terapkan RFID untuk batasi BBM bersubsidi untuk motor 0,7 liter dan mobil 3 liter per hari, berhasilkah

malam gan

berita yang mengejutkan tadi siang, di share di FB, di grup2 motor dan lain2

Jakarta – Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo mengungkapkan pemerintah juga akan melakukan pembatasan BBM subsidi ketika semua kendaraan sudah terpasang RFID. Nantinya seperti sepeda motor dibatasi 0,7 liter per hari, mobil 3-5 liter per hari.

lanjut

"Berdasarkan kebutuhan itu, sepeda motor kan kita-kita 0,7 liter per hari, jadi kalau satu minggu ya kira-kira kalikan saja (4,9 liter) maksimalnya," ungkap Susilo ketika ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jumat (10/5/2013).
Sedangkan untuk kendaraan roda empat (mobil) angkutan dalam sehari konsumsinya sekitar 2,7 liter-3 liter per hari.
"Angkutan pribadi itu sudah saya hitung kira-kira, mobil itu kira-kira 2,7 liter-3 liter per hari, jadi kalau dikali seminggu (antara 18,9 liter sampai 21 liter)," ucapnya

gunakan teknologi RFID guna membatasi pembelian BBM buat kendaraan bermotor

Jakarta – Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo mengungkapkan PT Pertamina dan PT INTI akan melakukan pemasangan alat RFID (Radio Frequency Identification) untuk 100 juta kendaraan roda dua dan empat. Nantinya setelah RFID dipasang pembelian BBM subsidi bakal dibatasi.
"Juli ini Pertamina dan PT INTI akan mulai melakukan pemasangan RFID di kendaraan begitu dipasang itu sekaligus juga dimanfaatin terutama BBM subsidi harus sampai ke sasaran dari Depo ke SPBU," ujar Susilo ketika ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jumat (10/5/2013).

jadi untuk pembelian bahan bakar subsidi ( premium, solar )

maksimal

  • motor 0,7 liter / day atau sekitar 4,9 liter seminggu
  • mobil sampai dengan 3 liter ( belum jelas, maks 3 liter atau 5 liter ) / hari atau sekitar 21 sampe 35 liter perminggu

berhassilkah, atau bikin kerusuhan baru atau bakal jadi DAGELAN terbaru, simak saja

SIMAK PIYE OM !!!!! kita2 kan jadi KORBAN dan PERCOBAAN, ngantuk ente

iya ya, ane juga ikut berarti, lah megison jarang ane pake, ane jalan kaki kesana kesini atau naik ontel, tapi kalau mudik 140 KM mana cukup 0,7 liter>? campur dorong ane jadi doyong ๐Ÿ™

eits, pembatasan ini hanya untuk BBM bersubsidi, kalau untuk BBM NON subsidi ( PERTAMAX, PERTAMAX PLUS, PERTAMAX7, DEX ) silakan beli sejebolnya dompet

  • jadi kalau mudik beli pertamax? gimana nasib uang saku buat makan nih, galau galau

Ditegaskan Susilo, pembatasan itu hanya untuk BBM subsidi kalau BBM non subsidi tidak ada pembatasan, ini dilakukan agar tidak ada BBM subsidi yang disalahgunakan.

untuk motor2 mhal dan mobil2 sih ga masalah, masak ga kuat beli non subsidid

lah kalau motor2 kecil kayak megison, kompresi kecil biasanya premium, wah ikiโ€ฆโ€ฆ

met bobo gan,

semoga berguna, berita ini bukan untuk menambah keresahan, ane kan juga ikut resah dan gelisah .mp3

249 KOMENTAR

  1. ya bagus lah yg namanya subsidi ya harus terbatas…klo kurang dari jatah yg diberikan tinggal beli pertamax atau premium dengan harga sebenarnya…!!!

  2. sekalian aja dibuat aturan tangki bensin motor max 1 ltr dan tangki mobil max 4 liter…… konyol

  3. mksdnya gmn nih.?
    Sistem Quota perminggu.
    Jd beli seminggu maksimal 4,9 liter,, terserah mau berapa kali ke spbu bisa 1x langsung 4,9L atau 5x tp 1L..
    Kl gt sih sbenernya bisa aja..

  4. masalahnya ini sistem jatah dihitung perminggu, perbulan ata pertahun?
    Kalau perminggu dijatah 4,9liter, perbulan 21 liter..
    Misalkan FC motor 40km/liter,, sebulan bisa nempuh 820km..
    Yg lbh dr 820km sisanya “diharuskan” pk non subsidi..

