pakai pertamax bikin kawasaki ninja 250 FI cepat panas ? masak sih

275
2597

pago gan, lapor, sepagian nonton ufuk, ga nemu gerhana matahari, hehehe, nggak jodoh

benarkah kawasaki ninja mesinya jadi sangat panas ketika di kasih pertamax ? maupun pertamax plus

seperti yang ane kutip dari komentator blog

andy – 1 Mei 2013 [Edit]

biar ga meleleh pake premium aja bro…kualitas premium cukup utk kendaraan injection bisa di tes…ane di kalimantan pake premium aja buat mobil-mobil mewah , apalagi motor moge (punya bos2 batubara di kalsel)…karena hasil bakaran pertamax gak selalu cocok utk mesin injection apalagi utk kendaraan yg hanya mempunyai sistem pendingin kecil. percaya ajaaaa.

Balas

andy – 1 Mei 2013 [Edit]

tp kalau msh ngotot ma pertamax, coba pakai oli engine yg specnya pas utk karakter pertamax..soalnya ni ninja kan level middle jd mungkin spec material block engine sampai exhaustnya bukan yg terbaik jadi cepat panas..soalnya metal kalau sering terbakar akibat panas mesin pasti menurun ketahanannya baik secara kelenturan ataupun ketahanannya terhadap suhu jd ga stabil lagi. pertamax emang joss tapi hsl bakarannya jg panas bangett

112. Jeremy Irawan6 Mei 2013 [Edit]

jangan pandang dari helmnya mas, kita ninja fi lebih cocok ke premium karena kalau pakai pertamax, mesin lebih cepat panas :P kalau gak percaya beli ninja dulu sana ente rasain bedanya pertamax sama premium, lagian ngiri aja sih petugasnya aja gak protes toh suka suka dia mau isi apa kok ente ngiri sih :P

Balas

koq dulu ane pake ninja 250r pake pertamax biru nggak panas2 amat yak?

apa benar pakai pertamax di kawasaki ninja 250 bikin mesin cepet panas?

monggo empunya ninja 250r ninja 250 fi atau pemakai ninja 4 tak lainnya urun rembug 😀

semoga berguna

Partner
IRC
Honda
FDR

met pagi, met kerja lagi

275 KOMENTAR

    • klo menurut ane yg kebetulan pake nino fi n pernah nino karbu jg, emang lebih bagus pakai pertamax plus.. mengingat kompresi yang 11,3 ( FI ) 11,6 (Karbu) dan dalam buku panduan tertulis memakai bahan bakar min RON 91 ( FI ) RON 87 (Karbu) kalau masalah panas menurut ane msh dlm tahap wajar ( walau karbu sedikit lebih berasa sampai kemana mana) haahhahaa ..masalah fairing leleh N spido ngembun menurut ane mngkin hnya beberapa saja yg mngalaminya… klo dari pengalaman ane ya lancar2 jaya aj kok,, gak ada masalah yg WAW.. pernah ada temen ane yg maksa minumin premium + oktan booster ya tetep aj mesin ngelitik n tarikannya agak aneh gt…. saat pake pertamax ya bs kembali normal walau gak lgsg butuh waktu kali ya buat adaptasi (mungkin) kesimpulannya (menurut ane ) premium dapat mengganggu kesehatan,tarikan n kelangsungan hidup si Nino FI atau karbu,,,hahaha lebayy

      • Pertama pakai ninja 250 sy pake premium trus disarankan sama teman pakai pertamax ternyata pakai pertamax mesin jadi ringan ngan…

      • Hehehe…aki bisa aja. Ok dah ane ralat komennya, tp ane sok tau aja ya.
        Premium titik bakarnya lebih rendah daripada pertamax apalagi pertamaxplus, artinya dengan api dan tekanan/kompresi lbh rendah dr pertamax, premium udah ngehasilin tenaga buat mesin. Karena itu, motor yg (disyaratkan) pake pertamax biasanya emang lebih panas dari motor yg pake premium.
        Soal ninja yg fi lebih panas dari ninja yg karbu, bisa jadi :
        1. krn seting mesin diubah kawasaki
        2. wkt pake premium jalanan lancar dan bawa diatas 60km/jam, wkt pke pertamax macet2an dan bawa dibawah 60km/jam
        3. Kualitas bbmnya (pertamax) di wilayah yg ngetes yg ga bagus, tp kualitas premiumnya bagus
        4. riding outfit wkt tes beda. Wkt pke pertamax pke celana pendek, wkt pke premium pke racing suit lengkap

        cmiiw

  1. panas dompetnya pan….:D

    kalopun jadi panas ya tak masalah toh?Katanya Om tomy jumlah kalorinya lebih banyak, jadinya lebih panas. klo menurut ane panasnya bukan panas karena ada komponen aus tapi panas akibat tenaga yang makin besar.

  2. tak kiro awal e perasaan ku tok ternyata yo akeh sing ngomong pertamax lebih panas
    ws tak cobo ning NVL karo mio rasane memang enteng tp panas e nyengat lebih cepet
    aku ws nyobo dewe

  3. SECARA DESIAN SIH KAWASAKI OKE…..TAPI MENGENAI KEKUATAN ATAU KESIMBANGAN SEBUAH KOMPONEN MESIN MENURUT SAYA TERLALU DIPAKSAKAN ……KARENA MESIN INI UNTUK PEMAKAIAN DI KEMACETAN YANG PARAH DAN PEMAKIAN JARAK JAUH DAYA TAHAN MESIN KURANG…….( BERARTI KESIMBANGAN MESIN KURANG INI YANG VITAL ) tetapi mengenai keseimbangan mesin CBR oke dan kuat utk kemacetan dan…turing…MAKANYA YAMAHA hanya akan mengeluarkan…..1 SILINDER ITU PERTIMBANGAN YANG ….DI CARI ……ITU MENURT PANDANGAN SAYA…karena kesimbangan mesin yang VITAL…desain sih bisa di modif….sesuai selera konsumen….

