komparasi speedometer HONDA CB150R dengan GPS

214
791

update setelah sholat Jumat 😀

honda Cb150R meneh, ckckckck setelah banyak uji2, kali ini membahas deviasi( susah banget, kayak nama cewek devi dan disuruh ke sumatra buat trasmigrasi  😀 )

pertamax7.wordpress.com 026 (Small)

siapkan waktu dan bandwith 😀 artikel mayan panjang dan berat nih 😀

apa sih deviasi itu?

Dalam statistika dan probabilitas, simpangan baku atau deviasi standar adalah ukuran sebaran statistik yang paling lazim. Singkatnya, ia mengukur bagaimana nilai-nilai data tersebar. Bisa juga didefinisikan sebagai, rata-rata jarak penyimpangan titik-titik data diukur dari nilai rata-rata data tersebut.

Simpangan baku didefinisikan sebagai akar kuadrat varians. Simpangan baku merupakan bilangan tak-negatif, dan memiliki satuan yang sama dengan data. Misalnya jika suatu data diukur dalam satuan meter, maka simpangan baku juga diukur dalam meter pula.

Istilah simpangan baku pertama kali diperkenakan oleh Karl Pearson pada tahun 1894, dalam bukunya On the dissection of asymmetrical frequency curves.

^ mumet, pokoknya test untuk mengetahui apakah speedometer honda Cb150R akurat tidak, jadi apa yang tertampil sama dengan kecepatan sebenarnya, karena juragan pertamax7 ga punya alat buat test ini, ane cuma ngambil dari 2 sample yang diberikan oleh lek reka dan lek dipo hehehe, seperti komentar yang dilontarkan oleh lek reka master 1,2 KWintall, piss 😀

image

^ kecil2 ya tulisanya , heheheh, entar ane gedein ayo dibahas

ternyata setelah di test dengan kecepatan ON SPEEDOMETER, honda Cb150R menunjukkan kecepatan 77 KM/jam, kalau di GPS ( samsung kalau ga salah, ga paham android ane : D)

Partner
IRC
Honda
FDR

topspeed honda CB150R on gps

ayo dihitung

rumus = kecepatan on speedometer – kecepatan gps dibagi kecepatan on speedometer dikali 100 persen

% deviasi = 77-69/77*100 % =  10,389 % ( kata lek reka sih SPEEDOMETER HONDA CB150R kalah akurat dibanding speedometer honda New Megapro dan honda CS1 )

beda lagi dengan lek dipo dari artikelnya honda CB150R pake android nexian ya?

Topspeed yang saya peroleh dengan posisi badan biasa (ga nunduk2) hanya bisa mencapai 126 km/jam (pada GPS, menggunakan Ulysse speedometer for android tercatat hanya 115 km/jam saja). Kecepatan tersebut diperoleh dengan gigi 6 dan 12 ribu rpm alias mentok. Maklum bero, badan beruang 76 kg :lol:

% deviasi = 126-115/126*100 % =  8,73 %

beda maning dengan lek iwb di artikel komparasi speedometer yamaha new vixion dengan GPS BB runtastic ( pake BB YA? )

Biasanya begitu brosis. Walau ada juga yang konstan dan tetap terpelihara pada kecepatan tinggi. Dan hal itu sudah IWB buktikan pada saat pengetesan Honda CBR150R. Speedometer 133km/jam….GPS Runtastic 130km/jam. Semoga berguna….(iwb)

% deviasi = ((133-130)/133)*100 % =  2,25 % ( kalau honda CBR150R )

kesimpulannya

  1. beda GPS beda simpangan 😀 ( ralat dari gan hendy )

Sorry bro, kurang begitu setuju, setujunya cuma 1/2 aja untuk kalimat : beda GPS beda simpangan, perbedaan ini muncul bagaimana di mana lokasi dan cuaca saat agan nyoba, karena ketika cuaca agak mendung dijamin akan berbeda dengan cuaca cerah, karena ane jamin sinyal yang diterima berbeda, hal ini bisa dilihat pada informasi akurasi sinyal yang biasanya berupa bar-bar, biasanya GPS dengan frekuensi sipil dengan akurasi 20 meter itu sudah bagus dimana bar yang muncul ada 8 satellite yang terbaca…

