa kredit motor 50 juta udah termasuk mampu tuh

        Liat aja noh, karyawan yg di aras buruh aja jangankan ninja. Supra aja bengek untuk cicil. Padahal basic pendidikan mereka apa? S1 s2, mereka lebih rajin daripada buruh. Lah kok buruh minta 3,7 juta

        Gaji guru sebelum di sertivikasi berapa? Dokter umum berapa? Bidan desa berapa? Perawat berapa? Pendidikan mereka biayanya tinggi. Gaji ga nyampe 1 juta. Terus mereka juga kerja lebih giat dari buruh bertaruh nyawa

        Gaji guru honorer aja bisa 600rb. Dokter ptt juga sekitar 800rb. Ga ada yg namanya lembur, overtime yauda

        • setuju sama komen ni, yang demo tuh harusnya belajar bersyukur..masih bruntung jadi buruh di indonesia…coba klo di luar negeri, soalnya aku pernah baca klo diluar emang penghasilan lebih gede dikit, tapi jam kerja mereka diatas 12jam & itu lom keitung sama kerja lemburnya. jam istirahat pun cuma bentar

      • muke gile gaji 3.7 juta
        UNIVERSITAS PADA TUTUP

        ngapain kuliah mikir susah2 jadi buruh aje, keja 0 tahun langsung gaji 3.7 juta (ngarepnye)

        masa di 84 item KHL isinya sampe deodorant, lipstik, televisi dll dimasukkan

        itu namanya keinginan, bukan kebutuhan

  2. wes terlalu, kite yg kerja kantoran kuliah s1 gaji nggak sampe 3 jutaan, mtr pun cuma suzuki thunder dan honda beat

  3. ya buat nyicil ninja lah… di t4 tinggal ane, kampung kumuh dgn rumah yg rata2 hampir ambruk + gang sempit, penduduknya punya motor2 bagus: tigor picek, vario wtf, byson, NVL bahkan sering lewat ninja 250 tapi ga tau rumahnya di mana.

    • mereka itu realistis mas, fokus untuk beli motor yang bagus satu-satunya kebanggaannya diluar rumah, pendidikan, dan statusnya….

  4. kok satu doang mas yg diambil gambarnya?yg naik matic bebek dskelasnya yg bejibun g diambil gambarnya?kcumburuan sosial kah?hmmm

  5. Koplak ! Belum lg ada sebagian tuntutan di beberapa komponen berupa pemenuhan kebutuhan mesin cuci ,kulkas, dan AC.. What ?? Kalo mau penghasilan lebih ya disambi jualan apa keq yg penting halal. Masa kalah sama Ipan ? Eh.. :mrgreen:

  6. mungkin itu buruh dari perusahaan yang sudah hidup di garis kesejahteraan bro, mungkin aksi yang dia lakukan itu bentuk solidaritas dalam membantu buruh2 yang masih hidup dibawah garis kesejahteraan.. positive thingking aja.. ya..ngga?

  7. Pendidikan minim gaji pengen 3,7 juta sekolah z dlu yang bner
    maka’a pengen gaji gede jadi sarjana dong

    • dibilangin pengin gaji gede ya wirausaha…
      lihat aja para pengusaha sukses pas kuliahnya pada berantakan semua, ketika udah banyak duit baru kuliah lagi ijazahnya buat pajangan dinding… :mrgreen:

  8. apa semua buruh pake tu motor mahal????? satu dua orang kaleeee,,,nga semua

    tukeran profesi,sekali” jadi buruh ada yg mau nga???

  9. ya semogalah bro bukan seperti tulisan di atas maksud dari demo ini. kalo memang benar, sunggguh terlalu.

  10. jangan dulu mengambil kesimpulan seperti itu bro ipan, kemarin ada yg demo buruh pake cbr pas di tanya wartawan tvone ternyata itu cbr punya temennya

  11. Pentolan nya perlu di tusbol ni buruh,
    Si sakit ikbal pengen di lirik ma parpol/ atawa dpd minimal mah buat taon depan,

    Modus lu buruh mau aja di kibulin si sakit ikbol

  12. Wajar aja pada demo. . . Gaji orang indo trmasuk rendah bila d bnding dg negara lain. . . Mgkin karena nilai tukarnya x yah. . .

    • karena pejabatnya korupsi, coba aja kalo ga dikorupsi pendidikan bener-bener gratis, pengobatan juga gratis, sembako murah karena ga impor, transportasi murah…maka gaji 2 juta juga cukup karena ga usah mikirin hal-hal yang tadi

    • akar permasalahannya tetep aja di pemerintahannya bro..contoh dalam rapat menentukan upah masak perwakilan buruh (serikat) ngga diajak urun rembug? yang ada dirapat itu hanya pemerintah (disnaker, apindo, akademisi) dan prngusaha.. ada apa ini? kalo emang tidak ada apa2 kenapa serikat sebagai perwakilan buruh ngga diajak urun rembug? serikat pekerja itu banyak yang S1 ko.. bisa ngitung ko, bisa berfikir logika ko, entah apa yang ada di tubuh pemerintah selama masalahnya mendasar dari pemerintah gejolak seperti ini mungkin akan jadi rutinitas dikala terjadi penyesuaian kebijakan yang melek sebelah..

      • Buruh nya g mau datang bro. Jd menurut uu karena udah 3 kali g datang juga ya yg ada aja yg mutusin? Jd salah pemerintah dan pengusaha yah. Emang paling gampang nyalahin pemerintah dan pengusaha 🙂

      • diajak jokowi suruh 10 orang ikut rapat di dalem gak mau,,ane liat di trans tv,,mau cari beritanya??ketik sono di google

  13. bntuk solidaritas iku mas namanya mas ipan itu mungkin buruh yg udah sjahtra.nolongin yg belum.klo blum mrasakan jd buruh jgn byk berbicara.tau rasanya 7 jam berdiri ?mata konsen penuh,blum lagi kpanasan.pernah nyobain?

    • gaji ane ga seberapa dibanding gaji ente tapi ane ga pernah demo ke mendagri,
      resiko kerja ente ga seberapa dibanding resiko kerja ane, resiko kerja ente paling capek doang.

      • emg mas krjanya dmna?
        iya mas resiko kerja ane capek
        doang,
        dan kegencet mesin pres segede
        rumah,kbakar di oven segede
        bis,kena cairan kimia,kena
        semprotan uap air super
        panas,kecebur di kolam wwt,jatuh
        dari ketinggian 5 meter
        lebih,kesetrum tegangan super tinggi.
        dan CAPEK DOANG MAS.hhe.

  14. berarti klo jd buruh ngak boleh pke ninja sama cbr ya pan?
    buruh ngak blh sejahtera?
    gmana bs nyekolahin tinggi anak2 buruh biar bs jd pengusaha klo yg skrang aj pendapatan cm ckp smp tgl 10,byaya pendidikan mahal.

    pst ada yg bilang salah sendiri jd buruh kenapa ngak jd pengusaha.

        • kalau ane staf HRD di perusahaan mas,kalau ente mau ngelamar kerja hubungi ane aja, ane ikut demo karena rasa solideritas aja dan karena ane pernah ngerasain betapa susahnya jadi buruh senin-sabtu kerja minggu kuliah di IBLAM

        • ya kalo gitu tlg bilangin ke rekan kerja masnya, kalo beli kendaraan/barang2 lain disesuaikan dengan kemampuan, bukan kemauan. kalo nggak kuat nyicil motor 150cc ke atas, ya pilih yg 110cc aja. penuhi kebutuhan hidup, bukan gaya hidup. ane wiraswasta om, nggak punya gaji, nyari duit sendiri, dinikmati sendiri, hehe..

    • Bet7l màs. jadi gini. sebenarnya yg dinamakan buruh itu siapa sih? setahu ane buruh itu orang yg kerja di perusahaan trus mendapat gaji. mau dia menejer mau dia tukang pasang baut apa yang jahit itu masih buruh. lha klo ug naik cbr atau ninja itu kan gak semua buruh. buruh di indonesia klo kerja di garmen kasihan om. gaji kecil boro2 bwt beli rumah bwt ngontrak aja susah. blm lg klo punya anak? beda klo owner perusahaan yg di pikirn hanya untung gede aja om. klo owner yg bijak bagaimana owner untung tp buruh sejahtera. ug namanya sejahtera salah satunya ya dari gaji itu. hidup buruh…

      • nah itu dia, kalo karyawan garmen demo ya “wajar” tapi sebenarnya tanggung jawab kesejahteraan itu bukan pada pemilik perusahaan tapi pada pemerintah kan sudah diatur di UUD 1945, karena pemilik perusahaan juga termasuk warga negara, bukan pemerintah

      • sarjana kalo masih digaji = buruh om… haddeehhh
        emang yang nentuin buruh apa bukan itu dari ijazah ya? haddddeeeehhh

  15. emg mas krjanya dmna?
    iya mas resiko kerja ane capek doang,
    dan kegencet mesin pres segede rumah,kbakar di oven segede bis,kena cairan kimia,kena semprotan uap air super panas,kecebur di kolam wwt,jatuh dari ketinggian 5 meter lebih,kesetrum tegangan super tinggi.
    dan CAPEK DOANG MAS.hhe.

  16. Ya wajar aja
    demo. . . Gaji
    2jt trmasuk
    sangat rendah
    bla d bnding
    negara lain. .
    ==========
    ==========
    ==========
    kalo mu gaji kaya negara lain knapa g jdi tkw aja gan. . .enak toh dpt gji gde. . .gini nih ciri manusia yang g brpndidikan. . .inget pptah ni bray. . .rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau. . .toh wujudnya sma ja rmput g jauh beda. . .sbabnya gaji gde ya krn kbthan jg gde. lah dsni gji dah ckup mlah dblg kurang. . .nominalnya emang nmbah tpi bkny itu memicu inflasi ya CMIIW. . .KHL g wjar cuaca pnas bth ac lah dingin bth jaket lah nyuci kudu pake mesin lah blablablabla eh ya jgn lupa tuh msukin ke KHL “biaya kredit lcgc”kn bntar ge msim ujan tar brngkt krj keujanan byr g gmpang skit. . .serikat buruh sampah semua

  17. emg mas krjanya
    dmna?
    iya mas resiko kerja
    ane capek doang,
    dan kegencet mesin
    pres segede
    rumah,kbakar di oven
    segede bis,kena cairan
    kimia,kena semprotan
    uap air super
    panas,kecebur di kolam
    wwt,jatuh dari
    ketinggian 5 meter
    lebih,kesetrum
    tegangan super tinggi.
    dan CAPEK DOANG
    MAS.hhe.. . . . .
    hebat banget lu bray segitu rentetan serangan bertubi tubi ga mati mati. . . .daripada nt ngeluh ky gtu mnding kluar ja sih cari krjaan lain yg lbh aman kan kalo gajinya kecil tinggal didemo. .kan nt solidaritasy dah tingkat dewa. . .gitue aja ko repot. . .

    • bukan g mati mas.cuman belum,ane g ngeluh mas ane ngejelsin resiko kerja hampir sbagian buruh.ntar ane bakal kluar mas tpi bukan skrg.ane g pnya rasa solid mas.cuman ane g suka ama orang yg bicara byk soal apa yg dibicarain.

      • m’f ga seharusnya kita yang berdebat, ane pernah bekerja seperti ente,,, bro!
        pangkal masalahnya memang ada di birokrat bukan dipengusaha.

        • y west mas klo udh prnah hrusnya tw to gmna rasanya.ane g mslh ama gaji mas mw naik y alhamdulilah mw g y alhamdulilah.ane cuman g seneng klo byk bicara ttg apa yg g dketahui.

        • betul yang udah ngrasain kerja pasti tau, baik yang pake otot ato otak sama2 susah n berat, semua ada resikonya, enggak itu buruh ato mahasiswa atao buruh yang nyambi mahasiswa ato mahasiswa yang nyambi buruh (kayak gue)
          positif komen aja bro, yang BC semoga endak kobong.