  4. hukum fisika yo tambah akeh seng diobong tambah panas…
    cuma kerak yg dihasilkan pasti lebih sedikit….
    atau mungkin suhu udara juga pengaruh dengan panas mesin..
    who know ??…

  5. ninja ku edisi 2011 pertama dateng minum pertamax. . .tp gak panas panas amat. . .trus ganti pertamax plus. . baru deh puanase keroso. . .saiki make v power terasa sejuk. . . . .

  6. bener koment2 di atas.. panas DOMPETNYA…
    alesan aja.. namanya mesin klo di hidupin y panas beda sama AC jika di hidupin dingin.. klo ngga motorny pakein AC aja.. biar ademm….

  7. salah kapra kalo oktan tinggi mesin tambah panas….bbm oktan tinggi kan titik terbakarnya lebih tinggi jadi emang cocok buat motor2 baru yg rasio kompresinya tinggi…CMIIW

    • Yup, kompresi tingginya itu yg bikin panas om.
      kompresi lebih tinggi=lebih panas
      Sedangkan bensin cuma ngikutin kompresi aja. Kalo kompresi mesin rendah pake premium, kalo kompresi mesin tinggi pake yg nilai oktannya tinggi.
      Cuma masih bingung ama patokan kompresi mesin dan bensin nih. Thunder ane kompresi 9,5 disaranin (pabrik) oktan 92. Lha motor2 yg kompresinya di atas itu malah dibilang bisa pake premium yg katanya oktannya 88. Ane mikir kemungkinan :
      1. nilai kompresi tiap pabrikan beda2. kompresi 10:1 Y beda dengan 10:1 H & K & S & dll
      2. Premium nilai oktannya mendekati 92, mengingat banyak motor kompresi tinggi
      3. Nilai kompresi berlaku sama, tapi setingan motor yg bikin bisa pake premium

    • oktan bbm tinggi cocoknya tuk kompresi tinggi…
      kalo udah klop maka tenaga yang didapat juga tinggi.otomatis panas yang dihasilkan juga tinggi.

      kalo ibarat dari ane sih gini, lebih cepat mateng yang mana, rebus air dengan api kecil?sedang atau besar?pastinya yang besar kan?

      nah dibandingkan lagi dengan tapak tangan ente dideketin ke kompor (jgn2 dkt2 juga ya tar kebakar) yang lagi rebus air.lebih panas mana?api kecil?sedang? atau yang besar dengan catatan waktu yang sama.

      bagaimana mas bro?

    • iya,oktan tinggi bikin panas. Tapi tidakkah premium itu bikin detonating dan ujung ujungnya panas? Malah ngedrop pula.
      Udah boros,ngedrop,panas,ngrusak mesin pula. Nah lo…

  8. bukan pemilik ninja sih.. cuma share aja, kl pake motor di kondisi kota yang terik aka perkotaan memang panasnya ndak nguatin kl pake pertamax (tp jgn tanya tarikannya jelas beda ama premium). ane pake pertamax kl lg dikota yg sejuk, dingin, aka pegunungan/perbukitan/desa (pokok yg gak ada macet).

  9. Cuma pembenaran opini publik motor motor di luar negeri uda pake ron min 92.95.98 bahkan 100, tapi mereka ga ngeluh panas tuh padahal ada musim panas juga, dan ga ada premium disana, logikanya aja secara minum kopi luak sama kopi tubruk mahal mana? Pake alesan biar ga sakit perut minum kopi tubruk padahal kandungan asam di kopi luak lebih sedikit? Totaly blame your self

    Gini aja kalo pertamax yg 6000 sementara premium 6500, masi tuh rider alay pake premium? Ga bakalan lah mereka itu kqya tapi jiwanya miskin makanya makin ga respect ma rider ninja yg baru baru uda ga pernah sayangin motor alesan macem macem, bandingin sama rider ninja sebelum fi, bahkan ninja rr sebelum facelite mereka rata rafa loyal pake bbm non subsidi, soalnya jaman segitu motor kek ninja masih mewah sekarang aja ga mewah gan jadi yg harusnya beli vixsen di paksakn beli ninja kredit banyak otomatis bbm ya pake bbm rakyat

    Makanya ane bilang ane sekarang lebih respect sama rider rider ninja yg lama, atau ninja yg baru hasil beli dari rider ninja lama, atau rider cbr250, atau malah rider kek mio j, dll, mereka rata rata isi pertamax di tempat ane di tanya kenapa? Jawabnya simpel kalo mau injektor selamat isi pertamax ada injector cleanernya

    • Yoi broh, setuju. Motor ane aja tiger 94 warisan bokap dikasih pertamax cs kok, padahal uang jajan pas-pasan. Kemarin sih seminggu sempet jajal premium, lumayan enak juga buat ngangkat torsi. Tapi gak enak hati juga belinya, terlalu murah harganya. Kecuali naik jadi 8rb, baru dah gak malu pas beli 😀

  10. mboh kabeh ora rti r due ninja c ngemek bek drung tau wkwkwkwk,sg aq rti yo nk sing larang sing apik mestine,yo ora?

  11. sama kayak supra fit saya juga cepet panas kl pake premium…. mala sampai gk bisa distater karena busi banjir…

  12. mas, numpang nanya… kalo komstrir megapro th 2007 itu harga’nya berapa yaa ??? makasih…. 🙂

    On 5/10/13, PERTAMAX7.com tapi belinya cukup premium ^_^

  13. bener2 sesat yg bilang Pertamax bikin mesin panas…kalo panas pake Pertamax berarti sebelumnya tuch motor pake Premium makanya tuch Pertamax nguras sisa2 dari Premium yg ketinggalan di ruang bakar..setelah bersih ya jelas lebih adem….gak percaya ya test aja pake infrared thermal

  14. DODOL. Kalau sanggup beli motor premiun tapi ogah beli BBM non subsidi, mending ente naik bemo saja.
    Mesin panas apaan? Sejak nyampe di tangan, gw langsung kuras tangki (bawa balik ke bengkel utk dikuras sambil nenteng jeregen berisi Shell Super Extra) dan langsung jejalin FULL TANK pake Super Extra, dan ngga ada gejala over heat tuh di 250fi.
    Ntar gw mau buktiin dengan pasang sensor panas (khusus) atau Thermometer Digital. Trus gw kirim deh ke pemilik blog ini biar diposting kalau 250fi pake BBM non subdsidi ngga bikin mesin panas berlebih.