  1. deviasi 77 km/jam on speedometer = 10,389 persen
  2. deviasi 126 km/jam on speedometer = 8,73 persen
  3. deviasi honda CbR150R 133 km/jam on speedometer =2,26 persen
  4. makin kenceng makin akurat kah bingung???
  5. honda CBR150R lebih tepat speedometernya ketimbang honda CB150R ( beda harga beda rupa : D)
  6. kenapa lebih akurat honda new megapro, padahal kan mirip velgnya, sensornya dan spedonya, jawabanya karena TEBAL BAN DEPAN ( alias tingginya )

honda new megapro tinggi ban depanya 80/100 = 8 cm, kalau honda CB150R ban depanya cuma 80/90 = 7,2 cm, beda tingi  0,8 cm pengaruhnya mayan juga ya, pngen honda Cb150R akurat? gampang tinggiin aja ban depan, jadi diameter ban makin besarrr 😀 ( thanks gan chekers atas koreksinya : D)

nah, bingung kan, ane mah tinggal nunggu review bang haji dan gus triatmono yang mempunya alat ukur akurat yakni gps yang josss beserta RACELOGIC !!

 

penggunaan jenis GPS dengan berbagai merk

dari samsung, ke nexian ke BB menghasilkan data yang berbeda-beda ya, harus pinjem GPS DORNA nih biar AKURAT !!!!!

pertamax7.wordpress.com 076 (Small)

kaburrrrrrrrrrrrrr, naik hONDA CB150R 😀 ( disensor untuk mengamankan pelaku : D)

artikel lain kompaarasi GPS dengan speedometer cek SAFT7

www.saft7.com/komparasi-speedometer-gps/

214 KOMENTAR

  1. deviasi( susah banget, kayak nama cewek devi dan disuruh ke sumatra buat trasmigrasi )
    ================================================
    hahahahhahaaa….yang ini saya sukak…. 😀

  2. Welaah…lagi bentar aja bangku udah penuh,kepaksa ngadeg iki…btw mas ipan jg kena deviasi?? Mending pake racelogic aza.

  3. wakakakak.. Asli ngakak.. 😀
    Asal jgn devi yg di lokalisasi aja mas Ipan.. Xixixixixi.. 😀
    Kalau dorna siapa ya mas? Dora yg bikin terlena? 😀
    Btw jd wondering hasil gps yg pake racelogic.. Ditunggu ya mas cerbungnya.. 😀

  4. wew….berarti sudah sah kah NVL lebih akurat dari cb150r?

    ada yang udah jajal mas bro ipan, pake race logic, top speed NVL 132kpj, CB150R 135Kpj

  5. waaahhhhh ternyataa cb150 spidometernya ngaco ya, wakakakak ngibul, pantesan dibilang kenceng, lha wong spido dagelan,
    tuh NVL cuma selisih 3 kpj (IWB)

  6. Klaim Pabrikan untuk CB150R aja 122km/h jadi kl on speedo 135km/h , that’s normally .Top speed NVL 120km/h, itu klaim pabrikan jelas sudah GPS. Kalau on speedo 130km/h sangat wajar.

  7. Sorry bro, kurang begitu setuju, setujunya cuma 1/2 aja untuk kalimat : beda GPS beda simpangan, perbedaan ini muncul bagaimana di mana lokasi dan cuaca saat agan nyoba, karena ketika cuaca agak mendung dijamin akan berbeda dengan cuaca cerah, karena ane jamin sinyal yang diterima berbeda, hal ini bisa dilihat pada informasi akurasi sinyal yang biasanya berupa bar-bar, biasanya GPS dengan frekuensi sipil dengan akurasi 20 meter itu sudah bagus dimana bar yang muncul ada 8 satellite yang terbaca… 🙂 CMIWW

    sorry agak2 kritis, kebetulan dulu Skripsi bikin peta, tobat punya professor galak amit, bikin peta ampe berkali2… jadi ga lulus, sukurnya lulus juga… wekssss koq jadi ngelantur ya?

    ya bahasannya +/- gitu deh, semoga membantu….
    dan just sharing… 🙂

  8. maap gan pertamax 7, ntu alat gps ngukur kecepatannya perlu dikalibrasi ulangkah setiap berpa kali pemakaian. Namanya juga alat gan yang kerap salah….thanks atas infonya….