      • klo ane menyikapi masalah ini karena ada unsur politik aja . .

        soalnya . . yg punya negara pengenya lengserin si joko yang notabene punya suara terbnyak untuk ajukan capres thn depan . . .mkanya di atur sekenario kaya gtooooo browwww coba deh pikirin . . pasti pangkal permasalahan yg ngomporin si partai itu tuhh

  18. KHL udah ngawur malah jadi mengejar kemewahan bukan kelayakan. . .sekolah lu sampe mana bray minta gaji segitu dasar sampah semua buruh anggota serikat. . .sekali lagi SEMUA BURUH ANGGOTA SERIKAT =SAMPAH

    • ane S1 gan. kerja pernah kerja kantoran jadi spv juga pernah. Nglamar di pabrik susu jadi engineer eh malah ditaruh jadi operator. harusanya demo itu yang bener. demo penempatan kerja sesuai ijazah dan gaji juga sesuai ijazah. Klo demo gaji doang mah itu malah kasihan nasib lulusan sarjana. Kayak ane nih. Nelongso. Mau cari kerja udah susah. bolak balik dipanggil minta gp 3 juta aja udah gak dipanggil lagi. Minta pindah bagian pengangkatan eh gak dikabulin. Padahal.ane S1 lulusan terbaik lagi. puyeng ane

      • makanya buka usaha sendiri, punya ilmu kan?
        malu ga S1 minta gaji 3 juta, sementara teman saya cuma lulusan sma jualan gorengan bisa dapat 10 jutaan perbulan
        saya S1 juga loh, tapi mulai saya tinggalin gelarnya … 😀

  19. KOQ PADA BELAIN PENGUSAHA YA?? EMANG APA UNTUNGNYA BUAT LOE-LOE SEKALIAN….

    BIARLAH MEREKA BERJUANG DEMI PERUT DAN KEINGINANNYA….LOE-LOE JUGA YANG UDAH KERJA WAJAR-WAJAR AJA KAN KALO PENGEN NAEK GAJI….

    ANGGOTA DPR AJA YANG GAJINYA PULUHAN-RATUSAN JUTA MASIH MINTA NAEK GAJI…

    COBA LOE-LOE LIAT KE PABRIK-PABRIK, GIMANA MEREKA PARA BURUH KERJA, KAYA “ROBOT” KERJA MEREKA….

    APALAGI LOE TS YG MASIH MAHASISWA…YANG TAUNYA CUMAN MINTA DUIT SAMA ORTU….MANA TAU KALO KERJA ITU SUSAH…

    BIARLAH MEREKA MO PAKE DUITNYA BUAT BELI NINJA ATO CBR….ATO MOBIL SEKALIAN…TOH DUIT-DUIT MEREKA JUGA…..

    • ya udah kalo g suka dgn krjaanya tinggal resign. . .cari yang mnurut lu lbh baek. . . .kalo mslh gaji mah gmpang kan tnggal demo ja toh

    • heh karnadi yang tolol, kalo pengusaha pada kabur ke negara lain yang bayar buruhnya lebih murah, tu buruh disini pada mau kerja apa ? nganggur ? terus kalau gaji buruh naik segitu gede terus pengusaha terpaksa memPHK sebagian buruh karena ga kuat ngegaji, lu mau tanggung jawab sama buruh2 yang di PHK ? makanya lu tuh banyak mikir, Orang itu dibayar lebih mahal bukan semata2 karena capek dan resikonya, tapi karena dia punya keahlian yang banyak orang lain ga bisa, kalau alasan capek sama resiko mah udah basi kemakan “terpaksa” karena banyak orang bisanya itu2 aja.

    • MAAF MAS….ANDA DULU PAS NGELAMAR KERJA TUJUANNYA UNTUK APA?! …UNTUK BERTAHAN HIDUP KHAN?!!
      PARA BURUH BILANG “KITA KERJA SEHARIAN SEPERTI ROBOT,TP GAJI TIDAK LAYAK”
      UDAH TAU TIDAK LAYAK KOK ANDA2 MASIH BERTAHAN KERJA DI PERUSAHAAN ITU?!!
      MAAF MAS….ANDA TAU KEHIDUPAN SEBENARNYA SEORANG PENGUSAHA YG NGERINTIS USAHANYA DARI NOL DAN JIKA ALLAH SWT MENGIJINKAN BISA BESAR USAHANYA DAN MENYERAP TENAGA KERJA?!!
      ANDA PASTI TIDAK TAU!!!
      MAAF MAS…KITA SALING MEMBUTUHKAN,TAPI KITA JUGA PUNYA HAK UNTUK “MEMBUANG YG MEMBERATKAN”

      • Karnadi yg Rendah [GuOblOk],
        Naek Gaji Semua Pekerjaan itu PASTI
        Pada Intinya ud Jelas tuh Kerja Nyusahin [KAYA “ROBOT” KERJA MEREKA….]masih Aje di bela”in jadi Buruh
        ud mulai sekarang tuh uang di tabung terserah karnadi mu buat usaha atau Sekolah Sarjana,yang nantinya jadi Pengusaha yg Jelas Kerjanya tidak [KAYA “ROBOT” KERJA MEREKA….]
        ok,

  20. artikel u bnar2, bermental penjajah, u pikir gaji buruh 2.5jt. bruh tdk berhak pke mtr bgus, u bkin artikel seolah 2.5jt udah cukup, dmo naek cma buat bli mtr mahal to dipikiran lo, u bkin artikel jgn berotak combro bro…

  21. …masbro semua jgn brotak sempit…jgn liat siapa yg pke atau puya kendaraan klo mampu bli dan duit halal tdk jdi masalah… YG HRUS DIJADIKAN MASALAH MAMPU BELI..
    …TPI PKE DUIT HASIL KORUPSI BROO…

  22. Namanya buruh itu yaa semua lini yg mendukung aktifitas sebuah usaha…..perusahaaan bisa berkembang juga karena ada buruh….lha kalo negara lain aja bisa membayar buruhnya lebih tinggi kenapa negara kita gak mampu…yg salah itu siapa? Baru kemarin mau menikmatin gajih 2.2…ditembak naiknya bbm ….apa2 naik lagi….sama aja gak ada peningkatan toh…. Camkan itu…

    • kalo biaya hidup lebih mahal seperti dinegara negara tersebut mau bro?
      trus tingkat disiplinnya dan target kerja lebih ketat seperti negara tersebut mau ga bro?

    • gaji naik tapi bbm ikut naik lagi demo lagi. . .naik lagi demo lagi. . . .gitu trus. . .trus gitu

      • gaji naik – hidup enak sesaat – inflasi – nuntut naik gaji lagi – gaji naik – inflasi dan begitu seterusnya 😀

  23. mas ipan, ane sering baca blog ente, tapi untuk topik yg ini ane tersinggung dengan judulnya.
    tututan upah 3,7 juta sangat realistis.
    perlu dipahami bahwa tuntutan tsb sudah melalui survei kehidupan actual di bekasi dan sekitarnya.
    lagi pula pengusaha juga memang mampu, hal tsb sudah di perhitungkan oleh tim pengupahan disini.
    ane kasih contoh, di perusahaan tempat ane kerja, presiden ditektur memberikan laporan semesteran yg isinya salah satunya adalah mengenai upah karyawan golongan terendah dari seluruh perusahaan cabang di seluruh dunia.
    dan yg paling mengenaskan karyawan di Indonesia hanya digaji 5% nya karyawan di jepang atau 20% nya karyawan yg ada di singapura.
    dan yg menyakitkan perfoma kerja karyawan disini lebih baik dari kedua negara tsb. dengan bukti eficienci kerja yg mencapai 92% dan hal itu didukung dengan laporan keuangan perusahaan yg meraup untung lebih banyak dibandingkan perusahaan dari kedua negara tsb.
    jadi mas Ipan tolong kalau tidak paham betul , jangan dibuat artikel dengan judul yg memprovokasi.
    terimakasih

    • hmmm kalau anda sendiri yang mendirikan perusahaan sendiri aja gimana? 🙂

      masalanya enggak semua perusahaan mampu gan buat bayar gaji sebesar itu 🙂 kalau disamaratakan antara perusahaan berprofit kecil sama perusahaan berprofit besar, ya perusahaan berprofit kecil bakalan bangkrut lah 😀
      mungkin yang dituntut kenaikan upah harusnya bukan “upah minimum daerahnya”.
      tapi seharusnya langsung ke perusahaan tersebut, upah di perusahaan tersebut.

      cmiiw

        • nah kalo gitu kok gak pake 2 parti aja,,antara pabrik n buruh,,gak usah disahkan pemerintah lewat umr..kalo umr kan menyeluruh mengikatnya,,regional,,seluruh jakarta

      • jelas lah buruh tidak realistis dengan tuntutan kenaikan gaji segitu. saya setuju banget dengan Artikel ini.
        Laporan Semesteran tentang upah yg bs di pertanggungjawabkan ga itu,presdir abal” pastinya yg mau membuka aib.
        kenaikan gaji itu ada tahap mas bro,jangan langsung JEBRETTT , semua Bos lemas,lunglai,letih,kemungkinan lebih memilih ngeluarin uang banyak buat beli ROBOT asli drpd BURUH palsu,dan Nasib loe BURUH hanya Satu kata “PHK”

    • bahan pangan, dll di Indonesia jauh lebih murah daripada di 2 negara tsb, nah mau gaji sama pula, holy shit banget

  24. semua orang punya keinginan tp apakah keinginan itu sama dengan kebutuhan?? ane jg kepengen punya NVL/CBR ato ninja tp setelah dipikir2 apakah butuh??klo motor bebekpun dirasa udah cukup memenuhi kebutuhan ya untuk apa mencari yang lebih mahal, kalau punya saving tabungan yang cukup ya silahkan aja dibeli tp resikonya ditanggung. intinya mah kembali ke skala prioritas kebutuhan hidup dan memilih sesuai budget yg ada, setelah memilih silahkan tanggung konsekuensinya 😀

    no offense.. ane juga cuma anak pedagang keliling

  25. buruh di jawa ada berapa juta org sih ? merugikan pengguna jalan yg jelas2 jumlahnya lebih banyak dari buruh aja

  26. gw yakin pan…. kedepannya investor2 di Indonesia bakalan berani bayar lebih tinggi untuk beli teknologi robotik drpd harus bayar mahal gaji buruh perbulan yg tiap tahun demo terus….

  27. BURUH JUGA MANUSIA,PUNYA KEINGINANAN DAN PUNYA MIMPI,TAPI KALO SELAMA INI DIGAJI SANGAT MINIM OLEH PENGUSAHA,JANGANKAN MEWUJUDKAN MIMPI JADI KENYATAAN,YANG ADA BUAT MENUHI KEBUTUHAN POKOK AJA PAKAI JURUS GALI LUBANG TUTUP LOBANG.
    BUAT ORANG2 YANG MASIH BERUNTUNG DARI PARA BURUH YANG SEDANG BERDEMO MEMPERJUANGKAN DAPURNYA AGAR TETEP NGEBUL JANGANLAH TERLALU MERENDAHKAN BURUH.
    PIKIRKAN BILA SUATU SAAT ANDA BERADA PADA NASIB SEPERTI MEREKA. INGAT DUNIA SELALU BERPUTAR…!!!!!!!

    KALO BISA UPAH BURUH KITA DIKISARAN 5 JUTA KEATAS,BIAR NANTI YANG FBH BISA BELI CBR250,YANG FBY BISA BELI SPORT TERBARU YAMAHA 250 DAN YANG FBK BISA BELI NINJA 250……
    ANDAI ITU TERWUJUD BETAPA INDAHNYA HIDUP INI,TANPA HARUS MIMPI DAN MIMPI LAGI…….

    HIDUP BURUH……………….!!!

  28. Bocoran UMR 2014.

    Dear All,
    Info Bocoran UMR 2014 dari anggota Dewan Pengupahan Nasional.

