FLYWHEEL honda VARIO 125 karatan?

311
598

dapet email di pertamax7blog@gmail.com mengenai bom waktu di RODA GILA MATIC yang menganut sistem radiator , judule pemilik honda vario 125 ini curhat

2

Bukan BC tapi ada bom waktu di belakang Fan Comp. Cooling Vario 125 tepatnya Flywheel Comp.-nya berkarat yang mungkin bisa dialami semua matic yang pake radiator….bener2 mengejutkan….besok ke Astra ahhhhhhhh

^ ini kata2 email ane copas aja 😀 apa perlu di skrinsut?

karat

4

flywheel aka magnet aka roda gila perangkat alternator dan AGC honda Cb150R  salah ketik lagi, honda VARIO 125 ( thank gan yudi 😀 ) ini memang ngumpet dibelakang radiator, sungguh rawan terjadi karat, nggak kelihatan lagi, segera cek aja, heran, apa lupa di lapis anti karat atau memang gimana nih ?

berkarat

5

Partner
IRC
Honda
FDR

FLYWHEEL honda VARIO 125 karatan?

segera cek maticmu, terutama yang pake radiator, salam

blog karatan nih, bahas karat terus 😀

tetep belum bisa balas komen 🙁

311 KOMENTAR

    • BUAT BLOGGER, mau ngasi statement pelurusan juga kalo judulnya flaming itu sama aja boong statement lu ga ada artinya,
      maaf kata ya kalo pernah di sebut sebagai “blogger ecek2” itu sebenernya koreksi buat diri lo bukan malah marah dan bikin artikel yang menjatuhkan.

      kalo ada yg ngira saya FBH, maaf ni motor ane mio jadul yg uda uzur bin karatan jg 😀 😀

      mohon maaf ye kalo ada salah cuma mau mengoreksi aja

    • Honda beat 2009 ku juga flywhellnya sudah lama karatan, tp gak ada pengaruhnya sama sekali sama performa ataupun kelistrikan.. Gak kelihatan sih dari luar tp begitu dibuka buat servis ternyata flywhellnya berubah jadi emas 25karat 🙂
      Tp motor satria 2tak ku dulu juga gitu.. Tp supra ku ngga soalnya tertutup Soalnya jg pake pendingin kipas jd ruang flywheelnya terbuka, kalo cuma punya megison pasti yg kaya gini nggumun..

      • @sid: setuju bro, kalo ada info kaya bro gini kan bisa tau apa akar masalahnya dari flywheel yg berkarat dan apa akibatnya kalo berkarat.

        kita sebagai user jadi tau apa yg mesti dilakukan, bukan cuma su’udzon dan menyalahkan pabrikan.

        jujur saya sendiri emang sales tablet pc, sering juga mendapatkan keluhan2 yang sebenernya hal sepele dan emang kesalahan dari usernya. karakteristik user sekarang ini cuma sekedar ikut2an lifestyle aja tanpa dan ngga mau mempelajari barang yang dia punya (maaf nih jadi curhat bin OOT)
        😀 😀

      • Oh ya satu lg.. Beat 2009ku mangkuk kopling gandanya jg karatan dikit tp gak sampai gosong sih.. Gak ngaruh sama performa.. Udah biasa itu pan.. Megison gak karatan karena flywhellnya rapet dan kerendam oli.. Tp ada baiknya juga kalo dilapisi anti karat dari pabrik buat komponen yg gak kerendem oli terbuka walau gak kelihatan.. Satu lg tu flywhell gak bakalan jebol seumur hidup walau warnanya kaya gitu.. Itu terbukti di satriaku

      • buset ane kena banned ga bisa kasi komen, hehehe
        (memaklumi aja deh dengan usia blogger sekarang)
        *untung masi ada ip adress yg lain #peace
        😀 😀 😀

        yang jelas ini komen terakhir ane di sini, belajar aja bro terima kritikan jangan cuma bisa mengkritik aja, jadi blogger harus kritis (salah satu favorit ane blog mesterinya om enigma) menerima info jg harus disaring dan selidiki, jangan sampe menimbulkan fitnah,berusaha netral apapun keadaanya kalo bisa kasi solusinya juga dan jangan setengah2 kasi infonya.

        mungkin kalo kata2 ane sedikit pedes saya cuma bisa bilang:

        “NYUWUN PANGAPURANE SING AKEH DAB, AKU YO MENUNGSO BIASA SING AKEH SALAHE”
        nek isih ga terimo iso email ng : evolution_chamber@yahoo.co.id

        matur nuwun

  1. flywheel aka magnet aka roda gila perangkat alternator dan AGC **”honda Cb150R'”ini memang ngumpet dibelakang radiator, sungguh rawan terjadi karat, nggak kelihatan lagi, segera cek aja, heran, apa lupa di lapis anti karat atau memang gimana nih ?

