RANGKA TRALIS HONDA CB150R berlubang?

pagi gan

dahulu kala, ane dapet email dari pemirsa pertamax 7 gan GALLAN kurang lebihnya seperti ini ( wong cuma ane kopas 😀 )

Dear Bro Pertamax7,

Berikut ane mo ngasih laporan Rangka CB150R Berlubang,
Entah cuma rangka ane doank ato sama dengan yang laen. Yang pasti no-hoax.

rangka honda cb150r berlubang

^ benar2 berlubang dengan BOR, bukan sekedar rangka berlubang seperti yamaha new vixion maupun yamaha vixion kemaren ( disini )

setelah baca2 di rangka deltabox yamaha new vixion itu , ane menyimpulkan

1. lubang bor boran itu memang dibikin, buat pembersihan pipa besi tralis sebelum ci cat

2. biar cat masuk ke dalam pipa, jadi tahan karat

3. agar air didalam rangka tralis seumpama kemasukan dapat keluar, nggak bikin karat lagi

4. monggo ditambahin 😀

lubang lain di honda CB150R selain di headnya ya? kalau di head cylinder dah tahu fungsinya ( disini )

iki blog opo to kih? blog rangka karat, blog karatan, blog rangka berlubang, blog lubangan?

met bobo lagi gan

maaf ya gan, belum bisa balas komen2 🙁

117 KOMENTAR

  1. Namanya jg msh buatan manusia,‎​‎​G̶̲̅ãK̶̲̅ ad yg smpurna…T’lihat ringkih memang?!(¬_¬”)

  2. lubang sama coakan beda loh

    kalo lubang biasanya emang ada tujuan tertentu, kalo coakan, karena maksa dan harus ngeles ini itu,

    buktinya si verza ga ada coakanya

  3. itu lubang di buat sa’at proses stamping.
    _Memudahkan proses painting _agar cat yang masuk ke dalam pipa mudah keluar lewat lubang tersebut,karena menggunakan tenkinik celup /elektrodipping.
    _Mencegah air menggenang di dalam rangka sa’at kemasukan air

  4. Dalan banyu kui pan.
    Njajal dicek maneh rangka pipa sg ngarep cedak knalpot kui lakyo eneng…

  5. 9. h3ndr1 – 28 Februari 2013
    Namanya jg msh buatan manusia,‎​‎​G̶̲̅ãK̶̲̅ ad yg smpurna…T’lihat ringkih memang?!(¬_¬”)
    =======
    ketahuan gak baca isi postingan, baca judul doang… dasar sales

  6. ah biasa itu pan,seluruh frame sepeda mau motor atau sepeda biasa (kecuali pake carbon) pasti berlubang untung ngeluarin air,masukin cairan anti karat,ngeluarin hawa panas,dll…pokoknya itu banyak gunanya.
    wong gw aj beli frame sepeda pancal harga 7 juta aja ada lubangnya kok padahal made in polandia

    • setuju….spertinya emang buat jalan keluar air itu, tapi yang vixion kok rada ga umum gitu ya lobang2annya?? aneh

  7. Guoblloookk…
    Lubang itu mah sengaja dibikin,ky yg om pertmak tadi blg,trz lq di las hrz ada lubang bwt kluar panas,
    lq msalah tralis karatan,itu bukan karat tp kotoran sisa pengelasan cz pake laz CO2
    otak dangkal.

    • lq msalah tralis karatan,itu bukan karat tp kotoran sisa pengelasan cz pake laz CO2
      otak dangkal.
      ================================================

      LUCU!!!

      proses ngecat dulu apa preses welding dulu?

  8. tiap lubang yang disengaja bikin pasti ada fungsinya. contohnya kayak lubang dibawah knalpot, biar air pengembunan bisa terbuang.

  9. persis spt yg ane sebutin dulu waku artikel rangka vixion berlubang. rangka tubular pasti ada lubang dibor. kalo rangka vixion kenapa ga dibor biar rapi ?? memperingkas proses produksie

  10. arep nduwe motor rangkane ora bolong, gaweo dewe nganggo rel sepur!

    artinya:

    pengen punya motor kerangkanya gak bolong, bikin aja sendiri pake rel kereta!

