gambar korban luka bakar di spbu mampukah mengurangi angka kebakaran di SPBU?

akhir-akhir ini ( kalau g salah semenjak juli 2012 yang lampau ), spbu berlomba-lomba memajang spanduk gede nan seram akan foto luka kebakaran parah,

spanduk spbu kebakaran

tujuaanya jelas, agar pengemudi yang sedang isi bensin mematikan mesin kendaraan, tidak merokok, tidak memotret didepan nozle, tidak telpon2an, tidak meledakkan mercon, tidak masak mie, tidak masak ayam bakar dan sejenisnya yang menimbulkan api pokoknya ( artikelnya biar g serem2 amat πŸ˜€ )

spanduk spbu

namun faktanya? apakah gambar itu terbukti>? nih masih banyak kebakaran spbu yang terjadi karena rokoklah, masih ngidupin mesin, lah, cek aja di mbah google πŸ˜€

kebakaran spbu

tetep nekat merokok di spbu>

MAKASSAR, FAJAR — Polda Sulsel merilis penyebab terbakarnya dua buah tangki penampungan premium milik SPBU 74.902.08 Sudiang, Senin, 2 April lalu. Polisi menyimpulkan kebakaran itu diakibatkan adanya puntung rokok di sekitar pipa saluran pembuangan penampungan premium. Kesimpulan itu berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara yang dilakukan tim labfor Polda Sulsel.
Akibat adanya puntung rokok yang masih terbakar di sekitar pipa pembuangan tangki penampungan itu, membuat uap gas premium menimbulkan percikan api. Api kemudian masuk ke dalam tangki penampungan dan membuat semburan api yang cukup besar. Api kemudian menghanguskan sebuah pohon kemudian menghancurkan sebuah etalase penyimpanan sampel bahan bakar yang letaknya hanya beberapa meter dari lubang tangki penyimpanan.

ngantri SPBU nekat hidupin mesin, ya silakan

INILAH.COM, Jakarta – Diduga karena tidak mematikan mesin saat mengisi bensin, sebuah sepeda motor dan mobil terbakar di SPBU Jalan Pangeran Jayakarta, Sawa Besar, Jakarta Pusat, pada Kamis (25/10/2012) pagi.
“Kebakarannya sekitar pukul 09.15 WIB, satu sepeda motor Suzuki Thunder dan Daihatsu Xenia Hitam bernopol B 1602 SZL ludes terbakar, tinggal kerangka saja,” ujar Slamet (31), petugas keamanan SPBU di Jalan Pangeran Jayakarta.

ngisi bensin, ogah matiin mesin, cocok, apa punya kunci 2 ya, 1 buat buka tangki, 1 buat nempel di kontak buat ngidupin mesin

Seorang warga yang ikut menyaksikan dan membantu memadamkan api, Beni menuturkan, api yang membakar SPBU berawal dari sebuah sepeda motor Suzuki Thunder yang terbakar. Posisi motor itu diduga dalam kondisi mesin menyala saat tengah mengisi bahan bakar.

Motor-yang-terbakar

^ sumber

 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sebuah mobil Xenia warna hitam bernomor polisi B 1602 SZL, terbakar di SPBU Jalan Jayakarta, Jakarta Pusat, Kamis (25/10/2012) sekitar pukul 09.25 WIB.

Terbakarnya mobil Xenia hitam tersebut bukan tanpa ada sebab. Peristiwa ini lantaran seorang pengendara motor lalai tidak mematikan mesin ketika mengisi bensin.

“Tadi lagi isi bensin, tapi mesinnya tidak dimatikan,” ujar Sugeng, seorang petugas SPBU yang ditemui di lokasi kejadian.

Sugeng menjelaskan, ketika mengisi bensin, ternyata bensin tumpah dan mengenai mesin, sehingga menimbulkan percikan api dari mesin motor Suzuki Thunder.

bonus, video setelah kebakaran spbu

apa harus kejadian kayak gitu dulu baru nyadar? naudzubillah min dzalik, amit2

45 KOMENTAR

  1. Setuju πŸ™‚

    Itu karena gas yang ditimbulkan mesin semprot bensin begitu besar, hingga akhirnya gas mengalir sampai kebagian elektrik mesin. Aduh! Kalau gitu mobil ma motor di belakang kita harus mati juga tuh πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

  2. angkot nih yg kadang suka gk pernah matiin mesin mobil pas ngisi bbm, suka sambil ngeroko pula lg supirnya

  3. itu motor ko bisa mesinnya masih nyala gmn ceritanya, untuk buka tangki bbm kan mesti cabut kontak dulu, kalo kontak di cabut otomatis mesinkan mati??

    betul tuh supir angkot jarang yg matiin mesin, supirnya sama penumpangnya juga ada yg ngeroko

    • ya kan rumah kunci udah slek(oblak),kunci dicabut tanpa diputar,jd mesin ttp idup.pernah liat blm motor diidupin pake kunci,motor nyala kuncinya buat kalung.biasa terjadi pd motor jadul yg anak kuncinya pendek2

  4. Pernah nemuin SPBU yg di gerbangnya ada orang dagang sate yg di panggul. Ekstriimmmm ccoooooyyyyy…….

  5. apa susahnya mematikan mesin?

    di eropa dan amrik, mematikan mesin saat mengisi bbm kendaraan adalah wajib. sampe2 simulator macam GTS, ETS, 18WOS, Haulin aja harus mematikan mesin saat isi BBM.

    di Indo maih sunnah x ya?

Tinggalkan Balasan