  15. Kepanasan? Loh itu radiator diisi air apa? Air kali ya?
    Bisa beli motor injeksi n radiator, harusnya kuat isi pertamax n radiator coolant yg bagus…

  16. maaf suhu * sya mau tanya baikx pake oli ap ea,

    soalx kemari sudah terlanjur di isi pertamax plus
    full tank,

    memang panas sekali,

    tpi trikan enteng , so pasti gaya sory bikers pemula
    mohon petunjuk juragan *

  17. pakai pertamax emang di paha kerasa lebih panas koq bro, tp tenaga motor emang keluar, jujur ane juga pernah oplos pertamax ama premium memang rada ademan, tp melihat kenyataan bahwa negara kt berhutan cm buat subsidi bensin ane jd gak tega isi premium, salam ninja fi green tulungagung

  18. seRing2 ngadem aj , !

    panas ngadem !

    dah adem jalan lge.,

    fairing sebelah duank 1jt hemm lumayan boat jajan drie pa beli,fring tiap bulan, ,

    truz2~ brow pas lge ngadem nich di surabaya tempat saya g tau tempat lain alay hahaha, perhatikan sekeliling , semua mata tertuju padamue ninja fi mank keren,, ud ad cwe cntiex yg nyuitin qmue ga

    low mereh putih si abs , ito hal biasa, 🙂

  19. kalo ane pengguna vixion, dr awal pake pertamax plus, mesin emang lebih panas dr pake premium ato pertamax, tp tak apa lah, namanya jg mesin, ya panas,

    kekurangan pertamax plus adalah mahal, jarang terdapat di daerah,
    kalo kelebihannya yaa keren aja, apalagi ane suka warna merah, dan anti ngantri , hahaha 😀 😀 😀

  20. Siang all,
    Sorry saya pemakai CBR150r saja, sebenarnya karena pakai pertamax itu enak untuk motor kompressi tinggi jadi bawaanya rpm tinggi terus, jadi motor lebih panas daripada pakai premium bawaannya ndut-ndutan alias knocking. Kalo menurut saya itu lebih logis.. peace

  21. Aku pake NVL ma pertamax plus juga ga panas2 banget, dipake bwt turing Salatiga-Pantai Sadranan kurang lebih 4 jam… panasnya kan gara2 pembakaran dari pertamax lebih tinggi suhunya …

    yang panas dompete kata bro diatas semua :mrgreen:

  22. Motor ninja
    Bbm pk premium
    Dikasi tau malah dibilang sirik
    Hahahaa…
    Ketauan, rider itu beli ninja cuma utk nampang doank
    Kaga ngerti mesin atau kaga ngerti ngurus mesin.

  23. Halah orang bodoh sombong mana lagi yg bilang ninja lebih baik

    menggunakan BBM ron88 ,,,

    ternyata otak nya ga sebagus motor nya ckckck

  24. ya emang lebih panas,kalorinya kan lebih besar. Tinggal gaya ridingnya saja kali,,pake pertamak tarikan enteng,suaranya knalpot enak,akhirnya main mainin rpm tinggi speed gak nyambung. Ya panas deh..

  25. Ya mesin gede 250cc kompresi tinggi wajar lah panas, punya sodara aja asal dipanasin keliling komplek panas bener kok. Kecuali overheat bikin mesin sering mati mendadak, baru tuh gak wajar.

    Mungkin kebiasaan bawa bebek kali, makanya mesin Ninja dibilang cepet panas. Lah mesin tiger mau premium / pertamax panasnya sama aja kok, beda dikit doang palingan. Tapi tetep lebih panas Ninja kemana2 😀

  26. Sekedar tips agak pertamax gak bikin panas mesin ninja 250. :

    “BELILAH PERTAMAX DLM JERIGEN…. TRS SIMPAN DI KULKAS”

    xixixi…jadinya pertamax adem…

  27. Sbenarnya masih relevan ga ya bandingin kompresi dengan BBM.
    Coz dipalu pernah nyoba MIO smile dipakein pertamax (gara2 premium langka saat itu).panasnya minta ampun, tenaga ga ada.
    Nah lho???!!!

  28. Setuju n mendukung bener kata bro” d atas yg respect sma ninja 250R/FI, CBR 150/250 rider yg pake pertamax.

    Sudah shrusnya mampu beli pertamax tuh mereka.
    Itu alasan pembenaran pake premium aja, kalo ente mampu beli ninja yah pake pertamax.
    Kompresi ninja tinggi bro.!!
    Sdngkn premium oktannya cma 88..!

    Bener kata masbro d atas, skrng ninja kbnyakan d pke sma bocah” yg taunya make doang.
    D ksih tau malah ngotot, giliran mesin ambrol yah paling nangis”.

    Sya sndiri pke ninja 250R SE 2011.

  29. mesin panas gara2 pertamax?

    gile lu ndro
    gak denger bikin mesin panas
    tuh motor jadul gue pakai pertamax gak masalah apa2
    malah di karbu lebih bersih, ketimbang premium yang bikin kerak di leher & karbu motor gue
    peforma malah unggul pertamax(premium top speed cuma 100km/jam sudah ngeden, sedang pertamax sampai 118km/jam baru ngeden)

    masa motor baru malah pakai premium, masa kalah sama motor jadul gue

  30. pertamax buat mesin kompresi tinggi, menghasilkan tenaga lebih besar, kalori lebih besar, emang lebih panas.
    kalo pertamax buat mesin kompresi kecil, justru kurang berpengaruh, makanya gak bikin lebih panas dibanding pake premium.

