rantai camrat / keteng kendor, timbul suara berisik, segera matikan mesin dan kencangkan tensioner, atau bawa ke bengkel sebelum parah

cerita aja

kemaren pagi ( senin jam 09.00 ) ane bawa megison beli sayur gan, buat makan, pas pulang, berenti di perempatan kampus karena macet, dan ane dengen dari arah mesin keluar suara krecek2 ga jelas, klok klok2 klok klok oklok oklok saat stasioner, kayak motor tanpa oli itu, tanpa pikir panjang ane matikan mesin megison, dan sukses dorong ah, cuma 600 meteran πŸ˜€

pertamax7.wordpress.com 001 (Medium)_thumb[5]

biar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah, ane matikan dan segera ke kost, trus ane tinggal lagi buat kuliah

kenapa harus dimatikan? ya takutnya loncat aja rantai camratnya, malah bisa fatal akibatnya, rantai loncat, saat piston naik, eh klep turun, bisa adu piston sama klep, ancur deh seher megison πŸ™ amit2, atau klep bengkok, hadehh, bisa habis banyak itu πŸ™

sampai esok harinya ane mbolos kuliah 2 mata kuliah buat nyervisin megison ke ahass terdekat, wee la dala, ahass gede terdekat hampir 1,5 km kalau ga 2 km dari kost, lemesss

masak ndorong lagi>>>???? πŸ™

cling thinkk, ane kepikiran suruh nyetep ( ndorong megison pake motor lain dengan kaki ndorong footstep megison, ), dan berhasil, tapi temen ane MIO rider ga berani nyetep, ya udah, ane pake yamaha MIO nyetep megison yang dinaikin lek EKO namanya, yo wis, 2 km terasa jauhhh , sambil pegel linu keju kaki ane, πŸ˜€

sampai ahass jam 8.05, ane antri nomer SATU GAN, PERTAMAX GAN πŸ˜€ heheheheheheheh trus keluhan, KETENG KENDOR, OK

1 jam menunggu , dag dig dug der, weee lah, petugas ahassnya malah bleyer2 megison di depan ruang tunggu ahass, ( pertanda bagus walau ane ga tega πŸ™Β Β Β  )

pertamax7.wordpress.com 034 (Medium)

2. cuma dikencengin LAT atau tensionernya πŸ˜€

pertamax7.wordpress.com 047 (Medium)

bianya pengencangan LAT Rp. 15.000

namun pernyataan ahass bikin galau, CAMRAT MEGISON DAH AUS, waktunya ganti !!!!, plus

mas, kalau masih bunyi berarti CAMRATNYA harus ganti, kalau masih bunyi LATnya ganti juga, TOTALNYA Rp. 500 rebuan, lemesss πŸ™

trus ane konsultasi sama ibuk dan dijawab WADUHHHHHH, sekian :(, y udah ane pake dulu lah, jangan sampe bunyi πŸ™ πŸ™

pertamax7.wordpress.com 035 (Medium)

sampe kost galau lihat bekas pukulan di leher motor starter di megison, luka2 bekas dipukul, hadeh, ahassnya sadisss πŸ™

ini diaryku, mana diarimu>?

ahassnya bikin galau πŸ™ MOTOR TUA MEMANG MULAI JAJAN NIH MEGISON , baru 4 tahun koq, dan 98.234 KM !!!

silakan dikunyah2 camratnya :D, ada pengalaman serupa??/

108 KOMENTAR

  1. Waduh… Koq ceritanya sama dgn diary meggy ku dulu.. Untung skrg sudah pindah ke tetangga yg rumputnya makin hijau… Xixixixi.. Meggy memang begitu bro .. :mrgreen:

      • lemes ngono mas.. maksude mekanik AHASS ki pasti ngomong: “wah, sudah aus ini mas, ganti aja.. kalo gak diganti nanti bisa merembet” hehehe kurang lebih sperti itu untuk motor yang sudah berumur πŸ™‚

        • 98.000 km untuk rantai keteng,itu udah awet kelas dewa om,saya pake bebek hondo udah 71.000 km lebih belum ada gejala minta ganti rantai keteng tuh om,saya cek ke bengkel katanya mesin masih ok.saya harap bisa ampe 98.000 km juga lah rantai ketengnya.soalnya ini komponen paling rentan kerusakan,selain kampas kopling.hehehe…

          • Betul mas.. sy aja pake macan ompong tahun 2009. Br efektif terpakai 2010. Penggantian pertama di tahun 2013. Gantinya pake rantai keteng yg sama dgn motor waktu baru keluar dr pabrik, kode pada rantai berhuruf “M” (Morse). Harga dipasaran sekitar 170rb-200rban. Hari ini sy posting (Oktober 2016) sdh ada tanda2 utk penggantian kedua.

            Kl dihitung2 tiap hari rata2 jarak tempuh 70km (5hari dlm seminggu). Kecepatan rata2 60-80km. Stop&go jarang, karena jalur luar kotaan. Pola driving agak agresif. Ganti oli rata2 per jarak 1500km. Asumsinya : 70km x 5hari x 4minggu x 12 bulan x 3 tahun = 50.400km.

            Buat sy pribadi jarak tempuh segitu masuk akal utk dibilang awet (parts premium) khususnya utk macan ompong yg notabene ktnya penyakit supernya disitu (selain daya tahan fuel tank). Vixy klaimnya bs 90.000-an km, dimana macan ompong bs 2x-3x ganti utk jarak tempuh yg sama.