    **???

  2. wajar kali bro, namanya juga besi,,
    mau di gmnain jg pasti karatan karena ada proses oksidasi dengan udara + air,,,
    artikel2 lebay kaya gini nih yg bikin konsumen jadi manja dan maunya terima beres. padahal ada beberapa kesalahan itu terjadi karena kesalahan penggunanya dan ada beberapa part yg emg sudah SEWAJARNYA mengalami hal itu (ex: besi karatan)

      • bukan masalah begitu gan, punya pager besi ga di rumah??
        kira2 dalam 1 bulan kena ujan panas dan ngga karatan ga? cat ngelotok ga? kalo ngga karatan ane beli dah 2 x lipet dari harga pasaran per kilonya

        mau pabrikan merk H Y K S B de el el bisa ga ngilangin karatan?
        karakter user jaman sekarang itu cuma mau terima beres maunya sempurna tanpa mau tau batasan produk yang dia miliki. “true story”

        • Ya itu emang resiko jualan harus nurutin maunya konsumen, tampaknya sampeyan ini terlalu idealis. Dan harus diakui konsumen indonesia ini rewel,aneh,dan manja walau pinter ngakalin juga akhirnya.

        • Setiap produk pasti ada kekurangannya.
          Yang jadi pertanyaan adalah karat yang terjadi ini didalam yang seharusnya daya tahan karat lebih bagus dari material di bagian luar. Pengikisan akan terjadi lebih cepat pada material besi yang terdapat diluar dari pada didalam. Jadi jika material diluar saja belum berkarat tapi didalamnya sudah berkarat bahkan keropos itu karena material besi dan lapisan anti karat yang digunakan kualitas tidak sebaik material di luar. Jadi ini sebenarnya strategi quality saja utk meminimkan biaya produksi.

        • bukan idealis bro, tapi BE SMART:
          ketahui barang yang mau lu beli
          pelajarin kelemahan dulu baru kelbihannya, kenapa? karena biar kita ngga terlena dengan apa yg di tawarkan pabrikan.

          tuh agan sendiri tau kalo masalah itu bisa diselesaikan, selama masi bisa kita handle dan ngga ngeganggu banget apa salahnya??

        • oh lha sampeyan menyataken diri anda “be smart” itu juga udah masuk idealisme sampeyan,aku kerja di salah satu advertising agency, memahami konsumen itu gak mudah dan nggak bisa memaksakan harus bisa be smart, dalam hal ini pabrikan harus ngerti, kalo sampeyan pernah ngikut fgd buat copy testing/pre product testing pasti tau gimana anehnya konsumen di Indonesia.

        • bukan idealis bro, tapi BE SMART:
          ketahui barang yang mau lu beli
          pelajarin kelemahan dulu baru kelbihannya, kenapa? karena biar kita ngga terlena dengan apa yg di tawarkan pabrikan.
          =================================
          masalahnya adalah…..
          masih banyak konsumen yang tidak seperti mas bro…
          mau karatan kek..
          mau ngorok kek…
          mau nyendat2 kek….
          yang penting itu produk adalah produk H@&#& pasti dibeli dan yang lebih buruknya lagi adalah bila ada Fans tuyulnya yang terlalu mengagung2kan merek tersebut dan menjelek2an merek lain seolah2 merek yang diagungkan itu udah perfect. mudah2 ente dong aka ngerti

    • OH BEGITU YA!!!

      berarti lapak tetangga bukan dari besi biasa, karena gak karatan dan gak bocor.

      pakai besi dewa kali tetangga 🙂

  3. itu terjadi didaerah mana? itu Ngaruh ke Performa mesin? ini yang punya blog asal buang sampah mulu, mas ud seniorkan, jngan setengah2 dong informasinya.. belum bisa komen tapi bisa munculin artikel.. alibi aja kau ini pan…

    • setuju sama bro diatas,
      daerah, kondisi cuaca, habbit pemakaian (jorok/bersih)
      itu salah satu faktor yg bikin besi cepet karatan.