  31. Logikanya mang smakin panas…..

    Tapi hasilnya kan banyakan lebihnya…

    Tenaga LEbiH besar
    Tarikan LeBih responsif
    Pembakaran Lebih sempurna
    Ruang bakar Lebih bersih (coba buka n bandingkan Ɣǟ biasa pake premium n pertamaxx pasti pistonnya lebih bersih aka ƍªќ ada keraknya)
    Nek ƍªќ pengen panas ninjane yo ƍªќ usah digunake aka dikemuli ng kamar
    “ƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐ”

  32. Logikanya mang smakin panas…..

    Tapi hasilnya kan banyakan lebihnya…

    Tenaga LEbiH besar
    Tarikan LeBih responsif
    Pembakaran Lebih sempurna
    Ruang bakar Lebih bersih (coba buka n bandingkan Ɣǟ biasa pake premium n pertamaxx pasti pistonnya lebih bersih aka ƍªќ ada keraknya)
    Nek ƍªќ pengen panas ninjane yo ƍªќ usah digunake aka dikemuli ng kamar
    “ƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐ” ….

  33. Aku nganggo NVL isi pertamax yo cpet panas kok boss, tp kan panasnya karena pembakaran sempurna,
    Lek ra gelem panas yo ra ush d nggo wae motor e, d pajang neng garasi =D

  34. berhubung gak punya ninja, jd cuma urun rembug, maklum kemarin rencana mau beli, tp begitu tau gak ada stander tengahnya, batal belinya.
    Btw, kemungkinan disebabkan setting fI yg kurang tepat (dari pabrik dibikin terlalu irit), soale penerapan fl kan tujuannya jg utk menghemat bbm, buktinya yg pake karbu gak majalah. Padahal kalo bbm cenderung boros maka mesin jd relatif adem, demikian juga kebalikannya
    solusinya setting ulang fl dibikin boros dikit.

  35. Dulu waktu blom ada bini, motor 102cc ane pake apa ajah okeh. Premium ngantri, beli pertamax, pertamax habis beli pertamax plus… Terus terang ane g tau beda tarikannya, yg ane tau nerobos kemacetan secepat mungkin tanpa merugikan pemakai jln laen. Jalan lempeng betot gas ampe pol. Begitulah ane menyiksa motor. 8 thn mesin g pernah error, paling stel klep doank. Ganti oli rutin per 1500km.
    Kompresi mesin katanya cocok buat premium, tp paling banyak yg ane pake ya pertamax, mungkin 85% dr total bbm yg ane habiskan buat tu motor.
    Kok mesin tetep awet ya?

  36. jujur aja bang, aku dulu smpet kasih ninja 250(old) ku pke pertamax plus.
    perjalanan pulang kudus – semarang kaki berasa di panggang, itu aja lari berkisar 120-140 kpj..
    tpi sblm nya pas brgkt, tak kasih pertamax 92 panas nya gk seheboh pertamax plus..
    tpi pertamax plus tenaganya berasa keluar smua, mtor jadi tmbah galak..
    T.O.P laahhh~
    hehehehe..
    masak iya ninja 250 FI panasnya msih nyebar??
    katanya hawa panas mesin di buang ke bawah mesin persis??

  37. ini mungkin terpengaruh issu dari pertamina yg konon katanya premium dan pertamax sama aja alias sami mawon.ane make shell super/pertamax buat cibi ga pake panas2an kok… dulu pernah pake N250 old diisi pertamax terus jg ga pake panas2an… klo paha srasa kepanggang ya iya,tapi temperatur mesin normal aja tuh

  38. Jangan d percaya info ini teman2…. Ninja harus ron 92, krena kompresi tinggi.. Yaa emang panas, tp itu wajar dan memang seharusnya…. Ninja d isi premium? Ujung2nya kyk temen ane, turun mesin ganti klep..haha. Ninject yg fairingnya meleleh kyknya cma sebagian kasus, soalnya ada ninject d bengkel ane udah jalan 5000 km an ane gk ada liat tanda2 fairing meleleh…

  39. Saya pemakai ninja fi awal2 diisi pertamax memang panas, sekarang beralih ke Shell v power mendingan. Kalau masalah panas namanya mesin kompresi tinggi pasti panas, yg penting diperhatikan kipas pendingin radiator muter terus kaga? Kl ga sering2 muter ya berarti panasnya normal utk std ninja.
    faktor yg kedua, pada saat macet/berhenti empunya suka bleyer2 ga? … Sy di kasih tips sama mekanik kl lg macet maen alus aja ga bleyer2 so far memang mengurangi panas mesin lumayan. Krn kl sy perhatikan byk rider ninja 250 yg suka bleyer2 baik pas macet atau di lampu merah, coba dirubah kebiasaannya.

  40. Coba fairingnya dilepas kali gerah motornya makanya kerasa panas 😀 ada-ada aja deh….mending coba di tes pake kamera thermal cek pola panasnya berubah gak kalau di isi pertamax setelah pake premium….panas koq pake feeling ngukurnya….

  41. hmm… begini mas, mungkin saya tidak berkomentar masalah ninja ataupun pertamaxnya (mohon maaf ya)
    saya punya kendaraan roda 4 yang diproduksi tahun 74, kendaraan tersebut menggunakan pendingin oli..

    sejak awal tahun ini, mobil saya tersebut mengalami penurunan performa.. dan lebih cepat panas mesin
    saya kira hal tersebut dikarenakan pengapian yang bergeser.. namun ternyata tidak, melainkan disebabkan krn (menurut mekanik sesama pengguna kendaraan dan bbm yang sama) premium sejak awal tahun cenderung lebih panas. sehingga tenaga serasa agak ngedrop.. yang disarankan adalah mengganti businya yang lebih dingin..

    semua pasti tau kan ada 2 tipe busi (panas dan dingin).. hanya saja busi dingin mana yang cocok dan sesuai dengan karakter mesin kita?? itu yang harus dilakukan riset..

    kalau pakai pertamax itu mesin lebih panas, itu memang benar,,
    itu sudah sifat dr pertamax sendiri..

    panas oke, pokoknya tidak overheat..