    . Pemerintah per tgl 31 Oktober 2013 pkl. 00.00 WIB ( nti mlm ), akan menghapus tenaga kerja kontrak/outsourching, diangkat jd pegawai tetap & menaikan gaji UMR thn 2014 di Indonesia, sesuai lulusan sekolah, yaitu :
    SD. : Rp 2.750.000
    SMP : Rp 3.500.000
    SMA : Rp 4.250.000
    D3. : Rp 5.625.000
    S1. : Rp 7.450.000
    Gaji tsb akan dikurs kan kedlm bentuk “YEN” dgn ketentuan sbb :
    – Yen Ono Duite…
    – Yen Presidene Mbahmu…
    – Yen Wakile Pakdhe Mu…
    – Yen Mentri keuangane Bapakmu…
    – Yen ing tawang ono lintang…
    Pokoke sak karepmu laaaahh….

    • Bruakakakakakakak……Karyawan : ah beneran pak? bapak ngga becanda kan??
      Boss : lho ente kan yg dr awal ngajak becanda….

  29. TAPI SAYANG BANYAK PENGUSAHA NAKAL UNTUNG BESAR DITUTUPI KALO RUGI TERIAK2.
    DAN SETIAP BURUH NUNTUT UPAH LAYAK DARI PIHAK PENGUSAHA SELALU PAKAI JURUS,NANTI BANYAK INVESTOR YANG HENGKANGLAH……DAN…..BLA……….BLA………..BLA….

  30. Gaji pengen naik 90%.. Tapi efisiensi kerja cuman naik 10%…think again…selama jadi pegawai, buruh,penghasilan “cuman” taraf cukup.. Krn tdk menanggung resiko rugi…think again..pengen penghasilan lebih,ya jd interpreneur aka pengusaha,wiraswastam…think again…selama masih merasa kurang, Tuhan akn memberikan kekurangan,bukan kelebihan…think again..# ane dulu fresh graduate atasnya dikit dari s1 kerja djakarta th 2002 dgaji pokok 800rb.. Sampe th 2009 mentok di 2jt+bonus 2jt…kalo merasa bisa lbh berkembang…MANDIRI lah….. Jadilah pengusaha…INTERPRENEUR….

    • itu data dari mana gan naik 90% sama 10%…? persentase berdasarkan sentimen negatif kah?

  31. buruh itu bukannya orang yang masih digaji ya? so mau sekolah lulusan apapun kalo penghasilannya masih dari gaji yaa..buruh juga toh? cuma beda kelas aja misal yang tamatan stm jadi operator (buruh) yang sarjana jadi supervisor,manager dll (buruh) so, sama aja kan? kecuali udah bisa nge-gaji orang baru tuh bukan buruh..

  32. itu yang salah.akibat tuntutan mode,tren,jd bgini dah akibatnya.berharap ada p erang dunia ke 3 dah utk menghancurkan negri ini!

  33. BURUH JUGA
    MANUSIA,PUNYA
    KEINGINANAN DAN
    PUNYA MIMPI,TAPI
    KALO SELAMA INI
    DIGAJI SANGAT MINIM
    OLEH PENGUSAHA,
    JANGANKAN
    MEWUJUDKAN MIMPI
    JADI KENYATAAN,YANG
    ADA BUAT MENUHI
    KEBUTUHAN POKOK AJA
    PAKAI JURUS GALI
    LUBANG TUTUP
    LOBANG.
    BUAT ORANG2 YANG
    MASIH BERUNTUNG
    DARI PARA BURUH
    YANG SEDANG
    BERDEMO
    MEMPERJUANGKAN
    DAPURNYA AGAR TETEP
    NGEBUL JANGANLAH
    TERLALU
    MERENDAHKAN BURUH.
    PIKIRKAN BILA SUATU
    SAAT ANDA BERADA
    PADA NASIB SEPERTI
    MEREKA. INGAT DUNIA
    SELALU
    BERPUTAR…!!!!!!!
    KALO BISA UPAH
    BURUH KITA
    DIKISARAN 5 JUTA
    KEATAS,BIAR NANTI
    YANG FBH BISA BELI
    CBR250,YANG FBY BISA
    BELI SPORT TERBARU
    YAMAHA 250 DAN
    YANG FBK BISA BELI
    NINJA 250……
    ANDAI ITU TERWUJUD
    BETAPA INDAHNYA
    HIDUP INI,TANPA
    HARUS MIMPI DAN
    MIMPI LAGI…….
    HIDUP
    BURUH……………….!!!

    ===============
    ===============

    woyyyy melek woy jangan mimpi mulu. . .gaji minim ya minimal bisa naik ninja ama cbr kan. . . .kalo lagi demo ngakunya gaji kecil kalo ama cwe gayanya setinggi langit. . . .gile lu ndroooo. . . . .buruh serakah

    • PALING LOE PENGANGGURAN YANG BISANYA NGABISIN DUIT ORTU, DAN MIMPI PENGEN NINJA 250, MAKANYA LOE JELEK-JELEKIN BURUH……

      DAN YANG PASTI LOE JOMBLO AKUT, YANG BISANYA LIATIN ORANG JALAN SAMA CWE…..

      KASIAN BGT SIH LOE

  34. pada masuk pabrik juga dapat nyogok ya bro..kadang pake ijasah juga punya orang lain..hehee..skck aja dapat malsuin..sekarang pertanyaan nya kita balik kondisi gini kalo situ sarjana terus orang lain buruh dengan gaji 3,7 jta perasaan situ gmana??dilihat dari standar kepantasan golongan aja udah ga masuk akal bro. yang pns aja gajinya berbeda sesuai dengan pendidikanya..jelas bro hak sampean nuntut gaji. tapi yo ojo dumeh..

  35. TAPI SAYANG BANYAK
    PENGUSAHA NAKAL
    UNTUNG BESAR
    DITUTUPI KALO RUGI
    TERIAK2.
    DAN SETIAP BURUH
    NUNTUT UPAH LAYAK
    DARI PIHAK
    PENGUSAHA SELALU
    PAKAI JURUS,NANTI
    BANYAK INVESTOR
    YANG
    HENGKANGLAH……
    DAN…..BLA……….BLA
    ………..BLA….

    ==============
    ==============

    mnding juga pada hengkang aja lah. .biar g ada acra demo demo buruh ngrengek naik gaji. . .

  36. setau ane d jepang peran manusia udah semakin sdkit.dgntikan oleh peran robot..dan yang jadi buruh di jepang dia sekolahan tinggi loohh..dan masuk kerja pun karena kompetensi dia ok. bkn karena sogok.. laluyang kerjanyapun mereka ga neko neko minta naik gaji seenaknya..sebab mereka diawal sudah komit dengan perusahaan tentang gaji yang akan mereka terima. . nah kalo mereka merasa kurang larinya wiraswasta ato keluar dan buka usaha lain.

    • sekarang para pengusaha udah pada kepikiran buat make robot kok. biaya awal besar tapi kebelakangnya lebih murah.

  37. ane mahasiswa bro, pernah ngerasain namanya gawe di tangerang taun 2009an bbm msh 4500 itu gaji 1,5jt cukup buat makan sama bayar kos doang, skrng bbm 6000 itu berarti ada kenaikan 30%, jadi gaji 2,2jt itu memang hanya cukup untuk biaya hidup saja.

  38. buruh2 hedon mau aja dibego2in said iqbal. tujuannya itu senayan make elu2 pada kalo udah disana paling elu kaga dilirik.
    lu2 buruh pada nyetor duit iuran bulanan ke serikat bukan? ada laporan keuangannya ga?

    yang bilang nyicil ninja cbr itu hak ya silahkan. tapi lebih pinter ente kalo nyicil beat dan sisa duit bulanan ente2 ditabung buat modal usaha bukannya buat hedon. selamanya mau jadi buruh? selamat stuck yee..
    yang bilang panes2an, ngangkat berat, mesin dll itu resiko ente dalam bekerja. kalo ga kuat minggat aja.
    malah ada isi lipstik dan bedak dalam item yang diajukan buruh.. watdefaaaaakkkkk…

    paling bego sih yang sweeping pabrik lain yang ga demo trus nuntut biar ikut demo dengan alasan solidaritas.
    trus ada mobil lewat yang mau dirusak padahal di dalamnya ada ibu dan anak kecil. begooooo…

    kalo udah perusahaan pada pergi baru dah ente2 pada stress 😆

    • Yoi om, kayak di t4 ane, demo minta naik gaji perusahaan gak mampu bayar trus tutup n pindah ke china, eee setelah pindah pada demo lagi minta dibuka lagi. capee deeeh

  39. gaji 2 juta di jogja udah hidup layak men,udah hidup enak,
    pendemo juga gak tau diri,minta gaji besar tapi kalau kontribusi minim buat perusahaan juga sama aj,lu mau demo terus? sapa yang mau bayar lo? demo juga kalau bisa mikir diri kita sendiri,kita layak gak di demo,baru demo orang lain

    • Maka dari itu…kalo pengin hidup layak ya jangan ke jakarta…
      Mrk yg jadi buruh kan kebanyakan pendatang dr luar jakarta…
      …ayo pulang ke desa, membangun daerah masing2..

      • benuuuuuuulll…jakarta sumpek dengan orang gak punya kemampuan,,tani lagi sonoooo,,,cabe n bawang harganya lagi bagus tuuhh

  40. udah gak aneh lah ketika soharto pertama kali menjadi presiden dia mengajak investor asing untuk masuk ke indo dgn mengiming imingi upah buruh yg murah.,.hehe ga nyambung yah

  41. Kalau buruh minta gaji segitu, kelihatanya melukai lulusan diploma dan sarjana deh, dan akan merubah mindset anak muda jadi begini : “buat apa kuliah sampe sarjana, lulus SMA jadi buruh aja gajinya udah 3,7 juta”, mau di bawa ke mana Negeri kita kalau seperti ini?

  42. klo bandingin gaji sama negara maju macem jepang/singapura kaya nya kurang pas gan,mungkin lebih pas klo di bandingin macem malaysia/thailand yg masih negara berkembang,,

  43. Demo yg dilakukan buruh itu sah2 aja…cuma jgn lupa kalo para pengusaha jg bisa mengambil sikapnya sendiri….kebetulan 3 bln ini aq sudah survey lokasi sekitar 17 perusahaan yg relokasi dari jabodetabek ke jateng dan sekitarnya…bisa dibayangkan bro?

  44. quote : atas ane setuju dengn koment cerdas atas ane ini. tambahan : prinsip keadilan adalah meletakan sesuatu pada tempat,kadar,dan ukuranya.nya bukan menutut sesuai keinginan. adil artinya sesuai dengan aturan,nalar,yang didasarkan dari buah pemikiran cipta karya dan karsa manusia itu sendiri…nyari kerja susah sob…so berbahagialah yang sudah bekerja. . .atur lah keuangan seefektif mungkin broo….jangan sampai memusingkan diri sendiri..nooh kalao masih mikir gaji buruh kecil hidup susah tapi bisa beli ini itu meski nyicil itu bkan susah tapii namanya makmur..!!itulah perjuangan hidup!! ingin punya sesuatu kalo ga mwntingin ya g bakalan punya punya..la wong para tukang pulung aja bisa beli domba buat kurban broo..kalo emang niat

    • KALO YANG INI REALISTIS NGGA????

      Alasan Buruh Tuntut Kenaikan UMP 2014: Kebutuhan Hidup Layak (KHL) Pekerja Lajang di DKI Jakarta

      1. Perumahan Rp 1.250.000 dengan rincian:
      a. Sewa rumah (3 petak)/cicilan rumah tipe 36 Rp 750 ribu.
      b. Perumahan 30 item (kasur, tempat tidur, sprei, meja, lemari, dispenser, mesin cuci, kipas angin, perlengkapan makan) Rp 300 ribu.
      c. Listrik 900 watt Rp 100 ribu.
      d. Air PAM Rp 100 ribu.