  9. ternyata jagoan jalanan mlempem juga,
    kalo niat kenceng 2tak sekalian lah, biar ninja r deviasi-nya gede’ tetep aja yang lain lewat,

    mau ngebut dimana sih?.
    Ngimpi gan, ternyata speedometernya soak 😛

    :mrgreen:

  10. mana ni fansboy yang bilang speedo tetangga ngibul di warung sebelah padahal cuma selisih 3kpj dari gps.nah kalo nyang ini gimana?

  11. walaupun kurang akurat..
    ane tetap pilih CB 150 R gan..
    soal nya da ane liat dengan mata kaki ane di test pakai dyno test nya bajaj waktu mereka buat acara d jurusan ane (makLum anak Mesin euy)..
    vixion lawas tuh mentok 125 km/jam
    Megapro 128 km/jam
    CBR 150 R 141 km/jam (baik yg karbu / yg injection)
    Satria FU 141 km/jam
    dan yng paling gk nyangka..
    Ninja 250 cuma mentok 145 km/jam
    :v hahahahahahah

  12. Dik Ipan…ane mau tanya nih…
    Gear box nya cb150r itu sama persis dg gear box CBR 150 R gak ya..?? Rasio tiap2 gir nya sama dg CBR 150 R gak?

  13. ada yg bilang mnding beli 2tak, saran ane mnding 4tak. 2tak dah bkn jamannya. mknya moto gp 2tak dhapus. nih pngalaman gue punya RXK ama NSR SP. kalau kncangnya siapa yg nyangkal si SP,dah cobain smua motor 2tk 150cc ya SP ini yg plg jos, tiap hari pakai krja plg2 buat lari 100-120km/h mau top speed 180lbh byk container n tronton mz bro..nyawa taruhannya trlena 1dtik goodby..skrg jd motor jadul dah gk jamannya

  14. ms erick@ tuh ninja se nya pakai blok apa? kq bisa powernya ningkat setara dg NSR SP 40ps. tp aq prnah coba sih mesin std SP tp carbunya aq modif tk kasi power jet, tinggal bor aja trus set powet jet sesuai dg kbutuhan putaran atas dah ningkat lg powernya, mesin gk tk rubah cuma itu doang, 150rb. mau modif mesin gk berani top speed trlalu kncang plg2 180km/h dah tutup gas lg gk brani tbh gas. nyawa mas bro..

  15. sproket gear yg dpke jg nentuin ke akuratan speedometer pan.. Coba aja/andai CB150R gear sproket nya dsamakan dg CBR150R,psti hsl yg ddapat akn brubah..
    #pengalaman..

      • ngejar accelerasi pan.. 😀 ane jrng kbut2an bwt trek2 lurus,. Ane doyan maen k daerah pgunungan,soalny trek ny bnyk tkungan2 yg maknyus kya sirkuit,, hhe.. 😀
        Smpe akhrny ane dpt goresan aspal di lutut ane,smpe skrg msh mmbekas 🙁 T_T

  16. bang ipan@ modif sproket bukan brarti suka kebut2an tuh kan cuma mau speed yg trbaca d speedometer lbh akurat lagi. memang benar itu ms ipan jika sproket blkg dkcilin ntar lbh presisi. samain aja ama cbr pakai 43, tp ntar karakter brbeda

  17. yupz.. Bnr bro.. Lbih terasa bedany klo sproket depanny aja yg dgnti dg ukuran lbh kcil ato dg yg lbih bsar (mata gearnya)
    #pengalaman pribadi.. 🙂

  18. cb150r kencang memang. …………. … speedometernya.
    wkwkwkwkwkwkw.
    namanya dohc abal” yg dibangga banggakan fbh(ipan) psti kenceng dspeedometernya aja.
    fbh alasannya sgudang

  19. maaf mas bro smua ya? bkn aq nge bc tp ni knyataan. ada alay dtg k bengkel bilang megiprimusnya klh speed ama old vixi, ya jelas wg vixi pakai 4katup + kompresi tg. mnta tolong tk kasi solusi. noken semi racing + kmpresi dtingkatkan skitar 1:10,5 biar awet. cdi pakai varro (250rb) gk prlu extrem. 3 hari kmbali bilang dah cukup mas. ealah cuma sgitu maunya…

  20. Wis mbuh bingung pan, intine spido motor lek d bandingne karo alat ukur liyane enek bedone, luwih akeh spido motore.
    Lha selisihe iku sing karo bapak ibuk e dinamakan “deviasi”.
    Wis berapapun deviasine sing penting numpak motor slamet teko nggone, opo maneh gawe mbonceng mbak devi, qqqqqq..