  42. Kalo soal mesin panas, mesin motor Pulsar malah lebih panas dari motor lain sejenis, karena penggunaan 2 busi. Sampai ada kasus drat busi yang slek mungkin karena saking panasnya suhu silinder blok mesin sehingga busi jadi getas, atau oli mesin yang menguap… Tapi anehnya jarang yang macet ring pistonnya

    • jossssssssssss om 😀 soal ring pistin ya memang pulsar punya rumus rahasia disutu dengan clearence yang lebih lebar dari pdoduk2 jepang, tapi hebatnya kta juragan TRB londo, clearence sebesar itu ga bikin ngebul, beda dengan jepang, pasti dah ngebul 😀

    • bs jd material yg digunakan (maaf kalau bukan motor lg) 😀
      mobil american muscle menggunakan material yang berbeda dari pada mobil biasa
      oleh karena itu, meskipun kondisi mesinnya sampai kehabisan oli nd akan macet..
      adanya langsung jebol

  43. bukannya harusnya ngikut kompresi motor ya mas? kan tinggi tuh kompresinya 😮
    temen saya pake ninja fi always pertamax perasaan kalau pinjem gk panas2 banget deh ya malah panas ninja karbu pake pertamax (panasnya di paha tapi wkwkwk) IMO yah menurut percobaan saya :mrgreen:
    gk tau deh kalo pake premium lebih dingin apa nggak atau pake pertamax plus lebih panas apa nggak (dari pertamax)

  44. selama bawa ninin fi (hasil pinjem) pake pertamax panasnya wajar-wajar aja kok. gak tau kalo dibandingin sm premium, empunya gak mau bertaruh pake premium 😀
    kalo ninin karbu pake bbm apa aja panaassss sampe b*ji 😀

  45. Kl mau gampang ya tinggal dilihat interval kipasnya nyala aja, kan yg gerakin kipas pendingin termostat makin sering berarti mesin anda panas.
    tips lainnya ganti knalpot yg josss, titanium contohnya doi lebih cepet melepas panas, jd panas pembakaran tidak terlalu banyak menyebar ke mesin.
    btw mesin yg panas juga bisa berarti material dan oli di dalamnya cepat dalam memindahkan panas. Kaya heatsink elektronik sajalah, kl heatsinknya panas tp suhu di dalam power dibawah 40 derajat, berarti heatsinknya josss dalam mindahin panas dan melepasnya ke udara luar.

  46. mending gue gamakan siang daripada ninja gue dikasih premium, jatah orang kurang mampu lo embat juga ?? segala alesan mesin panas , daya tahan berkurang apalah segala macem dikeluarin, tetep aja lo pada makan hak orang gak mampu! malu sama tukang ojeg ( pasti alesan lagi gue bayar pajak kok ) yaaa terserah lah . yang ngerasa orang mampu pake 92-95 orang sok sok mampu atau terserah lu alesan apapun mau mampu ato mau gay gayaan silahkan pake 88 . sekali lagi gausah alesan panas ato apalah kalo gak mampu beli 92 , ganti aja pake bebek bro

  47. mesin ninjanya tinggal dirumah aja diganti onthel biar gak panas…
    Jelas menggambarkan belum saatnya pake ninja klo masih ngantri dispenser kuning

  48. hehehehe…maaf nih ya bukannya berburuk sangka tapi jangan2 yang bilang pakai pertamax panas di ninja 250r mungkin cari2 alasan biar bisa beli premium.

    mentang2 motornya premium dikasih minumnya premium 😀

    #wakakakakaaabbbooorrrr

  49. slama ini pake pertamax/pertamax+, klo buat jln <40km/j mesin emang trasa panas pan, tp buat luar kota tidak gt panas. gak ngerti klo diisi premium…

  50. Alasan aja itu lik.
    Dengan kompresi segitu harus pakai pertamax
    Dengan motor seharga segitu, malu pakai bensin bersubsidi.

  51. Alasan terbodoh untuk beli BBM bersubsidi malu coyyy bisa beli kawasak* ninj* 250 fi tapi gak bisa beli bbm non subsidi (nuntut negara maju tapi masih beli BBM subsidi, mati aje lu) mesin gampang panas atau apalah gak enak dipakelah yang jelas profesor2 Gak bodoh coy asal bikin motor pasti sudah Ada itung2ngan sebelumnya

  52. klo menurut ane yg kebetulan pake nino fi n pernah nino karbu jg, emang lebih bagus pakai pertamax plus.. mengingat kompresi yang 11,3 ( FI ) 11,6 (Karbu) dan dalam buku panduan tertulis memakai bahan bakar min RON 91 ( FI ) RON 87 (Karbu) kalau masalah panas menurut ane msh dlm tahap wajar ( walau karbu sedikit lebih berasa sampai kemana mana) haahhahaa ..masalah fairing leleh N spido ngembun menurut ane mngkin hnya beberapa saja yg mngalaminya… klo dari pengalaman ane ya lancar2 jaya aj kok,, gak ada masalah yg WAW.. pernah ada temen ane yg maksa minumin premium + oktan booster ya tetep aj mesin ngelitik n tarikannya agak aneh gt…. saat pake pertamax ya bs kembali normal walau gak lgsg butuh waktu kali ya buat adaptasi (mungkin) kesimpulannya (menurut ane ) premium dapat mengganggu kesehatan,tarikan n kelangsungan hidup si Nino FI atau karbu,,,hahaha lebayy

  53. mending liat di buku manualnya,.. pantesnya RON berapa…. itu yg dianjurkan…
    N250FI gw make premium sekali doang.. itu jg gk nyampe seliter,. cm bwt ngidupin trus bawa ke spbu diisi pertamax plus.. semenjak V-Power keluar, make V-Power terus.. berasa bgt bedanya sm pertamax plus..
    gw seminggu abis 150-200ribu VPower.. malu lah make bensin subsidi.. itu hak orng miskin.. mw bawa ninja masi antri premium..

