keluhan CVT yamaha soul GT di surat pembaca

siang gan, iseng2 baca kompas , lah ujug2 koq adaa iklan terbang surat pembaca yang ngeluh masalah CVT yamaha SOUL GT

pertamax7.com 285 (Small)

ane baca, lah koq panjanggggg banget

Senin, 27 Mei 2013 | 21:36 WIB ( tanggal surat pembacanya dikirim )

Pada bulan Agustus 2012 saya tertarik untuk meminang sebuah motor baru. Pilihan jatuh pada motor matic andalan Yamaha, yaitu Yamaha Soul GT dengan no. mesin 1KP118581 dan nomor rangka MH31KP001CK117151. Motor ini bodinya macho dan keren pokoknya. Sesuai dengan tagline Yamaha, keren, lincah, irit. Tetapi menurut pengalaman saya itu semua tidak terbukti. Ternyata hanya sekedar bodynya saja yang keren. Sedang mesinnya berbeda 180 derajad.

Pengalaman saya memakai Yamaha Soul GT, saat odometer menunjukan 2000km mulai muncul getaran di cvt saat berjalan pada kecepatan konstan 50-60kpj (kilometer per jam). Shock depan dan shock belakangnya keras banget. Apalagi saat melewati jalan yang tidak rata. Pada saat masuk ke bengkel resmi Yamaha, saya tanyakan keluhan yang saya alami tersebut ke mekaniknya. Dan kata mekaniknya itu gara-gara filter udaranya yang lebih panjang dari versi mio karbu (mekanik yg ahli pasti ketawa mendengar jawaban dari mekanik Yamaha yang seperti itu). Hingga timbul gejala greg-greg saat kecepatan konstan 50-60kpj.

Kalau shock yang keras, diciptakan untuk mendapatkan handling yang mantap (bagaimana bisa dapat handling yang mantap kalau tangan kesemutan dan pinggang sakit karena shock yang keras?). Ya sudahlah, cuma masalah kecil saya kira. Tapi saat odometer menunjukan 4000km kok getaranya semakin bertambah keras.Kerasa greg-greg sampai kekaki,dan larinya juga bertambah pelan,top speed cuma 80kpj. Akhirnya saya telepon call center Yamaha pusat Jakarta pada tanggal 27 september 2012 untuk menyampaikan keluhan saya tersebut.Pada tanggal 28 september 2012 pagi sudah ditlp balik oleh yamaha call center Surabaya (benar-benar fast respon tapi tidak meyakinkan. Karena memang posisi saya di Surabaya.

Akhirnya bikin janjian bertempat di pusat claim shop yamaha Surabaya yang berada di Pusat Motor daerah Kenjeran,ketemu dengan mas Pawit. Setelah menyampaikan keluhan saya,akhirnya motor saya tersebut ditinggal untuk dianalisa penyebab keluhan keluhan tersebut.Menginap dech 1 hari. Pada keesokan harinya saya dihubungi kembali,masalah sudah teratasi, kata mas Pawit gara-gara rolernya ada yang aus(baru jln 4000km dah aus rollernya,bagaimana mutu part original Yamaha?). Sedangkan untuk shock yang keras jawabanya sama dengan mekanik yang pertama menangani motor saya. Ya sudahlah yang penting sudah sembuh penyakitnya (greg-greg saat kecepatan konstan 50-60kpj).

Saya bisa beraktifitas lagi dengan menunggang motor kesayangan walaupun dengan shock yang tidak nyaman. Tetapi setelah pemakaian jarak 10.000km ada gejala baru,tiap start awal dari 0-10kpj ada gejala gredeg-gredeg (getaran pada seluruh boddy motor) yang sangat keras. Rasanya bersumber dari cvt bagian belakang. Power juga menurun saat dipakai jarak jauh dan saat dipakai berboncengan .Motor kembali saya masukan ke bengkel resmi Yamaha (Cahya Persada Motor jln.Sulawesi 39 Surabaya), sekalian buat perawatan rutin.Kata mekaniknya karena stelan klep dan settingan ECU injeksinya kurang pas (untuk keluhan lost power), dan kotor pada bagian cvtnya (untuk keluhan gredeg-gredeg).Ya sudah service ringan(stel kerenggangan klep dan setting ECU) plus bongkar,sekalian dibersihkan cvt-nya (jasa service service ringan dan service cvt berbeda).

Setelah keluar bengkel,motor sehat wal’afiat,seger waras. Tetapi setelah pemakaian berjalan jarak 350km-an dari saat masuk bengkel gejala greg-greg itu muncul lagi. Karena masih ada garansi service motor saya bawa masuk bengkel resmi Yamaha (Cahya Persada Motor jln.Sulawesi 39 Surabaya) lagi. Oleh mekaniknya(mas Nanda,sama dengan saat masuk pertama di bengkel ini) dibongkar lagi dan dibersihkan lagi cvt-nya. Posisi pembersihan ditempat yang sama saat saya pertama masuk bengkel. Mekaniknya bilang kampas ganda (clutch carier assy) dan rumahnya (clutch housing comp) kurang bersih (bagaimana prosedur kerja bengkel resmi yamaha hingga masalah yang sama bisa terulang 2x?).

Keluar dari bengkel resmi, seger bugar. Kurang bersih berarti kmarin saat masuk pertama. Lega juga ternyata cuma kotor saja. Tapi setelah 500 km dari masuk yang kedua tiba-tiba gejala itu muncul lagi. Bahkan makin keras, kayak kampas (clutch carier assy)tidak  menggigit sempurna rumah koplingnya (clutch housing comp). Ini muncul saat motor dalam kondisi dingin dan saat dikendarai di jalan yang macet. Saya mulai jengkel dengan banyak masalah yang mulai timbul lagi di motor ini. Akhirnya saya putuskan untuk kembali tlp call center Yamaha Jakarta.

Tanggal 22 April 2013 saya telepon dan menyampaikan keluhan yang saya alami. Seminggu lebih kemudian, tepatnya pada tanggal 30 April 2013 saya ditelepon Yamaha call center Surabaya, dengan contact person Mas Yohan. Saya diminta datang lagi ke pusat klaim shop yamaha di Pusat Motor Kenjeran, ketemu dengan mas yohan ini. Kata dia "Ini motornya ditinggal ya mas,menginap dulu biar bisa dianalisa dengan tuntas keluhanya”. Sekalian saya keluhkan lagi tentang shock depan yg keras (shock belakang sudah mendingan karena saya ganti dengan shock belakang Honda vario Techno 125 original) juga lost power saat mesin panas,atau saat dipakai berkendara jarak jauh (lebih dari 50KM).

Saat dipakai berboncengan juga lemot tarikanya (bagaimana tagline keren,lincah,irit bisa terealisasi,kalau kenyataanya seperti ini?)."Oke mas,semua saya cek nanti", jawab mas Yohan. Pada tanggal 1 Mei 2013 sore saya ditelepon,motor saya sudah selesai. Pada tanggal 2 Mei 2013 saya baru bisa mengambil motor tersebut.Menurut mas Yohan sudah beres, sudah ketemu rusaknya dan sudah diganti 1 unit cvt bagian depan. Sekalian rollernya diganti,tapi dengan punya motor Yamaha tipe lain yaitu yamaha mio sporty,biar lebih enteng tarikanya katanya mas Yohan. Pengerjaan berikutnya settingan CO dinaikan menjadi +10 (tak tahu  efeknya apa, tetapi yang saya rasakan tarikan tetep berat, malah lebih boros BBM).

Saya lega juga sudah ketemu penyebabnya. Selang beberapa hari kemudian, tepatnya pada jarak tempuh 450 km setelah masuk bengkel pertama, keluhan awal itu muncul lagi.Karena saya sudah punya tlpnya mas Yohan (call center yamaha Surabaya), saya putuskan pada tanggal 10 Mei 2013, untuk langsung menghubungi mas yohan.Kata mas Yohan akan dikonsultasikan lagi dengan Pak Bekti orang yamaha pusat. Pada tanggal 13 Mei 2013 saya di SMS mas Yohan untuk (lagi-lagi) datang ke pusat motor Kenjeran. Katanya mau diganti satu set cvt belakang (clutch carier assy dan clutch housing comp) sekalian diganti van beltnya. Saya diminta untuk melihat langsung proses penggantian part ini. Ketika part penggantinya ditunjukan ke saya,saya melihat adanya bekas pemakaian di kedua part pengganti tersebut.

Menurut penjelasan mas Yohan gak ada stock part barunya, sehingga dikanibalkan dari unit baru,bekas pemakaian itu terjadi saat unit motor yang dikanibal tersebut dites jalan.Ya sudahlah, terima saja, pokoknya diganti dan masalah yang timbul tidak muncul lagi. Akhirnya part dipasang,beres dech, motor saya bawa pulang dengan hati riang, wa

laupun mulai was-was masalah akan muncu lagi. Ternyata kekawatiran yang saya rasakan benar-benar terjadi. Habis pulang kampung tanggal 20 Mei 2013 pagi, masalah itu (greg-greg saat start awal 0-10kpj) muncul lagi. Bahkan muncul masalah baru,yaitu greg-greg saat kecepatan konstan, seperti komplain saya pada tanggal 28 September 2012.

Saya curiga ini gara-gara penggantian roller yg tidak sesuai dengan bawaan asli soul gt. Saya sudah benar-benar kecewa dengan produk Yamaha Soul GT ini. Setelah saya browsing di internet ternyata bukan saya saja yang mengalami masalah dengan Yamaha soul gt. Banyak pemakainya yang mempunyai pengalaman serupa dengan soul gt saya. Akhirnya saya tumpahkan kekecewaan saya ke call center Yamaha pusat pada tangggal 22 Mei 2013,saya sudah pusing dengan semua masalah yang timbul di motor ini, saya tumpahkan semua masalah yang timbul,dari shock yang keras, power yang hilang saat motor jalan 50km keatas, tarikan berat saat dipakai berboncengan. Dan yang paling mengganggu getaran yang keras pada seluruh boddy motor saat start awal (jadi tambah parah setelah diganti satu set cvt bagian belakang).

Saking jengkelnya saya minta Yamaha membeli saja motor saya ini dengan harga motor bekas.Daripada terus kecewa,karena motor yang dibeli dengan harga yang tidak murah,dari hasil kerja keras saya selama ini ternyata seperti itu. Tanggapan yang cepat datang dari Yamaha, pagi saya telepon Yamaha Jakarta, malamnya saya sudah ditelepon oleh Yamaha call center Surabaya.Tetapi alangkah terkejutnya saya. Bukan respon baik yang disampaikan tetapi terkesan Yamaha cuci tangan dengan problem yang menimpa motor saya ini. Mereka bilang tidak bisa mengabulkan klaim garansi saya, karena motor saya sudah dimodifikasi shock belakanya. Saya jadi bertanya-tanya,mengapa tidak dari pertama mereka menolak complain saya, sedangkan dulu saya memasangkan shock juga yang memasangkan mekanik Yamaha pusat motor.

Dari keluhan tanggal 28 september 2012 juga saya sudah ganti shock belakang motor saya. Jika dipikir dengan logika, juga saat saya konsultasikan dengan mekanik lain diluar Yamaha yang sudah berpengalaman,mereka mengatakan tidak ada hubungannya gredeg-gredeg pada cvt dengan shock belakang yang diganti. Apakah seperti ini cara menangani complain konsumen oleh pabrikan besar sekelas Yamaha? Perlu dipertanyakan juga kualitas part dari pabrikan Yamaha ini. Setelah motor saya diganti dengan spare part original yang katanya dari unit baru kok masalah malah bertambah parah?

