aplikasi heat wrap di knalpot yamaha vixion, ada yang pernah coba?

nggak bahas yamaha new vixion 2013 dan honda cb150r

bahas modipan sederhana di knalpot, apa itu???

pertamax7.wordpress.com 024 (Medium)

HEAT WRAP, boso sininya pembungkus panas boso jowonya buntel panas :D,

setelah sekian lama ae melihat di jalan raya, terutama motor klasik yang pake gituan, paling ya model2 CB mesin tiger, atau CB 200 twin cylinder atau kawasaki binter, eh kali ini temen ane bikers juga yang punya honda gl minor fighter WJS itu tu, dia juga punya YAMAHA VIXION juga, modip pake hEAT WRAP seperti gambar diatas, ada yang tahu gunanya HEAT WRAP>?

Termo Tech bentuknya seperti sumbu lampu tempel minyak tanah. Dililitkan pada knalpot, exhaust dan intake manifold. Di Indonesia pernah ada yang jual, mereknya Thermo Cool. Dari bahan serat kaca yang dipanaskan sampai 1.400 derajat Celcius.
Fungsinya meredam panas mesin untuk dijadikan tenaga dan tidak terbuang percuma. Menurut penelitian Termo Tec USA, katanya mampu mendongkrak tenaga mesin atau daya kuda (dk).
MOTOR Plus pernah melakukan dynotest pada Honda Supra. Pakai Thermo Cool seperti nggak pengaruh pada power. Kenaikannya hanya 0,01 dk. Tapi, lebih kepada fungsi untuk mengurangi penurunan tenaga motor. Pada rpm 8.700, tanpa Thermo Cool penurunan power dari 5,14 dk jadi 4,87 dk. Pakai Thermo Cool dari 5,15 jadi 5,05 dk.
Artinya pakai Thermo Cool lebih menguntungkan. Tidak drop tenaga mesin pada rpm 8.700. Bandingkan tanpa Thermo Cool 4,87 dk, pakai Thermo Cool 5,05. Bahkan ketika diuji akselasi, 10 detik pertama tanpa Thermo Cool hanya 56,92 km/jam. Setelah pasang Thermo Cool, kecepatan naik jadi 60,35 km/jam.
Pantas kalau Thermo Tec banyak dipakai di ajang drag bike luar negeri. Bahkan di Thailand, beberapa skubek drag pun menggunakan produk ini. Meski penerapannya bukan di intake atau di knalpot, namun di paking aluminium dan silinder blok.
โ€œPakai lilitan Thermo Tec di silinder blok diharapkan temperatur lebih stabilโ€ jelas Phawat Yanawut pemilik motor yang juga pemilik speed shop Poonsub Market Patumthani, di Bang Na, Thailand.

^ owww

pertamax7.wordpress.com 025 (Medium)

lihat lebih detail , harga kaskus sih 12.500/m, kalau temen ane katanya 15 rebu/ meter, seuprit pipa knalpot itu butuh  3meter heat wrap, wewโ€ฆ

pertamax7.wordpress.com 026 (Medium)

kalau ane tanya temen ane ini apa sih keuntungan pake HEAT WRAP di yamaha vixionnya, apakah nambah tenaga, dan jawabnya ternyata bukan itu ๐Ÿ˜€ menurut dia

1. MENUTUPI WARNA LEHER KNALPOT YANG MENGUNING ๐Ÿ˜€

2. bikin keren tampilan knalpot motor ๐Ÿ˜€

3. leher knalpot nggak begitu panas, sehingga celananya nggak bolong2 ๐Ÿ˜€

4. lebih ke arah estetika, keren gagah gitu katanya ๐Ÿ˜€

^ lhoo, koq nggak nambah tenaga ,?? atau pemiliknya nggak ngaku ๐Ÿ˜€

ada yang paham dan pernah nyoba, ditunggu reviewnya, silakan di kunyah-kunyah knalpotnya ๐Ÿ˜€

 

46 KOMENTAR

  1. pernah pake di vixion sendiri,beli 20rb/mt.peningkatan tenaga seh gak ada ternyata cuma keliatan keren,gawat&heboh motornya.padahal teorinya sih panas menghasilkan energi,agar tenaga tetap terjaga slh satu cara ya knalpot di lilitkan termool cool.tp gak ada efeknya,malah setelah pemakaian 3bln..alamak karat di leher knalpot parah banget.knalpot nyaris lobang karna karat.baiknya pake termocool ini knalpot jgn kena air.

  2. Buat motor clasic sih oke ………. tp buat motor sport rangka deltabox…kayak gimanaaaaa getu….???? kwkwkw

  3. ohh baru tahu aku. di tempatku utk alat2 berat dan genset biasanya exhaustnya dibalut gitu, ta kira cuma buat safety aja biar panasnya gak berbahaya atao kesenggol dgn badan. ternyata ada pengaruh dgn performa to..

  4. Knalpot Vixion kalah dengan punya megison, diameter knalpot vixion lebih kecil dan dengan kompresi 10,4 :1 tidak cukup kuat menahan panas mesin, itulah mengapa Knalpot Vixion cepat kuning, CMIIW..

  5. itu mksdunya energi gk terbuang bukan tenaga motornya jd bertambah(top speed atau akselerasi) salah kaprah itu mah. tp mksdnya energi panas yg ada di leher kenalpot bisa dikonversiin jd energi listrik buat ngcas aki motor atau yg lainnya.

  6. kalo peningkatan tenaga ga ada…cuma nih…
    kalo mesin udah panas,power motor biasanya drop cukup banyak.
    nah kalo pake thermowrap diatas,power motor drop ga terlalu banyak dibanding ga pake thermowrap karna panas di leher knalpot berkurang.itu yg menyebabkan power ga drop..
    itu aja sih perbedaannya antara pake dan ngga..:)

Tinggalkan Balasan