    • Lihat realita saja gan kenapa karat pada vario terjadi lebih cepat pada material didalam yg seharusnya daya tahan lebih lama dan mengapa material diluar justru tidak berkarat?
      Jika agan bisa berfikir smart (seperti id agan) pasti agan tahu jawabannya dan bukan berargumen semua material besi pasti berkarat.

      • emang cuma vario aja gan? usernya gimana kesehariannya? tinggal daerah yg seperti apa kondisinya, banyak faktor yg bikin karat itu cepat timbul….

        sudah pernah cek motor lain belum? apa cuma baru baca blog aja? atau cuma ikut2an berpendapat? apa merk H aja yg bisa berkarat? Y K S B P D anti karat?

        • Saya juga penguna mio dan bebek honda gan. Tapi saya bukan sales seperti agan ya 😀
          Di mio saya tdk seperti contoh gambar vario diatas. Agan kan juga pake mio….sekarang coba cek mio nya.
          Kalau ditanya faktor penyebab karat itu banyak faktor dan penyebab material besi cepat berkarat itu karena campuran material pelapis antikarat tidak sebagus material besi di luar.
          Jadi jgn heran dan berargumen smua besi pasti berkarat tapi lihat juga faktor lainnya dan salah satunya material yg digunakan.

        • take it easy bro…saya yg punya motor itu en sudah saya sampaikan perihal itu ke HC3…dan justru mereka mendukung untuk sama2 menginfokan ke rider Vario 125 ato matic beradiator utk mengecek sbg langkah antisipasi….bisa juga dipercayakan ke bengkel resmi masing2 merek…soal keseharian saya bisa bro simpulkan sendiri dari foto Vario 125 saya diatas ato misal pas mampir di Semarang bisa info aja…nanti kita diskusi sama2

  4. ATPM di negri ini memang suka asal kluarin produk, contoh… Lampu motor yg sliweran d jalan, motor baru tapi lampunya menyilaukan pemakai jalan yg lain. Safety Riding Opo kwiiiii :b

  5. Tolong Bahasanya di atur mas ipan… Ente kan bloger terkenal… Alangkah lebih bijaknya kalo nulis artikel pake bahasa yg lbih bijak.. Biar keliatan ky bloger beneran mas..
    Trima ga sampeyan mas?!

  6. blog karatan nih, bahas karat terus 😀
    Xixixixi…lanjutkan gaan…sebagai konsumen yang pinter kita memang harus dituntut kritis 😀

  7. Kayaknya yang dari tadi marah2 ga terima produk sesembahannya cacat itu ente sendiri deh boss,, kita semua disini ketawa-tiwi, eh ente sndri yang manyun kayak cewek,, ^_^

  8. mmg sie smua besi bisa karat, tp bisa dikasih material yg lebih bagus juga kan atau anti karat..

    perbandingannya dg kompetitor yg menerapkan sistem yg sama tuh sudah ditulis ” yang mungkin dialami SEMUA MATIC YG MENGGUNAKAN RADIATOR”.
    jadi bukan hny kondisi lingkungan & cara pakai,meski berpengaruh tp klo penggunaan sama,daerah juga sama,tahun sama, tp ada salah satu produk ttt yg karatan bukankah produk yg lebih cepat karatan lebih buruk kualitasnya??

    • @ be smart..
      klo ane jd konsumen ya ttp itu jadi masalah bro,krn ane kluarin duit buat beli produk,beda klo pabrikan,apalagi sales tau nya cuma lempar ke pasar GA MAU TAU keluhan konsumen,& GA PEDULI KEKURANGAN produk yg ditawarkan,yg penting UNTUNG!!

      • justru di situ kita di tuntut buat smart memilih produk bro, banyak baca2 blog dan forum yg informatif biar kita ngga kecele setelah beli….

        mau sekelas ninin 250Fi pun pasti bermasalah bahkan gadget sekelas iphone pun bermasalah, kita sebagai user mesti cerdik bagaimana mengatasinya. karena tidak ada yang sempurna 100%,

        ngga ada produsen jg ngga ada fasilitas(motor, mobil, baju, makanan instan, dll) yang bisa kita nikmati saat ini, betul bukan?

        • aneh ni orang yg ngaku smart. semua dilawan, sok paling bener lagi. komenmu diatas A, sekarang B. kok jadi semua jawaban itu smamu ada ya. Coba bandining komenmu ini sama yg diatas

        • BE A SMART USER & SMART BLOGGER – 14 Februari 2013
          justru di situ kita di tuntut buat smart memilih produk bro, banyak baca2 blog dan forum yg informatif biar kita ngga kecele setelah beli….
          =============================
          berarti yang beli motor cepat karatan itu adalah orang yang bo…….