    Cmiiw

  5. wahh klo gini sih, mnding tuku bbm sing teko daur ulang kantong plastik kae pan.. ron 99 hehe

  6. Wah gara2 ini nih kayanya anggaran gue tadi pagi disunat 15 milyar….ini negara emang milih ngasi ikan dari pada ngasih kail…..

  7. Jika benar direalisasikan tentang pembatasan sistem ini,maka dipastikan akan banyak korban perampokan/pembegalan motor dijalan untuk dikuras bensinnya.

  8. Ide bagus tuh biar 4L4Y” yg doyan seruntulan gak banyak macem” dijalan, sekaligus biar belajar hemat bbm, yang namanya orang indonesia itu gak pernah puas dan kebanyakan mikirin urusan perut sendiri, silahkan check aja siapa yg memakai bbm subsidi apakah bener” orang yg tidak mampu.??

  9. Ohh iya mas, sy fikir kalo tidak gitu yah qt bakalan selalu ngeluh krn kekurangan terus.. Jadi yah harus bisa cari tambahan.. Wkwkwkw.. Jadiin megison buat modal usaha ^_^V

  10. wah lha edan meneh iki.. kerjo kelilingan sedino entek 2 liter.. mosok harus beli BBM non-subsidi? Untung nya jg gak seberapa..
    sompretttt… kasus tenan…

  11. Di batesin harga subsidi 4500 gan sisanya bayar 6500 ato 7000 perliter kayanya

    Lha kalo mudik gampang lah beli bensin nabung motor ente kan tangki gede

  12. mau pakai secanggih apapun teknologinya RFID kah atau apa aja. Yang jelas dampak nya harga kebutuhan pokok akan naik.. sementara penghasilan tetap.. itu yang jadi masalah.. semoga cepet tahun 2014. ndang ganti pemerintah dan ganti menteri ESDM dan wakilnya.. kok saiki enek wakil menteri barang,,, nambah2i anggaran negara..

    • kenaikan bbm selalu diiringi inflasi.. Jelas..
      Cm masalahnya,, siapa yg mau bayar defisit APBN.? Siapa yg mau bikin transportasi masal.? Siapa yg mau biayain subsidi anak sekolah.?

      “penghasilan tetap”.? Serius mas? Dr thn. 2009 penghasilan mas tetap?
      Kl daerah saya sih pnghasilan buruhpun naik hmpir 50% dr 2009..

      Terakhir,, mas yakin bila sudah ganti pemerintah dan mentrinya tdk akan menaikan harga bbm.?

    • Masalahnya jg 1 mas… Bat subsidi BBM aja jg dah pake duit utangan. Jadi ya pemerintahan sekarang cuma ninggalin masalah aja bat pemerintahan berikutnya.
      Dan pemerintah selanjutnya yakin bakal nambahin masalah selain masalah dari pemerintah terdahulu yg blm kelar….
      Dan kita (rakyat) selalu jadi korban…

      • nah itu pointnya,, msh mau meneruskan utang buat konsumsi premium.?

        justru calon pemimpin2 th. 2014 itu menginginkan harga BBM naik di periode skarang,, shg pd waktu mereka menjabat tdk dbenci masyarakat karna menaikan harga BBM, krna yg jd sasaran ya pemerintahan skrg..

        soal utang saya sih ga masalah tinggal brapa banyak dan digunakan untuk apa.. coba sebutin negara besar mana yg tdk punya utang.?
        kl melihat data ekonomi,, rasio hutang indo jauh menurun dbnding PDBnya,,artinya ekonomi indonesia dlm jalur positif.. ok mgkin terlalu jauh kalau mau dibahas..

        pointnya utang untuk konsumsi BBM.? No..
        utang untuk kebutuhan jngka panjang.? Yes..

      • Waduh ribet, berarti tetap terbatas untuk rakyat miskin, hanya saja kalau slang baru bekerja saat bertemu dgn alat tsb berarti pemerintah jangan memasang alat tersebut pada kendaraan yang tidak berhak menerima subsidi misal kendaraan mewah. Dan batasan volume per hari ditinjau ulang untuk setiap kendaraan tidak sama misal angkot berbeda dgn kendaraan lain.

