kanvas rem habis bisa sebabkan piringan cakram rompal

rem merupakan piranti yang vital untuk menghentikan laju sepeda motor, corettttt lebih tepatnya mungkin bertujuan untuk memperlambat laju kendaraan sesuai kemampuan komponen komponen terkait….

nah, ane 2 kali ini mendapati sebuah piringan cakram rem depan sebuah sepeda motor yang rompal ….

yeng pertama ( lupa fotonya ane kasih mana ), dapet dari favebooknya waroeng depo ban, sebuah piringan cakram yang keknya dari honda supra x kalau ga kharisma kalau ga supra x125 ( lupa ),, rompal, …


disk brake suzuki skywave rompal by ari purnomo

yang kedua ya ini, Suzuki SKywave CMIIW  ^ kalau nggak suzuki Hayate, pokoke matic suzuki yang ring 16…

nah, faktor faktor yang mungkin bisa menyebkan kejadian diatas menurut ane sih

1. kamvas rem habis, jadi besi ketemu besi nekat buat ngeremmm, lama2 abis juga gan ( STEEL VS STEEL ), berbahaya… panas, kemudian abis., tipis, melengkung dah

2. pakai kanvas rem non ori yang kuurang hingga tidak berkualitas, berbahaya juga mas bro……. bisa jadi kanvasnya lebih keras dari bahan piringan cakramnya, ya makan juga kan

3. piston caliper ngancing, jadi posisi rem depan semi ngunci, lama2 nggerus juga walau nggak dipakai ngerem

4. kanvas rem atau lebih tepatnya disebut brake pad kotor kena pasir atau kotoran apa, menyebabkan goresan gorean yang mungkin menipiskan piringan cakram, ditambah poin nomer1, wah komplet sisan buat nggerus besi porongan cakram

5. nasib

6. apes

7. monggo analisanya

so, jangan sepelekan masalah rem….. VITAL om

baik rem cakram maupun tromol, hati hati yak, cek selalu piranti keselamatan ini……

 

smeoga berguna

DIRGAHAYU INDONESIAKU

#AHAY

#WONOGIRI SUKSES
#ASSEK

74 KOMENTAR

  1. mo tanya jg neh oom biasanya kanvas rem dpan mtr baru qra2 umurnya brp lama y coz rem nvl q kok udah abis y pdhal tuh mtr kluar bulan 3 akhir mhon pncerahanya thx

    • saya pernah liat di toko ban & aksesoris copotan piringan cakram yg tergerus sampai setipis mata pisau cutter, tapi entah punya motor apa, kalau terus dipake bisa saja setipis kertas rokok sampe kayak di foto itu

      • kalau foto yang supra x125 kalau ga supra 100 kalau ga khasrisma ( fotonya lupa ane truh mana ), tipis dan terdeteksi oleh toko ban ( depo waroeng ban )

  2. Biasanya yang paling sering karena piston kotor berkarat gak pernah dibersihin abis kena ujan/air cuci/banjir pasang jadi ngunci dan gerus sebelah. Pengendara awam gak ngerti cara bongkarnya dan bengkel kalo gak disuruh males ngeceknya jadi deh bolak-balik ganti kanvas rem atau disc.

  3. bos cnc@ mang bener brow ane jg g percaya ms msh ori pabrik scepat itu
    titok@ pemakaian biasa brow pp buat kerja doank itupun 30km pp km pun msh 5rbuan keknya mank yimm hrs desain ulang tuh sistem rem depan nvl soale kl ngerem msh suka nyelonong efek ban gede x remnya mang enak tp y gitu butuh kanvas at disc yg cocok tuk ban gambot

    • punya sodara saya ga kenapa2 tuh…dy sehari bs 50km an mlh…mklum krja org lapangan…mungkin master rem nya kotor x…jd kampasx gesek terus…
      pasti ada sebabnya mas…di cek dl ja

    • mungkin situ pas lagi bawa motor jarinya suka ditaro di handle rem, jadi ga sadar jalan sambil keteken trus handlenya. bisa juga kotor, jadi kalo nyuci motor sempetin semprot pake air brtekanan kanvasnya. smoga ngebantu

  4. dari velgnya kayaknya matik sijuki tuch masbro
    saya juga pernah ngalami (motor sodara sich) , piringan cakram belakang bisa di pothel pake pake tangan,ketebalannya tinggal 1mm
    kebangetan tenan tuch :mrgreen:

  5. @joky muda, bentul bro, jangan melihat umur tetapi berapa kilometernya dan bagaimana cara pakainya apakah ngerem tanpa sadar? kalau sudah 30rb mungkin habis, tapi bisa jadi cacat pabrik, who knows

  6. Teknik pengereman juga menjadi faktor yang penting demi keamanan dan keawetan kanvas ataupun piringannya.
    Kualitas piringan pabrikan biasanya cukup bagus,tinggal penggantian kanvas saja yang harus diperhatikan.

  7. 11 tahun pake 1 motor yang terkenal paling pakem rem depannya ga terjadi masalah sedemikian rupa.
    jarak tempuh perminggu lebih dari 300km.
    sering late brake, gak ada masalah.

    yang perlu digaris bawahi, kedua merk yang disebut diatas, untuk sparepartnya kualitasnya jelek. kanvas banyak memakan disc. jadi cepet tipis.
    perlu menarik tuas kenceng biar bekerja remnya.

  8. ane prnah nemu bro, kbetulan tetangga ane buka bengkel motor……nah yg ane prnah liat suzi shgun 125 piringan cakram blakang kayak gambar diatas…asli putus piringannya….

Tinggalkan Balasan