          *silakan lanjutkan sendiri 😀

    • Betul Bro Hallo Le.
      Komentar Anda benar-benar SMART.
      Coba saja dibayangkan….material diluar yang setiap kali kena hujan dan banjir saja bisa bertahan lama tapi kenapa material yang posisinya didalam dan lebih tinggi cepat berkarat?
      Ya pasti karena kualitas material yang digunakan tidak bagus dan biasanya pabrikan melakukan ini untuk mengurangi cost produksi

      • kita ngga pernah tau kan kalo si pengendara sering lewatin daerah yg banjir, ato si pengendara tinggal di daerah pantai?
        kalo material yg luar keliatan ok, emang kita mau nyuci sampe ke jeroan2nya?

        semua mesti di jabarin bro secara detil dan mesti melakukan perbandingan juga dengan barang yang lain, kalo emg karatan ya karatan, wong bukan motor saya jg,,,
        cuma nih, kalo ngga di jabarin secara detil tuh sama aja nge JUDGE suatu masalah tanpa tau akar masalahnya itu bisa jadi suatu fitnah. kalo udah kejadian pasti bakal OOT dan saling fitnah satu sama lain alias perang gara2 fanatisme sebuah merk

      • Klo di dalam, yang jadi masalah air tidak kering bro.
        Menyebabkan lembab dan akhirnya……… karatan.
        Walau memang kualitas material juga menentukan.

      • apakah ini terjadi pada semua produk ?
        1pun mgkin yg pnya orang tepi laut,yg tiap hari kena air laut,
        mana ada lg yg lain terjadi macam ini,
        biasa aja 1:10.000.000

  9. hem…semakin heran ama comment yg selalu mencela…daripada saling tuduh soal BC lbh baik coba dibuka sendiri bagian yg dimaksud kalo punya matic beradiator…yg harus dicatat “bagian situ paling jarang dibuka dan baru dibuka kalo ada masalah dengan Flywheel ato ACG Starter”….tolong disikapi dengan mulai memperhatikan bagian tersebut….hari ini Vario 125 saya sudah diserahterimakan oleh Astra Siliwangi Semarang untuk penggantian Fan Cooling Comp. akibat ngorok dan masalah pada bagian tersebut….jujur dari pihak HC3 malah berterima kasih dan mempersilahkan untuk memberitahukan masalah itu kepada rekan2 pengguna Vario 125 supaya bisa segera diatasi dan tidak jadi masalah berlarut-larut….saya yakin semua pabrikan justru terbantu dengan adanya masukan dari penggunanya….

  10. blog yg realistis..bicara apa adanya..bukan ada apanya.. mulai dari komstir oblaknya old vixi, head lamp new vixi, rangka tralis karatan CB150R dan fly wheel vario 125 yg karatan dll..kurasa itu cuma sbuah realita yg harus mas ipan sampaikan kpd pengunjung blog..

    KARATAN…???
    sesuatu yeah…!!!

  11. Karat….??materialnya pake besi tua tuh…ayo yg punya motop berlogo sayap,sgera cek kondisinya…bila di temukan laporkan ke sini…wkwkwk

  12. Mungkin ahm perlu revisi desain bagian itu biar gak mudah karatan. masalah cacat produk pasti ada, dan revisi produk dari produsen adalah proses pembelajaran, tapi kalau dikit dikit dihubungkan dg gak mempengaruhi performa jadi wajar itu gak bagus.

    • kalo aku tetap jadi masalah bro.
      Lha wong tujuan beli motor baru yg masih kinyis kinyis koq tidak sesuai harapan. Yo jelas kecewa.
      Tujuanku beli motor bukan untuk sehari dua hari trus jual, tapi selama umur ekonomis. Kalo umur ekonomisnya pendek kita kan rugi.
      Contoh lain kalo kita mau beli baju, trus ada bagian yg belum dijahit. Apa kita jadi beli??

  13. Ane sering ke laut, liat nelayan bongkar mesin All Purpose Honda GX160, GX200 (biasa buat mesin perahu/parut kelapa/kompressor). Kalo Yamaha MZ175, MZ200.

    Biasa itu karatan.

    Di mesin2 spt itu, flywheel-nya bersifat magnetik, untuk memicu listrik dari CDI ke busi. Kalo dilapis anti karat, sifat magnetik akan berkurang dan berimbas ke pengapian.