      2. Transportasi Rp 570 ribu dengan rincian:
      a. 2x Naik angkot pulang pergi Rp 12 ribu dikali 30 hari= Rp 360 ribu
      b. Bus Transjakarta Rp 7 ribu dikali 30 hari= Rp 210 ribu

      3. Makan dan minum Rp 1.060.000 dengan rincian:

      Makanan
      a. Makan pagi (nasi uduk telor ) 5 ribux30= Rp 150 ribu
      b. Makan siang (nasi soto) 9 ribux30= Rp 270 ribu
      c. Makan malam (nasi goreng) 8 ribux30= Rp 240 ribu
      d. Buah-buahan per bulan Rp 100 ribu

      Minuman
      a. Teh 2 ribux30= Rp 60 ribu
      b. Kopi 2.500×30= Rp 75 ribu
      c. Air mineral 3 ribux30= Rp 90 ribu
      d. Susu 2.500×30= Rp 75 ribu

      4. Sandang (pakaian, celana, kaos, sepatu, dll) Rp 300 ribu
      5. Pendidikan (langganan koran) Rp 15 ribu
      6. Kesehatan (sabun, odol, bedak, dll) Rp 150 ribu
      7. Rekreasi dan tabungan (3 persen dari total) = Rp 100 ribu

      Audit Ulang Argumen Kalkulasi Alasan Buruh Tuntut Kenaikan UMP 2014

      • Sekarang coba mas pikir? Para guru honorer di Jogja ga ada yang gajinya menyentuh UMR 1.050.000.000, tapi mereka ga pernah demo dan bertindak anarkis minta gaji dinaikkan, mereka kuliah udah menghabiskan puluhan juta mas, belum lagi biaya buku, biaya ujian dan biaya skripsi, kalau memberi tuntutan itu yang realistis donk, saya sebagai mahasiswa merasa kurang setuju dengan cara pikir anda

        • itu namanya diam tertindas mas..biasanya kasus seperti ini karena tidak ada perlindungan dari pihak manapun, ibaratnya kalo berkoar udah merasa ga dianggap aja maknya dia diem dan pasrah..kalau buruh kan ada naungan serikatnya nah kalo guru honorer saya ngga tau tuh.. tapi temen saya yang adalah guru di smp PGRI mulai tahun ini PGRI daerah bekasi ada yang sudah ikut bernaung dalam serikat buruh

      • Dari komen anda dr atas ampe bawah… Anda sptnya tukang ngeluh ya….kalo merasa ngga puas dg kondisi jadi pegawai yg penghasilannya kurang..AMBIL keputusan pindah ke perusahaan yg mau ngegaji sesuai kriteria anda… Kalo perlu ngeluruk sampe jepang, korea ato singapur… Kalo ogah nyari kerjaan, USAHA SENDIRI… Noh liat, Tukang cukur di kampung ane aja kaga cuma cukup utk hdp,malah mampu punya tim balap,motornya ninja 250…. Cek tkp desa cisaat cirebon…

        • dia hanya berusaha memberi tahu dengan penjabaran.. jangan disikapi dengan sinis gitu lah.. saya yakin kok setiap orang pasti punya cita2 untuk bisa punya usaha sendiri.. dan bila masing2 pribadi sudah berkomitmen pasti akan mencari jalannya masing2..

        • MAAF PAK…SY SUDAH BERSUKUR DENGAN KERJAAN SY SKARANG….SY MEMANG BUKAN BURUH KERJA DI PABRIK…GAJI SY SKRG UDAH LEBIH DR CUKUP..TP SY PERNAH KERJA DI PABRIK WALAUPUN JD STAFF….DAN SY TAHU BAGAIMANA CARA KERJA MEREKA….KERJA DAH KAYA ROBOT…..JAM ISTIRAHAT MEREKA KELUAR PABRIK BERHAMBURAN BERLARIAN….DEMI MEMANFAATKAN JAM ISTIRAHAT YG CUMA SETENGAH JAM….

          TOLONG LAH KALIAN2 BEREMPATI DENGAN KAUM BURUH….JGN TERPROVOKASI DENGAN POSTINGAN TOLOL KAYA GINI……

        • betul om,, d daerah ane jga ada tukang cukur yg motore ninja. skrg malah cabangnya udh bnyk. anak buahnya bnyk..

        • Kalo berempati, ke kita juga dong Om, cuma pedagang tapi jadi gak bisa kemana-mana gara macet demo. kalo sehari sih mending, lebih dari itu ……???

        • ad.
          setau ane pedagang malah meraup untung besar kalo lagi ada kerumunan orang contohnya aksi demonstrasi.

  45. sodara saya guru honorer gaji 300rb gaya selangit naik kijang inova ngk kepengin demo tuch ayem2 aja gan, soalnya ortunya udah kaya katanya hartanya ngk dibawa mati jadi buat dia semua jd dia kerja cuma buat status aja.ngk ada hubungan tunggangan sama gaji…tukang cilok aja naik ninja fi semua tergantung niat.

  46. Sebenernya aku kurang setuju juga pan, buruh juga pengen lah punya ninja 250, buruh juga pingin keren walaupun statusnya cuma buruh, dan menurutku itu wajar sebagai manusia

    Cuma buruh juga harus siap dengan konsekuensi, hukum ekonomi berlaku, berarti harus siap semua kebutuhan pokok naik, dan bagi perusahaan yang gak kuat bayar, otomatis harus siap PHK karyawan supaya ongkos produksi bisa ditekan, kadang ada juga “korban” yang gak bersalah disini

    • buruh mau punya ninja atau ducati juga nggak masalah, mas, tapi itu udah masuk ke gaya hidup, bukan kebutuhan. Udah bukan tanggung jawab perusahaan. Kalo soal gaya hidup ya jangan minta ke perusahaan, cari kerjaan sampingan aja buat nambah penghasilan.

  47. nasib ane yg petani gimana dong?
    ya wis demo saja minta harga beras terendah Rp 20.000,-/kg, cabe kecil Rp 50.000,-/kg, bawang merah/putih Rp 50.000,-/kg…. nek ditanya kok minta naik? wong anggota dpr aja minta gaji naik kok…

  48. namanya juga buruh yg otak nya cman lbh sejengkal dri pantat jd susah utk berpikir maju
    ane juga mantan buruh bro karna ane sadar hidup di bawah ketek org gak akan pernah bisa maju apalagi ane cman tamatan SMA jd ane berdikari skrg walaupun kalian anggap remeh usaha jualan cilok, basreng ama sosis keliling sekolah2 & kluar masuk gang alhamdulilah rejeki ane paling rendah diluar dri modal yg ane putar utk dagang bisa dpt 100rb/hari itu apez nya ane kalo sepi sedangkan pas rame alhamdulilah 500rb/hari. ane kerja paling lama 10jam/hari itu pun kalo lagi rajin kalo pas males yg penting modal balik & keuntungan diatas 100rb ane balik ke kost leyeh2……
    itu ane itung per hari kalo sebulan bisa sobat kalikan aja brp keuntungan yg ane dpt
    hidup berdikari menjadikan berpikir lbh terampil & cerdaz…….
    hey……bukankah baginda nabi kita Muhammad SAW selain sebagai Rasulullah Beliau adl seorang pedagang

    • jangan lupa anak sekolah itu anak2nya buruh juga.. artinya uang yang anda bangga2kan itu berasal dari buruh juga.. please respect other

    • alhamdulilah ane bersyukur bgt walaupun bpk ane cman jualan bakso tapi bisa menyekolahkan kami hingga tamat SMA & tdk hidup dri hasil kerja di bawah ketek org
      kalo anda berpikir maju lbh baik menabung utk buka usaha sendiri bro hidup jd buruh itu nggak enak semua serba diatur yg akhirnya mindset kita jd diatur sama atasan hingga susah utk maju
      berdikari menjadikan pola pikir lbh maju, kreatif & survive
      ane alhamdulilah pengalaman dri tukang bangunan, buruh pabrik semen sampe jd buruh ngunduh sawit di brunei pernah bro & ane lbh nyaman berdikari mengikuti jejak bpk
      jgn dikira tmn2 kita yg jd buruh/TKI diluar negeri yg tiap bulan bisa kirim uang sampe diatas 5jt/bln mereka cman kerja 8jam & bekerja layak di indonesia bro. pengalaman ane jd buruh unduh sawit 3tahun di brunei, masuk secara legal, ane kerja jam 7pagi sampe jam 7malem bro & itu di hitung kerja normal tdk termasuk lembur
      bayangkan kerja diluar gaji gede tapi keringat benar2 diperas
      lbh baek di tabung utk modal usaha & bisa utk hari tua dripd skrg sukses dipandang org tapi tua nya mlh nggak punya tabungan kalo sakit atau ada keperluan mendadak mlh memberatkan keluarga di hari tua

  49. Besok-besok kalau demo jangan naik motor, sewa bus saja. Karena jika naik motor mewah, maka paradigma orang yang tidak mengerti latar belakangnya otomatis seperti itu, apalagi diberitakan media nasional. imho.

  50. Ane sih gk masalahin tunggangannya yg ane masalahin permintaan upah 3,7 itu lho….yg buat bukan golongan buruh iri…bokap ane PNS guru sd bro golongan 4A aja gk ada gaji pokokya segitu bro tapi apa pernah bokap ane demo…inget bokap ane 30 tahun mengabdi buat negeri ini.. ada gk buruh yg mau mengabdi selama itu dan baru dapet gaji pokok 3 jt…bygin noh…jadi bener kata ipan selama kita selalu melihat ke atas maka kita gk akan pernah puas…maka liatlah kebawah maka akan terus bersyukur itu juga yg bokap ane lakuin alhamdulillah kami gk pernah kekurangan karena kami hidup selalu bersyukur…..
    pepatah mengatakan semakin orang mensyukuri nikmat yg dia berikan semakin banyak nikmat yg diberikan padanya….

  51. Gue di Jakarta ngerasain dari kerja umur 22 sampe sekarang umur 29 dari gaji 600 ribu sebulan sampe sekarang 7jutaan ke atas….lulus SMA ga bisa kuliah gara2 ga ada duit, tapi mulai dari babu dulu jaga warnet, belajar sama suka baca buku dan internet, kuliah modal nekat dari nabung bertahun2 buat bayar biaya masuk dan persemester, ngambil kuliah malem atau kelas sabtu minggu setelah gue selesai kerja….gw dari dulu sadar kalo pendapatan gue ga bakalan naek kalo skill begini2 doang, ga usah ngarep dinaekin kalo kerjaan elu begitu2 doang,beli motor juga ga usah keren2 atau mahal2 yang penting fungsional dan ga boros bbmnya, dan low cost maintenance.

    Ga usah ngarep gaji lu naek kalo skill lo begitu2 aja…..ngambil kuliah malem pada males ya? temen2 gue di kampus malem dulu banyak yang masih kerja buruh, tapi karena mereka pengen ngerubah nasib dan mau ngerubah skill kesejahteraan mereka naik dengan sendirinya, nah ini buruh dasar pemales kaga ada guna, orang2 kayak gini yang bikin Indonesia gak maju2

    • bener bgt bro!!!!!……..
      ane mantan buruh & bersyukur bisa berdikari walaupun cman jualan jajanan yg isinya cilok, basreng, sosis ama nugget dmn ane jualan kalo pagi mangkal di sekolah2 lepas dzuhur ane keliling dri kampung ke kampung alhamdulilah rejeki bersih ane diluar dri modal usaha paling apez dapetnya 100rb. itu perhari & diluar modal bro tinggal itung aja sebulan brp ane dpt & itu hitungan kalo lagi apez atau lagi malez lho
      ane internet aja sampe skrg msh belajar bahkan kalo ane nggak tau mlh sering diledekin udh org bawah mending jualan aja nggak usah sok2_an ngerti internet tapi ane nggak putus asa bro
      ane jualan kyk gini pun nggak malu karna menurut ane kerja halal & makan rejeki org laen
      ingat Sahabat, ALLAH SWT berfirman dalam
      Al-Qur’an surat Ar-Ra’du ayat ke-11,
      “Sesungguhnya Allah tidak akan
      mengubah keadaan suatu kaum
      sebelum mereka mengubah keadaan
      diri mereka sendiri.”