Bagaimana manajemen dan prosedur penanganan complain sehingga komplain berulang terjadi? Konsumen dilarang mengganti part selain bawaan asli soul gt. Sedangkan pihak Yamaha sendiri mengganti roller soul gt saya dengan roller Yamaha tipe lain yang bukan asli bawaan soul gt (mio sporty). Padahal jelas-jelas beda part number di catalog sparepart Yamaha.

yudistira krisnanda

jln. klampis no. 10

^ membaca dari atas sampai bawah bikin yang baca galau, apalagi yang komplain, gimana rasanya, greg greg greg…..

linknya ini

kompas.com/suratpembaca/read/40269

penanganan dari yamaha di rasa oleh yang punya soul gt memang cepat, namun masalah greg greg greg di area CVT belum tuntas hingga sekarang ( dirasa oleh pelapor )

ok, mungkin cuma satu kasus, cari maning,

lah dikaskus ada juga bin puanjanggg dan belum dapat solusi

pke k kampus, overall enak dpake djalan, ane pake gk lbh dr 50km/jam (kan masih baru ) tp ane ko ngrasa ini motor ada getaran-getaran gmn gtu, gk nyaman bgt, trs waktu service pertama ane bilang keluhannya ke bengkel resmi, trs katanya problem solved krn ada ap gtu ane lupa jawaban c montir tp kalau gk salah ada lepas, tp gk meyakinkan gtu dr penampakan muka pas dia ngejawab  , tp bru bbrp hari pake eeeh kerasa lg tu getaran-getaran menjengkelkan,, akhirnya ane cb k bengkel resmi yg lebih besar trs ane komplen masalah getaran-getaran ini, aneh nya ini getaran cuma kerasa di sekitaran 60km/jam,  trs kata montir di bengkel yg ane tanya jawabnya "mungkin krn cvt nya yg masih baru", masuk akal jg c, krn pernyataan montir bengkel resmi jd ane prcaya aja, ane cuekin itu getaran-getaran,, tp itu getaran gk ilang-ilang mpe km 2250an   . ane komplen skaligus service k2 lg di bengkel yg montirnya bilang "mungkin krn cvt nya masih baru", ane tanya lg tu montir n alhasil tu montir bingung gk bisa jawab.
ane bt bgt gan, ko produk yamah yg ane beli macam gini  ,, ane coba komplen via email ke yamaha-motor indonesia, trs jawabannya bla-bla-bla-bla n disuruh ke bengkel yg di daerah batununggal(bandung), ane coba ksna, lama bner ngantrinya  ,, trs bgtu tiba giliran motor ane, ane komplen tuh ke montirnya, ane jelasin bla-bla-bla nya, trs dia coba motor ane buat di tes dan emang dia ngrasa ada getaran, trs segala macam cara tu montir udah coba buat nemuin masalah apa yg ada di soul gt ane, tp setelah berlama-lama tetep gk ada hasil yg memuaskan, motor ane tetep aja bergetar-getar tiap di kecepatan sekitar 60km/jam,,, 
ane bingung nih harus gimana lagi, udah 3 bengkel resmi, udh beberapa montir ane komplen dan tanya, udah kirim email pula ke yamaha-motor indonesia, tetep motor ane blm fix, 
tolong gan, mungkin ada yg punya pengalaman yg sama dengan ane mengenai motor atau punya solusi

^ sebenarnya masih panjang lagi, cuma bikin pemirsa ntar kabur,, wong kayak cerpen semua

link kaskus

kaskus.co.id/thread/000000000000000016369504

search lagi, lah di facebook yamaha

cvt yamaha soul gt

lah dah lama to, wah ane baru tahu, hiks

 

serach lagi, nemu lagi dan dah dibahas blogger blogger senior, lho ane koq baru tahu kemane aje nih

  1. klaim cepat yamaha oleh p2r , tapi masih error ga cvtnya ane belum nyimak lagi

Gejala kedua adalah getaran yang nggak normal saat sudah berjalan sekitar 20-30km. Menurut pengakuannya, vibrasi tersebut bikin nggak nyaman bahkan sampai kepala, yang mengharuskan dia beristirahat dulu memarkir kendaraannya beberapa lama.. tercatat dua kali bro Vian berhenti karena alasan ini, yaitu di Sidoarjo, dan Purwodadi.

search lagi nemu di blognya dulur
koboys, tapi cuma bagian mesinnya yang error, bukan CVTnya 😀

keluhanya trekkk

langsung diresspon ( disini )

Keluhan saya tersebut berupa suara treekkk yang berulang mengikuti putaran mesin setelah posisi sepeda motor berjalan 40-50Km/jam dan saat menambah akselerasi di kecepatan tersebut. Pada Service gratis pertama saya sudah menyampaikan hal tersebut dengan dugaan bahwa setelan klep terlalu longgar. tapi di bilang sang mekanik bahwa semua sensor eletronik menunjukkan kondisi mesin baik dan tidak perlu stel klep.

dan jebul digaanti bandul nya aka cranckshaft

bandul yamah soul gt

jawaban klaimnya disini

dan soal errornya bandul tersebut, katanya baru terjadi punya pak wawan 😀 biasanya cuma bohlam putus 😀

Saya juga bertanya apakah kasus ini pernah terjadi pada pengguna Mio-j dan soul-GT yang lain  (karena model/type mesin sama). Bapak Dwi menjawab untuk kasus con rod di wilayah Yogyakarta untuk Mio-j dan GT adalah baru pertama kali ini. Sebelumnya klaim oleh konsumen  hanya seputar Bohlam Headlamp yang putus karena AHO

namun untuk kasusnya punya pak wawan dulur koboys ini belum ane tanyakan perkembangannya sekarang dah benera sembuh atau belum 😀 lha wong dulu pas ketemu malah bahas taft 4X4 nya 😀

 

belum adakah penanganan yang pas oleh yimm, diservice tetep belum sembuh

gimana yamaha soul GTmu?

ada yang gosong juga bohlamnya

mungkin pemirsa ada yang mengalami, atau yang paham, silakan dibahas

 

* blogger ecek2 kapan ya test yamaha soul gt, apa sama kayaak mio J? mio GT?

 

motor baru koq bermasalah?

^ biasanya pemirsa bilang gitu

 

semoga berguna

met istirahat dan makan siang 😀

354 KOMENTAR

    • SELAMAT PAGI MASBRO>. Membaca kasus anda pada SOUL GT ,saya jadi kepengen ngomong nich…….di tahun 2013 bulan April saya membeli 1 Unit Motor Matic SOUL GT yang mana bulan itu adalah peluncuran perdana dengan kisaran Harga 14.200.000 IDR. Service rutin telah saya jalani.baru berjalan 8 bulan timbul masalah pada ban..sering bocor akhirnya saya pakai ban tubles.selang 2 bulan saya mengalami permasalahan sama seperti anda rollernya aus 6 biji.terus yang bikin saya pusing sampai saat ini..lampu indikator ijeksi saya menyala pada saat low ride…ya terpaksa saya matikan mesin lalu hidupin lagi dan berharap lampu indikator injeksinya tidak nyala lagi, tapi persepsi saya salah.setelah berapa meter lampu indikator injeksi pada motor Soul GT masih menyala.kemudian saya bawa ke dealer resmi Yamaha SBR ….setelah saya tanya mekaniknya problem apa yg terjadi pada motor saya >mereka jawab ada suatu arus lemah.>>ok saya bisa terima dan saya bawa motor saya pulang .setelah berjalan 10 km eh…apa yg saya lihat ternyata indikator injeksinya masih menyala lagi .WADUHHHHHHHHHHHHHHHHHH…..Gimana mekaniknya ini keesokan harinya saya kembali lagi ke dealer mengutarakan problem di motor saya …..hingga kini masih belum WARAS…….STRES GW

      • gimana ni ??? malu_maluin aja ni yamaha . .
        saya memakai MIO J . .
        Mesin kan sama aja kayak MIO SOUL GT . .
        keluahan saya sama tu kayak keluhan kakak_kakak semua .. .
        malah yang bikin gue bingung tadi siank motor saya lampu injeksi nya gak mau mati . . gak tau apa sebab.a . .
        padahal bensin gak pernah kurang dari 2liter . .
        besok 13 july 2013 saya mau bawa tu motor ke dealer resmi yamaha di pagar alam sumatra selatan . .
        sekalian saya mau tanyakan getaran pada 0/10km . .
        payah produk yamaha produk gagal semua . . .

        • Ternyata keluhannya sama…kecewa dengan YAMAHA…Banyak yg ngeluh, kira2 YAMAHA dengar pa g ya?

      • motor ane jg kayak gitu, gampang gan ,kencangkan soket coil ,karena yg di motor ane kendor ,makanya sistem elektricnya error alias nga normal dan terjadi panas,..setelah di perbaiki ane lgsg beres ,jalan macet 3 jam tetep aman

  1. modiarooooo…..!!!!
    ternyata yamaho mengibuli konsumennya ,,persis kyk yamaha kalbar..!!!!

    wakakakaka ane ngakak abis,wong 1 mesin dipake ke bbrp model,,,ckckckckcck ketauan klo gk laku!!

  2. itu komplain th 2012 dimuat 2013 krn antrian utk surat pembaca pst buanyaakk…jd ya maklumi lah

    • Keliatan kurang bisa baca,,, yang bikin surat pembaca udah nulis blablabla tanggal 13 MEI 2013,,,blablabla 20 MEI 2013 PAGI,,,

      Mental tukang BC yang ga mau tanggung jawab kalau sesembahannya ternyata bobrok

    • Wkwkwkwkwwkk keliatan gk baca sampe selesai om itukan penulis nulis sampai 20 mei 2013 22 mei 30 mei 2013 masa tahun kemaren sih,gk mgkn lah surat kabar muat berita basi apalagi sekelas kompas…

  3. klo mau awet CVT pake mesin Honda atau Suzuki…dari dulu mio awal CVT mio series itu paling ringkih..

  4. baca yg bener masalah dari 2012 sampe 2013 blom kelar kelar

    eniwei motor buatan lokal kualitas seadanya mau kualitas jempolan ya yg cbu tapi sparepart nunggunya bisa taunan

  5. biar di perhatikan tu ma mekanik n semua yang bersangkutan di yamaha….

    numpang share bro…biar tau tu orang ” yamaha asal aja menangani…xixixixix

  6. Reblogged this on EH_pages and commented:
    mumpung bisa share ke temen temen…dan semoga terdengar sampai telinga yang berwajib menangani klaim yamaha…semoga gk asal memperbaiki, ingat sebuah produk atau pabrikan akan besar karna kualitas mosok begini aja ampe gk selesai selesai..xixixixi butuh di tes lagi ni mekanik mekanik nya atau part part original yamaha…:D

  7. Begitu buruknya yamaha soul gt? Kalo mesinnya sama, bagaimana kabar mio j, mio gt sama x ride .?

  8. Syarat utama beli motor baru antara laen.
    1.jadilah biker smart yg mau mengenali motornya. jangan manja pengen dikelonin beres mulu. 2. pahami cara berkendara. jangan taunya cuma pencet starter, putar gas & tarik remaja. 3. Pastikan uang beli motor bukan duit panasssss. karna dijamin kantong & pikiran anda akan kepanasan mulu. 4. kalo udah waktunya giliran apes, mau merek apapun motornya pasti bermasalah. nah bila dah gitu cari qwerty aja minta bantuan buat dibakarrrrrr.

    • like this bro
      kenali motormu dan rawat motormu.
      itu terjadi pada sodaraku sendiri. motornya ganti oli 3bulan sekali walopun tuh motor satu2nya kendaraan dia (pastinya kerja keras) jalan setahun motor minta turun mesin. ngomel2lah dia katanya nih motor gak awetlah bla bla bla.
      padahal dah sy bilangin ganti oli jangan telat.
      tetep aja nyalahin pabrikan.
      wkwkwkwk

    • Setuju ma agan ini mungkin jg ane prnh dpt duit panas jd dpt yg agak brmasalah. Tp ttp aja cr pabrikan menangani masalah hrs d perbaiki/tingkatkan lg. Bagaimanapun yg brada d dealer jg bukanlah org yg desain tu motor jd pelatihannya hrs benar2 oke.

      Brharap mtr ane g ancur2an aja.

    • tambahan om: makanya…..klo pgn bli motor itu sma kyk terima uang, 3D, Dilihat: sreg n oke punya gk, Diraba: kondisi mesin, lbih bae pnjem pnya tmn bntr yg udh pnya tu mtr(biar gk penasaran), Diterawang: cari di internet, nilai positif atau negative nya tu mtr kyk gmn, jgn asal makan omongan org, lebih bae telaten sblm beli, gtu MasBro

  9. ngantuk macane..
    aneh wae,2012?tmc,iwb ky nya blm nemuin mslh ky gini.
    *mmg g bisa klaim klo ada penggantian part,(mlh pk shock vario..),mknya buku manual dibaca mas..klo komplain ttp ditindak lanjuti tp klo ada modifikasi sdh menghilangkan garansi.
    *shock yg keras mmg bertujuan untuk membuat handling yg prima,jd waktu cornering body motor ga ngebuang.di kecepatan yg tinggi traksi ttp terjaga.
    *klo menurutku bertambahnya beban bisa mengakibatkan penurunan performa sih,lha wong perbedaan ketinggian aja bisa mengakibatkan penurunan performa apalagi berboncengan,apalagi yg bonceng >90kg.mgkn juga cara berkendara anda salah mas,
    nih kok kebetulan pas ada service award yah…

      • bener bgt gan ane ga meragukan itu,bahwa tmc&iwb ladang uang nya dr yimm&ahm..tuh iklannya dipasang 😀 tp bukan berarti mereka ga independent gan..klo agan penghasilannya dr mn?pasti dr ngeBC ya gan ketauan mulutnya bau sampah!!

    • ane jg sependapat dgn shock yg keras, reboundnya jd lambat sehingga motor ketika nikung ga terlalu banyk goyang,efeknya handling mantab.

      soal kecepatan juga seharusnya dikasih tau berapa beban yang dibawa dan jarak yang dipakai berapa?takutnya ternyata bawa beban berat dan jarak buat cari top speednya dibawah 1km, jalan yg ga datar jg ngaruh dptin top speed.

      maaf ya bukan bela yimm tp cm pngn tau aja

  10. hehehe kasusnya sama kaya mio-j ane, Gregel, getar, cit2cit diawal setar, apalagi kalo tanjakan, malu2in dah padahal motor baru tapi kaya motor butut
    padahal km beluum sampe 6rb udah 2 kali service sama aja, dateng service bersihin, disemprot, ilang masalah 400-600km masalah muncul lagi…………

    ane dah cape ke bengkel resmi, komplain juga begitu aje tanggepannya

    mending ente ke bengkel pantek kampas kopling matic gan
    larinya lebih enteng penyakitnya ilang (tanya sama yang pake kymco biasanya tahu dimana heheheh, kymco mbahnya matic…)

    masalahnya di sekitar rumah kampas kopling kurang bagus bawakan pabrikan, apau tau istilahnya ane gak ngerti……………..

