bulan Oktober mendatang beli BBM bersubsidi area Jabodetabek tidak boleh tunai

22 september 2013 ane di twit sama lekdjie melalui @ipanase

konsporasi katanya πŸ˜€ lha wong bulan oktober mendatang beli BBM subsisdi area Jabodetabek nggak boleh tunai alias NON TUNAI alias uang elektronik je, pak hadi suka berita ginian nih πŸ˜€

ternyata lekdjie ngelink berita dari detik gan..

inance.detik.com/read/2013/09/22/142936/2365845/1034/mulai-bulan-depan-beli-bbm-subsidi-di-jabodetabek-harus-non-tunai

berikut petikannya

Jakarta – Pemerintah sedang merancang sistem pembelian BBM subsidi dengan cara baru yakni tidak boleh menggunakan uang tunai alias non tunai. Tujuan kebijakan yang rencananya berlaku Oktober ini untuk mengetahui pasti penyaluran dan konsumsi BBM subsidi di masyarakat.

"Rencana itu sebenarnya sudah siap semua, dari bank juga sudah siap, dari SPBU juga sudah siap, payung hukum juga sudah ada dari Permen ESDM-nya juga sudah siap, semua sudah siap," ucap Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo kepada detikFinance, Minggu (22/9/2013).

Menurut Susilo, wilayah Jabodetabek akan menjadi daerah pertama diberlakukan sistem pembelian BBM subsidi dengan cara transaksi non tunai. "Jabodetabek bisa Oktober ini, tapi tentunya sosialisasi dulu," katanya.

Ia pernah menyampaikan beberapa hari lalu, nantinya pembelian BBM subsidi akan disediakan seperti kartu e-toll card atau semacam voucher BBM.

Sistem non tunai ini dimaksudkan agar jumlah pembelian BBM subsidi dan volumenya dalam diketahui dengan jelas dan dapat menghindarkan penyalahgunaan dan penyelundupan BBM subsidi.

intinya

  1. tidak boleh menggunakan uang tunai, harus non tunai
  2. mulai oktiber 2013
  3. bank sama spbu sudah siap, permen dudah…
  4. jabodetabek pertamax yang bakal menggunakan aplikasi ini
  5. sosialisasi dulu
  6. bbm pakai kartu seperti voucher

sistem ini agar jumlah pembelian bbm subsidi dan volumenya diketahui secara pasti sehingga penyalahgunaan dan penyelundupan BBM subsidi dapat terhindarkan..

selamat datang uang elektronik πŸ™

nah kalau area yogyakarta pakai juga besok, siap2 dah ane kudu punya kartu debet , voucher bbm dll, keuntungannya menurut ane yakni

kembaliannya PASS, wong masuk rekening lagi

kerugiannya, …

beli voucher dulu, atau nabung. ane sendiri masuh belum tahu kartunya ini pake pin apa kagak, apa tinggal gesek apa harus kasih pin….

semoga bukan acara dagelan lain apa acara bikin susah dengan versi lain oleh pemerintah…

yang ini gimana yak?

 

so pemirsa gimana pendapatnya, setuju apa tidak?

semoga berguna

untung ane nggak tinggal di PULAU JAKARTA πŸ˜€

51 KOMENTAR

  1. istilahe kok pulau jakarta … jowo juga mas bro wekekekek…lanjut gan electronic money apa gak … gak masalah … setuju wae …tenang sing penting duwe duit…lek ra nduwe duit iku artine ngowoh ….hehehe

  2. Sebuah refleksi ekonomi kegalauan dari pak persiden eSBeYe..masa jabatan hampir habis negara lg kacau balau

  3. Di luar sana sibuk memikirkan bagaimana mencari dan mengoptimalkan energi alternatif, di Indonesia dari dulu sibuk bagaimana mengurus bbm subsidi. Terserah, yang penting transparansi anggaran, jangan menguap seperti bbm.

  4. wah, kalau sudah nasional ; nggak cuma konsumen dong yang repot, SPBU pun pasti tak kalah pusing muter otak buat ngakalin ” cara jual ” jatah BBM subsidi SPBU buat industri. Salah satu biang penyalahgunaan BBM ya itu : SPBU. Di Dumai Riau saja ada bbrp SPBU yang nyaris tak pernah ada stok solarnya, tapi bisa mesan solar terus ke depot. Terus juga ada SPBU yg bertahun-tahun gak pernah selesai renovasinya. Selama bbrp tahun cuma buka 1 pompa buat motor doang. Nggak tau berapa banyak DO yang mereka ambil tiap hari & itu BBM diarahkan kemana,..

  5. Susah bener pake bensin subsidi tapi pelayanan bensin non-subsidi buat R2 gak ada peningkatan disuruh ngantri juga yg panjang….diskriminasi nih.

  6. waduh tambah kacau aja
    salah sasaran jax

    org kimsin disuruh pake kartu2 an ya ga faham…

    ini mah dipake org kaya

    SALAH BESAR NIH

  7. wislah, dari pada ruwet, lebih baik HAPUSKAN saja subsidi GEMBLUNG BBM, pake harga keekonomian pasar, lalu perbesar subsidi kesehatan + pendidikan + layanan sosial, sekaligus perbesar belanja infrastruktur & pertanian.

    SBY & Demokrat ga bakal dipilih lagi pemilu 2014, sekalian aja berkorban bikin kebijakan ga populis tapi BETUL & BAIK utk kebaikan bangsa & negara dlm jangka panjang,

    Bangsa Indon ini mayoritas GEBLEK udah kecanduan subsidi BBM, lebih seneng negara bangkrut utang numpuk bwt subsidi dibanding menyelamatkan perekonomian ke depannya.

  8. Sebetulnya tidak ada masalah mengenai bbm bagi rakyat asal bisa kebeli dan yang pasti ada angkutan masal yang murah aman nyaman dan profesional om ipan

Apa Komentar Pemirsa ?