  52. “Motor ini kan kredit, dengan gaji sekarang bayar kredit motor saja sudah berkurang banyak,” kata Taufik.
    Pria lajang ini mengatakan, jika digabung dengan uang lembur, dalam satu bulan dia bisa menerima gaji sebesar Rp 4 juta. Namun, jika tidak lembur, dia hanya menerima Rp 2,5 juta per bulan.
    “Kalau gaji kita jadi Rp 3,7 juta kan, jadi gak perlu lah nyari-nyari lemburan lagi. Kreditan motor juga aman sebesar Rp 1,5 juta selama tiga tahun setengah,” jelasnya.(merdeka/31/10/13)

    Dari sini sudah ketahuan bagaimana gaya hidupnya, 60% dari penghasilan dipakai untuk bayar cicilan motor…..ya jelas saja akan kurang. Menurut penasehat keuangan, maksimum total cicilan adalah 30% dari penghasilan. Jadi pada dasarnya bukan gaji yang kurang tapi gaya hidup yang terlalu dipaksakan…masih banyak koq pilihan motor yang lebih murah dengan cicilan 500-600 ribuan. Kalau untuk orang typical seperti ini, dinaikin gaji nggak bakalan ada cukupnya…bisa-bisa tahun depan dia ambil kredit ER-6 atau malah Versys….peace bro..this just my two cents…

  53. ========================================
    Gaji buruh boleh diangka Rp 3,7 jt/bl….dg syarat :
    – Lulus SLTA..
    – Pernah mengikuti OPSPEK..
    – Pernah kuliah & harus sampe lulus..
    – IPK minimal 2,8 (gak usah cumlaude gpp)
    – Pernah KKN & Lulus ujian Skripsi…
    – Hapal UUD 45 & Butir2 Pancasila…
    – Diterima jadi buruh atas penilaian saat Tes masuk..Bukan dibawa saudara ato titipan apalagi nyogok…
    =======================================

  54. hati2 aja jadi pengangguran lagi!!!
    ada berita kurang enak
    102 gabungan dari seluruh PT//perusahan di Indonesia berencana pindah ke negara tetangga Vietnam dan Thai dengan alasan tidak nyaman 😕
    102 PT kira2 buruhnya berapa orang ya ❓

    • maka syukuri lah yg udah kerja gaya hidupnya juga jgn hedonis…apalagi yg penghasilnya berjuta2 yg sehari penghasilan 20rb-50rb aja masih byk apalagi yg dibawah 10rb…

      • ane S1 gan. kerja pernah kerja kantoran jadi spv juga pernah. Nglamar di pabrik susu jadi engineer eh malah ditaruh jadi operator. harusanya demo itu yang bener. demo penempatan kerja sesuai ijazah dan gaji juga sesuai ijazah. Klo demo gaji doang mah itu malah kasihan nasib lulusan sarjana. Kayak ane nih. Nelongso. Mau cari kerja udah susah. bolak balik dipanggil minta gp 3 juta aja udah gak dipanggil lagi. Minta pindah bagian pengangkatan eh gak dikabulin. Padahal.ane S1 lulusan terbaik lagi. puyeng ane.

      • haahh..ane pusing ❓
        alahamdulillah gw anti yang namanya di suruh2 dan di kejar2 waktu
        mungkin bagi ente buruh kaya yang udah punya segalanya gak ambil pusing..
        truss mereka yang demo kenapa mesti repot2 ngajak orang2 yang gak ikut demo dengan cara memaksa (gak usah pake contoh) kalo mereka gak takut dngn resiko dipecat

        .

        • @Black or white
          sekali lagi buat ente
          baca baik2 komentar orang
          gw cuma bilang hati2 dengan sedikit gambaran
          saya hanya sekedar peduli dengan yang namanya sesama manusia yang punya akal
          mau dengar yaa sukur..gak mau yaaa karepmu 😛

      • semakin banyak investor kabur,,semakin banyak orang nggur,,kelajahatan semakin besar..kenapa??masalah perut brooooo..makan minum,,tinggal kontrakan tiap hari,,,nggur??duit darimana???masih gak mau mikir??

  55. teman2ku perawat yg lulusan s1 digaji 1 juta/bl ga protes. yg senior gajinya 1.5 jt/bl jg ga protes. pdhl mereka berpendidikan tinggi lho…
    gaji 3.5 juta itu besar sekali kl di jatim sudah setingkat dokter umum.
    ditempatku gaji buruh pabrik rata2 1.2-1.8 jt adem ayem ga ada yg protes pdhal termasuk daerah industri.
    gaji 2.5 jt msh kurang krn kehidupan di ibukota bergaya hidup lbih mewah dari kota perifer.
    utk pabrik besar yg omsetnya diatas 100 jt/bl msh mampu gaji diatas 2.5 jt. kl pabrik kecil ya gulung tikar..mlh bny pengangguran.

    • Iya bener banget bro, ane juga nanti jadi tenaga kesehatan, gajinya emang ga jauh dari angka segitu, apalagi ane cuma ambil D3, para buruh ga ngerasain perjuangan para mahasiswa untuk meraih cita – cita, pengorbanannya banyak, pengorbanan biaya, waktu, pikiran dan tenaga
      Dengan kuliah pekerjaan kita ga stuck di satu tempat aja, tapi dapet peningkatan gaji bertahap sesuai pengalaman kita

  56. 2 tahun ane pernah pny usaha penggilingan biji plastik dan pnya 6 karyawan msing2 gaji karyawan 900 rb-1.3 jt/ bl ditambah makan 1x dan snak 1x. blm 1 tahun mereka minta kenaikan gaji..pdhal selaku bos pendapatan ane usaha itu cm 2-3 jt/ bl belum lg invest sebesar 50-70 jt. akhirnya sy bubarkan krn kl minta naik gaji pendapatan bosnya bs lbih rendah dr pegawainya.
    intinya kl pengen naik gaji mbok yo dilihat dl seberapa besar kemampuan pabriknya.
    dlm kasus ini hasil kerja karyawan sendiri pun ga cukup utuk menggaji dirinya sendiri kok msh minta naik

    • Setuju ma atas saya, sebaiklnya harus meliaht realitas juga, segimana kemampuan pabrik atau perusahaan tempat buruh itu bekerja.
      Apabila demo tersebut berhasil dan UMR disetujui utk ditingkatkan menjadi 3,7jt ya buruh yang bekerja di perusahaan dengan omset dan penghasilan yang bagus akan bersyukur dan bersuka cita, sedangkan buruh yang bekerja pada perusahaan yang sedang berkembang atau hailsnya senen kemis ya siap2 aja di PHK karena perusahaannya gulung tikar.

      Kalau udah gitu yang pada demo dan udah dapet UMR 3,7 mau ndak solidaritas sama buruh2 yang kehilangan pekerjaan pada saat perusahaan tempat dia bekerja tutup karena tidak mampu menggaji karyawan/buruh2 nya ?

  57. kalo pengusaha ga dibantu, lama2 kita kena krisis moneter parah, yang ada cuma kerusuhan menyalahkan pemerintah, padahal kita sendiri yg berbuat tapi tidak mau menuai

  58. Ada cerita loh bro. Jd gini seseorang awalnya berpenghasilan 500rb perbulan. Dan dia merasa kekurangan. Dan sekarang gaji nya naik jd 3jt. Tp dia heran uang yg segitu banyak tetap aja kurang. Kenapa ya?

    Jd semakin besar pemasukan maka pengeluaran nya juga semakin besar. Kecuali orang tersebut bisa management uang dengan baik. Yg mana uang nya itu dia pilih untuk d tabung dan d kembangkan jd usaha. 🙂

    Intinya itu sih sebenarnya manajemen uang. Siapa yg mampu manajemen dengan baik maka akan sukses. Emang ente mau jd buruh terus? Apa ente g iri sama bos ente. Enak kan jd bos. Jd bagaimana kalau mulai untuk menabung? 🙂

  59. buruh yang pake motor mahal hanya oknumm,,pengusaha yang katanya untung gede juga hanya oknum..gak semua nyaa broooww

  60. siap-siap saja. pabrik-pabrik pindah ke daerah dengan UMR rendah dibawah 1.5 jt.
    udah ada sih tahap moving mesin-mesin yang membutuhkan man pawer banyak.
    alesannya di pulau jakarta UMRnya tinggi. dan sering demo.

    sorry yeee… ane bukan kuli pabrikan motor.
    ane cuma seneng pake motor dan info tentang motor.

  61. Mas bro n mbak sis smuana……. pemerintah menentukan ump itu sesuai dengan pekerja lajang ato single koyo ipan hahahahhahaahah … lah ini klo buruhna udah nikah anak 2 ya apa cukup…. dan di khl…. itu tidak termasuk nyicil rumah lo ya….

  62. Ow iya para buruh jangan terpengaruh oleh Serikat pekerja yah. Serikat pekerja itu banyak sesat nya loh. 🙂 dan tolong jangan asal salahkan pemerintah dan pengusaha aja yah 🙂

  63. Semua punya kebutuhan sendiri2 kog…dan hak mereka juga mo beli motor apa…
    Tapi … Demo boleh…
    Tp jangan ngrusak… Demo damai ki iso ra to jane? 😉

  64. buruh gaji 2,5 juta tambah lemburan 1,5 juta = 4juta

    dipake cicil ninja 250 fi 1,5 juta + kirim ke kampung 1,5 juta + bayar kost 500 ribu = 3,5 juta

    sisa 500 ribu buat isi bensin motor + makan + pulsa paket bb = gaya tapi makan nasi pake teri tiap hari

    *what an IDIOT*

    coba kalo gak usah pengen gaya pake ninja, ga usah pengen gaya pake bb, duit buat dikirim ke keluarga di kampung bisa lebih banyak atau bisa ditabung…

    #bersyukurlah dengan melihat ke bawah bukan ke atas

    • ane ni mw s1..tapi tahun2 ni banyak banget masalah sampe blum s1 juga,,gak ada pemasukan malah,,,hemat dinkk…paket bb jdi paket sms aja,,nabung2 buat skripsi (lagi) -__- yang kemaren ditolak..
      sukur aja deh… istilahnya ikaaattttt pinggang

  65. hihihihi..demonya para sales ya? Ko mikirin diri sendiri ya? Upah itu kan sifatnya pribadi…kenpa ga demo turunkan harga2 kebutuhan pokok yang sifatnya umum….Klo upah naik apa dikira harga2 yg lain ga ikutan naik? Dasar otak sales……

  66. di pabrik tempat saya kerja, buruh2nya pada keren motornya, ada CB150, NVL, vario, ninja 150, ninja 250, CBR. giliran pegawai kantornya cuma naik motor bebek tua & matic. jarang banget ada yg keren. kynya mindset mereka masih lebih ke kemewahan hidup sekarang & prestise. bukan bagaimana masa dpn supaya lebih baik.

    ya ga semua sih, tapi jumlahnya sangat besar.

    • Sekarang pertanyaannya
      “SUDAH PANTASKAH KITA DIGAJI 3,7jt?????”
      “SEBERAPA BESAR KONTRIBUSI KITA UNTUK PERUSAHAAN???”
      “APAKAH PERUSAHAAN ANDA SUDAH MAMPU UNTUK MEMBAYAR GAJI ANDA???
      “BAGAIMANA DENGAN ORANG PENDIDIKANNYA LEBIH TINGGI DARI ANDA????”

      THINK AGAIN

      • vhickry – 1 November 2013
        Sekarang pertanyaannya
        “SUDAH PANTASKAH KITA DIGAJI 3,7jt?????” : pantas

        “SEBERAPA BESAR KONTRIBUSI KITA UNTUK PERUSAHAAN???” : seluruh bagian perusahaan punya kontribusi masing2x yang sama pentingnya.