  11. Ndak pernah maen matic, no comment lah. Yg jelas kl ndak cacat produk ya memang produknya cacat. Plus skill mekaniknya. Apapun itu merknya. Utk yg dpt prblem, maaf anda blm beruntung. Yg aman2 saja, jgn lupa selamatan ya.

  12. walapun masalah istri ane lebih seneng make neh mio-j dibanding motor satunya H.. B…
    lebih nyaman dipake Thanks yamaha….
    tapi komplain ane kurang di perhatiii,,,,,,,n…………………. sedih….

  13. Prihatin liat para para sales penyembah berhala yg memojokkan bro Ipanese. Keliatan pada ga bisa baca,,,
    JELAS-JELAS yang bikin surat pembaca udah nulis blablabla tanggal 13 MEI 2013,,,blablabla 20 MEI 2013 PAGI,,,

    Mental tukang BC yang ga mau tanggung jawab kalau sesembahannya ternyata bobrok

    • lihat yg potongan SS facebook um.. NOVEMBER 2012 biar kliatan tuh ane caps 😀
      bukan msalah BC sih.. tp biar pabrikan mw tanggung jawab ke user..
      diluar negeri sana, kasus2 thd konsumen bisa d usut k pngadilan bhkan smpe recall produk klo bnyak kjadian..
      sbg wujud TANGGUNG JAWAB

  14. Bakar ae montore….!
    Malah melu nesu aq moco komplein ngene iki….!
    Panas panas panas..,.
    Bakaaaaarrrrrr…….!

  15. aq cuma bisa ketawa aja soalnya masalah2 seperti itu uda sering aq utarain di blog2 yg katanya dekat ama pihak pabrikan tapi dicounter katanya tuch handlingnya mantap (emang dicoba dimana aja) en pas beberapa kali survey user Soul GT di Yamaha Flagship Shop Semarang…..shock belakang sudah diganti agak mendingan (shock asli tetap dikasih ke aq) tp shock depan ya tetap keras apalagi kalo jalan di paving bakal terasa capeknya nahan getaran….suara CVT pernah aq utarain tapi ya cuma dibersihin (moga2 baek2 aja soalnya blm aq cek lagi)….bohlam depan putus sudah diganti oleh YFSS-Semarang….sudah segini dulu aja nanti dikira BC ato malah dikira boss AHASS 🙂

  16. alhamdulillah mio j ku dan soul gt kakak iparku aman ( shocknya emang keras dibanding sebelah). begitu juga vario wtf pamanku aman dari ngorok.
    turut prihatin.
    semoga cepat sembuh.

  17. sadis euy, 8 bulan tembus 10.000 km :D… ato gw yg terlalu lemot yah, mongtor keluaran 2007 sampe skrg baru 48.000 xixixixi… yg penting dan awet

      • case by case apaan, lha kasus cvt yamaha dari mio jaman jebot sampe jaman sekarang ngak ada solusinya ?

        soal klotok klotok dan ngorok sudah ada solusinya tuh , malah xeon yang ngorok dari jaman dulu sampe sekarang masih aja tuh 😀

        nih ternakan trimomok bela diri aja, bukan kasih solusi.

  18. ini pasti merk sayap ngepak..yg mtr abal2kan merk sayap ngepak..ga ad itu namanya mtr ymha ad keluhan kan udah dibilang ymha mementingkan kualitas drpd kuantitas
    salam greg..greg..greg

  19. Ane punya soul gt bermasalah kurang lebih sama dgn pengguna2 d artikel ini. Geter 60 kph, lost power, bolham gosong tp gosongnya setelah 12rb km (normal kali yah dah jarak segitu). Dah brp kali komplen soal geter hasilnya g memuaskan bikin capek hati.

    Baru2 ini muncul masalah baru. Keadaan dingin klo mesin d stater elektrik kayak dinamo doang yg muter bunyi ngiiiiing (yg suka maen tamiya bisa bayangin bunyinya), ane tanya mekanik bengkel resmi katanya krn aki mulai g kuat… Benarkah?

    Ane c cm brharap jgn sampe mesinnya rusak parah aja, dah terlanjur dibeli.

    • terbaLik tue ,
      pertama kawasaki
      kedua honda
      ketiga suzuki
      keempat yamaha

    • kebalik boss, untuk ckd, pertama suzi,
      kedua hondud,
      ketiga kawak
      ke empat yamaha

      kalo untuk cbu
      pertama kawak liat ninja series
      kedua suzi
      ketiga hondud, sebenernya karena mekaniknya kurang training
      terakhir yamaha, entah ada atau gak, tapi motor cbu yamaha dari india yg depanya b itu kualitas kira kira setara, kata sallesnya waktu ane suru inden ya byson import utuh dari indhie

      kalo overall suzi kualitas masi oke, sparepart susah, tapi awetnya manteb
      kalo kawak penganjal di sparepart yang maknyus harganya, gila gilaan, rada susah juga di sparepart
      kalo hondut, sekarang tipe tertentu sparepart inden minta ampun
      kalo yamaha, sebenernya sparepart paling gampang, tapi ya itu kebanyakan dealer perlakuin konsumen kaya kacungnya, jadin kaya raja kan kalo pencitraan ke yimm plusat doanl

      inget beli motor cash suru kredit masi sakit ati sampe sekarang
      emang di kira semua orang mampunya beli motor yamaha kredit kah? beli er-6 cash aja masi dinsambut dengan senang hati, eh beli vixion jadul di 2013 ini, masi suru kredit, kirain nvl doank yg suru kredit ternyata all variant suru kredit

      • brrti emg rata2 inden yah pabrikan dsini sparepartnya ? brrti trganjal d kebijakan import2an nih..
        bajaj yg kecil –> inden
        h,y,k,s yg besar –> inden
        wkwk d bengkel umum mlah tersedia 😀

      • maaf nih kualitas secara keseluruhan atau hanya per part ya?masalahnya ane sering banget liat suzy smash pada patah body belakangnya.maaf nih bukan bc tp ane sering banget liat

        tuk dealer mah emang sekarang banyak yang nakal2, mau h kek mau y kek. akhirnya ane musti ngetes satu2 tuk cari yang bersih.

        • sujuki type lama, pada patah body, getas, krn getaran gak ada peredam getaran mesin , dan posisi murnya gak seimbang antara plastik kiri dan kanan, akibatnya jad patah dech, kalo gak mw patah, diganti kabel ties dari awal, jadi ada ruang gerak

  20. serach lagi, nemu lagi dan dah dibahas blogger blogger senior, lho ane koq baru tahu kemane aje nih

    =================
    hadiiir

  21. semua motor selalu ada kekurangan/kelemahan.
    pengen yang sempurna ?? Pake sepeda(sehat badan & irit dompet) [[xatxD]]

  22. temen ane juga beli soul gt keluaran pertama oom dan masalahnya sama seperti kasus paling atas.
    mungkinkah soul GT “produksi gagal?”

  23. kayaknya yg curhat di kompas tu agak gemblung dah…motor gw 1500~2000 aja udah servis bulanan lah ini 10.000 baru ketemu bengkel…ya udah merembet kemana mana tu motor masalahnya…

  24. kayaknya yg curhat di kompas tu agak gemblung dah…motor gw 1500~2000 aja udah servis bulanan lah ini 10.000 baru ketemu bengkel,ya udah merembet kemana mana tu motor masalahnya,

  25. menurut pengamatan aq… tuh karena persinggungan gigi di diskitar cvt blkg (gak tau namanya.lo di matic honda sih shaft drive sama driven gear.ituloh yg berkaitan ma as roda blkg) terjadi noise/lecet di giginya.bahasa jpn nya barri/dakon makanya tuh bakal ngefek cuma di putaran rpm tertentumenurut pengamatan aq… tuh karena persinggungan gigi di menurut pengamatan aq… tuh karena persinggungan gigi di diskitar cvt blkg (gak tau namanya.lo di matic honda sih shaft drive sama driven gear.ituloh yg berkaitan ma as roda blkg) terjadi noise/lecet di giginya.bahasa jpn nya barri/dakon makanya tuh bakal ngefek cuma di putaran rpm tertentumenurut pengamatan aq… tuh karena persinggungan gigi di diskitar

  26. Kalo ane gara gara ganti ban tubless trus yang masang bukan mekanik yamaha gerigi velg belakang soul gt ane rompal…ane taunya pas keberes en dibongkar…dikasi tau deh masalahnya..dan gak bs claim velg jadilah geol geoldah bunyi gasrukkk kalo boncengan…

  27. Motor2 sekarang motor baru banyak masalah ya untung aane belinya motor jadul jadi cuma dapet masalah klasik body super geter khas pabrikan sayap udah turun mesin juga maklum dah 10 tahun gk dirawat motornya.

  28. Ceritanya panjang banget ya jadi ngerasa kasian mgkn ini orang udah cape sama masalah di motornya dan motornya masalahnya gk sembuh2 akhirnya ngadu ke surat kabar.masalah dari september 2012 sampe mei 2013 gk kelar2.semoga untuk kedepannya yamaha memperbaiki keluhan2 pada soul GT supaya konsumen tidak merasa dikecewakan.

  29. Ya mudah2an cepat diatasi lah komplainnya….saya sih jarang ngerasain motor geter2 CVTnya paling2 kalo pas kotor saja. Tapi memang penyakit CVT di kondisi jalanan Indonesia yg paduan lembab dan berdebu suka geter2 kalau kotor.

  30. Wªªɑ̤̥̈̊aƌ̲̣uuuH̶̲̥̅̊.ĥħ◦°˚ ˚° :O ”..motoree. adik. ane..moha moga gak kayak diatas..gaalaauu

  31. Walaupun ane punya mioSoul ’08 kondisi mesin sehat-sehat saja. nggak getar. nggak berdecit. nggak boros dan velg nggak peyang
    Tapi saya kapok untuk beli matic yamaha lagi, alasannya. akselerasi kurang, suspensi keras dan jalan santai nggak stabil / kalo lepas stang maunya ke kiri.

      • Soul adik ane ma soul gt ane jg enak aja lepas tangan. Mo sejauh apa jg ampe kecepatan turun trus g bs jg keseimbangan lg, ok aja tu.

  32. memang tdk ada product yang sempurna,

    PRIBADI SAYA SANGAT PRIHATIN TERHADAP KONSUMEN yg mendapatkan pelayanan mengecewakan seperti kisah diatas. karena saya adalah pengguna prodct Y****A

    semoga YIMM lebih bijak menangani keluhan konsumennya

  33. kemungkinan cuma konsumenya yg masalah,motor2 yamaha bagus2 kok kualitasnya,juga mekaniknya jago2 semua kok,pelayanya juga mantap2 kok yamaha,intinya si konsumen lom bisa sehati dgn motor yamaha,padahal klo dah sehati dgn motor yamaha tuh motor bakal luar biasa baik di jalanan/di balapan,kan yamaha,…

  34. saya cuma mau nanya sebelumnya konsumen tuh pake motor apa sebelum pake yamaha??kok heran bgt klo sokbreker yamaha empuk2 semua/eh keras2 semua ding,.hehe .juga kan dah biasa cvt motor2 yamaha aga perlu perawatan rutin/mungkin cukup rutin kali,hehe,intinya klo memang si konsumen memang sebelumnya ga biasa pake produk2 yamaha,sebaiknya konsumen beradaptasi dgn motor2 yamaha,karena beda pabrikan beda pula karakteristik motor2nya,apalgi sebelumnya ga pake metic,…,/kedepanya klo memang kecewa ya coba produk matic yamaha yg lain kan masih banyak pilihanya,..dukungan layanan purna jual yamaha juga luas,plus mekanik2 yg handal2 tiada tanding dgn mekanik beres yg lain,hehe,

  35. saya pmakai mio soul jujur puas bnget pke yamaha soal shok keras emang dah karakter mio.. soal cvt greg greg hnda vario tmen n beat fi kakak jg sama da greg greg d cvt smpe trasa d dek kaki.. sya rasa yg kirim surat blm memahami karakter mesin matic n mauny smua produk smpurna..

    • iya bro beat fi gw jg krasa greg-greg-greg klo dibawa konstan dikecepatan 40-60kpj.
      normal gk ya.??

      • mas bro mau nanya…
        beat fi ente ngorok ga?maaf bukan mau BC tp cm mau nanya,soalnya gini bro, rmh ane itu berada ditanjakan yg sbnrnya ga terlalu curam banget, suatu ketika ane lg ada diteras, kedengeran suara ngorok, ane kira itu vartech 125 tp ternyata beat fi. ane kaget tp ga jd pikiran, bbrapa hr kemudian pas ane lg diteras jg, ane dngr jg suara ngorok, ane kira vartech 125 tp ternyata bnr2 beat fi dan stlh ane amati, kok spacy fi dan scoopy fi jg bgtu ya?pdhl ane bandingkan dgn yg msh karbu tak ada ngorok, beat fi ente jg bgtu ga bro?kalo iya, apa smua matik injeksi kyk bgtu ya?maaf ya bro, bukan mau bc tp ane penasaran cuz setau ane cm vartech 125 gen awal yg ngorok.

