knalpot yamaha new vixion lighning keluar air, pertanda proses pembakaran yang bagus

pagi gan

ketika ane mudik Jum’aat kemaren, baru aja 5 menit onlen fb, ada chat, kirain cewek gitu ( ngarep πŸ˜€ ), ternyata cowok, hayah, juragan yamaha new vixion yang baru aja beli dan yang ane jelasin kemaren nyopot visornya itu tu

beliau tanya dan khawatir karena keluar air dari knalpotnya

knalpot berair

keluarnya air dari knalpot ini bukan karena motor lagi pilek gan, namun ada 2 kemungkinan dasar yang terjadi

  1. pembakaran yang terjadi sempurna, dan beberapa teori lainya sehingga keluar air dari knaalpot merupakan pertanda baik nan bahagia, secara gitu motor baru, injeksi lagi , yamaha memang josssss ( ga tahu kalau motor dah berumur ), dan motor2 injeksi lainya dan juga karbu juga ada yang mengalami, asal setelan passs, pernah kan lihat mobil keluar air dari knalpotnya, thats mean β€œpembakaran yang sempurna :D”
  2. kemungkinan kedua ini karena paktor human error yakni terjadinya air karena air masuk melalui lubang knalpot di belakang saat mencuci motor, kehujanan maupun paktor sengaja seperti udah punya anak kecil kemudian kasih selang air, trus masukin air πŸ˜€

seumur2 megison belum pernah ngalamin point1, point 2 sering πŸ˜€

ada yang pernah, ?

salam pertamax7

salam kuncibusi πŸ˜€

salam megisonrider πŸ˜€

229 KOMENTAR

  1. supra pgmfi saya juga gitu mas…tiap mesin adem trus distart ya selang beberapa menit keluar ttesan air dari knalpot…hehe

  2. Kok gak diPakein pampers? Kan jadi mblambang (apa ya artinya) kemana-mana, kwkwkwkwkwk
    Lha knalpotku malah keluar kecoa… Kwkwkwkwk, abisnya jarang dipake

  3. ane tambahin lg.
    bisa jadi karena embun di pagi hari menyelinap ke dalam knalpot & begitu mesin dihidupin & suhu memanas berubah menjadi air.

  4. Selamatt pan… Blog ente udah sehat sprti sedia kala, ane jg ikut seneng.. Cmiww πŸ˜€

  5. ngembun kali bro, soalnya di Z1 gw juga klo pagi keluar asep mirip uap air, pas gw tanyain Ke mekanik yamaha katanya sih normaL soalnya klo pagi ada air hasil kondensasi embun dalem knalpot. CMIIW

  6. Benul mas, itu pertanda mesin waras. Keluar air kalo pas dipanasin…kalo keluarnya emas (ndak pake 24 karat, kata yg lg sensitip utk bbrapa kalangan), pasti jd buruan banyak orang mas.

  7. temen2 sy sering ngalamin gan, karna sebelumnya knalpotnya ane masukin air,, klo yg lgi ulang tahun, knalpotnya ane masukin gula.. sureprise dehh

  8. Ada efek bikin karatan gak tuh airnya?
    kalo motor ane saat malem parkir gak dimasukin rumah pasti berair seluruh body.

  9. bener pan, jika pernah belajar kimia, pembakaran sempurna tu menghasilkan co2 dan h2o (air)

    btw supra ane juga keluar air dari kanalpoltnya
    kalo bis ane cuci

  10. wah blog nya udah revised yach…

    seumur2 belom pernah keluar air dari knalpot, tapi oli samping yang muncrat2 karena salah setel pernah… 1 L Olsam hanya untuk 4 hari… :lol:…

    kalo kasus nomor 2, knalpot kemasukan aer, mau gak mw busi di buka terus di stater ampe keluar itu aer dari tempat pembakaran di lap terus di keringin, abis itu sela lg… entar juga nyala…

    πŸ˜†

  11. Betul bro, kalo pembakarannya sempurna memang semestinya mengeluarkan air karena idealnya hasil sisa pembakaran bbm adalah carbon dioksida & air. Formula sederhananya gini: Bensin (CnH2n+2) + Oksigen (O2) = CO2 (carbon dioksida) + H2O (air).
    Any questions?

  12. kira kira cb konde kluar air yg menandakan pembakaran sempurna ga ya !! Salam tralis KARATan. . .