  11. Smua rangka pasti ada lubangnya kayak gitu gan! Paling parah vixion, pipanya tipis, cepet kropos! Lihat aja sambungan rangka belakang ma deltabox nya! Umur 2th Pasti kropos

  12. hadehhh banyak yang lansung koment tanpa baca artikel terlebih dahulu..
    #judulnya JEGERRRR pan.. 😀

  13. kalo lubang rapi kayak gitu mah emang sengaja dibuat…di Byson-ku aja ada dibalik tutup aki…sampe ada yg bilang kagak ada berarti Byson palsu ato KW wkwkwkwkwkwkwk

  14. Beda kasus…
    kl di kasus cb itu kurang bahan dan,material pun palingan cuma pipa ledeng daur ulang mungut di tukang rongsok..wkwk

    • Pipa vixion lebih tipis, lebih cepet kropos! Buat ngurangin berat motor pake ngorbanin rangka! Payahh..

      • ada buktinya mas?
        emang udah lu bngkar pipanya terus di ukur pake stigmat?
        asal nyocor aja lo

        seengaknya las rangka new vixion masih jauuuuuuh lebih rapi ketimbang las rangka trussny si DOHC harian itu

  15. lubangnya buat buang air dan cat yang nyasar ke dalem waktu prroses nyelup cat,masalah selesai

    semua rangka modern pasti ada lubang gitu

  16. 1. lubang bor boran itu memang dibikin, buat pembersihan pipa besi tralis sebelum ci cat.
    ==> Masuk akal banget, biar pipa bersih luar dalam kan yach. Cuma itu berguna saat proses produksi doank jadi setelah itu ga berguna untuk sehari-hari pemakaian bukan? Malahan kalau lagi dicuci semprot steam bisa kemasukan air. Alhasil air akan menggenang di dalam rangka. Lama-lama timbul karat dari dalam rangka.

    2. biar cat masuk ke dalam pipa, jadi tahan karat
    ==> sama dengan nomor 1. Hanya saja bisa dilihat lebih detail fotonya tu tampak coklat2 di dalamnya. Berarti dapat disimpulin cat ga masuk ke dalam.

    3. agar air didalam rangka tralis seumpama kemasukan dapat keluar, nggak bikin karat lagi.
    ==> Posisi lubang ada di tengah rangka bukan di ujung paling bawah, jadi gimana air bisa keluar selama ada gravitasi dan motor berdiri tegak terus? Setelah konfirmasi dengan AHM, mereka bilang “air akan keluar lewat lubang itu dalam bentuk uap air ketika mesin panas”. Dapat disimpulin, air akan terus menggenang di dalam rangka bawah dan hanya akan keluar ketika mesin panas, rangka ikut panas, dan airnya keluar dalam bentuk uap. Hati-hati kalau lagi parkir outdoor. Dan jangan lupa habis nyuci steam motor musti diajak jalan jauh biar panas rangkanya.

    Ada juga yang bilang lubang itu wajar karena untuk meredam pemuaian saat proses produksi karena menggunakan temperatur tinggi.
    ==> sama dengan nomor 1. Berguna saat proses produksi saja bukan?

    • Klo ga punya motornya Jangan sok tau.
      Lubangnya ada di ujung pipa. Karna pipa satu sama lain dalemny ga nyambung ktutup sama shock besi sambungan(ada di tiap prrtemuan antar pipa). Jd ga bakal ada air kjbak d dalem.

      • Sorry Gan, ntu motor ane sendiri klo mo mastiin call video skype ane “gallan_sa” ntar ane tunjukin langsung gimana. Klo situ yakin airnya ga masuk n menggenang hayo coba semprot air ke lobang ntu. Ane si ga mau dagh..

      • Mencegah efek pemuaian tu umumnya pake jeda atau celah antar sambungan seperti rel kereta api atau pemasangan kaca jendela kayak di pelajaran fisika dulu Gan. Nah klo ini lubang gimana ceritanya? apa ntar lubangnya melebar menyusut gitu? ga bisa mbayangin kayak apa. hayo ada yg bisa bantu nebak?
        Soal abis cuci musti dipanasin dulu tu solusi dari AHM Gan. ane tambahin musti jalan jauh soalnya klo cuma dipanasi bentar doank mesin ane cuma anget mana bisa buat ngeringin air di dalam rangka.