    • kalau blh berbagi. dlu wktu pke mio sporty, pernah dpt kasus kya gtu. greg greg stlh putaran awal. kira2 10kpj keatas. trs sm montir dibersihin bagian cvt, diamplas, trs normal lg. tp kumat lg smpe km brp lupa. trs dibersihin lg, normal lg. tyta berselang g lama kumat lg. n ktya kampas sentrivugalnya hrs direndem dlu biar bersih. stlh dipasang tarikan normal lg. dlu pernah iseng muter setelan stasioner bensin wktu kumat penyakitnya, n tyta hilang greg greg nya. kq bisa yaa?? pikir pnya pikir, mgkn kah krn pasokan bensin g merata pas putaran itu ya??? kya bensin telat gtu. pas ditmpt kantor, ad tmn pas nawarin pengirit bensin sekaligus menaikan oktan, sm bs bersihin karbu n bkin awet mesin. iseng2 ta coba smpe brp bulan gtu. emg ad efeknya ke tarikan sm mesin. jd lbh ringan. n yg g nyangka lg, selama itu jg penyakit yg dlu kq g muncul2 lg y??? heran aj ditanya montirnya, sdh g kumat lg mas??? hehehe, iya mas…

      itu pengalaman pribadi q dgn mio q. smoga berguna..

  36. saya juga mengalami kejadian yang serupa dengan pemilik soul gt diatas, tapi kejadian ini saya alami saat memakai produk honda spacy. cvt berdecit dan getar pada saat macet dan berboncengan (bahkan sekarang saat jalan konstan di 50kmpj), tenaga hilang, bensin menjadi boros, body getar sesudah pembongkaran untuk mengganti aki, busi sudah diganti sampe 6x dan tindakan yang dilakukan oleh montir resmi ahass hanyalah melakukan pembersihan di sektor CVT dan berkata CVT kotor makanya berdecit, padahal pada saat jalan 50m dari bengkel ahass motor saya kembali berdecit (bagaimana sih pelayanan montirnya?) . jadi menurut saya sepertinya quality control untuk motor2 keluaran terbaru baik dari pabrikan H ataupun Y kurang diperhatikan atau mungkin menurun. bukti nyata adalah banyaknya masalah yang ada pada produk dari kedua pabrikan besar tersebut. sangat menyedihkan…

  37. shock yss lebih keras lagi dari shock standar tapi kalau melewati jalan rusak lebih enak kok
    pengalaman pakai mio soul

  38. ane pengguna Vario techno udh 2 thn, km udh 36000
    alhamdulilagh selalu sehat, blmganti lampu satu pun, vbelt udah ganti km 30000 (saran ahm 25000)
    tarikan mantap, tanjakan pun jg mantab.
    pokoknya ane puasss bnget dech,,,

  39. yg pasti shock motor yamaha keras bnget, menyiksa,
    kata yg punya, tp biasanya diakali dgn tekanan angin ban yg sedikit gembos

  40. umumnya konsumen yg gak fanatik, setelah pakek yamaha lumayan kapok, emang body motor yamaha bikin tertarik.
    tp ya itu td pd akhirnya kapok jg beli motor yamaha.

  41. Makanya…..pakai Suzuki…….Liat aja….mana ada produk suzuki yang ga kayak Yamaha……..,seboros2nya Suzuki masih kenceng Suzuki ketimbang Yamaha ( dah boros–lelet–noise pula)…

  42. Makanya jangan beli Ymh… Mendingan beli honda Beat. Nyaman, aman, puassssss!!!

    Sudah terbukti khasiatnya mzbro!!

    • bener mas,ibuq bawa mio j,ceweq bawa beat,q uda ngrasain mio cm unggul di finishing cat sama lebih irit dikit y lain tarikan menang beat,lincah beat,shock juaaauuhhhhhhh lbh nyaman beat,n bebas dr suara greggg greeggg,waktu awal mio j tembus 105km beat cm 100,waktu berjalan beat tembus 95 mio 85,tp beat akselerasi masih maknyus,mio j letoy,tp beatnya masih versi karbu

  43. gue beliin mio j wat ibuku,cat bodinya bgz,udah mau 6bulan awalnya ok,kecuali ban cungkringnya y slalu bocor maklum jalanan g mulus bnyk lubang,mungkin lebih dr 12kali bocor,beberapa kali ganti ban dalam,jengkel akirnya beli ban vario penyakit uda ilang,shock kerasnya amit2,alasan buat kstabilan? top speed aja cm 90 lebih baik matic itu ngejar nyaman. start 0-10km bunyi greg2,n akselerasi uda mulai loyo,enakan beat pacar gue,blinya hampir bareng n masalahny cm 1 sama juga dengan mio j beberapa bulan bohlam uda mati

  44. zzzz kok mesinnya ga sesangar tampangnya ya?
    dari yg ane baca di atas tadi kok perawatannya lebih ribet dari motor jadul

  45. plok..plokk..plokkk….terus bc pan,biar hit banyakk…
    daripada susah2 kerja cari duwit kan lbh enak bikin blog ecek2 kek gni,lumayan gawe tuku sego thiwul…
    eh,sapimu wes mbok guyang nek gajah mungkur rung bro,kan lumayan isi adus sisan.
    wkwkkwkkk

  46. FB SMART pasti pura2 ndak tahu nich, gimana nich om soul gt nya…?
    motor mosok kwalitas diatas rata2 bisa gitu

    • iya ya bro, pdhl kn awal di mulai kompetitor matic kn dri yamaha? tp gk tau klo yg matic dlu yg body nya bongsor, cth JMK?

  47. Ane malah CVT di Mio sporty baru sekitar 8 bulan dah patah pulley dan as-nya. Ganti punya TDR full komplit depan belakang, dari akhir taon segitu ampe skarang awet, mulus tanpa bunyi. Kebetulan dapat murah.

  48. Mio J punya kakak saya aja gitu mas, pas akselerasi, itu cvt nya malah geter hebat+bunyi criiiiiit. mirip bunyi belt cvt aus. geternya sampe kerasa ke setang. klaim ke beres yamaha katanya normal. motor baru ada 6 bulan.

  49. kasus yanag sama dalam semua produk motor matic,saya pernah nangani kejadian seperti ini,..kecepatan awal motor getar,kecepatan tertentu bunyi greg greg..sebenarnya baik honda atau yamaha sama sam ngalami hali ini.beat lama lebih sering ketimbang yamaha.

    saat akselerasi awal:jika getar d bodi hanya saat mesin dingin hal ini di sebabkan karena grease CVT di puli belakang bocor,mungkin kualitas sil kurang bagus(sil murah kualitas tanda tanya?????) sehingga tidak mampu menahan volume grease saat proses pergerakan puli.alhasil sisa grease yang tidak tersapu oleh sil terlempar oleh gaya sentrifugal yang bekerja pada puli.dan menempel di HOUSING CLUTCH sehingga pada saat mesin mesin dingin gesekan kampas sentrifugal dan housing terkorupsi oleh tumpaha greas ini.namun pada saat mulai panas gejala ini berkurang/bahkan hilang dan kadang terjadi ketika habis pengereman saja.untuk troble ini silahkan ganti sil baru dan pengisian grease jangan melebihi batas/terlalu full
    jika saat panas dan dingin gejala ini tetap ada,maka housing comp juga perlu di ganti karena sudah tidak rata lagi tingkat prisisi kebulatannya.

    UNTUK GEJALA GREG GREG SAAT KECEPATAN TERTENTU(biasanya muncul saat kecepatan mencapai 50KM/jm -kurang dari 70KM/Jam;hal ini juga akibat dari kemampuan sil yang kurang baik,sehingga sil yang tidak tersapu terlempar oleh gaya sentrifugal ke bagian/area dimana vbelt bergerak(AREA FACE PULY SECONDARY/secondary sliding sheave dan secondary fixed sheave).sehingga pada pergerakan/gesekan vbelt dengan permukaan dari secondary puli ini terkorupsi,hal ini lah yang menyebabkan timbul bunyi GREG GREG pada kecepatan tertentu(vbelt mengalami LOST FRICTION).

    lain hal nya jika menimbulkan bunyi berderit.hal ini bisa beberapa hal;
    1.debu yang menumpuk pada permuikaan housing comp/mangkuk ganda
    2.pergerakan kampas sentrifugal kurang bebas saat start awal(mungkin karena ganti per yg agak keras)
    3.dll

    mungkin jika memerlukan sharing informassi bisa hubungi AUTOMOTOR di 085791442839

  50. klo memang banyak masalah gimana mau laris,tapi ya itu berkah buat mekanik beres yamaha biar banyak kerjaan,otomatis banyak pengahsilan,hehehe

  51. matur sembah nuwun mas Irfan, atas dimuatnya surat pembaca ini di blog panjenengan.sudah seminggu ini saya menulis surat pembaca tersebut di kompas.com,tapi blm ada respon dari pihak yamaha nich.kalau memang pembaca banyak yang mempunyai keluhan yang sama,mohon dikoordinasi untuk melayangkan keluhanya secara kolektif ke YLKI.mungkin ada yang bisa membantu prosedur pengaduan ke YLKI?

  52. soul gt sy jg sm, pd kecepatn skitar 60kpj bergetar ky gitu, waktu sy ngajuin klaim ke bengkel yamaha di cibitung orang yg nanganin klaimnya cuma bilang ‘segini mah masih wajar mas’…. yamaha mengecewakan.

  53. Saya juga ada soul gt th 2013 bulan februari , saya juga ngalamin tuh diatas kecepatan 40-60km/jam ada suara greg gregnya ..
    Bahkan topspeednya gga sampai 100km/jam dijalan lurus sepi tanpa hambatan…
    Ckckckckck..
    Nyesel beli soul gt liat tampang doang yg bagus tapi dalemnya ga karuan ..
    Ada yg minat ga sama soul gt ?
    Saya jual murah meriah , males lagi service ke dealer resmi yamaha sesudah ngebaca tuh keluhan diatas..
    Ckckckckckkck..

  54. penyakit cvt nya ini ngak beda jauh dengan mio series yang lama …masih aja belum ada solusinya dari yamaha ….gimana mau merebut pangsa pasar matic honda …apalagi nih soul gt paling laku …payah

  55. solusi pamungkas.. jual saja tuh motor Y amburadul.. biar dibeli fans buta Y… biasanya greg2 dan suara kasar.. adahal tanda .. bahwa itu.. motor dewa

  56. Penyakitnya sama seperti mio sporty saya keluaran 2011. Tapi gejala gredek itu timbul setelah spido menunjukkan angka 9000KM (selama pemakaian saya hajar nih motor biar bandel), ternyata yg rusak V-beltnya + roller 2 pcs. Setelah di ganti vbelt+roller set sampai sekarang aman jaya aja gak ada gejala gredeg² lagi. Motor dah 2 tahun saya pakai dan spido sekarang menunjukkan angka 19500KM
    Jangan lupa setiap 9000KM daleman CVT wajib bongkar…dan dibersihkan, kalau ada part yg rusak diganti ya om…biar maticnya awet…

    Salam Matic

  57. waduuuhh.. padahal saya baru rencana nih tuk beli mio soul GT tapi dgn ada banyaknya komplain., saya spertinya harus berpikir 2 kali nih.. X-(

  58. soal gredeg gredeg gitu coba ganti mangkok otomatisnya gan, punya ane juga gitu, shock depan keras, saya kecewa 🙁

  59. q jg punya masalah yang sama. . punyaku juga kdng greg2 gitu…. malh skrang pas lagi dipake kdng mati sendiri … pdhall gue pakai pertamax…GMANA KALAU BERSATU AJUKAN CLASS ACTION …. payah nih. produk..

  60. Turut prihatin, qw jg prnah ngalamin hal yg sama…
    CVT memang sering bermasalah pada motor matic yamaha, sehingga getaran sangat terasa mulai dr RPM bawah, agan boleh coba ganti sliding sheave nya sapa taw dah aus, juga check gear box gardannya, bisa jd ada cacat pabrik bro…
    Salam bikers

  61. Soul gt baru 800 km sudah 3x masuk bengkel… padahal masuk bengkel yg direkomendasi dari CC yamaha .. kt mekaniknya emang begitu (udah kaya motor kopling 1/2 kopling)
    Soul gt dibuat untuk “fast akselerasi bukan top speed” dibuat akselerasi cepat di rpm rendah aja suara udah ky komponen yg rontok apalagi di top speed… tiap nambah akselerasi apalagi makin getar*Kecewa jg pake yamaha*

  62. aku jg kecewa pol beli mio j
    kcptan 60km/jam pasti greg greg dan jg skok nya keras pol
    bikin tangan pegel
    tiap minggu pulang kampung pasti mijitin kan tangan (surabaya-lamongan)
    motor belum lunas bnyak mslah nya
    pokok e kecewa pol aku beli mio j
    ungkapan pemakai mio j
    kalo aku bohong surabaya lamongan jalan kaki aku

  63. mio j ku jg kecepatan 60km/jam trasa greg greg
    skok jg keras
    bikin tangan pegel
    tiap ke bengkel resmi yamaha gk bisa sembuhin penyakit nya
    nyesel bngt beli mio j walau belum lunas

  64. Greg greg Kalau kasus mio sih,aq pernah alamin,itu karena pen pully belakang udah oblak.solusinya ganti pully belakangya.jgn sampai kerin grease nya kln g kpgn cpt oblak lagi.beda punya honda matic,ada rollernya.jd g gmpng aus.masalah rumah ganda gosong,itu karena filter udara yg ke rumah cvt kotor.jadi udara terhambat g bisa ngalir mendinginkan cvt.sering2 d bersihin tuh filter

  65. Ane baru beli soul gt 2nd thn 2013 bln 3. Km udah 6000. Tp alhamdulilah udah 1 minggu ane pake ngantor jarak 50 km tiap hari nggak ada masalah tuh. Malah ane puas banget soalnya menurut ane naikannya enak, halus, kenceng dan yg pasti irit banget kalo dibandingin mio soul ane sebelumnya. Ya mudah mudahan sih nggak ngalamin ya. Cuma ane salut tuh sama yg kirim surat pembaca, dia kok bisa hapal sama kejadiannya detil banget ya. Padahal ceritanya panjang and udah lama. Yah semoga motor bro semua pada nggak bermasalah deh.