  13. Oalah……itu mah pulsar bangett….. Berarti bener Ζ³Η‘ kangmase pembakaran si pulsar setara mesin injeksi…..padahal pulsar ane 180ug 3 loh tahun 2008….. Mantep rek!! Yamaha juga mantep lah…..tinggal honda nih…keluar aer juga ngga Ζ³Η‘????

  14. Pulsar 180 ug4 jg kl d panasin keluar tetesan air di lubang kecil bawah knalpot.

    gak kagetnya coz liat mobil pas d pnasin jg ngeluarin tetesan air

  15. Baru tau kalau pembakaran bagus bisa bikin proses jadi air πŸ™‚

    Bagus lah kalau begitu. Saya vote new vixion berarti ga salah lagi layak jadi raja sport πŸ™‚

    Ah nanti mau lihat knalpot supra injeksi di rumah ahhhh (kan pakai sensor o2 juga)

  16. tumben g’ dibalesi komen’e pan..?biasane wes akeh mrenges’e πŸ˜€
    kta mekanik sih normal, brarti pembakarannya bagus.. ada sejenis zat ato gas apalah dari hasil pembakaran… yg ngerti mesin aj yg bhas, takut salah πŸ˜€

  17. domain dotcom nee.. biayanya jajan berapa hari nee Om….?? apa ada donatur. kyk Om amama ga dibahas ….xixixi

  18. apa hubunganya pembakaran sempurna dg air yg keluar dr kenalpot ??? penjelasan logisnya piye ??? proses senyawane piye ??? hayohh ?? lha wong pembakaran identik dg panas ??? hayohhh…. tanggung jawab kiy….

  19. check motor pulsar deh yg knalpotnya mahal itu maklum ada CatConverter yg seiprit bikin mahal..posisi lobang sama, klo idle cuma titik airnya kalo gas dikit keluar semua ada item item juga airnya…ini asumsi saya kalo diPulsar selain Trics, dual spark juga Cataliyc converter yang menyebabkan hasil gas buang bagus lulus EURO 2…tp paling mahal emang knalpotnya…UG3 aja diatas satujuta harganya yg 200 dan 220….lebih serem….

  20. yamaha emang josssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss,mirip kya mobil2 mahal knalpota kluar air………..
    hahaaaaa

  21. kayanya normal dah mas ipan… lha wong NMP ane, kl di panasin juga suka kluar aer dari lobang yg sama ky gambar di atas, tp ga sampe netes, cuma kaya nyemprot aja… mungkin karena daerah rumah ane banjir, trus NMP ane suka maen banjir kali ya.. hehehe..

    pokoknya itu masih normal kali yaa, untung ajah yang kluar bukan macan, buaya, beruang or nyamuk… heheheheh

  22. Airnya layak minum tidak?
    Pede Ayem banyune ra layak minum mung resik kakehan tawas

  23. Soul gt bini ane blum ada sebulan umurnya. G pernah tuh keluar air dr knalpot.. Sistem injeksinya sama g sih sm new piksen?

  24. mas bro ipan,sekalian coba tanyain, cek lubang silincernya, dicolek aja pke jari,msh bkin item ga?

  25. megizetku th 08, sampe skarang masih sering keluar air dari lubang kecil dekat fustep.. tp cuma pagi hari waktu manasin mesin..

  26. btul itu.. Dlu ane jg ngalamin di nsx 125 ’09 (mtor baru),prnh kluar air netes.. bkn krn khjnan ato dcuci,tp pas tnya2 ktmen2 mekanik tmpt lnggnan ane servis mobil,ktnya emank krn proses pmbkaranny bgus..(mklum kn msh bru mtorny jg), mbil ane jg gtu sama kluar air dr knalpotnya.. (colt t120 MPi),rata2 kndaraan br.injeksi psti ngalamin kya gni.. Klo msh karbu jrng bngt nmuin ky gni..

  27. Kalo yg pernah ane baca di m+ jaman jebot dulu, tetesan air tu soalnya ada catalitic converter di knalpot..
    Gas hasil bakaran klo gak salah kan CO, HC + Nox. Nah, pas kena catcon, ada reaksi kimia sehingga tu gas2 berubah jadi CO2 n H20 (AIR).

  28. Revo cepek ane klo pagi jg keluar aerny dri bwh knalpot gan,brarti pmbakaran sempurna dong..aseekk..mtr ane beneran lulus euro2..