        • mmg ribet mas, disamaratakan pakai alat saja ribet, apalagi ada yg pkai ada yg ngak. ๐Ÿ˜€
          pengelompokan antara kendaraan layak subsidi dan tidak nya itu mas yg ribet,,
          contoh kecil,, ada orang kaya yg punya mio dan orang kecil yg punya vixion datang mmbeli bensin di spbu,
          motor mana yg harus pakai pertamax.?

          untuk quota kendaraan yg dipakai untuk niaga atau angkutan umum,, sya setuju untuk dibedakan dr pribadi,, tp tetap harus dibatasi,, karna ini rawan penyimpangan bensin yg dibeli tanpa batas oleh angkot misalnya dijual lagi ke kendaraan pribadi..

  13. pembatasannya sadis benerrrr, emang jarak rumah ke kantor deket apa? gmn yg rumah di depok/bekasi/skitarnya trus kerja di jakarta, blom kondisi jalan macet jg mempengaruhi konsumsi bbm, blom lagi karyawan yg kerja lapangan yg harus wara wiri, cukup apa bbm sgitu? beli pertamax??? ente duitnya banyak bung.. gmn buruh yg pendapatannya 2 jt an perbulan ( GP + insentif ), cukup duit sgitu buat sekeluarga?? kl mau bikin keputusan yg lebih logis dong.

  14. kebijakan yg aneh bin blunder, kalo perhari cuma boleh beli 0,7 liter bakal sepanjang apa antriannya setiap hari??
    harusnya diropel aja per minggu atau bulan sekian liter, gitu lho…
    btw ane lebih setuju sama wacana yg terdahulu dengan pengurangan subsidi aja (harga premium naik) daripada dijatah kayak gini, yg kerjanya mondar-mandir kayak tukang sayur tekor dong musti make pertamax ๐Ÿ™

  15. gak adil pan . . !!
    gua krja yg hmpir menghabis kn 1,5 liter. . !!
    ini memiskinkan rakyat , bukah mensejahterahkn rakyat. .
    mesti nya hanya mtor yg ber CC 250 ke atas yg pke RFID , yg umum nya berpenghasilan di atas rata2. . .

    • ga terlalu ngaruh mas kalau hanya 250cc keatas..
      populasi motor lebih dari 95% itu 150cc kebawah..

      kendaraannya dipakai untuk niaga mas.?

      • sales motoris minimal 150km om… apalg di daerah2 luar jakarta yang notabene jauh kemana2… 150km perhari itu jarak dekat.

        adik ane jadi sales cross kota dari ciamis, banjar, banjarsari, lakbok. keliling kota. 150km itu minimal…

        0.7L untuk sales motoris itu jelas memberatkan. dan ujung tombak perusaha2an obat2 an dan lainnya juga bergantung pada sales2 motoris itu…

        ๐Ÿ˜‰

        • wkwk.. Lu peduli jg roy sama sales, trmasuk sales H kaga roy? Wkwk..

          Kl untuk niaga dan angkutan gw setuju beda quota sama pribadi tp ttp harus ada batas.. Sperti yg gw comment diatas.. Makanya gw tanya dia motornya buat niaga atau ngak..

          Plg ideal ya perusahaannya mnyediakan motor khusus.. Supaya ngak dicampur kepentingan pribadi..

  16. di oplos bang..
    :v
    pas mudik perhitungan oplosan di mainkan..
    ๐Ÿ˜€
    seandainya si megison tangki nya full 12lt..
    beli premium nya 10lt=>45rbu, trus di oplos sama pertamax 2lt=>20rbu..
    ntr 2lt selanjutnya, beli premium aja..
    hehhee..
    paling megison 1lt brpa kilo sih? 45 kah?
    ๐Ÿ˜€
    #plak~

    • sebenernya simple aja sih,, walaupun quota dibatas perminggu..

      sisa di tangki megison misalkan 3 liter.. trus si ipan beli waktu mudik 4,9 liter.. total 7,9 liter..

      kalau FC megison 40km/liter dikali 7,9 liter = 316 km..

      itu bisa dipakai PP si ipan yg cuma 280km..

      trus masalahnya dia dmn.? ๐Ÿ˜€
      yg agak susah itu yg tangki kecil.. tp masih banyak cara lah untuk ngakalinnya..