  66. MASIH ada nc yang ngalamin gejala judder saat mau start awal dan gredeg gredeg saat kecepatan tertentu,???
    dah kirim aja primer sheave ama sekuder sheave ke AUTOMOTOR SERVICE,JL sumberdawesari no 5,grati pasuruan jawa timur,nanti akan kita bantu untuk penyelesaiannya.gejala ini awalnya ada di honda dulu(gredeg saat kecepatan tertentu),kemudian menyusul pada produk yamaha(MATIC Fi series yamaha),ini hanya perlu direvisi sedikit saja di bagian tertentu terutama di pully primer(perlu penambahan part)

      • part tidak kurang mas,hanya jika dibanding dengan generasi awal memang ada bagian yang tidak ada,
        disana(unit primer sheave tidak terdapat seal sebagai penahan pelumas GREASE,sehingga saat terjadi pergerakan kinerja primer sheave(gerak sliding akibat gaya sentrifugl pada roller),grease yg terdapat pada collar di primer tidak tersapu bersih,sehingga terlempar karena gaya perputaran yang bekerja di sistem CVT ke sisi vBELT dan permukaan face(baik face primner dan skunder) dan ini menyebabkan pada putaran tertentu terasa getar(bunyi greg2) karena penekanan vbelt serta gaya geseknya terhambat oleh ceceran/UAP GREASE itu.
        gejala ini juga sering kok di alami MATIC SERIES HONDA,bisa juga dari faktor lain karena di permukaan kampas gandanya(clutch carriernya) terdapat permukaan yang memiliki bidang gesek berbeda,dll

  67. saya kira cuma saya yang ngalamin, getaran SOUL GT saya beli PEBRUARI 2013 sangat mengganggu, Sudah komplain ke deler tempat beli jl Basuki Rahmat Malang jawabannya YA MEMANG GITU SOUL GT komplain email ke contact_center@yamaha-motor.co.id Yamaha dilempar ke deler lagi. Test dengan nyoba SOUL GT teman ternyata sama. Jadi males makai sampai hari ini 24 Juli Kilometer masih 1092, saya mau jual tapi istri masih suka katanya modelnya KEREN tapi kalau perjalanan agak jauh dia ngeluh juga tangannya capek, saya sendiri pakai kotor K ( nyaman di pakai ).
    Cuma getaran yang saya rasakan mengganggu selain pada kec di atas 40 km/jam karena mesin ( sistem CVT ? ) Getaran horisontal setang stir ( arahnya depan belakang ) yang terasa sejak pertama kali mesin d nyalakan sangat mengganggu. Rasanya seperti pantulan rangka bodi, karena pada motor bukan matic misal Vega getaran ini ga’ ada, apalagi motor laki misal Vision. Tapi ketika saya coba matic merk lain kok ga’ ada, jujur masih ada getaran ini tapi kecil ga sekuat SOUL GT saya.
    Yang jelas LENGAN CAPEK NAHAN GETARAN, jangan coba2 satu tangan pas ke jeglong lubang pasti munting dan jatuh.
    Ini bukan jelekan Yamaha saya cerita apa adanya bisa d cek kerumah saya Edy k RT 5 RW 3 Kemantren Jabung Kab. Malang mumpung motor belum saya jual ( nanti tak critani panjang lebar ).
    Semoga ini bisa jadi masukan buat Yamaha, karena selain model keren irit bensin dan mesin yang responsif ( memenuhi harapan konsumen ) ada satu yang d lupakan Yamaha yaitu KENYAMANAN pengendara. YAMAHA hanya berorientasi pada KEREN, IRIT, KENCANG, tapi TIDAK NYAMAN.
    Melihat promo SOUL GT yang sudah TIDAK kelihatan di media mungkin ini sudah d perhatikan oleh Yamaha,walaupun sangat berat untuk mengakui ini PRODUK GAGAL.
    Semangat untuk menjual motor SOUL GT saya semakin kuat sejak saya lihat iklan Yamaha d bintangi oleh penyanyi yang mantan artis PORNO ( ma’af ga’ nyambung sama sistem CVT, ini pribadi TUKANG NGELONI ISTRI ORANG KOK DI JADIKAN IKON )

  68. Ane punya soul GT gan, tp alhamdulillah dr awal beli smpe skrg udh 9bulan dan udh 11137km gk ada masalah apapun, tarikan ok,shock ok, mesin ok,cvt ok semuanya aman lah gan, mungkin krn dr awal ane manja bgt ini motor, bensin ane kasih shell super (oktan 92) sesuai dengan kompresinya, oli ane pake shell advance ax7 scooter (ane ganti setiap 1000km), service rutin (gk pernah telat) dan hasilnya semua sehat wal afiat motor ane. Prinsip ane ngerawat motor sm aja kyk ngerawat diri gan klo telat or salah dikit bs sakit hhe. Semoga bermanfaat gan.

      • semua skutik keluaran baru sekarang kompresi 9.2 keatas, bahkan xeon-vario kompresi nya 11:1 …. kagak ada alat map sensor utk mengatur derajat pengapian (kaya mobil) jika dikasih premium oktan-88. jadi orang bisa beli motor, agak smart dikit dong, jangan alay bin koplak …. hehehe.

        kecuali kalo pake mio lama kompresi masih 8.8:1 …. kasih premium sono 🙂

  69. Walah2, ini penyakit standart YAMAHA toh, gua pake Xeon 2011 aja suka gredekan pas baru jalan. Saking parahnya sampe ditontonin orang di lampu merah. (Ky mau copot aja tuh bodinya). Skrg sih mendingan setelah ganti roller ama soket apalah gitu (ada 3bh) yg di box CVT.

  70. Saya pengguna motor YAMAHA mio soul 2011,motor nya dari awal banyak banget keluhannya dan kata mekaniknya kga bermutu bgt jawabnya.dari awal sampe sekarang sudah ganti lampu depan 6 kali.dan bagian CVTnya juga parah bgt getarannya.motor pas 2 tahun saya ganti ring seher karna oli kering padahal rutin ganti olinya 1 bulan sekali…

  71. Saya juga punya masalah dengan mio soul GT saya.dari awal pakai (baru) skitar bulan maret.sdh bermasalah(krn beda dgn mio soul saya yg sbelumnya) di cvt
    -berdenging dibawah kecepatan 60km/jam
    -getaran cvt di kecepatan skitar 20-30km/jam
    Sudah di komplainkan di yamaha kaliurang,yogyakarta…memang sih fast respon, tpi tdk menyelesaikan masalah…krn hingga kini masih belum teratasi…krn sdh terlalu bosan dan capek komplain..yά sudah,saya biarkan aja…
    Mio soul GTnya mau saya jual / TT tpi motornya msh kreditan… 🙁
    Jadinya yά saya biarin pake gitu aja dgn suara brisik,getaran tak enak dan juga shocknya yg lebih keras ketimbang soul saya terdahulu(tahun2007)…
    Asli saya kecewaaaa sama yamaha….padahal semenjak awal saya pakai motor,hingga kini…belum pernah pakai produk lain…always yamaha…awal sya pake motor itu,saat saya masih skolah SMA,yaitu yamaha alfa 2r thn 92 trus gonta ganti tetep yamaha spt jupiter,vega,cripton,soul,terakhir soul gt..dan yg terakhir ini justru mengecewakan…..

  72. Saya juga punya masalah dengan mio soul GT saya.dari awal pakai (baru) skitar bulan maret.sdh bermasalah(krn beda dgn mio soul saya yg sbelumnya) di cvt
    -berdenging dibawah kecepatan 60km/jam
    -getaran cvt di kecepatan skitar 20-30km/jam
    Sudah di komplainkan di yamaha yogyakarta…memang sih fast respon, tpi tdk menyelesaikan masalah…krn hingga kini masih belum teratasi…krn sdh terlalu bosan dan capek komplain..yasudah,saya biarkan aja…
    Mio soul GTnya mau saya jual / TT tpi motornya msh kreditan… 🙁
    Jadinya yά saya biarin pake gitu aja dgn suara brisik,getaran tak enak dan juga shocknya yg lebih keras ketimbang soul saya terdahulu(tahun2007)…
    Asli saya kecewaaaa sama yamaha….padahal semenjak awal saya pakai motor,hingga kini…belum pernah pakai produk lain…always yamaha…awal sya pake motor itu,saat saya masih skolah SMA,yaitu yamaha alfa 2r thn 92 trus gonta ganti tetep yamaha spt jupiter,vega,cripton,soul,terakhir soul gt..dan yg terakhir ini justru mengecewakan…..

  73. gak usah panjang lebar deh,,,krn keluhan msalah soul gt ane sma persis dgn keluhan pak yudistira krisnanda,,,….
    gimna donk pihak dari yamaha nanggapinya????

  74. ane punya soul gt mulai bln 9 2012 ,kilometer skrg 26000 keluhan kakak d atas sama , mengenai lampu depan yang gosong ane jg pernah alamin 2 bln setelah pembelian ,lalu ane ganti ama merk philip awet ampe karang

  75. met pgi bro.ane ane mau comen jg.masalah mio j,milik ane lebih parah.baru beli 1bln lampu ane mati. 2bln kemudian aki tekor.terus 6bln ban bocor sudah 5kali.pokoknx masalah tok.1thn tarikan molor ngak kuat tanjakan.pokonx kalau mau beli motor pikr dulu deh‘! biar ngak kayak gw.

  76. saya bari beli soun gt.. tp masih di simpan saja di rumah karna tuk anak persiapan mo kuliahh ,, blom ada keluhan apa apa br mako jl 200 km nya , mugo mugo sounn sys ngak masalah ke depan nyaaa ,,,

  77. getaran kaya ap y? Greg…greg…gmana? Klu shock keras mmg iya, n kecepatanny jg cm 80km/jam paling lbh sedikit. Solusiny ap?

    • Punya saya baru seminggu km 400, sdh bisa lari 90km/jam, stlh sebulan km.700 bisa lari 100km/jam. Ganti busi densometer iridium iuf-22 malah makin gila, akselerasi makin cepat mencapai 100 km/jam. Semua masih standar kecuali busi.

    • Kecepatan cuma 80Km/jam?? nggak salah tuh bro? punya ane baru seminggu jalan 400km sdh bisa digeber sampe 90km/jam. setelah 3minggu jalan 700km, bisa digeber sampe 100km/jam. ganti busi denso iridium iuf-22, tarikan makin garang, cepet banget bisa mencapai 100km/jam.

      shock breaker keras? solusinya ganti ban lbh kekar supaya bisa meredam keras. kalo ganti shock lain malah lbh keras dr standar. Ban belakang ganti 90.90.14 dan depan ganti 80.90.14, performa lebih stabil, tarikan tetep garang mencapai 100km/jam

  78. saya juga baru 7 bulan naik soul GT….ga ada masalah yang berarti kecuali saya sempat kecewa ama bengkel yamaha di jalan panjang…pulang service baut filter ku semua lepas ga ada semua…..jadi mecaniknya lupa masang saat bersihin padahal udah ku kasih tip…..jadi aku bersumpah tidak akan balik ke bengkel itu lagi sampai pemiliknya baca keluhanku ini…dan ganti bautku….

  79. hmmm bahas soul GT saya juga sama … malah parah ntueh ,,, udah keluar masuk bengkel kalo asaya itung2 ampe’ lupa ngitungnya dg masalah yang sama … yaitu mesin macet …mulai dr dibersihkan pake injektor cleaner katanya ampe di ganti kabel busi ampe di ganti fuel pump injektornya tetep aja macet mulu .. terus di soal getaran hampir semua temen yang pake soul GT juga merasakan hal yang sama di pemakaian kurang lebih 6 bulan… getaran ntueh dah mulai kerasa.. so… buat YAMAHA coba deh d cek ulang ntueh masalah2 yang timbul… coz hampir semua pelanggan mengeluhkan hal yg sama …

  80. maf sobat2 yg punya motor soul GT,cara mengatasi yg greg-greg pd awal putaran yaitu: ganti per CVTnya dgn milik mio spory,bisa pilih merek KITAKO yg 1500 ato 2000,pokoknya sy jamin deh,so sy jg punya mio soul GT & mslhx jg sm,tapi selama sy hbis ganti, sudah hilang tu masalah yg greg-greg begitu

  81. Walahhhh baru baca neh…. Barusan udah kebeli soul GT nya…. Wahhh jadi ngeriii ini kalo begini….

    • Tenang aja bro, nggak semua kayak gitu kok. Soul GT ane udah 8rb km nggak pernah ngalamin, paling cuma pas pagi aja agak getar. Stlh 100m udah normal. Ane juga dpt informasi dari mekanik yamaha langanan ane kalo kemungkinan akhir thn ini atau awal thn depan yamaha bakal ngeluarin kampas kopling model baru spy masalah geter nggak muncul lagi. Yg pasti menurut ane nggak mungkin yamaha diem aja kalo memang udah banyak yg bermasalah, ntar bisa nggak laku donk dagangannya.

