UGM gandeng Jepang ubah sampah menjadi campuran solar

malam gan

dahulu kala, detik bikin artikel sampah menjadi bahan bakar

alat pengubah sampah plastik menjadi bahan bakar ?

kini UGM gandeng jepang untuk ubah sampah jadi bahan bakar solar untuk diesel walau nggak 100 persen bisa langsung digunakan

Teknologi untuk mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM) ini dikembangkan oleh Jurusan Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta bekerjasama dengan Tokyo Institute of Technology, Jepang.

namun, minyak hasil konversi dari sampah ini tidak bisa langsung digunakan pada mesin diesel

Namun minyak dari hasil konversi ini tidak bisa langsung dipakai sebagai bahan bakar seutuhnya. Harus dicampur dulu dengan bahan bakar diesel.
"Minyak ini tidak bisa langsung dimasukan ke mesin (kendaraan diesel), Karena semua settingan mesin akan berubah, misalnya dari pengapiannya dan lain-lain," terang Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Profesor Harwin Saptoadi kepada detikOto.
Jika minyak hasil konversi sampah ini digunakan tanpa dicampur bahan bakar diesel, maka hal ini bisa merusak mesin kendaraan.
"Jadi harus dicampur dengan diesel, tapi yang penting bisa menghemat penggunaan bahan bakar diesel. Dan caranya juga sangat mudah, cukup dengan memasukkan minyak ke dalam tangki kendaraan diesel saja. Habis itu jalan seperti biasa," ujarnya.

ya seperti suplemen lah

"Tapi yang pasti ini bisa lebih menghemat penggunaan bahan diesel. Penggunaannya misalnya minyaknya 10 persen, solarnya 90 persen. Jadi lumayan bisa menghemat penggunaan solar," tambahnya.

konsumsi 1000 liter solar jadi cukup 900 solar, 100 liternya ya hasil konversi ini

rencananya sih alat ini akan di kembangkan untuk TPA ( tempat pembuangan akhir ) guna efisiensi dari sampah ke bahan bakar …. du daerah Yogyakarta

 

kapan versi masalnya, mayan lah

 

mungkin pemirsa lebih paham, bentuk alat, proses yang kimia banget πŸ˜€

semoga tidak hampa seperti pembangkit listrik tenaga hampa yang semakin hampa hingga sekarang πŸ˜€

PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA HAMPA [ PLTH ]? benarkah?

semoga berguna

met bobo gan,

siap2 rapel komentar 1 jam di warnet je πŸ˜€

pertamax7.com on google

41 KOMENTAR

  1. harus diperhitungkan juga banyaknya energi/ biaya yg dipake utk mengkonversi sampah jadi minyak per liternya, klo lebih banyak energi/ biaya yg terbuang, ya sama juga bo’ong, boros dua kali lipat doonk…:)

Tinggalkan Balasan