  54. Aneh, bisa beli FI masi aja pake premium.
    Logikanya aja pake RON rendah tapi motor kompresi tinggi ya tenaga gak ada + penyakit mesin bertambah. Kalo soal panas dingin mesin ya itu gimana kitanya aja lagi riding stylenya, kalo betet betot mulu mana jakarta macet ya sudah pasti panas dimesin tinggi, wong saya aja klo macet parah itu mesin dimattin (via red knob saja), lampu merah itu mesin dimatiin, kan lumayan bikin dingin dan ngurangin polusi.
    Kebetulan saya ada Ninja 250R FI SE ABS, buat yang takut FInya kejadian fairing meleleh karena macet parah dijakarta bisa nambahin daleman fairingnya dengan alumunium foil, bahkan untuk coolant waternya bisa diganti dengan yang lebih bagus lagi biar lebih dingin itu radiator.
    Saran saya bisa cobain Shell V-Extra, RONnya 95 dan formulanya lengkap, jadi injektor juga bersih. Dan memang sepengetahuan kita V-Extra tidak terlalu ngebikin panas mesin, beda sama Pertamax Plus. Sekalian juga untuk engine oil, klo mau adem tu mesin jangan pake yang fully synthetic oil, krn itu olinya encer banget jadi perlindungan gesekan kurang alhasil panas mesin pasti tinggi namun performa memang dahsyat. Ya bisa pake yang semi juga bagus mana harganya juga ga semahal yang fully syn.

  55. BUKAN DI KARENAKAN PENGGUNAAN PETRAMAKA MESIN CEPAT PANAS..!! MELAINKAN OLI ATAU LUBRICATING OIL NYA TDK MEMENUHI SYARAT PELUMASAN DN SEBAGAI PENDINGIN…PRODUK OLI INDONESIA KEBANYAKAN OLI MUTU JELEK..DI BANDINGKAN OLI YG BEREDAR DI NEGARA TETANGGA..JD GUNAKAN OLI ATAU LUBRICATING OIL NYA YG MUTU BAIK ….JUSTRU PENGGUNAAN PETRAMAX ITU BAGUS KRN TIMBEL NYA DIKIT DI BANDINGKAN PREMIUM YG TIMBEL NYA BYK..YG MENGAKIBATKAN PISTON DN RING PISTON CEPAT RUSAK DN KOTOR DI SEKITAR EXHAUST .ATAU DI SALURAN GAS BUANG NYA…

  56. KALAU KRN RADIATOR NYA KECIL TDK MENCUKUPI SBG PENDINGIN TERBUKA UTK MESIN….PAKAI AJA RADIATOR BULDOZER….HAHAHAHA….PASANG SELANG RADIATOR ENTE PANGGUL ATAU GENDONG…HAHAHA ….PAYAH MAU MURAH TP MAU KWALITAS NO 1…KALAU MURAH SESUAI PRODUKSI YG DI HASIL KAN ..YA TRIMA AJA APA ADA NYA..TINGGAL BAGAI MANA KITA CARA MENGUNAKAN NYA DGN BENAR.BIJAK DN BAIK…EMANG NYA SETIAP DR LAMPU RAMBU2 LALU LINTAS SATU KE YG SATU ENTE NGEBUT FULL SPEED….?
    BILA MSH MAU MENGGUNAKAN NINJA 250CC FI DGN PENGGUNAAN BHN BAKAR DN OLI YG KWALITAS RENDAH DN SUKA NGEBUT NGEBUT DR LAMPU RAMBU LALU LINTAS SATU KE YG SATU…ANDA GENDONG ATAU PANGGUL TU RADIATOR BULDOZER DI SAMBUNG KE MESIN ENTE……HAHAHAHA

  57. saya pakai motor jadul yamaha rs dan ls pakai petramak malah bisa kenceng larinya …gak panas panas amat ..menurut saya aneh kalau ninja 250 fi panas ampe nurunin performa mesin …

      • Ternyata memang aneh nih ninja 250 fi ni … Bener mas ipan kalau pakai petramax panasnya bagai masuk neraka nih mesin terutama dalam kondisi macet parah siang hari yang panas….gak salah dah bila fairingnya ampe meleleh … Kenapa ya kok sampai segitu panasnya apa kawasaki tidak memprediksi terlebih dahulu karena tergesa gesa untuk membuktikan kehandalannya melebihi rival barunya cbr 250 ya mas ipan?

  58. saya pengguna 250 fi abs jga
    pakai pertamax 92 kdang 95,
    alasanx bukn demi performa mesin tpi demi performa kemajuan bangsa,masak motor ninja bahan bakar msh yg bersubsidi,itu kan bukan jatah kita
    . Apa kata dunia????

  59. saya pemakai ninja 250 fi, pertama saya pakai pertamax terus dan akhirnya mesin selalu panas ( meski pakai celana baju dan sepatu safety ) terutama yang berasa panas di paha, dan akhirnya saya pakai premium emang mesin jadi berasa lebih adem (malu aja di pom belinya) di tambah lagi efek mesin tarikanya yang gak sebagus pertamax, dan akhirnya ane simpulin isi fuel dengan bandingan 50 % pertamax 50 % premium , dan akhirnya tarikan mantab dan panas gak berasa lagi, ( kalo ngisi fuel biar gak keliatan malu isi dulu pertamax baru tambahan premium hahahahaha, pengalaman pribadi ane ni )

  60. jadi intinya ninja 250 fi bagusnya pake apa ?…ane sih biasa campur..emang sih rada malu kalo beli bbm bersubsidi,,tp kalo emang itu bisa bikin motor ane g panas y knapa g pake premium aj,,toh ane beli bukan minta,,,,,biarpun suka di ledekin sama org,,masa motor mahal pakenya subsidi. hadeuuh.

  61. Klo jalan sambil bawa air…sambil disiran2 tuh mesin..adem deh hehhe…klo ƍäª ♍ààц repot bawa air maka tiap ada kubangan air Чªª ditrabas….biar mesin adem hahhaha…

  62. lah gw make ninin 250fi make shell Vpower, performa gila, tarikan bengis, minta narik trusss, klo ada yg make premium di ninin nya mnding jual aje make bebek gih wkwkwkwkwkwkwk, haram hukumnya ninin campur premium coiii, vixion gue aje make shell Vpower trus :p jangan malu”in ah…..maybe yg panas kantong dompetnya bukan motornye akakakakakakakakakak…

  63. Sok kaya lo semua, taiiiii lo.. Gaya ngomong pake pertamax tp kenyataan premium… Ada alasan demi bangsa ga pake subsidi.. Lo jgn sok peduli, Liat siapa yg embat dana subsidi , negara ini udh kacau, koruptor udh mendarah daging . Liat pajak ,kita bayar tp uang nya Kamana? Sok alim lo semua… Cuiiiiihhh. Munafik. Gaya sok kaya tp miskin… Cukup tau diri aja hidup… Ga ush sok tinggi ngomong….