  21. Data baru nih…..
    Bagi yg masih menakar 1 sendok perbedaan konsumsi BBM NVL & CB…
    Yg benar gini mas bro.. :
    Hasil ECO riding NVL 50 km/liter (by TMC)
    Hasil ECO riding Cibi 36 km/liter (klaim pabrikan)
    Selisih konsumsi BBM utk jarak 50 km adalah (50-36)/50 x 1000 mL= 280 mL (seperempat liter lebih tuh) alias 1 gelas lebih…
    ….Kesimpulannya….. :
    Utk pemakaian pd jarak 36 km NVL lebih irit 280 mL (seperempat liter lebihhh)..
    Perbedaan tsb sangat signifikan. Dengan kata lain NVL lebih irit 38,9 % dibanding CiBi…

  22. waaah ngaco tuh gpsnya, masak jarak tempuh 500 meter cuma dpt top speed 69??
    harusnya mpek 100 lbih tuh,,
    munkin signal gpsnya g stabil kyaknya

  23. Lepas dr pembahasan speedometer..ada fakta baru ttg eco riding kedua motor.. :
    – NVL lebih irit 38,9 % dibanding cb150r
    – Pd jarak 36 km…saat cb150r kehabisan pertamax, NVL masih sisa 280 mL (seperempat liter lebih)…
    – Pada jarak 36 km, cb150r memerlukan 1 liter pertamax, sedangkan NVL cukup 0,72 liter…

    ……silakan dihitung lg…mungkin didapat angka yg lebih benar…

  24. old vixi nih anak2 pakai every day buat krja jrk jauh rata2 1:37 mas bro..tp maklum dah 4th pmakaian. kalau cibi 1:36 ya masih inreyen klau dah 4th ya skitar 1:32

  25. gps hape emang gak terlalu akurat… kalo mo akurat ya pake yg spek militer… akurasi sampe hitungan milimeter…

    liat aja di hape kalo deviasi sampe beberapa meter itu belum terlalu akurat… dapet sinyal satelit sampe lebih dari 5 juga belum menjamin…

    pake garmin aja kadang masih ada deviasi, tapi dah mending daripada hape… 😀

    kalo mo akurat mungkin kombinasi racelogic n vericom bisa membantu… tapi modalnya gede… 😀

    • Makanya dikasih minum pertamax PLUS…cb150r kan kompresinya 11:1… Dikasih premium ya pasti ngelitik… Walo AHM meng-klaim cb150 ready premium tapi kenyataannya ngelitik kan….

  26. mas bro.. baru tau dohc ya? mmg dohc itu cenderung dbikin kasar ato gap seam ama noken dbkin renggang biar lbh enteng n mesin panas power tdk drop kalau pngin halus ya seam dgnti agk tbalan dikit. itu normal. kcuali kalau piston yg nglitik lain lagi klo ini mah bbm gk cocok (motor std). biasanya terasa jk speed tinggi baru trdngar pistonnya kmlitik. kmpetitor sama pakai primum dbejek habis piston bunyi kmletek n power drop. so smua punya klbhan n kkurangan. motor injeksi tanpa kcuali lbh baik pakai minimal pertamax. motor keren minum premium?

  27. Cek kecepatan pk gps hp kurang stabil mas.
    Ane coba test akurasi speedo nmp dg gps pk aplikasi android speedometer sony xperia.
    Hasilnya:
    saat nmp jalan dan dipanteng di 35km/jam, terbaca di android speedometer 37km/jam, kaget koq gps bs lbh tinggi. saat itu posisi tangan kiri sambil pegang hp, jd bisa liat langsung pembacaannya.
    kemudian coba test kenceng, kali ini hp masukin kantong jaket, pembacaan di speedo nmp ane panteng di 92km/jam, setelah dirasa cukup berenti n liat hasilnya ternyata 88,2km/jam, nah loh.
    Penasaran sekali lg test running lg, tetap dijaga konstan di speedo nmp 92km/jam, namun hp ane pegang, n terlihat di gps hp terbaca 90km/jam.
    Kesimpulannya gps hp kurang stabil, masukin kantong jaket aja pembacaan bisa beda. N ada delay saat berakselerasi, pembacaan di gps hp stabil, kl kecepatan dipAnteng agak lama.