    Dan memang gak perlu dibuat anti karat, krn lempeng besinya cukup tebal (0,5 mm). Di laut yg kena uap garam setiap hari, gak pernah tuh flywheel karatan jd problem.

    Ane ga tau kalo di mesin vario apakah mekanismenya seperti itu juga???

  14. Blog itu di ciptakan untuk mencurahkan isi hati seseorang, dan sebagian juga agar masyarakat tahu akan informasi yang kita punya. Jadi yang punya warung suka-suka dya mau nulis apa, jika tidak terima, buat blog sendiri saja sana yang meng-agung2kan motor loe. Dasar tukang sales.>>>>>>>>>>>>>

  15. wkwkwkwk karatan ya…
    kasian, motor yg ngakunya berkualitas ternyata ada partnya yg terbuat dari emas 24 karat 😀
    gak usah alasan bilang karena flywheelnya di luar ah…
    saking aja yg desain koplak. tuh vespa rombeng itunya juga di luar gak karatan, wakakakak

  16. lbh cpt karatan, coba sampeyan copot rear hunger wtf, tau rear hunger kan? lepas aja, disitu ada lobang bolong segedhe got tikus yang nembus ke fly wheel, bikin air gampang masuk

  17. BLACK CAMPAIGN iki! Motor HONDA itu paling sempurna, ini semua FITNAH! Harusnya bedah juga dong YAMAHA XEON/SUZUKI HAYATE, dll, cari karatnya sampai ketemu, baru bikin artikel yang adil bahwa Honda dan Yamaha sama-sama berpotensi berkarat dengan catatan bahwa produk HONDA yang sempurna tidak separah karatnya YAMAHA/SUZUKI/KAWASAKI/dll.

  18. klo mtor 2-1 thun karatan tu wajar, tpi klo bru 3 bulan udah karatan yo jelas ogah yg beli, mending tes aja mtor Y H S K pke di kondisi dan tmpat yg sma mna yg dluan karatan ? Hayoo cpa yg berani ? Jgan cuma omong komentar doank,

    admin pertamax lanjutkan, infomu bermanfaat buat konsumen sprti saya.

  19. Karat itu di mungkinkan terjadi akibat motor terendam air (kena banjir) sampai kena flywheelnya, tetapi karat itu tidak akan menimbulkan efek apa-apa karena besi di bagian luar flywheel itu hanya cover yang melindungi bagian dalam yang terbuat dari magnet, katanya sih gitu…

  20. perang seles jepang vs seles jepang, seandainya para seles ini membela produk indonesia dengan semangat seperti ini indonesia akan menjadi produsen sepeda motor terbesar no 1 atau 2 dunia, atau setidaknya memiliki juara dunia balap motor, (rossi saja bingung liat indonesia yang pengendara motornya luar biasa banyaknya namun tidak memiliki pembalap motor gp)

  21. menurut saya cacat seperti diatas wajar dan sering terjadi, masalahnya adalah apakah pihak jepang mau memberikan penjelasan kenapa dan merecallnya jika dianggap mengganggu keselamatan.

  22. Coba ikutan komen. 🙂

    Skywave 125 ku, flywheel alias magneto (rotator assy) aman dari karat, karena kebetulan di tipe ini, alternatornya TERENDAM oli, spt yg banyak diterapkan di motor2 lain (bebek dr segala merk, motor sport Honda, dll dsb).

    Kayaknya di matic Vario ini, alternatornya KERING ya, alias ga kerendam oli ? CMIIW. Wajar jg kalo jd cepat berkarat, apalagi kalo sikon penggunaannya mmg kurang bersahabat (lembab, sering kena hujan yg mengandung asam).

    Kebetulan Pulsar 200 thn 2008 akhir ku, alternatornya KERING, dan mmg ada gejala lebih cepat berkarat dbanding yg basah. Tp ga sampe spt emas 24 karat gitu sih, cuma bintik2 sedikit saja, entah krn kualitas material/pengerjaan yg lebih baik, atau jg faktor sikon pemakaian yg lebih ok (udah jalan 100 rb KM, sering turing k mana2).