  82. waduhh,,bnyak amat keluhannya,,…
    trs yg keluaran 2013 sm jg pa gx tuh ky gt?(greg-greg mksd ny)
    jd pikir2 deh mw beli soulGT

  83. motor baru 4 bulan Masih Garanisi ga sie sebenarnya…
    kalo garansi materil ataw Spare Parts apa aj…

  84. aduh mas bro ga taune masalah soul gt ne iyong podo karo sampean.getaran pada saat tarikann awal.padahal roller baru vanbelt pun baru.bikin pusing.mau di jual kok sayang banyak kenangan.

  85. ane pengguna soul gt generasi pertama beli bulan 7 2012,km dah jalan 18ribuan seumur tuh motor sevice cuma 3 kali,ganti busi 2,kla ganti oli baru per/1500/km,,,,,,,nihil keluhan,,,namenye buatan manusia gan ga ada yang sempurna,,,,kla ane baca tuh keluhan di atas terlalu berlebihan banyak di sususipi sales,hanya yamaha yang bisa mengimbangi kedikdayaan ohonda biar sama2 selalu meberikan yang terbaik buat negara akosumtif indonesia,,

  86. mau motor matic Fi minim keluhan dari segi akselerasi,..pilih NEXT Fi suzuki,tanpa judder,..SMOOTHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHH

  87. setelah saya simak emang benar soul gt dari nol ampe 10 tarikan ga halus greg greg 10 ke 60 enak konstan di 60 tidak balance putaranya lampu gampang gasong mesin bunyi di sekitaran klep ky benturan logam lari cuma 80 tuk ampe 100 laaaama banget padahal sendiri per depan keras belakang juga konsumen di tipu komplan ke beres jawab gpp mekanik cm dapat sertipikat doang ga smart

  88. ia nih..mio soul gt saya juga bermasalah.baru beberapa bulan pake udah sering mogok/mati mendadak..di bawa ke bengkel katanya businya.baru 1 tahun pake udah 3 x ganti busi.kempes juga nih kantong gara nio hehe….

  89. masa…3 x ganti busi satu tahun bikin kempes kantong,kan harganya cuma 12Rb di kali 3=36 rb.ibarat nemuin uang segitu g kaya,kehilangan juga g jatuh miskin lo.

  90. wahhhhhhh.. org kota tp pikiran ndeso smua. Kok msh prcya sm bengkel resmi yg d pegang sm montir amatiran.
    Montir yg ahli tu skarang udah buka bengkel sndiri smua.
    Buktinya mio ku dari prtama servis sampek skarang gak prnah k bengkel resmi tp tetap sehat seger waras buat adu tarikan sm beat,vario….. sapa takutttttt!!!!

  91. Ga sanggup baca kluhan lu smua gan ..
    yg pasti, keluhan q di yamaha soul GT cuma ama sok blakang aja yg uda 3x jebol, uda 1 thn lbil performa mesin msh siip.
    karna aq slalu serfis sendiri kalo ada masalah” kecil.
    aq udah kapok serfis di dealer resmi yamaha.
    mekanik na pd ceroboh + sotoy pula.

  92. Sama masalahnya dengan soul GT yg aq pinang 2012 yg lalu pda kecepatan 50-60 km/jam ada yg bergetar pda bagian mesin. Pada 15000 km timbul masalah lain saat start pertama 4eluruh body bergetar…jadi pusing make soul GT ..

  93. hahahahha yang buat artikel ini kalah saingan ma yamaha,,
    padahal orang honda berusha ngejelekin product yamaha. ngaco loe. !

  94. beuh,serius nih ? udah di perbaiki blom buat keluaran terbarunya soul gt muscle..gw udah mau dp soalnya

  95. Sepertinya produk jaman sekarang kualitasnya tidak sebaik jaman dulu, sekarang ini cuma menang di kecanggihan produk tapi tidak dikualitasnya.
    Banyak banget masalah dgn motor matik, tidak hanya pada merk tertentu tapi hampir terjadi disemua merk, tapi jarang ada penyelesaian yang tuntas, dan lagi tiap diperbaiki akan merembet pada hal-hal yg lain, bukannya tambah baik malah tambah tidak enak dan bikin eneg aja, pingin dilempar aja.
    Saya sendiri juga mengalami hal serupa yaitu getar-getar yg tak kunjung ditemukan penyebabnya, sdh beberapa beres didatangi, juga minta bantuan ATPMnya, tapi tetap saja belum terselesaikan.
    Jawaban-jawaban dari beres juga sering kali membuat kita dongkol, seolah kita dianggap konsumen yang goblok dan gak tau apa-apa, mereka selalu memberi jawaban seperti ini ” itu adalah ciri motor matic, normal kok” .
    Semakin panjang ane keluh kesah, semakin dongkol jadinya, maaf, ane stop aja sampai disini yaa.
    Terima kasih, ane bisa sharing buat semuanya.

  96. masih ada nc yang masih getar/judder saat start awal???kecewa dengan penanganan BERES???silahkan lepan skunder set anda(puly,kampas ganda dan housing) beri tanda,bungkus dalam kardus kirim ke :
    AUTOMOTOR SERVICE
    JL.SUMBERDAWESARI,GRATI-PASURUAN.jawatimur
    post code:67184

    kami akan bantu untuk mengatasinya,tidak ada penggantian part,hanya pemaksimalan sistem kinerja CVT.lama pengerjaan maks 20menit*

    note:ongkir dari dan ke anda di tanggung anda.

  97. soul GT ane kilometer br 4000an dalamannya udh pd aus gan, aneh motor br 4bln ky motor keluaran 4th gak enak blassss….

  98. Saya punya mio J dan Soul GT dengan masalah yang sama, greegg greeg pada waktu jalan, sebenarnya baru terasa pas boncengan sih< dan mesin bergetar banget pada saat baru hidup,

    di mio J karena males komplain, saya biarin aja, selang dua bulan, ilang sendiri masalahnya 🙂

    Di mio GT, getarnya masih kerasa waktu start pertama, apalagi di pagi hari,,,,

    Dua duanya belum setahun udah ganti lampu 2x

  99. saya juga mengalami hal sama,beli yamaha mio GT SOUL bulan juni 2013..waktu nyalain mesin pagi hari (start mesin) mengalami greg-greg terus suara langsam mesin nggak bisa di kecilin…pas waktu jalan antara 10-30 km ada yang tak beres di suara mesin seperti dreet..dreet,,,gitu,jika bensin tekor kurang dari 2 liter maka mesin nggak ada tenaga sama sekali apalagi jika berboncengan dengan dengan yang gendut..wallaaah kaya naik keledai..

    • masalah mas wawan,memang tidak di pungkiri yamaha mungkin mengalami kekurangan dalam hal analisa desain dimensi fuel pump,letak lubang hisap fuel pump terlalu tinggi,sehinga ketika bensin tinggal 1,5 liter saja pada kondisi stop and go mendadak motor terasa tersendat mau mati.apalaagi jka jalan tanjakan daan bensin cuma sisa 2 liter hal itu makin terasa.
      kayaknya yamaha perlu revisi/modif FUELPUMP nya itu.prcuma jika kapasitas 4,5 liter tapi yang 1-1,5 liter terakhir sulit dipakai.
      saya sudah coba beri maukan pada salah satu supervisor yamaha area malang tentang hal itu,tapi di teruskan apa tidak.

      • terimakasih atas coment anda..emang saya rasakan ada masalah dalam FUELPUMP nya..apakah motor saya masih bisa diservice di dealer yamaha,soalnya masih ada garansi service 1 bulan dari yamaha,bisa complain tidak…mohon masukannya..terimakasih

        • untuk komplain perihal fuel pump,jika memang mengalami masalah mereka akan ganti,namun tetap dengan desain yg ada.karena mereka pasti akan berargumen alasan ini itu,.
          jika mereka mau merubah desainnya pun semestinya juga harus melakukan recall terhadap produk yg sudah terjual untuk meningkatkan loyalitas konsumennya,tapi saya rasa langkah ini g akan di ambil oleh yamaha.

          mengenai masalah putaran mesin yg tidak bisa di kecilkan,itu karena pengaruh sistem kerja ISC,agar staioner tetap berada di range yg di tentukan sesuai program ECU nya(1450RPM-1700rpm).
          sebenarnya sistem ISC tidak diperlukan di motor dengan CC kecil.klo di mobil memang perlu karena untuk antisipasi beban tambahan semisal AC.
          jika mas masih kurang nyaman dengan performance motornya.bisa kirim fuel pumnya ke AUTOMOTOR.jl sumberdawesari,grati-pasuruan,
          fuelpump akan dimodif di bagian tertentu sehinga walau bensin anda tinggal 0,8L motor tetap enak.

        • dalam hal ini (service fuelpump)mungkin saya rasa posisi saya tidak memungkinkan..soalnya domisili saya di sukabumi-jawabarat..apakah anda buka cabang di daerah jawabarat ..masalah kedua putaran mesin yg tidak bisa di kecilkan,itu nggak jadi masalah,apakah lampu depan bisa pake saklar nggak..terimakasih jawabannya

  100. Sya pake soul GT udah setaun,, dan keluhan yg sya rasakan sama,,pada saat tarikan gas pertama 0-10km/jam ada getaran greg greg greg,,malah kcpatan 10-20km/jam juga itu getaran masih ada,,
    ђαϑϱђ (¬˛¬)
    Yamaha semakin di depan tapi bermasalah,,

  101. wawan – 10 Oktober 2013
    dalam hal ini (service fuelpump)mungkin saya rasa posisi saya tidak memungkinkan..soalnya domisili saya di sukabumi-jawabarat..apakah anda buka cabang di daerah jawabarat ..masalah kedua putaran mesin yg tidak bisa di kecilkan,itu nggak jadi masalah,apakah lampu depan bisa pake saklar nggak..terimakasih jawab
    ______________________________________________________
    untuk AUTOMOTOR tidak memiliki cabang di jawabarat,saat ini hanya masih memiliki bengkel didikan di beberapa wilayah jawatimur saja.
    untuk pemasangan skalar ON/OFF lampu depan,anda bisa aplikasi dari holder kanan MIO KARBU,selama yang dipakai genuine tidak ada masalah,coba anda bawah saja motor ke bengkel resminya buat dipsang sakalar mio karbu,jika mereka berasumsi ini itu sudah di pastika berarti mekanik di DEVISI SERVICE YAMAHA kurang memahami sistem kelistrikan lampu.
    jika anda mau emasang sendiri,saya bisa bantyu pandu anda by phone di 085791442839

    • Sama Gan, ane juga baru beli mio soul GT baru 3 bulan (July 2013).Kalo buat boncengan pas mau tarik gas dari kondisi pelan sering bunyi sreeek..sreeek di bagian CVT nya. Belum sempat ane bawa ke bengkel resminya karena maksud ane mau sekalian nunggu service kedua…..eh pas ane lagi cari tau diinternet kira-kira apa masalah motor ane malah ane ketemu blog ini..jadi deg-degan dech ane. pokoke besok ane langsung meluncur ke Bengkel resminya dach. Tar Ane update lagi kalo dah dari bengkel.http://s0.wp.com/wp-includes/images/smilies/icon_sad.gif?m=1129645325g

  102. Permisi gan, mau ikut bagi pengalaman, motor ane soul GT juga, kemaren pakai km 4000 motor ane mulai getar sama berdecit di bagian mesin/cvt waktu baru mulai jalan (0-10 kpj) getarannya ampe buat bagian depan lampu motor ane bunyi keras banget…. malu banget tiap baru mo jalan, apalagi di dalam komplek.. motor baru bunyinya kayak gitu.. belum di lampu merah pada ngeliatin semua… ane pakai pertamax gan jd rasanya gak mungkin kalo gara2 pembakaran yang gak sempurna apalagi injeksi… trus ane ke bengkel resmi.. tanya ini tanya itu trus mekaniknya bilang udah byk yang komplain soalnya getarnya soul gt pada putaran bawah trus disaranin buat ganti secondary spring sama washer conical spring dalam CVT gan (semua kepunyaan mio) jadi bedanya secondary spring mio sama gt, yang mio lebih pendek dari gt trus washer yg gt rata sedangkan mio bentuknya konis, ampe sekarang kejadian getar waktu mau jalan gak ada lagi, balik semula kayak baru… padahal sebelumnya ane dah niat mo jual tu motor, malu banget untung gak jadi… cuma keluar duit gak nyampe 100rb gan.. ane kurang tau juga apa bagian R & D Yam*** kurang lama ngetes tu motor sebelum di lepas ke pasaran atau gimana… yg pasti kejadian yg kayak gini dah banyak….