        “APAKAH PERUSAHAAN ANDA SUDAH MAMPU UNTUK MEMBAYAR GAJI ANDA??? : lebih dari mampu. manager aja yg ga jelas kerjaannya digaji nyaris 25x lipat gaji buruh. setiap 2 tahun dapat program kendaraan gratis senilai total milyaran rupiah.
        “BAGAIMANA DENGAN ORANG PENDIDIKANNYA LEBIH TINGGI DARI ANDA????” : ya cari kerja dong. sudah punya pendidikan bagus kalo males ya sama aja

        THINK AGAIN

        • What manager g jelas kerjaannya???ente cuma mikir dari keliatannya doang kan??ente kagak pernah ngrasain diposisi itu kan?emang kliatannya enak kagak kerja pake otot kyk buruh pabrik,tp kerja pake otak,,dan jalan buat menuju ke jabatan itu jg g gampang,g skedar butuh ijazah,transkrip,cv,lamaran sama skck doang tau ga…jgn pernah skali skali blg manager g jelas kerjaannya tanggung jwbny malah lebih gede dari buruh yg demo itu.Think again.

  67. punya motor bagus emang hak tiap orang, tp kalo besar pasak drpd tiang cuma utk gaya, konyol namanya.
    Salah sendiri, Lha wong penghasilan cm 2,5jt/bln koq brani kridit ninja 250cc.
    masak kesalahan pribadi (nanggung kridit) koq mau dibebankan pd bosnya dg minta upah naik.

    Dulu waktu msh lajang, kerja ikut orang rata rata bayaran perbulan 3jt bahkan kadang lebih, tp rasanya kurang, gak bs nabung.
    Sdg sekarang punya istri + anak, kerja wiraswasta penghasilan gak tentu, malah bisa nabung.
    Intinya :
    * mau dan bisa bersyukur
    * ingat masa depan
    * budayakan hidup secukupnya (seminimal mungkin tanpa hura hura).
    * perbanyak sedekah, jangan serakah.

  68. yg tdk setuju buruh demo otaknya kapitalis semua.bukan buruh sok ngomong soal buruh.mana ketemu….gara2 motor saja ribut.makanya belajar dulu soal perburuhan.

    • alat transportasi, alat komunikasi = kebutuhan hidup,
      ninja, smartphone, blackberry = gaya hidup.
      kalo nggak mampu beli, ya jangan dipaksakan, beli aja motor 110cc/hape 300rb-an, yg penting terpenuhi kebutuhannya. masak gara2 gaya hidup nggak terpenuhi, merengek ke perusahaan minta naik gaji. makanya belajar dulu soal kebutuhan hidup.

        • yoooiii,,,sekarang yang lagi “in” kan bisnis tambang n otomotif,,ente juga percaya pabrik sekelas pabrik garmen n pabrik gelas bisanya kasih umr,,
          trus kenapa ente dukung minta pukul rata semua bisnis kudu bayar 3,7 juta??
          kok gak diselesain secara 2 parti aja,,antara buruh n pemberi kerja,,
          pemerintah kalo setuju umr 3,7 berarti semua bisnis kudu bayar sebesar itu,,apaa cukuuuppp duitnyaaa???

    • Kalo ane buruh cerdas om, dulu jadi buruh yang gajinya masih 750rb. ngumpulin duit gaji buat modal usaha, ane juga ikutan tuh serikat2. tp karena serikat cuma mikirin “kuburan” sendiri ane jd ilfill. bukannya cari “obat” supaya gak mati. bersyukur dulu om baru belajar perburuhan.

  69. Itu koordinator demonya mau tanggung jawab ngasi makan ngga ya kalo misalnya para pengusaha di sekitar jakarta sono pada cabut krn merasa berat di ongkos produksi.. Kalo pindah ke daerah msh mending, msh menyerap sdm.. Lha kalo pindah ke negara laen macam china, vietnam,philipina,myanmar, india,thailand,…..lak yo jongooooorrr to ya….

  70. siapa suruh jadi buruh.
    siapa suruh hidup di jakarta.
    Siapa suruh kridit ninja 250

    paling enak kerja sendiri (swasta).
    Paling enak hidup ditanah kelahiran (dekat dg keluarga, shg bs saling bantu).
    Paling uenak bs beli pajero sport dakkar cash (gak dikejar kejar debt kolektor spt kridit ninja 250).

    Hidup didunia gak perlu banyak tuntutan, yg penting bs hidup kecukupan, ayem tentrem, hati adem.

  71. buruh berhak berserikat,unjuk rasa dilindungi undang2.jngan2 nanti dikash foto buruh berserikat yg pd naik mobil pd pingsan.banyk buruh yg berserikt yg naek avansa,honda jazz dll.he he he’…

  72. bpjs yg diperjuangkn buruh untk seluruh rakyat indonesia itu pd tau gak ya?taunya negatif nya doang.ingat bpjs hrs berlaku jan 2014.he he he….meleko karo perjuangan buruh.mau kerja os….silakn kerja di bumn yg nyata2 milik pemerntah.jamsostk,pln sampe pabrik obat os semua.tp kok mereka mau bergabung sama serikat.ada apa?

    • ya ga ada om…. anaknya petani dah pada ga mau bertani lai, milih pergi ke kota jadi buruh pabrik…. yang bertani tinggal orang2 tua aja…. makanya banyak sawah yang dijual…. sungguh tragis negeri ini… hiks hiks hiks

  73. panjang bener dah….. selain gaji, kesejahteraan sudah terpenuhi blm ya?? gaji boleh 2,2… tapi kalo kesejahteraan buruh terpenuhi semua tanpa tawar… cukup menarik juga kan??

  74. intinya bangsa ini masih b3nar2 bodoh.mau jd buruh,ya jadilh buruh cerdas.jangan mau kerja ditaun 2014 pake standar upah taun 2013.itu klo pada mikir….!!!xi xi xi….

  75. kebanyakan yg komen kynya blm ngerasain dunia kerja pa lg yg punya blog masih kuliah cuman bs nulis……. inget pan lo nulis bgni da pertanggung jawabannya………..

  76. “dunia takkan habis dikejar, apalagi melihat keatas, tak akan pernah cukup”

    setuju sekali quotenya bang ipan, kata kuncinya bersyukur……

    btw tidak apa kalau buruh bisa punya motor ninja 250 atau bahkan mobil ertiga sekalipun tapi tidak didapat dari demo meminta kenaikan gaji, tapi keniakan gaji didapat dari kerja keras dan berprestasi…setuju ???

    btw saya juga buruh tapi tidak perlu demo untuk naik gaji tapi saya berikan hasil yang bagus untuk perusahaan, alhamdulillah gaji luga lancar naiknya…

    • btw saya juga buruh tapi tidak perlu demo untuk naik gaji tapi saya berikan hasil yang bagus untuk perusahaan, alhamdulillah gaji luga lancar naiknya…
      ——————————————————————————
      katakan itu kepada buruh pabrik gelas atau garmen.

      🙂

  77. PALING LOE PENGANGGURAN YANG
    BISANYA NGABISIN DUIT ORTU, DAN
    MIMPI PENGEN NINJA 250, MAKANYA
    LOE JELEK-JELEKIN BURUH……
    DAN YANG PASTI LOE JOMBLO AKUT,
    YANG BISANYA LIATIN ORANG JALAN
    SAMA CWE…..
    KASIAN BGT SIH LOE

    ===========
    ===========

    ane bukan buruh. .ane prnah jadi bruh 4taun di cikarang. . .ane enek dngerin koar koar serikat ngomong tntang kesejahteraan blablabla. . .justru ane lbh kasian ma org”yg mau maunya dibodohin buat dkung serikat. . .gni aja deh kalo ngrasa tmpat krja nt g cocok ya tnggal cari lagi g ush ngrengek mnta naik gaji sgala. .g smua pngusaha ntu mmpu byar mhal. .gitu aja ko repot. . .MASUK KERJA PADA NYOGOK CALO JUGA KALO GA GITU PALING BAWAAN ORANG DALAM. . .KALO IKUT TES KOMPETENSI YA GA BAKALAN BISA MASUK. . .OTAKNYA JUGA GA ADA

  78. woy carnady. . .ane emang g punya ninja ane cm pnya bebek..biarpun jelek tapi ane g nyicil lho ya. . .daripada kaum buruh pejuang sampah kaya nt bli mtor gaya selangit nyicilnya 3taun pula. . .wkwkwkwkwk biasa kalo alay ingusan baru punya ninja kredit ya kya gini. . .

  79. buruh bisa punya cbr ama ninja aja jd masalh.dunia yg aneh…lihat kebawah terus!kapan majunya???buruh sejahtera sudah keharusan.siapa tidak mau sejahtera???sirik amat sama perjuangan buruh….xixixi…

  80. wkwkwkww, podo lucu kabeh komene…:D
    Intinya itu, hidup yang wajar-wajar saja, klo belum mampu beli ninja ya jgn dipaksain, intinya artikel ini disitu yang bisa saya tangkep. Esensinya klo dipaksain beli ninja, trus minta naik gaji karena gak kuat nyicil, kan lucu banget tuh, hidup kok dibuat syusyah….jadi yang bikin gaji cukup ato nggak itu ya manusianya sendiri, klo mau disyukuri ya cukup2 aja, kecuali yang punya gaya hidup mewah tp gaji gak seberapa, yo ajjor mass…:D

  81. Carnady – 31 Oktober 2013

    PALING LOE PENGANGGURAN YANG
    BISANYA NGABISIN DUIT ORTU, DAN
    MIMPI PENGEN NINJA 250, MAKANYA
    LOE JELEK-JELEKIN BURUH……
    DAN YANG PASTI LOE JOMBLO AKUT,
    YANG BISANYA LIATIN ORANG JALAN
    SAMA CWE…..
    KASIAN BGT SIH LOE

    ===========
    ===========

    BURUH MODEL NT “model nt doank “lho ya g ush djelek jelekin juga emang udah jelek dari sononya. . . .wkwkwkwkwk. . . .eh jgn lupa tulis di KHL biaya oprasi plastik biar muke jelek nt bagusan dikit. .skalian biaya cucu otak. . .eh. . .emang ada otaknya???

  82. gak usah pd munafik!klo gaji naik yg tdk setuju adanya demo harusnya tolak tu gaji lo.bilang”sory gaji gw gak usah naik,gw gak ikut demo.jd gw tidak perlu naik gaji”
    makan tu munafik mu…..
    wkwkwkwk…paling klo gj naik ,asik gaji naik dr pemerintah ni dari pemerintah.minta sana sama pemerintah mu yg isinya tikus semua.xixixixixi…..dasar penitip nadib doang saja banyak omong!….

  83. gak habis pikir minta gaji 3,7 juta….yg realistis aja lah….sekarang 3,7 itu untuk standar yang sudah berkeluarga ato yang masih single….klo sudah berkeluarga ya ga masalah 3,7 juta….yang jadi masalah klo disamaratakan…single 3,7 juta tamatan SMA pula sinting……………….

  84. ngga ada hubungannya antara gaji buruh sama kinerja jokowi. klo jokowi ngurusi kota jkt doang. klo gaji buruh itu kan se indonesia emangnya kinerja jokowi sluruh indonesia hrsnya buruh koar2 nya sama mentri tenaga kerja dong. lagian jg sapa suruh jd buruh. makanya sekolah yg pinter cari beasiswa trus dpt kerjaan jgn jd buruh. klo buruh udah sewajarnya di suruh2 mulu makanya gajinya ngga utuh2.

  85. dari pd koruopsi,maling.toh,baru tuntutan.para sales harusnya seneng klo buruh sjhtera.jualanya jg laris.skrg bnyak org pinter s1,s2 tp pinter minteri org.