  17. wah kebijakan apa lagi nih…di kabupaten ane (luwu timur _ sulsel) blum ada spbu yg jual pertamax, spbu nya aja baru 5 biji itupun jarak tiap spbu 50 km, mana kalo sore biasa stok habis…la klo dibatasin bisa meleduk tu spbu.., trus yg ditempat terpencil harga premium pasti hargax naik 2x lipat klo terjadi kelangkaan…
    betapa susahnya hidup dinegeri ini…

  18. Kalo iya dibatasi cuma 0,7 liter.

    pas selesai beli, lempar korek api tank penyimpanan spbunya

    trus jalan santai ala chuck norris
    wkwkwk

  19. kenapa gx sekalian di batasi aja gaji n jalan2,a menteri n penghuni “rumah rakyat” (ngaku,a sih begitu)..
    ya boleh lah satu tahun sekali jalan2.. tapi pas lebaran aja yeeh.. ๐Ÿ˜€

  20. sangat tdk setuju sepmor dibatasi hanya 0,7 l/ hari jelas ini suatu kebijakan menyengsarakan rakyat dan mengikuti aturan liberalisasi perekonomian sementara penghasilan pns/ tni/ polri/ buruh dll tdk dilebarilisasi alias tdk mengikuti standar amerika, enak aja kalian pemerintah menaikkan bbm dan membatasinya mengikuti harga nymex new york internasional sementara pendapatan rkyat Indonesia tdk mengikuti negara amerika dimana sisi keadilan ekonomi disini………..?

  21. 0,7 liter? itu ESDM otak nya dimana ya?
    sales2 kasian donk… masa nyales naek onthel… keliling kota 150km perhari naek sepeda?

    adik ane jadi sales motoris, perhari bisa 150km… 0.7 liter ya gak sanggup atuh pak…

    yang dibatasin itu mobil seharusnya, motor paling ngisi 3L per 4 hari.

    ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

  22. pemerintah pinter banget ya nyari lahan buat korupsi…
    lahan lama udah tandus,, nyari lahan baru yg masih subur…

  23. CARI KIBEJIKAN JANGKA PANJANG DAN TERSTRUKTUR. JANGAN PERNAH MEMBATASI GERAK RAKYAT ATAU PENJABAT DI SIKAT

  24. klo prturan ky gt d terapin d tmpt ane…bs2 spbunya di bkar massa..lha wong bbm non kagak ada…

    # mas ipan..peraturan tu rencnya d terapin d semua wilayah indonesia atau yg hnya ada bbm nonsbsdinya?

  25. klo prturan ky gt d terapin d tmpt ane…bs2 spbunya di bkar massa..lha wong bbm non kagak ada…

    # mas ipan..peraturan tu rencnya d terapin d semua wilayah indonesia atau yg hnya ada bbm nonsbsdinya?

    .
    .

  26. @Blizzard. Pemda DKI pun bisa membagikan kartu sehat dan pintar untuk masyarakat miskin, harusnya pemerintah pusat dg dibantu pemda bisa menerapkan RFID untuk rakyat miskin saja, mungkin nantinya ada penyelewangan itu tugas yg berwenang menegakkan hukum. kalau kita bicara penyelewengan tidak sedikit oknum pejabat yg terlibat korupsi menggelapkan uang yg seharusnya untuk kepentingan dan kesejahteraan rakyat hingga Milyaran.

    • untuk skrg sistem di dki tdk bisa dsamakan dng daerah,, bahkan untuk dki pun msh ada yg mampu msh mndpatkan kartu, bgtupun sebaliknya.. Slain itu akan terjadi chaos saat penentuan siapa yg berhak dan tidak terutama dikalangan masyarakat menengah..

      Imho..Justru sistem baru harusnya bisa mengurangi potensi penyelewengan,
      bila ada perbedaan yg pkai dan tdk apa bedanya peraturan dng 2 harga.? Toh sma2 menciptakan peluang untuk disewengkan, dtmbh biaya untuk pengawasannya mahal..
      Dan gw rasa alasan “pejabatpun msh ada yg korupsi” tdk bisa dijadikan alasan untuk “menghalalkan” potensi penyelewengan..