  103. Kalau saya pernah ngalamin masalah grdek” di putraan bawah pada mio keluaran 2007 masalah solved setalah saya mengganti seal CVT (4pcs) pada bagian secondary lalu digreasin ulang,,
    Kalau pas diputaran atas ada smacam slip/lambat tarikannya serta getaran yg menusuk tulang saya ganti rumah rooler set dan panbel aja,,

  104. sama gan punya ane soul gt tahun 2012 akhir A 2463 LR ,PUNYA PENYAKIT YANG SAMA BARU 8 BULAN ,MESIN GEREDEG GEREDEG , ROLLER UDAH PADA PEANG ,SUARA MESIN BERISIK BAGIAN SVT ,SUMPAH ANE BENER BENER NYESEL

  105. Keluhan yang sama persis saya alami, ane beli mio soul GT bulan juni 2013.. yg ane keluhkan tarikan awal agak lambat dan yang lebih saya herankan pada saat berbonceng dan menaiki tanjakan sungguh tidak ada tenaga sama sekali…terutama v-belt nya terasa bergetar hebat saat kecepatan 60km ke atas, Bunyi gruk gruk gruk. bikin gak nyaman. Terus ampun deh speed nya susah banget tembus 90km/jam…

  106. Salam pertamax7,q pya soul GT 2013 bulan 8,km 2500 keluhan Blum Ada,cuma tarikan kurang yahud top speed 90,di turunan 100 mentok, kalah AMA beat nya Honda,boncengan aja bisa ngejar soul q,di asapin lg..kt mekanik nya sih udh byk yg komplain kluhan yg Sama,kta nya utk efisiensi bahan bakar,isi bensin 22000 dapet km 170-180 km gmana broo irit pa ngak,semarang-Jakarta 470km 12 jam,nonstop istirahat cuma isi bensin,AMA beli kratingdeng 3 botol,alhamdulillah soul GT q blm Ada masalah..

  107. rencana mau ambil yamaha soul gt…..tp setelah membaca semua keluha yg ada di sini….Caaaaaaancel…thank’s

  108. Matic honda juga parah masbro…terutama honda vario kalau ditanjakan suaranya ngorok dan tarikannya ga ada,getar dan kasar juga mesinnya,saya udah beberapa kali ganti matic vario inilah yg paling parah…soul GT ane sih udah pake 2 tahun masih mantap tarikannya dan ga ada keluhan padahal dipake jarak jauh terua dan bawa barang berat,,,tarikannya sih emang kurang gahar tp handlingnya mantap dan irit,,,

  109. he he kasian lu pade … sama … motor mio J gw keluaran 2012 juga gitu … gredeg dan mendecit waktu mw start …. jadi kayak sarang jangkrik … krikrikriiiiiik …

  110. sama mio j punya saya juga…di bnerin tpi kumat lg…..nya MENGECEWAKAN. klo matic mnding pke punya honda ama suzuki deh

  111. aku beli mio j 2012 bulan 2,,,umur 2minggu pemakaian +/- km 100an mulai terasa ada suara krek krek di roda belakang muncul hanya sesekali shg pas di check montir yamaha jawabannya ga ada masalah, service kedua check cvt solusi montir ganti roller cvt ( murah cuma 42rb) …next service ketiga ganti bohlam lampu depan putus (murah sihhh,,,),,,service ke empat keluhan ada getaran ga enak dan suara tikus pas tarikan awal kata montir kesalahan pemakaian sering buka gas dan tutup rem barengan,,,hasilnya kudu ganti set kopling otomotisnya,,,waddduuuhhh motor baru 6 bulan???? pdhal sebelumnya pake honda vario setahun pertama cuma service ama ganti olie aja,,,ga ada keluhan aneh2,,,,,,,
    aku agak deg2an jg krn bulan 11 ngambil yamaha byson, takutnya byk keluhan jg krn kualitas material sparepart yg buruk,,,

  112. wa klo mekaniknya main ganti part di motor baru,kayaknya ada yang salah ni di bagian EDUCATION TECHNICAL YAMAHA.trainernya yang ecek ecek apa mekaniknya yang belum pengalaman.
    trainer jangan hanya cari lulusan tinggi atau yang mau di gaji murah aj.cari yang pengalaman,biar gaji mahal tapi nama besar terjaga.
    FOR BEST SOLUTION,CALL AUTOMOTOR.GIVE YOU THE BEST TECHNICAL SUPPORT:085791442839

  113. mank bro cvt yamaha rata2 parah..kulitas part2 cvt nya terutama diprtanyakan..apa kah layak atau tdk??
    saran jgn beli metik yamaha..buat perjlanan jauh..apa lg buat jln 80 km per hari..w jamin dleman cvt bakalan rontok semua..terutama loler nya..

  114. gw juga beli SOUL GT bln 4 thn 2013,,bru pke 4 bln getaran sudah sangat terasa,,setelah 8 bln roller aus smua,,udh gitu gigi kruk as yang untuk tempat pulley rontok smua,,gmna nhe kualitas spare part yamaha,,

  115. Skedar pesan YMI
    Coba jgn trll byk ambil untung, utamain kualitas dan kuantitas pada smua komponen’a.
    gmn ga byk trable klo kmponen mesin’a ga balandst.
    amat d sygngkan motor yg berpose elegant tapi byk trable pd mesin.

  116. Saya juga punya Mio Soul GT masalahnya sama mulai dari greg greg sampai getaran dan kalau boncengan gak ada tenaga. gak sesuai dengan iklannya. payah. bawa ke service yamaha uda bayar mahal tapi tetap aja. saya ganti roller baru seminggu pake uda bergetar lagi. masak harus ganti. untuk pemakaian saya pakai dalam kota (rumah ke tempat kerja) rute normal bukan buat balapan. kecewa saya dengan yamaha.

    • wah bro Herman kasusny sama saya … saya malah sudah ganti full set cvt cuma 2 minggu doang setelah itu kembali gredek2 ,, malah semakin parah dari hati sungguh kecewa sudah keluar biaya banyak tapi hasilny sama aja .. logikanya udah ganti fulll gitu sama aja kaya baru tpi malah kenapa makin parah ,, jadi kurang greget bawany .. kemarin saya coba kirim email tentang permasalaha CVT saya karena bisa diblang rugi saya klo tiap 2 minggu sekali ke beres … mudah-mudahn YAMAHA bisa memberikan SOLUSI buat masalah CVT di SOUL GT ….

  117. aku pake soul gt jg…. baru 4 bulan ku pake, kilometre udah 10.000
    sehari hari motor ini jan bisa lebih 60 km,… karena tempat kerja ku yang jauhh….
    trus.. gejala, getaran dan lain lain itu pasti ada…
    tapi yang penting masih bisa jalan kok….
    dan mekanik yamaha bilang ga akan berpengaruh besar kok pak…
    yahhh pasrah aja dahhhh….
    semoga kuat 15 taun.. motor ini….

    • mudah-mudah ya bisa kuat sampe 15 tahun ,, saya aja belum ada 1,5 tahun udah gimana gitu rasaaa,,, mudah-mudah bisa cepat teratasi mas broo

  118. baru kali ini saya beli yamaha,2 motor sebelumnya merk “h****a”.

    dan tenyata hanyalah penyesalan yg sy terima.mio j beli bln 8 thn

    2013

    ketika masuk usia 10 bln keluhan muncul yaitu gredek2 saat mau

    start awal jalan,di cek ke bengkel katanya cvt otomatis harus ganti

    sekitaran 370rb an,2 bln kemudian aki kering nya tekor yg akirnya

    mogok,di coba di engkol/stater manual tetep ga nyala tuh

    mesin.menjadipengalaman berharga buat sy,merk yamaha kualitas

    part nya payah.pengalaman pribadi maryanto bandung.

  119. mio soul GT Saya Bermasalah terus, masih 8 Bulan sudah ganti Fuel Pump 430rb, kemarin Mogok lg kata orang bengkel kompresinya Bermasalah, blm lg bunyi Gredek,gredek aduhhhhhhh

    • kok bisa?kayaknya konektor input di fuel pump rusak ya,akibat kemasukan air.itu motor ap jerigen kok tankinya ad airnya????
      soalnya klo emng cacat pabrik pasti garansi,tapi klo kena air itu kesalahan konsumennya.teknik nyuci sembarangan.
      tanki motor wajib di isi bensin jangan di semprot air bertekanan yg efeknya masuk ke tanki.

      satu lagi buat para petinggi pabrikan agar sosialisi teknik penyucian motor yang benar ke para penyuci motor.sehingga kerusakan fuelpump akibat kemasukan air karena salah teknik penyucian bisa di minimalisr dan juga menjaga citra produsen biar g di kenal fuelpump produk motornya gampang rusak

  120. Mio GT saya juga gredek gredek waktu awal jalan. Abis kebanjiran sih :). Gampang amat rusaknya si mio ini

  121. Hati’ kalau beli XEON GT 125 EAGLE EYE,!!!…Karena sadelnya tipis & empuk sehingga kalau dikendarai akan kena tulang ekor. Dibelakang sadel, plastiknya ada cekungan (seperempat lingkaran) ini di design untuk tempat helm pada bagasi. nah cekungan ini yang kena tulang ekor kalau diduduki. Motto Yamaha selalu didepan ??? disign sadel aja tidak bisa……

  122. saya mau minta solusi, mtr mio saya pada awal tarikan terasa getar uda jalan hilang nanti timbul lagi di kecepatan 60

  123. hehehehe…….
    kecepatan 60 getar???bagian mana?getar yang gimana??terasa bunyi greeggg…greggg…gitu ya??

  124. saya juga punya pengalaman yang sama. tapi untung saya bisa utak atik sendiri. sulusinya. pen cvt belakang diubah pakai pen cvt spin + sleding spin. lubang pen diperlebar sekitar 2mm dengan bor pres. tujuannya agar pergerakan buka tutup cvt bagian belakang lebih halus karena standart pen bawaan yamaha tdk ada yg pakai sleding. bersihkan permukaan kopling ganda dg amplas halus sampai benar2 bersih (jangan pakai sikat besi). terakhir pada saat memasang body penutup cvt barilah lem sealer secara merata agar air tidak masuk. ini penting karena air bisa menyebabkan menggumpalnya kotoran di kampas kopling ganda yg menyebabkan cengkraman kampas kopling kurang kuat akhirnya muncul getaran dan bunyi greggg…greggg.. sekian semoga bisa membantu

  125. malas ngomongin soul gt, dari yamahanya ga ada yg tanggung jawab, klo cuma bongkar2 terus bnyk biaya,
    yg jelas gua nyesel beli yamaha soul gt,
    klo yamaha mau bayarin motor soul gt yg pada masalah / paling tidak dia brikan discont onderdil yg harus ganti supaya bs di pake terus.

  126. soul GT saya juga kendalanya sama…padahal sudah diganti van belt sama rollernya….karena montirnya jawabannya gak memuaskan…..saya sampai 3X bongkar CVTnya ke bengkel resmi……mungkin teman-teman punya solusi……thanks

  127. Ane juga make SGT baru 4500km udah ganti v belt 3 kali ganti roller 5 kali pdahal juga pemakaian normal cuma gara2 getar hebat di cvt geli di kaki euy , yg ane paling sedih itu kalau sudah liat top speednya , malu kalo mau ngebut gan , di selip sma matic lain g pake usaha kliatanya , cuma bilang akurapopo aja :l

  128. getar di 40-60 kpj motor matic,… penyakit itu, hati-hati banyak kampas double palsu, bikin getar… ganti kampas double yg ori bos… selese masalah.

        • benar,namun getaran ini bukan karena clutch carrier(bahasa bekennya kampas ganda) imitasi.motor kan baru.
          getaran pada Fi series 115cc matic yamaha karena faktor persingungan yang tidak sempurna antara housing dan kampas gandanya(centrifugal clutch) pada saat putaran langsam dan kinerja open clutchnya saat akselerasi awal,serta penentuan putaran langsam yang terlalu tinggi yang menyebabkan terasa getar juga saat stasioner.
          coba anda manipulasi di sistem ISC agar putaran langsam berada di range 1300RPM-1400RPm.maka getaran saat stasioner akan berkurang bahkan hilang,
          sedikit bocoran,saat anda memanipulasi sistem ISC,ECU tidak akan menampilkan kode kerusakan baik karena terbaca terlalu rendah atau terlalu tinggi.bahkan ketika anda lepas plunger yg di gerakan dinamo/rotor ISC,ECU tidak akan mampu membaca nya putaran langsam terlalu rendah atau terlalu tinggi.bahkan anda potong selang AIR PASSAGE pun.ECU tetap akan termanipulsi.

    • ahhh yang benar???6 bulan ganti aki 3x????
      yang salah produk apa analisa mekaniknya????
      kasus penggantian aki punya beberapa faktor antara lain:
      1.kualitas aki itu sendiri
      2.beban berlebih
      3.sistem pengisian yang bermasalah(stator dan atau regulator.
      4,cara konsumen memakai motornya(menggantung tuas rem)

      jika kualitas aki bagus dan beban juga normal,maka kerusakan terjadi di sistem pengisian pada kasus matic Fi series 115cc yamaha.jika kita analisa sistem pengisiannya pada RPM3000 sebesar 14volt koma sekian.berapa kapasitas tampung voltage aki????maksimal hanya 14volt.ketika tegangan pengisian melebihi batas kapasitas maksimal aki,maka aki akan mengalami over pressure akibat reaksi panas oleh cairan yg ada di dalamnya.untuk mengatasi ini saya terapkan kapasitor bank dari condensator electrolit dengan nilai sekian mikro dan sekian volt.tujuannya agar pengisian yang berlebih tertampung oleh kapasitor tersebut serta untuk memanipulsi sistem pengisiannya.