  86. Kalo kondisinya begini terus, bentar lagu juga banyak pabrik yg pindah ke Cina ato ke India, coz disana upah buruh lebih murah, buruh disana megnharapkan upah bener2 hanya untuk makan…

  87. Pada ngomongin pemerintah. Ini negara basisnya demokrasi pancasila. Investor sah sah aja nanem modal dimari

    Gaji rendah? Ga juga. Sesuai lah ama kebutuhan pokok di sini. Mau minta gaji 30 juta? Yauda nunggu inflasi naik. Pasti gaji bakalan naik. Kalo sekarang ga wajar lah
    Kerja buruh itu gampang bgt loh di gantin robot. Kalo investor ngitung 1robot = 5 pekerja, uda abis tuh buruh. Robot lebih cepet. Less maintqnce. Cuma modal 600jt aja 10 taun kedepan aman. Paling perawatan 1 tau. Sekali

    Ujung2nya investasi gede tapi ga nyerap pekerja

  88. gak usah ngomong doang ganti pake robot,dr taun jebot ngomong bgt.nyatanya….???gak usah ngomong investor pd lari ke negara lain,nyatanya…???omong kosong doang.kepastian hukum gak jelas,birokrasi ruwet saja masih pd mau.termakan isu pd…xixixi.fuckta dilapangn sangt beda.liat pembukann kawasn industri di bekasi…wuih….tanah warga kegusur gak tu.?

  89. Kayaknya pengusaha sama ente masih pinteran ente dech, rakyat indonesia itu jumlahnya ada 250 juta lebih, berapa jumlah penduduk negara tetangga? Pasar yg sangat menggiurkan buat pengusaha

    • industri textile kita rontok diembat china,krn biaya produksi lbh murah disono…barangnya djual dimarih bro…apa lagi? Mainan anak? Peniti?benang?sendal?

  90. jadi ingat kata guru sekolah saya semasa saya baru lulus sekolah…pas bareng temen2 satu genk..li/kalian klo mau kaya, banyak duit banyak usaha sendiri, jadi pedagang ato pengusaha jangan jadi karyawan swasta ato pns gak bakalan jadi kaya, bisa kaya klo memang punya warisan banyak ato usaha sampingan yang halal…klo gak punya warisan ato usaha yang halal tapi pengen kaya ujung2nya mungkin bisa melakukan yang namanya mencuri ato memalak

  91. Nih..ane kasi gambaran peluang usaha,drpd jadi pegawai buruh demo nuntut kenaikan gaji…kita msh impor singkong,impor beras,impor kedelai,impor jagung,impor susu,impor daging,impor buah2an… Mending balik kampung agrobisnis..yg alasan kaga punya lahan,dagang…, yg punya ketrampilan buka usaha jasa..,hilangkan gengsi… Temen ane lulusan s1 pertanian kaga mau kerja,mending dikampung manfaatin lahan nganggur di pinggir pantai, sekarang jd sodagar melon ma semangka…diatas jg ada yg ngasi contoh… Jualan cilok ect aja udah lbh dr cukup utk biaya hidup…

  92. gaji orang indonesia itu kalo ngga dikorupsi mencapai 30jt perbulan masbro sumber kluget.com jangan maen samber kalo belum baca site nya. ok respect for all

    btw yang punya warung mana nih??

  93. Sekarang banjir barang impor gan… masalahnya industri kita rata2 kurang berkembang (kecual indusri otomotif doank).. jadi kalo buruh mau naik gaji sih bisa aja.. tinggal KURANGIN jumlah buruh tiap pabrik.. nta gaji pasti naik sendiri…

  94. Itu tergantung pemerintahnya yg korup, jgnkan industri pabrik pertanian aja impor, trus petani sini gigit jari karena harga pupuk mahal kalau di luar sana pupuk di subsidi pemerintah, ingat kasus impor daging berapa yg di dapat para koruptor?

  95. Jaman ane buruh di AHM UMP masih 710ribu, tahun 2005…kalo ditambah lembur dan transport bisa dpt 1,3jt. Jadi kalo sekarang UMP DKI 2,2jt mungkin yg diterima karyawan bisa 3jt lbh.
    Untuk 2014 menurut ane sih 2,4jt cukup realistis.

  96. angka 3,7jt pasti udah di kaji. kita g asal minta kok. berapa keuntungan pengusaha pasti sudah di perhitungkan

  97. gaji naik brpapun gakan pernah ckup… Smakin besar penghasilan dn smakin besar pula keinginan manusia. Apa lg pemerintah ga ikut trun tangan menstabilkan harga bahan pkok dll… Sbnarnya hidup layak buruh itu bukan hnya urusan pengusaha.tpi jg pmerintah.jika tiap thun mnta naik upah, yakin deh 2015 mungkin gda lg prusahaan di jakarta atau skitarnya… Investor jg akan mkir2 lg mau berinfestasi.. Orang” kita bnyak nuntutnya dripada kualitas sdm nya…

  98. owalah pan pan ,,mulut loe itu di jaga jngan cuma liat n percaya sama media,,
    blm pernah ngrasain jadi buruh kan ????

  99. When asked no matter whether a person would like to carry a branded bag, a lot of people would say yes. The reason that keeps quite a few persons from individuals branded equipment would be the higher selling price. Then why on the planet are persons prepared to pay for additional for simply a bag? No, it is really not just an accessory. It is actually a renowned purse. It’s among excellent, of flavor, and of position.

  100. ibu ane aja uda pns puluhan tahun ga dapet 3,7 jt, kalo emg ga cukup istri boleh kerja. kalo emg ga bisa ya beli yg sesuai kemampuan aja

  101. UMR segitu udah tinggi kang ipan…saya aja GURU TIDAK TETAP 9 TAHUN….mpei sekarang gaji alhamdulillah 250 ribu….istri jg guru dgn gaji sama 250 rb…para buruh hrs jg melihat yang lain bkn hny kepentingan pribadi. boleh mereka mengatakan mereka hanya seorang buruh TAPI juga lihat kami kami ini para GTT juga pantas disebut ROMUSA.

    • yaaa…guru tidak tetap itu istilahnya bukan gaji,,karena belum ada gaji yang diberikan pemerintah,,tapi dpet dari anggaran sekolah,,makanya gak bisa dpet gede,,kadang-kadang juga dpet pembayaran dari dana swadaya siswa,,ataupun guru-guru lain..kasian GTT ini..pemerintah harusnya lebih kasih perhatian pada guru-guru ini soalnya gak buruh gak pejabat semua lahirnya juga dari sekolah

    • belajar yg tinggi,upgrd skil…sapa tau gaji nya bisa lebih besar.wkwkwkwk…..bener pasti bener klo salah pasti di indonesia tidak banyak sarjana pengangguran.

  102. kalo pada bilang solidaritas blablabla kenapa para buruh ga menuntut turunkan harga kebutuhan pokok daripada menaikkan gaji.
    masak gitu doang ga nyampe pemikirannya…

  103. inilah data UMP 2014
    1.kalimantan tengah Rp 1.723.970 naik 11% dari ump 2013
    Rp 1.553.127
    2. Kalimantan barat 1.380.000 atau naik 30% dari ump 2013
    1.060.000
    3.jambi 1.502.300 atau naik 15.56% dari ump 2013 Rp
    1.300.000
    4.sulawesi tenggara 1.400.000 atau naik 24.42% dari ump
    2013 Rp 1.125.207
    5.sumatra barat 1.490.000 atau naik 10.37% dari ump 2013
    1.300.000
    6. Bangka belitung 1.640.000 atau naik 29.64% dari ump
    2013 1.265.000
    7. Papua 1.900.000 atau naik 11.11% dari ump 2013
    1.710.000
    8.bengkulu 1.350.000 naik 45% dari ump 2013 9.30.000
    9.NTB 1.210.000 atau naik 10% dari ump 2013 1.100.000
    10.JAKARTA 2.441.301 atau naik 9% dari ump 2013
    2.200.000
    11. BEKASI RP 2.940.000 ATAU NAIK 40% DARI UMP 2013
    2.100.000
    SESUAI PERMENAKERTRANS NO 7/2013 PENENTUAN UMP
    2014 SELAMBAT-LAMBATNYA TGL.1 NOVEMBER 2013
    ———————
    gak sia-sia kan.yg gak mau gaji naik,terutama bekasi….tunjuk diri.ngakuo yg banyak koar2 doang.paling munafiknya berlaku…selamat menikmati.nikmati perjuangan buruh yg telah banyak korban.

    • bekasi UMP Rp 2.940.00 benar ndak tuh ???? kalau plus lemburan bisa terima take home pay Rp 6.000.000 ( silakan hitung sendiri dengan lembur 180 jam)

      kalau take home pay segitu ninja 250 sih lewat…..

      sing mumet industri yang padat karya, alamat sampeyan yang kerja di industri padat karya di bekasi, sialkan buat lamaran lagi karena mereka pasti 100 % akan pindah di daerah dengan UMk terjangkau…….

  104. PNS Golongan IIIA Sarjana, masuk melewati seleksi ketat, dulu waktu kuliah menghabikan pikiran, tenaga, biaya sampai puluhan juta rupiah dapat gaji Rp 2.050.00.

    Buruh seleksi seadanya, pendidikan seadanya, kerja seadanya menuntut gaji 3,7 juta ( take home pay plus lembur jadi diatas 6 jt)
    tidak heran, karena pendidikannya memang rendah, tidak berfikir panjang, karena dengan upah segitu biaya produksi akan naik lebih dari 50% kalau harga jual tidak naik, dipastikan industri tutup/relokasi, pasti mereka di phk. jangan naif pengusaha pasti tidak mau kerja bakti, pengusaha pasti juga mau untung

    sangat tidak masuk akal tuntutan teman – teman buruh ini, saran saya , kalau mau gaji besar sekolah yang tinggi dan kalau kerja berprestasi.

    • Dalam kesempatan itu, para buruh menyodorkan rincian Kebutuhan Hidup Layak (KHL) di Jakarta yang saat ini telah mencapai 84 item

      Sekjen Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Muhamad Rusdi mengemukakan, jika mengacu ke standar UMP di DKI pada tahun 2013 lalu sebesar Rp 2,2 juta maka sama saja tidak ada kenaikan upah di tahun 2014. Sebab yang dipakai hanya 60 item KHL. Bahkan hingga kini ada beberapa KHL yang dinilai tidak sesuai dengan kondisi di lapangan. Misalnya, transportasi dan tempat tinggal.

      Berikut rincian KHL versi buruh yang disodorkan kepada wagub DKI:

      1. Perumahan
      Sewa rumah (3 petak) atau biaya cicilan rumah tipe 36 sebesar Rp 750 Ribu. Kemudian perabotan rumah 30 item di antaranya kasur, dipan, sprei, meja, lemari, dispenser, mesin cuci, kipas angin, perlengkapan makan seharga Rp 300 ribu. Biaya listrik 900 VA Rp 100 ribu dan air PAM untuk keperluan mandi dan rumah tangga Rp 100 ribu.

      2. Transportasi
      Dua kali naik angkutan umum (pulang-pergi) dengan hitungan 2 x Rp 3 ribu atau Rp 12 ribu. TransJakarta (pulang-pergi) yaitu 2 x Rp 3.500 atau Rp 7 ribu, dengan total satu bulan Rp 570 ribu.

      3. Makanan dan Minuman
      Kategori makanan: Makan pagi (nasi uduk telor) Rp 5 ribu x 30 hari atau Rp 150 ribu. Makan siang (nasi soto) Rp 9 ribu x 30 hari atau Rp 270 ribu. Makan malam (nasi goreng) Rp 8 ribu x 30 hari atau Rp 40 ribu. Buah-buahan Rp 100 ribu.

      Kategori minuman: satu kali minum teh Rp2.000 x 30 hari atau Rp60 ribu; satu kali minum kopi Rp 2.500 x 30 hari atau Rp 75 ribu; Aqua Rp 3 ribu x 30 hari atau Rp 90 ribu; Susu Rp 2.500 x 30 hari atau Rp 75 ribu dengan total Rp 300 ribu.

