proses mengubah sampah menjadi bahan bakar solar

malam gan

setelah ane kemaren cerita ngalor ngidul ngetan ngulon munggah medun soal sampah jadi solar disini

UGM gandeng Jepang ubah sampah menjadi campuran solar

walau hasilnya nggak bisa langsung dipakai pengganti solar sih, tyapi ya mayan lah

sekarang, mari kita buka prosesnya, infonya tetep dari detik, dengan beberapa tambahan komentar lah


monggo disimak

1. Semua Jenis limbah plastik
Dalam membuat minyak campuran untuk bahan bakar diesel rupanya tidak perlu memilih jenis plastik apa untuk mendapatkan campuran diesel terbaik.
Soalnya mesin hasil ciptaan UGM bersama Tokyo Institute of Technology, Jepang bisa melahap seluruh jenis sampah plastik.

plastik kresek, plastik ember, plastik body part, pokoknya segala jenis plastik yang telah jadi sampah, wew

2. Proses Pirolisis
Setelah mendapatkan limbah sampah, sampah plasik dimasukkan ke dalam mesin pirolisis. Pirolisis sendiri merupakan proses dekomposisi kimia suatu bahan untuk menghasilkan hidrokarbon melalui pemanasan suhu tinggi dengan sedikit oksigen.

pemanasan suhu tinggi di beri sedikit oksigen, ini pertanyaannya, menaikkan suhu pake apa, pake energi apa, seberapa banyak, jangan sampai energi yang digunakan untuk mengolah sampah jadi minya ini malah lebih boros daripada campuran solar yang dihasilken

3. Sampah dipanaskan
Setelah sampah masuk ke dalam mesin, selanjutnya sampah akan dipanaskan hingga meleleh.

sampah dipanaskan kembali hingga leleh, point 2 lagi, dipanasin pake energi apa nih πŸ˜€

4. Dijadikan gas terlebih dahulu
Saat limbah sampah dipanaskan hingga meleleh, maka sampah plastik ini akan menghasilkan gas.

limbah jadi gas, ya ya aya, manggut2

5. Dikondensasi menjadi minyak
Setelah sampah plastik menjadi gas, gas itu diembunkan melalui proses kondensasi. Sehingga bisa menghasilkan minyak yang bisa menjadi campuran bahan bakar diesel.

pelajaran SD kalau ga SMP, gas panas di embunkan dengan prosesn kondensasi, jadi deh campuran minyak solar πŸ˜€

GIGO jadi GISO aka Garbage IN campuran buat Solar Out πŸ˜€

sampah jadi solar

ingat, plastik terbuat dari minyaak bumi yak πŸ˜€ pantes, minyak bumi jadi plastik, dan sebaliknya plastik jadi minyaak bumi walau dengan proses yang macam2

semoga berguna

semangat peneliti indonesia

ane neliti megison lho πŸ˜€

met bobo gan

48 KOMENTAR

  1. biarpun biayamya lumayan tapi kan lumayan bs mengurangi tumpukan sampah plastik yg jarang bs melebur dngan tanah

  2. Mas ipan bisa buat artikel tentang mobil ngak?,kan sekarang persaingan low MPV panas banget bagus tuh buat di jadiin artikel

  3. bodi bekas supra dijamin bakal banyak yg nyari, bukan apa-apa, soalnya pemilik supra paling sering gonta-ganti bodi yg getar wkwk.
    bakaaarrrrr

  4. Pertanyaan utama, energi yang digunakan untuk proses tersebut pakai apa? Jangan sampai biaya proses tersebut lebih mahal dari hasilnya.

  5. pertanyaan lebih utama,itu nanti masih ada limbahnya ga?
    Apa murni semua sampah jadi solar?
    Kalo masalah pake energi apa sih ga masalah lebih boros. Karna menurutku ini lebih ke pembersihan lingkungan. maklum,sampah itu keliatannya sepele tapi proses peleburannya dengan tanah aja bisa sampe puluhan tahun bahkan lebih…

  6. GOOD Research but,
    oil is too be expensive to be burn….
    drpd plastik diubah manjadi BBM (tentunya perlu energi banyak, coz perlu pemanasan berulang), mending dikonversi ke produk lain, misal daur ulang yg menghasilkan nilai produk jauh lbh tinggi,
    misal 1 kg plastik kalo dikonversi mjd BBM jadi 1ltr (efisiensi 100%= mustahil) harganya cm 4500/ltr. lha kalo plastik ini didaur ulang jd Misal
    1. spakbor motor, kira2 ya bobot 1kg, harga?… bs 100rb…!!!
    2. Mulsa plastik bt tanaman palawija, harga? 25 rb/kg!!!
    prosesnya jauh lbh simpel….

    sekedar perbandingan aja….

  7. Dengan menggunakan prinsip pirolisis dimana sampah plastik dipanaskan pada suhu sekitar 500Β°C sehingga fasenya akan berubah menjadi gas dan kemudian akan terjadi proses perengkahan (cracking). Setelah itu didinginkan kembali dan bisa mendapatkan bahan bakar cair setara dengan bensin dan solar.

  8. Gan,. ane mau tanya. Meurut agan, ini lebih efisian gak dari segi biaya nya utk pembuatan ini? Kok ane ragu ya, kayaknya butuh dana yang gede banget utk pembuatan bbm ini…

Tinggalkan Balasan