  129. klo boleh menambah pengetahuan buat teman2 semua… klo yg ngerasa gredek2 itu cb saat dibongkar cvtnya … mekani suruh cek apakah sil dibelakang rumah roller yg menempel di as bandul bocor ato tidak…
    karena pengalaman teman yg punya soul GT rata2 sudah diganti…
    sil ini fungsinya menahan supaya oli mesin gak msk ke daerah CVT…
    tp karena ada kebocoran sedikit demi sedikit hasilnya oli merembes sampai kanpas kopling/ ganda… itu yg menyebabkan kampat gak gigit sama mangkoknya alias licin dan menghasilkan getaran2 itu…
    thanks… just for sharing…

  130. Cb cek didalam kampas ganda..itu kan ada per-nya..nah dibawah per itu ada komponen yg perlu diksh pelumas atau stamped. .greg atau getaranya cm gara2 pelumasnya kering jg besi sma besi gesekan.(ini baru tau setelah ke bengkel langganan di pinggir jalan) roler sama kampas ganda gak ada hubungannya..montir di bengkel resmi gak ngerti sampai bolak balik 5x lbh boss..smoga membantu

  131. sekedar sharing Soul GT, yg saya temuin di motor saya, pemakaian 1 tahun 4 bulan:

    1. lampu depan cepet putus
    2. aki soak baru 7 bln
    3. ban depan tidak presisi (agak miring), akibatnya boros kampas rem & makan cakram
    4. kecepatan maks. 80-85 km/jam

    yg sudah diatasi:
    1. lampu depan ganti merek philips n kalo siang pindahin ke lampu jauh.
    2. ganti aki baru
    3. ke 3 bengkel (salah satunya BeRes) bilang segitiganya mesti dipress.(tidak saya lakukan, masa mtr belum staun kena segitiganya, ga pernah jatuh or tabrakan). ternyata dua bulan lalu cek ke bengkel deket kantor ternyata laher depannya yg kena, jadi skalian ganti sama cakram,
    eh tadi pagi laher kena lagi (apa gara2 jalan rusak?)
    4. ganti van belt n roler original, top speed 90-100km/jam

    alhamdulillah CVT ane bae2 aja

    catatan:
    kata montir ane, untuk roler n van belt mesti dicek 6 bulan skali, sekalian cek CVT pelumasnya kering/kotor apa ngga.

    bensin baru sebulan ini ane pake pertamax, lumayan buat tarikan mesin.

  132. effortlessly such as your web page and you must examine the particular spelling on some of your content. A few of them are filled having punctuational challenges and that i still find it quite problematic to express to the fact in contrast I’m going to absolutely keep coming back once again.

  133. Yamaha Soul GT PRODUK SAMPAH , gw beli pake duit bukan dapet minta tapi kenapa yamaha ngasih gw sampah bikin kepala gw pusing

  134. Saya punya motor Mio J-ten , baru dipake 1 tahun 3 bulan, belum nyampe 1tahun udah ganti, sering mati mendadak gatau sebabnya apa, pernah dicek ke bengkel bukan resmi yamaha katanya kompresornya ilang atau apalah itu saya ga ngerti mekanik, terus dibagusin abis itu bisa nyala lgi deh, terus sering getar2 juga kalo dikecepatan rendah, apalagi kalo melewati polisi tidur tambah parah getarnya, terus akhir2 ini bunyi motornya banyak bnget kya ada suara 1 suara 2 gtu, stelah saya ke bengkel katanya panbol atau apalah patah jdi harus diganti yg letaknya didalam engkol ituloh, terus pas di start lgi masih ada bunyi2an tadi, setelah dibuka bagian mesin sambil ngucap Astagfirullah si abg tukang bengkel bilang, pernah ganti busi ya dek, dmana? Ini besi di businya jebol/dol gitu jadi harus bongkar mesin, tpi blm saya lakukan, nah stelah diganti panbol atau apalah itu tadi, motor saya tarikannya jadi berat, berasa bnget beratnya. Saya ga tau lg deh itu motor diapain, bingung saya, kmren itu ngambil mio j-ten krna body luarnya keren gatau dalemnya kya onoh, jdi males sama yamaha. Yg tau masalah motor saya kasih solusi yaaa

  135. Saya juga mengalami hal yang sama saya membeli gt 125 bulan ini dan saya agak terkejut ketika pertama kali mengendarai nya yang saya rasakan getaranya agak kuat menurut saya bahkan dari dealer sampai ke rumah yang jaraknya kira-kira 20km saya merasakan tangan saya kesemutan bahkan getaranya sampai ke kaki yang saya herankan motor dengan begini canggihnya dengan harga yang begitu mahal 16 juta lebih sedikit kok rasanya seperti ini kalau dari segi kenyamanan bila di banding dengan honda spacy jauh ketinggalan gt 125 ini karena saya juga punya honda spacy itu

  136. Sama ya motor soul gt sy jg bergetar klo dinyalain..udah diganti rooler..rumahnya sama kampas ganda tp gak lama rusak lagi.. payah bgt…nyesel beli soul gt…rusak mulu gak jelas…mending beli vario techno aja tar klo soul gtnya laku dijual..payah2 yamaha gak lg2 deh

  137. Yamaha kualitas part boleh di bilang ok.tapi desain kerja sistem cvt nya kurang mantap.kayaknya g belajar ya dr kasus” d mio karbu mereka.

  138. ya itu motor agan sista sekalian saya juga pake SGT,,,
    tapi Alhamdulillah baik – baik aja…

    wajar lah ada kesalahan teknis
    jangankan motor, manusia ciptaan tuhan aja gak ada yang sempurna,,, tetep aja banyak kekurangan dan kelebihannya…
    pasti product lain juga sama ada kekurangan dan kelebihannyanya..
    saya menyarankan untuk di jual saja dan elus dada karena mungkin tidak ada solusinya..

    kalo difikir secara logika ya seperti itu. tapi pendapat orang berbeda, solusi terbaik…jual saja..ganti yang baru..mungkin sedikit mengurangi rasa kekecewaan.. thnks

  139. Oooo gtu ya yamaha, padahal saya berencana mau beli gt125 eagle eye, klo produk yamaha kayak gtu jd takut beli produk nya, terimakasih atas pencerahan nya

  140. Halo.. Ikut nimbrung ah. Saya juga pake SoulGT dari baru bulan April 2014. Gejala getar di tarikan bawah/bukaan gas pertama saya alami mulai KM 8000-an. Apalagi kalau lalin macet, nggak nyaman banget getarnya sampai setir. Ditambah sok depan belakang keras kayak batu. Belakangan sok belakang saya ganti pake punya Beat, yang depan olinya saya kurangin setengah. Tapi tetap berasa keras sih. Anyway, secepatnya saya ke Beres ah buat nanganin penyakit getar tersebut.

  141. ikutan yah, saya juga konsumen mio soul gt bayangkan jika habis diganti spare part dalam waktu singkat kembali lagi mulanya saya fikir hanya kerusakan kecil saja ternyata menjadi rentetan yang tak sembuh2 wuih, mungkin kita harus ganti motor aja atau yamaha mau berbaik hati nyarikan solusi bukan hanya dian kok konsumen dijadikan tumbal percobaan. beli spare spare penggantian bisa bakalan ganti motor baru neh,..apes slah pilih saya

  142. GETARAN KERAS CVT PADA MIO GT DAN MIO J….SUSPENSI KERAS…??? Halo… Rerkan2 smua yg memakai mtor matick jenis mio j dan mio gt perlu untuk di ketahui bahwa pd inovasi mesin genetrasi terbaru mio memang yamaha melakukan inovasi sistem starting awal pada sistem CVT yg berfungsi sebagai pembawa beban berat ketita motor akan start/mulai berjalan setelah berhenti dan pd saat motor membawa bobot 200kg atau setara berboncengan 2 orang… Inovasi ini bertujuan mengurangi selip pd sistem automatick kupling ketika motor starting/mulai berjalan setalah berhenti namun pada perjalanannya ternyata inovasi sistem CVT ini menyebapkan getaran yg keras pada mesin dan bodi motor terutama saat starting 10km–20km/jm walaupun inovasi ini lumayan berhasil mengurangi selip pd automatis ganda jika di bandingkan mio generasi pertama… inovasi ini mungkin pihak yamaha masih harus di sempurnakan lagi untuk menghilangkan getaran ini… Untuk masalah suspensi keras…!!! saya pikir karna jalanan di indonesia mayoritas RUSAK BERAT apalagi jakarta, mungkin bagusan suspensi keras atau suspensi motor tril/croser sekalian, klo di bikin suspensi empuk juga umurnya cuma 1 thn selanjutnya JEBOOOLLLLL apalagi sering boncengan, Jalananan jakarta suspensi empuk motor baru gak mempannnn…!!! Jebol abis bro….

  143. Agan yang komplian
    Kalian tenang aja, saya juga punya soul gt dan punya masalah yang PERSIS SAMA yang kaya agan alami
    Sebaiknya selanjutnya jangan beli produk yamaha ya, pindah merek lain aja

  144. Saya berikan solusi kepada anda yg memakai mios soul gt,karena saya juga penunggang Yamaha soul gt + mekanik bengkel SPM di Bandung,Ganti rumah loler soul gt anda dengan rumah loler mio karbu 1 set saja, terus masalah putaran mesin yg bunyi nya treek-treek itu karena si putaran kurang konstan ganti kruk as nya dgn mio karbu al hasil di jamin ga ada keluhan,selamat mencoba dan silahkan di coba trima kasih… 082115282288 kalo kurang jelas silahkan hub saya…

  145. Saya bru saja membeli mio soul gt 2015 bln juli tp udh ngrasa ada yg bermasalah pd motor saya baru km 140 km udah ada bunyi suara ciiiitt ciiiiit kayak bunyi curuut,ini apanya yah ms bro? Mohon infonyaa agak nyesel beli motor ini setelah bnyak juga yg komplain pd mtor merk yamaha yg satu ini,mohon solusi nya yah padahal msh kredit 3th 🙁

  146. emang..yamaha maticnya payah…kita beli pakai duit bkn daun kelor..dikasih barang yg bermutu sperti kwalitas mocin, katanya mekaniknya saja mengakui klo yamaha itu kelas menengah kebawah.. ya bener sih..barangnya kwalitas kebawah..sdh kapok beli yamaha amit2 dech mending beli barang yg sdh ketahuan jago awet, bandel harga jualnya ok..mio m3 saya baru 5700 km sdh jebol gardan nya..ganti ini itulah…setau sy km segitu merk lain msh mantep mak nyuss..mana mekanic dikasih keluhan jawabannya ketusss menyakitkan telinga.. ini tanda barang dan sdm nya ga bermutu sdh jelas…kapok merk yamaha…

  147. Alhamdulillah untung ane ga jadi beli soul gt.. sempet naksir tp akhirnya beli honda beat.. aluussss!!

  148. lalu kenapa kalo pas mau jalan angkatan pertamanya selalu ada getaran, umpanyanya setelah berhenti di lampu merah pas gas ditarik kaya ngeberebet atau getar d cvt nya

  149. Kenapa saya baru baca ini setelah saya beli mio m3 … mengecewakan dan mirisnya mekanik yg saya komplain jawabannya persis jawaban komen yg ada diatas

  150. tapi yg buat mio soul gt/mio j ya belinya..
    jngan beli merek lain..
    soalnya mio j sm soul gt sm komponen” mesinnya..
    cuma beda bodi aja..

    alhamdulilah.
    stelah saya ganti per cvt sm rollernya mio soul gt saya hda msalah” lagi..
    gak ada getaran n tarikan pun okee ????

  151. milih motor itu seperti cari jodoh, bila sudah memilih maka manfaatkan dan rawat sebaik-baiknya, bila tidak cocok bisa ditukar tambah.. hihihi
    Namun bagi cowo setia & die harder.. sekali milih dia akan mempertahankan dan merawat sebaik-baiknya…
    Dengan merawat motornya dengan baik, maka lama-lama akan semakin tahu apa kekurangannya, dan mungkin akan bisa mengatasi masalahnya…
    Untuk kasus di atas saya juga mengalaminya, saya beli mio soul lama (2009) bekas, soalnya harga untuk tahun yang sama harga bekas vario selisih sampai hampir 1,5 jutaan.
    karena motor bekas, maka saya siapkan dana untuk beli roler, belt dan kampas kopling (punya honda beat), terus oli mesin dan gardan saya ganti baru… pertama-tama aman2 saja, lalu muncul penyakitnya saat awal tarikan (masih pelan) seluruh body bergetar.. trus saya klaim ke bengkel resmi (soalnya masih garansi servis).. dibuka cvtnya, chek rumah roler dan cvt bagian belakang, ternyata mekanik yang dulu lupa ngasih grease ke pin sheaver (pokoke itu namanya).. kondisinya kering kerontang.. trus dikasih grease dan diganti seal dan o ringnya .. langsung ditest drive ama mekaniknya..
    alhamdulillah penyakitnya sembuh sampai sekarang…
    emang kadang lebih enak kalo servis di bengkel yang agak sepi.. sehingga tertangani dengan lebih teliti, kalo di bengkel yang ramai kadang mekaniknya keliatan tergesa-gesa kejar target… itu pengalaman saya…
    nb. saya bukan FB.. di rumah ada 4 merk motor H, Y, S, n K…
    soal kekekurangannya kalo diakrabi lama-lama pasti akan bisa teratasi… sekiann

  152. saya beli soul gt 2012 bulan november penyakitnya sama di kecepatan 60 km/j getaran terasa di cvt udah ganti semua puly belakang kampas kopling gandan baru terep getar payah nich produk yamaha soul gt sampe pusing nga nyaman banget berkendara

Tinggalkan Balasan