rem cakram seret, waspada oleng, cek pake spidol [ DIY cek keolengan disk brake ]

artikel adem gan

kemaren kan cerita kalau vario ayah ane kehabisan kamvas rem, setelah diganti baru problem cit cit cit tetep muncul, tanya kenapa

setelah ane puter-puter, ada beberapa bagian yang serettttt bgt, ada yang longgar baanget, waduh sepeleng aaka oleng nih disknya, cek yuk

1. standar tengahkan motormu, ganjel pake dingklik biar ban depan bisa diputar

pertamax7.wordpress.com 023 (Small)

2. siapkan spidol non permanen, ora ngiklan iki, suerr ^

pertamax7.wordpress.com 024 (Small)

3. gambarkan gari2 miring atau lurus terserah keseluruh disk, kemudian diputar2, ( ingat tanpa menekan handle rem )

 

pertamax7.wordpress.com 026 (Small)

4. akan terlhita daerah yang hilang bekas spidolnya, itu yang oleng πŸ˜€

inikah efect telat ganti brake pad?

stelah tahu keolengan ini langkah yang ditempuh

1. di press kan disknya

2. beli disk baru

3, beli motor baru πŸ˜€

salam diy

90 KOMENTAR

  1. coba di bongkar kalipernya mas,harusnya walaupun oleng namun jika masih ditolelir masih bisa kok berjalan dg normal,harusnya besi dudukan kaliper (pangkon) bisa bergerak maju-mundur,mungkin saja as pada kaliper tersebut seret jadi kaliper tidak dapat mengikuti ke olengan piringan cakam
    coba deh baut bintang t40 kaliper dibuka dan coba tarik besi pangkon kaliper ,kalo susah berarti as kalipernya berkarat dan seret
    sekalian mumpung di bongkar bersihkan as dan kalipernya serta lumasi as kaliper dg gemuk yg bagus (high temp kalo bisa)

  2. kalau yang 2 piston seret belum tentu oleng, dicoret pake spidol terus diputer pasti kehapus. kadang salah satu pistonnya macet.
    Solusinya beli motor baru. Upsss…… Kemahalan. Bongkar aja kalipernya terus bersihin

  3. mobil jg bisa kyak gitu gan.., biasanya kena krikil kecil2 sampe buat bunyi berisik saat ngerem, solusinya bersihin kampas rem sebersih mungkin.., soalnya kerikil/tanah keras yg ancur di kampas ninggalin bekas2 kotoran gk sdikit.

  4. ngecek disk peyang koq gitu sih?
    Mustinya (tp imho- lho).
    Copot disk, ambil kaca (luasnya minimal seluas disk tambah dikit).
    Letakkan disk diatas kaca.
    Pasti ketauan yg tak rata.
    Untuk mengetahui bagian yg tak rata :
    * olesi kaca pake oli atau grease.
    * taroh disk diatasnya.
    * bagian yg tak terkena berarti yg peyang, tinggal tandai pake supidol permanen.

    Kalo udah ganti kampas masih bunyi (kampas dan disk bersinggungan), bs disebabkan
    * kaliper dan disk kotor. Solusinya tinggal bersihkan.
    * bearing roda jebol. Coba cek dg menggoyang2kan roda sewaktu disk dicopot. Kalo goyang kemungkinan bearing udah soax.

Tinggalkan Balasan