    • Selain itu lobang itu juga mencegah jika panas berlebih sehingga teralis ga memuai, sama seperti NVL.
      ==> habis steam ngapai jalan jauh, kayak orng kurang kerjaan aj. kecuali steam pas jalan2. klo steam dirumah tinggal panasin bentar aj dah cukup.

      • Mencegah efek pemuaian tu umumnya pake jeda atau celah antar sambungan seperti rel kereta api atau pemasangan kaca jendela kayak di pelajaran fisika dulu Gan. Nah klo ini lubang gimana ceritanya? apa ntar lubangnya melebar menyusut gitu? ga bisa mbayangin kayak apa. hayo ada yg bisa bantu nebak?
        Soal abis cuci musti dipanasin dulu tu solusi dari AHM Gan. ane tambahin musti jalan jauh soalnya klo cuma dipanasi bentar doank mesin ane cuma anget mana bisa buat ngeringin air di dalam rangka.

  17. mungkin itu untuk membuat air yang masuk, atau lubang yang disengaja agar tidak terjadi pemuaian udara di dalam sebuah pipa atau rangka CMIIW

  18. Bel Sekolah Otomatis v2.0 Profesional kini gratis tanpa bayar.
    Telah didownload lebih dari 20000 (kamis, 28-2-2013) kali di seluruh dunia.

    Sebelum muncul versi 3.0, maka segala sesuatu yang melekat padanya kini gratis 100%

    NB: Segala paten yang melekat padanya menjadi tanggungjawab pengguna dan tidak dapat dibebankan kepada program developer SmileCodes, Inc

    Tautan downloadnya di https://sourceforge.net/projects/belautoschool/

    Semoga bermanfaat dan membuat sekolah Bapak Ibu semakin maju dan modern. Aamiin

  19. Only a life lived in the service to others is worth living.
    Albert Einstein

    pls follow us on twitter / instagram / facebook
    @motogpdistro

  20. Motor GL series ada rangka kecoak,dan motor yang baru keluar pun (CB150R) ada pipa berlubang.
    Apakah ini akan membawa malapetaka,karena pipa sasis berlubang,maka lama-kalamaan bisa bengkok dan patah,yang akhirnya mesin motor jatuh dan memakan korban.

  21. Kalau di Yamaha udah direject dianggap sebagai produk gagal..

    Las, Bahan, Cat BRONTOK semua.. Ni produk asal-asalan. kok pada mau beli??

  22. Yahaahahahhahahahahhaha…duh klo pake yamaha ane takut gan, takut gak tahan lama…lah, klo emang produk yamaha bagus kenapa sepi pembeli???

  23. What’s Going down i’m new to this, I stumbled upon this I’ve found It absolutely helpful and it has aided me out loads. I am hoping to contribute & help other users like its helped me. Great job.

  24. Setau ane rangka trelis itu rangka paling rapih…. soalnya teknik pengelasannya memutar soal lubang iia itu mesti ada karena brg itu hrus presisi istilah tekniknya main datum hrs fix hrs bisa dijadikan acuan :v
    Jgnkn trelis knalpot ajj mesti ada main datum!!! Skrg ane lg proses pembuatan bnda kerja untuk muffler honda dengan kode K03S & KYEG satu lagi ane lupa 😛

  25. selain untuk prosess painting/galvanisir,lubang pd rangka trelis untung menghindari porosity saat prosses welding.

  26. Emang disengaja om, semua motor pasti ada, bener komen om ipan, buat saluran air klo yang ada di bawah, emang ga dibuat untuk masuk air, tapi jaga2 karena panas mesin bisa ada uap nya sehingga bisa menimbulkan karat kalau ga dibuang, lapisannya sendiri udah dilapisi kok, cm klo air lama menggenang lama2 juga bs jd karat….

    Nice blog om ipan…. bagus buat knowledge, jd ga pd aneh klo nemu yang begini, dr semua tipe dan merk motor yang saya punya ada juga kok lubang nya,

Apa Komentar Pemirsa ?