            Nek macan ompong kamprate mau bisa sampe jarak tempuh 98.000 yo musti dinaiki ke mobil bak, sampe kantor baru diturunke… Macan “ompong” gitu looohh.. Hahahahahaaaa…

  2. kemaren ane habis 150rb tu yg asli emang mahal
    klo d bilang takut piston remuk agak lebay kyk e sebener e d ganjel baut juga g bunyi

  3. rante ketengnya mahal bener. punya q dulu ganti ganti ga sampe 100rb an (yang pertama ganti malah 250rb an, itu sebelum ada sponsor honda genuine parts yang murah2 di tipi2 itu lho). rantenya doang lho, ga pake gir + laker nya. imitasi ? ow bukan …. kotak merah tulisannya Honda (ada tulisan genuine parts kali ya). dah rada lupa, orang motornya aja dah lama di jual.

      • yang 75 itu lokal, yang 200 itu jepang/impor (kata mbaknya sih gitu). tapi sama aja koq perasaan pernah pakai 2 2nya. jadi seterusnya pakai yang 75an (2 kali). pernah yang pas pertama ganti pakai yang 200an kena langsung laker + gearnya (ga tau gear yang mana) kena 400rb an lah (6 tahun kepungkur) πŸ˜†

          • iya lakernya noken disuruh ganti, trus apalagi gitu. kena biaya totalnya ya segituan (400an 6 tahun yang lalu)

          • sek lakernya noken ato lakernya apa gitu yang disuruh ganti, aq lupa. ya sekitar area kamprat gitu.

  4. wah, kalo ganti 500 rebu mending di lembiru ke mana itu yang megison 18 juta, di ttambah 500 rebu, jadi deh NMP, tar jadi new megi chan

    peaceeee, godain yang punya warung biar menganti headlamp kebo dengan headlamp shincan

  5. haahhhh…itu ahas gimana buka dinamo starternya? bego amat? sampe cuil2 gitu, masih belajaran kali tuh biasa megang bebek doang,,
    sebenernya ane ada trik buat ngakalin lat dan kamrat yg jadi kelemahan GL series, yaaaaa siapa yg gak tau kelemahan gl series, mulai tangki bocor, mesin nglotok, lat rusak, bodi getar dll..
    tapi berhubung ama tuyul alay ane dituding sebagai FBY jadi yaaaa agak males mau ngasih saran, hehehe piss pan, takut ane dikira sok tau ntar, padahal memang tau

    • ahas emang suka begitu mas, CS1 saya dulu jg jadi korban “cubit” di beberapa tempat, terkadang ada oknum yang agak males, melakukan solusi setengah2…. ini nih yang membuat saya mundur dari produk honda untuk sementara… sampai honda mau ber benah diri lagi

      • iya tuh, asal-asalah banget orang ahass, cuma buka dinamo aja sampe luka-luka, bukannya dinamo GL series cuma tinggal dicopot biasa aja, kalo mmemang kenceng ya dipukul pake palu karet/kayu, ckckckck dasar males itu orang2 ahass

  6. ane pake yamaha mx .. mio.. usia dah 3 th 4 th.. gag kenapa2 mesinnya… makin tokcer malah.. cuma arm doang agak.kendor bautnya.. dikencengin di bengkel kampung.. langsung beres… bener cerita orang yamaha lebih tahan lama

  7. wah kok produk honda bgitu sih?
    ane beli scorpio thun 2007 tiap hari dipakai sangat sadis, kluar masuk hutan kadang buat nyeret balok kayu besar, medannya murni offroad batu cadas lumpur,kerikil sambil bawa air drigen kiri kanan full, dijoknya baka kelapa.
    tapi smpe skrang hampir 5 tahun sampe perpanjangan stnk ke-2 motor masih mantap gak ada keluhan sama sekali dimesin, malah mesin enak banget sekarang aplg klo ke kota lewat jalan aspal penginnya ngebut terus.. (ane dikalimantan pedalaman gan).

    • rantai timing habis bukan karena angkut beban,tapi kecepatan tinggi terus menerus,dan juga karena sering betot betot gas.kalo motor sering angkat beban,yang cepet ancur itu rantai roda bukan timing,soalnya beban rantai timing itu cuma buat nekan per klep aja.

  8. bujug dah.. ampe leced di situ… knapa jadi lecet di situ ya.. yang di dorong mestinya dinamo nya aja, ketok2 dikiti lapisin kaen juga coplok.. kalo yang udah2.. ganti aja LATnya pake yang katanya punya thailand/lokal. percaya ga percaya, tonjokannya lebih panjang.. cuma kalo punya duid mah emang enak beli satu set yang asli LAT + Keteng…. LATnya aja denger2 300rb an ya..

  9. gile gw ganti kamprat doank 210 n biaya ganti 50 eibu…plg bz ganti karbu, cdi, busi racing 1.5jt qe ga nyangka pdhl qe tau klo hrgae 80rb ni mlh 210 rb….pulang lemes aq

  10. megapro 2007 tu mang agk gagal product. megi ane 2004 j masih joss. n lg tenaganya gde yg seri lama. megi ane boncengan m istri j bisa nglahin megi 2007 yg sendirian. padahal tak liat uda fulk gas

  11. .megapro 2007 tu mang agk gagal product. megi ane 2004 j masih joss. n lg tenaganya gde yg seri lama. megi ane boncengan m istri j bisa nglahin megi 2007 yg sendirian. padahal tak liat uda full gas!

Tinggalkan Balasan