    Salam. 🙂

  23. mas,sebaiknya kalau mau bahas beginian diselidikin dulu kenapa kok magnet kaya gitu bisa karatan.jangan asal tulis aja karena ada barang bukti yang masuk.

    udah dijelasin tuh diatas sama komen #56 kalo timbulnya karat di flywheel,terlebih yg tipe kering.

    apalagi fungsi alternator vario125 juga dijadiin acg (starter),kemungkinan bila dilapisi anti karat sifat magnetiknya jadi tidak optimal,
    kenapa karatan?
    ya karena bagian itu hampir tidak akan dibongkar,dibersihkan,dan dikeringkan dari air yg masuk,lha bongkarnya aja ribet.

    #maturnuwun

  24. sepertinya matic honda kok banyak karat yaa

    kemaren di bengkel lagi bongkar skupi
    kok didalemnya ada karat juga
    ya bulatan seperti itu ntah apa namanya ..

    lupa gak di foto …

    anggep aja bacotan ini sekedar hoax :p

  25. Sudahlah legowo aja,toh ini artikel menguntungkan konsumen agar produsen gak seenaknya aja mengeluarkan produk dengan kualitas ala kadarnya,gak ahm aja tapi untuk semua produsen motor agar menjual produk yang kualitasnya lebih baik walaupun gak 100% sempurna,ingat konsumen beli motor pake duit bukan pake daun atau duit-duitan monopoli yang gampang kita dapat….

  26. aku dukung blogmu pan!!! jgn mundur klo cuma gara2 kripikan pedas *eh mksudnya kritikan pedas di atas…
    tp yo ben ada perubahan yg lebih baik ambil positifnya biar ga ecek2 terus, heheee…..

  27. wokk gayeng men to pan,,,???

    hehehehe,,, bagi yang punya motor matic,,, silahkan dicek,,,, terutama bagi yg gak kerendem oli flywheel nya,,,,

    kalo ketahuan karatan,,, tanyain ke diler,,, bisa di permak kagak,,, hhehehe ngunu ae kok ribet jwe,,,

    blog iki tombo setress,,, lumayan buat represh setelah mikirin pelanggan komplen,,,, aku yo bakulan,,,tapi semua komplen dari konsumen ane terima dan masukkan sebagai pertimbangan buat ndatengin baranggg,,, 😀 😀 😀 😀

    Eh tapi pitunge mbah mangun masih kinclonk kie,,?? no karat,, taun 72 lho pannn,,, 😛

  28. pembeli dan penyembah produk AHaem memang payah. kalo ente fanboi hongkong a.k.a hansip hendi beli lah tuh produk Honda global dijamin bagus + anti kibul gak kyk AHaem. produk honda global dijamin gak ada tuh karat2an. kyk ane dong pake CBR yg msh cbu. mantabh

  29. Yg nmany besi kna air pzti kratan mabro & yg nmany motor yg d pake pzti timbul karat .. !! motor semahal apapun pzti kna karat d bgian trtentu, contoh aj sepeda .. !! klo g mw krtan gmpang, ksih cairan lilin pengawet, trus laminating dn sipan dh d ruangin yg hampa udara .. !! ane jamin pzti g karatan .. !! Hahahaha ..

    • masalahnya ini motor masih baru udah karatan, gimana kalo udah 5 taun, apa gak makin menjijikkan tuh karatnya?

  30. mang bner koq vertec aq jga kyk gtu ternxta 🙂 🙂 kyk gmbr d’ats
    twnx pas mekanik bongkar daerah situ mksdnx sich pas mw ganti kipas biar ga ngorok

  31. kalo yg
    ada
    mas
    alah
    mo
    tor
    hon
    da
    aja
    cetar
    mem
    bahana

    maklum
    simpanse
    mau
    jadi
    bloger
    ternakan
    yimm

  32. Wah panjang banget thread komentarnya,,,

    Ane baruan bongkar Vario 125i Old, buat ngecek ACG,,, emang Flywheel berkarat, tapi tidak separah di foto itu,,,

    Jadi berkarat iya, tapi parah tidaknya ya tergantung banya faktor,,,

    Yang jelas, meski posisinya didalam tetap bisa kemasukan air (yg pernah bongkar pasti tau alasannya),,,,

    Ane menyayangkan hal ini terjadi,, minimal metal alloy flywheel dibikin anti karat, entah itu pakai lapisan zink seperti di baut-baut (warna agak kekuningan biasa di baut), agar anti karat,,,,,

    Flywheel juga susah dilepaskan dari As-nya, seharusnya saat perakitan dikasih anti-seize compound atau minimal grease pada as-nya,,, coba bayangkan jika bengkel yg handle gk punya treker khusus ?

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.