      • Bener mas memang penyelewengan oknum pejabat bukan penghalalan atas penyelewengan rakyat, ini cuma pikiran dangkal saya saja karena miris dgn bnyk penyelewengan contoh yg paling terasa ya proyek jalan sepanjang tahun. hehe. sebenarnya Jika dgn alat ini apakah bbm subsidi pasti akan tepat sasaran, mungkin tidak ya karena orang kaya juga dapat alatnya, lalu fungsinya di mana? Apakah dgn alat ini bbm subsidi tidak akan naik harganya? Apakah ini salah satu ‘proyek’ pemerintah juga? hehe

        • untuk kasus korupsi pejabat saya jg setuju dan merasakan, mslhnya kalau untuk kasus besar sdh ada KPK yg berada djalur yg tepat dlm mmberantas korupsi, dan smoga lbh baik..
          hny untuk penyelewengan di tngkat masyarakat ini yg sulit, selain krna sulit dideteksi,jg sy kurang yakin dng aparat hukum yg menanganinya,. you know what i mean.. ๐Ÿ˜€

          blik lg ke alat ini..
          IMHO,, mngkin tujuan alat ini adalah untuk menghemat/membatasi penggunaan BBM.. shg APBN dpt dialihkan ke sektor lain..
          lalu kita lihat quotanya,, terlihat pemerintah memberikan jatah premium untuk +-30 km perhari.. (mngkn untuk niaga ada kebijakan lain)..

        • diferensiasi mmg jd dejavu buat pemerintah,, disisi lain rakyat kecil yg lbh membutuhkan, disisi lain kalangan atas tdk mau haknya dibedakan..
          oleh karena itu mgkn lbh baik
          untuk dibatasi penggunaannya. dan mungkin dng teknologi kemampuannya bisa diupgrade dimasa mendatang shga bisa lbh tepat sasaran..

          masalah markup,, saya rasa apapun proyeknya itu tergantung ke individunya bukan tujuan proyeknya..
          jngkan untuk bbm, lah untuk kitab suci saja msh ada yg markup..

          Saya tdk thu apakah ini akan diterapkan atau tdk,,
          hnya saya stuju pd wacana untuk membatasi penggunaan premium..

  27. Kenapa gak penjualan kendaraan bermotor aja yg dikendalikan? Kaya ambil SIM sesuai aturannya (biar nyaman jg dijalan raya), Kendaraan bermotor wajib asuransi, dll. Ini kaya bodohin rakyat bgt. pake alesan subsidi bat yg butuhin lagh. Ini sama aja mengekang HAM Rakyat kecil. Mo kemana2 dibatasin. Coba klo perusahaan ekspedisi kecil gmn?? kudu beli pertamax terus?? Wah alamat bangkrut perusahaanya.

  28. wkwk.. Lu peduli jg roy sama sales, trmasuk sales H kaga roy? Wkwk..

    Kl untuk niaga dan angkutan gw setuju beda quota sama pribadi tp ttp harus ada batas.. Sperti yg gw comment diatas.. Makanya gw tanya dia motornya buat niaga atau ngak..

    Plg ideal ya perusahaannya mnyediakan motor khusus.. Supaya ngak dicampur kepentingan pribadi..

  29. sing nang nduwur duwite dikorup……………….duit kanggo subsidi dadi kurang!! malah aneh-aneh……….iki karepe piye to?? sing rekoso koq bola-bali wong cilik!! PEMILU= Memilih senjata untuk bunuh diri!!

  30. solusi kebalik dari pemerintah yg otaknya juga kebalik….kenapa justru gak membatasi produksi kendaraan sembari menaikkan pajak kendaraan serta membenahi angkutan massal yg memadai dan terjangkau….entahlah

  31. Yang ada pengadaan RFIDnya jadi bahan obyekan korupsi Hewan Perwakilan Rakyat, eh Dewan maksude. Ah podo wae, wong sing korupsi yo kelakuane rak bedo karo hewan

  32. Motor 0,7liter sehari?
    lha lek aku arep mulih kosan-omah biasane entek 12literan PP,
    kudu nabung bensin pirang minggu sek kae :hammer

  33. If you searching for a brand-new insurance policy for your APV
    then youโ€™ve come to the right place. Within secondshours|minutes you can compare and buy vehicle insurance which is tailored to the cover you
    want, by simply filling in one easy form – it could be up to USD$305

    Auto insurance are insurance purchased for automobiles, trucks,
    motorcycles, and other road vehicles. Its primary use is to provide financial guard against physical damage and/or
    bodily injury resulting from traffic collisions
    and against liability that could also arise from it.
    The specific terms of Vehicle insurance vary with legal justice systems in each state.
    To a lesser degree car insurance may additionally offer
    financial insurance against steal of the auto and possibly damage to the vehicle, sustained
    from things other than traffic crashes.