      4. Sandang seperti pakaian, celana, kaos, sepatu, kemeja, handuk, perlengkapan ibadan, jam tangan, jam dinding, tas kerja dan lainnya total Rp 300 ribu.

      5. Pendidikan seperti langganan koran atau tabloid total Rp 15 ribu.

      6. Kesehatan seperti sabun, pasta gigi, bedak, deodorant, sampo, suplemen obat, potong rabut dan lainnya total Rp 150 ribu.

      Belum lagi ditambah rekreasi dan tabungan sebesar 100 ribu rupiah. Kemudian ditambah 19 persen dari KHL sebesar Rp 602 ribu. Sehingga total keseluruhan sebesar Rp 3.772.000.

      Husni menambahkan, dengan total angka di atas, maka KHL di Jakarta selayaknya Rp 4 juta.

      “Permintaan kami dinaikkan menjadi 3,7 juta itu adalah hal yang logis,” ujar Husni.[wid]
      =========
      bener kan otak nya otak jajan??????

    • hehehehe…aneh bin ajaib…ini nyaranin sekolah tinggi.!!lha ini yg pns gol 3A sarhana sekolah tinggi,habis biaya banyak ,gaji cuma 2.050 rb.nyuruh kawan buruh sekolah yg tinggi kaya apa lg….xixixixi…

      mendingan lulusan stm klo gitu mah.gak jaminan sarjana gaji besar.wkwkwkwk…biar makin panas ati.

  105. dasar otak dangkal…siapa yg mau kerja lembur mulu.elo aja pikirannya masih mikirin lembur.wajar saja buruh dibayar lebih karena lembur.he..hw..he…yg gak mau gaji naik Tunjuk diri….wkqkwkwk..dr komen2 saudara sudah jelas siapa yg munafik.sekarang harusnya yg gak setuju pd demo…”TURUNKAN UMK/UMP”…..dodol lg di pelihara…perusahaan yg tidak mampu kan bisa mengajukan penangguhan ke gubernur.dasar dodol dipiara….asal bukti harus benar ntar cuma asal minta penangguhan upah gak taunya cuma cara licik pengusaha untuk tdk mau menaikkan upah.pd hal perusahaan mampu bayar.terbukti…dr 254 perusahaan d jawbarat yg melakukan penangguhan upah ternyata cuma 90an perusahaan yg bener2 tertib hukum,syarat penangguhn upah terpenuhi.yg lainnya ngeles doang….wkwkwkqkqk…….

  106. jd pns atw kryawan swasta adlh pilihan masing2 individu. jd pns lulusan s1 gaji 2jt, tp klo d prusahaan swasta bsa d gaji lebih dr 6jt (contohnya di astra lulusan s1 fresh graduate dpt gp 4,5jt + tujangan bisa dpt 6jt lbh, blum trmasuk lembur)
    jd tinggal pilih jd pns atw kryawan swasta???

  107. buruh guuoblok…
    duid pas2 an beli ninja 250 fi…
    kredit lagi…
    minta gaji 3.7jt dgn skill pas2 an kayak gitu..
    mending mati aja deh loe..
    ga ada loe juga indonesia masih life goes on kok..

  108. peluang nih mas. jualan daging ayam aja. caranya beli ayam hidup trus disembelih sendiri trus dijual kliling, kamu bisa dpt untung sekilo antara 8rb-10rb. lumayan kan 😛 😛 😛 😛 😀 B-)

  109. gw saranin sama yang buruh demo, klo demo jangan ganggu kepentingan orang lain. gw gak peduli lo mau nuntut gaji 3,7jt sampe 100jt pun gw gak peduli tp gw saranin klo mau nuntut gaji harus pake logika!! coba buruh demo minta upah naik 10%, gw yakin perusahaan pasti mau menerima. klo minta upah naik 50% gila lo droo.. pengusaha yakin pada kabuuur!!

  110. ITULAH ISTIMEWANYA INDONESIA SEMUA SERBA NGAK NALAR…ngak mensyukuri rezeki yg udah diterima baik pejabat negara – pejabat daerah – pejabat swasta – dll……MERDEKA !!!!

  111. namanya saja buruh. seperti udah takdir menjadi kasta terbawah dr industri. dimanapun tetep sama nasibnya. klo mau sejahtera ya jd juragan aja. moga aja perusahaan pada pindah ke daerah yg lebih murah umr nya.:-P 😛

  112. Buruh di sna PING!!!.jawa khususnya
    udh dksh hati minta jantung….
    The real buruh itu buruh yg kerja dipelosok
    Gaji tak seberapa nyawa jd taruhan…

  113. mau S1, S2, S3 / eS gosrok kalau masih kerja sama orang lain = BURUH
    salah besar bagi kalian yg masih punya pemikiran : buruh = pekerja pabrik dengan pendidikan rendah+skil apa adanya.
    banyak buruh memiliki pendidikan tinggi+skil luar biasa.
    karyawan kantor/bank boleh disebut buruh juga kog, bahkan banyak bloger yg berprofesi sebagai buruh juga…. 🙂

  114. It’s awesome to visit this web page and reading the views of all mates on the topic
    of this post, while I am also zealous of getting know-how.

    • Indeed. It’s so interesting to see people whine and lick each other againts on the internet.
      I won’t get bored with this..

      lel.

  115. General comfort level: For any physically active kid, the garments have to be lightweight and need to not stick towards the body. Sweating typically causes particular fabrics to stick for the body; this should be avoided as a kid’s skin is sensitive to rashes and also other skin ailments. Analogous remarks apply to tight fitting garments as well. These really should commonly be avoided. Loose fitting clothes which guarantee correct ventilation specially close to the armpits plus the groin location are advisable. For youngsters who sweat a great deal, cotton could be the material of decision. It really is lightweight and absorbs sweat to a certain extent. For kids with sensitive skin, rough denim jeans and jackets may well not be a great choice. The option of your correct clothing material is most effective left towards the parents. Particular youngsters may also be allergic to particular clothes components.

  116. Buruh naik ninja kok pda bingung,dia kan masih lajang ya wajar mampu bayar credit 1,5 jt. Saya tiap bulan ngasih ke istri 2,jt sama- sama buruh bedanya aku naik istri,dia naik kuda besi, klo dia bisa knapa anda tidak?

  117. mau punya penghasilan lebih? lakukan hal yang berbeda dengan orang lain. contoh:
    Dokter, mungkin kalau seseorang batuk, flu, panas, diare kita tau obatnya, tapi suatu saat kita menderita penyakin yang lebih parah seperti tumor, jantung, usus buntu, dll apa semua orang bisa mengobatinya?

    Pengusaha, banyak dari kita yan berpikir mereka hanya santai mundar mandir tanda tangan dan mendapatkan uang atas pekerjaan yang kita lakukan, tapi tunggu dulu.. alangkah baiknya kita melihat bagaimana usaha mereka sebelumnya., bagaimana proses mereka mendirikan perusahaan? membangunnya? modal? hutang sana sini?

    Karyawan Kantoran (Akuntan, Manajer, HRD, Karyawan, Legal, dll) mungkin mereka seperti buruh, terlihat melakukan hal2 yang sama dan statis yang mungkin hanya orang dengan kemampuan baca tulis bisa melakukannya, tapi apakah anda pernah mencoba melakukannya? menyelesaikan permasalahan dan target yang ditentukan? pernakah anda belajr seperti mereka bagaimana peraturan, hukum, dasar2 diterapkan? bisakah anda menempuh pendidikan sebaik mereka?

    sekarang mari bandingkan dengan buruh, pekerjaan buruh adalah melakukan hal-hal yang sudah ditetapkan prosedur dan melakukannya berulang-ulang kali. pernakah buruh diharuskan berpikir lebih untuk mencapai target? pernakah mereka diberikan pekerjaan yang selalu berubah2? apakah ada buruh yang bisa melakukan pekerjaan2 diatas dengan benar dan cepat?
    mereka hanya dituntut melakukan hal yang sama sebanyak mungkin, semakin banyak maka akan diberikan upah yang pantas (tergantung sistem pengupahan masing2)
    tuntutan akan penghasilan besar wajar dialami setiap orang, tapi bagaimana pandangan dan usaha seseorang untuk memenuhinya yang akan membedakan. mungkin kebanyakan orang berpikir, saya sudah capek, resiko tinggi, dll tapi berpenghasilan rendah. sekarang mari evaluasi, apakah anda punya kemampuan yang lebih yang membedakan anda dengan kebanyakan orang? apakah pantas penghasilan tinggi diberikan untuk semua orang tanpa membeda2kan usaha apa saja yang sudah mereka lakukan?

    sekedar mengingatkan, penghasilan buruh yang semakin besar, akan mempengaruhi tingginya tingkat inflasi (semakin tidak berharganya uang) maka barang2 kebutuhan akan semakin mahal seiring kenaikan penghasilan rata2 minimum. pernakah anda berpikir untuk melakukan sesuatu yang berbeda dibanding orang lain? maka lakukanlah…just do it and you’ll know

    quote: ‘janganlah menuntut orang lain, tuntutlah dirimu sendiri’

  118. ada berapa banyak orang demo?
    ada berapa banyak pen-demo yang bawa kendaraan?
    kenapa hanya ada beberapa kendaraan pen-demo saja yang di foto?
    apakah permasalahan inti sebenarnya motor “ninja” atau “cbr”?
    coba berpikir pada saat anda jadi pengusaha.
    coba berpikir pada saat anda jadi buruh.
    angka 3,7jt kan hanya usulan buruh.
    perusahaan juga punya angka usulan.

  119. ane aja kerjanya cuma jaga warnet sekalian buka warkop indomie rebus gaji 1.5 juta anak 2 isrtri 1naik motor grand disyukuri aja jangan kaya buruh gaji dah gede punya motor ninja250 cbr150 duh kenapa gk disyukuri aja hidup ini klo gaji buruh naik pasti harga sembako naik rakyat kecil tambah susah ane cuma berdoa biar pengusaha pindah ke cina semua biar kerasa tuh semua buruh

  120. Hey I am so happy I found your blog, I really found you by
    mistake, while I was researching on Aol for something else, Regardless
    I am here now and would just like to say kudos for a fantastic post and a all round enjoyable
    blog (I also love the theme/design), I don’t have time
    to look over it all at the moment but I have saved it and also added your RSS feeds,
    so when I have time I will be back to read a lot more,
    Please do keep up the awesome b.

  121. Walau ini posting sdh lama sekali, selama masih ada di internet masih tetap akan dibaca orang. Menurut saya, jikalau para buruh menuntut upah umr naik itu hak mereka dan apakah akan dikabulkan pemerintah atau tidak itu jg hak pemerintah berdasarkan berbagai pertimbangan ekonomi makro dan mikro. Mengenai uang gaji buruh mau digunakan untuk apa itu hak mereka dan resiko mereka sendiri. Selama ini memang negara kita yang menikmati adalah orang asing tapi itu semua jg karena orang kita sendiri yang mengizinkan terjadi.

  122. buruh pada gk mikir perusahaan itu banyak tenaga kerja bukan atas keinginan perusahaan tapi sistem indonesia ini padat karya,kalo peusahaan mau untung cukup lah 1 karyawan yang menjalankan mesin atau robot yang gk minta gaji gede cuma butu baterai casean,padahal dengan buruh minta naik gaji terus lama lama sistem padat karya dihapus digantikan sistem robot,untuk para buruh jangan sering liat keatas ya nanti jalannya jatuh sering liat kebawah liat mereka yan penghasilannya 1000 perhari panas panasan dijalan dikejar kejar trantib,dipukuli majikan,bersyukur lah jadi manuisa jangan jadi serakah inget cerita qarun gk oran pelit yang akhirna harta nya ditelan bumi

  123. Aw, this was a very nnice post. Finding the time annd actual effort to create
    a great article… but what can I say… I put things off a whole lot and don’t manage to get nearly anything done.

Tinggalkan Balasan