tempe mendoan

mal;am gan

hari AHAD, jadwalnya .. teng teng, artikel kuliner, makan makan

dulu pas kopdar CB150R jogja sambil nonton bola indonesia vs arab, di kedai makan ngapak ( ada yang nggak tahu ngapak? ) terkenal satu jenis makanan bernama

mendoan, tempe mendoan, apa sih? nih ane KOPAS mentah-mentah dari wikipedia

wikipedia.org/wiki/Mendoan

Kata mendoan dianggap berasal dari bahasa Banyumasan, mendo yang berarti setengah matang atau lembek. Mendoan berarti memasak dengan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga masakan tidak matang benar. Bahan makanan yang paling sering dibuat mendoan adalah tempe dan tahu.

setengan matang, mendo atau kata bondan winarno medok?

  • resepnya apa sih?

Bahan

Untuk membuat tempe mendoan adalah dibutuhkan:
Tempe kedelai khusus mendoan yang berupa lembaran tipis tempe yang dilapisi daun pisang (tempe buntel).
Tepung beras dicampur dengan sedikit tepung terigu.
Daun bawang atau kucai di iris halus.
Bumbu halus (garam, bawang putih, dan ketumbar).
Minyak untuk menggoreng

ADA YANG PERNAH bikin sendiri? ‘

ok anybody, kasih poto , biar  ngiler, cesssss

pertamax7.com 044 (Small)

  • HARGA

soal harga ane ga tahu, ceritanya gini, ketua cb150r jogja pesen mendoan, nah beliau lagi makan nasi goreng kalau ga nasi ayam, lah itu tempe mendoan di anggurin, kasihan tempenya nganggur, tiba2 ane pegang, dan terjadilah kejadian itu 😀

  • RASANYA?

 pertamax7.com 047 (Small)

jujur saja ya gan, ini kali pertama ane makan tempe mendoan ini jadi nggak bisa bilang ini lebih enak dari apa gitu, so ini rasa yang bisa ane ceritakan ke agan2 pemirsa blog ecek2 ini

1. tempenya belum matang, tengahnya mentah ( namanya juga tempe mendoan :lol:  )

2. tepung digoreng yang garing luarnya, dalamnya basah, tesara bumbu bawang, merica sama garam, gurih dah

3. panas gan, wong baru disajikan tahu2 ane ambil, dibuka dikit kemebul ada asapnya

4. cocok buat lauk nasi anak kost kayak ane 😀

5. RASA BAYAR ( itu rasa paling nikmat 😀 )

terima kasih lek pendi 😀

 

met bobo gan

60 KOMENTAR

  1. Sering bikin waktu ane masih di Purbalingga…
    Sekarang ane di Bogor jarang bikin…
    Soalnya gak ada tempe khususnya…

      • Sebenernya kalo mau bikin mendoan ngga harus tempe yang tipis tipis, tapi tempe biasa yang belum terlalu mateng 100% alias mateng 90% aja juga bisa, terus dipotong tipis2. Terus kalo bumbu bawang ama ketumbar yang banyak dijamin GURIHnya mak nyyoooossss…..

        Hehe…. “Jere bakul mendoan…

  2. itu makanan fave ane gan..
    apalagi yang buat ibu negara (baca : istri) nyusssss tenan.. kebetulan ibu negara asli banyumas

  3. pan gw owner cb neh..domisili batam
    cb ane makin parah klotokannya..saat mesin panas pun tetep bunyi..
    klaim ke Ahass inden part dua bulan paling cepat…padahal motor makin hari makin keras klotokannya.
    rencana mo bikin keluhan pembaca di koran neh..kebetulan ada sodara yang krja di koran tersebut
    dah ditulis panjang lebar tentang lambatnya penanganan masalah bunyi klotokan oleh AHM ..

  4. wah inyong banget kuwe,,,,,mendoan+ sroto banyumas maknyyuuuzzzzz,,,,,slm knl mas ipan,,,,

  5. Klo resepnya pas, rasanya bikin malarindu… di jakarta penggemar mendoan bisa coba mendoan H nasir di perempatan jl barito, dari melawai lurus arah gandaria / radal

  6. untung aja skrng harga kedelai udah normal, cb klo harga nya mlambung tnggi, pst utk skedar makan tempe doank, kita hrus mkan d restoran bintang lima..!!
    klo skrng cukup d kaki lima aja deh.. hihihi 😀

  7. pernah bikin sendiri….jelas laaaaah ini kan makanan khas daerah ane…hahahaha
    sini bray main ke purwokerto…
    cb150r pwt club siap di sini… 😀

Apa Komentar Pemirsa ?