    THE heavy cost of motor insurance has for decades been
    the scourge of the average motorist. But in recent months a aura
    of fairness has crept into the equation as revolutions happens.

    Depending on the federal rules, the insurance
    premium can be either mandated by the federal or determined by the insurance body, in accordance with a framework of regulations set by
    the government.

    Real customers usually have to carry the cost of fraud, according to statistics released by the Association of European Insurance Body
    on normal form, a staggering USD$305 of each yearly motor insurance
    premium goes towards the cost of insurance fraud. That’s USD$305 of your premium.

    Where we uncover evidence of fraud we will declare the policy void from the time the fraudulent act took place. This means we will treat the policy as never having been in force and may result that you are not covered in the event of a claim.

    We will also share our data for fraud prevention purposes and this will include wider financial services industry, such as banks and building societies. We don’t believe in allowing insurance fraudsters to hide and continue their dishonest activities.

  34. I think what you published was actually very reasonable.
    However, think about this, suppose you typed a catchier title?
    I ain’t suggesting your information isn’t good, however suppose you added something that grabbed a person’s attention? I mean terapkan RFID untuk batasi BBM bersubsidi untuk motor 0,7 liter dan mobil 3 liter per hari, berhasilkah | PERTAMAX7.com tapi belinya cukup premium ^_^ is a little vanilla. You ought to peek at Yahoo’s home page and
    note how they write news headlines to get people interested.
    You might try adding a video or a pic or two to get people excited about
    what you’ve written. Just my opinion, it could make your website a little bit more interesting.

  35. I always spent my half an hour to read this weblog’s articles all the time along with a cup of coffee.

  36. I absolutely love your blog and find nearly all of your post’s to be what precisely I’m looking for.
    Would you offer guest writers to write content available for you?
    I wouldn’t mind writing a post or elaborating on most of the subjects you write with regards to here. Again, awesome weblog!

  37. Just wish to say your article is as surprising. The clearness in your post is just spectacular and i can assume you
    are an expert on this subject. Fine with your permission let me to grab your feed to keep
    up to date with forthcoming post. Thanks a million and please continue the gratifying work.

  38. Thanks a bunch for sharing this with all folks you actually know
    what you’re speaking about! Bookmarked. Please also talk over with my web site =).
    We may have a link trade agreement between us

  39. ntu 0.7liter/hari hrs diisi tiap hari atau bole di akumulasikan per minggu yah ?
    kalo per tiap ari ya mabok antrinya… -_-

  40. wah ini…

    itu buat motor/mobil khusus? mungkin yg motor 20jt+++ ma mobil 70jt++?

    hayo ngojek sempal tenehan…

    wong 2km tarif e 6rb e

    ngangkot soyo larang 5rb pelajar 8rb umum
    hahahah

  41. yakin seyakin yakinnya ini konsep ga bakal jadi.
    pemerintah kita itu labil, mudah berubah2 konsepnya.

  42. Bagus lah, beli motor or mobil yang jutaan sanggup, masa beli pertamax ngak sanggup…., kalo ngak sanggup naik sepeda aja …….

  43. Orang kaya indonesia tuh kelakuanya aneh…..punya mobil sampe 5 bahkan lebih ,tapi masih pake bbm jatah buat orang ke
    cil….tu kan sama aja dia maling…..sadar dong ..sadar bozzzz !!
    saya sangat detuju sekali programnya pemerintah Dki sekarang,
    BBM DI BATASI
    BBM SUBSIDI DI NAIKAN
    SEMOGA MENYUSUL….PAJAK MOBIL NAIK 100%
    Itu semua demi kelancaran lalu lintas jakarta dan sekitar indonesia pada umumnya

  44. SAYA SUDAH KELILING EROPA ASIA AFRIKA AUSTRALIA ,AMERIKA BELUM PERNAH NEMU PERATURAN KAYA BEGINI ANEH BIN AJAIB

  45. We absolutely love your blog and find a lot of your post’s to be precisely what I’m looking for.

    Would you offer guest writers to write content
    for you? I wouldn’t mind publishing a post or elaborating on a few of the subjects you
    write about here. Again, awesome weblog!

  46. Apakah Anda menulis sendiri ?? banyak informasi yang saya dapat dari blog Anda .
    terima kasih untuk menulis dengan baik .
    Aku punya cara cepat untuk menjadi pengusaha sukses . sangat mudah .
    segera membaca bagaimana

Apa Komentar Pemirsa ?