  64. Ane pakai ninja250 jebolan 2010 sejak pakai ni ninja minumnya pertamax emang terasa panas apa lg jalanan macet, tp masi dlm batas normal namanya jgo mesin hidup trus ninja full fairing wajar lah,menurut ane premium kurang cocok karna kompresi ninja butuh minum pertamax,pengalaman teman yg pakai ninja minum premium mesin agak brisik trus tarikan kurang mantap dibanding dengan memakai pertamax.klau menurut ane wajar motor sekelas ninja butuh biaya perawatan lebih sesuai dengan kepuasan yg kita dpt saat dikendarai, nah skarang terserah bro bro aja mau pakai premium tp kemudian hari butuh pengluaran lebih untuk perbaikan atau pakai pertamax ninja lancar jaya

  65. Knapa musti malu dg “beli” bbm bersubsidi,..
    Hak kita semua sama sbg WNI..
    Selama pajak tetep bayar dan sbgnya..
    *bukan hasiL mencuri..
    Yang malu mustinya yg Korup harta Negara dan hak Rakyat..

    Sayangnya Ninjech ‘n Terry TX ane slalu pake premium oplos pertamax dan biasa aja.. Gk ada masalah dg engine, so far so good.. Kadang malah full premium doang..
    Masalahnya,.. Klo pas isi premium pasti ada org lain yg mlotot’in ane,..?! Go to Hell, ane plototin balik jadinya (dg curiga jgn2 garong, palagi pake fotoin sgala).. Prinsip ane “Lºέ juaL gua beli..!!” Atow “SenggoL – Bachok”, beres wes.. 😉

    (‘▿^)♉Peace

  66. Udeeeeh daripada ribut, mending lo semua beli Ducati yg diesel ajeee,,, baereskan.. jadi ga perlu milih pertamax or premium hahahaha

  67. Maaf Bro…..bicara bahan bakar, Premium, Pertamax, Pertamax Plus. Premium ibarat motor Ninja 250 FI, Pertamax Ibarat Ninja ZX 4r, Pertamax Plus Ninja ZX 10r, saya pilih Ninja ZX 10r dari pada Ducati Diesel Pakai Solar itu aja saran saya. NB : baru punya Ninja 250 FI ABS,pengen punya Ninja ZX 10r mudah ksampaian jadi pilihnya Pertamax Plus, #habispadaributsudahngaksingkronlagi Pertamax Plus lebih bagus tidak buat gosong Klep dan kepala Selinder Begitu Bro

      • hihihi….dia jago ngoceh tapi ga baca majalah, bro!
        mana ada Ducati pake bahan bakar solar….wkkkkkkkkkkk!
        ada juga DUCATI DIESEL special editon, Ya motor Ducati edisi DIESEL (itu merek pakain) bukan berarti pake solar!!
        HAdoooohhhhhh……….aya aya wae!

  68. gampang kang kasih aja water injection 🙂
    cb tua aja pake itu adem … n libas 135,150,160,180,200,250 di belokan dari dalam lagi … lawan di atas 250cc mesti ke merapi dulu …
    bersemedi dengan mas londo lagi
    klo masih kurang kasih “shower” injection
    masih kurang juga “galon” injection
    dijamin … basah … aw basah …

  69. Hehe … Kali satu pikiran dan ane dah praktekin langsung nih di si Putih ane (ak N250FI ABS) … Kalo panas memang wajar untuk bagi racer yang main di speed rendah tapi coba pikirin lagi deh itu Ninin didesign untuk ngacir tapi hemat dikit … Hahaha … bukan untuk jual pesona … Ups maaf ! … Yah tambahin dikit speednya … Makin naik makin ga berasa panasnya … Andrenalin naik jadinya suhu badan naik juga tambah heat transfer lancar ketembak angin terus … Makin ga berasa tuh panas … Qiqiqi … Tapi konsentrasi juga Kalo boleh Saran biar ga nekat … !!! Ini sekedar share tips Aja tapi Kalo ga keterima maaf juga NIH … Memang bener Ada pepatah “Simply is Genius” …………….. Ok biar ga kepanjangan …

    1. Merk apa terserah yang penting itu balance rasio kompresi ama bahan bakar, JANGAN DIDEBAT pake diatas Oktan > 91. … Saran ane Dan maaf buat Pertamax bukan maksud menjatuhkan tapi Shell V/SE much much better di komposisi “C”.
    2. Wajib knalpot dibobok ato ganti yang punya flow line balance dengan hasil bakar … Biar injeksi Kerja Lebih optimum “ya resiko haus dikit mah lah ” … Sekedar Saran pake Akra ato bobok dengan modify di aliran Bengkek 25% tapi Ada ruang dihilangkan untuk fungsi inject aliran gas buang Dan bunyi hampir kaya MGP tapi versi Kalem.
    3. Pake oli yang minim sistetis Dan viscosity naik 1 level … Saran ane sama yg diatas pake Enduro 4T cakep tuh … Merk lain monggo tapi perhatikan karakter tuh oli.
    4. Penting !!! Tuk setting lumsump di rendah min 1 lah untuk Atasi stationary di rambu … Saran ane 1 Lebih dikit ato pake feeling lumsump motor jadul tapi Yahut alias The Legend of Honda “Torongtong … Ak CB Series” Dan JANGAN Lebih Dari 1,25 an “Kalo dilat di rpm meter” … O iya tuk antisipasi palagi khusunya di Kota macet bener itu pake alumunium foil ato modal dikit pake slub PU … Asli Aman tuh pairing !!! Tapi inget … JANGAN belagu juga pake mode ngetrack di area rambu … Hehehe, ya berasa lah panasnya kecuali ketemu rival andrenalin naik ga Terasa tuh panas … Hahaha …
    5. Modifikasi switch manual parallel untuk activation kipas … versi murah ato versi mahalnya ganti pake temperature set point yang Lebih rendah di thermistor … Saran ane pake versi murah Aja asli Mujarab … Wkwkwkwkw.
    6. Tidak Lupa khusunya coolant monitor terus tuk versi murah ato versi mahalnya modal dikit pake coolant buat yang kelas 1000cc.