    • saya pernah komparasi gps di pulsar, jaman2 dulu ngutek2 gps
      ada fotonya cuma keapus pas instal ulang pc -_-.

      yang dibandingin
      ♣garmin nuvi 205w
      ♣gogo902
      ♣N78 + garmin xt 5 (symbian gan, android belom nongol :mrgreen:)
      ♣Samsung valencia + ndrive

      metodenya simpel.:
      ♦di tes di lapangan terbuka (mandala krida)
      ♦speed dipatok max 60 & 80 km/jam, ga lebih. lebih dari itu semua handheld direset.
      ♦Sebelom mulai, nunggu cold start (googling cold start kalo ga tau :lol:) sampe bener2 ngelock satelit >12 . tiap handheld beda2 cold startnya, paling cepet nuvi paling lelet valencia (sampe 10menitan)
      ♦2x pengulangan. Tiap handheld dimasukin ke kantong yang beda :mrgreen:

      hasilnya
      speed 60
      ♣garmin nuvi 205w 56, 56
      ♣gogo902 56, 56
      ♣N78 + garmin xt 5 (symbian gan, android belom nongol :mrgreen:) 55, 56
      ♣Samsung valencia + ndrive 56, 56

      speed 80
      ♣garmin nuvi 205w 78, 78
      ♣gogo902 78, 78
      ♣N78 + garmin xt 5 (symbian gan, android belom nongol :mrgreen:) 78, 77
      ♣Samsung valencia + ndrive 78, 78

      kenapa gw apal?
      1. yang ngetes gw sendiri
      2. angkanya kembar kembar 😆

      kesimpulan :
      handheld ga akurat? belom tentu juga
      Simpangan pasti terjadi, makin banyak ngelock satelit makin akurat hasilnya. Perlu diketahui, cukup dengan warm start alias ngelock 3 satelit aja sebagian aplikasi gps bisa jalan kok. cuma ya itu dia, simpangannya makin bessssssaaaaaaaaaarrrrrrrr.

  28. oww. . .gtu ya gan. Maklum gan, ga pernah pke DOHC dri dlu make sohc mulu n’ mesinnya halus ky pi2nya luna maya. Lah ini make cb kok nglitik, tp kl dpake kenceng ilang suara nglitiknya. Kira2 nrmal ga gan ky gtu. Mhon pencerahannya. . .

  29. ga sempet bkin video tuh gan. Emang yg agan test kmaren nglitik juga ga? Pertamax ap premium yg di test kmaren gan. Apalagi kl pas tutp gas, wuihh. . .nglitiknya kenceng bner gan. Jd ilfil lama2 gan.

  30. tunggu jadwal service dlu aja gan, kl ttp ky gtu ya trpksa di lego trus bli p200ns aja, atau pilksen. Apa tnggu pistonnya jebol dlu aja ya. Hehehe. . . .

  31. pakai bebek aja mas bro.. msn halus krn semua partnya dbkin kecil2 biar minim gsek n gk brisik. dohc kasar/berisik bnar skali. scr teori rantai keteng pj bgt jd main bebas rantai lbh lebar, klep cb 4 gede2 lagi, jk dah brisik klewat ya bawa aja k bengkel resmi. yg brmasalah bsar jika kencang tbh brisik, nih da part yg gk beres. coba mas bro pakai satria FU jg brisik skali tp mmg gitu karakter dohc

  32. Gue ngebut gas poll pake cibi tembus 288 kpj. Tapi cibi dg kode fireblade bukan yg streetfire.
    Wkwkwk,,,
    Mau yg lbh mengerikan pake gixer, 300 kpj…!! Busyet, ampe setengah muter helm gw.
    Btw, akurat 100% gag ya speedometer ke-dua gajah punya gue tu??

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.