alat pengubah sampah plastik menjadi bahan bakar ?

siang gan, artikel otomatis ini datang di set jam 13.00 Setelahย  sholat Jumโ€™at ๐Ÿ˜€

plastik jadi bbm

berita heboh dan dipecah2 di detik,

ane baca semakin mencengangkang pokoke

“Hanya di Indonesia di dunia yang punya teknologi mengubah sampai dari plastik menjadi BBM itu namanya alat biomass,” bangga Danan ketika dihubungi detikOto, Kamis (2/5/2013).

pembuatnya pernah diteror

Salah satunya lelaki asal Sidoarjo, Jawa Timur, Danan Eko Cahyono. Danan mengaku pernah diteror saat menjajaki alatnya ke perusahaan-perusahaan dan instansi terkait.
Karena aksi teror tersebut, Danan pun memutuskan untuk memasarkan alatnya secara diam-diam di Tanah Air.
“Banyak yang teror. Macem-macem yang mereka bilang. Makanya selama ini saya diem-diem saja,” cerita Danan kepada detiOto, Kamis (2/5/2013).
Danan mengakui mendapat ancaman dibunuh oleh pihak tak dikenal karena dirinya mengembangkan alat sulap sampah plastik menjadi BBM seperti bensin dan solar.

1 kg sampah jadi 0,5 liter BBM

Danan Eko Cahyono, pemilik perusahaan Santoso Rising mengaku, alat yang sebagian besar menggunakan bahan baja tahan karat tersebut mampu menghasilkan 0,5 liter BBM dengan mengolah 1 kg sampah plastik.
“Kalau international 1 kg sampah plastik menghasilkan 1 liter BBM. Kalau saya atur 0,5 liter saja. Dia menyusut hanya setengah liter,” kata Danan kepada detikOto.
Dikatakan Danan proses unik yang menggunakan teknologi Biomass Furnace ciptaan sendiri untuk memanaskan dan mendestilasi plastik menjadi BBMP ini tidak berlangsung lama.
Hasil dari olahan akan keluar sekitar 30 menit setelah memasukkan sampah plastik ke alat tersebut. “Jadi memang sangat cepat prosesnya,” ucapnya.
Danan, sang pencipta sekaligus penjual alat pengolah limbah plastik menjadi BBM tersebut menjuluki nama alatnya ‘Biomass Machinery’ yang lebih banyak digunakan oleh perusahaan industri besar yang ada di Jakarta.
Berbekal pengalamannya selama dua tahun bekerja di perusahaan pengolah limbah menjadi bahan bakar di Korea Selatan, pria lulusan UK Petra Surabaya jurusan elektro ini ingin memperkenalkan ke dunia bahwa Indonesia juga mampu menciptakan teknologi ramah lingkungan dan menghasilkan bahan bakar minyak.

kadar oktan 100 hingga 128

Danan Eko Cahyono, pemilik perusahaan Santoso Rising yang merupakan penjual alat penyulap sampah mengatakan kadar oktan yang dihasilkan dari alat tersebut mencapai 128, tergantung bahan baku yang digunakan.
“Selain sampah plastik, bilangan oktan bisa mencapai 128. Hasilnya sangat bagus untuk mesin kendaraan. Kalau sampah plastik cuma sekitar 100,” kata Danan.
Seperti yang dikatakan Danan, berbagai jenis sampah bisa dikonversi ke BBM dengan kualitas setara dengan bensin dan solar milik perusahaan minyak di Tanah Air.
“Dari limbah susu, limbah kertas, limbah kakao, limbah kulit durian dan terus limbah plastik. Diubah menjadi oktan yang tinggi, dan hasil oktannya itu macam-macam dann itu prosesnya sangat mudah,” yakinya.

weleh2, ditunggu pembuktiaanya nih, bentar lagi bakal heboh di tipi tipi nggak yak

 

semoga alatnya berfungsi sebagaimana mestinya dan diperbesar kapasitasnya kalau bener

semoga tidak seperti energi listrik tenaga hampa yang semakin hampa kabarnya ๐Ÿ™

PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA HAMPA [ PLTH ]? benarkah?

met siang gan, met aktipitas, semoga ada fakta2 baru

70 KOMENTAR

  1. sudah lama kang, cuman tak diimplementasikan aja ilmunya, di kampus ane dah sjak 1999 ada skripsi mhs buat bensin dr plastik, intinya “cracking”/ pemecahan hidrokarbon rantai panjang polietilen jadi rantai pendek. hasilnya ya BBm to…
    cuman skrg gak ekonomis, mahal coy… limbah aqua 1 kg aja bs 10rb… pdhal kalo efisiensi 100% (tp gak mungkin) cuman mghasilkan 1,1 ltr bensin aja… belum biaya produksinya…

  2. sekarang sampah2 tetangga saya berharga. Apalagi sampah plastik. pak jono kehilangan profesinya sbg pengangkut sampah. sekarang kota bebas sampah. tapi sampah masyarakat msh ada. harga plastik kresek jd mahal. bensin spbu gak laku lagi. bensin eceran beralih jual alat sulap palstik jd minyak. mungkin kah?

  3. ” siang gan, artikel otomatis ini datang di set jam 13.00 Setelah sholat Kumโ€™at ๐Ÿ˜€ ”
    tolong diedit mas……

        • salah agan…malah kerjasama ama pertamina, biar pertamina gak usah pusing” cari sumur baru. coba agan pikir dengan aset pertamina bisa bikin mesin brapa banyak dan sebesar apa coba. gak bakal ada lagi negara subsidi 300T, harga pertama 10.000. negara bakal sejahtera loh jinawi, soalnya banyak banget sampah di indonesia termasuk sampah masyarakat kaya koruptor. kalo bisa koruptor diubah dai BBM aja pake mesin itu

  4. dibuat Mass Pro deh dan semakin disempurnakan agar semaikin murah harga produksi.
    dampak positifnya sampah bs diminimalisir, dampak sosial ekonomi lbh luas jika terealisasi.
    Aamiin..

  5. mungkin mesinnya memakai proses pirolisis/gasifier…

    seandainya semua bahan yang mengandung karbon (tidak hanya plastik) dimasukkan ke mesin ini : sisa olahan kayu, sekam padi, jerami kering, bonggol jagung, cangkang sawit, tempurung/sabut kelapa, batang tebu kering sisa panen pertanian dst yang dianggap sampah semua bisa diolah kembali menjadi minyak… betapa besar potensi alam Indonesia yang negara agraris ini yak ๐Ÿ™‚

  6. wkwkwkwk
    masa seh cmn ada d indonesia…
    prasaan ane udh prnah liat tuh alat bwt ngbah smpah jd bensin bwtan Jepang….
    mlahan ukuran’a kecil…
    trus bkin alat gnian mah anak smk jg udh pda bisa,mreka bkin dri bhan tabung gas lpg 3kg+pipa besin+pipa kecil yg buat AC (g tau nma’a) hahahaa

  7. Bagaimana realisasi dengan pertamina ? kemana menjual dari hasil produk tersebut ?? gabaimana dukungan dari pertamina
    mohon penjelasan gan …..

  8. Sip Tuch… bisa di coba dirumah dipraktekin sendiri…. ^_^ sepertinya alatnya dibikin sangat sederhana sekali juga bisa tuch… ^_^

Tinggalkan Balasan