  29. Supra fit ane juga kalo lagi di idupin pagi-pagi keluar aer,nyembur kaya nyiram kembang pake selang

  30. Apa karna ga pake engkol jd keluar air?????

    Brati canggih nih motor, kalo dipadang pasir ga ada air, diwajibkan punya NEW VIXION WΜΆAΜΆTΜΆEΜΆRΜΆ lightining !!!

  31. Sy kira poin 1 & 2 ada penjelasan ilmiah nya !!!

    Btw kayaknya penyebab kleuar air akibat kondensasi ketika knalpot yg tdinya panas karna aktifitas mesin trus didinginkan…..

    gelas yg berisi air dingin, akan menyebabkan kondensasi pada permukaan luar gelas yg mana temperaturnya lebih tinggi dr temperatur didalam gelas…..

    nah knalpot sepertinya sebaliknya yg mana kondensasi terjadi pada bagian dalam knalpot karna temperatur luar lebih rendah dr pada temperatur didalam knalpot yg lebih tinggi akibat panas yg dihasilkan mesin saat beraktifitas….
    namun terjadinya hanya pada saat knalpot didingankan yg biasanya dimulai ketika cuaca dingin seperti dini hari karna penurunan temperatur didalam knalpot sangat lambat walau mesin sdh tidak beraktifitas berjam-jam lamanya…..

    kira2 begitu cmiiw….

  32. Seperti jg terjadinya embun pada kaca rumah bagian dalam ketika dini hari, y karna tempeatur luar rumah lebih rendah dr pada temperatur didalam rumah…..

    namun ketika menjelang pagi hari, terjadinya embun jusrtu ada pada permukaan kaca bagian luar rumah, ya karna ketika pagi menjelang, temperatur luar berangsur meninggi, sedangkan temperatur dalam masih rendah…..

    lagi2 cmiiw….

    soal lubang kecil pada knalpot sepertinya memang semua motor ada lubang kecil itu, y tujuannya untuk pembuangan air akibat kondensasi……

  33. ada yang bilang embun lah, kondensasi lah, yang bener emang point 1. Ga percaya? Tanya ama dosen kimia ane..:D

  34. ninin 2 tak ane juga keluar air pas baru2 awal beli, malah bisa buat raup alias cimuk cuci muka

      • catalytic converter gitu loh tu ada brosurnya keluarnya jadi H2O dan CO2 yang tadinya berupa CO & HC ni bunyinya ane kopas ya langsung dari brosurnya ninin 2 tak:

        Catalytic Converter:

        Pre Catalytic Converter
        berfungsi meningkatkan temperatur gas buang pada saat memasuki Main Catalytic Converter, sehingga permurnian gas buang lebih sempurna

        Main Catalytic Converter
        Menggunakan materi logam mulia, yaitu Platinum & Rhodium, yang mempunyai kemampuan untuk memurnikan gas CO (Karbon Monoksida) & HC (Hidrokarbon), dan mengubahnya menjadi CO2 (Karbon dioksida) serta H20 (air) yang tidak beracun

        Hasil uji kelaikannya juga lulus dengan predikat LULUS SANGAT MEMUASKAN pada idling tes dan LULUS MEMUASKAN pada saat jalan ECE-R40 (EURO 2)

        bisa dibandingkan kini ninja 2 tak semakin HIJAU!

        berkat Emission Reduction Technology :mrgreen:

        sumber: brosur bawaan ninin 2 tak ane pada saat pembelian

  35. bukan promo yah, gua punya smash titan di rmh juga knalpot keluar air. Titan gua mantap nih, ga kalah am motor teknologi canggih. Hehehe.

  36. Semua pembakaran fosil baik sempurna atau tidak, tetap menghasilkan uap air. Ane curiga tu air malah dari radiator yang bocor gan.

  37. sama persis kayak nvl ane gan, dari baru dicuci aja belon pernah eh pas dipanasin pagi2 kok netes air dari knalpotnya percis kaya digambar πŸ˜€

  38. My brother recommended I may like this web site. He was once
    totally right. This submit actually made my day.

    You cann’t believe just how much time I had spent for this info! Thanks!

  39. Kalo nvl ane emang tiap dipanasin pagi keluar air begitu tuch… tapi bener ga masalah tuch… psling knalpotnya aja ntar cepet kropos yupz…?

  40. kalau pembakaran nya memang sempurnah..kenapa stok air radiaotor nya bekuran gan,,,
    apa berpengaruh..
    balas ya gan..

Apa Komentar Pemirsa ?