    Hahahah … Jadi panjang NIH … Tapi ga apa2nya buat sharing pengalaman … Hehe.

    Pertimbangan lain tolong diingat biar ga lepas Dari Wacana blog ini …

    Do NOT Premium … Untuk hemat JANgka pendek tapi resiko JANgka panjang bisa mahal setara dengan tips di atas Bahkan bisa Lebih Kalo sampe crankshaft Kena … Haduh … Gara-gara hemat di awal …

    The last input … Tuk kurangi Walo Kecil prosentasenya Dan Ngefek banget ke performance … Hehe pake “Slipper Clutch” kepunyaan abangnya N300FI.

    Keep Safely ….

  70. Ane udah pake pertamax dari pertama beli ninja 250 fi tepatnya bln november 2012 sampe skrng mesin gak ada masalah apa2 ko gan, malah skrng ane ganti pake total 92 powernya lebih keluar + enteng pas ditarik gas…

    Salam ninin ijo jaktim

  71. sebelum langkah usaha pengabutan jg berfungsi sebagai pendingin.pertamax mampu disetting lean masalahnya materialnya mendukung ndak mas?kalo ndak percuma pake pertamax tp set lean ujung2nya jebol jg kepanasan.pertamax set reach baru tuh mantep.

  72. menurut gua, isu premium ini cuma kerjaan blogger bayaran dari pihak penjual / atpm yang ingin menaikan penjualan motornya. banyak lho alay abege , yang minta dibelikan motor beginian, cuma orang tuanya keberatan kasih uang saku buat beli pertamax.

  73. Mau diisi Premium/Pertamax klu mesin dihidupin ya mesti panas mas bro….klu kurang jelas baca tulisan di tangki….”Gunakan Bahan Bakar Tanpa Timbal” sudah jelas BBM Tanpa Timbal PERTAMAX CS

  74. Yang bener aja bro bisa beli motor sport masih minta SUBSIDI mo panas mo nggak gw pake pertamax n ga ad masalah sama enggine n ga malu maluin, Ga kayak org yg pk mobil masih aja mnm premium.

  75. Oli mesin pake bimoli aja brooo…, dijamin rontok tuh engine. Wkwkwkkwk…., bingung gw comentx pd ngaco… ga ada solusi terbaik.

  76. I should have been starting it uup to keep the engine running
    from time to time but I have not been very
    timely with this. Just a good tempo card that will see play along side the Prowess dudes inn Limited.
    While purchasing these batteries one should always consider a reputed supplier to get high quality product at affordable costs without being cheated.

  77. Ah bohong. katanya motor kaga di pake. gak bakalan panas.kata siapa?.orang motor gua aja panas. tiap2 gua parkirin di luar tempat kerja gua…

  78. diisi solar saja broeewww……awetttt….gak bisa diajak jalan2….pusing juga mikirin nasi uduk (nasinya motor) oh kompresi kompresi……mendingan kompres anak bayi browwww kalau ada uang sekalian tak belikan avtur plusssss full tenk….kalau baru mering dompetnya terpaksa browwww mampir yang antriii wuakaka…….soalnya istrinya maunya cm bonceng doang….gak mau ngisi…..pingin aku turunkan dihalte bus saja besuk calon istriku cm bonceng ninja 250 doang….bonceng ninja gak mau isi bbm…..,matihhh atuuuuu

  79. dah jelas kalau mampu beli motor kelas premium kayak ninja250 CBR250 yamaha R25 atau dikelas yang atas lagi dah pasti orang mampu bukannya orang miskin… yang seharusnya boleh make bbm subsidi ya orang miskin kalo gak mau dikategorikan orang miskin pakailah BBM yang non subsidi… saya pake CBR250. 50km/1lt. pakenya BBM noozell merah ron95. irit gak pake kantong bolong. wong namanya mesin injeksi dah pasti lebih irit… malu dong ah…

  80. BBM bersubsidi itu diperuntukkan buat orang MISKIN. bukan untuk pemakai mobil dan motor kelas premium yang notabene nya orang2 mampu dan berada,.. kepalangan lo minta kartu sakti juga dari pak jokowi biar bisa dapet subsidi yang laen, bila perlu ikut ngantri pembagian duit BLT!!!! malu om… mampu beli mobil dan motor mahal harus terima konsekwensinya beli BBM non subsidi.. kecuali maksain gaya hidup biar dibilang orang kaya… taunya minta disubsidi juga!!!!

  81. Klo mau irit and ga panas dipaha beli aja Honda Legenda or Astrea Star ga sah beli ninja 250 gan!!! Ninja 250 ga cocok buat lo yg pada ngeluh masalah panas sama bikin dompet jebol

  82. iya ane juga pake nino 250 fi dan klo pake pertamax emang mesin panas, kerasa di kaki panasnya. Tehniknya ane dicampur premium dan pertamax dengan perbandingan 1:1 klo premium aja soalnya tarikan jadi kurang greget

  83. Ya wajar panas. Namanya jg mesin kompresi tinggi. Harus pake yg oktannya tinggi.
    Standar pabrik emang bgitu.mreka udh perhitungin kemampuan motor.mau pake bahan bakar jenis apa. Jelas2 udh tertera di buku panduan.
    Kita ga boleh minterin.
    Ane punya ninja 250 fi.
    Justru lbh bagus pake pertamax. Jgn pake premium .nilai oktannya rendah
    Bikin mesin kotor.dan cepat turun mesin.
    Premium ga cocok untuk jenis mesin injection.
    Ap lg yg suka nyampur pertamax +premium hati2 campuran bensin jd ga sempurna.
    Kalo udh punya motor mahal.masa takut mau beli bensin mahal?

  84. Iya memang ninja karbu Kalo pakai premium terasa banget mesin ngleler, ga kuat ane Gan. mending pakai pertamax plus aja mesin lebih yahut n joss

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.